Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


10 Manfaat Brokoli yang Mengagumkan Untuk Kesehatan

manfaat brokoli

Manfaat Brokoli – Brokoli merupakan bagian penting dari diet yang sehat bagi banyak orang di seluruh dunia, selain secara luas diakui karena rasanya yang unik. Kebanyakan orang bahkan tidak menyadari bahwa sayuran ini mencegah berbagai jenis kanker, meningkatkan kesehatan mata, dan membantu anda menurunkan berat badan.

Brokoli merupakan sayuran yang kaya vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya. Bahkan, berkat nilai gizinya, brokoli bisa disebut ratu dari diet yang sehat.

Dibawah ini anda akan terkejut untuk mengetahui semua manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh brokoli.

10 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

1. Kaya Akan Nutrisi

Tubuh anda membutuhkan pasokan nutrisi dari makanan yang anda makan, dan brokoli adalah salah satu sumber nutrisi terbesar.

Brokoli mengandung vitamin C, yang juga dikenal sebagai asam askorbat, vitamin penting untuk produksi kolagen, salah satu zat yang paling umum dalam tubuh yang membentuk jaringan ikat antara organ.

Brokoli merupakan sumber beta karoten juga. Baik beta karoten maupun vitamin C merupakan antikoksidan penting yang meningkatkan kekebalan tubuh, dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko katarak, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Di dalam brokoli anda juga dapat menemukan banyak kalsium, yang dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah kanker usus besar. Jadi lain kali anda berpikir tentang minum segelas susu untuk mendapatkan asupan kalsium anda, makan brokoli sebagai gantinya.

Vitamin B kompleks juga tersedia cukup dalam seporsi brokoli – B6, B12, dan folat, yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

2. Fitokimia

Salah satu alasan utama mengapa diet nabati sangat baik untuk anda adalah karena fitokimia, juga disebut sebagai fitonutrien.

Tidak seperti vitamin dan mineral, fitokimia tidak bertanggung jawab untuk menjaga anda tetap hidup – mereka berfungsi sebagai tambahan bonus untuk kesehatan anda.

Mereka bertanggung jawab untuk warna, rasa, dan bau tanaman, serta manfaat kesehatan pelindung mereka. Penelitian telah dilakukan pada peran nutrisi ini dalam memerangi penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit saraf seperti Parkinson dan Alzheimer.

Brokoli mengandung banyak fitokimia aktif, termasuk senyawa glucobrassican, yang lebih lanjut dipecah menjadi indole-3-carbinol, dan kemudian dirubah menjadi diindolylmethane, atau DIM.

DIM telah dikaitkan dengan manfaat anti-kanker yang bisa membuatnya menjadi alat yang ampuh melawan kanker payudara, prostat, rahim, dan kanker kolorektal.

Beberapa fitokimia yang hadir dalam brokoli adalah kelompok senyawa yang disebut glucosinolates, yang bisa diubah menjadi isothiocyanates (ITC). ITC adalah senyawa belerang yang ditemukan dalam sayuran seperti brokoli, yang memiliki beberapa manfaat mengagumkan.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Salah satu manfaat brokoli yang sangat penting adalah mereka membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, obesitas, dan diabetes – dan dapat mengurangi risiko stroke.

Selain ini, mereka bahkan dikaitkan dengan perbaikan gejala autisme parah.

Brokoli mengandung serat yang tinggi. Dengan 3,8 gram serat per porsi, brokoli adalah salah satu sayuran yang memiliki paling banyak serat yang dapat anda makan.

Juga, senyawa peningkat kesehatan yang dikenal sebagai glucoraphanin membantu menjaga proses seluler yang membantu tubuh dalam memerangi obesitas dan beberapa jenis kanker.

(Baca juga 9 Faktor yang Terbukti Menjadi Penyebab Kanker)

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Brokoli juga merupakan sumber yang baik dari vitamin K. Penelitian manusia pada vitamin K telah “jelas menunjukkan” manfaat brokoli untuk kesehatan tulang, tidak hanya dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang tetapi dengan mengurangi angka patah tulang.

Secangkir tunggal brokoli cincang mengandung sekitar 92 mikrogram vitamin K. Kecukupan gizi yang dianjurkan untuk vitamin K setidaknya 90 mikrogram untuk pria dan wanita diatas 19 tahun.

5. Efek Anti-inflamasi

Manfaat brokoli berikutnya yang tak kalah penting adalah sebagai anti inflamasi.

Ketika tubuh anda mulai mendeteksi tingkat berbahaya dari racun, sistem respon inflamasi anda akan melawan untuk membantu melindungi anda dari kerusakan. Namun, terkadang tubuh tidak dapat benar mengatur kapan harus menutup sistem ini, yang dapat menyebabkan risiko kesehatan yang serius seperti kanker.

Melalui asupan ITC yang ditemukan di brokoli, sistem sinyal inflamasi itu sendiri dapat diatur dan dibatasi dari kelebihan produksi.

Kurangnya asam lemak omega-3 dalam diet anda juga dapat berkontribusi untuk respon inflamasi berlebihan. Banyak molekul tubuh bertanggung jawab untuk mengatur respon inflamasi yang dibuat dari omega-3.

Ini hanya salah satu alasan mengapa asam lemak omega-3 sangat penting, dan sebagian besar sayuran termasuk brokoli merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik yang harus anda masukkan dalam diet anda.

6. Kesehatan Pencernaan

Layaknya sayur-sayuran lainnya, brokoli juga memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan.

Serat adalah sesuatu mutlak yang diperlukan bagi tubuh anda, meskipun itu tidak pernah benar-benar dicerna. Pria membutuhkan sekitar 38 gram serat per hari, sedangkan wanita membutuhkan sekitar 25 gram.

Serat membantu tubuh anda mengeluarkan limbah dan racun secara efisien, serta membantu mencegah sembelit dan radang usus.

Brokoli memiliki hampir 1 gram serat per 10 kalori. Dengan hitungan matematika sederhana, jika anda memasukkan seporsi brokoli beberapa kali seminggu dalam diet anda maka anda akan mendapatkan serat dalam jumlah yang serius.

Serat yang ada dalam brokoli datang dalam bentuk, larut dan tidak larut. Meskipun mereka tidak dipecah oleh tubuh untuk setiap nilai gizi, namun serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, sulforaphane antioksidan yang ditemukan dalam brokoli mendukung bakteri yang sehat yang ada di usus anda dengan menjaga mereka dari tumbuh terlalu banyak atau terlalu kuat untuk dinding perut Anda, yang memiliki efek positif dalam memerangi kanker usus besar.

Serat juga bermanfaat untuk kesehatan prostat!

7. Kesehatan Mata

Manfaat brokoli berikut ini mungkin belum anda ketahui dan bisa mengejutkan anda.

Semua orang tahu bahwa wortel baik untuk mata anda – tapi bukti sekarang mengindikasikan bahwa sayuran hijau dan kuning lebih bermanfaat bagi kesehatan mata dibanding yang oranye.

Brokoli saat ini dianggap lebih efektif daripada wortel dalam memerangi degenerasi makula terkait usia dan katarak.

Ini berkat kelimpahan nutrisi lutein dan zeaxanthin dalam brokoli, yang muncul untuk melindungi retina terhadap risiko oksidatif dan mengurangi kemungkinan degenerasi makula.

Peneliti Johns Hopkins menemukan bahwa sulforaphane yang telah disebutkan sebelumnya, juga bertanggung jawab untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet matahari – salah satu faktor utama dalam degenerasi makula.

Jadi, untuk menjaga mata anda tetap tajam, cobalah makan lebih banyak brokoli.

(Baca juga Manfaat Wortel Untuk Kesehatan)

8. Memerangi Penuaan

Ketika anda menua, tubuh anda membutuhkan sedikit bantuan ekstra dalam melakukan tugas-tugas dasar, karena kemampuannya semakin menurun. Sayuran seperti brokoli mungkin dapat memperlambat proses ini.

“Diet yang kaya sayuran efektif memperbaiki metabolisme kita”, kata para peneliti yang menulis dalam American Journal of Clinical Nutrition. “Dengan cara ini, [mereka] mungkin dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis yang berhubungan dengan penuaan”.

Sulforaphane yang ditemukan dalam brokoli memerangi molekul oksigen yang merusak yang menyebabkan masalah bagi mitokondria (mitokondria merupakan pembangkit tenaga listrik dari sel). Dengan mencegah kerusakan mesin ini, proses penuaan secara efektif melambat.

9. Kesehatan Jantung

Manfaat brokoli berikutnya yang sangat penting adalah membantu menyehatkan jantung anda.

Brokoli adalah sahabat besar dalam menurunkan kadar kolesterol anda, yang membuat jantung anda lebih sehat.

(Baca juga artikel 15 Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami)

Entah itu matang atau mentah, serat dalam brokoli yang anda makan mengikat bersama-sama dengan beberapa asam empedu yang diproduksi oleh hati. Asam ini adalah molekul khusus yang membantu pencernaan dan penyerapan lemak melalui proses yang disebut emulsifikasi.

Asam empedu biasanya berdiam di kandung empedu sampai ketika makanan berlemak masuk melalui saluran pencernaan. Asam empedu kemudian mempersiapkan lemak dalam makanan untuk berinteraksi dengan enzim dalam usus.

Dengan mengikat asam empedu, serat dalam brokoli memaksa hati untuk mengisi pasokan asam hilang dengan menggunakan kolesterol yang ada. Akibatnya, kadar kolesterol anda turun. Dan dengan mengukus brokoli anda, Anda dapat meningkatkan kekuatan efek mengikat ini.

Juga, pembentukan homocysteine di dalam hati bisa mengarah pada perkembangan awal penyakit jantung dan pembuluh darah. Karena brokoli kaya akan vitamin B kompleks, yang membantu menurunkan kadar homocysteine, konsumsi brokoli sesering mungkin merupakan cara yang efektif untuk mengurangi risiko komplikasi ini.

10. Memerangi Kanker

Karena semua manfaat brokoli yang telah dijelaskan diatas, anda pasti bisa membayangkan seberapa baik brokoli sebagai pencegah kanker alami.

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Tidak peduli berapa banyak uang yang telah dihabiskan untuk penelitian, namun rasanya kita masih beberapa langkah panjang di belakang untuk menemukan obatnya.

Jadi, bagaimana bisa brokoli membantu dalam pertarungan ini?

Dr. Mercola mengatakan: “Tampaknya brokoli mengandung bahan yang diperlukan untuk menyalakan gen untuk mencegah perkembangan kanker, dan mematikan gen yang lain yang membantu penyebaran”.
Sebuah dukungan yang kuat, setidaknya.

Penelitian saat ini telah menunjukkan brokoli, karena kandungan selenium yang tinggi, menjadi salah satu agen anti-kanker yang terbaik, bahkan lebih baik daripada suplemen selenium. Selenium telah ditunjukkan untuk melawan kanker usus besar, penyakit yang membunuh hampir 50.000 orang per tahun di Amerika Serikat saja.

The Telegraph melaporkan pada bulan April bahwa brokoli dapat digunakan untuk mencegah kanker tenggorokan. Setelah pengujian awal pada hewan, brokoli menunjukkan efek protektif terhadap kanker mulut, dan saat ini para ilmuwan sedang mencoba melaksanakan uji klinis.

Jadi, karena membantu melawan peradangan, karena benar-benar dipenuhi dengan vitamin dan mineral penting, serta karena merupakan bagian dari diet seimbang, brokoli adalah kekuatan tak terbantahkan untuk kebaikan dalam perang melawan kanker.

Jadi apakah brokoli makanan super? Ya, tentu saja.

Demikian artikel tentang manfaat brokoli, semoga menambah wawasan kesehatan anda.

 

Loading...