Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


10 Rahasia Mendapatkan Rasa Percaya Diri Dalam Hitungan Detik

percaya diri

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anda dalam jangka panjang, namun terkadang kita juga memerlukan langkah-langkah meningkatkan rasa percaya diri dalam waktu singkat. Anda rasanya tak bisa berjalan menuju sebuah pertemuan penting sambil membaca buku panduan mengenai kepercayaan diri, atau menelepon mentor anda pada menit-menit terakhir.

Jadi dibawah ini saya mencoba mensharingkan kepada anda beberapa tips yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat dalam hitungan detik :

1. Tersenyum

Tersenyum merupakan tips 1 detik jika anda merasa gugup dan tidak percaya diri. Anda tidak hanya tersenyum jika anda merasa senang dan percaya diri, sebaliknya anda bisa tersenyum untuk membuat diri anda merasa lebih baik. Tersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin anda merasa tidak enak ketika anda tersenyum.

Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah anda. Tersenyum melepaskan hormon endorphin yang membuat anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah anda, membuat anda merasa nyaman dengan diri anda sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Anda juga akan tampak lebih percaya diri di hadapan orang lain ketika anda tersenyum.

2. Tatap Mata Lawan Bicara Anda

Sama halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum anda dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman anda; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri. Menatap sepatu anda atau meja mendorong perasaan anda menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda.

“Kontak mata membantu anda untuk menghilangkan rasa takut jika anda sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan anda dengan lawan bicara anda. Stress merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara anda.” (Confident Eye Contact, Unlimited Confidence)

3. Ubahlah Suara Dalam Diri Anda

Kebanyakan dari kita memiliki suara dalam diri yang mengatakan bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan merubah suara di dalam diri anda merupakan kunci untuk memperoleh kepercayaan diri dari dalam. Buat suara dalam diri anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal anda dan mengetahui bakat anda, serta menginginkan anda untuk mencapai yang terbaik.

4. Lupakan Standar Yang Ditetapkan Orang Lain

Terlepas dari situasi yang membuat anda mengalami krisis percaya diri, anda bisa membantu diri anda sendiri dengan berpegang pada standar yang anda miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan anda, dan sekeras apa pun anda mencoba, anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan khawatir jika orang-orang menyebut anda gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang anda miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; anda tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar anda menerimanya.

5. Tampillah Serapih Mungkin

Meskipun anda hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan anda tampil rapih. Sisirlah rambut anda, cucilah muka anda, perbaiki riasan wajah anda, luruskan kerah anda, pastikan tidak ada sisa makanan pada gigi anda. Semua hal ini dapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan anda dan rasa takut anda terhadap penampilan anda.

”Sempurnakan penampilan fisik anda; sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki dalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik anda menentukan impresi orang terhadap diri anda.” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)

6. Berdoalah Atau Bermeditasi Sejenak

Jika anda percaya pada Yang Maha Kuasa, mengucapkan doa bisa meningkatkan rasa percaya diri anda (anda juga bisa melakukan meditasi selain berdoa). Langkah ini membantu anda untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa. Berikut adalah sebuah contoh doa, namun anda bisa menulis hal serupa yang sesuai dengan agama atau kepercayaan anda:

“Ya Tuhan, terima kasih karena Kau telah mencintai dan menerimaku apa adanya.. bantulah aku untuk melakukan hal yang sama.. dan bantulah aku untuk tumbuh menjadi sesuai dengan kehendakMu sehingga rasa percaya diriku akan bertambah; semuanya demi keagungan namaMu dan bukan namaku. Terima kasih karena Engkau telah mendengarkan dan menjawab doaku. Amin.” (Daily Encounter, Strengthen Your Self-Confidence, Acts International)

7. Reka Ulang

Jika sesuatu terjadi diluar dugaan anda, hal ini cukup mudah menggoyahkan rasa percaya diri anda. Mungkin anda menumpahkan minuman anda, terlambat hadir di sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yang ingin anda ajak bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk “mereka ulang” situasi tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu kejadian menjadi negatif karena persepsi kita sendiri.

8. Tentukan Langkah Anda Selanjutnya

Jika anda tidak yakin dengan apa yang harus anda lakukan, temukan satu langkah sederhana yang bisa membantu anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa dilakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, memperkenalkan diri anda pada orang asing, memecahkan kebekuan dalam sebuah rapat, atau menanyakan orang yang mewawancarai anda untuk menunjukkan pengetahuan anda terhadap industri dan perusahaan mereka.

Mulailah bertindak meskipun anda tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang seharusnya anda lakukan. Bergeraklah menuju sasaran anda. Koreksi diri anda di lain kesempatan.

9. Bicaralah Perlahan

Sebuah tips sederhana agar anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika anda bicara terlalu cepat, anda akan merasa tidak enak karena anda sadar anda bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi anda kesempatan untuk memikirkan apa yang anda akan katakan selanjutnya. Jika anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan.

Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan.

10. Ikut Ambil Bagian

Pernahkah anda duduk seharian di dalam kelas atau di sebuah rapat tanpa mengucapkan satu patah kata pun? Pernahkah anda pergi bersama teman-teman anda di malam hari dimana teman-teman anda berbincang dengan gembira sementara anda hanya duduk dan menatap minuman anda? Kemungkinan yang terjadi adalah anda merasa tidak terlalu percaya diri pada saat itu – dan mungkin saja anda akan merasa lebih tidak enak sesudah malam tersebut. Apapun situasi anda, berusahalah untuk ikut ambil bagian. Meskipun anda merasa tidak banyak yang bisa anda katakan, pikiran dan perspektif anda sangat berharga bagi orang-orang di sekitar anda.

Dengan mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan pikiran anda, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh rekan-rekan anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

216 comments

1 fadly muin { 12.29.09 at 1:28 am }

sepertinya mustahil untuk dilakukan. tapi setelah dibaca dan difikirkan. bener juga ya mas. 10 rahasia ini telah menjelma menjadi 10 kebiasaan positif.. luar biasa boss

2 M Taufik Saleh { 01.01.10 at 2:43 pm }

1.paling tidak tahu siapa dirinya. 2. untuk apa dia berada 3. kemana tujuan hidupnya, 4. bagaimana dia harus bersikap dalam hidup ini.5 tentu kepada siapa dia mengambil pelajaran , ini sebagai tambahan aja barangkali trims

3 reni { 04.07.10 at 6:49 am }

yuuup,,,,udah saya baca mas artikelnya

siang ini akan saya coba terapkan, terutama yg no. 4

ttp semangat!

