Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


16 Cara Menggunakan Bahasa Tubuh yang Baik

bahasa tubuh

Foto oleh BodyLanguageCards

Sesuai dengan artikel saya minggu lalu (Apakah Anda Melakukan 9 Kesalahan ini Dalam Percakapan?), kali ini saya akan membahas mengenai pentingnya menggunakan bahasa tubuh yang baik. Memperbaiki bahasa tubuh dapat membuat perbedaan yang besar ketika seseorang menilai kepribadian anda. Bahasa tubuh yang baik dapat menunjukkan bahwa anda memiliki kecakapan, daya pikat dan suasana hati yang positif. Sebagai contoh : jika anda sering tersenyum, anda akan merasakan lebih bahagia. Jika anda duduk dengan tegap, anda akan merasakan lebih energik. Jika anda melambatkan gerakan anda (tidak terburu-buru), anda akan merasakan lebih tenang.

Secara garis besar, bahasa tubuh terdiri dari bagaimana cara anda duduk, cara anda berdiri, cara anda menggunakan kedua tangan dan kaki anda, serta apa yang anda lakukan ketika berbicara dengan seseorang.

Dibawah ini adalah beberapa bahasa tubuh yang perlu anda perhatikan ketika berbicara dengan seseorang :

1. Jangan silangkan kaki dan tangan anda.

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa menyilangkan tangan atau kaki dapat menunjukkan bahwa anda tertutup terhadap lawan bicara anda dan ini tidak menciptakan hubungan pembicaraan yang baik. Bukalah selalu posisi tangan dan kaki anda.

2. Lakukan kontak mata, namun bukan menatapnya.

Dengan melakukan kontak mata pada lawan bicara anda dapat membuat hubungan pembicaraan menjadi lebih baik dan anda dapat melihat apakah mereka sedang mendengarkan anda atau tidak. Namun juga bukan dengan menatapnya (terus menerus), karena akan membuat lawan bicara anda menjadi gelisah.
Jika anda tidak terbiasa melakukan kontak mata pada lawan bicara anda, memang anda akan merasakan ketidaknyamanan pada saat pertama kali. Namun lakukan saja terus dan anda akan terbiasa suatu saat nanti.

3. Buatlah jarak antara kedua kaki anda.

Memberi jarak antara kedua kaki (tidak dirapatkan) baik dalam posisi berdiri maupun duduk menunjukkan bahwa anda cukup percaya diri dan nyaman dengan posisi anda.

4. Santaikan bahu anda.

Ketika anda merasa tegang, anda akan merasakan juga ketegangan di kedua bahu anda. Biasanya terlihat dari posisi bahu yang sedikit terangkat dan maju ke depan. Cobalah untuk mengendurkan ketegangan dengan menggerakkan bahu anda dan mundurkan kembali posisinya ke belakang atau bersandar.

5. Mengangguk ketika lawan bicara anda sedang berbicara.

Mengangguk menandakan bahwa anda memang sedang mendengarkan. Namun bukan berarti anda mengangguk berlebihan (terus menerus dan cepat) layaknya burung pelatuk :), karena anda akan terlihat seperti dibuat-buat.

6. Jangan membungkuk, duduklah dengan tegak.

Membungkuk menandakan bahwa anda tidak bergairah, dan tegak disini maksudnya adalah tetap dalam koridor santai, tidak tegang.

7. Condongkan badan, namun jangan terlalu banyak.

Jika anda ingin menunjukkan bahwa anda tertarik dengan apa yang disampaikan oleh lawan bicara anda, condongkan sedikit tubuh anda ke arahnya. Namun jangan juga terlalu condong karena anda terlihat seperti akan meminta sesuatu.
Jika anda ingin menunjukkan bahwa anda cukup percaya diri dan santai, condongkan sedikit badan anda ke belakang. Namun juga jangan terlalu condong, karena anda akan terlihat arogan.

