Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


20 Tips Powerful Untuk Berhenti Merokok

berhenti merokok

Berapa kali anda berjanji pada diri anda sendiri bahwa anda akan berhenti merokok mulai besok? Jika anda masih membaca artikel ini, kemungkinan besar anda masih menimbang-nimbang untuk berhenti merokok. Biasanya kita membuat janji untuk berhenti merokok ketika kita mulai kehabisan napas saat berjalan menaiki tangga, setiap kali tenggorokan kita sakit, setiap kali kita membandingkan kondisi fisik kita dengan non-perokok kemudian kita menyadari bahwa kita tidak memadai dibanding mereka.

Untuk memperjelas, dan untuk menghindari kesalahpahaman, berhenti merokok adalah sebuah pilihan pribadi. Tidak ada yang bisa meyakinkan seseorang untuk berhenti merokok lebih baik dibanding dirinya sendiri. Artikel ini bukan untuk membuat kampanye anti-merokok, tidak ada keperluan untuk itu dan semua orang di seluruh dunia tahu efek berbahaya dari merokok. Artikel ini ditujukan untuk memberikan beberapa tips berguna dan mudah diikuti yang dapat membantu seseorang memutuskan untuk berhenti merokok dan bagaimana untuk mencapainya.

Merokok adalah candu. Para ahli setuju bahwa keputusan untuk berhenti merokok diambil saat perokok benar-benar merasakan keinginan untuk perubahan. Ketika perokok merasa terancam oleh kebiasaan merokok bagi dirinya dan orang lain di sekitarnya dan ketika ia percaya bahwa menjauh dari nikotin akan membawa manfaat yang signifikan baginya, dan juga ketika ia merasa mampu mengatasi perubahan. Sederhananya adalah keputusan ada di pikiran kita dan harus ada yang terlaksana. Setiap upaya dipengaruhi oleh cara dan larangan tertentu, serta jika tidak berasal dari keinginan kita pasti akan gagal.

Jadi jika anda telah mengambil keputusan, artikel berikut akan memandu anda tentang cara untuk berhenti merokok. Jika anda tidak merasa yakin bahwa anda ingin berhenti merokok, anda selalu dapat menyimpan artikel ini untuk digunakan suatu saat nanti.

20 Tips Powerful Untuk Berhenti Merokok

1. Publikasikan keputusan anda untuk berhenti merokok

Biarkan teman-teman dan keluarga tahu keputusan anda untuk berhenti merokok. Dapatkan dukungan ke orang dekat anda untuk selalu mengingatkan anda tentang target anda berhenti merokok dan manfaat kesehatan setiap kali anda merasakan keinginan yang kuat untuk merokok. Juga, yang sangat penting, mintalah teman dan keluarga untuk tidak merokok di depan anda dan tidak meninggalkan rokok di sekitar anda.

2. Tetapkan target waktu

Tetapkan target waktu selama 2-3 minggu dimulai saat anda mengambil keputusan untuk berhenti merokok. Pastikan bahwa periode ini tidak bertepatan dengan kondisi stress yang mungkin akan anda alami agar usaha anda berhenti merokok lebih mudah untuk dijalani. Cobalah untuk secara bertahap mengurangi jumlah rokok yang anda hisap dalam beberapa minggu mendatang sampai akhirnya anda berhenti sama sekali pada target waktu yang sudah anda tetapkan.

3. Buat jadwal

Atur jadwal tertentu, yang tidak terlalu ketat atau terlalu pendek durasinya, untuk mentoleransi kemungkinan terjadinya “pelanggaran”, dimana anda memiliki keinginan yang kuat untuk merokok dan jangan kecewa jika anda tidak berhasil melakukannya dalam tiga hari pertama. Teruslah berusaha. Sedikit orang yang berhasil pada percobaan pertama mereka.

4. Mulai dengan cara yang mudah

Rekamlah dalam kondisi apa anda lebih sering merokok (kebosanan, kecemasan, persahabatan, kesepian, menonton televisi, bermain kartu, kopi, dll). Beri nilai 0 sampai 5 dengan kriteria 0 adalah “seperti kereta api” dan 5 adalah “hanya jika diperlukan”.

Cari saat di mana anda merokok “seperti kereta api”, dan buatlah upaya untuk mulai berhenti merokok secara bertahap. Dengan cara ini anda akan membuat awal yang baik dan juga meningkatkan kepercayaan diri anda untuk melanjutkan pada tahap untuk berhenti merokok sepenuhnya.

5. Hindari kebiasaan yang membuat anda merokok

Hindari alasan utama yang menyebabkan keinginan anda untuk merokok seperti minum kopi, alkohol, acara malam, berdebat dll. Jika anda tidak bisa melawan godaan, cobalah untuk mengkonsumsi produk susu, buah-buahan dan sayuran lebih banyak, seperti telah ditunjukkan dalam survei bahwa makanan tersebut akan memberikan cita rasa yang kurang enak dalam merokok.
Juga hindari kebiasaan yang selalu anda kombinasikan dengan merokok seperti menonton televisi, membaca majalah atau surfing internet.

6. Carilah kesibukan

Terutama di hari-hari awal anda mencoba, carilah kesibukan dengan hal-hal yang anda sukai dan cobalah untuk tidak meninggalkan banyak waktu untuk menyendiri sehingga terpikir keinginan untuk merokok. Juga, cobalah untuk mengalihkan keinginan tersebut dalam kegiatan yang intens, misalnya dengan melakukan beberapa kegiatan olahraga, berjalan atau bersepeda.

7. Tidur lebih banyak

Cobalah untuk tidur lebih banyak dari yang biasanya anda lakukan. Tubuh dan jiwa menjadi lebih lelah karena upaya untuk berhenti merokok sehingga membutuhkan istirahat lebih banyak. Disamping itu, jam tidur adalah saat dimana anda tidak berpikir untuk merokok.

8. Minum lebih banyak air

Cobalah untuk minum lebih banyak air. Air membantu dalam menghilangkan racun dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh anda lebih cepat, sekaligus mengurangi keinginan anda untuk merokok.

9. Kunjungi tempat tanpa asap rokok

Cobalah untuk menghabiskan berjam-jam sehari di tempat dimana merokok tidak diperbolehkan, seperti perpustakaan atau toko buku. Jika anda mengambil istirahat untuk duduk minum kopi bersama teman-teman, pilihlah non-smoking area.

10. Buatlah tangan anda sibuk

Buatlah tangan anda sibuk. Telah terbukti bahwa salah satu alasan orang-orang tetap merokok adalah karena kebiasaan merokok mereka terhubungan dengan apa yang mereka lakukan dengan tangan mereka. Buatlah tangan anda memegang apa saja, kecuali rokok, seperti memegang pena, secarik kertas, atau apapun yang dapat mengelabui diri anda, yang digunakan untuk membuat gerakan mekanis merokok (sebuah gerakan yang sama berulang-ulang ketika merokok).

