Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


12 Manfaat Buah Apel yang Sangat Menakjubkan

manfaat buah apel

Manfaat Buah Apel – Setiap orang mungkin sudah pernah mendengar pepatah terkenal, “Sebuah apel sehari menjauhkan anda dari dokter.” Bahkan, anda mungkin pernah mendengar hal itu berkali-kali.

Pada awalnya, pepatah tersebut mungkin tampak seperti cara sederhana bagi orang tua untuk membuat anak-anak mereka makan lebih banyak buah dan lebih sedikit permen, tapi sebenarnya ada banyak bukti terkait manfaat buah apel yang mengagumkan untuk kesehatan anda.

Jadi mari kita membahas manfaat buah apel satu per satu di bawah ini.

12 Manfaat Buah Apel yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

1. Buah Apel Kaya Akan Nutrisi

Buah apel datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna, serta dapat disajikan dalam beragam cara yang berbeda. Banyak yang bisa dilakukan oleh buah apel karena mereka bergizi dan memiliki rasa yang lezat.

Buah apel mengandung senyawa yang disebut phytochemical, yang merupakan benteng pelindung yang biasanya dimiliki oleh kebanyakan buah-buahan dan sayuran. Phytochemical merupakan senyawa tanaman yang membantu melindungi terhadap penyakit kronis dengan menghambat proliferasi sel dan mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan.

Phytochemical yang ditemukan paling umum dalam buah-buahan dan sayuran adalah flavonoid. Di Amerika Serikat, 22% dari semua flavonoid yang dikonsumsi berasal dari buah apel, membuat mereka sumber terbesar kedua dalam makanan kita.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 oleh para peneliti dari USDA diselidiki lebih dari 100 makanan untuk mengukur konsentrasi antioksidan dalam setiap penyajian. Apel Red Delicious dan Granny Smith ditempatkan pada nomor 12 dan nomor 13 dalam daftar.

Antioksidan sangat penting bagi tubuh, karena melawan radikal bebas yang terkait dengan berbagai kanker dan penyakit kronis. Bila dibandingkan dengan buah lainnya yang biasa dikonsumsi, buah apel memiliki tingkat aktivitas antioksidan tertinggi kedua.

Buah apel juga merupakan makanan hebat jika anda mencoba untuk mendapatkan lebih banyak serat dalam diet anda. Satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat larut, atau 17% dari asupan harian anda. Serat larut telah dikenal manfaatnya untuk membantu sistem pencernaan dalam usus anda.

Berdasarkan penjelasan tadi, tak heran buah apel dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai macam penyakit kronis.

2. Buah Apel Sangat Baik Untuk Jantung Anda

Salah satu manfaat buah apel yang terbaik adalah dalam menjaga kesehatan jantung anda. Jika anda makan sebuah apel sehari (atau dua), sebuah studi tahun 2011 menunjukkan anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengapa?
Makan buah apel setiap hari ternyata menurunkan kadar kolesterol anda, serta menurunkan dua penanda lain yang terkait dengan pembentukan plak dan peradangan di dinding arteri anda.
Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods dari The Ohio State University membagi 51 peserta menjadi tiga kelompok, satu kelompok makan buah apel sehari selama empat minggu, yang lain mengambil suplemen antioksidan harian, dan terakhir mengambil plasebo.

Mereka menemukan bahwa pemakan buah apel mengalami penurunan kolesterol “jahat” LDL yang paling signifikan, yaitu turun sebesar rata-rata 40%. Bila anda memiliki terlalu banyak kolesterol LDL, anda bisa menderita aterosklerosis – pengerasan arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Jadi jika anda ingin jantung anda tetap berdetak kuat dalam usia tua anda, masukkan buah apel dalam diet harian anda.

3. Buah Apel Menurunkan Risiko Diabetes

Orang dengan diabetes sering mengalami kesulitan ketika harus memilih makanan yang tepat bagi mereka. Karena gula yang ditemukan di dalamnya, penderita diabetes khawatir jika makan terlalu banyak buah.

Meskipun buah apel tidak cocok untuk semua orang yang menderita diabetes, mereka telah terbukti mengurangi risiko diabetes.

