Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


15 Manfaat Yoga yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olah raga yang diadaptasi dari ajaran Hindu. Gerakan-gerakan yoga melibatkan fleksibilitas tubuh, peregangan otot-otot, serta kekuatan untuk menahan tubuh dalam posisi seimbang. Para praktisi yoga mengatakan bahwa yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, emosi, dan spiritual. Yoga juga ternyata dapat mencegah berbagai penyakit serta membantu proses pemulihan. Bagi pemula, gerakan dalam yoga mungkin akan terasa sulit. Tetapi dengan latihan yang rutin, Anda akan mulai terbiasa dan mendapatkan manfaatnya.

15 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Saat pertama kali melakukan yoga, mungkin menyentuh ujung kaki saja tidak dapat kita lakukan. Tetapi jika kita terus berlatih, lama-kelamaan tubuh kita akan terbiasa dan akhirnya pose tersulit pun bisa kita lakukan tanpa merasa kesakitan. Salah satu manfaat yoga paling nyata dan terasa adalah meningkatnya fleksibilitas tubuh. Otot-otot dan jaringan-jaringan yang tidak fleksibel dapat mengakibatkan postur tubuh yang tidak bagus.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Terlalu banyak duduk dan menatap layar komputer saat bekerja membuat kepala kita lebih condong ke depan sehingga menyebabkan otot-otot leher dan punggung menjadi tegang. Inilah yang membuat kita mudah kelelahan. Tak hanya kelelahan, kita juga mungkin akan merasakan nyeri pada punggung, leher, serta otot-otot dan sendi-sendi lainnya akibat postur yang buruk ini. Dengan rutin beryoga, postur tubuh akan membaik dan kelelahan akan berkurang.

3. Membangun Kekuatan Otot

Gerakan-gerakan dalam yoga akan membantu menguatkan otot. Otot yang kuat selain terlihat bagus, juga melindungi kita dari radang sendi dan nyeri punggung sehingga kita lebih bebas untuk bergerak. Pergi ke gym dan melakukan olahraga angkat beban juga dapat membangun kekuatan otot tetapi tidak memberikan fleksibilitas.

4. Menyehatkan Tulang

Seperti yang telah diketahui bahwa latihan angkat beban dapat menguatkan tulang dan membantu mencegah osteoporosis. Dalam yoga, kita akan mengangkat berat tubuh kita sendiri. Beberapa gerakan yoga seperti Upward Facing Dog menguatkan tulang lengan yang rentan terkena osteoporosis. Dalam penelitian yang dilakukan di California State University, disimpulkan bahwa yoga meningkatkan kepadatan tulang serta membantu menurunkan hormon stres kortisol sehingga menjaga jumlah kalsium di dalam tulang.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu manfaat yoga yang sangat penting adalah membuat sirkulasi darah menjadi lancar, terutama pada tangan dan kaki. Saat peredaran darah lancar, oksigen pun mengalir dengan lancar menuju sel-sel di dalam tubuh sehingga sel-sel itu dapat berfungsi dengan lebih baik. Dalam pose-pose seperti Headstand, Handstand, dan Shoulderstand, darah dialirkan dari kaki dan panggul menuju jantung, lalu dipompa untuk dipompa dan dialirkan kembali ke paru-paru sehingga paru-paru mendapat oksigen segar. Sirkulasi darah yang lancar akan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke mengingat gumpalan darah merupakan penyebab dari penyakit-penyakit ini.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Menurut penelitian terhadap orang dengan hipertensi yang dipublikasikan dalam jurnal medis di Inggris, The Lancet, pose Savasana (berbaring) dalam yoga dapat menurunkan tekanan darah dalam tiga bulan. Savasana dapat menenangkan pikiran dan mengusir stres serta kecemasan. Pose ini juga menurunkan laju detak jantung yang tinggi sehingga tekanan darah kembali ke titik normal. Ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

7. Membuat Kita Lebih Bahagia

Meski berlatih yoga tidak semudah kelihatannya, suatu penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga secara teratur dan konsisten dapat meningkatkan hormon serotonin (hormon kebahagiaan) dan menurunkan hormon kortisol (hormon stres) sehingga membuat perasaan kita lebih bahagia. Ketika Anda merasa sedih, cobalah melakukan yoga. (Baca juga: Bagaimana Menemukan Kebahagiaan Dalam 5 Menit)

8. Membantu Kita Untuk Fokus

Salah satu manfaat yoga yang cukup populer adalah membantu kita untuk fokus. Inilah inti dari kegiatan yoga. Dengan rutin beryoga, koordinasi, waktu reaksi, daya ingat, bahkan IQ kita akan meningkat. (Baca juga: 18 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda)

Orang yang melakukan yoga secara mendalam menunjukkan kecakapan dalam menyelesaikan masalah serta mampu menerima dan mengingat informasi dengan lebih baik.

9. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Latihan yoga dengan teratur juga dapat meningkatkan proprioception (kemampuan untuk merasakan letak anggota tubuh serta mengetahui apa yang tubuh lakukan tanpa melihatnya) dan memperbaiki keseimbangan tubuh. Orang yang memiliki postur tubuh yang jelek biasanya memiliki proprioception yang jelek pula. Dengan keseimbangan yang baik, kita tidak akan mudah terjatuh. Keseimbangan tubuh juga diperlukan di hari tua nanti agar kita bisa lebih mandiri dan tetap produktif.

10. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Yoga dapat memberi kita ketenangan dari hiruk pikuk kehiduoan modern. Yoga dan meditasi akan memberikan ketenangan batin, dan merilekskan sistem saraf di tubuh kita dan memberi kesempatan bagi sistem saraf untuk beristirahat. Berlatih yoga secara teratur akan membuat tidur kita lebih nyenyak dan berkualitas sehingga kita tidak cepat lelah dan stres, juga lebih kecil kemungkinan mendapat kecelakaan karena tubuh selalu siaga. (Baca juga: 9 Tips Untuk Membuat Tidur Anda Nyenyak)

11. Meningkatkan Self-Esteem

Banyak orang yang memiliki rasa penghargaan diri yang rendah. Jika kita melampiaskannya dalam hal-hal negatif seperti menggunakan obat-obat terlarang, makan berlebih, kerja terlalu keras, atau tidur berlama-lama, tentu akan semakin memperburuk kesehatan fisik dan mental kita. Dengan beryoga, pikiran kita akan mengatakan bahwa kita merupakan makhluk Tuhan yang berharga. Jika kita berlatih yoga secara mendalam dengan tujuan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, bukan sekadar latihan mengolah tubuh, kita dapat mengakses sisi lain dari tubuh kita. Kita akan merasa bersyukur, empati, memaafkan, juga hal-hal besar lainnya.

12. Mengurangi Rasa Nyeri

Manfaat yoga lainnya yang sering diaplikasikan oleh orang-orang adalah yoga dapat mengurangi rasa nyeri dalam tubuh. Berdasarkan beberapa penelitian, yoga asana, meditasi, atau kombinasi keduanya dapat mengurangi nyeri pada sendi, punggung, otot, juga pegal-pegal. Ketika rasa nyeri sudah hilang, tentu mood juga akan membaik dan kita menjadi semakin aktif dan produktif. Dengan rutin beryoga, nyeri pada tubuh Anda bisa berkurang tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.

13. Mengatasi Gangguan Stres Pasca Trauma

Suatu penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Traumatic Stress menunjukkan bahwa yoga dapat mengatasi PTSD (post-traumatic stress disorder) atau gangguan stres pasca trauma. Hasilnya, wanita yang melakukan yoga mengalami penurunan gejala-gejala PTSD yang lebih besar dibanding yang tidak melakukan yoga. Jadi, selain melakukan psikoterapi, penderita PTSD juga dapat melakukan yoga untuk segera pulih.

14. Meningkatkan Kesuburan

Belakangan ini, banyak pasangan yang melakukan yoga untuk program hamil. Menurut Bethany Grace Shaw, pendiri dan presiden YogaFit, Inc., yoga membuat calon ibu merasa rileks, mengurangi stres, dan lebih enerjik sehingga peluang terjadinya pembuahan semakin tinggi. Yoga juga melancarkan peredaran darah menuju organ-organ reproduksi, memperbaiki fungsi organ-organ, serta dapat menyeimbangkan hormon dan semua ini mempermudah terjadinya pembuahan.

15. Meningkatkan Kesehatan Emosi

Penelitian dari Duke University Medical Center menunjukkan bahwa berlatih yoga dalam suatu grup, seperti di kelas yoga, akan menstimulasi produksi hormon oksitosin (hormon kasih sayang) dan serotonin (hormon kebahagiaan). Hormon-hormon ini membuat kita lebih sehat secara emosi.

Demikianlah artikel tentang manfaat yoga yang perlu Anda ketahui, semoga menambah wawasan kesehatan Anda.

 

loading...