Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


13 Tips Manajemen Waktu yang Akan Merubah Hidup Anda

manajemen waktu

Jika anda ingin membuat perubahan nyata dalam hidup anda, anda harus terlebih dahulu memulai dengan belajar bagaimana secara efisien mengelola waktu anda. Siapa pun yang mengetahui bagaimana mengelola waktu, akan juga mengetahui bagaimana mengelola hidup. Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu tercipta manajemen yang tepat untuk hidup anda. Kualitas hidup anda tergantung pada manajemen yang cerdas dari waktu anda dan bukan oleh jumlah energi yang anda konsumsi pada apa yang anda lakukan.

Apakah anda selalu merasa kehabisan waktu dan anda tidak dapat melakukan apa yang dijadwalkan?

Apakah anda selalu merasa bahwa anda tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri?

Apakah anda merasa bahwa anda hidup dan bekerja di lingkungan yang penuh tekanan tanpa hasil positif?

Jika jawaban untuk salah satu pertanyaan di atas adalah YA, maka sudah saatnya untuk mengubah hidup anda dan mulai menghabiskan waktu anda dengan bijaksana dan efisien. Anda harus berjanji pada diri anda sendiri bahwa anda akan menjadi lebih terorganisasi dan fokus pada tujuan anda dan bahwa anda akan menggunakan waktu untuk kebaikan anda sendiri.

1. Menguasai daftar hal-hal yang harus anda lakukan (to-do lists)

To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan anda saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, anda harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikannya. Tugas yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu di mana anda memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.

Anda tidak boleh meremehkan pentingnya perencanaan tugas-tugas anda. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di daftar anda.

2. Buat rencana SMART (Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)

Rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu sehingga anda akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa), sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktu anda bisa sedikit lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya.

3. Belajarlah untuk mengatur prioritas anda

Anda harus belajar bagaimana secara efisien mengatur prioritas-prioritas anda. Tugas yang paling penting harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan mengabaikan tugas-tugas penting anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.

4. Kunci manajemen waktu yang sukses adalah delegasi

Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Jangan mencoba untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka. Ini adalah satu-satunya cara dimana anda dapat memiliki waktu yang diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi anda. Pada saat yang sama, apa yang anda pilih untuk dikerjakan, lakukanlah dengan benar pertama kalinya demi menghemat waktu karena mengerjakan pekerjaan berulang. Pengalaman menunjukkan bahwa waktu yang anda perlukan untuk mengulang pekerjaan anda akan lebih banyak dihabiskan dibanding waktu yang anda perlukan untuk mengerjakan pekerjaan secara benar dari awal. Delegasi adalah seni yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak kegiatan.

5. Jangan takut untuk mengatakan ‘TIDAK’

Anda harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan menolak tugas-tugas yang tidak dapat anda lakukan. Jika anda kehabisan waktu dan merasa stres, maka lebih baik untuk menolak undangan pergi makan siang atau makan malam keluarga. Anda harus menyadari bahwa anda tidak dalam kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejap. Anda harus belajar untuk memilih tugas yang anda benar-benar ingin lakukan atau yang perlu diselesaikan.

6. Membagi tugas yang panjang dalam kegiatan yang lebih kecil

Teknik lain yang akan membantu anda dalam manajemen waktu adalah dengan memecah tugas-tugas panjang yang biasanya anda tidak ingin melakukannya atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Ini akan mengelola baik stres maupun waktu anda. Anda misalnya, dapat meluangkan waktu 10 menit setiap hari untuk bekerja pada tugas yang tidak menyenangkan atau panjang. Dengan menggunakan pendekatan ini, secara bertahap anda akan memiliki beberapa kemajuan, anda akan merasa lebih baik dan pada akhirnya anda akan dapat menyelesaikan aktifitas dengan cepat daripada terus menerus menunda hal tersebut.