4 bewhh { 07.14.10 at 3:11 pm }

untuk poin 2 “Tatap Mata Lawan Bicara Anda” ..

jujur saya adlh orang yyg tidak puny kepercayaan diri yyg tingg ..

“sewaktu sy berdiri di depan kelas utuk mnyampaikn sebuah pidato ,sy sangat ragu dan tidak percaya diri ,,selintas sy berfikir “mungkn dengan cara menatap mata teman2 ,sy akn percaya diri” tp setelah sy menatap mata teman2 ,sy bukan’y tambah percaya diri malah sy jadi melakukn kesalahan2 ,badan sy jd bergetar,banyk keluar keringat,dll ..”

5 she anjjar { 08.27.10 at 12:17 pm }

wahh artikelnya bagus bngd,solusi sangat membantu untuk memecahkan masalah…
q ska bngd loh ma artikel” yng d’muat disini…
mksihh yah tz tipsnya…
^_^

6 Saleh Yusuf Karbala { 11.17.10 at 10:38 am }

Nich Artikel Mantap….. Moga diamalkan sebaik mungkin…. Thank guys

7 andreas ginting { 11.19.10 at 4:33 pm }

thanks ya mas..
udah sangat membantu saya

8 andreas ginting { 11.19.10 at 4:37 pm }

thanks so much mas
untuk postingannya
saya mendapat hal baru untuk mengurangi kelemahan saya..

9 shetya { 04.16.11 at 8:51 pm }

poin no.5/Bicaralah perlahan,sangat membantu karna seringkali kita akan gugup ketika presentasi lupa apa yang harus kita bicarakan. dengan bicara perlahan salah satu cara mengumpulkan kembali ingatan kita……thanks!!!!!

10 trie { 07.14.11 at 8:00 am }

ya wlau ga mudah past q akan cba!!!

11 rully { 07.23.11 at 2:21 am }

ok..thanks ya atas tips2nya,akan saya coba..saya vokalis band dan bsk saya harus manggung..masalah saya ya itu kurangNya PD..semoga berhasil..!!

12 edvan berliansa { 07.26.11 at 1:51 pm }

Wahh, cocok bagi saya yang kurang PD!! izin jadi referensi ya, silakan liat blog saya.. terima kasih, semoga bermanfaat..

13 adhy { 09.05.11 at 7:39 pm }

ahhh
aku akan mencobax,,,,agar rasa prcya diriq smkin mantap,,,,,

14 dimas { 09.05.11 at 10:21 pm }

wah, gk nyesel qoe buka artikel ini…krna artikel ini sngt bermanfaat. dri poin 1 -10 kan ku coba.
mkasi mas… trus lah ber-inovatif.

15 yon ependi { 09.13.11 at 12:29 am }

artikelnya sngat bermanfaat.. bgi sya n kwan” lainya moga jdi sukses dgn kepercayaan diri..
Utk artikelnya sya ksih nilai plus…

16 lilis churyani { 09.15.11 at 11:00 pm }

sbenernya berat banget sich, untuk memulai n’ mencoba.. tpi emang hruz untk PD ne… . moga z dech coba secra perlahan..

17 farida ariani { 09.27.11 at 7:58 pm }

sikap keras yang saya miliki sydah banyak yang tahu dari segelintir orang bdi rumah begitu bjuga dengan orang di kantor saya.
tapi saya tidak pernAh mundur untuk mengetahui siapa jati diri saya sebenarnya dan pastinya saya mau berubah
terima kaih untuk saran dan kritik teman-teman semua
saya akan berubah untuk kalian.

18 lola { 10.21.11 at 1:32 pm }

makasih ya…..udah bantu aku untuk memenuhi tugas aku. walaupun bahannya sangat simpel dan praktisssssssssssss…………..

19 andi { 11.05.11 at 12:45 am }

aku berminat untuk mencobanya..Trims

20 indah { 11.20.11 at 9:29 am }

baru di baca aja udah bikin kita percaya diri…apalagi klo udah di praktekan dalam kehidupan sehari hari.MAKASIH ya mas atas smua saran nya…

21 Ratu farida hanum { 11.29.11 at 12:20 pm }

Bagus ni mas……..tks ya. moga bermanfaat….

22 liza { 12.08.11 at 9:19 pm }

wahhh… hebat bgt artikelnya.
jadi lebih semangat untuk mencoba. smoga bisa mengatasi smua kluhanku ttg ini.

23 fahrurrozi { 12.15.11 at 10:13 pm }

luar biasa” artikel ini pantas di ajungkan jempol, kerena pertama kali saya memabcanya mulut saya melebar dan bertepuk tangan sambil tertawa… rasanya ini hal yang tepat yang akan saya praktikan dalam ruang kuliahan……. okey bro… thank.

24 nhunu { 12.20.11 at 11:32 am }

10 tips d atas bz jd pegangan buat yg kurang percaya diri, krn sy sudah terapkan itu…

very good

25 soal snmptn { 01.11.12 at 8:13 am }

makasih tipsnya. saya coba ayah, mudah-mudahan 2012 ini makin membuat percaya diri dalam menatap masa depan.izin copi yah. thx

26 yan { 01.19.12 at 12:42 am }

terimakasih banyak pak atas bantuannya, boleh saya simpan blognya pak

27 rahasia meraih sukses { 01.27.12 at 7:04 pm }

artikel yang bagus, saya sangat setuju dengan tips percaya dirinya. dulu saya juga tidak percaya diri, tapi setelah melakukan terapi percaya diri, saya jadi lebih percaya diri. Salam sukses Pak!

28 Basuki Rohmad { 02.07.12 at 8:50 am }

mantap x…
Prcy dr mmng jd kbthn untk pmbntkn prbdi yg lbh hdp.
Smg kta bs sll prcy dri.

29 himawan { 02.23.12 at 8:59 pm }

mantab mas brow tips”nya

moga bisa bantu untuk lebih percaya diri…..