11. Hindari godaan merokok setelah makan

Kebanyakan perokok cenderung untuk merokok segera setelah makan. Berdiri segera dari meja anda setelah makan untuk sikat gigi atau berjalan-jalan. Cobalah untuk tidak masuk ke dalam godaan merokok.

12. Jangan jatuh ke dalam “perangkap satu batang rokok”

Cobalah untuk menahan godaan untuk merokok “hanya satu batang”. Hal ini untuk memastikan bahwa sekali anda merokok satu batang saja maka anda akan merusak usaha anda untuk berhenti merokok, karena rokok berikutnya akan segera mengikuti.

Jika anda jatuh dalam perangkap, jangan menghukum diri anda terlalu keras. Cobalah untuk tidak membuat kesalahan yang sama lagi dan selalu ada dalam pikiran anda bahwa ini hanya kesalahan langkah sementara dalam upaya anda untuk berhenti merokok selamanya.

13. Coba gunakan pengganti nikotin

Jika anda merasa bahwa kurangnya nikotin menciptakan gangguan, atau jika dalam beberapa hari pertama anda tidak berhasil berhenti merokok, cobalah gunakan pengganti nikotin, seperti permen karet nikotin. Ini akan membantu anda untuk menyingkirkan kebiasaan mencari rokok dan pada akhirnya akan membantu anda untuk berhenti merokok.

14. Cobalah akupunktur

Akupunktur adalah metode alami pengobatan ketergantungan nikotin, tanpa rasa sakit dan aman. Dengan satu sampai lima kunjungan akan mengurangi intensitas gejala seperti tekanan psikologis, kecemasan, ketegangan, depresi, dan perasaan kosong yang disebabkan oleh penggunaan obat jangka panjang seperti nikotin. Survei juga menunjukkan bahwa akupunktur meningkatkan vitalitas dan kesuburan serta membantu otak untuk berpikir jernih.

15. Beri penghargaan untuk diri sendiri atas upaya keras anda

Hadiahi diri anda sendiri untuk setiap hari tanpa rokok. Sebuah ide yang baik ke arah ini adalah dengan menggunakan uang tabungan karena tidak merokok untuk membeli sesuatu atau pergi berjalan-jalan.

16. Perhatikan diet anda

Pertimbangkan konsultasi pada ahli gizi dan mengikuti program gizi untuk beberapa bulan pertama, mengingat mayoritas perokok mendapatkan tubuh mereka naik beberapa kg karena mereka cenderung makan/mengemil lebih banyak sebagai tindakan pengganti untuk tidak merokok.

17. Berpikirlah positif

Jangan anda berpikir berhenti merokok sebagai sebuah pengorbanan. Pikirlah bahwa anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dengan tidak merokok.

18. Terima kelemahan anda

Rekonsiliasi dengan kelemahan anda, dan jangan mengucilkan diri anda karena anda merasa tergantung pada tembakau. Kenyataannya memang jika merokok tidak ada gunanya, maka tidak ada seorang pun yang akan merokok. Solusinya adalah dengan mampu secara bertahap menjejali otak anda dengan efek-efek negatif dari merokok dan pada akhirnya mampu merubah persepsi menjadi keuntungan-keuntungan karena berhenti merokok.

19. Merokok secara sadar

Maksudnya adalah ketika anda melakukan aktivitas-aktivitas dimana anda selalu kombinasikan dengan merokok, katakan “sekarang saya akan merokok”. Cara ini akan membantu anda secara perlahan-lahan melepas rokok dari kegiatan bersamaan lainnya, seperti mengemudi, surfing di internet atau berbicara di telepon. Menyadari merokok dalam jangka panjang akan membantu mengatasi masalah “merokok tanpa sadar”.

20. Berhenti merokok – Mulai dari sekarang

Anda sudah membaca cara untuk berhenti merokok dan anda juga memiliki kemauan untuk melakukannya, mengapa tidak memulai usaha anda dari sekarang. Tetapkan target tanggal anda dan ikuti langkah-langkah di atas. Berhenti merokok benar-benar bermanfaat untuk anda dan kesehatan anda.

Sekali lagi ini adalah pilihan anda …

 

loading...

 

226 comments

1 Riky Fernandes { 09.08.13 at 11:41 am }

i try….doain ya….

2 Arif AJF { 09.14.13 at 10:33 pm }

Buat jadwal dan cari kesibukan mungkin paling ampuh buat saya.makasih ya gan

3 Nuril { 09.21.13 at 6:29 am }

Terimakasih atas bantuannya

4 billy { 09.25.13 at 12:31 am }

dalam 20 cara di atas memang bermanfaat.
Tapi ada satu cara lagi yang paling ampuh yaitu taman lah niat di halam hati anda untuk berhenti merokok

5 Firman { 10.06.13 at 11:17 pm }

emank ampuh coy

6 losgalacticos_el real { 10.13.13 at 11:15 pm }

sya cba dlu brow..

7 ndomang { 10.23.13 at 10:12 pm }

satu lagi nich,,klo mau pake hipnotis pun di tempatku ada..

8 putri { 01.31.16 at 6:16 pm }

Dimana alamatnya??? Kirim by email yaa!!!

9 Reky { 06.28.16 at 3:02 am }

Bismillah….hari ini saya putuskan berhenti merokok …doakan saya berhasil teman teman

10 power rangers blue and pink { 10.26.13 at 1:00 pm }

Ngrokok aja gan,coba deh kerumah sakit liat pasien yg sakit ,mereka semua yang gak merokok pun banyak tuh tp tetep aja kena paru,jantung jg…

11 agustri hartono { 10.26.13 at 9:14 pm }

saya sering kali mencoba untuk berhenti merokok, tapi tiap kali aku mencoba menjauhi rokok justru semakin parah.. dan saya blm pernah mencoba cara” seperti yg tertulis di artikel AGAN diatas.. mudah”n artikel diAtas mampu memotifasi diri saya.. terimakasih gan.

12 gilar8ball { 10.27.13 at 10:24 am }

thanks bro
membantu sekali

13 cacakk kenterr { 10.29.13 at 10:40 am }

Hmmmmm ckup berat, tapi akn aku coba

14 ahmad { 10.30.13 at 10:48 pm }

Jarene simbah kakung ngrokok matek ndak ngrokok yo matek.. Mendingan ngrokok ae sampek matek bro

15 nno { 10.30.13 at 11:36 pm }

Cara yg pling ampuh bwat brenti ngrokok itu y mrokok smpe si bos dapet pnyakit..
Ntar klo udh dapet pnyakit . . Psti brenti ndirii.. :D

16 fahrurrozy { 11.03.13 at 9:41 pm }

Thanks gan , semoga saya berhasil

17 seva { 11.10.13 at 2:46 am }

Seakan hanya kematian yg bs mghentikanku tuk tidak merokok.,slu gagal tp tetap kan ku coba sampe ajal tiba

18 greg { 11.14.13 at 11:30 am }

Thanks saran dan motivasinya, saya merokok sejak usia sd kls 6 smpai skrg umur 39 thn. Setiap harinya saya menghabiskan 1-2 bks rokok. Saat sy sakit sy benar-benar merasakan penderitaan, salasatu penyebabnya adalah akibat dari merokok. Sayapun membangun suatu niat baru utk berhenti merokok dan akhirnya sukses bro…., karena sy tdk ingin menderita kembali akibat merokok. Tips dan penjelan diatas benar saya alami dan sangat membantu saya utk berhenti merokok dengan menaruh niat dan janji utk tdk lagi merokok didepan mata, hidung, telinga, mulut saya, istri dan anak-anak. Pesan saya, jika anda kembali merokok, satu btg dari satu bungkus anda blh hisap, sisanya anda hancurkan dengan tangan anda sendiri.

