Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


11 Manfaat Oatmeal yang Perlu Anda Tahu

manfaat oatmeal

Manfaat Oatmeal – Mungkin oatmeal bukanlah salah satu makanan favorit anda, namun jelas oatmeal merupakan salah satu makanan tersehat di planet ini.

Jika anda tidak atau jarang mengkonsumi oatmeal, beberapa fakta kesehatan tentang manfaat oatmeal dibawah ini diharapkan dapat merubah pandangan anda sehingga anda mulai memasukkannya sebagai bagian dari diet anda terutama di pagi hari.

11 Manfaat Oatmeal yang Mengagumkan Untuk Kesehatan


1. Oatmeal Tinggi Serat

Salah satu manfaat oatmeal yang paling dikenal adalah kandungan seratnya yang tinggi. Oatmeal mengandung baik serat larut maupun tidak larut, sehingga anda mendapatkan yang terbaik dari kedua jenis serat ini.

Serat tidak larut bergerak bersama saluran pencernaan kita, mendapatkan air dari usus untuk menambah berat pada limbah material dan memudahkannya melewati sistem pencernaan dan akhirnya keluar dari tubuh kita.

Serat larut berubah menjadi semacam gel yang memperlambat pencernaan dan membuat kita merasa kenyang.

Salah satu serat larut pada oatmeal adalah beta-glucan, yang memperlambat makanan yang kita makan sehingga tubuh kita membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya. Ini berarti kita akan merasa kenyang lebih lama.

Satu porsi oatmeal memiliki sekitar 5 g serat. Orang dewasa harus mendapatkan 25-38 g serat harian, sehingga ini merupakan dorongan kecil yang baik.

2. Menurunkan Kolesterol

Banyak orang mengkonsumsinya karena manfaat oatmeal yang satu ini.

Serat tidak hanya penting untuk sistem pencernaan yang sehat, mereka juga langsung terkait dengan kesehatan jantung.

Beta-glucan tidak dicerna sehingga mereka harus melalui seluruh saluran pencernaan. Sepanjang jalan, mereka mengikat LDL, atau kolesterol ‘jahat’ dan menghilangkan dari tubuh kita, sehingga menurunkan tingkat kolesterol jahat.

Lima gram atau lebih serat larut per hari dapat menurunkan kolesterol total dan LDL anda.

FDA “mengakui beta-glucan sebagai komponen makanan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner” karena beta-glucan dalam gandum “dikaitkan dengan penurunan 5 persen total kolesterol dan penurunan 7 persen kolesterol LDL”.

Ketika kolesterol LDL anda tinggi, arteri anda mulai mengeras, yang menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ini menambah ketegangan pada jantung anda, sehingga dapat menempatkan anda pada risiko serangan jantung.

Menurunkan kolesterol LDL anda mengurangi kemungkinan anda terkena penyakit jantung dan mempromosikan kesehatan jantung yang lebih baik.

(Baca juga 15 Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami)

3. Sangat Menyehatkan Jantung Anda

Para peneliti dari satu penelitian di Harvard mempelajari 21.000 peserta lebih dari 19 tahun. Mereka menemukan bahwa pria yang makan semangkuk harian gandum, seperti oatmeal di pagi hari, memiliki risiko 29 persen lebih rendah dari gagal jantung.

Mungkin hal itu dikarenakan oatmeal penuh asam lemak omega-3, folat, kalium, dan kalsium – dimana semuanya adalah nutrisi penyehat jantung.

Mendapatkan setidaknya 3 gram beta-glucan oatmeal per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

(Baca juga 7 Cara Alami Menurunkan Resiko Penyakit Jantung)

4. Sangat Baik untuk Mencegah dan Mengobati Diabetes

Manfaat oatmeal berikutnya yang luar biasa adalah mereka baik untuk mencegah diabetes.

Karena oatmeal adalah karbohidrat kompleks yang baik, ini dapat memperlambat pencernaan gula.