30 Aie { 02.29.12 at 10:12 am }

sungguh artikel yg brmanfaat

31 igilda { 03.07.12 at 11:04 am }

tahanks ya mas tipsnya semoga tips ini membantu saya untuk lebih percaya diri.

32 Ridhwan { 03.14.12 at 7:27 pm }

Terimakasih semoga artikel ini dapat meningkatkan motivasi saya untuk mendapatkan rasa percaya diri, yang terasa hilang akhir – akhir ini.

33 eriska { 03.15.12 at 9:19 pm }

asalnya saya gak percaya diri setelah saya buka di internet ternyata ada cara untuk menetapkan percaya diri …
jadi skrg saya berinteraksi dgn sesama

34 Al { 04.09.12 at 2:12 pm }

Makasih mas,,,, artikel ni sangat bermanfaat (y)

35 gell { 04.15.12 at 8:06 pm }

mantbbb artikel’y,
Mlai skrng q akn cb mnrpkn’y..
Thnkks mas broo

36 widya { 04.17.12 at 4:52 pm }

salah satu kekurangan dari kepribadian kita ini adalah kurang pd.
m,f saya komplen dengan pernytaan-pernyataan anda di atas. memang ia tersenyum itu dapat meningkatkan sirkulasi darah kewajah kita.tapi……….tidak semua orang itu bisa melakukan senyum dengan rileksnya. acap kali kita berusaha senyum dengan rileks itu tidak bisa, misalnya saja bibir kita tu nambah serasa bergetar keatas kebawah bahkan menimbulkan kesan tersendiri dari orang lain yaitu wajah kita nambah jelek…trus bagaimana untuk mengatasi rasa tegang seperti ini? dan bagaimana membuat rasa rileks ketika kita sedang senyum????

37 Adamssein [Penulis Buku] { 04.20.12 at 3:38 pm }

Bener-bener artikel asli yang mencerahkan siapa saja yang membacanya.
Kalau ditambah dengan kata mutiara ataupun dalil hadits tapi oke nih hehe

38 Diah { 06.02.12 at 9:20 pm }

terkadang saat saya presentasi, saya terlalu cepat dalam menyampaikan. mungkin saran terutama nomer 9 akan saya coba. Tetapi bukankah dengan berbicara perlahan ,kita akan blank karena melihat banyak audience. tetapi tetap akan saya coba. Thanks banget untuk artikelnya. bermanfaat!

39 Norly pasaribu { 06.08.12 at 6:39 pm }

Sungh q sgt mlu td saat brnyanyi dihdpan anggota l skolah q.gr2 gag pd suara yg bgus trdgar gemetaran. Pdahal q udh mcnba utk sllu santai. Tp koq pikiran q ne brkeja trus. Masa pikiran q penuh skejap. Jntung degdegan. Hah malu u v. Tp mdah2 an dgn bca artikl ne, q mampu. Bant doanya ya guys.

40 kelink@jo { 06.23.12 at 11:44 pm }

ikutan nyoba tips nya ya om
spa taw,, bsa bner bwat q,, jdi sllu pD….

41 reza { 06.24.12 at 2:07 pm }

knapa y kalu org yg lbh dwasa dri q q guguq trutama co yg lbh tua dri kta

q pendiam

42 ayu sianipar { 07.09.12 at 3:23 pm }

samapi sekarang pun aku gak bisa percaya diri ?????
terlalu pemalu..

43 juniardi { 07.17.12 at 2:05 pm }

tks y mas.artikelny bgus bgt.aq cba praktikn dh hr ni.doai moga berhasil y..

44 intan { 07.29.12 at 4:33 pm }

like… saya akan mencobanya, artikelini sangat membantu saya:)

45 rustian daud { 07.31.12 at 3:50 pm }

wah keren.., sob boleh share artikel mengenai cara menghilangkan sifat gengsi…
thanks sob atas perhatiannya

46 npsanchai { 08.02.12 at 7:01 pm }

saya bukan tipe pemalu, hanya sj sy seorang yang terkenal lucu di kelas yahh humoris gitu deh/ tp nth ap yang terjadi dlm diri sya tiap sy maju k dpan kelas. dlam hati sy mencoba untuk SERIUS tapi tetap sja tiap tampil d dpan kelas aplg untuk berpidato ato membacakan puisi dan drama. sya selalu tertawa. dan menjadi bahan tawaan. knp yah. apa ada sesuatu yang aneh dlm dri sy gitu ya..hmmm

47 Fathi Boom { 08.23.12 at 5:59 am }

Jujur,kendala yg masih sy alami sampe skg ktika ngomong di depan umum adalah “kakiku sering gemetar” ^_^

48 nita { 08.24.12 at 11:54 am }

bikin komunitas untuk org2 yg tdk prcy diri sprti kita yuk..

49 nita { 08.24.12 at 11:56 am }

please contact me @ entha_88@yahoo.com
yhank you..

50 hermawan { 08.24.12 at 9:19 pm }

tak coba ya gan, mungkin saran ente ada gunanya! Luck

51 adriancellular { 09.06.12 at 5:48 pm }

yang nomor untuk berdoa selalu saya terapkan, moga aja di hari ini kita senantiasa berwibawa dan senantiasa lebih fleksiber di masyarakat

52 Jimoest { 09.16.12 at 10:32 am }

Thank you – terima kasih tipsnya
semoga bermanfaat bagi yang lainnya juga
sukses menyertai anda selalu

53 e,ran { 09.16.12 at 11:59 am }

hebat,,,kaya bisa membut jadi pd..sukses

54 tara astarini { 09.20.12 at 5:49 pm }

makasih , tugas aku akhirnya selesai

55 dynoz { 09.23.12 at 4:24 pm }

ooh, gtu yaa…tak coba wis

56 teris { 09.23.12 at 8:37 pm }

saya adalah mahasiswa smester 1,, jjur d dlam setiap diskusi sya selalau terdiam saya ridak bisa mengutarakan pemikiran saya,, semoga tips ini bisa membantu saya

57 heru { 09.24.12 at 12:15 pm }

Salah satu cara untuk menambah keyakinan diri, yaitu tanamkan sugesti kedalam diri anda setiap pagi bangun tidur dgn kalimat sbb: saya bisa mengutarakan pemikiran saya dengan efektif lakukan berkali setiap hari. Selamat mencoba

58 dani { 10.09.12 at 12:51 am }

mencoba untuk menerapkan saran tersebut . . .

59 yayan { 10.13.12 at 7:04 pm }

bismilah.
mudah2an dngan membaca tips ini aku bisa lbih P.D dalam melakukan stiap kgiatan dimanapun aku berada trutama disaat berhadapan dngan atasan,
trima kasih gan atas tips nya.smoga sukses

60 Evi { 10.17.12 at 3:33 pm }

Artikel,y sangat membantu membangun kepercayaan diri ,semoga saya bisa tetap percaya diri dalam keadaan apapun…thanks

61 HENDRO { 10.21.12 at 11:26 pm }

Cukup baik untuk aku mulai langkahnya demi langkah trima kasih tips nya.

62 dessy { 11.09.12 at 12:02 pm }

dalam sebuah rumah jika ada bagian yang bocor maka yang lain harus perduli dan menambalnya…
pengaplikasian dalam kerja di kelompok ialah sama sama menutupi kekurangan dan mengimbanginya dengan kelebihan

63 arif { 11.11.12 at 2:43 pm }

tHanks banGet…snGat bermanfaat…. boleH request lgi nggak…bagaimana mengubah sifat pendiam, penakut, pengecut, gak bisa berkenalan dengan cewek….dsb….

64 Khadizah { 11.12.12 at 10:51 pm }

Waahh..;)
memank
T-O-P B-G-T pisan ui..

65 agus { 11.15.12 at 12:55 pm }

mantap..inilah baru cara paling aku suka

66 FITRI { 11.28.12 at 3:57 pm }

Kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnn……………………………….
Oke banget dech tips” nya……….
thanks you yaa……………………

67 Dede Wiweka { 12.04.12 at 2:19 pm }

Salam dari Bali! Rasanya bosan setengah mati di tempat kerja jadi saya putuskan untuk browsing dan menemukan blog Anda pada iphone saya selama istirahat makan

siang. Saya suka informasi yang Anda berikan di sini dan tentunya akan berkunjung kembali untuk melihat lebih banyak melalui PC setelah sampai dirumah. Saya cukup terkejut melihat kecepatan loading blog Anda pada ponsel saya .. Padahal saya tidak menggunakan WIFI atau 3G hanya EDGE saja .. Emang blog ini luar biasa!

68 Sulhan Wafa { 01.02.13 at 12:06 am }

thank’s,,
Q termasuk orng yg PD-nya kurang, tapi Q kan terus belajar, berusah n mencoba untuk memperbaiki diri…,,,

69 Mizar Younghusband { 01.08.13 at 9:27 am }

Bagaimana dengan pengaruh lingkungan yang buruk dengan standar yang mengarahkan kita selalu membandingkan diri dengan mereka??? apa pandangan Anda?
fmizar.blogspot.com

70 Rierin { 01.08.13 at 6:37 pm }

thank’s
aq klo depan orang banyak th suka gemetaran
v ,thank atas motivasinya

71 madyts { 01.10.13 at 10:04 am }

selama ini yg ku cari syukron mas T O P bngd jadi tambah smgat bagus bngd artikelnya. Moga sukses mas thank guys2

72 anita { 02.01.13 at 12:10 pm }

saat ini aku akan mu;ai mencobanya.1 by1.jujur satu pun saya tdk bs

73 Dicky { 02.01.13 at 7:25 pm }

Sangat membantu, tapi saya mau tanya bwt no. 10, bgaimna jika kita mncoba ambil bgian, tetapi org lain malah cuek?

Mhon dijawab …

74 Dwi wijayanti { 02.03.13 at 5:14 pm }

trimakasih artikelnya semoga mampu membangkitkan semangat baru .Amie.

75 john_coonnor { 02.05.13 at 8:52 pm }

trims ini sangat membantu saya, smoga website ini menjadi inspirasi bagi orang lain…^_^

76 andiella { 02.06.13 at 2:04 am }

mksi,, jujur aj y,,, dlu aq sma skli gh prna PD ma sswtu hal,, ,yg ad dskitrq,,,,, tpi,, lw skrang ,,,, alhamdullillah,,,ud ad prubahn niiii,,,,mksi smga allah slalu mlimphkan rhmat bwatmu,,,,,slma itu mngarah yg kepsitif,,,,,AMIN……

77 zack { 02.07.13 at 4:01 pm }

saya ingin merubah diri saya, saya akan coba

78 Fahmi { 02.12.13 at 8:22 pm }

Terimakasih Jadi dpet plajaran juga, aku akan berubah yng lebih baik lagi’ agar tetap pede dlm masalah’

79 vinna { 02.13.13 at 7:38 pm }

terimakasih semoga membantu sayaa..

80 Zamzam { 02.22.13 at 2:30 pm }

waduh infonya bermanfaat banget, mas saya kan anak pemalu + pendiam.. bagaimana cara mengatasinya ! ?

81 Joko Sarwoko { 02.22.13 at 5:39 pm }

Bener bgt om , mksih untuk tips nya…!

82 saraf kejepit { 03.01.13 at 9:34 am }

percaya diri itu memang harus di tonjolkan

83 Tricia { 03.05.13 at 7:07 pm }

Thank bgt tipsnya mudah mudaha aku bisalakukanya semuayg ditulis amin thank yg nulis blog

84 zarfia { 03.06.13 at 9:42 am }

trimakasi ats tpsx … ini sngat brmanfaat buat saya krn z orngx kurang percaya diri.. skali lg trimakasi & slam knal

85 rohim ahmad { 03.10.13 at 8:41 am }

terimakasih atas sarannya,akan qw coba semoga rasa percaya diriku bertambah..

86 sizenall { 03.19.13 at 12:01 pm }

pasti bisa kita terapkan. 1 minggu mnjelang acara ………

87 leha { 03.19.13 at 3:31 pm }

terima ksh tipsnya sungguh bermanfaat,mudah2an q bs mempraktikanya tanpa grogi lg.amien

88 doel calon mayat { 03.20.13 at 10:05 pm }

bisa d fahami ,, semoga manfaat
sip bngt , tngkyooouu,,,,

89 roni { 03.23.13 at 2:03 pm }

artikel yang sangat luar biasa…ada satu lagi cara untuk meningkatkan kepercayaan diri yaitu dengan metode hipnoterapi…bisa dicoba…

90 roni { 03.23.13 at 2:05 pm }

kalo rekan2 ingin mencoba metode hipnoterapi silakan hub saya 085316281711

91 nota { 03.26.13 at 9:59 pm }

sePPp .. nomor 1 . kalo sering -sering senyum maCam rank gilAa ..

