Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


17 Tips Mengatasi Stress Dalam Hidup dan di Tempat Kerja

stress

Stress adalah keadaan jiwa yang paling populer di abad ini. Coba anda ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang anda jumpai mengatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungkin anda sendiri sedang mengalaminya?
Stress bukan suatu penyakit, tetapi jika anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu, anda akan terkena banyak masalah kesehatan.

Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa :
– Lebih dari 40 juta orang di Eropa atau setidaknya 1 dari 3 orang pekerja mengatakan bahwa mereka mengalami stress di tempat kerja.
– Stress di tempat kerja adalah masalah kedua yang sering terjadi disamping masalah sakit punggung.
– Dari hasil survei juga dikatakan bahwa lebih dari seperempat pekerja absen selama 2 minggu (akumulasi) dalam setahun karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stress.
Mohon maaf karena saya belum mendapatkan hasil survei di Indonesia, tapi kurang lebih saya perkirakan sama.

Sebelumnya saya akan sampaikan beberapa hal utama yang dapat menyebabkan stress di tempat kerja :
– Kondisi kerja yang selalu berada di bawah tekanan
– Ketidakjelasan tugas yang diberikan
– Permintaan barang yang sangat tinggi
– Kurangnya perencanaan kerja
– Adanya ancaman di kalangan karyawan
– Teriakan dan makian para konsumen
– Teman kerja yang selalu mengganggu
– Ketidaknyamanan fisik, seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang dsb.
– dan yang paling buruk, tidak adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah diatas.

Hal-hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti : depresi, gelisah, gugup, tidak dapat fokus untuk waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan.
Jika ada hal-hal diatas yang anda rasakan …. hmmm, saya rasa anda perlu segera merubah aktivitas anda sehari-hari baik di tempat kerja maupun di hidup anda secara keseluruhan.

Berikut adalah 9 tips mengatasi stress di tempat kerja :

1. Rencanakan dengan baik aktivitas anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).

2. Pastinya anda di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi saat ini.

3. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.

4. Pastikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.

5. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan JANGAN MELAKUKAN APAPUN. Ambil nafas dalam-dalam.

6. Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.

7. Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.

8. Pertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.

9. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.

Disamping stress di tempat kerja, di kehidupan secara umum kita pun dapat mengalami stress dengan beberapa alasan.

Berikut adalah 8 tips mengatasi stress dalam kehidupan :

1. Lakukan pemijitan tubuh (body massage), karena pemijitan baik sekali untuk relaksasi dan penormalan tekanan darah. Setelah pemijitan, anda akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja akan memulihkan lebih baik keletihan anda.

2. Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stress. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.

3. Lakukan hobi anda, seperti memancing, mendaki gunung atau apapun yang anda senangi. Anda bisa juga melakukan petualangan yang belum pernah anda alami sebelumnya seperti berarung jeram misalkan.
Melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menghilangkan pikiran yang menyebabkan stress.

4. Banyak asumsi yang mengatakan bahwa bir, anggur atau whiskey dapat menghilangkan stress. Pada kenyataannya, air putih lah yang dapat menghilangkan stress. Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas atau 2 gelas anggur memang dapat menyebabkan kita relax saat itu, tetapi setelah efek alkoholnya hilang, stress kemungkinan besar akan membangunkan anda di tengah malam.
Dengan banyak minum air putih akan membantu memulihkan tubuh kita dari kekurangan cairan, karena kekurangan cairan dapat menimbulkan keletihan.

5. Lakukan meditasi. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa alat yang sangat ampuh dalam mengatasi stress adalah meditasi. Meditasi sangat membantu membersihkan pikiran kita dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun anda hanya melakukan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu.
Meditasi akan sangat membantu anda melupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stress.

6. Ketika seseorang mengalami stress, suatu reaksi yang alamiah jika orang tersebut kemudian melampiaskannya dengan mengkonsumsi banyak makanan. Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dimana insulin ini dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mood anda menjadi jelek.

7. Seks adalah penyembuhan yang sangat baik untuk menghilangkan stress. Banyak dokter mengatakan bahwa seks adalah cara yang luar biasa dalam meredam kemarahan dan stress.

8. Jika tubuh kita sedang lelah, tidak mudah bagi kita dalam mengendalikan stress. Tidak cukup tidur akan mempengaruhi keseluruhan hari kita, dan biasanya kita mengalami hari yang buruk karena kurang tidur menyebabkan kita tidak dapat berkonsentrasi dan melihat suatu permasalahan lebih buruk dari yang seharusnya. Tidur yang baik bagi orang dewasa adalah 7 jam sehari.