19 AFIN { 04.01.16 at 1:03 pm }

Wah..syg sekali..
Pdhl beli sebatang aja bisa..sisanya 15 batang kali harga per batang bisa dijual ke temen..

20 maxi { 11.17.13 at 2:02 pm }

thanx, semoga membantu.

21 Bambang sumantri { 11.17.13 at 2:36 pm }

Jika Tuhan Menyertai saya akan usaha saya,saya pasti bisa

22 Somad { 11.18.13 at 2:24 pm }

Susah tpi pingin coba

23 jefriobenk { 11.21.13 at 12:13 pm }

Waw emng butuh perjuangan gan’. Tapi insya allah kalu udah niat dri hati pasti berhasill amiinn ya allah.

24 Herlin { 11.23.13 at 10:39 pm }

Makasih yaa entah om mas broo poko’ea daah tips’ea bisa di mulai coba dari hari esok saat matahari terbit

25 andhy { 11.28.13 at 8:30 pm }

Mkasih ea gan. Mdah”an ini bisa mmbantu sya untuk brhnti mrokok,,

26 Andi { 11.29.13 at 11:12 pm }

Terima kasih atas bantuwan nya.

27 andra { 11.30.13 at 1:26 am }

Thankz bro masi dalam pengujian tapi paya bener….hehe

28 dhani { 12.02.13 at 1:48 pm }

Hati aku terasa berat sekali melepas roko’ mau nangis kayak.a menurut q d tinggal pacr biasa tp di tinggal roko’ luar biasa

29 Aguz { 12.03.13 at 11:34 pm }

Pabrik e kon tu2p wae,biar g pda merokok,gtuu z repot

30 dika { 12.04.13 at 11:38 pm }

cakep nih tips nya

31 Amsya { 12.05.13 at 3:06 pm }

kyanya membntu bnget nh…
thanks ea…

32 oence { 12.08.13 at 7:39 pm }

Tank ya bro atas tips nya..
Aku pasti bisa……

33 Dani { 12.13.13 at 8:00 pm }

Dulu saya pernah berhasil selama 2 Tahun Ga rokoan, tp sekarang rokoa lagi, lupa cara berhentinya coba saya inget2

34 edo makarizo { 12.16.13 at 10:01 am }

Akan aq coba,krna jantung saya sdh mlai terasa sesak saat brolah raga

35 sesejuk pagi { 12.19.13 at 3:42 pm }

Keren sob, tapi susah di jalani

kalo sempet mampir ke blog saya ya
sy jg ada article terkait rokok.
terima kasih

36 wasis handayanto { 12.20.13 at 1:24 pm }

wah kuat aku cobak, laguk den ne inik. g ngerokok rasanya rugi sekali, padahal mau bgt berenti. g da cara yang lbh simpel?

37 abe { 12.23.13 at 11:26 pm }

Artikel yang menarik , saya baru saja berhenti merokok 5 hari dan keinginan pun masih cukup kuat dan harus diakui saat ini tidak terasa seberat hari ke-2 (yang terberat menurut hemat saya) dimana keinginan begitu besar dan otak terus mengirim sinyal untuk dipenuhi kebutuhan nikotinnya…laiknya crack cocaine maupun kafein yang merupakan stimulant , perjuangan untuk berhenti adalah seumur hidup , secara fisik kita tidak merasa terbeban bahkan jauh lebih bugar dan sehat namun secara kebiasaan atau habit , ada ribuan signal yang mungkin mengingatkan kita pada “nikmatnya” si nikotin…nikmatnya menghisap si pembunuh, namun saya ingin bebas dan sudah saatnya kita tanamkan dalam diri kita (perokok) bahwa merokok itu tolol , tidak keren , bau dan udik..sebaliknya tidak merokok itu hebat , gagah , keren dan cerdas :) … kita pasti bisa !

Komentar seorang mantan perokok setia 234 selama 20 tahun terakhir, saban hari menghasilkan +/- 30 puntung di asbak kesayangannya.

38 riso { 12.26.13 at 11:20 pm }

Cara jitu berhenti merokok?
Bunuh diri ajah semuanya akan kelar mas bro,,hehe

39 johanes { 12.29.13 at 3:50 am }

Di coba dulu ahh.. Aku merokok udah 20 thn, sehari minimal 2 bks. Saat baca artikel ini pun sambil ngerorok.. Komennya abe sangat memotivasi. Artikel ini+komen Abe+greg, mudah2an aku bisa stop merokok. Doain.. Yaa…

40 Jonathan { 12.29.13 at 5:19 pm }

Thanks brow, saya akan coba..

41 don { 12.31.13 at 3:25 am }

menarik gan d baca nya patut d coba

42 jaya { 01.04.14 at 7:06 pm }

hari ke 3. semoga benar2 bisa untuk tidak merokok kembali.

43 Rieda { 01.06.14 at 12:33 pm }

Klo yg gak ngeroko ajj kena sakit paru sama jantung,,,apalagi yg ngeroko !!!
Tqs bwt artikelnya.sya lg cb mo brenti ngeroko

44 Panglima Melayu { 01.06.14 at 7:57 pm }

Terima kasih atas artikel yg dpublish kan, semoga apa yang disampaikan dapat menjadi manfaat terhadap diri saya dan semua orang,

45 intan perceka { 01.20.14 at 9:04 pm }

semoga dg tips di atas saya bisa membuat teman saya berhenti mrokok. Pasti bisa! Mksh gan

46 Akhmad { 01.22.14 at 9:40 pm }

Sya akan mncbanya . . .
Do’a kn sya bsa gan ?!

47 Andy { 01.26.14 at 12:56 am }

Susah banget rasanya pengen berhenti, coba dulu deh siapa tahu berhasil.

48 adhitya justiansyah { 01.29.14 at 9:50 pm }

rokok itu kayak nyawa saya.
Tpi saya tetap usha untuk brhnti.

49 Iman { 02.01.14 at 7:57 am }

Mudahan manjur
Amiin

50 abe { 02.01.14 at 8:59 am }

update , 1 bulan 13 hari bebas tembakau.
Nyaris gagal tak lama setelah menulis komentar di atas…acara kongkow-kongkow beberapa hari setelah tahun baru , semua ngebul kecuali gw…mantappppp, ingin rasanya nabokin para bajingan tersebut , yang dengan sumringahnya terus menggoda…mana rekan terdekat asik memijit-mijit 234 dan memutar-mutar di bawah hidung sambil menghirupnya dalam-dalam…”sial” !

