Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


11 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Takut Dari Pikiran Anda

rasa takut

Rasa takut dan cemas, sampai batas tertentu, diperlukan untuk bertahan hidup, dan bahkan untuk kesuksesan. Namun, rasa takut akan sesuatu atau seseorang yang berlebihan justru malah bisa mendatangkan bahaya. Rasa takut sering menyebabkan penundaan dan membuat anda kehilangan sesuatu yang bisa menjadi pengalaman indah. Banyak rasa takut berubah menjadi fobia serius yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang. Dalam kasus seperti itu, yang terbaik adalah mencari bantuan medis untuk menghilangkan rasa takut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa tips dan cara mudah untuk menghilangkan rasa takut dan cemas.

11 Cara Menghilangkan Rasa Takut

1. Singkirkan stress

Khawatir dan kecemasan berasal dari stress dan semakin kita khawatir, semakin besar kadar kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol sering menyebabkan kurang tidur, kurang nafsu makan atau, sebaliknya, makan berlebihan, disertai sejumlah masalah lainnya. Untuk menghilangkan stress, cobalah berlatih meditasi. Meditasi membantu anda hidup pada saat sekarang dan membuat pikiran tetap tenang dan fokus. Tentu, anda tidak akan segera melihat hasilnya dan anda perlu bermeditasi setiap hari.

2. Hadapi rasa takut anda

Selama anda terus menunda-nunda, anda tidak akan bisa menghilangkan rasa takut dari pikiran dan hati anda. Jadi hal pertama yang harus dilakukan agar bisa menghilangkan rasa takut adalah menghadapinya. Seringkali, pikiran kita sendiri yang memperbesar situasi yang menakutkan di luar proporsinya. Menghadapi rasa takut dapat membantu anda melihat bahwa situasinya tidak seburuk yang anda pikirkan. Jadi, mengekspos diri anda dengan rasa takut secara bertahap dan cara yang aman dapat membantu anda mengatasi kecemasan dengan efektif.

3. Kenali diri anda

Cara mudah untuk berhenti hidup dalam ketakutan akan sesuatu atau seseorang adalah dengan mengetahui apa yang memicu kegelisahan tersebut. Simpanlah jurnal atau buku harian dan catatlah apa yang terjadi saat anda merasa takut atau bagaimana perasaan anda saat itu. Selanjutnya, anda bisa menetapkan tujuan kecil yang bisa dicapai untuk mengatasi kegelisahan. Bawa beberapa barang atau bawalah seseorang saat melakukannya. Hal ini dapat membantu anda mengurangi rasa takut atau cemas serta juga dapat secara efektif membantu mengatasi pemikiran mendasar yang ada di balik kecemasan anda.

4. Berolahraga setiap hari

Jika stress mengambil alih hidup anda, anda harus melakukan olahraga setiap hari untuk mengatasi rasa takut anda. Olahraga dapat meningkatkan konsentrasi dan mengalihkan pikiran dari kegelisahan untuk beberapa saat. Olahraga juga melepaskan endorphin, yaitu hormon yang menimbulkan perasaan nyaman, yang memperbaiki tidur dan nafsu makan. (Baca juga 10 Manfaat Berolahraga Dalam Menghilangkan Stress)

5. Rileks

Belajar teknik relaksasi seperti meditasi adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa takut dari pikiran. Relaksasi juga baik untuk tubuh. Duduk saja di tempat yang sepi dan tarik nafas dalam beberapa kali. Anda juga bisa mencoba Yoga atau Tai Chi yang merupakan latihan tubuh untuk relaksasi. Mendengarkan musik, melukis atau melakukan hobi yang anda cintai juga bisa membantu anda rileks dan mengatasi rasa takut akan kegagalan, penolakan dll.

6. Makan sehat

Makanlah banyak buah dan sayuran karena mengandung anti oksidan dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk melawan stress, mengalahkan kegelisahan dan menciptakan suasana hati yang menggairahkan. Dibanding mengemil makanan yang tidak sehat atau junk food, pilihlah buah dan sayuran. Ini bisa membantu anda menjaga gula darah yang sering dikaitkan dengan kemurungan, kegelisahan dll. Makan 4-6 makanan kecil dan pastikan mereka kaya akan vitamin, mineral, lemak sehat, karbohidrat yang baik dan protein tanpa lemak.

7. Jangan beralih ke alkohol atau nikotin

Kedua zat ini mungkin memberi anda bantuan sementara dari kegelisahan, namun bukan solusi jangka panjang untuk mengatasi rasa takut. Alkohol benar-benar melemahkan pertahanan anda yang bisa membahayakan diri anda sendiri. Efek samping alkohol dan merokok bahkan bisa meningkatkan kecemasan.

8. Memiliki iman

Iman dan spiritualitas adalah alat ampuh yang dapat membantu menghilangkan rasa takut dari alam bawah sadar. Bila anda mencintai Tuhan, anda mendapatkan kekuatan batin yang memungkinkan anda menghadapi kecemasan anda. Kunjungi tempat ibadah atau bergabunglah dengan kelompok masyarakat yang bertemu setiap minggu dan berdiskusi secara religius / spiritual.

9. Melayani atau membantu orang lain

Membantu orang lain dan melakukan pelayanan adalah cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan diri dan mengatasi rasa takut akan kegagalan. Bila anda membantu orang lain yang kurang istimewa daripada anda, anda tidak hanya mendapatkan rasa hormat dan berkah, namun anda juga akan memperbaiki banyak aspek lain dalam hidup anda.

10. Terapi bicara

Berbicara tentang rasa takut anda dengan teman dan keluarga bisa menjadi obat yang kuat dan menyejukkan. Terapis profesional juga dapat membantu anda mengidentifikasi penyebab utama ketakutan anda dan memungkinkan anda mengubah pola pikir. Anda juga bisa memilih terapi kelompok, online atau offline.

11. Obat-obatan dan perawatan lainnya untuk rasa takut

Obat-obatan, terutama antidepresan dan obat anti-cemas, dapat membantu mengatasi serangan panik seandainya rasa takut anda memengaruhi kehidupan sehari-hari. Namun, banyak dari obat ini menyebabkan ketergantungan kimia dan dapat menimbulkan efek buruk seperti kantuk, dll. Jadi, gunakan ini hanya sebagai upaya terakhir. Terapi konvensional lainnya untuk rasa takut adalah Cognitive Behavior Therapy atau CBT, Neuro-lingustic programming, hypnotherapy dll. Hal ini juga dapat membantu anda sampai pada akar penyebab rasa takut serta menghilangkannya sekali dan untuk selamanya.

Rasa takut seringkali mengambil alih hidup anda. Jika tidak diatasi semakin lama akan menghambat perkembangan diri anda. Kami berharap 11 cara ini bisa membantu anda mengatasi rasa takut dan kecema

 

Loading...