Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


10 Cara Praktis Mengatasi Rasa Marah

marah

Berikut adalah beberapa saran praktis untuk mengatasi marah.

1. Ketika anda marah jangan mengatakan apa-apa.

Jika kita berbicara dalam rasa marah, kita pasti akan memperburuk situasi dan sangat mungkin menyakiti perasaan orang lain. Jika kita berbicara dalam rasa marah, kita mungkin akan menemukan bahwa orang-orang akan menanggapi dengan rasa marah juga, menciptakan sebuah lingkaran kemarahan. Namun jika kita bisa menjaga untuk tetap diam, maka akan memberikan waktu untuk emosi kemarahan meninggalkan kita.
.
“Ketika marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum anda berbicara. Jika anda sangat marah, hitunglah sampai seratus. ”
- Thomas Jefferson –

2. Acuhkan terhadap orang-orang yang berusaha membuat kita marah.

Sialnya, beberapa orang mungkin memiliki niat jahat dengan mencoba membuat anda marah dan mengambil kesenangan dari anda. Namun jika kita bisa mengacuhkan kata-kata mereka dan tidak merespon dengan cara apapun provokasi mereka, mereka akan kehilangan minat dan tidak mengganggu kita di waktu mendatang.

3. Gunakan alasan untuk menghentikan kemarahan.

Ketika kita marah, katakan kepada diri sendiri “kemarahan ini tidak akan membantu saya dengan cara apapun. Kemarahan ini akan membuat situasi lebih buruk.” Bahkan jika sebagian dari kita masih marah, suara batin kita akan membantu kita untuk menjauhkan diri dari emosi kemarahan

4. Bersikap baik pada orang lain.

Visualisasi lain yang disarankan oleh seorang guru spiritual adalah melihat agen kemarahan sebagai anak berusia 5 tahun. Jika anda berpikir tentang orang lain sebagai anak berusia 5 tahun yang tak berdaya, kasih sayang dan pengampunan anda yang akan muncul. Jika adik kecil anda tidak sengaja menusuk anda, anda tidak akan merasakan kemarahan dan keinginan untuk membalas. Sebaliknya anda hanya akan merasa dia masih terlalu muda dan perlu tahu hal-hal yang lebih baik. Latihan ini mungkin sangat berguna bagi anggota keluarga dekat yang kadang-kadang menimbulkan rasa marah anda.

5. Nilai perdamaian jauh lebih tinggi dibanding rasa marah.

Jika kita menghargai ketenangan pikiran sebagai harta kita yang paling penting, kita tentu saja tidak akan membiarkan kemarahan tetap ada dalam sistem kita. Seperti Sri Chinmoy pernah katakan :

“Anda mungkin punya hak untuk marah dengan seseorang, tetapi anda tahu bahwa dengan marah kepadanya anda hanya akan kehilangan kedamaian pikiran anda yang berharga ..”

6. Selalu mencoba untuk memahami mereka yang marah pada anda.

Jangan khawatir jika anda memiliki perasaan untuk membela diri dari kritik mereka. Jika anda dapat tetap tenang, mereka mungkin mulai merasa bersalah melampiaskan kemarahan mereka pada anda. Terinspirasi oleh contoh ketenangan anda, mereka akan sadar dan berusaha untuk melakukan hal yang sama.

7. Fokus pada sesuatu yang sama sekali berbeda.

Misalkan seseorang telah melakukan sesuatu yang membuat anda marah. Pikirkan tentang sesuatu yang akan membuat anda bahagia. Penangkal terbaik untuk negatif adalah fokus pada yang positif.

8. Tarik nafas dalam-dalam.

Tindakan sederhana dengan menarik nafas dalam-dalam akan sangat membantu anda dalam menghilangkan kemarahan.

9. Meditasi.

Berlatih meditasi secara teratur untuk membawa kedamaian batin anda kedepan. Jika kita dapat memiliki akses menuju kedamaian batin, maka kita akan mampu memanfaatkan hal ini selama masa pengujian.