Namun akhirnya teringat akan orang-orang yang menjelang setengah tua ini, mereka juga ingin berhenti sama seperti diri gw sebelumnya, mereka juga sudah capek dan bosan sebenarnya , mereka juga sudah muak dan sesak akan bau rokok , namun sang nikotin tetap menang selalu…sedangkan gw ? udah berhasil seminggu tanpa bas-bis-bus , asbak kesayangan mulus berkilau tanpa cacat , duduk manis laiknya anak balita sehabis mandi sore.

Bibir yang sedari awal manyun berubah menjadi senyum mengejek dikala melihat kawan yang “Terpaksa” menjadi lokomotif uap ala jaman lucky luck … “Kasihan” tak terasa keluar dari mulutku yang sibuk mengunyah wrigley…”heh” ? kata sang kawan , kasihan kenapa ? …” ya elu kasihan, dari dulu pengen berhenti , ngajarin gw pake ini itu , rokok elektrik lah , nicotine gum lah , inhaler…saampe sekarang masih asoy geboy aja ngurangi umur ” … “sial loe ! hehe” , mulutnya sedikit ternganga , keluar sedikit asap hasil proyeknya, terkatup dan kembali terbuka sedikit seperti hendak menyahut atau membalas dengan guyon khasnya, namun hanya hening dan asap yang dihasilkan…shhhhhhhhhhhh.

Kutepuk pundaknya yang sedikit tebal (entah oleh timbunan lemak atau apa…kenapa ini orang jadi makin tebal saja ?) “Kalo gw bisa , elu juga pasti bisa ” sambil menampilkan senyum sejati seorang teman , “kita bisa berhenti minum-minum (berlebihan, sosial mah masih hehe) , bisa hidup relatif setia (ehem) etc, masa kalah sama gulungan kertas segede jari ? ” … sang sobat tersenyum getir , pandangannya sedikit kosong , gw kenal dirinya, dia mendengar dan gw tahu dia juga ingin bebas, namun gw juga sadar , mind-setnya masih terjajah.

Sebelum menyalakan mesin mobil untuk kembali ke rumah, kutarik nafas dalam-dalam , kunikmati setiap aliran oksigen yang memenuhi paru-paru…NIKMAT , luar biasa. Sepanjang jalan senyum menghias wajah , seolah begitu terpesona akan kecantikan temaram lampu jalanan yang mewarnai kota…oh yeah, aku adalah pemenang !

Setiap bulan gw akan berusaha untuk update (Dan semoga tidak relapse tentunya hehe) untuk memotivasi diri juga rekan-rekan yang ingin berhenti atau dalam proses

@ bung johanes
Bagaimana bung ? sudah mulai berhenti ? bila ya , selamat dan berikanlah reward setiap jangka waktu tertentu , bila belum….jangan ragu, anda pasti bisa !

There is no genuine pleasure or crutch in smoking. It is just an illusion, like banging your head against a wall to make it pleasant when you stop. = Allen Carr =

51 ganda manullang { 02.02.14 at 1:59 pm }

coba dulu bro! (Y)

52 dwijati { 02.03.14 at 8:22 pm }

Mudah2an ane bisa berhenti ya gan??
Mohon doanya

53 Erik { 02.06.14 at 11:19 am }

Pabrik nya gmn

54 Javic { 02.07.14 at 4:52 pm }

Bro, Merokok mati ngga merokok juga mati lebih baik merokok sampe mati !!!
Buat apa susah payah buat berhenti merokok….

55 Putri Lalla { 02.08.14 at 9:28 am }

Yang beri komentar rata2 cowo, mungkin saya cewe sendirian yaa, masih pesimis sama diri sendiri, takut ga berhasil sama tips2 yg diatas, :'(

56 farid yusuf { 02.15.14 at 11:20 am }

InsyaAllah saya akan berusaha……thnks

57 Yuyut Wahyudi { 02.20.14 at 12:53 pm }

perbanyak olahraga juga bisa kurangi rokok, tipsnya sangat membantu untuk yang mulai berhenti merokok

58 iwan_panper { 02.20.14 at 10:50 pm }

jangan mau di perbudak oleh rokok. .+ bayangkan uang yg susah payah kita cari . .akan habis di porotin ‘rokok** sdngkn yg drumah udah nungguin memang sering kali orang bngga jika ia menghabiskn bnyk rokok spnjng hari . krna menurut.a rokok adl sbgian dr gaya hidup* mari matikan rkok sblm rkok mmtikn anda

59 abe { 02.20.14 at 11:15 pm }

Update 2 bulan 1 hari bebas Tembakau

@ Javic ,
Menurut sejarah panjang manusia , memang setiap orang akan mati dan jujur saya berhenti merokok bukan karena takut mati lebih cepat , TAPI INGIN HIDUP LEBIH SEHAT ! dan yang bilang susah siapa ? menyenangkan kok , itu kan mindset kita saja yang membuat kita kalah.

@ Putri
Selama kita pesimis , selama itu juga kita akan kalah dan selama itu pula kita akan tersiksa meski kita berhasil berhenti untuk jangka waktu yang lama. Ini bukan kali pertama gw berhenti, dan meski baru 2 bulan bebas rokok namun ada suatu hal yang membedakan gw yang sekarang dengan gw yang dulu. Dulu gw berhenti tapi merasa bahwa itu merupakan siksaan , sekarang gw berhenti dan merasa itu sebagai sebuah berkah , kenikmatan !

Semua dari mindset kita , nikotin itu memanipulasi otak kita dan membuat seolah-olah kita akan mampus tanpa-nya seperti sinyal yang dikirimkan ketika perut kita kosong , lapar !! dan setelah kita makan maka rasa itu hilang , problemnya …. tanpa makanan tubuh kita akan lunglai dan tidak ada energi , namun TEMBAKAU bukan memberikan energi atau membuat hidup lebih panjang melainkan menyiksa kita dan sangat mungkin memperpendek umur …. sisi positifnya cuma memperkaya orang-orang yang superkaya , sehingga bisa beli Bank etc :) kalau ada argumen mengenai penerimaan cukai , tenaga kerja , petani …hah , itu semua tidak sebanding dengan harga dari kesehatan rakyat yang merokok , waktu produktif yang dihisap oleh Nikotin , istri dan masa depan anak yang menjadi terlalaikan (mengingat sebagian besar adalah laki-laki dan pencari nafkah utama dan juga banyak yang berada di bawah garis kemiskinan – ironis)

Rata-rata orang yang membela rokok itu cuma mereka-mereka yang diuntungkan oleh industri ini , yang terpaksa berada di industri ini , para legislator juga departemen yang menerima “upeti” dan terakhir adalah tak lain dan tak bukan orang-orang yang tidak “mau” untuk berhenti merokok , korban sekaligus pahlawan bagi TAIPAN-TAIPAN perusahaan rokok.

