Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


14 Tips Untuk Awet Muda

awet muda

Anda tidak bisa melakukan apapun untuk mengurangi pertambahan usia anda. Namun, para dokter dan ilmuwan terus-menerus menemukan tindakan-tindakan yang bisa anda lakukan untuk membalikkan waktu dengan memfokuskan diri pada usia biologis dan psikologis anda. Usia psikologis anda adalah pengalaman subjektif mengenai seberapa tuakah anda menurut diri anda sendiri. Sementara usia biologis anda dapat ditentukan dengan mengukur beberapa faktor sebagai berikut :
• Tekanan darah
• Jumlah lemak dalam tubuh anda
• Batas indra pendengaran dan penglihatan anda
• Hormon
• Kepadatan tulang
• Ketebalan kulit
• Tingkat kolesterol
• Kemampuan gerak

Lakukan 14 tips dibawah ini dan mulailah memutarbalikkan waktu.

1. Lenyapkan mitos menjadi tua berarti anda menjadi tak berguna

Ilmuwan berpendapat bahwa semakin anda mempercayai persepsi bahwa dengan semakin bertambahnya usia anda maka ketajaman anda semakin berkurang, maka hal itu akan benar-benar terjadi pada anda. Psikolog Becca Levy, Ph.D. dari Universitas Yale menyelidiki pengaruh psikologis pada pertambahan usia, khususnya pada bagaimana persepsi seseorang mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya.

Meskipun melalui penelitiannya ia menemukan bahwa orang berusia lanjut yang memiliki pendapat negatif mengenai penuaan memiliki hasil tes yang lebih buruk dibandingkan dengan orang berusia lanjut yang memiliki pendapat positif seiring dengan bertambahnya usia. Sebagai contoh mereka berpendapat bahwa dengan bertambahnya usia maka mereka pun bertambah bijak. Levy juga menunjukkan bahwa dalam kebudayaan yang memiliki pandangan yang lebih positif terhadap penuaan dibandingkan dengan kebudayaan di Amerika Serikat atau di negara-negara barat lainnya, orang berusia lanjut mendapat nilai yang lebih baik dalam tes memori.

Sebagai tambahan, penelitiannya menunjukkan bahwa orang berusia lanjut dengan persepsi positif terhadap penuaan hidup 7,5 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang memiliki persepsi negatif. Bahkan gangguan pendengaran juga dapat diprediksi berdasarkan persepsi orang tersebut.

2. Bersihkan gigi anda secara rutin

Penelitian menunjukkan hubungan antara penyakit periodontitis dan cardiovascular. Pertimbangkan hal ini: sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria di bawah usia 50 tahun yang memiliki penyakit periodontal memiliki peluang 2,6 kali lebih besar untuk meninggal di usia muda dan peluang 3 kali lebih besar untuk meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan pria dengan gigi sehat dan suka mengunyah permen karet. Penyebab utama periodontitis adalah kebersihan gigi yang buruk, dan dengan menyikat gigi setiap hari, menggunakan benang gigi, serta memeriksakan gigi anda ke dokter gigi secara rutin dapat mengurangi kemungkinan anda terkena penyakit ini.

Sebagai tambahan, membersihkan gigi dengan benang gigi dan penyumbatan pembuluh darah memiliki hubungan. Penelitian menunjukkan bahwa bacteria yang ditemukan pada plak gigi merupakan bakteri yang sama dengan yang ditemukan di timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah. Peneliti berspekulasi bahwa bakteri yang berasal dari mulut dapat memasuki pembuluh darah dan menyebabkan iritas dan penyumbatan pembuluh darah. (Sumber: www.realage.com).

3. Pertahankan sikap positif

Sejak tahun 1986, peneliti yang berasal dari Universitas Kentucky bernama David Snowdon meneliti 678 biarawati untuk menemukan rahasia otak, khusunya apa yang terjadi pada otak seiring dengan bertambahnya usia. Hasil penelitiannya yang dikenal dengan Penelitian Biarawati, berhasil menemukan cara-cara untuk hidup dengan kehidupan mental yang aktif seiring dengan pertambahan usia. Salah satu penemuannya adalah kondisi emosi positif pada usia dini akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia. Faktanya, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan hubungan antara sikap seseorang dengan kesehatan fisik dan mentalnya.

