Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


11 Manfaat Coklat Hitam yang Menakjubkan

coklat hitam

Manfaat Coklat Hitam – Apakah anda salah satu dari penggemar coklat hitam. Jika ya, anda beruntung karena coklat hitam memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan, diantaranya kandungan antioksidan yang tinggi, anti-inflamasi, kaya akan nutrisi, peningkat libido, menyehatkan jantung dan merubah suasana hati.

Manfaat Coklat Hitam Untuk Kesehatan

Apa yang membuat coklat hitam begitu spesial?

Pertama, mari kita lihat mengapa coklat hitam memiliki potensi untuk menjadi makanan super.

1. Penuh dengan Antioksidan

Kakao kaya akan antioksidan flavonoid yang disebut flavanols, yang meliputi procyanidins, epicatechins, dan catechin. (Anda mungkin ingat katekin sebagai salah satu rahasia di balik kekuatan luar biasa teh hijau).

Peneliti mengembangkan tes untuk mengukur kekuatan antioksidan dari makanan. Dalam tes tersebut, bubuk coklat asli tanpa pemanis keluar cukup banyak di urutan atas dalam daftar, mengalahkan makanan super lainnya seperti jahe, raspberry, acai berry, blueberry, blackberry, dan banyak lagi.

Namun perlu dicatat bahwa tes ini tidak dilanjutkan, karena mereka dilakukan dalam tabung reaksi. Jadi pertanyaan yang muncul adalah tentang relevansinya dalam tubuh manusia.

Tapi, banyak penelitian lain pada manusia telah membuktikan bahwa coklat memiliki efek menguntungkan pada manusia.

2. Anti-inflamasi

Salah satu manfaat coklat hitam yang luar biasa adalah sebagai anti-inflamasi. Makanan anti-inflamasi bertujuan untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, masalah yang akhirnya dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, penuaan, dan kondisi lainnya.

Coklat hitam telah dikenal sebagai makanan super anti-inflamasi, bahkan ditempatkan dalam daftar teratas sebagaimana juga kandungan antioksidannya. Bagi anda penikmat coklat hitam, harus bersyukur karenanya.

3. Kaya Akan Nutrisi

Sebatang coklat hitam 100 g dengan 70% sampai 85% padatan kakao mengandung:

  • 11 g Serat
  • 8 g Protein
  • 98% dari kebutuhan harian Mangan Anda
  • 89% dari kebutuhan harian Tembaga
  • 67% dari kebutuhan harian Besi
  • 58% dari kebutuhan harian Magnesium
  • 31% dari kebutuhan harian Fosfor
  • 22% dari kebutuhan harian Zinc
  • 21% dari kebuthan harian Kalium

Cukup mengesankan untuk kandungan nutrisinya!
Namun, perlu dicatat bahwa coklat hitam juga mengandung banyak kalori dan lemak jenuh – sehingga mengapa coklat tidak akan pernah menjadi sarana dalam menurunkan berat badan.

Karena kaya nutrisi dan kalori, maka tidak disarankan untuk makan coklat dalam jumlah banyak.

4. Meningkatkan Libido Anda

Coklat dan seks?

Yup, mungkin ini menjadi manfaat coklat hitam yang paling favorit.

Coklat hitam mengandung l-arginin – asam amino yang bekerja sebagai penambah seks alami baik untuk pria dan wanita. Ini benar-benar meningkatkan aliran darah ke organ seksual anda, yang meningkatkan sensasi, kepuasan, dan hasrat.

Makanan luar biasa ini juga mengandung phenylethylamine, zat kimia yang dianggap menghasilkan perasaan ‘jatuh cinta’. Tidak ada salahnya bahwa coklat hitam juga meningkatkan suasana hati kita dan membantu jantung kita.

Apakah anda tahu bahwa coklat bukan satu-satunya makanan yang dapat memberikan nafsu seksual yang sehat? Mengkombinasikannya dengan buah ara dan almond untuk mendapatkan makanan penutup peningkat libido yang dasyat.

