Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


10 Cara Efektif Mengurangi Hutang-Hutang Anda

hutang

Foto oleh freedom debt relief

Apakah anda harus segera melunasi hutang-hutang anda yang menumpuk dan mengurangi pengeluaran bulanan anda? Pemotongan pengeluaran biasanya sangat tidak mengenakkan, sebagai contoh : menghemat penggunaan bensin dan listrik. Namun jika anda telah melakukan metode-metode yang sederhana tersebut, dan masih memerlukan penghematan pengeluaran, berikut ini adalah beberapa daftar yang dapat membantu anda. Akan tetapi, seperti telah saya sebutkan, cara-cara dibawah ini mungkin sangat tidak mengenakkan.

1. Tinggallah sementara bersama orang tua anda (relatif)

Yup, anda mungkin akan sedikit tidak nyaman tinggal bersama orang tua anda, namun hal tersebut masih tidak seberapa jika anda harus mengeluarkan biaya sewa rumah sampai dengan 2 juta sebulan. Hidup sendiri mungkin akan membuat anda sangat bebas, namun itu harus dibayar juga dengan harga yang tidak murah. Biaya sewa yang biasanya anda keluarkan setiap bulan, dapat anda tabung atau pergunakan untuk mencicil hutang-hutang anda yang menumpuk.
Ini pun berlaku bagi anda yang sudah menikah. Anda dapat tinggal sementara waktu bersama orang tua / mertua anda, sampai anda cukup mampu untuk menyewa atau menyicil rumah.
Tetapi sekali lagi, poin pertama ini adalah relatif. Jika anda memang harus tidak tinggal bersama orang tua / mertua, anda tidak perlu memaksakan. Anda hanya perlu memangkas pengeluaran yang lain seperti akan saya jelaskan di poin-poin berikutnya.

2. Bersepeda ke tempat kerja

Biaya transport ke tempat kerja termasuk salah satu post yang dapat anda pangkas. Kita mungkin merasa bahwa biaya transport termasuk bagian yang tidak terpisahkan dari pengeluaran kita. Namun, jika jarak tempat kerja anda kurang dari 10km, mengapa anda tidak mencoba menggunakan sepeda. Memang akan sangat tidak nyaman ketika hari sedang hujan, tetapi bersepeda memiliki beberapa keuntungan : biaya yang sangat rendah dan tidak ada pajak yang harus dibayarkan. Bersepeda pun membuat kita tetap fit tanpa harus mengeluarkan uang untuk pergi ke tempat olahraga. Di beberapa kota anda dapat menemukan bahwa bersepeda ke tempat kerja akan lebih cepat dibandingkan menggunakan mobil atau angkutan umum.

3. Berhenti minum minuman beralkohol / kopi

Berhenti minum minuman beralkohol / kopi bukan hanya baik untuk kesehatan mental dan fisik anda, tetapi juga baik untuk keuangan anda. :) Banyak orang menghabiskan cukup banyak uang hanya untuk minuman tersebut tanpa mereka sadari. Dahulu saya banyak mengkonsumsi kopi, namun setelah maag saya mengalami gangguan akhirnya saya mulai mengurangi. Saat ini dalam 1 minggu saya mengkonsumsi paling banyak 2 cangkir kopi.
Jika anda tidak dapat berhenti, setidaknya kurangilah. Suatu ketika anda akan terkejut dengan perkembangan baik kesehatan fisik, mental maupun keuangan anda.

4. Memasak sendiri

Membeli masakan di luar adalah cara yang paling cepat dan mudah untuk mendapatkan makanan. Akan tetapi, biaya yang dikeluarkan juga dapat dengan cepat membengkak. Meskipun anda tidak setiap hari membeli, anggap saja 4x dalam seminggu dengan harga misalnya Rp.30.000,- per satu kali beli. Dalam 1 bulan anda akan mengeluarkan biaya sebesar Rp.480.000,- …. koq jadi seperti belajar matematik ya? … :)
Lagi pula memasak sendiri akan jauh lebih bersih dan sehat dibandingkan anda membeli masakan di luar.

5. Tutup kartu kredit anda.

Kartu kredit memang membuat pengeluaran menjadi lebih mudah. Yah untuk itulah kartu kredit ada. Dengan kartu kredit, anda tidak akan berpikir tidak memiliki uang selama 1 bulan ke depan. Memang jika anda sudah terbiasa hidup dengan kartu kredit, anda akan sedikit tidak nyaman jika tidak menggunakannya. Namun hal tersebut akan membuat perbedaan yang besar dalam penghematan uang anda.

6. Jangan membeli TV

Wah, sepertinya saya bisa mati berdiri jika hidup tanpa TV :), tetapi tahukah anda TV dapat menghemat pengeluaran anda jutaan, puluhan bahkan ratusan juta setahun? Ah, mana mungkin sebanyak itu?
Oke, ini sedikit analisa saya :
– Berapa pemakaian listrik yang harus anda bayar setiap bulannya? (ini memang masih tergolong kecil)
– Jika ada berlangganan TV kabel, berapa yang harus anda bayar setiap bulannya?
– Ini yang paling memangkas pengeluaran anda tanpa anda sadari : berapa yang anda keluarkan setiap bulannya untuk membeli barang-barang karena pengaruh iklan TV? Sebagai contoh : saya waktu itu pernah tidak sengaja melihat iklan menu baru Pizza Hut di TV. Akhirnya saya pergi bersama keluarga untuk mencicipi dan malah ketagihan menu tersebut. Repot jadinya. :)

7. Juallah mobil anda

Mobil adalah lambang kebebasan, kemandirian dan ….. status. Namun mobil juga tergolong sebagai pemboros uang. Bukan hanya bensin, tetapi juga asuransi, pajak dan tentu saja biaya perawatannya, yang kadang-kadang dapat menghabiskan 5 sampai 10 juta jika mengalami kerusakan.
Tetap ada kehidupan tanpa memiliki mobil : cobalah menumpang teman anda, angkutan umum atau seperti telah saya sebutkan diatas, bersepeda.

8. Tamballah baju anda

Dibandingkan anda membeli baju baru, mengapa anda tidak mencoba memperbaiki baju yang lama terlebih dahulu.

9. Cobalah tantangan Rp. 25.000,- sehari

Dapatkah anda bertahan hanya dengan Rp.25.000,- sehari? Ide ini mungkin terdengar sangat tidak mengenakkan. Namun, cobalah setidaknya selama 1 minggu. Hal ini akan mengajarkan anda untuk hidup hemat. Dengan membiasakan memegang sedikit uang, anda akan menemukan apa yang penting untuk dibeli dan apa yang tidak.

10. Berliburlah di kebun belakang anda

Maksud saya bukan betul-betul kebun belakang, tetapi mengapa anda menghabiskan Rp.20 juta untuk berjalan-jalan di luar negeri sementara di Indonesia pun masih banyak tempat-tempat berlibur eksotik yang belum pernah anda kunjungi dan masih bisa anda nikmati. Dengan berlibur di negeri sendiri, bukan saja anda dapat menghemat uang tetapi juga anda bisa terhindar dari penyakit-penyakit negara tujuan, seperti flu babi atau sejenisnya.

Oke para pembaca yang budiman, jika ada saran-saran saya yang sepertinya tidak masuk akal atau ada dari anda yang menganggap terlalu ekstrim, saya harap ‘ditelan saja’. :) Anda tidak harus melakukan semuanya, anda bisa memilih beberapa atau salah satu dari saran-saran diatas, atau malah jika anda tidak mempunyai masalah dengan keuangan, anda tidak perlu melakukannya. Kesepuluh poin diatas hanyalah cara bagaimana anda dapat menghemat pengeluaran anda. Jika anda mempunyai cara lain dan ingin berbagi bersama pembaca yang lain, silahkan berkomentar di kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

41 comments

1 fadly muin { 10.22.09 at 10:07 pm }

wah semua tipsnya bikin menggigil, semua kenikmatan harus di lepas… tapi demi stabilitas keuangan, cara ini saya rasa pantas untuk di aplikasikan..

salam sukses kawan

2 muji { 10.23.09 at 11:29 pm }

tipsnya bagus,..tapi klo bisa yang ngak sampek jualan

3 budhi k wardhana { 10.24.09 at 3:50 am }

Tertarik sekali membaca tips yang terakhir. Ini yang saya praktekkan ke anak saya. Menikmati waktu luang dengan berjalan ke kampung2 dan hutan. Menikmati sapaan alam dan kedekatan pada sang pencipta.

4 henry winoto { 07.05.10 at 4:26 pm }

wah tipsnya sangat masuk akal terutama yang no 10

5 moxer { 09.30.10 at 10:33 am }

tips nya oke juga.. tp bagi saya itu ngak cukup.. jangan kan untuk membiasakan hidup 25.000/hari ,saat ini saja saya dan istri saya membiasakan hidup 10.000/hari. tapi sampai saat ini juga hutang ku belum juga terbayar .. jumlah total nya 50 juta… hutang itu muncul karena saya kolaps dalam usaha. jika ada yang mau membantu , saya akan berterimakash sekali dan semoga Allah membalas budi baik teman teman.

0501572640
KCP Mojokerto

6 Dewi { 12.24.10 at 6:53 pm }

Klo ngmong tu gmpng.coba ngrasain sndr.gaji kcil,tmbh bisnis ini itu.ttp aja utang ga brkurang2.pdhl dh ngirite puoooooolll…

7 kris { 01.12.11 at 4:05 pm }

positif,tapi ngirit banget sih…………….
mang nggak ada cara laen gituch…………..
kayak minjemin duit tanpa mengharapkan kembali………………..
hehehhehehehehehehehe……………..

8 ichsan { 02.20.11 at 7:10 pm }

boleh nambah…………gak?
hehhe
Hutanglah untuk Produktif…….

9 Ahmad Tamalate { 03.20.11 at 10:54 am }

Mudah2an hutang bisa cepet lunas….mantabs mas artikelnya

10 alfiansyahpratama { 06.21.11 at 10:55 am }

sya suka dg poin yg no 9,yaitu mngenai tantangan mnggunakan uang sehari cuma 25000 itu brrti bgmn qt bsa mngontrol kebiasaan qt yg sring hura2 tnp makna yg hny mndptkn kesenangan sesaat

11 amwidjayanto { 08.18.11 at 1:20 pm }

buagus usul n nasihatnya tapi ada nggak tindakan riil tuk bantu! trims

12 kta { 01.13.12 at 12:32 pm }

wah mantap tips nya…ijin copas ya, aku mau kasih ke istri…trims

13 Andik purwanto { 01.16.12 at 7:05 pm }

Cukup masuk diakal sih,tapi kalo ga punya mobil buat dijual gmn?? Motor aja masih kredit… Padahal hutang saya akibat karena kelalaian saya menghilangkan uang setoran Rp 15 juta… Gimana dong solusinya??

14 Bisma Iskandar { 04.25.12 at 2:41 pm }

Waduh….. Betul-betul berguna nih artikel. Sebenarnya pointnya hanya 1. Kalau tidak bisa membeli secara cash. Jauhkanlah pandangan untuk kredit.

15 amint thi { 06.24.12 at 7:05 am }

wah, ane agi banyak utang nih, biar ane coba trik2 di atas,,,, hehe

16 aroel Pholeank { 06.27.12 at 11:50 am }

gw jjur gw ni boros ,tp demi kesuksesan gw harus coba deh….

17 Kanza { 07.29.12 at 12:46 am }

Plok-plok-plok…yg baca artikel ini semua pada punya hutang ya..? Sama donk dg aku

18 Wawan { 08.16.12 at 8:06 am }

semoga yang berhutang segera dimudahkan melunasinya.

19 khusnul maskuri { 10.09.12 at 12:38 pm }

hutang memang bikin hidup berubah 360 derajat. makan ga enak, tidur ga nyenyak dan dunia menjadi sempit. penuh rasa bingung dan sedih, membuat diri lemah dan malas. muncul sifat pengecut dan pelit. tak jarah penuh tekanan dari org lain. pokoknya pusiiinggggg

20 ryan { 10.29.12 at 8:25 am }

wah tetep aja utang masih ada terus… gaji gw kecil gan biaya hidup berat.. maklum buruh

21 ruslan { 10.30.12 at 5:52 pm }

utang menumpuk krn gagal usahan ambil utang untuk bayar utang…..solusinx g mna bru g ada pemasukan,

22 munaey { 01.18.13 at 10:09 pm }

bagi yang benar-benar butuh pertolongan dari seorang dermawan silakan hubungi no 085317886009.
Beliau orang yang sangat dermawan di daerah saya, sudah banyak orang yang dia tolong seperti saya contohnya.

