Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


18 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda

meningkatkan iq

1. Tarik Nafas Dalam-dalam.

Dengan bernafas melalui hidung anda bisa meningkatkan fungsi otak anda dengan cepat. Menarik nafas dalam-dalam memberikan asupan oksigen lebih banyak pada darah anda, dan tentunya pada otak anda. Tingkat oksigen rendah pada darah anda akan mengurangi fungsi otak anda. Jika anda berminat, anda bisa mencoba melakukan olahraga pernafasan.

2. Buatlah Jurnal.

Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson – dan menemukan bahwa semua orang jenius tersebut merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Juga, ingatlah bahwa Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya.

3. Belajarlah Sebanyak Mungkin.

Ketika kita mempelajari hal-hal baru, kita menciptakan bagian aliran arus syaraf baru dalam otak kita. Orang yang “pintar” adalah seseorang yang memiliki aliran arus lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Otak manusia akan menciptakan aliran arus syaraf dengan mempelajari hal-hal baru; dan semakin beragam hal yang dipelajari, semakin “pintar” pula otak kita.

4. Belajarlah Membaca Cepat.

Photo Reading merupakan teknik yang sangat mudah dipelajari yang akan membantu anda memproses informasi tertulis dalam jumlah besar lebih cepat dan membantu anda mengingat informasi tersebut lebih baik dibandingkan dengan metode tradisional yang diajarkan di sekolah.

Meskipun kebanyakan teknik membaca cepat mengajarkan anda cara untuk menggerakkan mata anda dengan lebih cepat dalam setiap halaman yang anda baca, Photo Reading merupakan sistem membaca yang mengajarakan anda untuk menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar anda ketika membaca. Pada dasarnya, Photo Reading dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan bacaan yang mudah dibaca dengan menerapkan beberapa teknik yang berbeda setiap waktu. Bahan pertama melibatkan pikiran sadar anda dan menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat anda dan memahami materi.

5. Ambil Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala.

Belajarlah selama 20 menit lalu ambil waktu untuk beristirahat secara singkat. Metode ini efektif karena hal-hal yang anda pelajari pada awal dan akhir pada sesi belajar anda akan bertahan lebih lama dalam ingatan anda. Anda bisa mengunduh (download) Motivator Software secara cuma-cuma sehingga setiap 20 menit akan muncul pesan pada komputer anda yang mengingatkan anda untuk beristirahat.

6. Gunakan Akronim untuk Mengingat Informasi.

Akronim merupakan bentuk singkatan yang dibentuk dari huruf awal setiap kata. Metode ingatan ini akan membantu anda untuk mempelajari informasi dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. Sebagai contoh, “Every Good Boy Does Fine” merupakan akronim yang sering digunakan para musisi untuk mengingat nada dalam kunci tertentu.

7. Sarapan Pagi.

Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, kinerja mental, daya ingat, dan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang level glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa makanan. Glukosa merupakan sumber utama energi bagi tubuh anda.

8. Gunakan Tubuh Anda untuk Membantu Anda Mempelajari Sesuatu.

Gerakan tubuh merupakan proses kunci dalam perkembangan dan proses belajar. Brain Gym (Olahraga Otak) merupakan program olahraga yang sederhana, yang dikembangkan selama 25 tahun oleh para spesialis pendidikan, Dr. Paul Dennison. Brain Gym dapat membantu anda dalam hal-hal sebagai berikut:
- Pemahaman
- Konsentrasi
- Berpikir secara abstrak
- Daya ingat
- Keletihan mental
- Kemampuan menyelesaikan tugas
- Keseimbangan fisik dan koordinasi

Klik disini untuk menemukan 3 latihan Brain Gym yang bisa anda lakukan (”Brain Buttons”, “Cross Crawl”, and Hook Ups”).

9. Meditasi.

Neuropsychologist mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah struktur otak anda. Hasil scan MRI dari para meditator menunjukkan kegiatan otak lebih banyak dalam sirkuit otak anda khususnya dalam memperhatikan sesuatu. Ketika suara-suara mengganggu diperdengarkan pada para meditator yang sedang melalui Scan MRI, suara-suara tersebut hanya memiliki pengaruh kecil pada area dalam otak mereka yang melibatkan emosi dan proses pengambilan keputusan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak bermeditasi atau meditator yang kurang berpengalaman.

