Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


11 Manfaat Berpuasa Bagi Tubuh yang Perlu Kita Ketahui

berpuasa

Selain bernilai ibadah, ternyata puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan saat berpuasa, kita memberi kesempatan kepada sistem pencernaan untuk beristirahat sehingga tubuh akan fokus untuk memperbaiki sel-sel yang perlu diperbaiki. Puasa tentu akan lebih baik jika dibarengi dengan pola makan yang sehat. Berbagai penelitian juga telah dilakukan untuk membuktikan manfaat berpuasa bagi kesehatan. Berikut manfaat-manfaat luar biasa yang bisa kita dapat dari berpuasa.

11 Manfaat Berpuasa Untuk Kesehatan

1. Mengurangi Berat Badan

Ketika kita terus-terusan memasukkan kalori ke dalam tubuh, maka tubuh akan menggunakan kalori itu sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi dan menunda pembakaran lemak yang telah menumpuk di badan kita. Namun ketika kita berpuasa, tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tetap aktif saat berpuasa agar lemak-lemak dalam tubuh terbakar dan berat badan berkurang.

2. Mengurangi Kadar Gula Dalam Darah

Berpuasa juga dapat menurunkan kadar gula darah karena glikogen yang ada di dalam hati akan dipecah menjadi glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi untuk otak, saraf, dan sel darah merah. Sehingga puasa sering dilakukan oleh para penderita diabetes untuk menstabilkan kadar gula darah mereka.

3. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan merupakan hormon yang berperan penting bagi tumbuh kembang anak-anak dan remaja. Namun hormon pertumbuhan juga memiliki peran yang tak kalah penting bagi orang dewasa. Hormon pertumbuhan dapat berfungsi sebagai anti-aging juga untuk membentuk otot. Kekurangan hormon pertumbuhan pada orang dewasa akan meningkatkan jumlah lemak tubuh, menurunkan massa otot, serta mengurangi massa tulang.

Menurut studi yang dilakukan oleh Ho KY et al pada 1988, makan terus-menerus akan menghambat keluarnya hormon pertumbuhan. Sedangkan puasa dapat menstimulasi keluarnya hormon pertumbuhan. Selama berpuasa, hormon pertumbuhan akan keluar secara teratur sepanjang hari.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat berpuasa yang tak terduga adalah puasa ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pada saat sistem pencernaan beristirahat, tubuh akan mengerahkan energi yang ada untuk melawan virus-virus dan penyakit yang menetap di dalam badan kita. Jumlah sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh berada pada titik optimum saat berpuasa sehingga mempercepat proses penyembuhan. Ini juga yang menjadi alasan mengapa kita tidak nafsu makan saat sedang sakit.

5. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Berpuasa juga memiliki efek detoksifikasi. Ketika cadangan lemak digunakan sebagai energi selama berpuasa, racun-racun yang tertimbun bersama lemak juga ikut dilepaskan dan dikeluarkan melalui usus, hati, ginjal, paru-paru, juga kulit. Feses yang menempel pada dinding usus akan terlepas dan dikeluarkan. Kulit Anda mungkin akan menjadi berminyak dengan dilepaskannya lemak dari tubuh. Jerawat atau bisul yang muncul merupakan pertanda darah kotor sedang dikeluarkan. Paru-paru kita akan sedikit terasa sakit karena sedang dibersihkan. Napas akan beraroma tidak sedap dan lidah terasa pahit. Jangan khawatir, ini hanya berlangsung beberapa hari hingga semua racun tubuh dikeluarkan.

6. Memperpanjang Usia

Studi ilmiah yang dilakukan oleh Clive McCay pada pertengahan 1930an menunjukkan bahwa membatasi asupan kalori memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya memperpanjang usia hidup. McCay dan kawan-kawan melakukan eksperimen mereka pada tikus di laboratorium, dan hasil menunjukkan bahwa tikus yang dibatasi asupan kalorinya dapat hidup lebih lama tanpa mengalami malnutrisi. Tikus-tikus itu juga memiliki risiko terkena kanker yang lebih rendah. Penelitian-penelitian berikutnya mengenai pembatasan kalori (Calorie Restriction) juga menunjukan bahwa CR memperlambat penuaan, dan berpuasa akan memberikan hasil yang sama.