7. Perfeksionisme membutuhkan waktu

Anda harus mencoba menghindari kesempurnaan. Berkutat tanpa akhir dalam mencari kesempurnaan untuk hal-hal sepele adalah buang-buang waktu dan tidak akan memberikan anda cukup waktu untuk menangani tugas-tugas yang lebih berguna dan mungkin lebih menyenangkan.

8. Kenali waktu dimana anda lebih produktif

Adalah normal bahwa kinerja Anda tidak sama sepanjang waktu. Ada saat-saat dimana anda lebih produktif sementara di saat lain produktivitas anda menurun karena berbagai alasan. Fase ini dapat terjadi pada hari yang sama. Dengan asumsi bahwa anda bekerja 8 jam sehari, ini memberi anda sekitar 1.800 jam kerja per tahun. Temukan periode waktu dimana anda lebih produktif dan di saat tersebut cobalah untuk menangani tugas yang paling sulit.

9. Cobalah untuk tidak menunda hal-hal untuk nanti

Anda perlu belajar untuk mengatasi setiap tugas dan masalah ketika perlu ditangani. Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu, karena di bawah tekanan waktu anda lebih mungkin untuk melakukan kekeliruan dan mengambil keputusan yang salah.

10. Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian anda

Selama jam kerja, cobalah untuk menemukan saat-saat di mana tidak ada yang bisa mengganggu anda melakukan aktivitas. Jika anda memiliki kebijakan pintu terbuka, anda mungkin harus menutupnya sesekali. Jika seseorang datang ke kantor anda ketika anda memiliki tugas yang harus diselesaikan, tolaklah secara lembut permintaannya dan jadwalkan waktu lain untuk bertemu dengan mereka.

12. Jangan lupa diri anda sendiri

Ketika anda membuat rencana, jangan lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu istirahat untuk anda sendiri. Selama waktu ini, pastikan bahwa anda benar-benar berhenti dari pekerjaan anda, santailah dan isi ulang baterai anda. Jika diperlukan cobalah untuk tidur selama setengah jam dan selama waktu itu lakukan sesuatu yang anda sukai dan membuat anda tenang. Setengah jam memang tidak membuat perbedaan dalam tidur anda, tetapi dapat memberikan kepuasan dan mempersiapkan anda lebih baik di hari berikutnya. Beri penghargaan untuk diri anda sendiri ketika anda berhasil menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan.

12. Menganalisa dimana anda menghabiskan waktu anda

Untuk dapat mengoptimalkan waktu anda lebih baik, anda harus terlebih dahulu memahami di mana anda menghabiskan waktu anda. Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan log (catatan rekaman) untuk merekam aktivitas anda. Anda harus melakukan itu selama 2-3 minggu. Dalam log, anda harus mencatat semua yang anda lakukan per jam ketika anda terjaga, berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk setiap tugas, aktivitas, pertemuan dan berapa banyak waktu yang anda alokasikan untuk istirahat dan tidur. Setelah anda memiliki informasi ini di log, anda dapat mulai menganalisa di mana anda menghabiskan waktu anda dan buatlah perubahan yang diperlukan untuk mengoptimalkan waktu anda. Anda harus fokus pada kegiatan yang paling penting untuk diselesaikan. Hindari kegiatan atau tugas yang tidak memberikan nilai tambah. Sebagai contoh, setelah dilihat pada log anda, anda melakukan pengecekan email sebanyak 10 kali dalam sehari; anda harus meminimalkan menjadi hanya beberapa kali per hari.

13. Selalu rencanakan waktu untuk kegiatan tak terduga

Masukkan dalam rencana anda waktu ekstra untuk tugas-tugas dan kegiatan tak terduga. Revisi rencana anda secara teratur dan alokasikan waktu untuk kegiatan tak terduga. Hal-hal yang beresiko akan memakan waktu anda misalnya masalah dengan PC anda, dan miliki solusi alternatif yang untuk mengatasinya.

Manajemen waktu adalah suatu keterampilan yang memerlukan waktu untuk menguasainya sehingga mulailah bekerja dengannya! Pada akhirnya, manajemen waktu akan memberi anda waktu tambahan yang anda butuhkan untuk dapat menikmati apa yang paling penting bagi anda dan mengubah hidup anda menjadi lebih baik.

