101 Pertanyaan Hebat Untuk Membuat Hidup Anda Luar Biasa

by admin on February 18, 2009

luar biasa

Anthony Robbins pernah mengatakan dalam salah satu bukunya bahwa berpikir sebetulnya adalah proses bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Beliau kemudian menambahkan bahwa orang-orang yang sukses adalah mereka yang selalu bertanya pada dirinya sendiri.

Berikut adalah 101 pertanyaan untuk membuat hidup anda luar biasa :

1. Apa yang saya inginkan?

2. Untuk hal-hal apa saja saya berterima kasih?

3. Apakah yang hilang dalam hidup saya?

4. Apakah saya melihat hal-hal baru di dunia ini setiap hari?

5. Apakah saya menyediakan sedikit waktu untuk mendengarkan orang lain?

6. Apakah saya cukup bersenang-senang?

7. Bagaimana saya menjadikan hidup ini lebih ceria?

8. Apa yang saya inginkan lebih dalam hidup?

9. Apa yang tidak terlalu saya inginkan dalam hidup?

10. Apakah saya selalu mencari peluang-peluang?

11. Apakah saya menangkap peluang-peluang yang ada?

12. Apakah saya mempunyai pikiran yang terbuka?

13. Apakah saya cukup fleksibel?

14. Apakah saya cepat menghakimi orang lain?

15. Apakah saya selalu memperhitungkan resiko?

16. Apakah saya tulus memuji orang lain?

17. Apakah saya menghargai apa yang orang lain lakukan untuk saya?

18. Ke tempat mana sajakah saya ingin pergi?

19. Siapa sajakah orang yang ingin saya jumpai?

20. Petualangan apa sajakah yang ingin saya ikuti?

21. Apakah saya peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang saya?

22. Apakah saya cepat tersinggung?

23. Apakah yang membuat saya bahagia?

24. Adakah hal yang saya tunda?

25. Apakah saya selalu memikirkan diri sendiri?

26. Apakah saya suka menyimpan dendam?

27. Apakah saya selalu mengingat-ngingat masa lalu?

28. Apakah saya membiarkan pikiran negatif orang lain mempengaruhi saya?

29. Apakah saya bisa memaafkan diri sendiri?

30. Apakah saya cukup sering tersenyum?

31. Apakah saya cukup sering tertawa?

32. Apakah saya mengelilingi diri saya dengan orang-orang positif?

33. Apakah saya orang yang positif?

34. Apakah saya menyediakan cukup waktu untuk merawat diri?

35. Apakah ambisi rahasia saya?

36. Apakah yang ingin orang-orang ingat tentang saya di akhir hidup nanti?

37. Apakah arti sukses untuk saya?

38. Bagaimana saya dapat memberi arti bagi hidup orang lain?

39. Bagaimana saya dapat melayani sesama?

40. Hal apakah yang dapat saya lakukan lebih baik dibandingkan orang lain?

41. Apakah 3 kekuatan terbesar saya?

42. Apakah saya bergerak menuju ke pencapaian mimpi-mimpi saya?

43. Apakah saya menceritakan pada orang lain apa yang sungguh-sungguh saya inginkan dalam hidup?

44. Seperti apakah rupa hari yang indah menurut saya?

45. Ingin seperti apakah anda 1 tahun lagi? 5 tahun lagi? 10 tahun lagi? 20 tahun lagi?

46. Seperti apakah bentuk lingkungan untuk hidup yang baik menurut saya?

47. Apakah yang ingin saya perbuat jika saya tidak mempunyai rasa takut?

48. Apakah yang ingin saya perbuat jika uang bukanlah hal yang penting?

49. Alasan-alasan apa sajakah yang sering saya ucapkan?

50. Apakah saya menikmati apa yang saya lakukan sehari-hari?

51. Apakah saya berada di jalan yang benar?

52. Apakah saya meyayangi diri sendiri?

53. Apakah saya baik pada orang lain?

54. Apakah saya mengambil sesuatu tanpa imbalan?

55. Apakah saya sedang melakukan hal yang paling penting saat ini?

