Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


20 Cara yang Terbukti Meningkatkan Energi Anda dan Tetap Aktif Sepanjang Hari

meningkatkan energi

Kurangnya konsentrasi, kelelahan, frustrasi dan kemalasan adalah tanda-tanda bahwa tingkat energi anda semakin menurun. Hal ini normal dan sebagai akibat dari gaya hidup sibuk yang kita jalankan. Untungnya ada cara alami dan mudah untuk meningkatkan tingkat energi anda dan kembali ke jalur. Peningkat energi ini berhubungan dengan diet, perasaan dan kegiatan anda serta dapat memberikan hasil yang bagus dalam waktu singkat. Berikutnya, jika anda mendapati baterai tubuh anda kehabisan energi, kembalikan dengan menerapkan 20 tips di bawah ini.

1. Makan sarapan tinggi karbohidrat dan serat

Seperti yang ditunjukkan oleh sebuah studi dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, orang-orang yang sarapan tinggi karbohidrat dan serat akan lebih aktif antara sarapan hingga makan siang. Jika anda sedang terburu-buru di pagi hari, sereal tinggi serat dengan susu rendah lemak dapat memberi anda dorongan energi yang anda butuhkan sampai waktu makan siang kelak.

2. Makan biji-bijian dan kacang-kacangan sebagai makanan ringan

Magnesium yang ditemukan dalam biji-bijian dan kacang-kacangan, diperlukan untuk menjaga energi anda pada tingkat tinggi. Peneliti mengidentifikasi bahwa orang yang kekurangan magnesium akan mengalami penurunan tingkat energi mereka juga. Sejumlah almond, kacang mete atau hazelnut sebagai snack tengah hari bisa menjaga kadar magnesium pada tingkat yang direkomendasikan.

3. Makan ikan dua kali seminggu

Ikan adalah salah satu makanan sehat untuk dikonsumsi, karena sarat dengan protein, asam lemak omega-3, vitamin dan mineral penting. Konsumsi ikan secara teratur menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan yang pada gilirannya membuat anda energik.

4. Makan makanan peningkat energi dalam porsi kecil namun sering

Makan makanan kecil atau ringan setiap beberapa jam lebih baik daripada melakukan 3 kali makan besar sehari. Metode ini tidak hanya akan meningkatkan metabolisme anda, tetapi juga akan terus memberi makan otak anda dengan nutrisi untuk tetap aktif. Makanan yang memiliki GI rendah memberikan anda lebih banyak energi dengan menjaga kadar gula darah pada tingkat yang konstan. Contohnya termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, beras merah dan susu rendah lemak.

5. Berjalan cepat di pagi hari

Berjalan selama 10 menit dapat meningkatkan energi anda. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa 10 menit berjalan kaki adalah peningkat energi yang lebih baik daripada permen! Membuat kebiasaan untuk berjalan kaki selama 10 menit di pagi hari (sebelum sarapan) memiliki banyak manfaat lainnya. Ini dapat membantu anda membakar kalori, meningkatkan metabolisme, membangun organ-organ tubuh anda dan mempersiapkan nafsu makan untuk sarapan.

6. Tidur siang singkat

Kelelahan dan kehilangan energi mungkin merupakan hasil dari otak yang lelah. Sebuah cara yang bagus, yang terbukti bekerja, adalah melakukan tidur siang singkat setelah makan siang. Tidak hanya anda akan meningkatkan tingkat energi anda, tetapi juga baik untuk jantung dan penghilang stres.

7. Berolahraga di sore hari

Setelah bekerja atau hari yang melelahkan di kantor, anda merasa lelah dan hal terakhir yang anda ingin lakukan adalah beristirahat. Namun olahraga dapat memberi anda energi baik fisik maupun mental untuk melanjutkan sisa hari anda. Olahraga selain bermanfaat untuk kesehatan, juga merupakan sumber energi untuk sel-sel anda dan akan membantu anda tidur lebih baik di malam hari.

8. Mengatur emosi anda dan tetap tenang

Perasaan marah bertindak sebagai pembunuh energi. Belajar bagaimana mengatur emosi anda dan tetap tenang dalam setiap situasi akan mengurangi ketegangan dan menaikkan tingkat energi Anda.

9. Tetap terhidrasi sepanjang hari

Dehidrasi dapat menghasilkan perasaan kelelahan. Minuman energi terbaik yang juga penting untuk fungsi tubuh yang normal adalah air. Minum air dengan sering juga dapat meningkatkan upaya penurunan berat badan anda.

10. Mengendalikan stres

Stres melelahkan otak, perut dan tubuh. Dapat mengelola stres akan membuat anda memiliki lebih banyak energi untuk melakukan hal-hal lain yang lebih penting. Metode yang populer untuk menghilangkan stres, termasuk tetapi tidak terbatas pada relaksasi, meditasi, yoga, serta bergaul dengan teman-teman dan keluarga.