4. Berolahraga

James M. Rippe, M.D merupakan seorang penulis ternama, cardiolog terkemuka, dan pendiri Rippe Lifestyle Institute. Ia menjelaskan bahwa jika anda melihat seluruh hal-hal berisiko tinggi yang menyebabkan kematian, satu hal yang paling mudah diprediksi adalah kesehatan anda. Sebagai tambahan, seorang berusia lanjut yang memiliki kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibandingkan dengan seseorang yang berusia muda namun tidak aktif secara fisik. Dengan meningkatkan aktivitas fisik anda, anda bisa memutar kembali jam biologis anda.

5. Me-manage stress

Penelitian menunjukkan bahwa antara 60 hingga 90% kunjungan ke psikiatris berhubungan dengan stress. Stress berhubungan dengan segala hal mulai dari flu hingga kanker. Gangguan jantung, hipertensi, darah tinggi, depresi, penyakit kronis, gangguan seksual dan kesuburan, serta diabetes semua disebabkan oleh stress. Untuk meningkatkan peluang anda untuk hidup lebih lama anda harus mengurangi kemungkinan anda untuk sakit, dan itu berarti anda harus mengurangi tingkat stress anda. Artikel berikut akan menujukkan anda cara-cara untuk mengurangi tingkat stress anda:
7 Cara Mengurangi Stress Hari Ini
17 Tips Mengatasi Stress Dalam Hidup dan di Tempat Kerja

6. Meditasi

Deepak Chopra, M.D., ahli dalam menemukan hubungan antara pikiran dan tubuh, dalam salah satu bukunya menyatakan bahwa penelitian orang-orang yang melakukan meditasi dapat memiliki usia biologis 5 hingga 12 tahun lebih muda dibandingkan denga usia kronologis mereka. Orang –orang yang melakukan meditasi memiliki tingkat hormon stress seperti cortisol dan adrenalin yang lebih rendah, dan mekanisme adaptasi mereka cenderung lebih kuat dibandingkan orang rata-rata.

7. Pertahankan kesehatan kulit anda

Tips ini tidak akan membantu anda untuk hidup lebih lama, namun selama anda berusaha untuk memperpanjang usia hidup anda, tidak ada salahnya jika anda berusaha untuk tampil sebaik mungkin. Amy Wechsler, ahli gigi, psikiater, dan penulis The Mind-Beauty Connection: 9 Days to Reverse Stress Aging and Reveal More Youthful, Beautiful Skin , menjelaskan bahwa retinoids dapat mengurangi keriput anda. Beberapa krim kecantikan mengandung retinoids, namun retinoids juga dapat ditemukan pada makanan, seperti wortel. Memakan wortel dapat membantu anda menjaga kesimbangan pH permukaan kulit anda, sedikit meningkatkan keasman kulit anda. Dan keasaman kulit anda akan membantu anda untuk menyingkirkan bakteri yang hinggap. Sebagai informasi tambahan, coklat dapat membantu anda memperbaiki tekstur, ketebalan, kadar air, dan aliran darah pada kulit anda.

8. Makan makanan yang banyak mengandung anti oksidan

Dr. Mehmet C. Oz, M.D., salah satu penulis buku Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty menunjukkan bahwa antioksidan merupakan makanan anti penuaan, dan salah satu makanan sumber antioksidan yang paling ia sukai adalah blueberry. Ia berkata bahwa, “Semua makanan berwarna gelap memiliki semacam zat antisoksidan yang dapat melindungi anda.” Makanan anti penuaan lain diantaranya brokoli, tomat, dan acai, buah kecil yang berasal dari hutan di Amerika Selatan yang sering ditemukan pada minuman jus di Amerika Serikat. Ia menyarankan anda makan 5 macam makanan yang mengandung antioksidan setiap harinya.