Akhir kata , bagi rekan-rekan yang masih merokok dan ingin berhenti , kembali sebuah quote dari Allen Carr :

“Remember, those cigarettes never were genuine rewards. They were equivalent to wearing tight shoes to get the pleasure of taking them off. ”

salam sukses,

abe

60 JP Nuba { 02.21.14 at 3:14 pm }

Selamat sore semuanya.
Saya merokok dari SMP kelas 3, dan rokok yang saya isap adalah Marl**ro Merah. Sekarang umur saya 33 tahun. Setiap harinya saya biasa menghabiskan 1 bungkus rokok, dan biasanya bakalan nambah sampe 2 bungkus sehari kalo saya sudah di depan komputer dan di kejar deadline pekerjaan, kalau sudah dalam kondisi seperti itu, biasanya keyboardpun jadi asbak saya. Itu dulu waktu saya masih kerja kantoran, sekarang setelah hampir 3 tahun bekerja di lapangan sebagai surveyor topografi, saya rasakan banget kalau fisik saya sudah ga kuat untuk bekerja di lapangan
Setelah melakukan pertimbangan yang matang, saya mencoba untuk berhenti merokok sejak tanggal 10 februari 2014 lalu. Sekarang sudah 10 hari saya bebas dari rokok. Semoga seterusnya masih kuat bertahan.

61 yohanes dwi putra { 02.23.14 at 1:54 pm }

ini saya sudah berhenti merokok total.awal ngrokok sejak SD kls 5 n brhnti kuliah smester 1 sekarang smster 4.
tips saya :
1. kalo udah gk kuwat pengen coba ngrokok.ngrokok aja tp yg bnyak minim 5bungkus kretek per hari sambil ngopi.biar tenggorokan anda sakit.minim udah buwat anda sadar…haahaa itu udah mulai intropeksi bwt ngatur jadwal brhnti ngrokok.
2. katakan pda tman2 anda bhwa anda brhnti merokok.nnti pasti d godain apalgi asapnya di tiup di depan hidung kita.biar gak di suguhin rokok lg sama teman.biarpun tmn2 kita bilang aneh2 gk usah d pikirin.pikirin tuh kesehatan elu
3.merusak kebiasaan buruk contohnya dgn olhraga,kalo aq sih olahraga pacaran hahaha kalo aq ngrokok d tampar mulutku ma pcar tuhhhh cwek yg baik ngasih perhatian yg baik itu tndanya sayang gak malah cwoknya ngrokok cweknya ikut2tan atw d biarin ja.
4. jgn coba 1 bijipun.atw menghirup aroma rokok.MESKIPUN ITU SELESAI MAKAN… kalo bisa siapkan hidangan pencuci mulut.
5. cari kegiatan yg brmanfaat hindari kbiasaan melamun.kalo buang air besar pgen ngrokok minumlah air yg banyak dulu..gk usah ngrokok.
6. kalo di rmah,tmpat krja,kmpus dll ngemut permen aja..kalo bisa jgn rasa kopi ntar malah pengen kopi terus akhirnya rokok..
7. setelah anda sudah brhenti merokok bandingkan dgn tman anda yg merokok ajak bicara dgn anda tuhhh baunya kayak bangkaiiiii…… hahahaa pantesan cwek gua protes terus.
8. kalo pengen ngrokok lg…. ya berati anda tidak berniat bwt berubah..butuh proses brow aq udah brhenti terus lanjut lgi ngrokok tp yg ke 4 kalinya udah brhasil sembuh total… intinya menahan diri dlm kbiasaan mrokok..

kata2 mutiaraku dulu. orang yg merokok itu mati yg tidak merokok itu juga mati.kata2 orang perokok tuh.
yang sekarang matikan rokok sebelum rokok mematikan anda kalo mati duluan gimana? minimal udah menghargai hidup yg d berikan Tuhan. goog luck brow hidup sehat tanpa asap kematian.

62 rudi { 02.26.14 at 1:05 am }

Saya baru berhenti rokok 3 hari.. buset bener2 tersiksa banget.. setiap kali sell kepikiran sama nicotine itu nikmat bgt.. tapi tiap kali da pegang rokok.. g jadi kesel.. knp g bisa kalah gara2 sebatang rokok ini.. gimana kalo orng yg candu narkotika mau berhenti kalo ternyata berhenti rokok aja susah… akhirnya tuh rokok sama korek yg tersisa 3 hari lalu g buang ke tong sampah.. sambil dalam hati berkata.. mudah2an semua orng yg ngerokok bisa merasakan kekesalan g saat ini.. biar pabrik rokok pada tutup semua..
Intinya kalo mau bener2 berhenti..ga boleh ada rokok dan korek serta asbak yg qt simpen..nanti malah jd kepikiran terus menerus ke nicotine..
Tp g jg baru berhenti 3 hari si.. tapi g yakin kali ini g bisa berhenti dr rokok..
Mohon doanya yah.. tq

63 rudi { 02.26.14 at 1:13 am }

Oh iya ada sedikit tambahan mungkin dr pengalaman pribadi g sendiri..
Setelah berhenti rokok 1-2 hr.. badan qt bakalan lemes.. kadang malahan bisa batuk dan pilek.. karna candu nicotine yg ga terpenuhi.. g yakin buat yg mau berhenti ngerokok pasti susah banget ngelewatinnya pas malam hari.. ntah itu ga bisa tidur maupun gelisah karna kepikirn trus sama rokok…
Kalo g pribadi..karna ada batuk dan pilek sedikit2.. akhirnya g minum actifed merah..
Sekali minum jos betul..5-10 menit kepala keleyengan dan badan pu jd lemes.. siap tuk tidur pulas
Tp hati2 dengan pemakaian di luar dosis.. g gak bertanggung jawab akan hal itu.. cuman kasih pemasukan pengalaman pribadi aja..

64 yudha { 02.28.14 at 7:26 am }

Yang terpenting jika ingin berhenti merokok kucinya adalah adanya niat untuk ingin berhenti dengan di imbangi gimana anda berusaha agar bisa berhenti merokok.

65 rudi { 03.03.14 at 8:44 pm }

Saya di hari ke 7 malamnya kebobolan.. ngerokok 7batang dalam sekejap.. jadinya masih bs lanjut ke tahap berhenti atau musti mulai ulang dari awal yah?..
Setiapkali otak sell mikir kalo rokok itu nikmat bgt.. knp dah 9 hr ini rasa candu masih ada ya

66 zeff { 03.05.14 at 11:34 am }

Saya ngeroko dari kelas 1smp hingga skrng umur saya 27thun .. Berarti udh ngeroko kurang lebih 15 tahunan. Gila ya sobb !!!

Dan itu pun udh brpa x nyoba berhenti,tapi tetep GaTot alias Gagal Total_wlupun beberapa faktor yg mendukung saya bwt berhenti .. Ga ngaruh mungkin .. Hehehe

Tiap bangun tidur bukan sarapan yg dicari malah roko !!!
Tiap beres makan ngeroko !!!
Tiap BaB ooouuupppss, ngeroko !!!
Tiap nonton tv, ngeroko !!!
Dan blum yg lain nya ”

Ada perasaan cape,bosan dengan hidup disertai asap roko dan pola hidup yg jelas jelek bgt,,parah kan ??
Ingin merasakan menghirup udara tanpa hambatan,sesak atw bahkan sakit _ amit ” ahh
Ya seperti sebelum mengenal roko,ya pokonya nafas seperti saya masih duduk di kelas 6 SD akhir .. Hehehe

Jujur hari ini saya masih menjadi pecandu roko dan ingin mencoba berhenti total bukan sementara atw sementahun ..
Setelah baca semua langkah/cara dan komentar” sobat” seperjuangan,banyak hal yg bisa saya petik dan pelajari betapa NIKMATnya hidup sehat tanpa asap roko ..

Hari ini tgl 5 maret 2014 saya berjanji sama sobat” perjuangan,terlebih diri sendiri_ingin membulatkan tekad untuk berhenti meroko dan mungkin dengan dukungan dan sling mendoakan saya bisa dan sobat” yg lain pun bisa berhenti total,ya walaupun memakan waktu,butuh tahap dan butuh perjuangan ,, saya akan mewujudkannya dari mulai sekarang_amiieeennn

Nb : dari 2 bungkus dikurangin dulu tiap hari nya dan seterusnya dikurangin_trus berhenti dewh_yg pnting niat qta sob ..
Optimis,yakin,percaya,berusaha klo qta bisa sobbbbb !!!!

Thx fOr all

67 eko { 03.10.14 at 10:15 am }

sip aku akan coba. udah lama banget aku menghabiskan 2 bungkus perhari. emang sadar kalau rugi materi atau juga kesehatan tapi kokya sulit berhenti. optimis kita pastimampu

68 gugun wahyu { 03.13.14 at 8:18 pm }

ampunn gustii
ampe ngejambak rambut saking susahnya nahan diri

69 hasank { 03.17.14 at 6:31 pm }

sipp
aq sdh mencobanya minggu yg lalu dan aq mendapatkan hasil yg sangat baguz dan aq berhenti merokok

70 dicky { 03.20.14 at 9:45 am }

ijin share trims informasinya
promosi ya akun fb @indonesia TANPA rokok
trims

71 alqy { 03.22.14 at 1:40 am }

Makasih ya gan.. Ingsya allah aku akan mencobanya..

72 acunk { 03.24.14 at 10:40 pm }

Yg penting jgn berfikiran untuk merokok, krn penyebab utama orng merokok adalah fikiran yg cenderung ke rokok

73 Kedy { 03.25.14 at 12:50 pm }

Saya benci rokok, tapi rokok ini menjerat kuu…

74 John-Flores { 03.25.14 at 3:19 pm }

Kelihatannya emang tampak bodoh, berhenti merokok mesti googling, tapi setalah aku baca, ada niat yang besar u berhnti dan berusha mninggalkan si merah (aku ngrokok sjk kls 3 Sma, tingkat parahnya sekitar 7 tahun belakangan).
7 Thun, 7 kali 365 hari kali Rp.10.000,-… Itu duitnya. Asapnya?? 7 kali 365 hari kali 12 batang kali 20-30 kepulan/batang… Ohh… Betapa rusaknya paru2 ini… Air saja di masak kira2 30 menit, kalo asapnya di gabungkan, harusnya saya sudah mendidihkan ratusan galon air slama 7 Tahun terakhir, belum di tambah beberpa tahun sbgai perokok pemula.
2 kali berjuang stop merokok. kali pertama sukses 2 minggu terus ”kereta”’ lagi, kali kedua skitar 2 bulan, trus kereta lagi gara2 ikut pesta nikah teman, kdinginan ”terpaksa” merokok walhasil semua yg sudah berjalan gagal total. Kini lebih parah lagi.
HARI INI AKU JANJI.
DIDEPAN SEMUA PENGUNJUNG BLOG INI, SAYA AKAN BERHENTI MEROKOK SAAT INI JUGA. MOHON DUKUNGAN DARI TEMAN-TEMAN YANG SUDAH SUKSES MELEPASKAN LINTINGAN DAN ASAP PERUSAK ITU. KALO BERKENAN, INGATKAN SAYA UNTUK TUGAS MULIA INI. SATU ORANG BERHENTI MEROKOK HARI INI, AKAN ADA SERIBU LAINNYA TERBANTUKAN.
Mohon dukungan dari semua yang sedang berjuang, yang sudah sukses atau yang baru mulai berusaha, ataupun yang belum berniat, mari saling membantu, ini nomor hp saya, mohon beri dukungannya ke saya lewat nomor ini. 081246315308. saya SUNGGUH MEMBENCI ROKOK, TAPI TERUS SAJA MENIKMATINYA. MAKASIH ATAS BANTUANNYA.

75 Ferychaz { 03.30.14 at 8:10 pm }

Siip. Udah 2 minggu lebih ane berhenti ngerokok :D

76 irfi { 04.06.14 at 10:23 pm }

memang berat untuk berhenti merokok tapi tetap harus berusaha untuk kesehatan diri kita dan orang disekitar kita . “hidup sehat itu Indah !!

77 yudi saputra { 04.09.14 at 8:17 pm }

saya sudah aktif merokok dari kelas 5 SD,
skrg saya kelas 3 SMK.
saya ingin skali brhenti merokok, tapi, stiap kali saya menjauh dri rokok, saya merasa jadi orang dungu,.
bagaimana cara mengatasi nya sobb ?

78 Rini { 04.10.14 at 8:54 am }

Tips Yang sangat bermanfaat, khusunya bagi yang ingin berhenti merokok dapat mencoba tips diatas, bila dirasa masih sukar… boleh juga di coba dengan bantuan obat tetes ajaib…

79 tank { 04.16.14 at 4:01 pm }

mana nih bung abe update nya ane bisa brenti mrokok karena termotivasi baca komen ente dan hari ini sudah 1 bulan 4 hari bebas dari belenggu nikotin mkasih bro

80 Agung { 04.16.14 at 11:01 pm }

Bro jual permen karet nikotin atau koyo nikotin dimana??
Sama saya mau tanya, kenapa bila sudah berhenti merokok tetap terkena KANKER ada yang bisa jawab kaga??

81 John-Flores { 04.18.14 at 1:04 pm }

Halo rekan2… Bagaimana kesuksesan stop rokoknya??? Ayo tinggalkan rokok.

82 afuk { 04.18.14 at 6:58 pm }

berjuang dengan minum air yang banyak pasti berhasil

83 tank { 04.20.14 at 4:43 pm }

rekan-rekan seperjuangan, setelah sebulan lebih tdk merokok, keinginan masih sangat kuat . apalagi lingkungan sangat mendukung unk itu , tapi ada 1 motivasi yg membuat sy bertahan tidak menyentuh asap putih nikmat itu, coba rekan perhatikan raut muka perokok itu terlihat lusuh , kering , dgn bibir hitam dan keriput , baru sebulan tdk merokok sy merasa lebih muda, dan segar dgn bibir berwarna kemerahan , apalagi sy bekerja di lsm yg banyak berhubungan dengan ibu-ibu muda , jadi tambah pd ketika mereka yg sudah mengenal saya mengatakan kalau saya sekarang jadi tambah ganteng dan awet muda, he he he . itu yg membuat sy terus bertahan tdk merokok. unt teman-teman . terus berjuang !!

84 toplez { 04.28.14 at 5:18 pm }

aku jugha mau berhenti merokok,,,
hari2 ku sangat buruk , kalo stress slalu carinya rokok, dan parahnya lagi hari2 ku slalu penuh stress,,, so sang pembunuh yg nikmat gax bisa lari dari sela2 jari ku,,,
padahal dmpaknya dah sngat aku rasain,, daya ingatku mkin lma mkin parah,,, pdahal aku sangat mmbutuhkan yg nmanya daya ingat kuat , aku seorang mahasiswa kesehatan tpi tololnya merokok,,, memang keinginan brhenti kalo kta dah ngrasain dmpaknya, tapi susah sekali berhenti,,,,
dan smoga artikel ini bisa bermanfaat bagi ku dan semuanya
selamat ya yg sudah bisa brhenti merokok,
ayo kita berjuang yg msih merokok, untuk berhenti merokok
CIGARETTE IS A REAL KILLER

85 Rully { 04.30.14 at 8:30 am }

terimakasih, artikelnya benar2 powerfull. Pengen banget berhenti merokok… akan saya coba gan tips. doain berhasil ya

86 Coky { 05.02.14 at 5:19 am }

Semoga kita diberi kemudahan untuk berhenti terutama saya,kalo orang bilang meroko atau tidak ujungnya mati juga yaa emang bener,tapi apa salahnya berhenti toh kalo berhenti umur bisa lebih panjang dari pada peroko kan sudah lumayan,Thx gan saranya sangat bermotivasi

87 iwan { 05.05.14 at 5:41 pm }

Susah menghindarkan merokok,
Sonya sekitar saya semua ήÿ̲̣̣̣̥ª perokok,
Tapi saya akan coba sedikit demi sedikit, untuk berhenti merokok…..

88 abdul cholik { 05.06.14 at 1:24 pm }

“udh sekitar 4 bulan-nan ini kgk ngudut.. pdhl udh 20 thn-nan selalu ngudut sekitar 1-2 bngks perhari.. sakit batuk2, dada kyk di remes n’ paru2 nyesek mngkn di krn kan kebiasa-an ngudut ana selama ini.. demi si ‘kecil’ baby yg br lahir, kyk nya ana harus stop ngudut yar celalu cehat n panjang umur.. aamiin.

89 Yudhi { 05.07.14 at 10:54 am }

Salut untuk yg sdh berhasil berhenti merokok dan yg masih berjuang untuk berhenti merokok jangan putus asa,yakin kalau orang lain bisa kita PASTI BISA…!

90 eko { 05.08.14 at 11:30 am }

thank’z banget sarannya,, semoga aja aku bisa bener2 berhenti merokok ea gan.. mau aku usahain sdkit dmi sdikit,, thank’z bnget,,

91 landz { 05.12.14 at 6:32 pm }

walupun terlihat berat untuk pemula.
tapi semua tips di atas musti di coba dan dirasakan kemanjurannya.

92 Yudhi { 05.13.14 at 1:36 pm }

Bertahan tiga tanpa rokok .

93 eko { 05.13.14 at 8:42 pm }

Saya masih berumur 19tahun, masa depan saya masih panjang.
Saya “berokok seperti kereta api” di saat saat sedang duduk di depan pc bermain game online.
InshaAllah akan diusahakan berhenti merokok.
Dan terimakasih buat sarannya gan

94 danang { 05.15.14 at 3:50 pm }

saya bingung gmana cara berhenti buat ngrokok setiap kali saya galau rasanya mulut ini pengen ngrokok aja.gara ” rokok otak jadi susah buat mikir dan menghafal kata pun susah.

95 Ganda Smr { 05.16.14 at 12:47 pm }

Wah..mantep,boleh dicoba ini ide brilian.
Do’akan saya yoi :D

96 Ganda Smr { 05.16.14 at 12:49 pm }

Thanx buat artikel saran supernya

97 fendi semarang { 05.26.14 at 11:45 pm }

q mau berhenti merokok bukan karna kesehatan tetapi merokok membuatku MISKIN!!
penghasilanku pas”an pngen beli motor bekas pun gk mampu gara” habis trus buat beli ROKOK!!

moga aja aku bisa berhenti setelah membaca artikel ini..

bismilahhirohmanhirrohim..

98 MUH.SYAWAL.WILLY { 06.05.14 at 6:52 pm }

Mohon doanya semuanya saya sudah tetapkan Setelah Lebaran tahun ini saya akan berhenti MEROKOK.

Setelah saya membaca artikel ini dan komentar agan2 sekalian saya menjadi Termotivasi.
Dan semoga Allah SWT membantu saya dan kita yang akan mencoba untuk berhenti MEROKOK!
Terimakasih Untuk artikel dan Komentarnya.
wasalam.

99 Salim { 06.10.14 at 11:01 pm }

Ngrokok mati..gk ngrkol jg mati..mending ngrok ok mpe mati

100 Arsad { 06.15.14 at 9:01 am }

Sebenar nya kebiasan merokok susah di hilangkan. tp kalau ada niat tertanam di hati kalau kita ingin betul2 berhenti merokok. Coba tips ini paling ampuh!! khusus nya umat muslim. Sebelum masuk bulan puasa anda coba kurangi merokok dari 32 menjadi 27 batang, perhari nya kurangi 5 batang dari kebiasan anda. Pas masuk bulan puasa usahakan anda juga puasa dan total kan anda tidak mengisap rokok. Hindari dulu pergaulan dari teman ada yg sering merokok. Atau Habis pulang tarwih langsung tidur.

101 Bluesky { 06.18.14 at 12:20 pm }

Artikel yang sangat menarik…yang ingin ku tambahkan..artikel ini adalah bentuk usaha yang sungguh2 dan yang terpenting menurut aku ya niat dan doa..aku tak pernah membayangkan bisa berhenti walau 1 hari,alkhamdulillah berkat pertolongan allah aku dah bs 1 minggu tdk merokok,selanjutnya aku tinggal berdoa lg agar di mudahkan..saran saja..

102 Fary { 06.18.14 at 12:34 pm }

Mulai besok ntk prodksi asap rokoknya di hentikan . . . Thanks gan . . .

103 Hamba allah { 06.29.14 at 2:58 pm }

Hindari merokok di waktu BAB.

