Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


10 Fakta Tentang Manfaat Berolahraga

manfaat berolahraga

Apakah anda ingin menjadi lebih cerdas di kantor anda? Bebas dari kepenatan di rumah? Mampu meluangkan waktu yang berkualitas dengan keluarga anda? Mendapatkan tingkat stress yang lebih rendah? Semua keinginan tersebut dapat dipenuhi melalui berolahraga.

Itulah apa yang para ahli katakan tentang manfaat berolahraga. Singkatnya, berolahraga tidak hanya untuk mengencangkan otot dan meningkatkan stamina tubuh. Ada banyak manfaat lain seperti efek psikologi yang disebabkan karenanya, dan ini membuktikan bahwa berolahraga memiliki multi manfaat. Fakta-fakta berikut ini menunjukkan kebenaran dari manfaat berolahraga; dan mudah-mudahan dengan menghadirkan fakta-fakta ini kita akan menyadari bahwa tidak ada alasan bagi anda untuk tidak berolahraga.

1. Berolahraga akan Meningkatkan Kapasitas Otak Anda

“Berolahraga meningkatkan energi dan menambah serotonin dalam otak”, begitu kata David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat. Serotonin adalah hormon di otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak yang mencakup pengatur stabilitas emosi, pemahaman dan nafsu makan. Jadi orang yang melakukan olahraga dengan jumlah cukup akan menemukan produktivitas mereka meningkat. Produktivitas seseorang tidak hanya berarti orang tersebut dapat memberikan kualitas kerja yang baik, namun ia juga dapat memberikan kontribusi untuk suasana kerja yang bahagia di tempat kerja.

2. Menggerakkan Tubuh Membantu Mencairkan Stres Anda

Berolahraga memberikan efek relaksasi yang baik untuk semua orang. Itu sebabnya ketika seseorang mulai berlatih, dia akan segera mengetahui bahwa hal itu akan mengurangi stres dan membuatnya menjadi pribadi yang lebih bahagia. Atkinson mengatakan bahwa ketika seseorang bahagia, efeknya tidak hanya menguntungkan orang itu sendiri. Kondisi ini menyebabkan orang tersebut menjadi tidak mudah marah, dengan demikian, meningkatkan kualitas hubungan dengan rekan-rekan kerjanya, keluarga dan orang lain.

3. Berolahraga akan Memberikan Energi

Berolahraga, meskipun hanya 30 menit sehari, dapat mengubah hari seseorang dari pagi sampai malam hari. Ketika endorphin dilepaskan ke dalam darah selama berolahraga, seseorang akan merasa lebih energik sepanjang hari. Endorphin adalah senyawa kimia dalam otak kita yang dapat membuat otak menjadi rileks.

Atkinson pernah mendapat keluhan dari kliennya yang mengatakan bahwa ia merasa lelah setelah berlatih. Atkinson menjelaskan bahwa kelelahan biasanya terjadi pada beberapa sesi pertama pasca berolahraga karena tubuh tidak terbiasa. Setelah itu, kelelahan akan hilang dengan sendirinya.

4. Tidak Sulit Mencari Waktu Untuk Berolahraga

Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak punya waktu untuk berolahraga. Kemudian, tidak memiliki peralatan tertentu seperti sepasang sepatu olahraga menjadi penghalang. Sebenarnya, Atkinson menyatakan, berolahraga bisa dimulai dari pemikiran sederhana, “Berpikir bahwa kita membunuh dua burung dengan satu batu.” Itu berarti anda benar-benar melakukan dua hal atau mendapatkan dua keuntungan dengan melakukan satu kegiatan.

Anda bisa memulai dengan meminta anak-anak anda untuk bermain dengan sepeda mereka di taman. Anda bisa melihatnya sekaligus berolahraga pada saat yang bersamaan. Jika suatu hari anda perlu melakukan pertemuan dengan seseorang, anda bisa memilih tempat yang memiliki jogging track, taman, kolam renang atau fasilitas lain yang dapat digunakan untuk berolahraga. Anda bahkan dapat berolahraga saat melakukan tugas-tugas rumah. Yang penting adalah menggerakkan tubuh anda.

