Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


10 Manfaat Tertawa yang Ajaib Bagi Kesehatan

tertawa

Anda sedang merasa sedih? Kecewa? Atau putus asa? Daripada melarutkan diri dalam kesedihan, cobalah untuk menghibur diri Anda dengan menonton film komedi dan tertawalah. Para peneliti sepakat bahwa tertawa mampu membuat Anda merasa lebih baik dan mengembalikan suasana hati. Selain itu, tertawa juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Tertawa sendiri merupakan suatu aktivitas manusia yang diatur oleh otak. Tertawa dapat menimbulkan rasa kedekatan dalam interaksi sosial. Tertawa juga merupakan suatu cara untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Saat tertawa, kita menggunakan banyak sekali otot-otot. Tertawa hingga sakit perut merupakan perasaan paling membahagiakan. Anda tentu pernah merasakannya, bukan?

Kita mungkin sering mendengar bahwa tertawa adalah obat yang terbaik. Ternyata lebih dari itu, tertawa, dari yang hanya menyengir hingga terbahak-bahak terbukti memiliki beragam manfaat yang luar biasa bagi tubuh manusia. Saat tertawa, otot-otot seluruh wajah dan tubuh kita akan meregang, detak jantung dan tekanan darah meningkat, kita juga bernapas lebih cepat, dan mengirimkan oksigen ke seluruh jaringan-jaringan tubuh.

Menurut Steve Wilson, MA, CSP, seorang psikolog dan terapis tertawa, orang yang lebih sering tertawa dalam hidupnya, jauh lebih sehat daripada mereka yang jarang tertawa. Wilson juga mengatakan bahwa tertawa memiliki efek yang sama seperti olahraga.

Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan

Mari simak sepuluh manfaat kesehatan tertawa berikut ini.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Lee Berk dan De. Stanley Tan di Loma Linda University, California, tertawa dapat menurunkan tekanan darah. Saat kita tertawa, tekanan darah akan tinggi pada awalnya, kemudian berangsur turun hingga menjadi normal. Orang yang tekanan darahnya turun, dapat mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung. Anda pasti sering mendengar, orang yang sering marah-marah memiliki tekanan darah yang tinggi. Jadi, mulailah menonton film lucu atau membaca cerita komedi dan nikmati obat tertawa Anda.

2. Menurunkan Kadar Hormon Stres

Salah satu manfaat tertawa yang sangat populer adalah tertawa membuat kita rileks sehingga kadar hormon stres dalam tubuh berkurang. Dengan berkurangnya hormon stres, kecemasan akan berkurang dan sistem kekebalan tubuh meningkat. Apalagi saat tertawa bersama teman-teman yang menceritakan suatu cerita atau lelucon lucu, stress pasti hilang.

Dalam suatu studi yang yang dipublikasi di Geriatrics and Gerontology International, ditemukan bahwa terapi tertawa dapat mengurangi depresi pada pasien manula dan membuat mereka merasa lebih sehat serta memperbaiki interaksi sosial.

3. Melatih Otot Perut

Tertawa juga ternyata dapat menguatkan otot perut. Saat tertawa, otot-otot di perut mengembang dan berkontraksi, sama seperti ketika Anda dengan sengaja melakukan latihan otot perut. Bahkan otot bahu pun berkontraksi, yang kemudian menjadi rileks setelahnya. Tertawa dengan sepenuh hati juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membakar kalori lebih cepat. Jantung pun menjadi lebih sehat. Tertawa 100 kali setara dengan 10 menit mendayung atau 15 menit bersepeda. Jadi, sering-seringlah tertawa untuk mengempiskan perut yang buncit.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Para peneliti mengemukakan bahwa tertawa dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan bertambahnya jumlah sel T. Sel T sendiri merupakan sel-sel sistem kekebalan tubuh khusus yang ada di dalam tubuh menunggu diaktivasi. Pada saat kita tertawa, kita mengaktivasi sel T tersebut yang kemudian langsung bekerja melawan penyakit-penyakit di dalam tubuh. Dengan begini, kecil kemungkinan kita akan terserang pilek dan batuk. Jadi, jika suatu saat Anda sedang batuk atau pilek, Anda bisa mencoba untuk tertawa sesering mungkin untuk meredakannya.