Menurut Harvard Gazette, apel dan buah-buahan lainnya dengan konsentrasi antioksidan yang tinggi bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4. Buah Apel Sangat Baik Untuk Gigi Anda

Mungkin banyak yang belum mengetahui manfaat buah apel yang satu ini. Meskipun buah apel bukan pengganti sikat gigi, namun mereka baik untuk senyum anda.

Karena buah apel agak asam, mereka bertindak sebagai astringent untuk gigi anda – terutama serat yang ditemukan dalam kulit apel. Efek astringent membantu membersihkan dan mengencangkan gusi anda, mendetoksifikasi mereka, dan menghilangkan plak dari gigi anda.

Jika anda makan buah apel sebagai camilan di antara waktu makan, hal ini bukan saja akan membantu mulut anda dalam membersihkan gigi setelah makan terakhir, namun anda juga akan merasa sedikit kenyang pada jam makan berikutnya serta mendapatkan asupan lebih sedikit kalori!

5. Buah Apel Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat buah apel berikut ini tak kalah pentingnya. Karena kandungan gizi yang tinggi dari buah apel, mereka telah terkait dengan penurunan risiko berbagai jenis kanker. (Baca juga 9 Faktor yang Terbukti Menjadi Penyebab Kanker)

Penelitian tentang pencegahan kanker pada hewan telah menemukan bahwa buah apel dapat membantu mencegah kanker usus besar dan mengurangi risiko limfoma non-Hodgkin sebesar 40%. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh antioksidan yang disebut procyanidins yang ditemukan di dalam buah apel.

Sebuah studi berjudul “Apakah sebuah apel sehari dapat menjauhkan dari dokter onkologi?”, Menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi 1 atau lebih buah apel per hari berada pada risiko yang lebih rendah terkena kanker, termasuk risiko 20% lebih rendah dari kanker kolorektal dan 18% lebih rendah risiko kanker payudara.

Berkat kandungan flavonoid mereka, American Association for Cancer Research menyimpulkan bahwa konsumsi buah apel, dapat mengurangi risiko perkembangan kanker pankreas hingga 23%.

6. Buah Apel Membantu Mencegah Masalah Penglihatan

Manfaat buah apel termasuk dalam membantu mencegah masalah penglihatan. Karena buah apel mengandung sejumlah besar baik vitamin A maupun vitamin C, mereka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dan bahkan membuat mata anda lebih kuat di malam hari.

Vitamin A memperkuat kornea anda, membantu mengurangi risiko degenerasi makula, dan bahkan digunakan sebagai obat tetes mata untuk membantu melumasi mata kering.

Vitamin C merupakan antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, dimana dalam bukti ilmiah telah ditunjukkan bahwa vitamin C efektif dalam menurunkan risiko terkena katarak, memperlambat degenerasi makula, dan mencegah hilangnya ketajaman visual.

Karena pentingnya vitamin-vitamin ini dalam kesehatan pembuluh darah mata anda, makan buah apel adalah cara yang pasti untuk menjaga penglihatan mata anda tetap tajam.

7. Buah Apel Melindungi Dari Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik adalah nama yang diberikan kepada sekelompok faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah lain seperti stroke atau diabetes.
Ini termasuk:
• Ukuran pinggang besar
• Tingkat trigliserida tinggi
• Tingkat kolesterol HDL “baik” rendah
• Tekanan darah tinggi
• Gula darah puasa tinggi

Untungnya, buah apel dapat menjadi senjata ampuh dalam memerangi sindrom metabolik.

Dr Victor Fulgoni mempresentasikan hasil pada pertemuan Experimental Biology 2008, yang menunjukkan bahwa konsumsi buah apel memiliki efek 27% penurunan kemungkinan didiagnosis sindrom metabolik.

8. Buah Apel Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Inilah salah satu manfaat buah apel lainnya yang luar biasa. Temuan yang diterbitkan dalam Brain, Behavior, and Immunity menunjukkan bahwa serat larut seperti pektin yang ditemukan dalam buah apel, mereka dapat mengurangi peradangan dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh anda.

Percobaan dilakukan pada tikus laboratorium baik menggunakan serat larut maupun tidak larut, dan disuntik dengan suatu substansi yang memaksa tubuh seolah-olah seperti terkena infeksi bakteri. Tikus yang makan serat larut hanya setengahnya yang sakit dibanding kelompok lainnya, dan pulih 50% lebih cepat.