Anda bisa membaca juga artikel saya sebelum ini : 9 Tips Untuk Hidup Lebih Bahagia

Ketahuilah bahwa setiap orang mempunyai kecendrungan untuk mengalami stress dengan cara yang berbeda. Sebetulnya mengendalikan stress tidak sesulit seperti yang dipikikan, ini hanya masalah bagaimana kita melihat sesuatu dari sudut yang berbeda. Membaca dan mengikuti tips-tips atau teknik-teknik mengendalikan stress juga akan sangat membantu kita.

Silahkan bagi anda yang mempunyai tips yang lain bisa menambahkannya di kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

88 comments

1 ARIEF MAULANA.com { 02.27.09 at 5:24 pm }

Ada satu cara lagi untuk menghilangkan stress, khususnya buat yg muslim.

Shalat lah dengan baik dan benar. Karena di buku RAHASIA SHALAT yg pernah saya baca diungkap bahwa dalam shalat ada proses pemulihan diri kita baik fisik / mental.

Jadi kalau shalatnya bener, yg semestinya kita rasakan adalah fresh.

Dan Allah pun sudah mengatur waktu2 shalat dg sempurna, sebagai jeda break u/ aktivitas padat kita.

Salam sukses,
BLOG MOTIVASI ARIEF – Support Your Success for a Better Life

2 madhysta { 03.02.09 at 11:04 pm }

singkat aja mas… berusaha tidak membawa stress ataupun permasalahan apapu di tempat kerja, ke dalam lingkungan rumah tangga/keluarga….
kebanyakan akaan berpengaruh negatif…..

3 Cleverboyz { 03.04.09 at 3:17 pm }

Salam kenal mas,dari blog tetangga,hehe,,
kunjungi di cleverboyz.blogspot.com
mas punya VCC?
comen di blog saya ya balasan nya karna gk isa lagi ku kunjungi blog ini takut lupa namanya…

4 Cleverboyz { 03.05.09 at 4:17 pm }

Salam sukse luar biasa juga kepada anda

5 Ibad { 06.05.09 at 2:52 pm }

Wah Bagus tenan Artikelnya.. Ada Istilah Tombo Ati nya Kanjeng Sunan. Mungkin sudah banyak yang tahu ya… 5 Perkara yang yang membuat hati menjadi tenang dan tentram. Jika hati menjadi tenang dan tentram Insya Allah Stress pun tidak sudi singgah dalam kihidupan kita..

6 marurat { 06.13.09 at 5:05 pm }

buat dan anggaplah tempat kerja seperti rumah sendiri sehingga anda akan merasa nyaman untuk bekerja.

7 Lytha { 08.18.09 at 1:37 pm }

M’kasih banyak atas arahanya.

8 pink { 11.14.09 at 9:10 am }

adalagi satu mas,menurut saya kt perlu positif thinking dlm menanggapi suatu hal meskipun ada kalanya kt jg perlu waspada trhdp sutu kejadian ttt,krn positif thinking itu sngat baik ntk mengurangi beban otak,kt tdk disibukkan dg pikiran2 negatif yg mennganggu,dan adalagi yaitu selalu bekerja keras yg diimbangi dg rasa kepasrahan yg tiggi kpd Alloh,dan dlm keadaan byk rizki maupun sedikit rizki sisihkan sedikkit utk sedekah niscaya hati kita akan lebih tenang,smoga bermanfaat..

9 muara { 12.10.09 at 1:48 pm }

Salam kenal mas
thank’s buat infonya q tunggu artikel terbaru tentang mengatasi stress
Keep spirit of your blogging!!!

10 Aiztye Muna { 12.24.09 at 7:49 pm }

sukses selaluu…..tuk menuju kebahagian dunia dan akhirat

11 rere { 04.26.10 at 1:57 pm }

wah,,,,,,,,,,tips yang sangat ruuarrrrrrrrrrr biasa

12 yana { 10.11.10 at 9:34 am }

stres di tempat kerja sering trjd di dlm diri q
ketakutan akan salah’na pengerjaan tugas dari atasan itu slah satu faktor utama
perasaan takut slalu datang dan tak pernah jauh sdikit pun dari pikiranq
apa solusi dari permasalahan yg aq alami
mkasih.

