Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


14 Teknik Komunikasi Yang Paling Efektif

komunikasi

Menurut berbagai survei, sekitar 85% persen dari kesuksesan dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan membina hubungan.

Hal itu menandakan bahwa tidak peduli seberapa ambisius seseorang atau berapa banyak mereka mengatasi ketakutan mereka atau seberapa tinggi tingkat pendidikan, mereka masih memiliki kemungkinan yang rendah untuk melangkah lebih jauh dalam hidup mereka tanpa kemampuan komunikasi yang efektif yang diperlukan dalam berhubungan dengan orang-orang.

Dan ketika saya mengatakan berhubungan dengan orang-orang, hal ini tentu saja bukan orang-orang yang secara natural memiliki kemiripan karakter dengan anda, karena berhubungan dengan orang-orang tersebut tidak membutuhkan banyak usaha atau kemampuan dalam berkomunikasi.

Saya mengacu pada orang-orang yang anda sukai namun anda seringkali menemukan kesulitan untuk membina hubungan dengan mereka karena anda tidak yakin apa yang akan anda katakan atau lakukan.

Dibutuhkan keterampilan untuk memperluas hubungan dari lingkaran kecil orang-orang dimana anda berada saat ini menuju lingkaran besar orang-orang yang akan anda temui. Keterampilan semacam ini yang menjamin akan melontarkan keberhasilan Anda dalam kehidupan.

Mengembangkan kemampuan komunikasi Anda

Bila anda mencoba untuk terhubung dengan lingkaran orang-orang yang lebih besar, anda perlu menanyakan 5 pertanyaan ini pada diri anda sendiri :
- Apakah anda menemukan kesamaan antara anda berdua?
- Apakah anda membuat mereka merasa nyaman?
- Apakah anda membuat mereka merasa dimengerti?
- Apakah hubungan anda dengan jelas didefinisikan?
- Apakah mereka merasakan emosi yang positif akibat berinteraksi dengan Anda?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, anda harus mempertimbangkan penjelasan dibawah ini ……

14 Kemampuan Komunikasi Yang Efektif

1. Berikan kesan bahwa anda antusias berbicara dengan mereka – Beri mereka kesan bahwa anda lebih suka berbicara dengan mereka daripada orang lain di muka bumi ini. Ketika anda memberi mereka kesan bahwa anda sangat antusias berbicara dengan mereka dan bahwa anda peduli kepada mereka, anda membuat perasaan mereka lebih positif dan percaya diri. Mereka akan lebih terbuka kepada anda dan sangat mungkin memiliki percakapan yang mendalam dengan anda.

2. Ajukan pertanyaan tentang minat mereka – Ajukan pertanyaan terbuka yang akan membuat mereka berbicara tentang minat dan kehidupan mereka. Galilah sedetail mungkin sehingga akan membantu mereka memperoleh perspektif baru tentang diri mereka sendiri dan tujuan hidup mereka.

3. Beradaptasi dengan bahasa tubuh dan perasaan mereka – Rasakan bagaimana perasaan mereka pada saat ini dengan mengamati bahasa tubuh dan nada suara. Dari sudut pandang ini, anda dapat menyesuaikan kata-kata, bahasa tubuh, dan nada suara anda sehingga mereka akan merespon lebih positif.

4. Tunjukkan rasa persetujuan: Katakan kepada mereka apa yang anda kagumi tentang mereka dan mengapa – Salah satu cara terbaik untuk segera berhubungan dengan orang adalah dengan menjadi jujur dan memberitahu mereka mengapa anda menyukai atau mengagumi mereka. Jika menyatakan secara langsung dirasakan kurang tepat, cobalah dengan pernyataan tidak langsung. Kedua pendekatan tersebut bisa sama-sama efektif.

5. Dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan – Jangan terlalu berfokus pada apa yang akan Anda katakan selanjutnya selagi mereka berbicara. Sebaliknya, dengarkan setiap kata yang mereka katakan dan responlah serelevan mungkin. Hal ini menunjukkan bahwa anda benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan dan anda sepenuhnya terlibat di dalam suasana bersama dengan mereka. Juga pastikan untuk bertanya setiap kali ada sesuatu yang tidak mengerti pada hal-hal yang mereka katakan. Anda tentu saja ingin menghindari semua penyimpangan yang mungkin terjadi dalam komunikasi jika anda ingin mengembangkan hubungan yang sepenuhnya dengan orang tersebut.