5. Berolahraga akan Membina Hubungan

Berolahraga meningkatkan hubungan anda dengan orang lain. Jika hal itu dilakukan bersama keluarga, anda akan merasakan lebih dekat dengan mereka. Hal ini juga berlaku jika anda berolahraga bersama dengan teman-teman anda. Selain itu, sangat mungkin bahwa anda mendapatkan teman-teman baru melalui berolahraga. Selain itu, orang-orang yang mencoba untuk mengurangi berat badannya, benar-benar membutuhkan dukungan dari teman-teman agar usahanya tersebut berhasil.

6. Berolahraga akan Melawan Penyakit

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat memperlambat dan mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, osteoporosis dan banyak penyakit lainnya. Berolahraga bahkan bisa memperlambat proses penuaan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, setidaknya anda bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit flu dan penyakit umum lainnya.

7. Berolahraga akan Memompa Jantung Anda Lebih Baik

Berolahraga membuat jantung anda kuat. Fungsi jantung dan sistem kardiovaskular bekerja lebih efektif, dan ini dapat mengurangi plak dalam pembuluh darah (yang dapat mempersempit aliran darah), sehingga jantung akan memompa darah lebih baik. “Jika jantung anda menjadi lebih kuat, masing-masing pompa akan memberikan sejumlah besar darah dan ini dapat memperlambat detak jantung anda,” kata Todd A. Astorino dari California State University-San Marcos.

8. Berolahraga akan Memperbaiki Diet Anda

Otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak tubuh ketika anda sedang beristirahat. Dengan demikian, semakin banyak otot yang kita miliki, semakin baik metabolisme yang kita alami. Tentu pembakaran kalori tidak hanya terjadi ketika anda berada dalam kondisi beristirahat, tetapi ketika berolahraga juga. Dengan tingkat metabolisme yang baik, seseorang dapat memiliki pola makan yang sehat. Selama tidak terlalu berlebihan, setiap makanan favorit dapat dikonsumsi.

9. Berolahraga Meningkatkan Stamina Anda

Setelah dilakukan selama beberapa minggu secara konsisten, seseorang dapat merasakan perbedaan dalam tubuhnya. Otot-otot telah dikembangkan dan perkembangan ini dapat dirasakan ketika ia melakukan tenis, golf, bola basket atau olahraga lain yang membutuhkan kekuatan otot. Pada saat itu penambahan kekuatan yang berasal dari otot-otot bisa dirasakan, kata Atkinson.

Selain itu, otot-otot akan dapat bekerja lebih efisien, lebih cepat bereaksi dan daya tahannya juga akan meningkat.

10. Penurunan Berat Badan Bukan Tujuan Utama

Berolahraga memang menurukan beberapa kilo dari tubuh anda, namun manfaat dari berolahraga tidak hanya untuk mencegah kelebihan berat badan. Menggunakan olahraga hanya sebagai alat untuk menurunkan berat badan tidak akan menjadi motivator yang kuat bagi seseorang untuk berhasil. Hal ini terjadi karena orang biasanya tidak sabar dan ingin melihat hasilnya dalam sekejap. Penurunan berat badan melalui olahraga tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Itulah mengapa motivasi dalam berolahraga tidak disarankan pada penurunan berat badan. Ada banyak tujuan yang lebih menggairahkan seperti merasakan hidup yang lebih baik, memiliki lebih banyak energi, mengurangi stres dll. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga tidak peduli seberapa sibuknya anda. Ingat pepatah : “Dalam tubuh yang sehat hidup jiwa yang kuat”.

 

loading...

 

18 comments

1 luthfi { 08.17.13 at 2:40 pm }

wah ternyata berolahraga sangat bermanfaat sekal.
Thank’s aku ingin sukses.com

2 Makna Sehat { 11.06.13 at 10:16 pm }

Ternyata olahraga bukan hanya untuk kebugaran tapi ada manfaat lain yang sangat berharga..