13 cindi { 01.31.11 at 11:40 am }

stress karena sikap kasar orang ,yang selalu menghina dan merendahkan kita,,solusinya apa ya ?

14 kiki { 03.11.11 at 10:39 am }

@ yana : ketakutan di tempat kerja

15 hiendrich { 03.13.11 at 8:59 pm }

meditasi (muhasabah)
mungkiin sikap kita ada yang salah

16 Amel fauzan husun { 04.27.11 at 1:27 pm }

Stresss membuatku sesak nafas………help me Allah n friend ♥

17 m hidayat { 05.05.11 at 7:16 pm }

artikelnya bagus bngt mas…smg aja bsa menginspirasi saya terbebas dari stress dan gelisah dlm suasana krja n khdupan saya…klu ada artikel lain di share lg ya mas..trm ksh

18 Anis Yoyo { 05.10.11 at 4:06 pm }

Artikelnya mantap banget gan thank you ya……….

19 nobita { 05.26.11 at 5:23 pm }

ketakutan di tempat kerja,lingkungan yang tidak nyaman dan penuh tekanan

20 iwan { 06.05.11 at 2:15 pm }

Mantep Tenan Gannn,,,makasih tips nya yaa,,salam suksess

21 Dimas Pati { 06.14.11 at 1:02 pm }

Sesetres Ap pun, Prcayalah bhw Badai pzt blalu….!!
Tk slama’x Qt kn spt tue tyuzz_

22 samad { 06.26.11 at 1:56 am }

banyak banget mas infonya thx

23 hermin { 06.29.11 at 1:36 pm }

superr.. perlu dicoba .. tq..tq..

24 bahtiar { 07.01.11 at 1:10 pm }

dan kini saya sedang mengalami stress itu, membuat saya terpuruk dan pekerjaan berantakan

25 sant { 07.16.11 at 11:43 am }

jlnni hdup dgn kyakinan bwah kita psti bisa.
biarkn msalah mngalir sperti air.
mka kberhasilan kan dtang menghadang

26 arty { 07.16.11 at 6:50 pm }

sekarang sy sdg mgalami stress,selain krn jdwal yg padat,lgkungan yg baru serta tuntutan fisik,mental n kcerdasan yg d tuntut optimal faktor yg plg utama adlh sy blm brhasil myesuaikan dri dg angkatan bersama sy d training.sy mrasa gagal bhkan sy mrasa d tolak oleh mreka,kdg sy bingung,dulu sy jg pny keluarga n teman sekolah n kerja tapi tdk seperti ini.sy sgt tertkan dg kondisi seperti ini. pleace tolong saya

27 niveamenworld { 08.09.11 at 3:50 pm }

Terima kasih banyak untuk tipsnya.

28 andes { 09.13.11 at 6:50 pm }

Makasi ya udah beri solusi buat ngayasi stress nya. mau coba dolu ahhhh….

29 Adie { 09.20.11 at 3:32 pm }

Skrang in aq lagi strez,krna gk bsa..ngungkapin ap yg jdi beban pikiran q skrng ne…tlng d’ bnt ea

30 reiny anggara raisa caca febrika { 10.13.11 at 3:19 pm }

Sekarang ku sedang ngalaminn stress karna dapt atasan yang super jutek n cuekk ama aku gmna ya cranya biar aku ga sterss ngadepin atasan yang kyk gitu,,,

31 nasihun { 10.14.11 at 1:16 pm }

mas mau nanya nih.
apa yg dimaksud stres dalam lingkungan tinggi dan lingkungan rendah? berikut contohnya.

mohon jawabannya.
terimakasih sebelumnya.

32 bersedia belajar { 10.21.11 at 3:40 pm }

Tipsnya sgt bermanfaat, thx buat tipsnya, boleh dipost diblogku yg sederhana?

33 Eka { 12.07.11 at 10:21 pm }

Terima kasih sekali atas info yg diberikan.

Kebetulan saat ini saya sedang mengalami stress yg parah di lingkungan rumah.

Mungkin saya akan mengambil tips yg melakukan olahraga. Karna sudah lama tidak olahraga.

Sekali lagi terima kasih atas postingnya yg bermanfaat.

34 dion { 01.20.12 at 8:28 am }

Ngilangin stress karna byak himpitan hidup gimana caranya ya? emg tip2 d atas membantu saya tp hny brtahan sbentar kmudian muncul lagi.parahnya sy g bs curhat ttg smua problem yg sy hadapi bahkan k istri pun tak bisa. harus dr mana u/mulai curhat,itu yg susah shg curhat pun hanya spotong2 saja. please help me.. saranya k blog q aja ya.. hadeeh.. hrs gimana ya…

35 yunus { 01.26.12 at 5:37 pm }

thanks ya… bagaimana menuntas utangnya

36 Dharma Sehat { 03.22.12 at 1:52 am }

inspiratif banget bs,maksih ya atas tipsnya,salam sehat.

37 sarnoe { 04.20.12 at 9:11 am }

salam kenal ya yg dah baca tips ini ,n yg dah memberi tips ini semoga bermanfaat,aminnnnnnnnnnnnn

38 johan { 05.30.12 at 9:09 am }

gimana caranya berfikir rilex dengan kata lain tidak menyimpan masalah yg berlebihan berlarut larut

39 putra { 08.31.12 at 6:57 pm }

otak ini seperti tidak bisa berpikir ketika mengalami stress yang berkepanjangan

40 ida { 09.04.12 at 5:52 pm }

salam saya amat stress dgn pekerjaan kini

41 Ghoza { 09.08.12 at 7:56 pm }

Tanks atas tipsnya,

* tambahan *
Cara mengurangi/menghilangkan stres adalah dgn mendengarkan musik terutama musik yg kita sukai.

42 Dadi Heryana { 09.11.12 at 3:06 am }

saya suka stress kalau banyak tugas dari sekolah, dengan tips ini semoga bisa membantu saya mengurangi stress. makasih tips nya

43 Lowongan Terbaru { 09.25.12 at 9:32 pm }

mengharukan alias memotivasi sekali… semangat!!

44 Lowongan Terbaru { 09.25.12 at 9:34 pm }

bagus sekali artikelnya di sini, jadi sering2 kesini..

45 usaharumahan { 09.27.12 at 11:31 am }

Tipsnya boleh nie.. oke sepertinya…

46 aliyahaya { 10.13.12 at 6:41 pm }

bagai mana cara mengatur uang supaya tdk boros

47 avief B'sMDAh { 11.07.12 at 1:58 am }

agak Lega bc Tips lg Tp Q msh belum bs nrima Dg knyata’an ini cZ karyawanku Yg Q andalkan mengundurkn Diri N buka ush sndri kyak Q.msh bing Q..

48 ai ay { 12.10.12 at 12:34 pm }

tips nya sangat bermanfaat. hatur nuhun

49 zulmi hikmawan { 12.17.12 at 12:02 pm }

strees berat dikantor dapet senior yang bermuka dua..
mentang2 sya karyawan baru..!!!

50 Ramlie { 12.25.12 at 7:33 pm }

Jujur saya sedang mengalami down nh..
butuh banget info seperti ini..
saya akan mencoba untuk memulai hal2 di atas dan sepertinya menarik untu saya lakukan..
terima kasih tipsnya..

51 Saepul kudus { 01.02.13 at 7:08 pm }

” Saya akan mencoba melakukan tipsnya.

52 Reny { 01.07.13 at 11:37 am }

Tifs luar biaza saya sangaettt tertriex……

53 Roni { 01.13.13 at 9:34 pm }

Artikel yang sangat menarik Dan bermanfaat! Salah satu metode yang patut dipertimbangkan manfaatnya adalah hipnoterapi Dan layak di coba

54 wawan sulaeman { 01.14.13 at 2:28 pm }

Aku saat ini dgn mengalami msalah yg sangat kompleks tapi aku mencoba untuk selalu sabar dan tawakal didalam menghadapi problem yg sdg terjadi saat ini, hanya dgn keiklasan kita dapat keluar dari masalah tersbut, Ya Allah berilah hambamu ini kekuatan didalam menghadapi masalah baik kecila maupun besar, amin YRA

55 wilhamdoni { 02.02.13 at 9:29 am }

artikel yang sangat membangun. terima kasih

56 Iqbal Parabi { 02.14.13 at 4:21 pm }

Wah…wah… sangat bermanfaat sekali buat yg lg stress karena kerja.
Melakukan hal2 yang itu2 saja membuat kepala gk fresh.
Terimakasih tipsnya.

57 mira { 03.02.13 at 6:26 pm }

Tips yang sangat bermanfaat, terutama untuk saya yang sedang mengalami stress di tempat kerja. Membuat tekanan darah naik dan sering migren dan pusing. Dan membuat tidak nyaman datang ke tempat kerja. Dengan membaca artikel ini, membuat semangat untuk memperbaiki diri dengan berlatih berpikir positif, mulai untuk rutin berolah raga, dan khusu’ beribadah dan mengikhlaskan dan menyerahkan segala masalah hanya pada Allah SWT. aamiin YRA. (semoga istiqamah dalam menjalankan niat ini).

58 Kukuh { 03.06.13 at 8:52 pm }

Thank bgt.
Soalnya saya jg lg streess sama atasan gw yang selalu mencari” masalah tanpa mau disalahkan.
Mentang mentang senior dia bebes ngelakuin apa saja sampai sampai leluar dari jalur tugas dan tangung jawabnya?
Ketika dia kena marah gw pun kena

59 quelle qla { 06.24.13 at 9:06 am }

hmm..
Thanks infonya..

Tp jgn difikiran terus, biar ga tambh stress..
Cari kesibukan biar ga teringat masa lalu..

60 abdullah { 06.28.13 at 9:29 pm }

terimakasih banyak ,artikelnya sangat manfaat.

61 Loker untuk Guru { 07.12.13 at 8:00 pm }

Kalau lagi stres sama kerjaan, bagusnya ambil libur atau cuti dulu supaya pikiran kembali fresh..

62 roni yanuar { 07.30.13 at 12:21 pm }

Luar biasa artikelnya. Saya seorang hipnoterapis yang sering bergelut dengan klien yang mengalami kondisi stress merasa terbantu dengan artikel ini (085316281711)

63 Olvie { 08.05.13 at 5:49 am }

Org yg sukses selalu melewati perasaan yg stress. Bisa melewatinya berarti bisa sukses.

Salam Sukses, Olvie

64 karir { 08.12.13 at 2:24 pm }

keren, salam kenal dengan pemilik blog ini
sukses selalu

65 Rina { 09.14.13 at 9:41 am }

Trim’s atas infonya
Semoga sukses selalu..

66 dhani { 09.18.13 at 5:27 pm }

Artikel ini memberi motivasi untuk saya,sangat bermanfaat.Terimakasih

67 indra { 12.11.13 at 1:43 am }

artikel yang bagus ijin kopas ya terimakasih

68 adi fitrianto { 12.19.13 at 1:51 am }

Bagaimana mengatasi stress ditempat kerja karena tekanan dari atasan(supervisor) . dalam hal ini supervisor bermainnya dengan karyawan yang tidak disukai dengan menekan terus . dan berbeda dengan karyawan yang disukai .

69 malika nur alonza { 01.17.14 at 11:04 pm }

Saya merasa saya selalu banyak tekanan baik dirumah maupun ditempat kerja.tekanan dikantor reda datanglagi tekanan di rumah .begitu silih berganti.saya terkadang setres ga mdh percaya sama seseorang saya trauma di tempat kerja yang dulu saya punya teman tp dia khianat sama saya.rasa percaya diripun menjadi terganggu .karena saya merasa minder.

70 buddy babuzzy lubis { 03.10.14 at 11:12 pm }

Saya setuju dengan ucapan yg di sampaikan arief maulana, hanya sholat yg bisa menghilangkan stress. dan hanya ALLAH yg bisa membantu, semua berpulang kepadaNYA…

71 aying { 04.24.14 at 10:17 am }

ya…benar…
saya sedang stres dalam pekerjaan…

72 anto { 05.09.14 at 8:05 am }

sy stress karena sering mengalami kegagalan dalam karier sy. di tambah lagi lingkungan kerja yg tidak kondusif terutama di bagian sy. senior banyak yang munafik, pintar mencari muka dan bekerja semaunya, ..

73 Rizal Ferdyan { 05.15.14 at 2:22 pm }

Selamat Siang
Izin copas ya pak. Semoga berguna bagi teman-teman yang lainnya.
Terima Kasih

74 ika sartika { 06.20.14 at 3:33 pm }

bagus sekali artikel nya ..
saya juga ijin untuk meng copas nya ya,,,

terima kasih.

75 sunny { 06.23.14 at 12:28 pm }

tugas numpuk bkin kepala kaya mau copot…………………………..

76 Intan { 07.11.14 at 12:01 pm }

saya masih stress berkepanjangan tetapi bukan stress didunia kerja. tetapi tipsnya sangat membantu. terima kasih.

77 berbicara di depan umum { 07.21.14 at 2:05 pm }

ini harus di praktekan. sangat bermanfaat semoga di perbanyak nih artikelnya mengenai tips tips yang lainya. gan…

78 dasul { 08.02.14 at 2:07 am }

stress berhubungan dg kondisi jiwa..artinya jiwa dan hati kita harus selalu di sinari dengan cahaya ilahi insyaallh kita jauh dari perasaan negatif termasuk stress yang pastinya akan merugikan diri kita baik kesehatan dll…

79 Dimas Nugraha { 09.09.14 at 10:03 pm }

Hallo teman teman, saya juga sedang menghadapi lingkungan kerja yang baru, sudah hampir satu bulan ini saya sangat bosan dengan rutinitas yang belum menghasilkan sesuatu, saat ini jabatan saya adalah marketing perumahan, sebelumnya saya bekerja sebagai sales counter di perusahaan yang sama, kondisi jauh berbeda, yang biasanya bertemu dengan banyak orang kini hanya berhadapan dengan daftar nama dan gagang telepon, atasan saya pun juga belum sempat menghandle saya karena dia sangat sibuk dengan urusan lain yang lebih penting, meski atasan saya tetap selalu menanyakan dan memperhatikan saya, tapi entah kenapa saya sering menyalahkan diri sendiri dengan keadaan yang ada, hati rasanya gak tenang, ditambah lagi suasana rumah yang tidak sehangat dulu, karena kita bertemu disaat satu sama lain sudah sama sama capek, ada yang bisa bantu saya mengatasi masalah tersebut, terimakasih

80 sunaryono { 10.08.14 at 5:37 pm }

RELAKSASI solusi terbaik,,,,kenali diri,atur napas keluar masuk,ditepi pantai,pegunungan,pepohonan hijau,air terjun,,nikmati karunia ILLAHI begitu luas …

81 imas { 10.20.14 at 11:06 am }

Klo yg sy alami…mengapa ya klo waktu di tempat kerja cenderung lama sekali…
Tp berbeda klo waktu lg di rumah terasa wkt tuh singkat skl……knp yaaa

82 samsul bahri { 10.21.14 at 5:01 am }

saya sering sekali mengalami setresss
setres membuat saya kuwalahan untuk beraktivitas,, gara gara stresss saya semakim banyak mengalami kesalahan kesalahan yg fatal
terima kasih buat tips nya di atas semoga saja bisa membantu ,,,,,

83 Bambang { 11.06.14 at 1:46 pm }

setiap hari selalu aja stress dan jenuh menghantui saya… Bagaimana caranya sedangkan saya sudah berusaha agar stress itu hilang..kadang ada keinginan untuk reflesing tapi terus kepikiran hari esok….

84 Isbul Ansari { 11.15.14 at 3:06 pm }

trima ksh tips nya sangat membantu, pasti sya akan mampir lgi untuk mendapatkan tips yang bru lgi dari admin..

85 Torikin { 11.19.14 at 11:46 am }

penyebab stres yang lain adalah mungkin karena tersakiti oleh orang lain, akan tetapi ada pesan dari pengajian tadi malam, janganlah menyakiti orang lain dan jangan membalas apabila anda tersakiti orang karena kita sebagai umat Nabi sebaiknya mencontoh keteladananya jika beliau disakiti orang maka beliau tidak membalasnya bahkan ketika yang menyakitinya sakit beliau menjenguknya dan mendoakannya. mungkin itu salah satu tipsnya mengurangi stres. jangan lupa untuk introspeksi diri. wassalam

86 tyaasyaiya { 11.22.14 at 1:56 pm }

aq jg lg stress krn mw di pecat sbg karyawan q hancur akibat masalah sepele krn ulah orng yg iri bkn masalah krn di pecat aq jd stress tp nama aq tercemar yg bkin stress tp biarlh smoga Allah memberi jalan terbaik amin…
kasus ku keluar secara tdk hormat tp q coba tuk tersenyum

87 juni adam { 12.10.14 at 7:12 am }

Beri informasi yang lebih banyak lagi mengenai stress dan cara-cara praktis yang bisa membatu mengatasi

88 bambang sutejos { 12.13.14 at 11:55 am }

kalau lagi setres dibuat sholat aja gan.atau makan makanan kesukaan dengan yang tercinta.artikelnya joos.agan yang mau kenalan dengan aku ketik ”kharisma kuliner”di google ada kok.atau di fb.saytunggendursebleng.05117311908

Leave a Comment