8. Tersenyum dan tertawa.

Bercerialah, jangan terlalu serius. Santai, tersenyum bahkan tertawa jika seseorang menceritakan sesuatu hal yang lucu. Orang akan cenderung mendengarkan anda jika anda terlihat sebagai orang yang positif. Namun juga jangan menjadi orang yang pertama kali tertawa jika anda sendiri yang menceritakan cerita lucu nya, karena anda akan terkesan gugup dan seperti minta dikasihani.
Tersenyumlah ketika anda berkenalan dengan seseorang, namun jangan pula tersenyum terus menerus karena anda akan dianggap menyimpan sesuatu dibalik senyuman anda.

9. Jagalah posisi kepala anda tetap lurus.

Jangan melihat ke bawah ketika anda berbicara dengan seseorang. Anda akan terlihat seperti tidak nyaman berbicara dengan lawan bicara anda dan juga terlihat seperti orang yang tidak percaya diri.

10. Jangan terburu-buru.

Ini bisa berlaku untuk apa saja. Bagi anda yang mempunyai kebiasaan berjalan dengan cepat, cobalah sesekali untuk memperlambat jalan anda. Selain anda akan terlihat lebih tenang dan penuh percaya diri, anda juga akan merasakan tingkat stress anda berkurang.

11. Hindari gerakan-gerakan yang menunjukkan bahwa anda gelisah.

Seperti menyentuh muka anda, menggoyang-goyangkan kaki anda atau mengetuk-ngetuk jari anda di atas meja dengan cepat. Gerakan-gerakan semacam itu menunjukkan bahwa anda gugup dan dapat mengganggu perhatian lawan bicara atau orang-orang yang sedang berbicara dengan anda.

12. Efektifkan penggunaan tangan anda.

Daripada anda menggunakan tangan anda untuk hal-hal yang dapat mengganggu perhatian lawan bicara anda, seperti disebutkan dalam point 11 diatas, lebih baik anda menggunakan tangan anda untuk membantu menjelaskan apa yang anda sampaikan.

13. Rendahkan gelas minuman anda.

Seringkali kita berbicara dengan seseorang sambil memegang gelas minum di depan dada kita. Sikap ini agak kurang baik karena akan membuat ‘jarak’ yang cukup jauh antara anda dan lawan bicara anda. Rendahkan posisi gelas minuman anda, bahkan jika perlu anda memegangnya sampai di dekat kaki.

14. Jangan berdiri terlalu dekat.

Dalam artikel saya : Bagaimana Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong, saya sempat mengulas sedikit bahwa orang yang merubah posisinya menjadi terlalu dekat pada lawan bicaranya dapat menandakan bahwa ia sedang menyembunyikan sesuatu atau mempunyai maksud tertentu. Selain itu tentu saja akan membuat lawan bicaranya menjadi tidak nyaman. Jagalah selalu jarak ’privacy’ antara anda dan lawan bicara anda.

15. Berkaca.

Dalam buku-buku mengenai penjualan, saya sering menemukan tentang istilah berkaca ini. Pada intinya ketika 2 orang terkoneksi dan melakukan hubungan pembicaraan yang positif, mereka secara tidak sadar akan saling berkaca satu sama lain. Dalam arti anda akan sedikit meniru bahasa tubuh lawan bicara anda, begitu juga sebaliknya.
Anda dapat juga melakukan teknik berkaca yang proaktif (dengan sadar) untuk lebih meningkatkan kualitas hubungan anda dan lawan bicara anda. Sebagai contoh, jika lawan bicara anda sedikit mencondongkan badannya ke depan, anda dapat juga mencondongkan badan anda ke depan. Jika lawan bicara anda menaruh satu tangannya di atas meja, anda juga dapat melakukan hal yang sama. Namun tetap perlu diingat, jangan melakukan gerakan tiruan dengan jeda waktu yang sangat singkat dan hampir semua gerakan ditiru. Lawan bicara anda akan melihat suatu keanehan dan tampak seperti sirkus. :)

16. Jagalah selalu sikap anda.

Apa yang anda rasakan akan tersalur lewat bahasa tubuh dan dapat menjadi perbedaan yang besar terhadap kualitas hubungan anda dan lawan bicara anda. Tetaplah jaga sikap yang positif, terbuka dan santai.

Perlu diingat bahwa anda dapat merubah bahasa tubuh yang kurang baik, tentu saja selama anda memahami bahwa untuk menciptakan kebiasaan yang baru memerlukan sebuah proses. Jangan juga mencoba melakukan semua dengan sekaligus karena akan membuat anda bingung dan penat.

Fokus saja pada 2-3 bahasa tubuh yang menjadi prioritas anda dan perbaiki terus menerus selama 3-4 minggu. Setelah waktu tersebut anda akan menciptakan suatu kebiasaan yang baru. Kemudian anda dapat melanjutkannya lagi untuk 2-3 bahasa tubuh berikutnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

69 comments

1 mashengky.com { 06.07.09 at 12:03 pm }

nomor 3 boleh juga tuh.. kalo cewek duduknya gak rapat.. pemandangan yang indah dilihat wkwkwkwk…

2 ragil sutiono { 04.12.10 at 8:36 pm }

good ………

3 rere { 04.26.10 at 2:05 pm }

boleh-boleh saja

4 Lukman { 05.03.10 at 10:30 am }

Apakah kita perlu melakukan kontak mata dalam menghadapi orang lain yang ternyata ingin menghipnotis/mempengaruhi kita?

Bagaimana menghadapi orang yang seprti itu?

Terima kasih!

5 HARYANI { 05.31.10 at 8:05 pm }

makasih artikelnya om ! kemarin tuh kebetulan saya lagi ngulang lagi baca-baca soal komunikasi & bahasa tubuh. Eh malah udah dapat ringkasannya. Thanks ya…

6 febli tanzenia { 06.21.10 at 1:14 pm }

makasih buat infonya, bermanfaat banget buat saya

7 andin sekar { 06.21.10 at 2:04 pm }

artikel ini membahas suatu topik yang menarik… dan penulis juga menyampaikannya dengann amat baik, membuat tulisan ini enak untuk di baca.

8 idham { 08.28.10 at 9:22 am }

Thanks infonya…sangat berguna bagi saya.

9 bayant { 11.02.10 at 9:26 pm }

makasih banyak pak sangat bermanfaat

10 natanail ginting { 01.07.11 at 12:28 pm }

trims,saya akan coba saran anda

11 Chan { 02.05.11 at 7:49 am }

pak, bagaimana menghentikan kebiasan senyum terus, terlalu ramah dan cepat terlalu membuka diri trhdp orng yg baru dikenal, krn setelah melakukannya sy suka menyesal dan berpikir bhw saya mungkin telah memberi kesan yg kurang baik pada lawan bicara saya tadi, sy tidak ingin dianggap ember bocor atau gampangan oleh siapapun.. thx

12 mustofa al-habib { 04.04.11 at 10:16 pm }

body language memang sangat penting apalagi bagi anda yang menekunim bisnis person yang bae basic komunikasai.

13 mustofa al-habib { 04.04.11 at 10:20 pm }

oh iya mo nambahin .. jangan lupa kalau memnatap mata lawan bicara anda tataplah mata yang sebelah kiri, jangan yang kanan atau duaduanya.
karena lawan bicara tersebut akan merespon apa yang akan kitasampaikan, seolah kayak di hiopnotis secara alamiah….

14 jimi { 04.18.11 at 8:14 am }

sangat Super Sekali,,,mantap,,,maturnuwun..

15 SaMy { 05.12.11 at 7:50 pm }

bagus artikelnya,sy jg bcnya senenng..bahkan bikin sy cekikikan…

saya kesulitan saat hrus menatap mata lawan bicara…

16 ahmad sofyan al - gazali { 05.20.11 at 3:08 pm }

sangat sulit untuk saya mengekspresikan bahasa tubuh yang baik, padahal saya lumayan sering membaca artikel seperti ini, tapi kenapa saya sering lupa………ditambah saya cepat terpengaruh oleh bahasa tubuh orang lain yang mungkin kurang baik, SAYA BUTUH SARAN DARI TEMEN TEMEN !!!! Thanks. Oia thanks om atas artikelnya Bagus dan Simpel….