5. Melindungi jantung Anda

Inilah salah satu manfaat coklat hitam yang sangat populer.

Dengan memasukkan coklat hitam dalam diet anda mulai dari sekarang, anda menjaga jantung anda kuat dan sehat sampai usia tua.

Anda bahkan tidak perlu makan banyak untuk menurunkan risiko stroke atau serangan jantung – menurut para peneliti Jerman, sepotong kecil sehari dapat melakukan keajaiban.

Mereka mempelajari lebih dari 19.000 orang selama sedikitnya sepuluh tahun dan menemukan bahwa mereka yang makan paling setidaknya 7.5 gram coklat hitam per hari memiliki tekanan darah lebih rendah dan risiko 39% lebih rendah terkena serangan jantung atau stroke dibandingkan dengan mereka yang makan hanya 1,7 gram per hari.

Dan menurut sebuah penelitian yang dilakukan selama 15 tahun, mengkonsumsi coklat secara teratur ditemukan untuk mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 50% pada pria usia lanjut.

(Baca juga: 20 Cara Membuat Jantung Anda Tetap Sehat)

6. Membantu Mengendalikan Berat Badan Anda

Tidak, bukan berarti dengan makan satu ton coklat anda akan mempercepat penurunan berat badan. Namun itu mungkin hanya menjadi bantuan yang berguna dalam membantu anda tetap pada rencana diet sehat anda.

Sebuah studi antara efek coklat putih dan gelap menemukan bahwa peserta yang makan coklat hitam mendapatkan kadar gula darah yang lebih rendah.

Para peneliti tidak yakin mengapa tapi mereka berpikir antioksidan coklat hitam mungkin membantu tubuh menggunakan insulin lebih efisien dalam mengontrol gula darah, yang menurunkan kadar gula darah secara alami.

Dr Oz mengklaim bahwa belajar bagaimana menstabilkan gula darah anda adalah kunci untuk membantu anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Sepotong kecil coklat hitam dapat membantu anda tetap berpegang pada tujuan penurunan berat badan anda.

7. Baik untuk Darah Anda

Flavanols dalam coklat hitam dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung. Mereka juga membantu trombosit darah untuk membeku.

Flavanols yang menakjubkan ini merangsang arteri tubuh anda untuk memproduksi oksida nitrat, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Namun, para peneliti mengingatkan bahwa anda hanya perlu makan sedikit coklat untuk dapat mendapatkan efek, dan kemudian hanya akan bekerja dengan tekanan darah yang agak tinggi.

8. Menyeimbangkan Kolesterol Anda

Manfaat coklat hitam yang satu ini sedikit mengejutkan, mengingat sempat diulas diatas bahwa coklat tinggi lemak jenuh.

Namun lemak dalam coklat berasal dari cocoa butter, yang terdiri dari asam oleat, asam stearat, dan asam palmitat dalam jumlah yang sama.

Asam oleat adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung yang ditemukan dalam minyak zaitun. Meskipun asam stearat adalah lemak jenuh, telah ditemukan tidak berpengaruh pada rasio kolesterol LDL (jahat) terhadap kolesterol HDL (baik)! Asam palmitat tidak mempengaruhi kolesterol meskipun, yang merupakan salah satu alasan untuk menikmati coklat dalam jumlah sedang.

Cocoa powder – bahan baku dalam coklat – telah ditemukan meningkatkan tingkat HDL dan menurunkan tingkat LDL pada pria dengan kolesterol tinggi. Untungnya, manfaat yang sama dapat diperoleh dengan memakan produk coklat sebenarnya, menurut para ilmuwan.

9. Membuat Bahagia

Kabar bahwa coklat mempengaruhi emosi anda mungkin tidak mengejutkan banyak orang. Siapa yang tidak langsung ceria oleh sesuatu yang manis?