56. Apakah ada hal-hal dalam hidup yang perlu saya beri perhatian lebih?

57. Apakah saya sudah menggunakan waktu saya dengan sebaik-baiknya?

58. Apakah yang bisa saya lakukan saat ini yang dapat membuat perbedaan terbesar dalam hidup?

59. Apakah yang sedang saya hindari?

60. Hal-hal apa sajakah yang saya bisa bertoleransi?

61. Apakah saya membuat tujuan-tujuan yang jelas dengan batas waktu pencapaiannya?

62. Apakah saya memegang janji-janji yang telah saya buat pada diri sendiri?

63. Apakah saya memegang janji-janji yang telah saya buat pada orang lain?

64. Jika saya ingin kehidupan saya sempurna, apakah yang harus saya rubah?

65. Apakah yang sedang saya cari sungguh-sungguh saat ini?

66. Bagaimana saya membuat hidup saya lebih sederhana?

67. Kegiatan apa saja yang saya lakukan tetapi saya tidak menikmatinya? Apakah kegiatan tersebut sungguh-sungguh harus dilakukan? Dapatkan saya mendelegasikannya atau membayar orang lain untuk melakukan itu?

68. Apakah saya melihat diri saya sebagai seorang yang cukup kreatif?

69. Apakah saya membiarkan diri saya untuk menjadi orang yang kreatif?

70. Dapatkah saya menjadi seseorang yang spontan?

71. Apakah saya terlalu kritis pada diri sendiri?

72. Apakah saya terlalu kritis pada orang lain?

73. Apakah saya dapat melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda?

74. Hal-hal apa sajakah yang telah saya selesaikan?

75. Hal-hal apa sajakah yang menjadi sumber stress dalam hidup?

76. Bagaimana saya dapat mengurangi stress dalam hidup?

77. Kemana sajakah uang saya dipergunakan?

78. Bisakah saya mengelola keuangan saya?

79. Punyakah saya rencana keuangan untuk masa depan?

80. Untuk apa sajakah waktu saya dipergunakan?

81. Sudahkah saya membuat sistim pengelolaan waktu yang efisien?

82. Apakah 3 prioritas terbesar saya dalam hidup?

83. Siapakah orang terpenting dalam hidup saya?

84. Siapakah yang mencintai saya?

85. Siapakah yang peduli kepada saya?

86. Untuk siapakah anda bekerja keras?

87. Apakah tempat tinggal dan lingkungan kerja saya telah diatur sedemikian rupa sehingga memberi kenyamanan pada saya?

88. Apakah saya mempunyai pola hidup yang sehat?

89. Apakah saya sering terbawa emosi?

90. Apakah saya dapat melupakan kesalahan-kesalahan yang telah saya buat di masa lalu?

91. Apakah saya mengijinkan diri saya untuk melakukan kegagalan?

92. Apakah saya mempelajari kegagalan-kegagalan saya?

93. Apakah saya cepat menanggapi ketika sesuatu berjalan tidak semestinya?

94. Apakah keyakinan-keyakinan saya telah bekerja dengan baik?

95. Apakah saya melonggarkan aturan-aturan yang telah saya buat untuk diri sendiri dan orang lain?

96. Apakah impian masa kecil saya yang terlupakan?

97. Siapa sajakah idola/tokoh yang saya tiru?

98. Apakah saya asli? Apakah saya menjadi diri saya sendiri atau sedang mencoba menjadi seseorang yang lain?

99. Bagaimana jika …?

100. Mengapa tidak …?

101. Bagaimana saya dapat …?

Pertanyaan manakah yang membuat anda paling tersentuh? Silahkan sharing kan disini, atau
Jika anda memiliki pertanyaan refleksi yang lain juga bisa disharingkan disini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

{ 83 comments… read them below or add one }

SUGIANA February 19, 2009 at 12:23 pm

Infonya bagus banget, sungguh luar biasa mas kalau kita bisa menjawab semua pertanyaan di atas menjadi bahan refleksi yang sangat bagus bagi diri kita. Luar biasa mas! Salam kenal dan sukses selalu.