9. Makanlah banyak serat

Dr. Oz juga menjelaskan bahwa salah satu kunci untuk awet muda adalah menjaga kesehatan pencernaan anda. Dan untuk menjaganya anda memerlukan 25 gram serat setiap harinya. Serat bekerja dengan menjaga semua nutrisi yang anda makan dalam tubuh dan melepaskan nutrisi tersebut jika dibutuhkan. Serat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan makanan yang gandum. Cobalah tips berikut:
• Pilih makanan yang mengandung gandum sebagai sarapan atau kudapan.
• Cobalah nasi merah atau pasta yang terbuat dari gandum.
• Makanlah oatmeal untuk sarapan anda.

10. Cukup tidur

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago menemukan bahwa mempersingkat durasi tidur anda dari 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kadar glukosa dan funsi endokrin anda kurang dari 1 minggu. Perubahan ini akan nampak seperti tahap awal jika anda terkena diabetes. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa kekurangan tidur bukan hanya menyebabkan anda memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, namun anda juga akan menjadi rawan terhadap beberapa penyaklit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan hilang ingatan.

11. Asahlah terus otak anda

Sejumlah data yang berhasil diungkap selama dua puluh tahun terakhir memastikan bahwa otak terus berkembang, mengembangkan neuron-neuron baru dan jaringan diantara neuron tersebut sepanjang hidup. Sebagai informasi tambahan, penyakit otak yang sering dihubungkan dengan pertambahan usia dapat dihilangkan dengan terus menstimulasi otak. Dr. Yakov Stern, Kepala Divisi Cognitive Neuroscience di Sergievsky Center, Universitas Columbia menyatakan bahwa “Individu yang terus menerus menstimulasi kehidupannya melalui pendidikan, pekerjaan, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan hobi, akan mengurangi kecenderungan terkena Alzheimer. Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan terkena Alzheimer berkurang sebesar 35 hingga 40%.”

12. Berhenti merokok

Dr. Rippe, yang telah anda sebutkan sebelumnya, juga menyatakan bahwa jika anda berusia 50 dan anda merokok, maka anda memotong 7 tahun usia anda. Sehubungan dengan penuaan, merokok membuat kulit anda menjadi keriput dan membuat anda terlihat lebih tua.

13. Minumlah anggur, secara teratur

Pernahkah anda mendengar bahwa wine merah secara teratur baik bagi kesehatan anda? Dr. Oz menjelaskan bahwa wine merah bermanfaat bagi kesehatan anda karena 2 faktor: alcohol dan resveratrol, yang mengandung kadar antioksidan tinggi yang berasal dari kulit anggur. Pembuat anggur menambahkan kembali kulit anggur supaya wine berwarna merah, namun mereka tidak menambahkan kulit anggur pada wine putih – sehingga wine putih tidak mengandung resveratrol. “Resveratrol menambahkan satu manfaat lebih,” kata Dr. Oz. “Resveratrol mengaktifkan sel dalam tubuh anda yang mencegah penuaan sel-sel anda… 80% dari manfaat meminum wine berasal dari alcohol, sementara 20% sisanya adalah resveratrol,” kata Dr. Oz. Kombinasi keduanyalah yang membuat wine merah sangat bermanfaat.” Ia menambahkan bahwa setiap orang sebaiknya meminum segelas wine merah setiap hari, meskipun beberapa pria hanya bisa meminum wine dalam takaran yang lebih besar karena pria dapat mencerna wine lebih baik dibandingkan wanita.

14. Dapatkan banyak cinta dan kasih sayang

Dr. Marian C. Diamond adalah salah satu ahli anatomi syaraf terkemuka di dunia. Ia melakukan penelitian menggunakan tikus muda untuk menentukan apakah keadaan lingkungan mempengaruhi pertumbuhan. Sebuah kandang yang diisi oleh 12 ekor tikus dipenuhi oleh berbagai alat yang bisa digunakan untuk bermain. Sebaliknya, kandang yang lain tidak diisi mainan sama sekali. Tikus-tikus yang kandangnya diisi dengan mainan dapat menyelesaikan tes lebih cepat dibandingkan dengan tikus yang diletakkan pada kandang tanpa mainan. Tikus-tikus tersebut juga menunjukkan kemampuan untuk memecahkan masalah dengan lebih baik.
Dr. Diamond ingin melakukan eksperimen yang sama menggunakan tikus yg lebih tua, dan dia memilih tikus-tikus berusia 600 hari, yang kurang lebih sama dengan 60 tahun usia manusia. Namun, beberapa ekor tikus meninggal menjelang usia 600 hari. Ia memutuskan untuk mencoba dan memperbaiki durasi usia tikus dengan menambahkan bahan tambahan dalam eksperimennya: kasih sayang. Daripada menempatkan tikus-tikus tersebut dalam kandang setelah dibersihkan, para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian memelihara tikus-tikus tersebut, bahkan membawanya dalam jas lab mereka. Tikus-tikus tersebut hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak dipelihara.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

82 comments

1 MARSUDIN { 03.14.11 at 11:48 am }

BAGUS TUH UNTUK BAHAN PENGETAHUAN….

2 Bella Nurfadilah { 05.21.11 at 3:15 pm }

Mantapzzzzz……boleh tu tips nya…hehehee…biar awet muda….

3 yhani { 07.07.11 at 3:50 pm }

aku coba saranx,,,moga bisa jadi awet muda,,,alx aku sters banget,stiap orang lht aku,merka pasti ngira aku dah umur 20an keatas,,,tua banget kan??pdahl sekrng aku masih 19 tahun….
gmn ga sters klu gitu

4 kolagensehat { 07.21.11 at 5:16 am }

pencerahan yang luar biasa. penuh tips dan ilmu. semua orang akan suka membacanya

5 adit { 08.22.11 at 10:25 am }

okey,,,,,mas

6 Vhan_buuren { 09.14.11 at 10:30 am }

Seperti kt BANG HAJI ROMA

Yukk kt santeii agar otot tdk tegang ^-^

7 burhan { 10.01.11 at 8:20 pm }

duh enaknya gak jadi tuwir. kulitpun tak akan jadi kiwir kiwir.

8 Karir Gue { 10.19.11 at 10:18 am }

ini yg perlu dibaca semua orang

9 Kisah Islam { 10.19.11 at 10:19 am }

semoga bacaan ini memberi manfaat

10 yunti { 10.19.11 at 7:46 pm }

banyak tersenyum

11 noble { 11.25.11 at 5:22 pm }

siipz,, jadi tmbhan wwsan lain

12 ian { 12.05.11 at 12:33 am }

Makasih infonya aq coba ..pokoknya

13 Kiswah { 02.06.12 at 7:14 pm }

Bagus juga,namun kurang setuju dengan yang no “13. Minumlah anggur, secara teratur” (sangat tidak setuju sekali)

14 Dony { 02.26.12 at 5:37 pm }

Bagus..dan komplet tips nya..Ʈ♓ªƞƘ ƔoƱ! N segra di lakukan

15 Ruang Posting { 03.08.12 at 5:51 pm }

info menarik … ni
thx . . .

16 agus susanto { 03.11.12 at 8:17 am }

-mantap dah solusi dan tips’nya. . . . .

17 huda { 04.15.12 at 12:32 pm }

assalamualaikum
alhamdulillah
q dah perpadukan antara hydroxy dan senyawa khusus,
berkat rahmad ALLAH ,q tmukan monoscrum antioxidant,,
walau u berjemur berjam2 dipantai,,,,warna akn kmbli krang dr sminggu>wlau hlang chaya wjah dan mrah2 hbs brjmur…
klw dpke org biasa mka jd bersinar ptih dr klit dlm,,,,
g q expose publik,,,q tkut org brat ambil ahli….hub,085264211552,,,islam juga hbAT KAN TMUKAN CRA REGENERASI….

18 huda { 04.15.12 at 12:37 pm }

OH YA WINE BWT AWET MUDAH?SALAH BESAR?U MW AWET MDAH…TP MTI CPAT KARNA RUSAK ORGAN HATI…
WINE ATW ANGGUR MERUSAK ORGAN HATI KARNA MENGANDUNG ALKOHOL??
AWET MUDAH BKAN LAH MENGORBANKAN YANG LAIN….INGAT ITU…..1

19 Dawud Cah Jokam { 07.07.12 at 11:55 am }

Aq stuju dgn si huda, masa’ srh mnm anggur? Kn harom! Tpi tips x lmyn brmnfa’at.

20 yanie { 07.09.12 at 4:44 pm }

kata2 di atas benar bgt,hanya aku gak pernah mencoba anggur merah ato wine bukannya di haramkan bagi agama islam ?? banyak org gak percaya dgn usiaku yg sdh menginjak 27 thn kebanyakan mereka mengira aku berusia 19/20 bahkan mereka gak prcaya kl aku sdh menikah di sangkanya aku msh kuliah xixixi…berarti sy awet muda

21 royan { 07.26.12 at 3:44 pm }

lebih baik mencegah dari pada mengobati

22 Radit { 07.27.12 at 7:06 pm }

siipppppp dah keren banget jd tau informasi lebih banyak
tkhs ya sob…..

23 afieyah { 09.05.12 at 10:13 am }

hhhhhhmmmmm,,,
bisa di coba

24 roxas { 09.10.12 at 5:22 am }

alcohol emang buat awet muda, asal gak berlebihan. Btw hampir semua makanan berpengaruh pada organ hati

25 unyuka { 09.21.12 at 9:34 am }

emmm,i2 sngat berguna skali bagi kita,
dan sngat bagus skali bagi untk menjaga tubuh

26 Nopi Yanti { 10.22.12 at 3:40 pm }

Wah seprtinya saya hrus banyak berubah ni biar bisa awet mudak
thanks yuaa atas motivasinya

27 Job Fair Bursa Kerja { 12.19.12 at 10:50 am }

Sepertinya harus banyak ngerubah gaya hidup nih biar selalu awet muda.

28 Thina { 12.22.12 at 2:32 pm }

Thanks ya impormasi nya boleh di contoh tuh, tp klo mnum anggur aku kurang stuju dech

29 fifi { 12.27.12 at 8:49 pm }

wajahku ini kelihatan tua taoi umurku masih muda. bagaimana caranya untuk kelihatan muda lagi?

30 rino { 01.06.13 at 10:22 am }

satu lagi yang kurang di atas agar wajah kita awet muda .
adalah dengan cara tertawa terussss , tapi dilihat dulu suasana nya nanti en’tar orang bilang KAMU orang gila .
banyak – bnyk lach menggerakkan semua yang ada di wajah kita agar aliran darah nya jalan . dan baca al-qur’an . semua obat di sitTOO..
mau belajar dengan saya cara2 lelet tua . join fb saya send sms : rino.dogerr@yahoo.com .

31 anieta { 02.22.13 at 9:10 pm }

asyik…………. Asah Otak terus

32 Olvie { 03.05.13 at 10:57 am }

Mantafs, tips yang sangat berguna untuk selalu sehat

33 Maha putra { 03.19.13 at 5:54 pm }

Bagi temen” yg mau awet muda!
3 lankah lebih sinkat
1: jaga ketenangan fikiran
2: makan yg teratur
3: istirahat yg cukup

NB: semua dg kehendak ALLAH Swt.

34 tryo29 { 03.28.13 at 3:38 pm }

thank bgt atas inf0nya. Sgat bermanfaat.

35 Al-Husaeni { 04.10.13 at 9:28 am }

makasih ni info nya,krena ane udh brkunjung ke blog ente ada baiknya ente kunjung blog ane di svenzer.blogspot.com

ane msih baru nih…

36 Toko Jepara { 04.23.13 at 9:20 am }

Informasi yang sangat bagus untuk kita semua gan

37 arga { 04.29.13 at 10:25 pm }

trimakasih banyak gan atas infonya,,,akan saya coba.semoga ada manfaatnya……….

38 bambang sutrisno { 05.05.13 at 10:58 am }

Tips ini sangat membantu bagi kelangsungan hidup manusia pokok nya tak dukung terus ….

39 radit Vidi. { 06.11.13 at 11:01 pm }

Makasih atas saranx…
Pengennnnnnnnnnnn Mudah..