 

43 comments

1 TUMAR SUGENG { 04.07.14 at 10:30 pm }

penuh dengan inspirasi…
terima kasih kawan..

2 Alfredo { 04.07.14 at 10:50 pm }

wah, anak kualitas ya gan,, menggunakan metode SMART dan diagram pareto. tambahan gan, kadang kita juga perlu mengetahui apa halangan2 yg timbul dalam memanajemen waktu, bs menggunakan fishbone atau SWOT.
atau menerapkan TQM(Total Quality Management) menjadi TQP(Total Quality Person)

3 anonim { 06.14.14 at 1:34 pm }

hmmm… lumayan untuk mengatur hidup yg sedang berantakan ini.

4 arif { 06.27.14 at 3:13 am }

sangat bermanfaat..dan mudah2an bisa menjadi inspirasi

5 Handi { 07.27.14 at 4:33 pm }

Terima kasih postingan yang sangat bermanfaat, memang waktu menentukan banyak hal. Karena waktu adalah anugerah yang tidak bisa diputar ulang. Salam

6 fadli { 08.11.14 at 11:22 am }

wah ini mirip dengan training ISO 9001:2008 tentang quality management system yang saya ikuti, terimakasih sudah sharing dan mengingatkan :)

7 abi { 09.07.14 at 8:40 pm }

Saya sangat terkesan dg posting yg anda buat…
Semoga bisa merubah hidup saya..
Gooood…. trima kasih kawan…

8 adi { 09.09.14 at 9:41 pm }

postingan yang membuat saya berfikir kalau waktu benar benar perlu di organisasi. terimakasih atas postingannya. good

9 lusi { 09.17.14 at 12:16 pm }

coool , gw mw coba
smg berhasil
thanx y

10 tohir t { 09.25.14 at 9:44 pm }

akan aku coba, semoga ada perubahan dlm hidupku

11 sandra { 10.03.14 at 1:14 pm }

sy tertarik dengan materi2 nya

12 rempil { 10.17.14 at 6:46 am }

Terimaksih gan, sangt bermanfaat, :) semoga bisa dilaksanakn, trutama diri saya sndiri,

13 Nadia { 10.24.14 at 7:09 pm }

Artikel yang menarik dan bermanfaat semoga setelah membaca artikel diatas, kedepannya kita menjadi lebih baik dalam memanajemen waktu.

14 Jamal { 10.31.14 at 7:45 pm }

Mudah2an nasib berobah setelah menelaah manajemen waktu

15 sujadi kusdyantoro { 11.11.14 at 4:21 pm }

Sungguh ilmu yg baik dan hrs diaplikasikan jika mau berubah

16 baju { 12.05.14 at 5:07 pm }

terima kasih atas sarannya, saat ini saya emang merasa tidak maksimal memanajemen waktu.. sangat menginspirasi saya..

Salam sukses
sandyarya.blogdetik.com

17 indra { 01.16.15 at 6:01 am }

tnks,,atas dorongan motipasi nya

18 No name { 02.06.15 at 7:11 pm }

insyaallah bermanfaat untuk uprak saya

19 duduul { 03.16.15 at 11:43 am }

terima kasih atas sarannya, sangat menginspirasi saya, inshaAllah sangat bermanfaat sekali

20 sirajuddin { 03.21.15 at 4:16 pm }

Terimakasih informasinya sangat bermanfaat. teruslah berkarya.