INSPIRASI DAN PELUANG BISNIS

Reply

madhysta February 20, 2009 at 12:19 am

jawabannya harus 101 juga yah mas… wah… meski pertanyaan itu saya sampaikan ke diri sendiri, masih banyak yang ga bisa jawab mas….
salam kenal mas….

Reply

mashengky February 20, 2009 at 7:22 am

biarkan pertanyaan itu tidak dijawab langsung karena hidup adalah proses..

thanks info nya mas

Reply

hmcahyo March 21, 2009 at 2:51 pm

wah artikel bagus.. kok belum ada yang komen :mrgreen:

Reply

Siti Nurhidayah August 7, 2009 at 9:47 am

SubhanaAllah..luar biasa…salam kenal ya mas..mudah-mudahan tulisan mas bermanfaat bg umat..kan sebaik-baik umat adalah yg bermanfaat bg yg lain..Nur setuju banget kita hrs selalu mempertanyakan diri kita tiap hari..mau dibawa kemana hidup kita ini?..karena kitalah nahkoda hidup kita..so seorang nahkoda yg baik pasti tahu arah tujuan yg bs menyelamatkan hidup..selalulah berpikir tuk melihat akhirnya..dan yg jelas sblm amalan kita dihisab oleh Tuhan yg menciptakan kita, diri kita dahululah yg menghisabnya yaitu dg selalu bertanya dg konsep 5 W + 1 H yang akhirnya memunculkan 101 pertanyaan..mudah2an tiap hari Mas Sonata sll dpt petunjuk dr Tuhan..jd pertanyaannya bs nambah trs tuk memenuhi kitab hidup kita masing-masing OCE Mas..makasih byk atas ide-idenya…Salam Super, slam Dahsyat, salam Takdhim lan salam-salaman yah..SEMANGAT

Reply

suhari August 17, 2009 at 12:23 pm

sungguh suatu desain filosofi kehidupan yang amat sangat bermanfaat bagi siapa saja yang mau menjawabnya. Mari kita jawab satu persatu dan kita jalankan jawaban tersebut saya yakin kesuksesan akan beserta kita. Salam kenal dan salam sukses untuk kita semua. Amin.

Reply

ichalriza September 24, 2009 at 5:41 am

terima kasih mas, sungguh artikel yang membuatku semangat…!!!!!!!

Reply

budhi k wardhana October 24, 2009 at 3:46 am

Luar biasa, Mas. Pertanyaan yang inspiratif dan mengusik eksistensi kita sebagai manusia.

Salam

Reply

rusdianto April 28, 2010 at 8:18 am

ini pertanyaan 2 yang mencakup kehidupan kita,dimana saya sekarang mengalami sendiri dlm kesusahan yang saya alami dan diakibatkan keegoan saya dan rasa malas….saya sadar dlm hidup ini bukan teori…tp praktek…tinggal bagaimana kita bisa menjalani motivasi tsb mmng tidak gampang butuh keseriusan dan kerjakeras untuk merubah hidup ini…thank u atas pertanyaan2nya sukses……

Reply

susilo May 29, 2010 at 9:41 am

Assalamualaikum mas, bagus banget artikelnya, saya browsing dan ketikkan kata kunci bahagia, dan ketemu blog mas, matur nuwun mas, salam buat teman – teman yang sudah sukses duluan dari pulau rupat – riau

Reply

rai June 28, 2010 at 1:16 pm

pertanyaan-pertanyaan yang belum pernah saya bayangkan dan saya lakukan sebelumnya… terima kasih atas kumpulan pertanyaaan-pertanyaan ini.

Reply

wiryo August 3, 2010 at 5:42 pm

makasih atas pencerahan, motivasi ini akan sangat bermanfaat bagiku dan keluargaku…1x lagi trims..

Reply

Re-L September 2, 2010 at 6:32 am

Ingin seperti apakah anda 1 tahun lagi? 5 tahun lagi? 10 tahun lagi? 20 tahun lagi? 40 tahun lagi? 60 tahun lagi?

APAKAH JIKA KITA MATI KITA AKAN DILUPAKAN SELAMALAMANYA? KECUALI JIKA APA?