6. Beri mereka kontak mata yang lama – kontak mata yang kuat mengkomunikasikan kepada orang lain bahwa anda tidak hanya terpikat oleh mereka dan apa yang mereka katakan tetapi juga menunjukkan bahwa anda dapat dipercaya. Ketika dilakukan dengan tidak berlebihan, mereka juga akan menganggap anda yakin pada diri anda sendiri karena kesediaan anda untuk bertemu mereka secara langsung. Akibatnya, orang secara alami akan lebih memperhatikan anda dan apa yang anda katakan.

7. Ungkapkan diri anda sebanyak mungkin – Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan seseorang adalah dengan mengungkapkan diri seterbuka mungkin. Bercerita tentang kejadian yang menarik dari hidup anda atau hanya menggambarkan contoh lucu dari kehidupan normal sehari-hari. Ketika anda bercerita tentang diri anda, pastikan untuk tidak menyebutkan hal-hal yang menyimpang terlalu jauh dari minat mereka atau bahkan berlebihan. Anda dapat membiarkan mereka mengetahui lebih jauh tentang diri anda seiring berjalannya waktu.

8. Berikan kesan bahwa anda berdua berada di tim yang sama – Gunakan kata-kata seperti “kami, kita ” untuk segera membangun sebuah ikatan. Bila anda menggunakan kata-kata tersebut, anda membuatnya tampak seperti anda dan mereka berada di tim yang sama, sementara orang lain berada di tim yang berbeda.

9. Berikan mereka senyuman terbaik anda – Ketika anda tersenyum pada orang, anda menyampaikan pesan bahwa anda menyukai mereka dan kehadiran mereka membawa anda kebahagiaan. Tersenyum pada mereka akan menyebabkan mereka sadar ingin tersenyum kembali pada anda yang secara langsung akan membangun hubungan antara anda berdua.

10. Menawarkan saran yang bermanfaat – Kenalkan tempat makan yang pernah anda kunjungi, film yang anda tonton, orang-orang baik yang mereka ingin temui, buku yang anda baca, peluang karir atau apa pun yang terpikirkan oleh anda. Jelaskan apa yang menarik dari orang-orang, tempat atau hal-hal tersebut. Jika anda memberi ide yang cukup menarik perhatian mereka, mereka akan mencari anda ketika mereka memerlukan seseorang untuk membantu membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

11. Beri mereka motivasi – Jika orang yang anda hadapi lebih muda atau dalam posisi yang lebih sulit dari anda, mereka mungkin ingin mendengar beberapa kata motivasi dari anda karena anda lebih berpengalaman atau anda tampaknya menjalani kehidupan dengan baik . Jika anda ingin memiliki hubungan yang sehat dengan orang tersebut, anda tentu saja tidak ingin tampak seperti anda memiliki semuanya sementara mereka tidak. Yakinkan mereka bahwa mereka dapat melampaui masalah dan keterbatasan mereka, sehingga mereka akan berharap menjadikan anda sebagai teman yang enak untuk diajak bicara.

12. Tampil dengan tingkat energi yang sedikit lebih tinggi dibanding orang lain – Umumnya, orang ingin berada di sekitar orang-orang yang akan mengangkat mereka, bukannya membawa mereka ke bawah. Jika anda secara konsisten memiliki tingkat energi yang lebih rendah daripada orang lain, mereka secara alami akan menjauh dari Anda menuju seseorang yang lebih energik. Untuk mencegah hal ini terjadi, secara konsisten tunjukkan dengan suara dan bahasa tubuh anda bahwa anda memiliki tingkat energi yang sedikit lebih tinggi sehingga mereka akan merasa lebih bersemangat dan positif berada di sekitar Anda. Namun jangan juga anda terlalu berlebihan berenergik sehingga menyebabkan orang-orang tampak seperti tidak berdaya. Energi dan gairah yang tepat akan membangun antusiasme mereka.

13. Sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan telinga mereka – nama seseorang adalah salah satu kata yang memiliki emosional yang sangat kuat bagi mereka. Tapi hal itu belum tentu seberapa sering anda katakan nama seseorang, namun lebih pada bagaimana anda mengatakannya. Hal ini dapat terbantu dengan cara anda berlatih mengatakan nama seseorang untuk satu atau dua menit sampai anda merasakan adanya emosional yang kuat. Ketika anda menyebutkan nama mereka lebih menyentuh dibanding orang lain yang mereka kenal, mereka akan menemukan bahwa anda lah yang paling berkesan.

14. Tawarkan untuk menjalani hubungan selangkah lebih maju – Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memajukan persahabatan anda dengan seseorang: tawaran untuk makan dengan mereka, berbicara sambil minum kopi, melihat pertandingan olahraga, dll. Meskipun jika orang tersebut tidak menerima tawaran anda, mereka akan tetap tersanjung bahwa anda ingin mereka menjalani persahabatan ke tingkat yang lebih dalam. Di satu sisi, mereka akan memandang anda karena anda memiliki keberanian untuk membangun persahabatan bukan mengharapkan persahabatan yang instan.

Menjadi Seorang Komunikator yang Terampil

Jika anda dapat mengembangkan beberapa saja dari teknik ini, anda secara dramatis akan meningkatkan kemampuan anda untuk berhubungan dengan orang dari semua lapisan dalam hidup anda. Luangkan waktu untuk mengamati orang yang paling sosial dalam kehidupan anda dan anda akan melihat banyak dari metode-metode diatas yang diaplikasikan. Mereka tidak melakukan dengan cara yang kaku, mereka melakukannya secara alami dan dengan cara yang cocok dengan situasi saat itu.

Untuk hasil terbaik, santai saja dan biarkan teknik ini mengalir dari dalam diri anda secara alami. Pilih teknik-teknik yang paling cocok dengan kepribadian anda dan apa tujuan anda ketika berinteraksi dengan orang. Belajarlah untuk bisa merasakan teknik mana yang cocok ataupun tidak cocok dengan berbagai macam karakter orang dan situasi sesuai dengan kepridadian anda.

Ketika anda berhasil mengembangkan kemampuan anda berkomunikasi dengan orang-orang, maka akan membawa anda pada banyak sekali peluang baru yang tidak tersedia untuk anda sebelumnya. Itulah kekuatan dari keterampilan komunikasi yang efektif.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

82 comments

1 rumah yatim { 07.17.12 at 11:44 am }

Nice share .. ^_^
please visit me..
rumah-yatim-indonesia.blogspot.com

2 Adang Iskandar { 08.30.12 at 4:09 pm }

Sungguh sangat luar biasa banget, Saran tentang kemampuan berkomunikasinya, Sangat saya terima makasih atas infonya.

3 samda { 10.02.12 at 12:14 am }

oyeee…

4 Mardiansyah { 10.20.12 at 3:54 pm }

Keren Bangettt pembahasannya, memang teknik komunikasi itu sangat paling efektif.

5 cher { 11.13.12 at 1:17 pm }

Bagus baget artikel nya, sukses sllu…

6 kifli09 { 11.25.12 at 11:07 am }

sangat bagus artikelnya,sangat membantu, tanks

7 Cheungkye { 12.01.12 at 12:19 am }

blog dan ilmu yg luar biasa…..mohon izin share.

8 octavianus { 12.25.12 at 10:44 pm }

Luarbiasa…… Kualitas komunikasi juga penentu untuk sukses.thks ilmunya

9 tri retno { 12.30.12 at 3:58 pm }

excellence

10 sukaji { 02.03.13 at 11:18 am }

Good

11 kusmana { 03.12.13 at 10:14 am }

ilmu yang sangat bermanfaat. .
terima kasih info nya. .