10. Jauhi Makanan yang Mengandung Gula.

Karbohidrat dalam bentuk apapun – seperti pasta, roti putih dan keripik kentang – dapat membuat anda merasa lelah dan malas. Efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih. Hal ini merupakan hasil dari insulin yang mengalir dalam darah anda untuk menangkal kadar gula yang terlalu tinggi.

11. Olah Kecerdasan Emosional (EI) Anda.

Selama bertahun-tahun publik memberikan banyak penekanan pada aspek kecerdasan, seperti kemampuan berpikir logis, matematis, pemahaman ruang, analogi, verbal, dan lain-lain. Namun, selama beberapa tahun terakhir, banyak orang merasa mereka membuang potensi yang mereka miliki dengan berpikir, bersikap, dan berkomunikasi dalam cara-cara yang menghambat peluang mereka mencapai kesuksesan. Kecerdasan emosi diakui sebagai kemampuan meta fisik yang memungkinkan anda untuk memanfaatkan kemampuan serta bakat yang anda miliki secara optimal. Ikutilah tes kecerdasan emosi disini.

12. Manfaatkan Setiap Waktu Anda.

Manfaatkan setiap waktu, contohnya ketika anda menggunakan transportasi publik atau mengantri, secara produktif. Selesaikan teka-teki silang atau Sudoku ketika menunggu di antrian dan dengarkan program audio ketika menggunakan transportasi publik.

13. Jogging.

Seorang pakar menjelaskan bahwa anda bisa meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, mempertajam kecerdasan anda, dan bekerja dengan lebih baik hanya dengan mengolah detak jantung anda dan berkeringat. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa olahraga aerobic membentuk kembali otak kita untuk mencapai kinerja optimal.

14. Latih Semua Indra Anda.

Para ilmuwan menemukan bahwa otak manusia belajar paling efektif melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan berbagai indra. Anak-anak dan orang dewasa belajar sangat baik ketika mereka belajar melalui kegiatan yang melibatkan penglihatan, suara, emosi, timbale balik, orientasi ruang, dan bahkan indra pengecap dan perasa.

Mike Adams, seorang penulis buku, menjelaskan dalam bukunya bahwa seorang anak yang diberikan definisi “tanpa bobot” secara verbal memperoleh informasi mengenai kata tersebut melalui 1 dimensi: pendengaran. Jika anda menunjukkan kepada seorang anak film mengenai seorang astronot yang mengapung di luar angkasa ketika anda mengucapkan kata “tanpa bobot”, anda memberikan informasi kata tersebut melalui 2 dimensi; dimana si anak melihat dan mendengar kata tersebut. Dan jika anda menyuruh si anak melompat-lompat menggunakan trampoline dan meneriakkan kata “tanpa bobot” ketika si anak berada di udara, pengertian kata tersebut akan semakin tertanam lebih dalam di otaknya.

15. Latihlah Gelombang Otak Alpha Anda.

Penelitian menemukan bahwa kondisi ideal untuk belajar adalah ketika otak sedang dalam kondisi santai, namun tetap fokus dan terjaga. Dalam keadaan ini gelombang otak berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus per detik, yang dikenal dengan istilah kondisi alpha.

16. Konsumsilah Antioksidan.

Antioksidan melindungi sel-sel tubuh anda, termasuk sel otak anda. Beberapa makanan dengan kandungan antioksidan tinggi antara lain: kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, dan raspberry.

17. Gunakan Intuisi Anda.

Belajarlah untuk menggunakan intuisi menjadi sebuah proses mengumpulkan informasi. Dengan mengandalkan intuisi anda, anda memperluas kewaspadaan dan mengarahkan anda pada alam bawah sadar anda untuk mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitar anda.

18. Gunakan Sistem Pembantu Memori.

Sistem pembantu memori, atau yg dikenal dengan istilah system objek angka, merupakan teknik untuk mengingat daftar. System ini bekerja dengan mengingat-ingat daftar kata yang dengan mudah dapat “dikaitkan” dengan angka yang diwakili oleh kata-kata tersebut. (1-10, 1-100, dan seterusnya). Itulah memori anda. Jika anda harus mengingat sebuah daftar dalam waktu singkat, setiap benda dalam daftar tersebut dapat anda sesuaikan dengan angka yang cocok. Setelah anda mengingat-ingat angka-angka tersebut, anda bisa menggunakan angka yang sama berulang kali setiap kali anda perlu mengingat-ingat sesuatu.

Ketika anda harus menghafalkan hal-hal yang berada dalam daftar, visualisasikan benda tersebut dengan angka yang anda miliki. Anda bisa memilih kata-kata yang memiliki rima yang sama dengan angka tersebut, berikut contoh yang diambil dari Wikipedia:
• 1-gun
• 2-zoo
• 3-tree
• 4-door
• 5-hive
• 6-bricks
• 7-heaven
• 8-plate
• 9-wine
• 10-hen

Sebagai contoh, jika anda menghafalkan 10 benda yang anda ingin beli di toko obat: kapas (cotton ball), pasta gigi (toothpaste), permen karet (gum), kertas (paper), lem (glue), kartu index (index cards), multivitamin (multivitamins), krim tangan (hand cream), shampoo, dan kutek (nail polish). Lakukan hal berikut:
1. Bayangkan kapas (cotton balls) ditembakkan dari pistol (gun)
2. Bayangkan seekor gorila di kebun binatang (zoo) sedang menggosok giginya
3. Bayangkan sebuah pohon (a tree) dengan sebungkus permen karet (gum) tumbuh pada cabangnya
4. Bayangkan seseorang masuk melalui pintu kertas (paper door)
5. Bayangkan se-toples lem (glue) dikeliling lebah seakan-akan toples tersebut adalah sarang lebah (beehive)
6. Bayangkan sebuah rumah terbuat dari bata (bricks) kartu index (index cards)
7. Bayangkan malaikat (angels) sedang minum multivitamin.
8. Bayangkan sebuah piring (a plate full) berisi krim tangan (hand cream)
9. Bayangkan sebuah gelas wine (a wine glass) berisi shampoo.
10. Bayangkan seekor ayam jantan (a hen) dengan kuku berwarna merah (bright red nails).

Semoga bermanfaat …

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

147 comments

1 wahyu anisa { 03.10.12 at 6:58 pm }

terima kasih…………………. ini sangat bermanfaat

2 miax { 04.18.12 at 8:34 am }

keren artikelnya mas,,
btw, mau tanya apa nama softwere motivator yang ada diartikel? sekalian kalau bisa link downloadnya .. makasih mas..

3 Ayah Safa { 04.23.12 at 3:06 pm }

siiiip, boleh juga nih ide2nya. Thx ya!

4 Mas Tri { 06.28.12 at 8:30 pm }

mas boleh share gak ?

5 mas tri { 06.29.12 at 3:31 pm }

ijin share boleh gak ??

6 galih { 07.07.12 at 6:55 am }

sip gan, semoga membantu

7 nevada { 08.04.12 at 9:48 pm }

mas bisa gk tukar pikiran??

8 Joe { 08.11.12 at 10:58 pm }

Sangat bermanfaat artikelnya…terimakasih banyak

9 rofik { 10.05.12 at 4:22 pm }

amazing dah pokokx.

10 nicky { 10.05.12 at 5:18 pm }

tengkyu banget ya

11 sakti smp 75 jakarta { 10.18.12 at 6:21 pm }

waw semoga bisa diterapkan yaaa
AMAZING
ijin copas buat di print buat artikel sekolah boleh kan?

12 ardhan { 11.01.12 at 6:36 pm }

terima kasih

13 Mia_muanza { 12.10.12 at 3:56 pm }

Thnk

14 indra gunawan { 12.27.12 at 10:20 am }

bermanfaat…….

15 muhammad hanif { 01.06.13 at 7:11 am }

sip ok lah…bgus dan brmnfaat

16 rino { 01.06.13 at 10:07 am }

satu lagi yang kurang cara meningkatkan otak cepat berpikir …adalah baca al-qur’an . insya allah pikirn anda tenang , cepat berpikir ,ingatan kuat , dan cerdik .

17 Amran Lamanepa { 01.14.13 at 12:15 am }

Sungguh lengkap dn sempurnah, thanks tas pengetahuannya, minta shere ya

18 husen karyono { 01.14.13 at 6:50 pm }

WoW semua tips dan sarannya sangat bermanfaat ..
Tak terpikirkn sebelum nya. . . . .
Se X lgi ‘HATUR NUHUN’

19 Ichsan { 02.02.13 at 9:45 pm }

Tkx Infonya…

20 nita { 02.11.13 at 9:55 am }

Dicoba. Biar tambah pintar.