17 nunus { 05.24.11 at 6:04 pm }

good article

18 Yusriani Damanik { 06.15.11 at 10:53 am }

Artikelnya luar biasa.. thanks ya
artikel ini berarti skali buat kemajuan dan pengembangan diri..
apalagi tingkat percaya diri , semakin meningkat..
thank ya……..

19 agus { 07.05.11 at 5:05 pm }

mudah2an bisa jadi bekal untuk menghadapi wawancara….
mksh..

20 hasim bisri { 08.09.11 at 10:22 pm }

dahsyat artikelnya, dgn bahasa yang enjoy,,contenya yang nikmat dan alur yang begitu mulus
selembut air mengalir di tepi sungai….^_^

21 Iswandi { 08.15.11 at 6:14 pm }

> Mmmm…!!

. gtuw YachMass’,….(TQ) Yach

22 junaidi { 09.01.11 at 8:33 am }

Saya orang yang agak sulit melakukan gerakan
Pada no 2,8 didepan boss. Karena seperti kakuh atau
Grogi

23 Alfian ambon { 09.20.11 at 7:15 am }

Mksh, manfaat sekali utk sy, terlbh di dlm kelas

24 titha { 10.11.11 at 4:08 pm }

waah seru juga, manfaat buanget dech….!!!

25 Tania,marini { 10.15.11 at 9:35 am }

hmmm…..bagus banget penjelasannya, top dech..!! tp kenapa org slalu slh paham dgn body language saya ya..pdhl menurut sy, apa yang saya pikirkan tidak sama dengan apa yang saya fikirkan, sy sungguh tak ahli dalam ekspresi.

26 Rio { 10.20.11 at 4:10 pm }

Artikelnya Bagus, minimal dapat membantu saya memperbaiki kesalahan saya… Thanks ya

27 izza ash. { 01.31.12 at 3:41 pm }

minta kopian kata2 supernya ya…..

28 permatasari { 02.10.12 at 7:10 pm }

kenapa harus berkaca?

29 intan ningrum { 03.12.12 at 8:01 pm }

fotonya koq tdk di terbitkan sebagai aplikasi contohnya

30 mina { 04.17.12 at 11:32 am }

thanks artikel…artikel sgt bermanfaat bagi org yg ingin berubah,,,mantappp deh

31 Sakinah Sie Kinkin { 05.02.12 at 8:28 pm }

Makasiiii buat Tipsnya Beuh ,-

32 haykal { 07.02.12 at 5:23 pm }

waow !!
sangar nih artikelnya gan , sangat BERMANFAAT
THANKS

33 jumadi { 08.01.12 at 3:22 pm }

good……

34 andre { 08.21.12 at 5:55 pm }

keren artikelnya… semoga membawa perubahan bagi diriku

35 Tiara { 08.27.12 at 9:54 am }

Nii,,,,,,,,q hanya cari informasi dari internat ja jd hny itu” ja yg q cari gk yg laen ,,,,,,,,,,,,,

36 Enrico { 09.02.12 at 3:00 pm }

kerenn…
Gw copy yahh,thanks before..

37 esgie { 09.04.12 at 5:03 pm }

good,,,…….

38 upincyber { 09.06.12 at 12:56 am }

prakteknya gampanggampang susah..

39 kirman { 09.18.12 at 7:22 pm }

makacih gw kebantu baget atas artikel ea,

40 yuli setiawan { 09.25.12 at 9:15 am }

yang paling susah nomer 5 karena biasanya orang lebih banyak bicara daripada mendengarkan orang lain,
kalo mau tahu berita seputar jakarta, kulliner dan olahraga silahkan kunjungi
http://108jakarta.com/
salam kenal N Keep posting yah…

41 zul { 09.25.12 at 9:43 pm }

thanks ya… walaupun belum dicoba tapi saya akan mencobanya karna it sangat bermanfaat.