7. Menyehatkan Jantung

Manfaat berpuasa berikutnya yang tak kalah penting adalah puasa berguna untuk jantung anda. Berdasarkan review yang dipublikasikan dalam British Journal of Diabetes and Vascular Disease pada 2013, mereka yang berpuasa setiap hari berturut-turut atau secara selang-seling tidak hanya berkurang berat badannya, tetapi juga mendapat manfaat kardioprotektif dan merasakan kesehatan jantung yang lebih baik. Beberapa penelitian lainnya juga menunjukkan saat berpuasa terjadi penurunan LDL (Low Density Lipoprotein) atau biasa disebut kolesterol jahat dan peningkatan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik. HDL ini bertugas untuk membersihkan pembuluh arteri yang tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

8. Mengurangi Stres Oksidatif

Suatu keadaan di mana jumlah radikal bebas begitu berlebih dalam tubuh sehingga tubuh kita sanggup menetralisirnya disebut stres oksdatif. Stres oksidatif dapat menyebabkan penuaan dini, kanker, penyakit jantung, Alzheimer, dan penyakit-penyakit kronis lainnya. Dengan berpuasa, stres oksidatif yang terjadi di dalam sel-sel tubuh akan berkurang sehingga dapat membantu mencegah kerusakan jaringan, berkembangnya berbagai jenis penyakit, serta disfungsi protein.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa memiliki manfaat luar biasa untuk otak. Pada mamalia, ketajaman pikiran akan meningkat saat kelaparan dan menurun saat sudah kenyang. Jadi, puasa dan kelaparan sesungguhnya mengaktivasi sel-sel otak kita, bukan sebaliknya.

Para pemikir di masa Yunani kuno terbiasa berpuasa beberapa hari berturut-turut, bukan untuk mengurangi berat badan mereka, tetapi karena mereka meyakini bahwa berpuasa akan meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Penelitian yang dilakukan di The Buck Institute for Research on Aging menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan fungsi kognitif, menstimulasi otak untuk cepat tangkap, serta meningkatkan daya ingat.

10. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat berpuasa lainnya yang mungkin akan mengejutkan anda adalah puasa dapat mengatasi masalah-masalah kulit seperti eksim, dermatitis, serta jerawat. Penyakit-penyakit kulit akan sembuh lebih cepat saat seseorang sedang berpuasa. Ini disebabkan saat tidak ada makanan yang sedang dicerna, energi yang ada di dalam tubuh difokuskan untuk meregenerasi sistem-sistem lainnya. Sebuah penelitian yang dipublikasi di Toxicologic Pathology menemukan adanya pengurangan pembengkakan pada kulit tikus setelah puasa hingga 48 jam.

11. Mengendalikan Nafsu Makan

Saat sedang berpuasa, secara otomatis kita tidak makan dan minum apa-apa. Ini akan membuat nafsu makan kita lebih terkendali sehingga kalori yang masuk menjadi lebih sedikit dibandingkan saat kita tidak berpuasa. Karena ketika kita tidak berpuasa, mungkin akan sulit untuk menahan diri dari godaan makanan dan minuman yang berada di hadapan kita. Jika kita hobi makan, berpuasa dua hari dalam seminggu akan efektif untuk membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Jadi, jangan malas untuk berpuasa karena efeknya begitu hebat bagi kesehatan dan kekuatan tubuh kita. Namun sebaiknya saat berbuka puasa tidak makan berlebihan karena makan berlebih justru akan merusak kembali metabolisme tubuh dan mengurangi manfaat-manfaat yang didapat dari berpuasa. Makanlah secukupnya saja, ketika dirasa sudah kenyang, berhentilah. Nutrisi yang sesuai juga sangat penting untuk mendapat manfaat berpuasa yang maksimal. Sebaiknya hindari gula dan karbohidrat berlebihan dalam menu buka puasa dan gantilah dengan lemak sehat seperti minyak kelapa murni (VCO), minyak zaitun, kuning telur, butter, alpukat, serta kacang-kacangan, karena gula dan karbohidrat yang berlebih malah akan menghalangi tubuh untuk membakar lemak sebagai sumber energi.

 

Loading...