Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


15 Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

menurunkan kolesterol

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung atau stroke. Gen dan jenis kelamin memainkan peran, tetapi bagi kebanyakan dari kita, apa yang kita makan merupakan faktor penting juga. Kabar baiknya adalah bahwa beberapa perubahan kecil pada diet anda dapat membantu menurunkan kolesterol, yang pada gilirannya akan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jika anda menderita kolesterol tinggi, berikut adalah beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami yang dapat membantu anda.

15 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

1. Makan sedikit daging.

Cara menurunkan kolesterol yang pertama adalah anda harus mengurangi konsumsi daging. Jadikan daging sebagai bagian kecil dari diet anda, bukan membuatnya menjadi makanan utama anda. Singkirkan lemak dan kulit dari daging yang anda konsumsi. Alangkah lebih baik jika anda tidak mengkonsumsi daging sama sekali dan mengkonsumsi ikan sebagai gantinya. Ketika makan di luar, pilihlah menu makanan dengan sedikit daging, tanpa daging atau hidangan ikan.

2. Pilihlah produk susu rendah lemak.

Hindari makanan yang mengandung susu atau krim; sebagai gantinya, gunakan produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.

3. Perhatikan makanan ringan.

Bagi anda penyuka makanan ringan, cara menurunkan kolesterol berikut ini perlu anda perhatikan. Pilih makanan ringan rendah lemak (seperti popcorn buatan sendiri, wortel, buah-buahan kering, atau buah-buahan segar), bukan yang tinggi lemak (seperti potato chip dan permen). Hindari produk roti yang dibeli di toko kecuali mereka secara tegas menyatakan rendah lemak jenuh dan bebas dari lemak trans.

4. Kurangi lemak jenuh dalam memasak.

Gunakan minyak goreng cair dibanding mentega atau margarin. Gunakan juga panci antilengket. Daripada menggoreng makanan anda, lebih baik dipanggang, disteam, atau direbus.

5. Hindari minyak kelapa dan minyak sawit.

Sebagian besar minyak nabati adalah tak jenuh, tapi khusus dua minyak ini mengandung lemak jenuh yang tinggi. Pilihlah minyak yang berasal dari canola, bunga matahari, jagung, kedelai, zaitun, dan kacang tanah. Bagi anda yang terbiasa menggunakan minyak kelapa untuk menggoreng, cara menurunkan kolesterol berikut ini memang memerlukan usaha ekstra mengingat rasa berbeda yang ditawarkan.

6. Lakukan diet kolesterol.

Usahakan untuk makan kurang dari 200 mg kolesterol sehari. Batasi telur tidak lebih dari empat kuning telur per minggu; dua putih telur dapat menggantikan 1 telur utuh untuk sebagian besar resep. Batasi daging tanpa lemak tidak lebih dari 6 ons per hari. Jauhi organ yang tinggi kolesterol, seperti hati, ampela dan otak.

7. Meningkatkan karbohidrat dan serat kompleks.

Titik beratkan makanan dengan karbohidrat kompleks – seperti buah-buahan dan sayuran, produk gandum, dan kacang-kacangan – yang rendah kalori dan tinggi serat. Konsumsi lebih banyak serat yang larut dalam air, seperti yang ditemukan dalam oat dan buah-buahan. Jenis serat ini secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol darah anda dibarengi dengan diet rendah lemak.

8. Konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Untuk melindungi jantung anda, makan banyak buah dan sayuran. Bagi anda penyuka sayuran dan buah-buahan, cara menurunkan kolesterol berikut ini tentu saja sangat anda sukai.

9. Tambahkan ikan untuk diet anda.

Cara menurunkan kolesterol lainnya yang cukup membawa dampak berarti adalah banyak mengkonsumsi ikan. Negara-negara dengan konsumsi ikan yang tinggi memiliki risiko lebih rendah dari kematian yang diakibatkan oleh penyakit kardiovaskuler. Seperti kacang-kacangan, ikan berminyak mengandung asam lemak esensial yang dikenal sebagai omega-3 dan omega-6. Karena tubuh kita tidak dapat memproduksi omega-3 dan omega-6, maka kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut untuk mendapatkan keuntungan-keuntungannya, diantaranya menurunkan tingkat kolesterol.

10. Konsumsi kacang-kacangan.

Kacang berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Mereka adalah makanan yang sehat dan penuh protein, namun jangan terlalu sering mengkonsumsi juga, karena mereka memiliki banyak kalori, sehingga terlalu banyak bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

11. Kurangi asupan garam.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Makanan tinggi garam meningkatkan risiko hipertensi.

12. Hindari lemak trans.

Cara menurunkan kolesterol lainnya yang banyak direkomendasikan adalah menghindari lemak trans. Menurut Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board, tidak ada manfaat positif dari lemak trans, dan juga tidak ada tingkat yang aman. Lemak trans akan meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan kadar HDL (kolesterol baik). National Cholesterol Education Program menyarankan orang- orang untuk menghindari atau makan sedikit makanan yang mengandung minyak terhidrogenasi karena produk ini mengandung banyak lemak trans.

13. Baca label dengan hati-hati.

Hindari makanan kemasan yang mengandung beberapa bahan berikut ini: lemak daging, kelapa atau kelapa sawit, krim, mentega, telur atau kuning telur padat, produk susu, coklat atau imitasi coklat, dan lemak atau minyak terhidrogenasi. Berhati-hatilah untuk makanan cepat saji dan produk berlabel lainnya; ketika anda tidak mengetahui apa yang terkandung di dalam makanan yang akan anda konsumsi, makanlah sedikit.

14. Berolahraga setiap hari.

Inilah salah satu cara menurunkan kolesterol yang sangat efektif. Terlepas anda kelebihan berat badan atau tidak, olahraga dapat menurunkan kolesterol. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap sehari. Menambahkan aktivitas fisik, bahkan dalam interval 10 menit beberapa kali sehari, dapat membantu anda menurunkan berat badan.

15. Berhenti merokok.

Jika anda merokok, segeralah berhenti. Cara menurunkan kolesterol berikut ini memang tidak semudah membalikkan tangan, apalagi jika anda tergolong perokok berat (baca juga artikel 20 Tips Powerful Untuk Berhenti Merokok). Berhenti merokok ternyata dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda. Dan manfaat tidak berakhir sampai di sana. Hanya 20 menit setelah berhenti, tekanan darah anda menurun. Dalam waktu 24 jam, resiko anda terkena serangan jantung menurun. Dalam satu tahun, risiko penyakit jantung menjadi setengah dari para perokok. Dalam waktu 15 tahun, risiko penyakit jantung hampir sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok.

Jika dalam waktu tiga bulan, cara-cara diatas tidak mampu menurunkan kolesterol anda ke kisaran yang diinginkan, konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi. Jika masih tidak bergeming setelah enam bulan, mungkin sudah saatnya untuk anda mempertimbangkan pengobatan.

 

loading...

 

0 comments

There are no comments yet...

Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment