Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


13 Strategi yang Terbukti Meningkatkan Memori

meningkatkan memori

Apakah anda memiliki masalah dalam mengingat sesuatu?

Seperti saat anda memiliki daftar tugas tapi anda selalu terlewat satu atau dua tugas?

Atau anda perlu menelepon balik seseorang, namun hal itu tiba-tiba hilang dari pikiran anda?

Atau pernahkah anda lupa kunci mobil anda dan mengunci pintu?

Atau mungkin terlewat janji penting?

Terkadang bahkan orang dan nama bisa sulit diingat, menempatkan anda dalam posisi canggung dalam sebuah pertemuan sosial.

Masalah memori bisa sangat merepotkan, terutama saat anda melupakan hal yang sangat penting.

Nah, jika anda sering mengalami hal-hal tersebut diatas, anda bukan satu-satunya.

Banyak dari kita memiliki masalah memori, terutama saat kita bertambah tua dan pikiran kita menjadi lemah.

Dan ini bukan hanya tentang pikiran; Seiring bertambahnya usia anda, daftar tanggung jawab dan prioritas anda juga bertambah.

Ketika masih anak-anak, kita memiliki pikiran yang lebih tajam dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, sehingga memberi kita kesempatan untuk mengingat lebih banyak dan tidak mudah melupakan.

Namun, ketika kita bertambah tua, kita menghadapi masalah dengan berbagai pro dan kontra.

Jadi, seberapa baik fungsi otak dan peningkatan kapasitas ingatan kita dapat dikendalikan oleh kita dan kebiasaan yang kita adopsi.

Apa saja kebiasaan yang bisa membantu menjaga memori kita tetap kuat, terlepas dari masalah usia?

Berikut adalah rahasia-rahasianya:

1. Latihan Otak

Ada sejumlah latihan merangsang otak yang membantu mengingat hal-hal dengan lebih baik.

Banyak dari latihan ini dirancang khusus untuk melatih pikiran dan membuatnya lebih tajam.

Latihan ini juga disebut latihan “Neurobic”, sama seperti cardio untuk otak anda.

Beberapa dari latihan ini adalah: teka-teki silang, permainan memori, menghafal lirik lagu, mencoba memecahkan persamaan matematika, permainan kata seperti Scrabble, Sudoku, bermain catur dan sebagainya.

Ada juga sejumlah game memori sebagai aplikasi mobile yang dirancang untuk mempertajam sel otak anda.

Permainan ini sebenarnya cukup efektif, dan yang hebat adalah kebanyakan dari mereka cocok untuk orang-orang dari segala umur!

2. Diet

Apa yang anda makan bisa sangat mempengaruhi fungsi otak anda.

Mari kita lihat daftar makanan yang terbukti hebat meningkatkan kemampuan kognitif dan memori otak:

Alpukat
• Ikan
• Semua jenis buah beri
• Telur
• Coklat hitam
• Kenari
Minyak zaitun
• Sayuran berdaun
• Almond dan buah kering lainnya

Sebagian besar makanan ini mengandung kombinasi vitamin A, E dan K dan beberapa mengandung asam lemak esensial Omega-3 yang keseluruhannya merupakan nutrisi menakjubkan bagi otak.

Mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung semua nutrisi penting adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan otak anda tetap terkendali.

Penting untuk dicatat bahwa pengawet buatan, pemanis, lemak trans, makanan yang digoreng semuanya tidak hanya berbahaya bagi tubuh tapi juga ke otak.

Makanan cepat saji dan junk food sarat dengan zat ini dan juga disuntik dengan nutrisi buatan yang hanya terlihat bagus di atas kertas, namun memiliki efek negatif pada tubuh dalam jangka panjang.

Mereka menghambat pergerakan nutrisi penting ke seluruh tubuh dan ke otak serta memenuhi sistem tubuh dengan produk limbah yang sulit disaring.

Pertumbuhan yang terhambat pada akhirnya menyebabkan sistem saraf menjadi terpengaruh.

Jadi, memperhatikan diet anda wajib hukumnya!

3. Catatan dan Daftar

Membuat catatan jauh lebih bermanfaat dibanding anda mengandalkan kekuatan memori anda.

Bukan hanya catatan saja, reminder atau buku agenda adalah alat yang berguna untuk mengingat barang dan tugas-tugas yang perlu dilakukan.

Bahkan saat ini telepon pintar telah memiliki fasilitas untuk menyimpan pengingat dengan alarm, untuk memastikan anda tidak melewatkan janji dan acara penting.

Cara lain yang umum dilakukan untuk mengingat hal-hal adalah membuat catatan di sekitar tempat yang mengharuskan anda untuk tidak melupakan sesuatu.

‘Post it notes’ bisa digunakan untuk memastikan orang lain mengingatkannya juga untuk anda.