Tapi ada ilmu di balik itu juga.

Coklat hitam tanpa pemanis telah terbukti menjadi jenis coklat paling efektif ketika datang untuk mengurangi tingkat stres dan kecemasan. (Baca juga 17 Tips Mengatasi Stress Dalam Hidup dan di Tempat Kerja)

Phenylethylamine dalam coklat hitam (kimia yang sama yang membuat anda merasa jatuh cinta) mendorong otak anda untuk melepaskan endorfin, membuat anda merasa lebih bahagia. Endorfin bahkan memiliki efek seperti morfin, yang membantu memblokir rasa sakit.

Kafein dalam coklat adalah stimulan ringan yang selanjutnya dapat meningkatkan mood, meskipun tingkatannya masih dibawah kemampuan kafein kopi. Cobalah melipatgandakan kebahagiaan anda dengan menikmati keduanya bersama-sama.

10. Menyelamatkan Kulit Anda

Manfaat coklat hitam juga termasuk dalam menjaga kesehatan kulit.

Ini adalah berita baik bagi anda yang suka berjemur menyerap vitamin D dari sinar matahari.

Coklat hitam telah terbukti untuk melindungi terhadap sinar UV, meningkatkan aliran darah ke kulit dan meningkatkan hidrasi kulit.

Sebuah studi menunjukkan bahwa makan coklat secara teratur kaya flavanols menawarkan perlindungan matahari yang signifikan dan dapat melindungi dari efek UV yang berbahaya; sedangkan susu coklat standar tidak berpengaruh.

Tentu saja, tetap jangan pernah melewatkan penggunaan tabir surya. Lihatlah coklat sebagai perlindungan tambahan.

11. Melindungi Otak Anda

Manfaat coklat hitam lainnya yang tak kalah menakjubkan adalah melindungi otak anda.

Sekelompok peneliti di Harvard telah menemukan bahwa dosis harian coklat dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Kekuatan antioksidan yang luar biasa dari coklat hitam melindungi otak dari stres oksidatif dan penuaan. Peserta dalam penelitian ini diminta untuk minum dua cangkir coklat panas sehari selama delapan minggu, dimana setengah peserta minum coklat tinggi antioksidan, sementara yang lain minum coklat dengan tingkat yang lebih rendah.

Kandungan kafein coklat hitam juga dapat berguna dalam mengurangi migrain dan sakit kepala lainnya.

Sedikit Perhatian

Dengan segudang manfaat coklat hitam yang luar biasa tersebut, anda mungkin tak sabar ingin segera membeli sebatang coklat hitam. Namun tunggu sebentar, ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu.

Tidak hanya anda harus berhati-hati terhadap berapa banyak coklat yang anda makan, anda perlu melihat jenis coklat hitam yang anda nikmati.

Mengapa? Karena gula!

Karena sebagian besar coklat hitam mengandung gula tambahan, anda tentu saja tidak ingin gula menjadi bahan utamanya. Jika kandungan kakao bukan bahan yang paling banyak, anda sebaiknya meletakkannya kembali di rak. Kandungan gula harus paling sedikit.

Anda juga harus membidik sedikitnya 70% kandungan kakao, lebih tinggi lebih baik … meskipun semakin tinggi kandungan kakao rasa coklat akan semakin pahit.

Gula bukan satu-satunya kekhawatiran jika anda sedang mencari manfaat kesehatan yang maksimal.

Rupanya, para peneliti di Inggris menemukan bahwa tingkat flavanol antioksidan bervariasi dari merek ke merek dan mereka tidak selalu berkorelasi dengan kandungan kakao pada label. Hal ini terjadi karena proses pembuatan yang berbeda.

Pilih coklat terbaik yang dapat anda temukan, dan hindari coklat yang ditambahkan susu berlemak atau minyak sayur terhidrogenasi karena keduanya adalah sumber lemak jenuh yang tidak sehat.

 

Loading...