Beta-glucan memastikan gula tidak diserap terlalu cepat oleh tubuh. Hal ini mengurangi lonjakan gula darah dan menjaga kadar gula darah anda stabil.

Menurut sebuah penelitian, serat dalam oatmeal membantu meningkatkan metabolisme glukosa. Mereka juga merespon lebih baik terhadap insulin dibanding serat pada barley. Kedua hal ini adalah kabar baik bagi siapapun yang ingin mengurangi risiko diabetes dan obesitas.

Hasil dari penelitian lain membuktikan bahwa ketika pasien dengan diabetes tipe 2 makan oatmeal selama empat minggu, mereka mengurangi jumlah insulin yang diperlukan untuk menstabilkan kadar gula darah sebanyak 40%.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat oatmeal yang sering diterapkan oleh orang-orang yang melakukan diet adalah mereka berguna dalam menurunkan berat badan. Setengah cangkir oatmeal berada di bawah 150 kalori dan memiliki hanya 2 g lemak.

Hal itu mengejutkan mengingat perut anda akan merasa kenyang dengan begitu sedikit kalori.

Karena ada begitu banyak serat dalam oatmeal, mereka benar-benar mendukung perasaan kenyang. Ketika kita merasa kenyang, hormon kenyang kita terpicu dan kita tidak memiliki dorongan untuk mengambil makanan ringan dan makan berlebihan.

Sebagai contoh, satu penelitian menghubungkan peningkatan beta-glucan dari oatmeal dengan peningkatan peptida YY, hormon yang membuat anda merasa kenyang dan puas.

Jika anda mencoba untuk menurunkan berat badan dan membatasi jumlah kalori anda, oatmeal adalah makanan ringan yang sempurna untuk membantu anda melalui masa-masa lapar. Mereka akan memadamkan rasa lapar anda dan membuat anda puas sampai makan berikutnya.

Oatmeal juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan lemak di perut anda.

6. Kaya Akan Protein

Satu porsi oatmeal memiliki sekitar 5 g protein, yang membuatnya cukup kaya protein untuk jumlah kalori yang anda konsumsi.

Tapi apa yang lebih baik adalah anda dapat menggunakan oatmeal rendah kalori sebagai dasar yang sehat untuk pilihan protein lainnya.

Kacang juga akan menambah protein untuk oatmeal anda dan jangan lupa tentang satu sendok bubuk protein whey jika anda menginginkan peningkatan asupan protein anda bahkan lebih.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat oatmeal lainnya yang menakjubkan adalah mereka membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Beta-glucan yang super hebat juga telah dipelajari karena kemampuannya dalam membantu neutrofil, “tentara sistem kekebalan tubuh [kita]”, mengarahkan ke area yang terinfeksi dengan cepat dan menghancurkan kuman.

Menurut salah satu review, beta-glucan telah ditunjukkan untuk:
“Meningkatkan pertahanan sistem kekebalan tubuh terhadap makhluk asing dengan meningkatkan kemampuan makrofag, neutrofil, dan sel-sel pembunuh alami untuk menanggapi dan melawan berbagai tantangan seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit”.

Ini tentunya merupakan salah satu cara nutrisi baik dalam menjauhkan anda dari sakit.

(Baca juga 7 Rahasia Orang-orang yang Jarang Terkena Penyakit)

8. Mencegah Kanker

Oatmeal mengandung enterolactone, sebuah lignan dengan sifat fitokimia yang berperilaku seperti antioksidan dan membantu mencegah dan melawan kanker.

Antioksidan menetralisir radikal bebas yang disebabkan oleh lingkungan kita yang merusak sel DNA dan dapat menyebabkan kanker.

“Oatmeal mengandung tingkat antioksidan yang lebih tinggi dibanding kebanyakan biji-bijian lainnya, membuat oatmeal pilihan yang ideal”.

Ada beberapa studi yang menghubungkan serat yang tinggi dalam oatmeal pada usus sehat dan mengurangi risiko kanker usus besar. Satu penelitian mencatat “penurunan risiko kanker usus besar 10 persen untuk setiap 10 gram serat yang dimakan setiap hari”.