4. Aktivitas Fisik

Berolahraga mungkin adalah salah satu solusi serba lengkap yang memiliki banyak manfaat. (Baca juga 10 Fakta Tentang Manfaat Berolahraga)

Selain menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga menyegarkan pikiran anda dari waktu ke waktu dan membuat otak anda awet muda dan sehat.

Olahraga secara teratur membantu kelancaran aliran darah dan pergerakan sinyal saraf ke seluruh tubuh serta juga memompa hormon penting ke dalam aliran darah, memastikan fungsi otak dan organ tubuh lainnya berfungsi secara normal.

Meski usia bertambah, penting untuk memasukkan beberapa bentuk aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian anda.
Para ahli menyarankan olahraga minimal 30 menit sehari untuk mengurangi masalah memori buruk.

5. Cukup Tidur

Ini adalah untuk alasan yang bagus bahwa banyak dokter dan ahli gizi menekankan tidur nyenyak setiap hari.

Pola tidur yang teratur memiliki banyak manfaat baik secara fisik maupun mental.

Semakin banyak istirahat yang anda dapatkan, semakin banyak tubuh anda diremajakan dan rileks, siap untuk mengambil beban kerja hari berikutnya.

Apa yang terjadi bila anda tidak cukup tidur?

Otak dan tubuh anda lelah, anda merasa gelisah, dan mood anda juga tidak baik, yang akhirnya membuat anda meledak, melupakan tugas penting dan rutinitas anda tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Inilah sebabnya mengapa anda harus memastikan bahwa anda tidak berantakan dengan jadwal tidur anda dan mendapatkan jumlah istirahat yang cukup.

6. Jauhi Rokok dan Alkohol

Ya, alkohol dan rokok serta zat sejenis lainnya bisa menjadi adiktif.

Namun, ada alasan mengapa mereka disebut sebagai “racun”.

Konsumsi alkohol dalam volume yang tinggi telah terbukti menghancurkan kemampuan kognitif anda dan juga memperpendek tingkat usia otak anda.

Usia otak anda tidak harus sinkron dengan usia tubuh anda.

Bahan yang beracun hanya menghambat dan menunda pertumbuhan yang diperlukan, membuat tubuh anda lebih lemah dan lebih rentan terhadap disfungsi kognitif.

(Baca juga 20 Tips Powerful Untuk Berhenti Merokok)

7. Suplemen Memori

Ada beberapa suplemen memori yang tersedia yang tidak berbahaya bagi tubuh dan dapat dikonsumsi dalam dosis yang teratur.

Kapsul omega-3 adalah cara terbaik untuk melengkapi tubuh anda dengan nutrisi otak yang penting, dan bahkan suplemen vitamin A, E dan Besi membantu sirkulasi darah lebih baik dan meningkatkan memori.

Bahkan tablet multi vitamin memiliki beberapa manfaat dan tidak memiliki efek samping.

Orang-orang dari segala umur dapat mengkonsumsi suplemen ini, dan tentu saja, dengan dosis yang benar dan dengan resep dari seorang profesional juga penting.

8. Meditasi dan Yoga

Menjaga ketenangan pikiran bisa membuat hidup anda jauh lebih mudah.

Dengan segala tekanan dan tanggung jawab yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari anda, kemampuan pikiran anda bisa sangat bermasalah.

Di sinilah keajaiban meditasi dan yoga hadir, yang semakin populer seiring berjalannya waktu karena menjadi cara termudah untuk menyimpan pikiran yang tenang.

Meditasi tidak harus dilakukan secara profesional atau dengan prosedur yang rumit.

Nyalakan musik yang menenangkan, duduklah di tempat yang sepi dan tutup mata anda.

Ada sejumlah pola pernapasan yang membantu mengendalikan tekanan darah dan detak jantung anda.

Yoga, di sisi lain, sangat baik untuk meningkatkan fleksibilitas dan stabilitas serta memberi anda kendali lebih besar atas pikiran dan tubuh anda.

Yoga tidak terbatas pada usia atau jenis kelamin.

Faktanya, semakin tua anda, semakin banyak yoga membantu tubuh anda mengatasi efek penuaan dan membuat anda merasa lebih muda lebih lama.

Bahkan meditasi membuat otak anda tetap sehat dan tidak terganggu, memberi anda ketenangan pikiran yang pantas anda dapatkan.

(Baca juga Bagaimana Melakukan Meditasi: 10 Tips Penting)

9. Membaca Lebih Banyak

Membaca adalah kebiasaan yang harus dibudidayakan sejak usia muda.

Membaca benar-benar bekerja sebagai salah satu latihan otak terbaik dan paling efektif. (Baca juga 10 Manfaat Membaca dan Mengapa Anda Harus Melakukannya Setiap Hari)

Ini membantu anda mengingat detail dengan lebih baik, menjaga agar pikiran anda tetap terlibat, menguji imajinasi anda serta juga merangsang otak anda untuk berpikir lebih banyak dan menganalisis dengan lebih baik.