10. Tersenyum.

Ketika kita tersenyum kita meredakan banyak situasi negatif. Tersenyum adalah cara menawarkan niat baik kepada orang lain. Tersenyum tidak memerlukan biaya apa-apa, selain efektif dapat meredakan situasi tegang.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

33 comments

1 hari murti saputro { 11.17.12 at 10:10 pm }

tidak ada satupun kebaikan dr sebuah kemarahan yg diliputi dendam, yg ada hanyalah keburukan yg dihiasai amarah dan benci yg menimbulkan malapetaka…. mari kita buang rasa marah yg belum tentu membuat kita sendiri menjadi pling benar…salam damai

2 a.rchman { 12.04.12 at 4:27 pm }

Yang lebih praktis adalah dengan ambil air Wudhu.

3 Herman Ajha { 12.05.12 at 9:14 am }

Tips yg bagus tuk di jalanin

4 anita { 02.01.13 at 12:19 pm }

saya memang tukang marah.selalu merasa paling benar.yang dpt mnghancurkan rumah tangga.saya akan mencobanya….trims

5 alif { 04.16.13 at 11:31 am }

wah ini bagus tapi lebih bagus lagi klo mau di kasih tau caranya
gak cuma kata kata nya

6 Ichtisan { 05.21.13 at 7:41 pm }

Caranya wudu aja

7 Zulkarnain { 05.24.13 at 11:07 am }

Mohon masukannya, bagai mana menghadapi anak umur tujuh tahun yang slalu membuat rasa marah karna tingkahnya. Apakah boleh di pukul

8 Andi { 06.14.13 at 10:39 am }

Gak bisa. . Aku sudah berapa kali tahan kemarahan , tapi selalu gagal.

9 tiwi { 07.14.13 at 9:27 am }

bagaimana jika kita dan kluarga kita di jelek”in oleh tetangga ke tetangga lain dan orang lain….apakah kita tidak marah kluarga di jelek”in?…..susah ntuk nggak marah mlh tambah benci ma orang itu!

10 nurkatun { 07.28.13 at 10:20 am }

klw aku sih mengatasi nya cuma dengan ber do’a, gini do’a nya ” ya Allah, hilangkan dia dari aku” dan terkabul. aku bisa benar-benar lupa ama orang itu bahkan ketika berpapasan. otomatis rasa marahpun raib. semoga!

11 mariani { 08.07.13 at 2:24 pm }

11. Tidur

12 Ricki { 08.20.13 at 4:40 am }

Thank’s…
artikelnya menyadarkanku bahwa klo marah itu bikin kita rugi ..
Izin copas gan..!!

13 awally { 09.21.13 at 4:45 pm }

baca istifar…

14 Olvie { 10.03.13 at 2:04 pm }

Thanks untuk artikelnya. Berarti banget ntuk dijalankan!!!

15 mariono { 10.23.13 at 1:40 pm }

bos gemana caranya menghilangkan emosi ketika kita disindir ma orang ??? soalnya saya sering kehilangan kendali saat saya dibicarakan ……… ma orang ?????

16 ilha { 10.24.13 at 5:44 pm }

caranya sabar dan berpikir bahwa kita yang mengatur keadaan, bukan keadaan yang mengatur kita..trmks

17 andi { 11.14.13 at 9:57 pm }

Mhn maaf bagi yg non muslim… sujud syukur, kirim sholawat kpd Nabi Muhammad SAW, aulia, shuhada, nabi, wali. lakukan istiqhotsah… (astagfirullahhaladzim, ya latif, ya rahman ya rahim dsb….) setiap hari ba’da subuh atau ashar….

18 Siti waliatuljannah { 11.17.13 at 5:56 am }

Bagaimana jika kita sedang kecewa llu sang pacar tidak mau mngrti .. ?