92 erwin bayu { 04.04.13 at 7:21 am }

ok jg nich boleh di coba

93 irawan { 04.04.13 at 11:20 pm }

makasih tipsnya! q yakin pasti bisa berubah

94 adrian { 04.14.13 at 9:59 am }

Awali lah semua dengan do’a kekuatan do’a lebih dari segala-galanya.dan serahkanlah segala perbuatanmu kepada Tuhan,maka terlaksanalah segala rencanamu.

95 muhilal ashar { 04.15.13 at 4:55 pm }

emmm,,,bagus and menarikk,tapi jujur saya belum merasa mampu lohhh…kadang kadang memang kita merasa mampu ketika kita sedang sendirian,,,,tetapi kalo kita dilapangan rasanya agak susah kohhh….emm moon bantuannya ya

96 pulsa murah tangerang { 04.17.13 at 12:37 pm }

aduuh gan. . susah banget saya agar bisa percaya diri

97 lutfie { 04.19.13 at 3:24 pm }

bagus gan artikelnya…
jadi inget untuk tidak menyerah dengan keadaan

98 shan { 04.24.13 at 1:52 am }

trma ksh ya mas ats infox, sgat membnt bget. .

99 Olvie { 04.25.13 at 9:45 am }

Informasi yang sangat bermanfaat. Terima kasih sudah berbagi.

100 hendrawan { 04.27.13 at 3:24 am }

info yang bagus gan, langsung mau ane coba,,, ehh ada juga cara dengan EFT katanya juga bisa tuh untuk mengatasi rasa kurang percaya diri

101 L.Samsul Fahmi { 05.01.13 at 9:10 pm }

tips nya mantap .. kena bgt “thanks bro .. sukses,bahagia,slalu untukmu “

102 Diana { 05.03.13 at 8:41 am }

ya sih itu emang benar untuk meningkatkan percaya diri di dalam forum pertemuan atau sejenisnya.. tapi kalau meningkatkan percaya diri saat sama masyarakat atau dengan teman gitu gimana

103 sayyiena { 05.08.13 at 10:41 am }

insaallah , saya akan mencOba x
. sMogA berHasil
, Amien……

104 Sahlah { 05.10.13 at 3:51 pm }

Yey.. ilmu yang bermanfaat.. Langsung aku amalin, lhoo

105 edy { 05.19.13 at 1:30 pm }

yeep kren thu artikelnya,,,,,,bsa di ambil pelajaran thank’s ya,,,,

106 Harahap { 05.19.13 at 10:12 pm }

Mantap sy suka,,,sY kan praktekkan ter1 di nmr 10!

107 inoej new dimenscion { 05.27.13 at 2:54 am }

10 rahasia ini harus di beritahukan kepada kaum pemalu agar mereka bisa percaya diri

108 Jherman { 05.27.13 at 7:14 am }

terima kasih atas pelajaran yang begitu berarti. Saya akan coba terapkan, semoga bisa berhasil… sukses slalu

109 lian { 05.30.13 at 7:30 pm }

Aku kan mencoba menerapkan kan…
Semoga berhasil

110 anggus gothess { 06.02.13 at 12:34 am }

JEMPOL !!!!!!

111 RIAN { 06.08.13 at 6:02 pm }

pertamanya sy pkir musthil untuk di lkukn, tapi stlah sy membaca smpai ahir, sy mersa bahwa itu pasti bisa tuk d lkukn

112 Riri desta { 06.10.13 at 4:49 pm }

Tx ya mas
sangat membangun se x artikel nya

113 sabrina hayati { 06.12.13 at 10:20 pm }

saya memang selalu merasa tidak percaya diri .. apalagi untuk menatap mata orang lain apalagi lawan jenis saya ajah gak mampu gmn mau percaya diri

tapi saya suka sekali dengan tips2 ini semuanya ….
walaupun susah untuk merelesaskannya tapi saya akan berusaha
thanks atas tips yang bergunaini

114 Reza { 06.13.13 at 4:03 pm }

thanks buat infonya, ini sangat membantu saya kedepannya,

terus buat artikel2 yang membantu orang2 agar lebih baik lagi(y)

115 ama mansur { 06.14.13 at 4:42 am }

Wahhh luar biasa tips nya…-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ admin. Izin copas.

116 lalangwaya { 06.16.13 at 12:53 am }

Mantap masbrow, tambahkan berucap dihati, sy berai, kuat dan tangguh 7X…..

117 rizal { 06.16.13 at 11:00 pm }

jujur untuk saat ini rasa percaya diri saya sangat kurang sekali, di karnakan ada hal tertentu dalam masalah status. saya suka merasa minder ketika saya berhubungan dengan orang lain yang jauh lebih baik nasibnya d bandingkan saya. setelah membaca artikel ini saya akan coba pelajari lagi tentang diri saya dan mencoba menerapkan ke 10 tips ini, walaupun kurang optimis untuk berhasil. .
terima kasih banyak. . .!

118 ahmad fadilah { 06.17.13 at 7:06 pm }

walaupun pasti sulit gw kan berusaha
Semangat!!!!

119 kasma badu { 06.20.13 at 8:17 pm }

wuahh,,,
aq sukaa artikel in,,,
aq prnh nglamin hal yg sama kyak no 10,, aq bkal coba lakukan yg ad dlam artikel in..

120 cobadibaca.com { 06.21.13 at 9:52 am }

Sangat memotifasi untuk tampil percaya diri yah.. thanks

121 oti { 06.21.13 at 7:46 pm }

aku sangat sakit ditinggal kekasih
yaitu kekasih yang aku kenal yaitu angga
ILOVE

122 Eva { 06.24.13 at 1:59 am }

Wow keren,,,,tipsnya sangat bermanfaat,,,smoga hari rabu 26jun2013,saya bisa mempraktekkannya…dengan tidak gugup berbicara di depan orang banyak…thx,,,God bless.