Membaca lebih banyak merupakan alat yang sangat berguna untuk memastikan kemampuan kognitif anda tidak berkurang seiring berjalannya waktu.

Bahkan menulis dan menciptakan materi anda sendiri adalah cara cemerlang untuk melibatkan sel otak anda dalam aktivitas produktif.

10. Mempelajari Bahasa Baru

Ini adalah fakta yang telah terbukti bahwa mengetahui lebih dari satu bahasa, setidaknya pada tingkat menengah, membantu meningkatkan kemampuan logis dan memori otak anda.

Orang yang bisa berbicara dan / atau mengerti lebih dari satu bahasa biasanya lebih cerdas dan lebih analitis karena otak mereka bisa memproses informasi lebih cepat dari biasanya.

Bahkan belajar bahasa baru adalah bentuk latihan otak dan ini juga merupakan keterampilan penting yang sangat berguna untuk banyak situasi.

Jadi, mulailah belajar bahasa yang selalu ingin anda ketahui, dan anda akan merasa lebih tajam dan pintar juga!

11. Merangsang Pikiran

Cara terbaik untuk merangsang pikiran anda adalah dengan melakukan aktivitas yang membuat anda merasa gembira dan bahagia.

Kebahagiaan adalah keadaan pikiran yang memberi sinyal positif pada otak anda dan membantu memilah hal-hal yang lebih baik.

Entah itu bernyanyi, menari, bermain game atau melakukan petualangan, semua ini adalah cara untuk merangsang otak Anda menuju kebahagiaan dan perasaan puas.

Ini adalah fakta bahwa orang yang bahagia jarang melupakan banyak hal karena pikiran mereka tidak stres atau kelelahan.

12. Mendekatkan Diri Dengan Alam

Sebagian besar kita dikelilingi oleh struktur beton dan benda-benda buatan manusia, yang sangat bagus untuk dilihat dan merupakan bukti kemajuan; Pertanyaan sebenarnya di sini adalah, seberapa baik perkembangan otak kita?

Berjalan-jalan di alam, berendam dalam kolam alami, dan yang terpenting, bernapas dengan oksigen segar merupakan cara yang pasti untuk menghidupkan kembali sel otak Anda dan mendetoksifikasi diri anda mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Semakin dekat anda dengan alam, semakin baik fungsi otak anda.

Bagaimanapun, kita adalah makhluk alami, dan penting untuk membiarkan diri kita tetap berhubungan dengan alam.

13. Belajarlah untuk Tidak Stress

Bicaralah dengan terapis atau orang yang dicintai, berliburlah saat anda stress, matikan semua perangkat elektronik anda dan jauhi keramaian untuk sementara waktu; Pada dasarnya, lakukan apapun yang anda bisa untuk membantu anda menghilangkan stress, karena stress adalah musuh terbesar otak. (Baca juga 7 Cara Mengurangi Stress Hari Ini)

Bila otak anda terlalu banyak memproses dengan waktu yang terbatas dan kesadaran yang berkurang, maka pikiran anda akan terganggu.

Dan inilah saat anda mulai melupakan banyak hal.

Memori anda akan langsung terkena dampak positif saat otak memutuskan untuk berhenti karena kelebihan beban.

Dapatkah anda membayangkan apa yang terjadi pada komputer atau mesin bila kapasitasnya berlebih?

Mereka mulai mengalami gangguan dan tidak seproduktif seperti biasanya.

Hal ini sangat mirip dengan apa yang terjadi pada seseorang yang terlalu memaksakan diri mereka dari waktu ke waktu; Mereka menjadi kurang produktif, kapasitas memori mereka berkurang, dan secara keseluruhan, itu hanya menjadi satu tumpukan masalah besar.

Karena itulah, tidak peduli seberapa ketat jadwal anda, anda harus memberi ruang dengan berbagai cara untuk mengatasi stress tersebut.

Kesimpulan

Otak tidak lain hanyalah mesin tubuh; Selama mesin bekerja dengan baik dan dalam keadaan baik, tubuh juga bekerja dengan baik.

Begitu anda merasa bahwa memori anda tidak berfungsi seperti dulu, pikirkan dan ambil tindakan!

Tips yang disebutkan di atas semuanya telah dicoba dan diuji, yang diharapkan akan membantu memulihkan kesehatan otak anda.

Apapun situasinya, selalu ada solusinya.

Bagi seseorang yang lebih tua, masalah memori tidak bisa dihindarkan.

Seiring bertambahnya usia, sel otak diproduksi pada tingkat yang lebih lambat, dan sel yang mati diganti, tapi tidak secepat yang mereka lakukan pada orang yang lebih muda.

Jadi, seiring bertambahnya usia, anda harus merawat kesehatan mental anda dua kali lebih banyak dan tidak membiarkan usia dan waktu mengejar anda.

 

Loading...