Reply

boss September 5, 2010 at 7:28 pm

apakah yg saya inginkan?
JAWAB:
Hal yang menyenagkan

. .
_

Reply

Fitri September 17, 2010 at 9:20 pm

Saya bingung menjawab pertanyaan apa yang membuat saya bahagia? karena saya nggak tau apa itu bahagia.

Reply

Yosep October 28, 2010 at 9:09 pm

saya akan pakai di system pembelajaran saya pada para siswa, thanks ya

Reply

Zeta November 4, 2010 at 8:09 am

Cukup 2 pertanyaan….
1. Apa yang saya inginkan?
2. Apa yang harus saya lakukan…

Terlalu banyak pertanyaan malah membuat orang tidak bertindak.

Reply

fly mey November 10, 2010 at 7:27 am

halo mas sugiono salam kenal yy???benar” pertanyaan 101 yang buat keinginan orang sukses…trims y????

Reply

aldo riyaldi December 14, 2010 at 11:49 am

1.Bagaimana saya dapat mengurangi stress dalam hidup?
2.Apakah saya cepat tersinggung?
cukup 2 pertanyaan buat saya…
1.saya terlalu memikirkan apa yang terlalu saya inginkan..
2.mungkin saya cepat tersinggung tapi saya selalu introspeksi hal yang membuat orang lain bicara seprti itu..

Reply

dedi irawan January 12, 2011 at 3:12 pm

makasih mas..motivasinya
bisa saia share ya mas….!!

Reply

Andi F17 March 29, 2011 at 11:43 pm

Ane share ya mas…bagus artikelnya……

Reply

fenti April 8, 2011 at 10:13 pm

Thanks buat sharingnya.. Wish us luck! Godbless

Reply

Edward Rhidwan April 16, 2011 at 12:29 am

Wah,, pertanyaan positif!!!
Bertanya pada diri sendiri memang punya dampak pada keperibadiaan kita. Asal pertanyaannya yang positif, maka jawabannya pun positif.

Thanks…Sukses!!!

Reply

Rani April 26, 2011 at 2:05 pm

Salam kenal Mas Sugiono……..

Saya belum sempat baca keseluruhan 101 pertayaan tersebut tapi isyaAlla akan saya baca sebagai kejut motivasi yang baru…

Terima Kasih………

Reply

lidyashanti May 10, 2011 at 4:44 pm

sungguh luar biasa, pertanyaan yang menginspirasi saya

Reply

lili somantri July 27, 2011 at 7:43 pm

asslm’mualaikum…met kenala mas,Wah!pemikiran yg begitu hebat dan menyentuh..pertanyaan yg simple tapi komplek dalam kehidupan yg sehari hari kita jalani dan tuk menjawabnya pun sangat sulit tuk terutarakan dalam lisan,tapi dalam hati pasti menjawab respek nah!semuanya sesuai dalam kehidupan yg sedang dijalani…pertanyaan no1??tapi dalam kontek bkn agama aku selalu ragu dengan apa yg aku lakukan ..kini aku mau shering..aku krja tapi bosnya ngga ada uang tuk byar tapi aku menikmatinya karna krjanya mungkin sesuai dgn hati tapi disisi lain aku pnya keluarga yg harus aku kasih resiko dan keperluan anak2ku…aku takut tingalkan pekerjaan ini nanti ada kemajuan kedepannya…trus aku pnya kesempatan nih tuk saat ini ada yg beri kepercayaan aku tuk memasarkan sepatu yg dibikinnya,persoalannya apa aku harus keluar kerja dari yg sekarang atau meminta waktu sehari atau dua untuk aku memasarkan produk sepatu itu???makasih sblomnya…lam kena lagi dari aku…aku dibandung mas sendiri dimana nih

Reply

atiza September 24, 2011 at 11:30 am

+ lg mas, “untuk siapa saya hidup?” “apa tujuan hidup saya?”