19 PESULAPKATA { 11.22.13 at 5:31 pm }

Mangkan nya itu gan pd saat kita d guncang oleh orang lain kta tanya kepda hati dri kta sndiri apakah gunanya sya mrah ,mlh mrh bsa nambh situasi jd keruh apkh bkl members kn mslh dgn mrh ga kan
.Jd pd saat kta d guncng oleh orang lain kta hrs brpkrn positif trhdp orng yg mengguncng kta dn untng nya kta brpkrn positif akan membawa semua hal2 positif trhdp dri kta sndri nnti mski orng mw menjahati kita orang itu akn slalu gagal menjahati kta nya apa lg klw d brengn mengambl air wudu trs solat atw bca ayat2 suci al-qur’an insyaallah kta akn pnya hti yg tenang .Tapi sblik ny kta kesel klw d jlkn orng dn pd saat kta kesal pd saat itu pn jga kta akn brpikiran negatif trhdp orang2 trtma orang yg menjelekn kta nah klw kta pnya pkran kya gtu saya yakn kita bkl trs dpt hal2 yg negatif .MdH2an ngrti ya

20 Ciinthadlapanbellas aprilduaribudwabellas { 12.14.13 at 8:48 pm }

Trimakasih solusinya bung.. Rasa marah hanya akan menyiksa hati kita sndri

21 Lala { 01.13.14 at 10:09 pm }

kalau harus marah yah mendingan marah2 dari pada di pendem. namanya juga manusia. emangnya robot gak punya perasaan.

22 Aura Aulia { 02.02.14 at 7:21 pm }

Bagus juga tuh tips nya,bisa langsung dipraktekin,hehe

23 jhony { 04.24.14 at 8:56 pm }

Sama sekali saya gk bisa menahan amarah saya di saat saya sedang kesel. Saya selalu melontarkan amarah saya biar saya puas dan benci itu tak terpendam dalam hati saya.

24 MUHYAN { 05.17.14 at 7:40 am }

SAYA CEPETMARAH TP SAMA ISTRI DOANG YGGANGERTI2

25 ancha alisyam { 05.27.14 at 1:34 pm }

Trimakasi atas motifasinya semoga ini menjadi pelajara penting bagi saya karna saya orangx pemarah apalagi klo marah selalu merasa menang sendiri membuat orang di sekeliling ku banyak yg tdk senang ama saya yang baru sekarang aku menyadari semua itu. Trims.

26 sidik { 05.27.14 at 7:15 pm }

Kalau setiap hari dia selalu bikin marah gimana

27 Ashabul kahfi { 06.08.14 at 6:50 pm }

begini solusinya, yang pertama, di dunia dibagi dua, ada surga dan neraka, penghuni surga dan penghuni neraka disatuka di dunia. kenikmatan dunia adalah surga dan bencana dunia adalah neraka. jadi kita harus berhati-hati dengan penghuni neraka kalau perlu jangan di dekati. dan yang kedua, malaikat tidak punya hawa nafsu dan taat kpd Tuhan, sedang manusia punya nafsu(marah, menangis,tertawa, tidur, makan, minum,malas), ketika manusia bisa mengendalikan nafsunya maka dia bisa lebih baik dari malaikat apalagi dengan ketaatan. ketika dia tidak bisa mengendalikan salah satu nafsunya maka dia seperti orang bodoh. maka dari itu umat islam di wajibkan untuk puasa 1 bulan.

28 harga jasa desain rumah { 07.09.14 at 3:30 pm }

ok thanks tipsnya, marah adalah hal yang tidak baik yang perlu di taklukkan, dan sangat diperlukan strafegi tertentu dalam menanggulanginya.

29 KMH Sport { 07.18.14 at 3:21 pm }

Ini Inspirasi bagi kita yang sukanya marah… sangat membantu kawan..

30 kunci kebahagiaan { 08.05.14 at 5:50 pm }

setiap kemarahan di situ pasti ada keberadaan syetan maka berhati2 lah jagalah amarah agar tidak tertumpahkan

31 Irka { 08.23.14 at 10:30 am }

Dengan artikel ini saya akan belajar untuk menahan amarah . Karena amarah itu akan membawa kita ke jurang penyesalan .

32 nurul { 09.16.14 at 3:10 pm }

Sering sebel sama seseorang. Gmn caranya nihh?

33 rempil { 09.17.14 at 10:34 pm }

Kalo marahnya pada diri sendiri bagaimana.?

Leave a Comment