11. Tetapkan prioritas

Anda mungkin memiliki banyak hal yang harus dilakukan dan tidak memiliki cukup waktu. Inilah sebabnya mengapa menetapkan prioritas untuk hari anda sangatlah penting. Buat daftar tugas-tugas yang paling penting di bagian atas dan yang kurang penting di bagian bawah. Perbaiki daftar anda tersebut dengan menghapus tugas yang tidak menawarkan nilai tambah dan mencoba untuk mengoptimalkan penggunaan waktu anda. Habiskan energi Anda dengan bijaksana pada hal-hal yang paling penting.

12. Minum kopi dengan kadar cukup

Banyak orang mencari produk kopi dan kafein ketika mereka membutuhkan peningkat energi. Ini adalah fakta bahwa kafein meningkatkan kewaspadaan namun cukup adalah kuncinya. Berlebihan dalam mengkonsumsi kopi menyebabkan insomnia dan kelelahan keesokan harinya.

13. Batasi konsumsi alkohol dan merokok

Konsumsi alkohol sebelum tidur malam akan membuat anda lelah di hari berikutnya, bahkan jika Anda tidur 7-8 jam. Hindari minum alkohol di malam hari dan terutama 3-4 jam sebelum waktu tidur. Menurut penelitian, nikotin akan menciptakan masalah kesehatan secara umum bagi anda, selain itu akan merangsang otak, meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan insomnia. Insomnia akan menguras seluruh energi anda pada hari berikutnya dan jika ini terus berlanjut di hari-hari mendatang, maka anda akan merasa lelah dan lemah.

14. Coba pernapasan perut

Pernapasan perut atau pernapasan diafragma dapat meningkatkan energi anda, membantu anda rileks dan melawan stres. Ini adalah teknik sederhana yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Yang harus anda lakukan adalah duduk, rileks, bernapas dalam-dalam dari hidung dan keluarkan perlahan dari mulut. Ulangi proses ini beberapa kali saat mengambil istirahat sejenak dari pekerjaan atau ketika anda berada dalam kondisi stres.

15. Tidur nyenyak malam sebelumnya

Tingkat energi anda untuk satu hari tergantung pada tidur semalam. Jumlah 7-8 jam tidur adalah optimal untuk orang dewasa. Hindari olahraga dan konsumsi alkohol secara intens sebelum tidur dan pastikan anda membaca artikel 9 Tips Untuk Membuat Tidur Anda Berkualitas untuk meningkatkan kualitas tidur anda.

16. Gula adalah peningkat energi jangka pendek

Banyak orang percaya bahwa gula adalah penambah energi, tapi ini berlaku hanya untuk jangka pendek. Gula dapat meningkatkan energi anda sementara, namun penurunan kadar gula darah kemudian akan membuat anda lelah. Yang penting adalah untuk menjaga kadar gula darah konstan dan menghindari kenaikan atau penurunan yang tiba-tiba. Jenis makanan terbaik untuk energi adalah biji-bijian yang menyediakan pembakaran energi yang stabil dan lambat untuk tubuh.

17. Peregangan dan break secara teratur

Jika anda melakukan pekerjaan manual, pastikan anda melakukan break 5 menit untuk beristirahat. Jika anda melakukan pekerjaan kantor, duduk sepanjang hari di depan monitor komputer, bangun dan luruskan kaki, lengan serta tangan. Peregangan memberi anda lebih banyak energi dengan mengurangi ketidaknyamanan otot.

18. Perbaiki mood anda

Suasana hati dan energi sangat berkaitan. Anda mungkin akan mengalami suasana hati yang buruk karena anda tidak memiliki energi yang cukup, sebaliknya anda tidak merasa berenergi karena anda memiliki suasana hati yang buruk. Mendapat pemijatan, tertawa, menonton video atau film lucu atau adalah cara yang bagus untuk mengubah suasana hati anda.

19. Ikuti jam tubuh anda

Tubuh kita memiliki ‘jam’ pilihan dan jika anda belajar untuk menghormatinya, anda dapat memaksimalkan penggunaan energi. Beberapa orang lebih efisien di pagi hari sementara yang lain tampil lebih baik di sore hari atau di malam hari. Cara yang baik untuk mengetahui apa jam tubuh anda adalah menjaga jadwal (tidur, makan, bangun) pada waktu yang sama setiap hari. Setelah anda menemukan waktu performa terbaik, anda dapat meningkatkan produktivitas dan menggunakan energi anda lebih baik.

20. Dengarkan musik favorit anda

Banyak penelitian selama bertahun-tahun mengidentifikasi peran musik sebagai peningkat energi. Suara frekuensi tinggi akan memberikan energi dengan secara efektif mengalihkan perasaan lelah. Isi iPod anda dengan lagu-lagu favorit dan dapatkan ekstra energi ketika anda membutuhkannya.

 

Loading...

 

1 comment

1 ramadhani { 12.05.15 at 5:58 am }

saya bekerja sebagai nelayan kadang ketika pekerjaan menyita waktu sehingga dalam sehari tidur kurang dari 3 jam….

Leave a Comment