Reply

hanib October 29, 2011 at 7:01 pm

bagus bagus sekali pertanyaan,y saya stuju dengan pendapat mbak atiza yaitu ditambah untuk siapa saya hidup ,dan apa tujuan hidup sya, mdah-mudahan pertanyaan ini bermanfaat

Reply

m4lt4 November 4, 2011 at 1:19 am

mas saya terkendala menjawab pertanyaan no 3. Apakah yang hilang dalam hidup saya?.

Reply

Ubai December 13, 2011 at 10:46 am

saya sangat merasakan perubahan di dalam diri saya setelah membaca pertanyaan pertanyaan itu … terima kasih sekali mas.. sudah menluangkan waktu untuk membuat pertanyaan pertanyaan seperti ini… sunggu sangat bermanfaat untuk pesan pribadi.. sukses selalu..

Reply

eljihadi December 22, 2011 at 10:15 pm

untuk menjadikan hidup menjadi luar biasa, dibutuhkan tujuan hidup yang jelas dan kejelasan dalam mencapai tujuan itu..
kumpulan pertanyaan yang mengungkap siapa diri kita sebenarnyaa.

Reply

DESY February 29, 2012 at 12:52 pm

subhanallah pertnyaan2.a mas , sayang saya tak bisa menjawab seluruhnya. . Apa mungkin ini yang menjadikan saya tak dapat mengenali diri saya sendiri ,sehingga membuat saya kurang percaya diri….

Reply

nathania February 29, 2012 at 1:17 pm

siapakah yg peduli kepada saya???

Reply

wawan chan March 7, 2012 at 1:10 pm

apakah saya bisa memamfaatkan diri saya sendiri

Reply

nova April 14, 2012 at 1:40 am

98 dan 101

Reply

nugroho August 11, 2012 at 9:52 pm

Betul sekali, sesering mungkin mengajukan pertanyaan ke diri sendiri sekaligus memberikan saran ke diri sendiri untuk dilaksanakan esok harinya. demngan demikian, setiap hari dapat menjadi lebih baik.. Luar biasa

Reply

topik October 17, 2012 at 3:09 pm

sangat membantu dan sangat bermanfaat buat saya, bang… yang slalu galau…

Reply

uji kurniawan November 29, 2012 at 2:16 pm

sangat luar biasa..
maaf sebelumnya, kalau boleh saran, mohon diperbaiki penggunaan kata “apakah” dan ” apa” karena 2 kata tersebut memiliki arti dan maksud yang berbeda.. terima kasih

Reply

rado December 2, 2012 at 5:12 pm

thanks ya infonya..sangat membangun.

Reply

irene December 7, 2012 at 10:40 am

pertanyaan yg tersentuh: Untuk siapakah saya berkerja keras, siapakah yg mencintai saya? ters Apakah saya mempelajari kegagalan-kegagalan saya?

Reply

edwin December 14, 2012 at 3:31 pm

sangat mendalami diri saya namun paertanyaan apakah itu?

Reply

ono December 20, 2012 at 6:27 pm

pertanyaanya bikin saya sedih

Reply

Just Raf December 25, 2012 at 4:30 pm

Wah, luar biasa. ijin copas/share agar bermanfaat bagi orang banyak. Terima kasih.

Reply

Tryana January 6, 2013 at 9:20 pm

hmpir sbgian bsar tlah menynth ht sy, trmksh,, ini sgt memotivsi dri sy,

Reply

Just Raf January 10, 2013 at 6:56 pm

wah masih ada yang belum bisa dijawab nih

Reply

sharing dan info January 22, 2013 at 5:49 pm

pernyataan yg jempol gan…bisa juga buat motivasi.. trims infonya

Reply

Anton February 15, 2013 at 7:33 pm

q bersukur bisa ketemu portal aku ingin sukses. Sesuai dengan keinginan q yang ingin sukses. Terima kasih.

Reply

good job March 25, 2013 at 8:56 am

apakah anda yakin dengan semua pertanyaan di atas?

Reply

budi April 8, 2013 at 2:37 pm

Betulkah kita harus berkaca apa yang kita lakukan

Reply

Suhardi May 3, 2013 at 1:38 pm

Pertanyaan yang berkualitas akan menghasilkan jawaban dan tindakan yang benar.