42 rigelsven { 10.02.12 at 3:57 pm }

trimakasih artikelnya sangat bermanfaat, ditggu artikel slnjutnya

43 Movie Nuri { 10.09.12 at 10:08 am }

Artikelnya tentang cara2 bahasa tubuh ini dapat bermanfaat bagiku supaya dapat membuat orang lain seanag

44 Agus Nurrochman { 11.03.12 at 5:33 pm }

Thx info nya, menambah wawasan saya tentang komunikasi non verbal..

45 armstrong indonesia { 11.28.12 at 10:27 am }

informasi yang menarrik.

46 parking { 11.28.12 at 10:31 am }

kenapasih kita harus mengutamakan bahasa baku dalam kehidupan sehari-hari?

47 jantung koroner { 11.28.12 at 10:37 am }

teman saya lebay jika bicara memakai bahasa tubuh..

48 rumah { 11.28.12 at 10:43 am }

keren.

49 Elyas { 12.17.12 at 10:32 pm }

Keren banget articlenya, kalo ini dibacain ma orang pasti jadi 2 kata, easy listhening, jelas padat, aku sulit banget kalo kontak mata dgn teman ngobrolku, akan ku coba. Thanks!

50 udin { 12.21.12 at 8:33 pm }

mantap pak ilmunya…mudah2an brmanfaat..buat smua yg baca..trimakasih pak..

51 syifa { 12.29.12 at 12:16 pm }

Good

52 RISKI { 01.10.13 at 6:02 pm }

keren juga menggunakan bahasa tubu bagus juga itu kalo jadi mata-mata

53 Agus sakerah { 01.18.13 at 9:59 am }

ciamik omm kalau bisa tanda bahasa yang lain mohon ditambah biar lebih klomplit gitu lhooo

54 Amir bastruk { 03.19.13 at 12:12 pm }

Terimakasih ini sangat bermanfaat

55 Maulana { 03.28.13 at 1:06 am }

thanks bgt bapak, sangat bermanfaat sekali.. maturnuhun

56 Sulis { 05.03.13 at 8:31 pm }

Bagus. Tapi kurang mendalam.

57 izha_maniez { 06.20.13 at 9:40 pm }

thanks ea…membantu sekali

58 Bayu Haryanto { 07.01.13 at 7:36 am }

artikel yang bagus untuk permulaan belajar. (y)

59 roller blind { 07.12.13 at 1:55 pm }

bener banget point yang ke 2. saya merasakan itu juga soalnya. kadang lawan bicara saya terus menatap. jadi risih juga memang

60 putry { 07.13.13 at 7:26 am }

blh jgaaaaa

61 Sri Rohazah { 08.17.13 at 11:56 pm }

BerManfaat, thaNkz kak,,

62 Rakhmat Dahlan { 09.29.13 at 9:34 pm }

trima kasih, infonya sangat menarik & banyak manfaatnya.

63 herry { 10.23.13 at 8:52 pm }

yah,, btul jg tuh

64 herry pratama { 12.19.13 at 5:11 pm }

sangat bermanfaat sekali,, terima kasih atas informasinya saudara..

65 hassan { 01.19.14 at 4:04 am }

mohon copy ..hanya utk simpanan di pc ..bwt tatapn muhasabah peribadi

66 fina { 03.08.14 at 11:23 am }

Bagus sekali artikelnya
Saya bisa belajar cara menggunakan bahasa tubuh dengan benar :D
Thank you

67 arif yanto { 06.03.14 at 5:54 am }

Makasih informasinya, smoga bs membantu sy dlm memulai pekerjaan

68 anangcik { 08.17.14 at 11:36 pm }

thanks info artikelnya. sangat membantu sekali.

69 mardhatillah { 08.17.14 at 11:39 pm }

makasih banyak ilmunya. sangat bermanfaat. ditunggu artikel berikutnya.

Leave a Comment