Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


10 Cara Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Harga Diri Anda

cara menurunkan berat badan

Memang benar bahwa banyak orang ingin menurunkan berat badan karena alasan kesehatan, tetapi juga benar bahwa salah satu alasan utama yang membuat orang berpikir tentang berat badan mereka adalah karena mereka ingin terlihat memiliki tubuh yang indah. Hal ini tentunya dapat diterima, karena apa yang kita lihat dari luar sangat mempengaruhi bagaimana perasaan kita terhadap diri kita sendiri. Orang yang lebih ramping menerima pujian dari keluarga dan teman-teman, dan ini tentu saja meningkatkan harga diri mereka.

Orang gemuk (kelebihan berat badan) di sisi lain, dikritik karena kegemukannya dan ini memiliki dampak negatif pada harga diri mereka dan kadang-kadang bahkan dapat menyebabkan depresi. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas bahkan bisa mendengar kata-kata menyakitkan seperti “anda jelek”, “kita tidak memiliki ukuran anda”, dan “anda akan mati muda” yang bisa menarik harga diri mereka ke bawah.

Para ahli mengatakan bahwa orang-orang dengan harga diri yang rendah cenderung makan lebih banyak; ini adalah bagaimana mekanisme pertahanan mereka bekerja dan mereka tidak memiliki tekad yang dibutuhkan untuk berolahraga dan menurunkan berat badan dengan ekstra. Jadi jika anda serius untuk memotong kelebihan berat badan, anda harus mulai dengan pengkondisian pikiran anda terlebih dahulu.

10 Cara Menurunkan Berat Badan

Berikut adalah cara-cara menurunkan berat badan yang bisa langsung anda aplikasikan:

1. Mengkonversi pikiran negatif ke positif

Negativisme mencegah orang dari mencapai tujuan mereka. Sebaliknya, pemikiran positif akan sangat memberikan semangat untuk menurunkan berat badan dan menjadi sehat secara fisik. Ini berarti dibanding anda mengatakan “SAYA TIDAK BISA melakukannya”, katakan “SAYA BISA melakukannya”; dibanding mengatakan “Saya tidak punya waktu untuk latihan”, lebih baik mengatakan “Saya AKAN menemukan waktu untuk latihan.”

2. Jangan tinggal di masa lalu

“Masa lalu adalah masa lalu; saatnya untuk berpindah”, seperti yang orang bijak katakan. Anda mungkin memiliki pantat terbesar di SMA dan teman sekolah anda mengolok-olok anda; JANGAN PERNAH membiarkan pengalaman ini membuat anda merasa down, melainkan melihatnya sebagai motivasi untuk membuktikan kepada mereka (dan diri sendiri) bahwa Anda BISA memiliki tubuh ramping. Jadi, dibanding mengatakan “Saya memang memiliki tubuh seperti ini dari dulu dan akan seperti ini selamanya”, lebih baik beritahu diri anda “Saya mungkin seperti ini sejak dulu tapi saya berkomitmen untuk membuktikan kepada mereka bahwa saya bisa melakukanya.”

3. Maafkan diri anda

Santailah pada diri sendiri karena anda adalah ibarat sebuah pekerjaan yang sedang berlangsung. Anda harus tahu bahwa penurunan berat badan yang sehat adalah proses bertahap; dari satu pon (500 gram) burger, menjadi setengah pon, menjadi seperempat pon sampai anda puas menyantap salad yang sehat. Jadi, jika anda tergoda untuk makan sepotong blueberry cheesecake, makanlah sepotong dan belajar untuk memaafkan diri sendiri.