Reply

ela nurmala May 14, 2013 at 6:15 pm

thanks mas luar biasa……

Reply

almusowir May 20, 2013 at 12:58 am

66. Bagaimana saya membuat hidup saya lebih sederhana?

Reply

imelda May 22, 2013 at 9:29 pm

Sementara membaca dulu mas.. Tapi 2 atau 3 hari lagi akan saya jawab. Pas tidak pas’nya mudah” han jawaban’nya benar semua. Hingga qu menjadi froses menuju sukses. Amiiin

Reply

kukuh May 28, 2013 at 4:01 am

mas yang pertanyaan no 21. pling menyentuh.. apakah saya peduli denganperkataan orang lain

Reply

narziz maulana June 12, 2013 at 9:06 am

luaarrr biassaaa…………!!

Reply

RONALD NURALI June 16, 2013 at 8:00 pm

waow mantap sih pertanyaan terhadap diri sendiri… trims banget ya, tapi kalau boleh berharap sih kita bisa dikasih penilaian dari jawaban setiap pertanyaan karena kita bisa tahu seperti apa sih kita sekarang ini dan perlu perbaikan2 apa saja biar lebih baik lagi. kalau berkenaan tlg direspon ya lewat email saya ini biar saya bisa memperbaiki segala sesuatu yg masih kurang baik dan dikasih petunjuk caranya gimana biar karakter maupun pola berpikir lebih baik. oke deh saya tunggu ya responnya.
salam semangat,
Ronald Nurali
081253091708 /089620109888

Reply

rony July 10, 2013 at 10:48 pm

kehidupan tergantung dari kita sendiri mau gimananya. segala sesuatu gagal dan tidaknya terkonsep dari pikiran-pikiran kita sendiri karena tidak bijaksana menggunakannya. positif dan negatif selalu ada. tinggal kita mau narik yang banyaknya yang mana. karena setiap manusia pasti pernah memikirkan sesuatu eh terwujud, jelek dan bagus. karena di dalam suatu proses tidak dikenal positif dan negatif. tergantung frekwensi kita pancarkan

Reply

Yanie July 16, 2013 at 4:20 pm

bagaimana saya dapat ?
=> menjadi diri saya sendiri, jika saya tidak belajar dari orang lain ?

Mengapa tidak !
=> kalau belajar dari diri orang lain membuat motivasi/masukan bagi kita ?

Bagaimana jika !
=> saya belajar dari diri orang lain, jika tidak disertai niat/dan keinginan saya sendiri ?

Salam kenal ia bg, sheringnya Yanie Apa Ada nya..

Reply

salma August 9, 2013 at 10:31 pm

very good. . . Thx for the motivation question ^^

Reply

romeo September 11, 2013 at 12:43 am

thank bngget pertanyaan” yg bgtuuan….

bagaimana saya membalas pemberian dari org lain

sejauh mana saya berguna untuk org lain?
bagai mana saya menjaga keluarga saya?
itu aja dulu

Reply

AHMAD IRAWAN ROEZMIN September 16, 2013 at 9:09 pm

SEBENARNYA PERTANYAAN INI CUKUP DIJAWAB DENGAN KATA.
IYA. ATAU TIDAK..

Reply

echabima November 8, 2013 at 12:51 pm

terlalu banyak pertanyaanya jadi pusing sendri jawabnya….

Reply

clarasilvina barus November 27, 2013 at 10:17 am

pertanyaan ini sangan baik untuk ku ku
dan berguna untuk

Reply

Guruh Wicahyo January 1, 2014 at 8:08 am

Nmr 38 menyentuh bgt mas, paling kena di hatiku

Reply

sasaa January 26, 2014 at 7:16 pm

Untung sya bisa jwb semuaanyaa.. Berarti saya tau tujuan hidup saya kedepanyaa…

Reply

eToNk March 7, 2014 at 5:21 am

aq lebih termotivasi saat membaca semuanya… semoga kta bisa jadi orang terdepan ya,,,,,

Reply

angle March 18, 2014 at 6:52 pm

no 36, 43,38, 44, dan yg plg ga mgkin no 19………. keren mas kira-kira brp hari yha waktu bwt bikin tu smw????