Salah satu peneliti mengatakan, “Dalam hanya enam minggu, hewan-hewan ini memiliki perubahan positif dalam sistem kekebalan tubuh mereka.”

Gregory Freund dari Universitas Illinois ‘College of Medicine mengatakan, “Serat larut mengubah kepribadian sel kekebalan tubuh – dari sel pro-inflamasi menjadi sel-sel penyembuhan anti-inflamasi yang membantu kita lebih cepat sembuh dari infeksi.”

Tidak semua serat diciptakan sama. Tapi serat larut yang ditemukan dalam buah apel mungkin memberi efek positif yang besar bagi kekebalan tubuh anda. (Baca juga 7 Buah-buahan dan Sayuran Peningkat Kekebalan Tubuh Anda)

9. Buah Apel Melindungi Anda Dari Penyakit Neurologis

Para peneliti menemukan bahwa antioksidan dalam buah apel, jeruk, dan pisang membantu mengurangi kerusakan pada sel-sel saraf di otak dan tulang belakang yang disebabkan oleh penyakit.

Dapatkah anda menebak buah mana yang memiliki konsentrasi antioksidan tertinggi? Ya betul, apel! Terutama jika mereka dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya.

Penyakit menambahkan stress pada neuron di otak, dan otak pasien Alzheimer terbukti telah mengalami peningkatan stress dari waktu ke waktu. Inilah yang diyakini bertanggung jawab sebagian untuk degenerasi saraf pada penyakit Alzheimer.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi flavonoid dalam jumlah tinggi, seperti yang ditemukan dalam buah apel, mungkin dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson.

10. Buah Apel Membantu Mengurangi Berat Badan

Karena buah apel tinggi serat dan rendah energi, mereka merupakan makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Satu studi untuk membuktikan manfaat buah apel menunjukkan wanita yang mengonsumsi 1,5 apel besar per hari mampu menurunkan 1.3 kg rata-rata selama periode 12 minggu.

Karena buah apel adalah sumber yang kaya serat pektin, sehingga ketika anda makan buah apel perut anda kosong lebih lambat – dari sekitar 1 jam menjadi 2 jam. Dengan kata lain, anda akan merasa kenyang lebih lama dan tubuh anda akan lebih mampu menyerap nutrisi dari makanan anda.

Jadi, jika anda ingin menurunkan berat badan, ganti camilan yang tidak sehat anda dengan buah apel.

11. Buah Apel Mencegah Masalah Gastrointestinal

Manfaat buah apel lainnya yang populer adalah membantu mengatasi masalah pencernaan. Karena tingginya tingkat serat yang ditemukan dalam buah apel, sekitar 4 g serat larut pada setiap buah apel, anda dapat meyakini bahwa mereka akan membantu anda melawan masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan bahkan dapat membantu menetralkan sindrom iritasi usus besar.

Cara terbaik melawan sindrom iritasi usus, adalah dengan diet menghindari susu dan makanan berlemak, ditambah dengan asupan banyak serat. Jadi, ketika anda memilih makanan ringan anda, pastikan untuk menyertakan buah apel.

12. Buah Apel Memerangi Masalah Pernapasan

Sebuah penelitian tahun 2007 menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari wanita yang rutin mengonsumsi selama kehamilan, jauh lebih kecil kemungkinan terkena asma atau mengi pada usia 5 tahun dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya jarang makan apel saat mereka hamil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah apel adalah satu-satunya makanan yang dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan mengi pada anak-anak. Ibu yang mengonsumsi apel (empat atau lebih seminggu) memiliki penurunan risiko 27% dari mengi dan setengah risiko terkena asma dibanding ibu-ibu yang makan satu atau kurang apel seminggu.

Manfaat buah apel ini sebagian besar dikarenakan oleh antioksidan kuat yang terkandung dalam kulit apel. Antioksidan ini memberikan antihistamin alami dan efek anti-inflamasi yang membantu melawan alergi yang memicu asma itu sendiri.

 

loading...

 

Sorry, comment is closed for a moment