21 afif { 02.16.13 at 10:54 pm }

Kondisi terbaik saat kita sehat, jd otak jd ndak maksimal dikala kita sakit. Jaga kesehatan brooo

22 intan sanrima { 02.19.13 at 6:50 pm }

izin copas… bleh gak ?

23 Ubhet F 354 { 02.20.13 at 8:54 am }

Ini sangat membantu
Domo arigato gosaimas….!

24 dewisarah { 03.04.13 at 4:17 pm }

huuuaaaaaaaaaa pengetahuan baru neh…. Thanks^^

25 Nazhia Labiebah { 03.09.13 at 10:09 am }

Info bagus. . .^^

26 putra nanda { 03.10.13 at 6:19 pm }

thank y ,atas saranya ……..mudah2an terbaik untuk gue

27 Dede suprayetno { 03.12.13 at 9:44 pm }

thanks….. mantap !!

28 Avyzzt peace maker { 03.20.13 at 6:16 pm }

thaNkz Brow..
Dan yG paling penting doa kepada allah..
Dan selalu berfikiran jerniH..

29 ajib { 03.23.13 at 12:49 pm }

Sip, sholat, baca quran, wirid, doa, zikir juga menambh konsentrasi

30 Faiz Al-Farisi { 03.24.13 at 6:30 am }

eh, gimana ya cara melakukan brain gym tu?

31 Sidik P13 { 03.24.13 at 7:00 am }

Wah… Keren gan… Mau praktekin yg no. 1 sama no. 16… Lebih simple dan gampang…

32 Nurdin { 04.01.13 at 9:16 pm }

Kern abiz artikelnya …good lack

33 rahman naufal { 04.03.13 at 5:16 pm }

makasih atas infonya…..

34 Ipank { 04.09.13 at 11:03 am }

Makasih pk atas infonya.
Sangat bermanpaat

35 tonylolonlun { 04.18.13 at 1:59 am }

terima kasih atas informasinya . . .

36 dolfy { 04.19.13 at 12:48 am }

mw coba..thaks

37 Roni { 05.06.13 at 9:42 am }

Keren bnget.
Nti mau byangn manusia menjdi damai ,tentram,dg bntuan alien

38 irfan lalala { 05.06.13 at 4:15 pm }

trims info nya. moga blog ni tambah maju

amin

39 Oyie { 05.09.13 at 11:58 pm }

Hmmm…perlu dicoba biar arusnya ga trlalv macet nih

40 Neky sau { 05.18.13 at 9:16 pm }

Trima ksih atas inforx..
Sangat brmanfaat

41 asrofinugroho { 05.24.13 at 8:00 am }

terima kash … atas infony …..semoga bermanfaat

42 Pengetahuan Android { 06.01.13 at 9:38 am }

izin coba gan..

43 Muhammad Rizki Adi S { 06.03.13 at 3:59 pm }

Terima Kasih, Ya karena cara menyembuhkan Otak saya yang sakit bertahun-tahun,Yaitu : Idiot,Susah Menjawab dengan Secara kilat,Kebingungan,dll.

Banyak bersyukur kepada Allah SWT.

44 racko { 06.08.13 at 12:01 am }

segar dan bermanfaat..

45 Hanifah alghazali { 06.10.13 at 3:41 am }

Wow keren ..
Membantu banggget . !! (y)

46 aris { 06.10.13 at 11:28 am }

terimakasih tlah memberi atau membagi ilmu tentang pemikiraw yang cerdas, saya sangat terbantu sekali dengn artikel ini, sekali lagi terimakasih…

47 sirajuddin { 06.11.13 at 6:56 pm }

Satu kata ” Mantap”

48 Uyyine { 06.13.13 at 1:34 pm }

Woooow,,siip dach,,tapi ko byak bgt yh,,,hehehe

49 anonym { 06.13.13 at 2:38 pm }

Siipp…

50 sambas { 06.16.13 at 6:19 pm }

waw kreen,..
Sangat bermanfaat skli,..
Thanks y..

51 Ichal { 06.18.13 at 7:18 pm }
52 rieza { 06.18.13 at 9:18 pm }

kereeennnn……
thanks…..

53 windy { 06.20.13 at 9:15 pm }

terimakasih.. layak di coba

54 atul { 06.30.13 at 9:15 pm }

bagus banget artikelnya . sangat membantu dan patut di coba

55 Raymundus Lake { 06.30.13 at 9:17 pm }

Terima kasih atas masukannya. Saya akan mencobanya

56 Noer Anggita { 07.08.13 at 11:32 am }

thank you so much

57 Zikri Putra Lan Lubis { 07.10.13 at 1:32 pm }

BlackBerry kan merek HP , heheh
terimakaish ya , sangat bermanfaat..

58 Darti setia { 07.10.13 at 3:54 pm }

Makasih pengetahuannya,

59 Nabila Nurainun Nisa { 07.12.13 at 8:56 am }

wow , keren bngt tips.a mudah”an aqu bisa yach melakukan apha yg kalian tulis . mudah”an bermanfaat bagi diri saya . mksh yach tips.a ?

60 antarez { 07.13.13 at 11:49 pm }

Izin Copy Ya …

61 chalie { 07.22.13 at 10:24 am }

thanks brow….

62 muhammad fauzi { 07.24.13 at 1:36 pm }

emmm………………! artikel ini sangat bagus sekali bagi kami yang ingin menikatkan kecerdasan dan lebih bagus lagi jika refrensinya lebih banyak. thanks yau so much. in this better yaur artikel.

63 Wulan retnasari { 07.26.13 at 10:19 pm }

Terimakasih info y, sangat brmanfaat skali,,

64 hoba rodayega { 07.28.13 at 7:56 pm }

bosmilahh semoga berhasil

65 Wahyudin { 07.29.13 at 12:40 pm }

alhamdulilah informasi yg bermanfaat terima kasih ya min…

66 ardhan sagittarius VII { 07.30.13 at 8:32 am }

keren. . . . . . . .

67 adhe leboyz { 08.08.13 at 1:41 am }

walaupun belum sepenuhnya membantu,tapi ini sangat berarti bagi anda yg ingin mencapai kesuksesan. setiap pointnya mudah dimengerti. betul2 super sekali

68 Tyyo bagussadewo { 08.10.13 at 1:26 am }

,,waowwwww keren,,sangking kerenx smpek gc ngerti huaaaaahahahahaha

69 Tyyo bagussadewo { 08.10.13 at 1:30 am }

Kepanjangan ,,kurang simpel,,jdi lupa …

70 kelvin { 08.11.13 at 2:03 am }

bermanfaat banget gan

71 sofyan ardiansyah { 08.13.13 at 5:34 am }

wah bagus sekali saran nya makasih gan

boleh dicobanih!

72 dede jubaedi { 08.13.13 at 11:15 pm }

thanks bgt ya..akan ku coba

73 Fikri Ashsiddiqi { 08.23.13 at 1:44 pm }

mau coba dulu nih,terimakasih sarannya

74 Neva Rebecca { 08.25.13 at 7:56 am }

Ini sangat membantu .
Terimakasih

75 yanti { 08.29.13 at 12:24 pm }

Terapi oksigen manfaat mgkn ya…kan naikkan O2 ke otak

76 Fransiskus { 08.29.13 at 6:39 pm }

Ada benarnya juga

77 Fitri { 09.01.13 at 9:07 pm }

Thank you:)

78 afif { 09.03.13 at 9:14 pm }

trims ..atas informasi yg mengenai tntang IQnya …

79 Tomy { 09.05.13 at 5:31 pm }

Trima kasih atas artikel nya semoga bermanfaat bagi yang menbaca dan tak luput pulak doa dan ridho dari allah amin

80 Alpian Munawar { 09.12.13 at 12:44 am }

Terima kasih atas informasinya, semoga bisa saya terapkan.

81 rodriguez { 09.12.13 at 5:18 pm }

thanks for the artikel!

but i dont understand !

82 bray { 09.13.13 at 5:07 pm }

sip bgt

83 muhimma { 09.15.13 at 3:24 pm }

terimakasih,,, dan semoga bisa bermanfaat,, semoga sukses selalu mengiringi langkah kita

84 aciel kciel { 09.16.13 at 1:55 am }

banget berguna nich buat w yg mau benerin otak yg geser dikit
Hahahaha

85 hiday { 09.16.13 at 9:57 am }

kren,, sangat membantu…

86 m.harun { 09.16.13 at 9:56 pm }

BAGUS NIH,MANTAB.

87 AHMAD DIANTAMA { 09.18.13 at 2:50 pm }

terima kasih gan ,insyaallah membantu

88 crismy { 09.21.13 at 2:39 pm }

amieeen…
s’moga berguna….

89 Retno dewi ariska { 09.22.13 at 9:20 am }

wah keren ya patut dicoba nih . sukses selalu..

90 noviandi { 09.24.13 at 10:52 pm }

patut di coba ni….

91 Bina Beats { 09.30.13 at 4:42 pm }

Bergerak untuk lebih maju adalah cara untuk meraih keberhasilan. Jangan diam diri dan menanti keberhasilan datang

92 konsentrasi otak { 10.02.13 at 12:56 pm }

pusatkan kan otak anda dan fokus dalam tujuan

93 rahmat ralfa { 10.03.13 at 1:39 pm }

membaca nya aja gua dah fres apa lagi mempraktak kan nya mantap gan…

94 Nuya Kholius { 10.03.13 at 5:10 pm }

Tipsnya membantu aku, Soalnya aku tidak sekolah tapi aku gak mau bodoh. . – makasih buat tipsnya

95 irwin { 10.05.13 at 6:03 pm }

ini buagussssss……………………………!!!!! slm super untuk mu

96 Yuditho Uky { 10.07.13 at 5:48 am }

Makasih mass ..
Nanti saya coba praktekin ..
Info infonya luar biasa bermanfaat ..
Thank’s mas ..

97 takin { 10.07.13 at 11:47 am }

sangat membantu dan memuaskan ,,, good tips n thanks

98 jay { 10.09.13 at 2:04 pm }

thanks,bermanfaat skali,:)

99 cesiburian { 10.15.13 at 3:02 pm }

Thanks, sangat berguna..

100 Ari { 10.17.13 at 9:20 pm }

Ini dia yang saya cari , terimakasih banyak gan support deh artikelnya

101 Nurman { 10.20.13 at 2:44 pm }

Info yang menarik, apalagi untuk orang-orang yang sejak belajar bahasa asing, terutama bahasa Inggris, daya ingat itu mutlak.

102 Tis { 10.22.13 at 12:00 pm }

Postingan yang luar biasa bermanfaat

103 herry { 10.23.13 at 8:45 pm }

sangat membantu sekaliiii

104 Syifa Rizqia { 10.27.13 at 4:03 pm }

Thanx info.a smoga membantu en dpt sya laksanakan

105 Ari { 10.27.13 at 8:46 pm }

Sebenarnya ini adalah hal-hal umum, tapi kita sering luput dan mengabaikannya bagai mana kita untuk selalu dapat melatih dan menjaga otak kita.

106 Obat herbal penyakit asam urat { 10.28.13 at 9:40 am }

Postnya memberi masukan kepada saya, terimakasih

107 Risa { 11.02.13 at 7:15 pm }

ijin copas boleh?

108 Ayu Widia { 11.02.13 at 9:36 pm }

wah.. informasinya bagus 2 nih…
oke … T O P B G T

109 nazzilla sari { 11.10.13 at 8:20 pm }

thanks info y iaa Kk .. :)
keren dech

110 soni { 11.11.13 at 11:04 am }

trim’s informasinya mudah-mudahan berguna bagi saya

111 joseph { 11.13.13 at 10:54 am }

Keren deeech.. Lucu juga yg no 18

112 Reinaldo Timothy { 11.13.13 at 4:53 pm }

Thanks ya info nya bermanfaat banget
cara-cara harus di praktekan….. ^-^

113 DAMISIANUS SMKN I PTS KAL-BAR { 11.15.13 at 7:56 pm }

makasih banyak udah buat artikel nya doakan aku ya semoga ag bisa menerapkan semua yang ada di artikel ag mau jadi genius ne

114 nisa { 11.17.13 at 7:36 pm }

thanks info nya sangat bermanfaat

115 Mahasiswa Go Blog { 11.19.13 at 8:18 am }

wah kalo buat sarapan buat anak kost gak bisa rutin.

116 CaemRatna Chrysanthum { 11.19.13 at 10:42 am }

Mkcih y k3,,
Infony bermanfaat bnget buat q..
:)
keren deh,,

117 sandyka setiawan { 11.19.13 at 10:55 pm }

Makasih ye smg membantu ane

118 jajang { 11.21.13 at 9:51 pm }

kerenn semoga saya dapat mengamalkannya

119 dini { 11.23.13 at 10:39 pm }

Thx,,kan kucoba,,,n mdahan” jd genius,amen

120 endah rizkiani { 11.24.13 at 1:38 pm }

mksh bngt ya,ini brmnft bngt!