12 smk anma { 03.23.13 at 4:37 am }

sharing yang bermanfaat sobat. amien

13 muhammad abbas { 04.17.13 at 1:40 pm }

waw bagus sekali please hal positif untuk hidupq agar bisa pd n bisa mencapai cita2q yg sngt aq impikan trims ya

14 sulton { 04.29.13 at 12:16 am }

Bgus se,x pembahasan ny, konkrit thx

15 Ali afikih { 05.01.13 at 2:29 pm }

Luar biasa…………… Luar biasa…………… Luar biasa……………

16 Leadershipstreet Indonesia { 05.06.13 at 4:26 am }

Tulisan bagus. Maju Terus

Leadershipstreet Indonesia

17 elcons Berita Populer { 05.06.13 at 4:26 am }

Mantap tulisannya

18 TAHYA { 05.08.13 at 10:49 pm }

thanks….sob ini sangat bagus dan pasti bermanfaat

19 Boby Rian { 05.16.13 at 9:31 pm }

Komunikas menggambarkan bagaimana anda dapat berbicara dengan orang lain… thank’s

20 sulaeman { 05.16.13 at 10:11 pm }

Terima kasih saya baca dan saya bisa bercermin dari waktu ..dan saya bisa yakin bisa..tank ya

21 saquel { 06.02.13 at 9:54 am }

keren…bermanfaat untuk pengembangan diri

22 Erwin Syahputra { 06.27.13 at 1:45 pm }

thanks a lot Ketua

23 difa { 07.02.13 at 12:26 am }

kerreeennn

24 daud { 07.16.13 at 5:17 pm }

bos mksh tekniknya..sy jd PD lg nich,,

25 Sari { 07.17.13 at 8:29 am }

Keren,,,artikel-nya berguna sekali..thnks

26 linda { 07.29.13 at 8:16 am }

terima kasih. artikelnya bagus sekali. very useful.

27 Ricki { 08.03.13 at 3:01 am }

Menarik utk diterapkan..
Nice pos gan..!!

28 Riyadi { 08.03.13 at 12:00 pm }

Thanks

29 hepi { 08.04.13 at 12:32 pm }

ijin capolooos

30 markus { 08.05.13 at 11:59 pm }

Thanks atas motivasinya

31 galkos { 08.08.13 at 11:16 am }

sangat baik untuk di pelajari,,,,

32 agung { 08.26.13 at 8:42 pm }

good job

33 Nanda { 08.30.13 at 6:55 pm }

keren banget pembahasannya!!!!!

34 sonny { 08.30.13 at 8:35 pm }

Perfect artikel,
wish me to do this,thks omm

35 mahruz { 09.04.13 at 8:06 am }

keren banget ntuk dplajari . . . . .

36 sarotin { 09.04.13 at 10:23 am }

mantap…luar biasa, share nya menambah pengetahun. tks

37 yanasuryana { 09.05.13 at 9:27 am }

Saya kurang mengerti ….

38 ilmiyah { 09.06.13 at 6:13 pm }

trimakasih baxak yaa .. Artikel ini sgt bermanffaat skali .

39 tina { 09.14.13 at 10:20 am }

bagus banget…..semangat terus ya…, tq

40 Rahmawati A. Rakib { 09.16.13 at 6:46 pm }

waaaahhh,,, kereeenn bageett tulisannya! sangat bermanfaat
mudah di pahami dan memotivasi…terimakasih ya..^^

41 martin { 09.18.13 at 6:35 pm }

Bagus teknik berbicarnya.

42 arsiefa { 09.21.13 at 3:00 am }

Terimakasih atas sharingnya.

43 Ady evanz { 09.25.13 at 7:31 am }

Layak di coba

44 sultan al fatih { 09.25.13 at 10:04 am }

saya mengucapkan banyak2 terimah kasih atas infonya. karna in sangat bermanfaat untuk saya pribadi.

smga kta semua dapat berkomunikasi dng baik. agar kta semua kedepanya menjdi orang2 yang sukdes dri semua lapisan aaspek yang bernuansa positif

45 adi { 09.26.13 at 10:56 am }

Bagus yaa

46 heri susantho { 09.26.13 at 3:29 pm }

thanks ya…tambah ilmu

47 Shobiroh ibnu tambar { 09.26.13 at 10:49 pm }

Emang bener,,segala ssuatu harus dgn ilmu kita ingin sukses dunia akhirat maka harus dg ilmu.demikian juga dg komunikasi hrs punya ilmu.
Artikel inilah salahsatu contoh ilmu untuk dpt berkomunikasi dg baik dan benar..
(hatur nuhuun)

48 fitria { 10.01.13 at 3:41 pm }

Mkasih, sangat membantu dalam tahap pembelajaran.

