Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


10 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Anda

kacang hijau

Tahukah Anda, kacang hijau adalah salah satu tanaman penting di Indonesia setelah kacang tanah dan kedelai. Tak heran jika kacang hijau mudah diperoleh dan mengolahnya pun sangat gampang.

Bubur kacang hijau memang tidak se-elit es krim atau cake cokelat. Tapi makanan ‘pencuci mulut’ asli Indonesia ini ternyata kaya manfaat untuk kesehatan. Selain murah dan mudah diperoleh, kacang hijau sendiri memiliki banyak nutrisi. Tak hanya mengandung vitamin A dan C, tapi juga mengandung Mangan dan folat. Banyak pakar kesehatan, baik dari dalam maupun luar negeri, yang menyarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau.

Lalu apa saja sih manfaat kacang hijau bagi kesehatan kita?

10 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

1. Anti-oksidan

Berkat kandungan fitosterol di dalamnya, kacang hijau menjadi salah satu agen antioksidan yang dapat Anda konsumsi sehari-hari. Perlu diketahui, anti oksidan dapat mencegah penuaan dini serta memperlambat tanda-tanda penuaan dini seperti keriput. Antioksidan juga baik untuk mencegah resiko terkena kanker. Jadi, lain kali jika bosan mengkonsumsi brokoli atau sayuran lain, bubur kacang hijau hangat bisa menjadi asupan alternative yang tak kalah lezat.

2. Kaya serat

Kacang hijau memang dapat dijadikan sebagai alternatif bagi Anda yang kurang suka makan sayur. Kacang hijau yang kaya akan serat dapat Anda manfaatkan untuk menjaga pencernaan. Perlu diketahui, serat memiliki fungsi penting bagi tubuh karena berguna sebagai ‘pencahar’ sehingga BAB menjadi lancar.

3. Rendah kalori

Bagi Anda yang gampang lapar, memakan nasi atau mie bisa-bisa membuat Anda semakin gemuk karena banyaknya karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Kacang hijau yang kaya akan serat ini akan membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, kacang hijau juga rendah kalori sehingga memakannya dalam jumlah banyak tidak membuat gemuk.

4. Mengatur kolestrol

Saat ini tampaknya banyak orang yang mudah terkena diabetes atau stroke akibat kurang menjaga keseimbangan asupan makanan bergizi. Ternyata kacang hijau dapat memelihara arteri serta memperlancar sirkulasi darah. Sifat anti-hipertensinya yang alami juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan pada pembuluh darah.

5. Kesehatan ibu hamil

Kacang hijau juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folatnya penting untuk perkembangan buah hati sejak dalam kandungan. Dalam masa kehamilan, konsumsi kacang hijau juga baik untuk mencegah resiko kelainan jantung pada bayi.

6. Aman diminum oleh pasien diabetes tipe 2

Pasien diabetes pasti memahami sulitnya memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi dan tidak menaikkan gula darah. Menurut studi yang dilakukan oleh Chinese Academy of Agricultural Sciences menuturkan bahwa kacang hijau dapat menjadi suplemen yang menurunkan glukosa dalam darah sekaligus meningkatkan respon insulin.

7. Tinggi protein

Nutrisi kacang hijau meliputi protein yang tinggi. Struktur biji kacang hijau memiliki 20 hingga 24% asam amino. Proteinnya mudah diserap dan bagi para vegetarian, kacang hijau bisa dikombinasikan dengan aneka sayuran untuk variasi menu diet sehari-hari.

8. Mengurangi gejala PMS

Bagi kaum perempuan, gejala PMS bisa sangat menyakitkan. Mulai dari pusing, kram perut hingga kelelahan. Kacang hijau memiliki kandungan magnesium dan vitamin B yang esensial untuk mengurangi rasa sakit akibat PMS. Kandungan ini juga baik untuk menstabilkan hormon.

9. Mengurangi resiko osteoporosis

Kalsium adalah mineral penting untuk tulang yang kuat. Memang asupan kalsium bisa diperoleh dari susu tapi perlu Anda ketahui bahwa kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi untuk mencegah kerusakan tulang.

10. Mempercantik kulit

Manfaat kacang hijau bagi kecantikan pun sudah diakui oleh para ahli. Masker kacang hijau yang sifatnya dingin dan menenangkan dapat dipakai untuk menyamarkan bekas jerawat. Caranya pun mudah, cukup menumbuk kacang hijau hingga halus lalu campur dengan air hingga kental, usapkan ke area wajah dan biarkan mengering selama kurang lebih 10 menit sebelum dibilas.

Fakta kacang hijau yang perlu Anda ketahui

Selain 10 manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda mengkonsumsi makanan lezat kaya nutrisi ini!

– Teknik memasak kacang hijau

Sangat mudah mengolah kacang hijau menjadi bahan pangan akan tetapi pengolahan yang benar akan menyimpan kandungan nutrisinya. Vitamin dari kacang hijau yang paling gampang larut adalah B1 dan C. banyak yang belum tahu bahwa protein dalam kacang hijau malah semakin bertambah ketika diproses. Saat kacang hijau dimasak, ia mengalami proses denaturasi yang membuat protein jadi mudah diserap oleh tubuh. Waktu yang paling pas untuk merebus kacang hijau adalah sekitar 45 menit.

– Makanan tradisional yang telah terbukti manfaatnya

Pakar kesehatan ayuverdik, Nadya Andreeva menyatakan bahwa kacang hijau adalah salah satu makanan ajaib. Mengapa? Karena kacang ini cocok dikonsumsi oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua, sehat maupun sakit. Selain itu, olahannya yang beragam membuat kacang hijau disebut sebagai makanan yang ‘fleksibel’ dan mudah dicerna.
Lalu bagaimana cara mengolah dan menyimpan kacang hijau?

Kacang hijau bisa dimakan dalam bentuk bubur ataupun untuk isian kue tradisional seperti Onde-Onde atau Kuweh Tok. Namun sebelum Anda membuat makanan lezat berbahan kacang hijau, ada baiknya membaca tips cara mengolah dan menyimpan kacang super sehat ini!

– Memilih kacang hijau berkualitas

Untuk mengetahui kualitas kacang hijau, rendam kacang ke dalam air. Jika kacang hijau mengapung, itu artinya kualitasnya tidak terlalu bagus.

– Diamkan selama sehari

Kacang hijau butuh waktu relatif lama untuk mebuatnya jadi lunak. Anda dapat mendiamkannya selama 1 hari sebelum merebus.

– Tambahkan pandan dan jahe

Untuk menambah aroma dan rasa, tambahkan pandan atau jahe ke dalam bubur kacang hijau. Pandan menambah harum masakan sementara jahe membuat hangat badan.

– Merebus dengan api kecil

Perlu diingat bahwa api kecil akan memperlambat air untuk mendidih. Jadi kacang hijau dapat pecah dan mekar sempurna tanpa kehabisan air. Lebih bagus lagi bila panic ditutup rapat agar sarinya tidak menguap.

– Tambahkan gula di akhir

Tahukah Anda bahwa gula bisa menghambat proses pecahnya biji kacang hijau? Pastikan kacang hijau direbus hingga pecah baru masukkan gula ke dalamnya.

– Menyimpan kacang hijau

Cara menyimpan kacang hijau agar tidak tengik yaitu dengan menyangrai terlebih dahulu. Dinginkan kacang hijau lalu simpan ke dalam toples kedap udara.

 

Loading...