Mungkin cukup membantu

23 vamela { 02.19.13 at 1:27 am }

sy ibu dr 3 orng anak…krjan sy jualan krdung,awalnya ada psanan jlb tp urngx kbur, itulah sbabnya sy mlai brutang,anak2 sy btuh mkan & biaya sklahnya,sy utang ke bank,arisan & upah brdir kmpter… bg drmwan yg mw mnlong sy takkan mlpakan…

24 Vievi { 03.09.13 at 9:24 pm }

Saya ibu rmh,punya anak 5,sy seorang guru honorer,suami sy gk kerja lg,semenjak suami sy berhenti bekerja saya terpaksa ngutang sanasini ntk memenuhi kbutuh…saya mau mnjm uang utk byr hutang,tp gk ada yg bsa mnjamin,kl ada dermawan yg mau mmbantu saya,bsa kontak saya di faceboo,Putri Airani,nnt sy akan cicil tiap bln,saya betul2 mohon skali…mksh

25 Alamul { 03.10.13 at 9:54 pm }

sy utang terlalu byk gara2 ketipu sales,yg tanyakan bgmn mau irit/hemat buat makan susah….apalagi utk byr utang…..pusing rasanya hidup ini anak sy besar2 yg pertama mau lulus sma pusing pusing pusing mana utk byr ujian gk bs bayar…….???????

26 piyan { 03.21.13 at 7:08 pm }

4657. tgl 210313, moga bisa terjadi, perubahan yg kmi harapkan, thanks alot

27 Emilia { 04.08.13 at 5:27 pm }

Emang bener ada orang yg dermawan dan mau membantu,kalau iya saya mau dong dibantu soalnya lgi pusing bnget insya ALLAH Saya sangup mengembalikan biarpun pake bunga.tlng hbungi ke alamat imail ini,trimakasih banyak

28 Emoh rukmanah { 05.16.13 at 9:37 am }

Ikhtiar dan doa.Tlh ku lakukan,tinggal nunhu antrian menuju ksuxsn.,amin

29 handik { 05.29.13 at 2:22 pm }

Hidup tanpa hutang bagai langit tak berbintang. kalau mendung….. masa depan suram…?????? Berarti…..,, Tau khan maksudnya….

30 pelangi { 06.04.13 at 8:42 am }

No. 7 dan 9

31 Yunus { 07.25.13 at 2:24 am }

Terimakasih atas saran yang anda berikan…semoga hidup kami lebih sukses dan bahagia…

32 dhevut { 08.21.13 at 9:51 am }

ternyata punya hutang itu bnr2 ga enak

33 ferdi { 09.11.13 at 9:56 pm }

Wah tip yang bagus…. Tapi kalau jual mobil kayaknya sangat berat dilakukan bro soalnya status gw bisa melorot bro…… Tapi 9 tip yang lain keren bgt….

34 grosse { 10.13.13 at 12:57 pm }

hidup kaya hutang memang gak enak.. mending kaya uang

35 ady { 10.14.13 at 1:31 am }

mkcih BROO…stlah bca tips” km,,membuat sy lbih mantap dan satu inspirasi buat sy,,,agar bsa menyesuaikan kedaan dlm hdup dan keseharian sy,,,tuk menuju kesuksesan…….thanks za BROOOOOO

36 nur azizah { 11.05.13 at 1:21 pm }

ternyata banyak juga yg punya hutang semoga hutang kita dibayar lunas oleh Allah,di awal bulan Muharram ini dan diberi kemudahan juga amin

37 dimas { 11.10.13 at 9:41 pm }

Alhamdulillah….semoga tips2 ini dapat menolong kita semua…Amin…1 lg sebenernya…apapun itu tetaplah bersedekah,,,InsyaAllah semua akan lancar…Amin…

38 rover outdoor { 02.12.14 at 6:04 am }

pakar keuangan ini jadinya

39 yanti { 07.25.14 at 5:43 am }

Tips tersebut sebagian sudah sy terapkan tapi tetep saja hutang2 qu masih menumpuk sangat besar dan saya bingung utk mengatur uang yg ada sedangkan jatuh tempo tagihan jaraknya berdekatan, sy berharap msh ada org dermawan yg bisa membantu masalah sy biar nanti sy bisa mencicilnya stiap bulan…tq

40 yuliatin { 08.11.14 at 11:49 am }

Hutang,,,,, oh hutang ,,, kenapa ngintil terus di bayangan q,,,,

41 Kismawati { 10.13.14 at 1:46 pm }

hemat??? siapa takut,,makan m krupuk&smbal j q udh pernah,,tp yg bikin ga enak hati gmn klo kita udh ngirit tp ternyata bnyk undangn hajatan, trus ada sodara maen atau ada temen/sodara yg mo ngutang, apa kita diem j,,cuek2 j gitu.Yg penting kita percaya bahwa segalanya udh di atur oleh Yang Maha Kuasa siapa lagi klo bukan Allah SWT,,,percaya deh pasti hati kita tetap tenang meski hutang segunung pasti akan lunas klo kita jg percaya hanya Allah yang selalu bantu kita,,pokoknya yakin Lillahi ta’alla,,amin…

Leave a Comment