4. Jangan salahkan gen anda

Orang tua anda serta semua orang yang berada di pohon keluarga anda mengalami obesitas; hal ini memberikan alasan untuk menjadi gemuk? TENTU SAJA TIDAK! Meskipun gen berperan dalam bentuk tubuh dan berat badan anda, namun masih ANDA yang membuat keputusan tentang apa yang harus anda makan dan berapa banyak anda berolahraga. Jangan biarkan orang-orang di sekitar anda menghentikan anda dari menjadi sehat. Terinspirasilah oleh keindahan tubuh Jessica Alba yang dibesarkan dari keluarga yang “sangat kelebihan berat badan”, namun ia bertekad untuk memiliki bentuk tubuh yang indah dan ia pun berhasil. Ia saat ini menjadi salah satu wanita terseksi di dunia.

5. Ikuti kemajuan anda

Untuk membantu anda mendapatkan motivasi, buatlah jurnal atau catatan dimana anda dapat menuliskan perkembangan penurunan berat badan anda serta bagaimana anda merasakan tentang hal itu. Ini akan membantu anda dalam mengeluarkan perasaan anda dan memotivasi anda untuk terus makan sehat dan berolahraga secara teratur. Ketika anda membaca ke belakang halaman-halaman yang pernah anda tulis, anda akan menghargai usaha anda dan melihat bahwa anda merasa lebih bahagia setiap harinya. Heidi Klum mengambil foto dirinya telanjang setiap minggu untuk melacak kemajuannya dalam penurunan berat badan pasca-kehamilan; ini memotivasinya untuk berolahraga dan menyebabkan dia kehilangan 30 kg dalam 6 bulan.

6. Hargai kemajuan anda

Jika anda melihat bahwa anda kehilangan setengah kg, berikan diri anda pujian dan katakan “AKU HEBAT!” Menurunkan berat badan pasti tidak semudah kedengarannya sehingga setiap kemajuan (besar atau kecil) yang dicapai harus dihargai.

7. Puji diri anda secara teratur

Untuk membantu anda tetap bergerak, anda harus terus-menerus mengingatkan diri anda sendiri bahwa anda adalah orang yang indah. Anda harus belajar untuk memuji diri anda terlebih dahulu sebelum anda mengharapkan orang lain untuk memuji anda. Anda bisa mengatakan di depan cermin “Selamat pagi cantik, anda tampil memukau hari ini!” Jika kata-kata ini berada di kepala anda sepanjang hari dapat membantu meningkatkan harga diri anda.

8. Rawatlah diri anda

Anda telah makan lebih sedikit dari yang biasanya anda makan dan menyelesaikan olahraga rutin selama seminggu; selain memuji kemajuan anda, anda juga harus merawat diri anda sendiri dengan baik. Anda bisa merawat diri dengan mengunjungi spa, membeli baju baru yang telah anda incar selama berbulan-bulan, atau bahkan makan cokelat favorit Anda. Anda layak mendapatkannya!

9. Memiliki seseorang yang dapat memotivasi anda

Mengucapkan selamat pada diri sendiri dapat membuat anda termotivasi, tapi mendengar pujian orang lain dapat meroketkan harga diri anda setinggi langit. Kita sebagai manusia pasti senang mendengar orang lain yang memberitahu kita bahwa tubuh kita terlihat bagus dan ini memotivasi kita untuk terlihat lebih baik, sehingga menyebabkan kita untuk melipatgandakan usaha untuk menurunkan berat badan.

10. Jadilah orang yang bahagia

Orang depresi cenderung makan lebih banyak dan tidak memiliki dorongan untuk berolahraga, sehingga menyebabkan mereka untuk mendapatkan lebih banyak berat badan dan akhirnya menjadi gemuk. Di sisi lain, orang-orang bahagia memiliki semua energi untuk berolahraga dan berpikir sebelum mereka makan, sehingga membuat mereka menjadi lebih sehat. Cukup dengan bahagia, anda bisa memproyeksikan aura positif yang menyebabkan orang untuk memuji anda sehingga harga diri anda meningkatkan dan mendorong keinginan anda untuk terlihat lebih baik dengan menurunkan berat badan.

 

loading...

 

Sorry, comment is closed for a moment