Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


16 Cara Mudah Meningkatkan Kesehatan Anda

kesehatan

Jangan beralasan lagi. Hanya untuk hari ini, fokuslah pada cara-cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan anda. Daftar berikut bukanlah langkah terlengkap namun langkah awal untuk memprioritaskan kesehatan fisik, emosi, dan spiritual anda. Dan setelah anda melakukan langkah-langkah berikut hari ini, ulangi lagi keesokan hari. Sebelum anda menyadarinya, anda akan memiliki gaya hidup yang sehat, hanya dengan melakukan langkah-langkah sederhana berikut.

1. Minum lebih banyak air. 90% tubuh anda terdiri dari cairan dan memerlukan cairan dalam setiap fungsi tubuh. Kebanyakan rasa sakit dan nyeri; seperti sakit kepala, dan gejala gejala lain yang kita rasakan akan berkurang jika kita minum lebih banyak air.

2. Jalan-jalan santai. Tubuh anda dirancang untuk bergerak. Jantung anda adalah otot yang memerlukan pergerakan untuk berfungsi dengan optimal. Kita mengetahui hal ini namun seringkali kita perlu diingatkan untuk melakukannya.

3. Lebih baik lagi, berjalan-jalanlah di alam terbuka. Pepohonan dan tumbuhan lain mengubah karbondioksida menjadi udara yang kaya oksigen yang bisa kita hirup. Udara yang kaya akan oksigen membantu membunuh bakteri dan virus, memperbaiki pernafasan, dan dapat membantu pencegahan kanker.

4. Peluk seseorang yang anda sayangi. Ketika anda memeluk seseorang yang anda sayangi (seseorang yang memang ingin dipeluk), tubuh anda melepaskan hormon seperti oksitosin yang menyingkirkan depresi.

5. Makan 2 atau 3 porsi buah (hitung ½ cangkir buah seperti anggur, blueberry, cherry, dll sebagai satu porsi). Buah berwarna cerah mengandung banyak fitonutrien seperti proanthocyanins yang melindungi tubuh dari penyakit otak dan quercetin yang membantu memulihkan alergi dan masalah pernafasan.

6. Makan seporsi besar salad. Saya sering diberitahu oleh seseorang yang membuat alasan untuk tidak meneruskan dietnya bahwa makan makanan sehat itu mahal. Omong kosong. Beberapa makanan terbaik ternyata murah dan tersedia dalam bentuk green salad. Salad mengandung banyak vitamin, mineral, klorofil (yang memberikan tanaman warna hijau dan meningkatkan kesehatan darah kita), enzim (yang memperbaiki pencernaan dan meningkatkan energi), dan banyak fitonutrien.

7. Meditasi. Luangkan waktu sejenak untuk menjernihkan pikiran anda dan jauhkan diri anda dari teknologi, dan orang-orang akan membantu anda merasa lebih seimbang dan damai.

8. Tarik Nafas Dalam-dalam selama 5 menit, sesering mungkin. Penelitian menunjukkan bahwa menarik nafas dalam-dalam dapat mengurangi hormon pemicu stress. Hal ini bisa mengurangi ketegangan, tidur yang lebih baik, dan mengurangi kemungkinan bertambahnya berat badan.

9. Makanan ringan diantara makan berat, seperti almond, snack sayuran, hummus, dan pita gandum alami. Hal ini tidak hanya menstabilkan mood anda, berat badan anda pun akan menjadi lebih seimbang karena kadar gula dalam darah anda teregulasi.

10. Minum jus segar – terutama yang mengandung sayuran hijau. Jus sayuran merupakan sari penyembuh alami. Jus kaya akan nutrisi yang membantu memulihkan kesehatan tubuh anda dan memberikan anda energi seketika.

11. Berhenti sejenak dan hiruplah aroma bunga. Hal ini bukan hanya membuat anda merasa lebih baik, anda akan merasakan aromaterapi natural dengan efek relaksasi, peningkatan energi, atau terapi. Fakta bahwa anda bisa menghirup aroma bunga berarti molekul-molekul dari minyak esensial bunga berinteraksi dengan panca indera anda – yang merupakan salah satu cara tercepat untuk menyeimbangkan hormon.

12. Tulis minimal 10 hal yang anda syukuri. Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa rasa syukur berdampak pada kesehatan dan kebahagiaan yang lebih baik.

13. Eliminasi minimal satu item dari hidup anda yang mengandung bahan kimia beracun (seluruh tissue yang tersedia, hampir seluruh jenis sabun komersil yang dijual di pasaran, sabun cuci, penyegar udara, dll.). Bagi benda-benda yang penting, cobalah untuk memilih benda yang mengandung bahan alami.

14. Lakukan sesuatu yang menyenangkan orang lain. Suatu ketika saya dan istri pergi ke sebuah rumah makan. Ketika kami meminta tagihan, ternyata seseorang yang berbincang dengan kami sesaat setelah kami tiba telah membayar tagihan kami. Hal tersebut bukan hanya membuat kami sangat senang pada hari itu, seringkali kami memikirkan kembali momen tersebut dengan sukacita dan bagaimana momen tersebut memberikan kami rasa percaya lebih besar pada kebaikan orang-orang. Bahkan untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan, anda tidak perlu mengenal orang tersebut.

15. Menyikat kulit kering anda. Menyikat kulit kering anda dengan gerakan melingkar, dimulai dari ujung jari anda kearah jantung akan meningkatkan sirkulasi darah anda dan pergerakan limpa di sekujur tubuh anda akan membantu mengeliminasi racun pada jaringan tubuh anda dan disaat yang bersamaan meningkatkan energi.

16. Berendam dalam air hangat dengan Epsom salt. Kandungan magnesium di dalam Espsom salt menyerap ke dalam kulit anda dan membantu meregangkan otot dan mengurangi rasa sakit dan disaat yang bersamaan memberikan kontribusi pada kesehatan jantung anda.

Apa yang akan anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan anda?

 

0 comments

There are no comments yet...

Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment

Loading...