Reply

luqman aljawiy April 15, 2014 at 8:15 am

mkasih, smoga membuat hidup sya dpat lbih baaik lgi stelah membaca blog mas ni,,,

Reply

diana April 26, 2014 at 4:46 pm

hmm,, boleh sih infonya bisa bikin relax,, tapi jawabannya mana???

Reply

sumarkat May 17, 2014 at 2:23 am

Smua yg ditulis adlh jawaban atas ktdaktahuan sy ttg prtanyaan. Thanks

Reply

Tama May 22, 2014 at 10:33 am

bagus bgt gan
pertanyaan di atas bikin motivasi untuk kedepan yang lebih baik
dan intropeksi diri
salam kenal

Reply

Farlina na I'am June 12, 2014 at 3:11 pm

Kata-kata ini mampu menginspirasi aq..

Reply

Raska November 17, 2014 at 1:57 am

Pertanyaan pertama sudah membuat saya berhenti scroll kursor ke bawah. Pertanyaan paling sulit, setidaknya untuk saya.

Pertanyaan pertama saja sulit untuk saya jawab, bagaimana pertanyaan selanjutnya? Memang ada yang lebih mudah untuk dijawab, tetapi pertanyaan pertama itu memang yang paling sulit.

Tulisan ini memang bagus untuk melihat seperti apa diri kita, tapi setelah itu apa? Apa setelah itu saya mendapat solusi? Sayangnya tidak.

Karena memang saya tidak tahu ‘apa yang saya inginkan’.

Tidak untuk semua orang mungkin, tapi untuk saya dan juga orang-orang yang sama ‘bingung’ dengan saya, maaf sekali tapi ini tidak banyak membantu.

Reply

iwakaring November 26, 2014 at 4:14 pm

pertanyaan2 terhadap diri sendiri yang inspiratif.

Reply

Islahuddin MS December 1, 2014 at 2:41 pm

pertanyaan-pertanya sebanyak itu membuat seseorang menjadi bingun karena, kalau banyak bertanya pada dirinya sendiri kapan bertindaknya, jadi buatlah hidup ini sesimple mungkin jgn mempersulit keadaan. lebih baik mencontohkan dari pada memberi solusi.

Reply

Moh Rizki Rumadan January 5, 2015 at 5:35 pm

Sangat luar biasa. Semua pertanyaan ini memberi sebuah inspirasi yang baru dalam hidup saya. Saya sangat tersentuh dan merasa pernah menjadi pelaku dalam pertanyaam tersebut.. Dasyat… A.J. Rumadan.

Reply

talitha March 11, 2015 at 2:41 pm

wah………… hebat sekali… saya merasakan bahwa hidup saya berbeda ketika membaca ini…. dasyat banget cuy… !!!!

Reply

Tantanquin April 15, 2015 at 5:25 pm

Pertanyaan yang paling menentuh menurut saya dinomor 82-86, pertanyaan tersebut membuat mata saya berkaca2 saat saya memikirkan jawabannya :'( , btw artikel sungguh luar biasa danbermanfaat, sukses terus yang mengelola web ini :)

Reply

salman May 6, 2015 at 7:20 am

smoga bisa membuat hidup saya lebih berarti.thanks

Reply

Muhklisin May 29, 2015 at 2:00 pm

Artikel ini membuat saya berfikir untuk menjadi manusia yg lebih menghargai semua nya makasih

Reply

Instant Website June 24, 2015 at 1:54 pm

Min, kalo untuk pertanyaan di atas, adakah standard jawaban hasilnya? Yang bisa untuk menunjang hasil observasi tentang psikologi?

Reply

asmida July 1, 2015 at 11:10 pm

Assalmmualaikum..terimakasih atas perkongsian ini.artikel ini memeberi kesedaran dan membuat saya ingin menjadi orang yang lebih menghargai semua.

Reply

yuni July 17, 2015 at 7:56 am

Siapakah yang peduli kepada saya?

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: