Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


15 Manfaat Berenang yang Mengagumkan

manfaat berenang

Yuk, Intip Manfaat Berenang!

Sejuk ataupun panas, berenang adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja. Buat yang hobi berenang, pasti sudah merasakan manfaatnya bagi tubuh. Tapi buat yang belum bisa berenang, mungkin daftar manfaat renang ini bisa dijadikan alasan untuk mengikuti kursus berenang sekarang juga!

Yuk, kita simak apa saja manfaat berenang bagi tubuh kita!

1. Latihan berat yang terasa ringan

Kok bisa? Yup. Saat Anda berenang, otot-otot Anda bekerja secara maksimal di dalam air namun Anda tidak merasakan beratnya. Hal inilah yang membuat berenang tampak sebagai kegiatan yang santai namun ternyata banyak positifnya bagi tubuh. Berenang juga menjadi latihan yang disarankan untuk atlet yang sedang mengalami cidera tertentu.

2. Baik untuk paru-paru

Saat Anda berada di dalam air, oksigen dipompa ke seluruh tubuh secara maksimal dan saat Anda menarik napas, paru-paru menarik udara segar lebih banyak. Hal ini menambah asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

3. Olahraganya para pelari

Bila Anda hobi lari marathon, berenang dapat membantu pernapasan Anda. selain meningkatkan ketahanan tubuh, kegiatan berenang dapat melatih kontrol pernapasan Anda sehingga berlari menjadi hal yang tidak berat.

4. Mengurangi stress

Tak hanya konsumsi cokelat saja yang bisa mengurangi stress. Saat kepala kita masuk ke dalam air, tubuh secara otomatis mengurangi tekanan pada saraf sehingga muncul perasaan tenang. Menurut riset yang dilakukan oleh Pain Research Management, pasien yang mengalami stress akut disarankan untuk melakukan terapi berenang secara rutin.

5. Awet muda

Selain memakan sayur-sayuran dan buah-buahan, ternyata berenang juga membantu kita untuk terlihat awet muda. Hal ini dikarenakan pengaruh gerakan berenang pada masa otot, kolesterol dan tekanan darah di dalam tubuh. Survei yang dilakukan oleh Indiana University menyatakan bahwa responden yang hobi berenang memiliki wajah yang lebih muda dibandingkan yang tidak. Nah, tidak ada alasan lagi untuk tidak berenang, kan?

6. Menggerakkan otot-otot ‘diam’

Ketika Anda lebih sering duduk ketimbang berjalan, ada bagian bagian tubuh seperti otot bawah lengan yang tidak terlatih sama sekali. Dengan berenang, hampir seluruh bagian tubuh Anda dipaksa untuk bergerak. Jadi, buat Anda yang malas berolahraga, berenang bisa menjadi salah satu alternatif yang menyehatkan.

7. Lebih pintar

Seperti yang dijelaskan di atas tadi, saat kita berenang, paru-paru menghirup udara segar secara maksimal dalam satu tarikan napas. Itu artinya, oksigen yang masuk ke dalam tubuh cukup banyak dan cukup untuk menutrisi otak kita. Saat kepala kita masuk ke dalam air, peredaran darah lebih cepat 14% di kepala. Hal ini meningkatkan memori dalam otak.

8. Membakar kalori

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, olahraga yang paling efektif adalah berenang. Berenang membuat detak jantung meningkat begitu juga peredaran darah yang semakin memicu terbakarnya kalori.

9. Meningkatkan fleksibilitas

Memang berenang tidak seefektif yoga atau pilates namun berenang dapat melemaskan tekstur otot dan sendi-sendi sehingga tubuh Anda melakukan peregangan otot secara maksimal.

10. Baik untuk penderita asma

Berenang mengharuskan kita untuk menahan napas di dalam air. Hal ini membawa dampak yang positif bagi penderita asma karena dapat memperluas kapasitas paru-paru dan mengontrol pernapasan Anda sendiri. Namun perlu digaris bawahi bahwa kandungan zat kimia yang ada di dalam kolam renang seperti klorin, bisa membuat resiko asma malah muncul. Jadi, pastikan anda berenang di kolam yang airnya berasal dari sumber tanpa penambahan zat kimiawi.

11. Meningkatkan kualitas istirahat

Studi yang dilakukan kepada penderita insomnia menemukan bahwa berenang secara rutin dapat meningkatkan kualitas tidur mereka. Para responden yang mengikuti serangkaian latihan fisik seperti bersepeda dan berenang, terbukti dapat tidur dengan lebih nyenyak di malam hari.

Berenang menjadi olahraga yang paling baik karena dapat dilakukan oleh siapa saja baik tua maupun muda sedangkan tidak semua orang dapat bersepeda atau angkat beban di gym.

12. Membuat mood lebih baik

Riset akuatik dengan jangka waktu 12 minggu membuktikan bahwa para partisipan mengalami peningkatan mood secara signifikan. Para penderita dementia juga disarankan untuk mengikuti program ini karena para ahli tersebut telah menemukan bahwa berenang dapat membantu perkembangan otak mereka.

13. Baik untuk ibu hamil

Bagi Anda yang sedang menantikan kelahiran buah hati, pasti pernah mengalami kebingungan untuk berolahraga. Anda pastinya tidak mungkin mengikuti lomba lari atau mengangkat barble karena resiko-resiko yang ada. Berenang adalah salah satu olahraga yang paling aman untuk ibu hamil dan melindungi janin dari resiko mengalami kelainan saraf. Sebelum berenang, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli kesehatan agar Anda dapat mengetahui frekuensi berenang yang dianjurkan sesuai kondisi kesehatan Anda.

14. Olahraga tanpa berkeringat

Ada banyak orang yang kurang suka berkeringat. Berenang bisa jadi pilihan olahraga yang membuat badan tetap bersih dan bebas bau. Selama apapun Anda menceburkan diri di kolam renang dengan gaya apapun juga, kulit tetap bersih dan malah terasa menyegarkan.

15. Tumbuh kembang anak

Berenang adalah salah satu upaya untuk meninggikan badan. Olahraga ini cukup efektif terutama bagi anak-anak agar memperoleh tinggi yang optimal. Saat ini ada banyak spa khusus untuk bayi yang menjaikan berenang sebagai salah satu terapinya. Berenang dapat membantu memaksimalkan fungsi motorik buah hati Anda dan juga dapat meningkatkan sistem imun.

Tips Berenang Bagi Pemula

Bagi Anda yang ingin belajar berenang, masih belum terlambat untuk mencoba tips-tips bermanfaat berikut!

1. Jangan lupa pemanasan

Layaknya olahraga, otot-otot kita perlu diregangkan supaya tidak kaku. Apalagi bila Anda tipe orang yang jarang bergerak, otot-otot yang tidur bisa ‘kaget’ jika tiba-tiba digerakkan dan menimbulkan kram. Pemanasan simple bisa dilakukan di tepi kolam.

2. Belajar tahan napas

Saat pertama kali memasuki kolam renang, pasti ada perasaan ragu dan takut. Inilah saatnya Anda rileks supaya tubuh merasa familiar dengan lingkungan yang asing. Anda bisa memasukkan kepala perlahan-lahan sambil menahan napas. Bila perlu, berpegangan pada tangga atau teman Anda jika masih merasa takut. Ulangi selama beberapa kali hingga Anda tidak merasa grogi lagi.

3. Belajar meluncur

Meluncur adalah pelajaran dasar untuk berenang. Caranya, Anda cukup merapat di dinding kolam, lalu masukkan kepala kedalam air sambil posisi telapak kaki menempel di dinding kolam dan tangan ke depan. Tendang kaki dari dinding dan meluncurlah. Usahakan menyeimbangkan badan agar tidak miring ke kanan atau ke kiri.

4. Belajar gaya renang

Setelah mempelajari teknik meluncur, ini saatnya Anda belajar gaya renang. Gaya yang paling mudah adalah gaya katak dan yang paling sulit adalah gaya kupu-kupu. Usahakan untuk belajar satu gaya sampai lancar, baru beralih ke gaya yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Selamat berenang!

 

Loading...