40 naftalin { 06.12.13 at 12:01 am }

bagus juga tips y
sangat bermanfaat,saya akan mencoba y
terimakasih ea

41 Uyyine { 06.13.13 at 1:17 pm }

Hmm,,kan alkohol bagi yg bragama islam 1 tes” pun haram hukum’y,,
gmn dong,,?

42 yanti { 06.29.13 at 3:25 pm }

thanks …info,a…akan ku coba….tapi no 13…tidak dulu ya…

43 rifani { 07.03.13 at 2:52 pm }

thx article nya,,,btw mknn ap ajh yg bz bkin awt mda,srta tips2 laen yg lbh konkrit

44 Maskur { 07.08.13 at 5:58 pm }

Mantap tip mkin muda aja aq,

45 sehatku { 07.20.13 at 3:37 am }

sip neh tips kesehatannya, sangat bermanfaat buat saya dan keluarga

46 yadi { 07.21.13 at 4:39 am }

awet muda ya??? aku dah umur 31 tapi banyak org mengira akoe umur 20 berarti akoe awet muda ya… Xixixixi…, tpi bener lho aku jalanin setidknya 60% seperti tips di atas n itu kale ya makanya aku keliatan awetttt…..

47 edy { 07.25.13 at 1:47 pm }

gue ni baru umur 19 eh di kira 45 gila kan

48 Eneng { 07.27.13 at 5:36 pm }

pengen nich,tp g mo ah minum anggur merah.

49 Safri juliansyah accounting { 07.31.13 at 7:08 pm }

Thank you f0r thiz posting.. I must try

50 ompung lubis { 08.05.13 at 11:09 pm }

thanks sama tips nya itu mudah mudahan ompung makin awet muda dan cewek cewek naksir ompung

51 lantana { 08.10.13 at 4:06 pm }

TQ….saya akan cuba semua nye…..dan akan ingat slalu.

52 Said muhammad { 08.20.13 at 2:02 am }

Cara mngawet muda yaitu snntiasa dgn mnjaga ukhua islamiayah trutama dgn mnjumpai mereka dgn rasa snyum dn brkasih sayang srta mmbrikan kpada mrka dgn hiburan yang nunsa islami dngan itu insya allah akan trcapai cita2 trsbut
dngan lpa pula dgn tiap hariny mandi trutama mndi pagi hari dn sore harinya dgn rutin dn dmikian itu bsa mmbantu dlam awet muda
kmudian jauhilah muskila2 yg ada dlam dirimu dgn mmprbanyak do`a kpd allah jika dirimu trdpat muskila2 brsma orng lain hendaklah diprcpat untuk mnylsaikannya sbab klu tdk akan mnjdi bban dlam pikiran shingga…………….?????

53 Masita m abas { 08.21.13 at 11:17 am }

Berat bdan qu g’trun2 pdhal aqu uda c0ma minun wrp.
Pdhl aku mau bdanku trun lebi cepat.

54 wiwie { 08.23.13 at 2:53 pm }

Yg penting hidup ini kita jalani d/sll mensyukuri nikmat allah u/kita pd hari ini,jgn berkaca pd orang lain yg pnya rejeki lbh dr kita. Kl stp hari hny mikir hidup kta susah dbanding orang lain cpt tualah kta

55 Rumah Dijual Surabaya { 08.27.13 at 8:14 pm }

Tipsnya bagus, terima kasih dan salam sukses selalu

56 robinto { 08.30.13 at 7:57 am }

mudah tertawa dan tersenyum.mungkin bisa menjadikan wajah awet mudaaa

57 nurul { 09.22.13 at 8:49 am }

terima kasi atas infonya

58 Papa Ayu { 09.25.13 at 10:02 pm }

siiiiiiiip, siap2 aje krim kulit ngak laku.

59 Draplont { 09.27.13 at 12:08 am }

Thanks bwt tibs nya ,,md2han aq berhasil menjalankannya,,,thank you,,,,,

60 nung { 10.17.13 at 3:55 pm }

siapa sih y g mau awet muda,makciiiiiiihhh

61 Angelica { 11.16.13 at 6:05 pm }

bagus tipsnya segera dicoba

62 Tips Kesehatan { 11.22.13 at 1:54 pm }

thanks infonya, menurut saya kalo mau awet muda jgn terlalu banyak pikiran aja..trus gampang senyum

63 meilina martasari { 12.10.13 at 7:20 pm }

sumpah keren ips nya semoga bermanfaat

64 chopie { 12.11.13 at 4:29 am }

makaciiiiiiiiiih buat infonya

65 sahrul { 12.11.13 at 10:02 pm }

setuju sekali tp jgn minum anggur krn d lrang oleh agama islam…..
Ok

66 abdul { 12.25.13 at 5:59 pm }

Iinspiratif bnget ..
Kurang stuju dngan no 13
Ey..tq

67 ieja { 12.27.13 at 12:24 pm }

info yang bagus. sebenarnya misi utama kita ialah perlu sentiasa kekal positif, kalau kita positif, masalah jadi mudah, jadi kurang stress = lambat nampak tua, kan?

Salam dari Malaysia.
ieja

68 setiawaty { 12.28.13 at 4:33 pm }

minum anggur sudah kulakukan mulai usia 17 th hingga sekarang dan dilakukan tiap 3 bln sekali..hasilnya saya tidak pernah lupa dgn peristiwa yg menguatkan imanku hingga saat ini…inspirasi is the best !!!

69 Kang Nasir Cakkep { 01.05.14 at 10:15 am }

Alhamdulillah Ning, (y)

Tapi berhubung saya Muslim, saya meninggalkan yang meminum Anggur rutin… Insya Allah saya ganti dengan AIR MINERAL ^_^ Terimakasih yahh Ning.

Salam Persaudaraan.

70 aftamono { 01.06.14 at 8:41 pm }

hehehe iya,,,, aku malah muka boros, tak coba salah satu tips nya ,,,,

71 jumbadi { 01.10.14 at 11:16 pm }

thx atas tipsnya,smoga bermanfaat bwt smuanya yg ada di dunia ini.amin

72 Didie { 01.30.14 at 9:11 pm }

w sh simpel ja,klo mo awet muda g prlu hrs bli ni ke itu ke,yg ada mlh nguras kantong alias pulus….resep nya ckup berwudhu ja…ok soob..moga brmanfaat ya..:)

73 adek { 02.18.14 at 11:03 am }

aku akan berusaha berhenti merokok………..

74 chi thania { 03.31.14 at 11:39 am }

benerrr bangeeet tuch.bgi yg dh mrsa tua.iktn tuch sran yg atas

75 sr9 { 04.09.14 at 5:15 pm }

tipsnya semga bermanfa’at bg semua,
kalau minum anggur tdk tp kalau makan buah anggur ,ok, , ,

76 akhmat { 04.28.14 at 8:13 pm }

pokoknya josss …… good..!!!!

77 erazoel { 05.29.14 at 10:13 am }

Puasa jg bgs utk awet muda

78 nugie { 06.06.14 at 10:41 pm }

yang paling enak tips nya “anggur merah” :) :)

79 VIEW RUMAH { 07.18.14 at 3:23 pm }

rajin rajin berwudzu Insyallah aura kita terlihat lebih muda.. hhehee…

80 Tan { 08.07.14 at 11:56 pm }

rasa cinta dan kasih sayang sekitar memang berpengaruh terhadap psikologis menjauhkan dari tingkat stress… memang setuju m point terakhir. terima kasih infonya

81 Cara Awet Muda { 08.20.14 at 3:09 pm }

setuju sekali dengan artikelnya. cara awet muda juga murah dan gratis, misalnya mudah tersenyum, rajin sholat, suka berbagi/dermawan, dan faktor-faktor psikologis dan spiritual bisa membantu hidup lebih sehat dan awet muda :)

82 muhammad doan { 09.14.14 at 10:39 pm }

Cobalah memakan buah2an 10 (sepuluh) macam warna dalam sehari secara rutin..antioksidan banyak terdapat dibuah-buahan..jika tidak ada waktu memakan nya satu persatu, bisa blender sekaligus. :)

Leave a Comment