123 suryadi { 06.25.13 at 11:10 am }

mantabs mas bro

124 Fariz Halim Aziz { 06.26.13 at 10:43 pm }

kerenn ..
makasih kak … ^ ^

doain juga spya percaya diriku naik .

125 iwiss fajar { 06.29.13 at 11:38 am }

akan ku cobaa,, artiker mu.

126 anynomous { 06.30.13 at 8:22 am }

bagus artikelnya

127 Sam { 07.02.13 at 8:03 pm }

kreen gambarnya gan..
artikelnya ug.

128 Andrew { 07.17.13 at 12:40 pm }

terima kasih saya harus mencoba dan melangkah maju lagi soalnya saya kurang PD dan sya msuk ekstra smpn ngedance doain y guys semoga pd pd dan bisa ngedance dgn lancar aamiin! !!!!!

129 Agen Prudential { 07.21.13 at 11:46 am }

Sungguh bermanfaat bagi financial consultant seperti saya ini. terima kasih infonya

130 roni { 07.23.13 at 3:10 pm }

artikel yang luar biasa…salah satu metode untuk meningkatkan diri bisa juga dengan menggunakan hipnoterapi…banyak yang telah merasakan keberhasilannya

131 agik { 07.25.13 at 8:24 am }

thanks ya tips nya,bermanfaat banget…….

132 Andi { 07.28.13 at 3:16 pm }

artikel yang membangun..
perlu dijajal.
makasih.

133 joe { 07.30.13 at 7:33 pm }

thx buat saranya “it so good idea”

134 Muhammad Zia { 07.30.13 at 10:19 pm }

Alhamdulillah, admin makasih untuk motivasi dan solusinya.. Jazakillah Khair

135 Rifki Fahmi { 07.31.13 at 8:47 am }

Admin..Mohon Izin Artikel2 di Websitenya Saya Copy Paste di Website Saya..dengan mencantumkan sumber artiikelnya…terima kasih

136 Muhammad Ilham { 07.31.13 at 9:09 pm }

Artikelnya luar biasa, saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan. Terima kasih untuk artikelnya =))

137 anisadwikurniawati { 07.31.13 at 10:33 pm }

THANK you , artikel ny mau ku COBA dechh

138 Mas bro { 08.05.13 at 10:38 am }

Sama saja ngga ada yang berubah

139 cara mengobati sakit gigi { 08.15.13 at 1:53 pm }

artikel yang enak dibaca dan bisa memberikan masukan terima kasih sudah mau bebagi!!!

140 Fikri Ashsiddiqi { 08.23.13 at 1:48 pm }

berat memang, tapi patut dicoba!

141 Juan { 08.24.13 at 12:10 am }

wah bgus skali bro tips2nya. Apalagi yg nmer 6 saya suka skali bro..
Smoga saya bisa mempraktekannya di hari minggu nanti. Thanks ya bro, sukses bro (y)

142 cicilia { 09.01.13 at 4:37 pm }

tips yang baguss
apalagi nomor 1
“tersenyum”
sepertinya sangat ampuhh

143 Nyana { 09.08.13 at 6:03 pm }

Tipsnya bagus bngt, ok juga bwt pedagang sayur keliling kaya saya. Jd ngga grogi dngn planggan yg cantik2. Thnks gan!

144 arif { 09.23.13 at 3:44 pm }

sangat membantu brow…

145 zulfa { 09.27.13 at 6:36 am }

saya udah bAca ,,, dan akan coba menerapkannya . Semoga berhasil .Amin

146 apa itu percaya diri { 10.01.13 at 7:40 am }

Supaya fungsi otak kita tidak mengalami penurunan

Masalah penurunan fungsi otak dan berikut 6) tips jawabanya

Penurunan fungsi otak solusinya langkah 1.)Akupunktur adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres , meningkatkan tidur dan memungkinkan tubuh untuk memasuki relaksasi yang akan meningkatkan peremajaan . Bahkan ada titik-titik akupunktur tertentu yang dapat mempengaruhi otak secara langsung , serta kulit kepala akupunktur yang menargetkan wilayah tertentu dari otak .
Dari obat perspektif fungsi otak meningkatkan tradisional Cina melibatkan penguatan Ginjal Essence bergizi Jantung Darah dan Sumsum tonifying , yang merupakan sumsum tulang belakang , otak , tulang dan sumsum tulang .baca selengkapnya di blog saya

147 Buku Sukses Hidup { 10.01.13 at 10:25 pm }

Poin 4 sangat mantap, karena kebanyakan orang selalu khawatir dengan standar yang ditentukan orang lain, dan itulah penyebab utama percaya diri yang rendah.

Persepsi yang terlalu menempatkan diri pada standar orang lain terhadap diri kita, harus diubah secepat mungkin, baru rasa percaya diri timbul 90% bahkan 100%.

148 mardatillah { 10.04.13 at 5:33 am }

tips nya bagussss….
Tpi jujur sy orang yg pemalu… Terkadang sulit untuk melakukan tips yg terakhir itu..

Tpi, sy harus mencoba perlahan lahan…
Thanks yaaa ats tipsx.

149 arnawa { 10.05.13 at 6:01 am }

Semua akan menjadi mudah kalau dimulai dari sekarang. Thank’s berat Bro atas tips yang diberikan. Persiapan untuk memahami materi juga diperlukan, tetapi 10 tips diatas adalah kunci pokoknya. Aku mau maju selangkah demi selangkah. Aku siap. Aku bisa. Aku adalah orang yang paham, aku adalah orang yang percaya diri. Aku punya banyak teman. Aku suksessss.

150 pabregas { 10.06.13 at 11:48 pm }

agu sangat senang dengan tif ini. .semogah membuat sayamenjdi percaya diri tampil dan ikut ambil bagian.

151 Nita { 10.11.13 at 12:41 pm }

Kerennnnnnn deh , thx tips nya

152 supana { 10.21.13 at 8:41 am }

thanks brother,this article very good…..