49 sidin { 10.11.13 at 8:48 pm }

Baguus banget artikel semoga. Dengan membaca artikel di atas qt dapat mengambil hikmah dari semuax

50 feryira1 { 10.18.13 at 9:15 pm }

nice share…

51 titi { 10.21.13 at 12:40 pm }

Menarik dan bagus banget , mohon ijin untuk copy, pas banget lagi butuh untuk nambah referensi

52 herry { 10.23.13 at 8:17 pm }

sangat membantu untuk kesasaran saya. thankz

53 Adi { 10.30.13 at 8:34 am }

Ilmu yang bermamfaat…good

54 Jin { 11.03.13 at 3:20 am }

pelan2 diplajari mohon suport ny

55 Wahyu Puji Nugroho { 11.08.13 at 11:32 pm }

Ada berbagai macam teknik dalam berkomunikasi, tetapi hal yang terpenting dan perlu diperhatikan dalam berkomunikasi adalah isi dari komunikasi yang disampaikan (bobotnya).

Sebaik apapun sebuah komunikasi yang disuarakan oleh seseorang, namun jika tidak memiliki isi yang berbobot, maka komunikasi tersebut sama halnya dengan sebuah ungkapan yang
sering beredar dimasyarakat yakni “Tong kosong nyaring bunyinya” alias hanya omong kosong.

Sudah terlalu banyak manusia-manusia bermulut busuk yang memiliki lidah seperti seekor anjing jalanan yang hanya pandai beretorika bahkan dengan lantang berani untuk memberikan janji-janji manis tanpa ada realisasi. Banyak ngomong tapi tidak pernah ada buktinya.

Jika memang memiliki nyali, sebaiknya dibuktikan terlebih dahulu, baru setelah itu berdebatlah sekeras-kerasnya, maka yang menjadi landasan atau dasar untuk berdebat sangat jelas lantaran seluruh fakta atau bukti yang diperdebatkan dapat diperlihatkan dan ditunjukan dengan jelas.

Tidaklah mengherankan bila sebuah organisasi yang seluruh penghuninya lihai dalam berkomunikasi bahkan dengan gagah berani meneriakan kebersamaan dan perubahan, namun ketika dihantam oleh sebuah permasalahan seperti macan ompong yang tidak memiliki taring, meskipun upaya penyelesaiannya telah menggunakan komunikasi berbasis brainstorming sekalipun, justru permasalahan yang dihadapi semakin membengkak seakan menjadi boomerang yang dapat mengundang bencana besar.

Hal ini lebih disebabkan karena komunikasi yang dilontarkan hanya sebatas retorika belaka agar lebih terlihat seperti kaum intelektual walaupun isi atau bobotnya hanya sebuah bisikan-bisikan setan yang menyesatkan. Yang penting bisa ngomong dari pada hanya diam lalu dianggap bego. Akibatnya bukan menyelesaikan masalah tetapi hanya menambah masalah.

56 Riza Herlambang { 11.23.13 at 2:16 pm }

Tulisannya bagus…memang komunikasi sangat diperlukan untuk sukses, termasuk membangun usaha kecil.

57 heri { 11.26.13 at 10:44 pm }

keren banget artikelnya, ini suatu pembelajaran bagi rekan-rekan kita yang kalu bicara tidak nyambung. ( terjawab semua di artikel ini ) dengan share artikel ini akan menolong banyak orang untuk sukses. thank bro

58 Indra Hermanto { 11.30.13 at 6:09 am }

komunikasi adalah salah satu kunci hidup yang harus kita miliki.