3 nuri { 11.08.13 at 12:30 pm }

setuju banget sy merasakannya..bukan hanya bugar tp mengurangi semua masalah kesehatan saya ..semangat olahraga untuk hidup SEHAT

4 ahnaf fahad munabbih { 01.17.14 at 10:38 am }

Sangat sangat setujuu

5 Abdus Salam { 02.26.14 at 12:18 pm }

Saya senang dengn website ini

6 iin akhirowati { 03.07.14 at 7:05 pm }

saya senang dgn web ini bisa memberi semangat bahwa olah raga sangat penting utk kita

7 shofie { 08.25.14 at 5:32 pm }

ke sepuluhnya memancing orang pengin sehat, hayo siapa yang ngga mau sehat, pasti mau dong

8 Lintas { 09.24.14 at 6:04 pm }

Sangat motivative artikelnya, izin untuk rujukan presentasi ya. Thanks

9 tidris { 09.25.14 at 12:31 am }

artikelnya bagus tentang kesehatan, tapi ini iklan web ini rokok. demi uang integritas dipertaruhkan.

10 Mashudi { 10.12.14 at 8:48 am }

Saya sering olahraga walaupun murah, yaitu jogging. Dan saya bisa merasakan manfaatnya sekarang. Kuncinya adalah niat yang sungguh-sungguh untuk bisa hidup sehat. Tanks

11 erna { 01.21.15 at 5:18 pm }

saya suka dg website ini.. saya dulu hobby dan aktifis badminton, stiap habis badminton badan trasa enteng, aktifitas lancar, tidak mudah capek.. akhir2 ini kegiatan olah raga kurang, dan efeknya ke berat badan naik.. terasa bedanya, dan saya mulai lagi olah raga lagi.. salam olah raga !

12 Shina Christmartanti { 02.22.15 at 4:24 pm }

Bener banget, kebetulan saya hobi olahraga sejak masih usia kanak2 sampai sekarang hampir 34th. Dan manfaatnya baru disadari skrg ketika bermain basket dengan rekan2 yg usianya 10 tahun di bawah saya, ternyata stamina saya masih bisa mengimbangi mereka, tidak mudah lelah, berenergi sepanjang hari, berat badan terjaga, dan tidak mudah sakit, paling banter sakit flu. Makin banyak orang sadar akan gaya hidup sehat, yuk menuju indonesia sehat.

13 dhoni { 04.19.15 at 6:02 am }

dari dulu kepikiran pengen banget olahraga rutin, apalagi setelah tau beragai manfaatnya :(
tapi nih badan susah banget di ajak kompromi :(

14 despianoor wardani { 07.02.15 at 6:03 am }

Hmmmm, klo aku memang jarang sekali bergerak ._.
Kegiatan nya cuman kebanyakan duduk baca buku…..85% buat duduk, sisanya…

15 kamilus wangge { 08.23.15 at 5:33 pm }

Sya sangat bertrima kasih atas semua info. Semoga lebih giat lagi dlm berolah raga.

16 nqfaiq { 08.25.15 at 9:07 am }

Artikel diatas benar.Sy tiap pagi psti meluangkan waktu utk bersepeda/jogging bersama anak suami.manfaatx luar biasa.diantarax lbh dekat dg klwrga,badan sehat dan bs mengenal banyak org.

17 afrid fransisco { 10.02.15 at 9:15 am }

terima kasih untuk artikelnya yg bermanfaat ya. artikel nya saya kutib sebagian untuk isi artikel di blog saya ya.

18 emil { 02.28.16 at 9:44 pm }

Dulu sy sebentar2 sakit,dalam seminggu ada saja sekali,badan juga terasa lunglai,semenjak rutin berolahraga badan terasa segar,dan sudah jarang sakit. Kalopun sakit tinggal dibawa olahraga,makan,minum banyak,istirahat udah sembuh,ga perlu minum obat

Leave a Comment