153 Angel { 10.31.13 at 3:33 pm }

Pengen nyob4,,, apha lg pacar gue asyik.dech

154 arief setiawan { 11.11.13 at 9:55 pm }

“berusaha untuk mencoba bagaimana membuat kita percaya diri dengan menerapkan tahap diatas

155 Fransiska Dewi { 11.12.13 at 6:26 pm }

Terima kasih banyak, informasinya, membantu saya menjadi lebih baik lagi

156 Shintia anggi { 11.13.13 at 8:15 pm }

Thanks atas tips.nya
semoga dengan tips ini besok aku akan lebih percaya diri buat nyanyi didepan kelas :)

157 Agus { 11.14.13 at 7:48 pm }

Saya tertarik untuk mencoba…
Smoga saya berhasil

158 Palgunadi Suwondo { 11.23.13 at 6:54 pm }

Percaya diri, dilandasi jiwa yang berhati EMAS:
E-Etos kerja ditegakkan
M-Motivasi diciptakan
A-Amanah dilaksanakan
S-Sukses prestasi menjadi Tujuan

159 Vian { 11.29.13 at 2:04 pm }

Tapi saya paling nggk bisa bicara sambil natap mata lawan bicara saya, gmna tuh ya?

160 ericamatasan { 12.02.13 at 12:11 pm }

mksh unt 10tips nya…mogha sy bs menerapkannya

161 ryo { 12.06.13 at 10:15 pm }

artikelnya mmbntubget thkssssss

162 Myscha { 12.13.13 at 5:18 pm }

Bermanfaat sekali artikelnya. makasiih. o ya,bantu jelasin lebih detil lg dong untuk point yang ke 7 yang reka ulang itu!makasiih…

163 Shandy Goenawan { 12.16.13 at 4:24 pm }

My Self Be Your Self, jadilah dirimu diri sendiri. Fobia sosial memang merupakan tantangan tersendiri yg mesti latihan terus menerus, Tipsnya ok jg tuh patut dicoba thanks ya brow..

164 Rifki rinaldi { 12.23.13 at 10:55 am }

terimakasih banyak buat tips bijaknya mas, sangat membantu..

165 Hanida Asy-Syifa Humaira { 12.28.13 at 1:43 pm }

Syukran katsiir atas ilmunya, Insya ALLAH bermanfaat. Sedang mencoba..

166 Moridman Telaumbanua { 12.31.13 at 2:15 pm }

Percaya diri, harus yakin terhadap keadaan yang kita alami pada saat itu terjadi.

167 basmala { 01.02.14 at 1:49 pm }

thanks artikelnya sangat bermanfaat… kami tunggu postinganx …!!

168 hendri { 01.03.14 at 6:25 pm }

Selama ini saya selalu pesimis dan sangat sangat tidag percaya diri mulai besok saya akan mencoba tips” di atas sekarang dalam hati saya berkata saya bisa seperti mereka saya bisa lebih baik dari mereka saya punya kemampuan yang lebih dari mereka,,terima kasih atas tipsnya semoga kita semua bisa sukses dalam hal apapun aminnn.

169 ichsan { 01.05.14 at 8:02 pm }

Artikel yang pantas untuk dibaca good

170 Novie anNa { 01.09.14 at 11:56 am }

Sangat bermanfaat bwad aku… Soalnya aku orangnya ga pd an , pemalu , gerogian , aku ngerasa tuh kayak orang ga berguna… Semoga dengan tips diatas bisa merubah diriku ….

Bismillah … Aku pst bisa

171 Dwi asmarani { 01.14.14 at 5:17 am }

Thanks for the tips
it’s very useful for me

172 andi { 01.26.14 at 4:21 pm }

Terima kasih banyak dengan membaca tips ini saya membuka pikiran saya menjadi lebih percaya diri.

Bismillah….semangat aq yakin bisa

173 Elvi kurniawan { 01.27.14 at 8:29 am }

bismillah untuk mencoba;)
keep spirit

174 Nasirun Zyroon { 02.02.14 at 3:09 pm }

Bagai sebuah sinar yg terang memberi manfaat disaat kita dlm kegelapan mencari jati diri.Sungguh luar biasa.smoga anda masuk daftar orang yg berhati mulya amiin.trims

175 nanang { 03.06.14 at 8:47 pm }

boleh boleh. . Di usahain pokok nya.. Menjadi pribadi yang lebih baik.

176 lily { 03.10.14 at 8:35 am }

senengnya baca artikel ini, lebih seneng lagi baca comment2 nya, ternyata saya tidak sendirian . thx bgt buat tips2 nya, ready to try it

177 Nanang A Sutisna { 03.13.14 at 3:38 am }

Bagus bwanget nih saran nya,tinggal sy praktekan..trimksh y gan.

178 kirei { 03.14.14 at 10:20 am }

saya pemalu sejak lahir heheeee………….
apalagi menerapkan yang no.10, susah bangged, karena pd dasarnya sy mank pendiam,,,

179 dicky putra gemers { 03.16.14 at 4:00 pm }

Saya udh pernah coba semua mass ,,
Tingkah sehari2 saya :’)
:P

180 ahmad { 03.26.14 at 11:50 pm }

saya sangat bermasalah dengan kontak mata, saya juga bermasalah ketika lewat atau duduk berhadapan dg org banyak seolah-olah mereka memperhatikan saya dan menertawakan saya dan mengejek saya , dan kebanyakan dari peristiwa itu memang benar
Mengapa hidupku sekelam ini JUJUR aku udah gak tahan,
Solusinya apaaaa ?

181 nasrudin { 04.05.14 at 11:22 pm }

artikelnya sangat inspiratif dan bisa membuat orang yang tak percaya diri menjadi orang yang mencoba untuk percaya diri… Thanks

182 haviz sani sondara { 04.11.14 at 1:42 pm }

oh yeah, mungkin susah di lakukan tapi saya akan mencoba, saya suka dengan cara no 9 :D

183 wahyu al-faruq { 04.13.14 at 1:08 pm }

saya suka sekali dgn tips nya.
saya ingin sekali mencoba, tapi rasa minderku selalu muncul.
jadi saya sering suka berdiam diri, hingga ada yg mengajak bicara.
thanks.

184 rina csh { 05.02.14 at 6:48 am }

terimakasih atas tips nya….saya akan mencobanya dan semoga sukses

185 Lina { 05.07.14 at 6:13 pm }

Trims banyak.ini utk aku bangett..smga pahalanya tuambah buuaanyakk utk yg posting.