9. Menenangkan dan Melepaskan Ketegangan

Salah satu manfaat oatmeal yang tidak terduga adalah kemampuannya dalam melepaskan ketegangan terkait magnesium yang dikandungnya.

Magnesium adalah sebuah mineral penting yang seringkali diabaikan orang-orang.

Pria harus mendapatkan 400-420 mg magnesium per hari; sementara wanita 310-320 mg. Namun, kebanyakan orang hanya mendapatkan asupan rata-rata sekitar 250 mg setiap hari”.

Apakah anda mendapatkan cukup magnesium?

Magnesium membantu:
• Mencegah penyakit kardiovaskular
• Mencegah osteoporosis
• Mengatur tekanan darah tinggi
• Mengobati diabetes

Selain semua kemampuan fantastis diatas, kita juga mengetahui makanan mempengaruhi emosi kita.

Magnesium telah dijuluki “obat menenangkan” karena kemampuannya untuk melepaskan ketegangan, mempromosikan perasaan tenang, mengurangi rasa cemas dan panik.

10. Menghilangkan Kesengsaraan Kulit

Pernah mengetahui manfaat oatmeal berikut ini?

Ada begitu banyak sabun telah memasukkan oatmeal dalam bahan pembuatan mereka. Mengapa hal ini dilakukan?

Itu karena oatmeal telah digunakan untuk menenangkan dan meredakan kulit kering dan gatal dengan menormalkan kadar pH-nya.

Jika anda menderita dari kondisi kulit, mandi oatmeal adalah penyelamat. Oatmeal melembutkan dan melembabkan kulit anda sementara juga melindungi kulit sensitif anda dari polusi dan iritan.

Di atas semua itu, “nutrisi dalam oatmeal layaknya tembaga, seng, selenium, thiamin, dan niacin yang berkontribusi untuk mendukung kesehatan kulit”.

11. Pendorong Energi

Oatmeal merupakan sebuah karbohidrat yang lambat dicerna dan sumber kaya protein energi bagi tubuh anda. Oatmeal ini penuh karbohidrat baik yang membuat tubuh anda berenergi dan waspada.

Gula dalam oatmeal mencerna dan melepaskan lebih lambat dibanding karbohidrat sederhana seperti sereal manis, sehingga tingkat energi anda tetap konsisten.

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi makanan glikemik rendah seperti oatmeal tiga jam sebelum olahraga berlari akan memberikan anda daya tahan lebih lama. (Baca juga artikel tentang manfaat berolahraga)

Oatmeal yang didiamkan semalaman bisa menjadi sarapan bergizi dan jenius untuk pagi hari sibuk anda. Siapkan oatmeal anda dengan cara ini untuk menghilangkan alasan tidak memiliki waktu untuk sarapan yang sehat.

Catatan Untuk Persiapan Oatmeal

Perlu diingat bahwa oatmeal bekerja dalam rasio 1:2, yang berarti jika anda membuat ukuran 1 porsi (1 cangkir), anda hanya perlu 1/2 cangkir oatmeal kering dengan air atau susu 1/2 cangkir.
Anda dapat menggunakan cairan pilihan anda untuk memasak oatmeal: air, susu almond, susu kedelai atau susu sapi, dimana semuanya membuat rasa kombinasi yang menarik.

Ingat untuk tidak berlebihan dengan topping buah dan kacang pada oatmeal anda; Anda perlu untuk memperhatikan gula dan lemak dalam kedua jenis makanan ini untuk menjaga oatmeal anda sehat.
Pertimbangkan untuk menambahkan chia seed untuk meningkatkan oatmeal anda dengan serat ekstra, omega-3, dan dorongan energi.

Jadi oatmeal merupakan makanan yang sangat sehat dengan harga yang terjangkau, sehingga tidak ada alasan anda untuk tidak mengkonsumsinya.

Demikan artikel tentang manfaat oatmeal. Semoga berguna untuk menambah pengetahuan anda.

 

loading...

 

Sorry, comment is closed for a moment