5. Sebagai Pereda Nyeri Alami

Manfaat tertawa berikutnya yang tak kalah penting adalah tertawa dapat mengurangi rasa sakit. Tidak hanya mengalihkan pikiran kita dari rasa sakit yang kita alami, tertawa juga melepas hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin inilah yang membantu meredakan rasa sakit secara alami dan membuat kita merasa lebih nyaman. Penelitian di Inggris menunjukkan 15 menit tertawa dapat mengurangi rasa sakit hingga sekitar 10 persen dengan dilepasnya hormon endorfin di dalam otak.

6. Membuat Jantung Lebih Sehat

Orang yang sering tertawa cenderung memiliki jantung yang lebih sehat dibanding mereka yang jarang tertawa. Jantung kita terdiri dari otot-otot, dan seperti otot-otot lainnya di dalam tubuh, jantung akan semakin kuat dan berfungsi lebih baik jika sering dilatih. Tertawa secara rutin sama saja seperti rutin pergi ke pusat kebugaran untuk melatih otot jantung. Tertawa akan memompa jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut penelitian, tertawa selama 15 menit sehari sangat baik bagi jantung dan setara dengan 30 menit berolahraga tiga kali seminggu.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat tertawa berikut ini mungkin mengejutkan Anda. Tertawa ternyata dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga baik bagi penderita atau mereka yang berisiko menderita diabetes. Suatu penelitian yang melibatkan 19 orang dengan diabetes menunjukkan efek tertawa pada gula darah. Setelah makan, para peserta mendengarkan suatu kuliah yang membosankan. Keesokan harinya, mereka makan makanan yang sama kemudian menonton komedi. Setelah menonton komedi, kadar gula darah peserta menjadi lebih rendah daripada setelah mereka mendengarkan kuliah.

8. Membantu Relaksasi

Pernahkah Anda merasakan, setelah tertawa Anda merasa lebih rileks dan bahagia? Sering tertawa akan membuat kita merasa lebih baik dan terhindar dari stres. Saat tubuh rileks, kita juga akan lebih mudah tertidur. Ternyata, 10 menit tertawa dapat membantu kita tertidur nyenyak selama 2 jam. Oleh karena itu, jika Anda merasa sulit tidur, cobalah untuk mencari hal-hal yang bisa membuat Anda tertawa.

9. Baik Bagi Pernapasan

Tertawalah, karena tertawa dapat mengosongkan paru-paru kita dari kelebihan udara, mirip seperti saat kita menarik napas dalam-dalam. Ini sangat membantu mereka yang menderita penyakit pernapasan, seperti asma. Jika salah seorang teman Anda menderita asma, ajaklah ia untuk tertawa lebih sering. Selain membuatnya bahagia, Anda juga turut berkontribusi dalam meringankan sakit yang dideritanya.

10. Meningkatkan Hubungan Sosial

Tertawa itu menular. Ketika melihat orang lain tertawa hingga terkekeh-kekeh, kemungkinan kita akan ikut tertawa juga, minimal tersenyum. Jadi, saat kita tertawa lebih sering di tengah orang banyak, kita dapat mengajak mereka untuk ikut tertawa dan membangkitkan suasana. Dengan begitu, kita turut menurunkan tingkat stres mereka juga, serta memenungkinkan kita untuk meningkatkan kualitas interaksi sosial bersama mereka. Semakin sering kita tertawa bersama orang lain, semakin kita akan diingat sebagai pembawa energi positif.

Dapatkan segera manfaat tertawa dengan mulai untuk lebih sering membaca cerita lucu atau menonton film komedi, berkumpul bersama orang-orang yang senang melucu, dan tertawalah lebih sering. Jangan lupa juga untuk selalu membuat orang-orang di sekitar Anda tertawa. Sebarkan kebahagiaan dan kesehatan untuk orang lain. Karena tertawa bersama-sama tentu lebih menyenangkan dibanding hanya tertawa sendirian.

 

Loading...