121 Kenji Lorenzo { 11.25.13 at 1:09 pm }

Thank’s Buat Tipsnya

122 Yoga' { 11.25.13 at 8:46 pm }

Mksih min. . .smoga bsa membntu ;-)

123 Panji { 11.26.13 at 1:01 pm }

Thank’s nda..
Ini sngat bermanfaat sklai buat saya..

124 ? { 11.27.13 at 7:32 pm }

Artinya kami di sandra semoga bermanfaat

125 lalang gumilar { 12.01.13 at 2:39 am }

Mksh semoga bermanfaat

126 anaz { 12.06.13 at 2:46 pm }

keereenn.
banyak juga tapinyahh

127 Rahma Naharin { 12.07.13 at 2:18 am }

Sebenernya semua orang pasti tau hal itu, tapi sayangnya sebagian besar dari kita lupa atau bahkan malas untuk melakukannya, semua manusia pintar kok, asalkan mau berusaha

128 Amphic { 12.12.13 at 12:19 pm }

Terimakasi ya infonya agar info ini berguna untuk sya dan orang2 lain

129 Agus Setiawan { 12.17.13 at 8:46 am }

Wow… Itu sangat membantu saya untuk berpikir efektif.
•°• [τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅] •°•
Aja !

130 ovia ntalia { 12.21.13 at 7:02 am }

terimah kasih atas informasinay

131 hady kurniawan { 01.06.14 at 7:23 pm }

terima kasih infonya,… wlaupun agak males ngelakuinnya hehe

132 W'najar { 01.08.14 at 12:16 am }

Mantap… (y) Semoga ada artilel baru, yg bermanfaat, bg para pembaca

133 Marietta Anita sari { 01.09.14 at 8:04 pm }

Terimakasih,,,,,,,,atas informasinya,ini sangat bermanfaat sekali,,,GBU all

134 egi { 01.20.14 at 7:45 pm }

ngrokok ngopi lebih simpel

135 yugiriansyah { 01.21.14 at 12:58 pm }

Terima kasih ya,,,insya allah berkatt

136 shivA yulia aldiaNa { 01.26.14 at 9:03 am }

Masih aga ribett jga sihh…… Binqqunq,,,, susah jlan’n Ɣªªaªª,,, klo menurut saya,,

137 yobi { 01.27.14 at 10:39 pm }

makacih dah share info, moga2 manfaat buat kita smua

138 gopal { 02.06.14 at 5:55 pm }

q senang sekali membaca artikel ini, makasi boss. kau memeng gurih gurih nyoooiii

139 anon { 02.20.14 at 11:27 am }

“Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang level glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa makanan. Glukosa merupakan sumber utama energi bagi tubuh anda.”

10. Jauhi Makanan yang Mengandung Gula.
Karbohidrat dalam bentuk apapun – seperti pasta, roti putih dan keripik kentang – dapat membuat anda merasa lelah dan malas. Efek dari memakan makanan ini akan membuat anda sulit berpikir jernih.”

jadi yang bener yang mana?

140 Amir { 02.23.14 at 4:55 pm }

mantap gan, sangat membantu saya yg daya ingatnya kurang baik…
i like your article

141 icha { 02.28.14 at 4:58 pm }

wawasan.y nambah lgi dech…… thank’s yach….??

142 Atan navis tanidzha { 03.02.14 at 1:17 pm }

Ini sungguh sangat bermanfaat buat saya

143 Hendra { 03.22.14 at 12:21 am }

terlalu banyak minum miras bikin otak makin loyo

#sedih

144 arri { 03.25.14 at 5:10 pm }

trimakasih atas informasinya. ilmu saya bsrtambah

145 Veda { 04.07.14 at 8:12 pm }

Maaf sebelumnya, tapi saya pernah liat di film Deathnote 3 itu ada yang mengatakan bahwa gula itu menjadikan kita cepat dalam berpikir….

146 Izza { 04.16.14 at 5:47 pm }

Tapi kata orang, kalo kita makan (ngunyah maksutya) permen karet bisa nambah konsentrasi. Padahal, permen karet juga mengandung glukosa?

147 andrey86 a8 { 04.18.14 at 9:23 am }

asli… makasih bgt.. atas masukanya…
membantu bgt.

Leave a Comment