21 fajar yuga { 03.25.15 at 3:47 pm }

Banyak ilmu disini nih, terutama tulisan manajemen waktu ini.. Terimakasih ya untuk artikelnya

22 rahmat { 04.22.15 at 8:52 pm }

Makasih dah dpat menginspirasi sy

23 qolbun hadi { 08.02.15 at 2:37 pm }

makasih banget mas atas artikelnya :)

24 darmarusmanata { 08.03.15 at 9:40 am }

Bagus min postingannya lumayan untuk mengatur waktu hari hari saya

25 nayasuksesmulia { 09.09.15 at 8:23 pm }

Alhamdulillah, ini sngt brmanfaat trmksh artikelnya smg makin sukses;-) aamiin

26 arief setiawan { 11.27.15 at 9:21 pm }

Alkhmdulillah…

Thanks yaach gan..bnr” manfaat… watt hidup aq yg lg berantakan gini…

27 Amar lekir { 01.11.16 at 9:27 am }

Bagus sgt dan sgt2 brfaedah pda siapa yg xpndai mguruskan waktu atau masa..
Tankiu so much frend..

28 Rusman { 01.15.16 at 3:32 am }

Alhamdulillah.. terimakasih pencerahannya. Memenej waktu memang sulit dan perlu prjuangan. Sya kdang sering dbuat stres karena merasa kehabisan waktu dalam satu hari, sehingga tidak sempat mngerjakan hal yg telah dijadwalkan. Semoga bisa berubah lebih baik.

29 agung aji { 01.20.16 at 9:25 pm }

terima kasih bermanfaat sekali, saya persiapkan malam ini buat besok langsung memanajemen waktu dengan baik ..
semoga bisa merubah hidup saya :)
thank’s

30 Taufiq { 02.04.16 at 12:43 pm }

Thanks gan buat artikelnya… benar – benar mencerahkan…

31 Faqih { 02.23.16 at 4:19 pm }

terimakasih atas dorongan motivasinya, semoga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari :) …

32 andi muhammad syawal { 03.02.16 at 8:38 pm }

bagus ….. bisa dicontoh :D dan sangat membantu

33 Aepulrohmansepsa { 03.22.16 at 12:48 pm }

Terimakasih tivs nya bagus sekali
Mudah – mudahan hal ini bisa di amalkan oleh banyak orang dan Barmanfaat ,,,

34 Volter W { 04.02.16 at 4:06 am }

ty atas info nya.. sangat membantu

35 Usamah { 04.29.16 at 12:54 am }

Saran yg baik gan tidak salah y saya coba trmks

36 rin { 05.20.16 at 12:49 am }

tips dan sarannya bagus sekali. terimakasih sudah berbagi. ditunggu posting berikutnya

37 Ahmed { 07.12.16 at 3:08 am }

Semoga Allah membalas anda, dengan yang lebih baik.

Semoga Allah menjawab doa dan keinginan anda, karena ya… jujur saja saya lebih banyak ‘dibantu’ daripada dg kekuatan ‘pengetahuan & fisik &ll’ yang dimiliki.

38 Rinaldi Apriyatna { 07.27.16 at 2:14 pm }

semoga apa yg di katakan benar bisa merubah kehidupan saya menjadi lebih baik dan inshaallah saya akan melakukan nya sesuai dengan tips yang sudah ada di atas . terimakasih gan atas tips nya berguna sekali (y)

39 isy karima { 08.03.16 at 6:20 pm }

wah.. gan mirip ame nasehat ustad ane ye….

dengan mengatur waktu akan tampak barokah hidup ini :)

40 Sari { 09.17.16 at 5:40 am }

Thank you atas saranya.pasti akan berguna

41 Andy { 09.18.16 at 2:01 pm }

Alhamdulilah hirabbil alamin
Semoga apa yang disampaikan menjadi motifasi bagi saya. Sya akan menjalankanya dengan baik, apa yang telah tertera diatas.?

Terimakasi wassalamualaikum?

42 Fauzi { 04.29.17 at 9:26 am }

terimakasih postingannya . sangat membantu

43 Tari { 07.19.17 at 10:17 pm }

Makasih tips nya sangat membantu. Saat ini sy sedang pusing memikirkan bagaimana caranya membagi waktu antara kuliah,2 organisasi kampus,organisasi non kampus,mengikuti lomba,belajar bhs inggris serta keluarga 😣

Leave a Comment

Loading...