59 robi tanjung { 12.09.13 at 11:34 pm }

artikel’x sangat-sangat bagus sekali lumayan buat nambah berkomikasi’x lebih baik lagi

60 Hendra ichie { 12.12.13 at 8:23 am }

Sedih banget nga sih gue Ngerti sih bahas indonesia tapi kalau ada orang yang nanya2 gitu suka bingung jawabnya harus apaaan

61 agung masjidi { 12.13.13 at 6:41 pm }

wah makasih ini artikelnya bermanfaat sekali buat saya untuk berkomunikasi dengan baik dan benar

62 Herman Rizani { 12.24.13 at 7:12 pm }

Artikel yang sangat bermanfaat

63 Bakul Media { 12.24.13 at 7:13 pm }

Perlu pengetahuan yang bagus agar komunikasi kita dapat berjalan lancar

64 rafa ae { 12.27.13 at 1:15 am }

sip, mantap,,, sangt efektif buat pemula sepert saya

65 hadat { 01.01.14 at 3:50 pm }

ane naksir abis topik yg ini. wlw ada 14 point, tpi bsa di ulas sngat mnrik. pkkknye jempol…

66 Eka Hohidiai { 01.14.14 at 6:44 pm }

Teknik komunikas i sangat luar biasa….

67 Pian { 02.04.14 at 5:41 pm }

thanks artikelnya sangat membantu

68 ismailwahab { 02.28.14 at 3:22 pm }

cucok banget nih buat org yang mau sukses…..!!!termasuk gue….:)

69 syaefurrochman { 03.03.14 at 11:47 am }

terimakasih juragan copian artikelnya smoga dihalalkan dan bermanfaat…

70 soewarto { 03.12.14 at 2:53 pm }

tambah satu lagi supaya tambah mantap komunikasinya, yaitu no 15. lakukan dengan tulus dan gak dibuat2 …

71 arri go sukses { 03.29.14 at 7:37 am }

artikelnya bagus sekali…
saya jadi semangat tuk menuju kesuksesan….

72 Tumpak Sitanggang { 04.30.14 at 8:28 am }

Trm ksh-semua komen teman2 sangat baik itulah sukses -mendorong orang lain lebih beruntung.

73 Mahrizal { 04.30.14 at 11:46 am }

Terima kasih pak artikelnya bagus….

74 fheny { 05.04.14 at 6:57 am }

semua tips itu sudah di lakukan tapi tetap tidak berhasil

75 Rizka Juanda { 05.23.14 at 3:05 am }

keren banged boss ini …
empat jempol lah buat Anda

76 Klowor { 06.17.14 at 12:32 am }

artikel yang menarik dan isinya tidak membosankan alias freshh… thanks.. terus berkarya..

77 ibnu ngaziz { 07.08.14 at 3:36 pm }

it’s oke sih. . .

tp klo d’tambah contohnya jd lebih oke tuh.
.
thanks

78 Michael { 07.14.14 at 4:27 pm }

wow… artikel yang bagus. Semua hal di atas harus d coba dilatih sedikit demi sedikit.

Saya juga punya artikel yang bagus untuk melengkapi artikel pada halaman ini.

Semoga berkenan mengunjungi halamannya di

http://justmyhobby.wordpress.com/2014/07/08/9-tips-cara-komunikasi-yang-baik-dan-efektif-dalam-percakapan/

79 Agus { 07.14.14 at 11:59 pm }

Terima kasih atas materi yang anda bagikan kepada kami

80 Jumala Multazam { 07.23.14 at 7:06 am }

Sangat Kerren Bro, sangat bermanfaat.
Sedikit masukan untuk no 7. Ungkapkan diri anda sebanyak mungkin . Ini bagus untuk meyakinkan eksistensi kamu terhadap partner bicara, khususnya pada saat partner bicara sudah trust sama kamu. Namun kalau belum trust, kamu ngengungkap banyak tentang dirimu bisa menyebabkan kebosanan. Sebaliknya, labih baik memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya partner bicara bercerita tentang dirinya dan jadilah pendengar yang baik yang antusias. Ini membuat partner bicara kamu merasa dihargai.

OK Bro, semoga menambahkelengkapan tulisan yang sangat kerren ini, top markotop jos markojos.

Salam Sukses Mulia Berkah Bahagia
Jumala Multazam
http://jumalamultazam.com/motivational-public-speaking-semarang-2014/

81 deo { 08.20.14 at 3:57 pm }

Tapi saya takut, zaman sekarang orang udh ada mengenal istilah SKSD (sok kenal dan sok dekat)
Gimana cara mengatasinya ?

82 sandi syahputra { 08.29.14 at 8:25 am }

Thk’$ friend wejanganya saya sangat terbantu sekali dengan adanya reverensi ini

Leave a Comment