186 aziz { 05.16.14 at 8:25 am }

terima kasih , akan coba sy terapkan :D

187 fuad thaher { 05.18.14 at 1:36 am }

Yang no 10 gue bgt tu..gue pendiem bgt soalnya.

188 denny { 05.19.14 at 10:58 am }

Trimakasi masukan yang berharga utk gw. Best regard

189 yunus r.s { 05.20.14 at 7:58 pm }

makasih buat artikel2nya,
Akan saya lakukan satu demi satu artikel2 di atas sesuai situasi dan kondisi yg akan saya hadapi,agar saya makin percaya diri terhadap tindakan yang saya lakukan.
Bhay bhaye

190 samsudin { 05.24.14 at 3:57 am }

thank’s
Atas artikel nya sob
smga dngan cra ini saya bsa lbih percaya dri………..
amiin………

191 ahmar { 05.27.14 at 1:05 am }

saya sngat setuju dengan tips dan inovasinya, salh satunya ilah ketika berbicara harus pelan dan tidak boleh terburu-buru, jika terburu-buru pasti jadinya kacau.. thank mas atas inovasinya.

192 Irza { 06.07.14 at 4:49 am }

Terimakasih mas ! artikelnya sangat berarti untuk saya dan semua orang terus berinisiatif dalah hal positif keep spirit !!

193 Dwi Ayu Kirani Paramita { 06.09.14 at 10:18 am }

terimakasih atas share mengenai tips cara menumbuhkan kembali kepercaan diri dengan dimulai dari hal-hal terkecil..

194 Sodik baela { 06.10.14 at 9:30 pm }

Wah bagustt bangett.. terimakasih buat artikel² diatas,, mudah² berguna buat aq biar selalu “Percaya diri”.

195 adek_widane { 06.23.14 at 6:49 am }

Thanks mas…
I love artikel
Belajar, tanpa do’a dan tindakan akan gk berguna

196 adhi_cavolta { 06.28.14 at 2:38 am }

ternyata gk cuma aku yg msih kurang pd.hehe jadi gk ngerasa sendiri aj.mksh lurr share nya…

197 Tour Murah Ke Bali { 07.12.14 at 9:36 am }

Mantap Ghan Artikelnya … banyak diantara kita khusus indonesia minder nggak PD

198 akh { 07.17.14 at 11:57 pm }

smoga terwujud dlam kepriabadian ku ….

199 hotel di lembang { 07.18.14 at 11:25 am }

Waah mantapp gan..artikelnya sangat bermanfaat sekali dan saya jdi tambah percya diri setelah membaca tifs nya…salam hangat dan salam suksessss y gan……..

200 berbicara di depan umum { 07.21.14 at 2:00 pm }

point 4 sangat mantap sekali wajib di praktekan. terimakasih informasinya sangat bermanfaat sekali

201 akbar hong { 08.04.14 at 7:03 am }

tips sangat membantu. Dalam meningkatkan kadar kepercyaan diri. . Thnks.:-)

202 gardianna { 08.05.14 at 12:56 pm }

artikel yang bagus ..
thanks buat motivasinya ..
semoga jadi lebih percaya diri setelah baca artikel ini .. semangat

203 jafar { 08.11.14 at 7:20 am }

sungguh? luar biasa! terima kasih gan atas tips2nya…….. trutama tentang “tatap mata lawan bicara” dan ” bicaralah perlahan” dan “ikutlah ambil bagian”…. trims…

204 husein { 08.25.14 at 2:42 pm }

Thx ♈α᪪☺ mas,mudah”an bermanfaat bagi sayaaa,,,

205 Irfandy { 08.30.14 at 2:36 pm }

Ya ya,, that’s great,
i would like to be a confident man, i will try n try that. . .

206 widodo { 09.08.14 at 7:47 am }

kepercayaan diri itu akan tumbuh secara utuh kalau kita tidak pernah berbohong

207 DETRY { 09.12.14 at 2:08 am }

lain waktu aku akan mnerapkan tips diatas ini.
Sangat bermanfaat. Terima Kasih Guru :)

208 FITRI { 09.12.14 at 10:35 am }

mantap….
saya langsung senyum sumringah ketika membacanya.
mudah-mudahan saya bisa mengaplikasikannya.
kasih tips tentang cara menghadapi orang yang sering meremehkan kemampuan kita donk,,,,

209 Haris { 09.13.14 at 3:59 am }

wah!! makasih banget gan…
artikelnya cocok banget buat ningkatin rasa percaya diri gw ;)
jujur untuk point 2, 3, 5 dan 10.. gw kacau abis…. -_-

210 m. juli safari { 09.20.14 at 1:26 am }

” waktu sempit sempat waktu luang terbuang,.”
seblum nya sy bglm tw cara untuk percaya diri gimna>>
tpi setelah saya baca artikel mas bro, saya jdi tau,
trimakasih banyak broo atas pemberitauan nya.,
wasaalam.

211 rizki aprilia { 09.28.14 at 10:28 am }

keren bgt… and brmanfaat bgt buat saya!

212 setia lusi { 10.01.14 at 8:07 am }

oke, mudah2han bisa dan tdk lupa

213 rama { 10.05.14 at 5:36 pm }

sampe sekrang ngilangin rasa percaya diri susah bener mungkin tips di atas ada bener nya jga karna itu bagian dari diri aku , yg jarang sekali ngobrol dgn cewek jngn kan mw deket dgn cewe mw sms atau nyapa di medsos ada aja malu :(

214 yuli yuliah { 10.06.14 at 11:13 am }

Wwaaaah hebatt ,,,sangat bermanfaat buat saya (y)

215 huda mais { 10.07.14 at 1:32 pm }

terima ksih ya allah engkau telah memberikan saya yang terbaik hari inii

216 lege nu bareto { 10.09.14 at 1:44 pm }

woooW keren banget guys !! jujur sya trmasuk orang yg paaaaling paling grogi jika dihadapan orang banyak !! kringat brcucuran BAK orang yg lagi memikul beban !! dengan adanya tips ini sya mau nyoba dngan praktek kontak mata ,, mudah2an kringat ini tidak lagi brcucuran !? trimakasih

Leave a Comment