104 ferry { 07.07.14 at 12:11 am }

saya coba :)
inshaallah pasti bisa :)

105 brow { 07.08.14 at 12:17 am }

mantap bngt berhenti merokok ….
bs u tabungan …
Aq perokok berat sehari 3 bungkus sampurna mild.
Selama tdk merokok cukup banyak perubahan@….
Temen 2 berhenti aja merokok ya?
Baik u ke sehatan n dompet ….

106 haha1978 { 07.10.14 at 10:30 am }

saya baru berhasil 6 hari tanpa rokok dan nafas rasanya plong banget dan bisa nafas yang panjang…
memang diakui utk berhenti merokok perlu perjuangan dan sangat susah…menurut saya yang penting adalah niat yang kuat..
tips dari saya yang masih berusaha…mintalah dukungan dari keluarga, khususnya dari anak..semoga dukungan tsb bisa lebih memotivasi kita untuk berhenti merokok…
semoga berhasil buat saya dan buat yang lainnya….

107 Buyut { 07.11.14 at 3:17 am }

Kalo merokoknya jarang” boleh kaga tuh

108 misrani { 07.13.14 at 10:14 pm }

Iya….klo berhenti merokok bisa menghemat/investasi minimal 100k
kunjungi sini juga ya
http://berhentimerokok.net

109 ade { 07.23.14 at 5:11 am }

Wah patut di coba kayak’nya nih.. Good luck aja deh

110 ridha { 08.01.14 at 12:32 am }

Tips jitu keren nih ..

111 iput rana { 08.08.14 at 2:39 am }

hee..heee. itu kan teori.. .

112 Michael { 08.13.14 at 8:01 am }

1 tambahan lagi gan, pengalaman pribadi ane
duit jajan (duit yng di dompet/atm) simpen ke nyokap atau pacar , kasih pesan ke mereka buat marahin kita kalau kita minta duit buat beli rokok
wkwkwkwk pernah ane mau berenti merokok tp tetep ngebul, pas yg 1 bungkus ini abis, gk ada duit sama sekali, minta ke nyokap, lagi keluar kota, duit cm ada buat makan sm bensin
minta ke pacar eeehhhh malah ditabokin. yaudah deh puasa asap tp lama2 berhasil juga

ssilakan dicoba gan, cari pacar yg galak (pasti lebih berhasil)

semangat buat kawan2 smua yang masih berjuang untuk melepaskan gulungan kertas hina itu!!

113 alda saputra { 08.14.14 at 8:36 pm }

berulang x saya sudah berusaha untuk menghentikan merokok dan menghisap rokok tapi apa daya nikotin yang sudah begitu banyak pada tubuh saya tak mampu saya atasi tolong rakan sobat bantu saya plase.

114 adie { 08.16.14 at 4:28 pm }

absen bos… udah 1bulan 18hari bebas dari rokok… duit khusus rokok gue sisihkan… sehari 15rb.. alhamdulilah 450rb sebulan.. utuh.. hahahaha

115 Nuzuli ilhami { 08.19.14 at 5:06 pm }

Saya akan mencobanya ” semoga saya bisa berhenti merokok aminnn

116 Ena Rs { 08.20.14 at 5:50 pm }

merokok memang menyangkut paktor psikologis dan pisik, yang satu dengan yang lainnya bertentangan. Kata alam bawah sadar merokok itu tidak baik, tapi kata badan kita merokok itu membuat kita rileks.

117 refnaldi { 08.21.14 at 3:08 pm }

makasih gan dh bantu gua berhenti merokok

118 ASEN.D.G. { 08.30.14 at 3:41 am }

30 agustus 2014.
ini hari pertama saya mencoba berhenti merokok.
tlg kawan”ku. dukung saya. agar saya bisa terbebas dari asap neraka ini.
thenx gans. kalaw saya berhasil. saya akan selalu share di situs ini.
semoga keinginanku untuk sukses terwujudkan.

119 akungs { 08.30.14 at 5:24 am }

Alhamdulillah dgn sgla godaan nya yg sngat luar biasa,tpi karna niat yg sungguh2 sejak tgl 4 agustus tidak ada satu batang rokok pun yg sya hisap. Dan itu pun karna sering baca2 shering disini thk agan2 smuanya,

120 sobarna { 09.04.14 at 2:30 pm }

bagi saya rasanya meroko menyakitkan.
dan susah sekali untuk berhenti merokok.
emosi gampang naik.
gampang sakit hati.
gampang nangis juga om.
mohon solusi lagi dong.

121 asis { 09.06.14 at 7:09 pm }

merokok itu candu, kita udah kena perangkap candu…. dan orang yang punya pabrik rokok itu udahsangat sangat kaya raya karena kita selalu mengasih uang ke meraka….dari pada uang di kasih kasihkan untuk si boss boss rokok mending buat jajan anak kita… pikirkan itu!!!..

122 andi { 09.13.14 at 11:28 am }

Berhenti merokok baru 3 minggu sdh tdk tahaannn….. Apa lg malam hari jd susah tidur n pikiran melyang2..

123 Adit sagalarupa { 09.17.14 at 2:41 pm }

Kita mo coba brenti, bismillah

124 wahyu dwi { 10.01.14 at 5:20 pm }

Saya akan coba untuk berhenti mrokok.
Pasti brhasil

125 bus tami kamaludin { 10.10.14 at 7:55 am }

saya sudah lama kepingin berhenti merokok dan segala cara sdh sya lakukan tapi semua nya nihil/hampa,seketika saya baca artikel ini membuat saya lebih yakin lagi untuk berhenti merokok,,,mohon do’a nya ya.

126 philipus { 10.14.14 at 9:34 am }

my experience, dengan niat yang gigih dan melelahkan, tujuh hari telah berlalu dan saya telah lewatkan hari tanpa merokok. Wah hebat…my body…terasa segar berbeda dengan hari-hari brsama rokok. guys, mari kita bersatu untuk sehat tanpa rokok.” tanpa rokok itu indah dan sehat”

127 philipus { 10.14.14 at 9:40 am }

Tips berhenti merokok sebenarnya hampir tidak ada. tapi ada senjata pamungkas berhenti, yaitu Tekad bulat untuk berhenti tanpa karena disuruh oleh orang lain. Saya telah bertekad bulat untuk berhenti, 1 kali terjatuh dan usaha yang gigih telah merubah saya. thanks

128 Lobato Mota Pereira { 10.16.14 at 12:02 pm }

terima kasih atas saran-sarannya, dalam mengatasi untuk berhenti merokok.

129 elfrida { 10.16.14 at 2:59 pm }

aku punya teman. dia pengen brhenti merokok.
aku tau itu sulit baginya.
sebagai teman, apa yang harus saya lakukan untuk membantunya berhenti dari rokok?

130 Iszur83mtp { 10.17.14 at 1:54 am }

Bismillahirrahmaanirrahiim..
Awali usahamu dgn mnyebut nm Allah..
Tdk ada hal yg sulit selama kita yakin bahwa kita pasti bisa..
Jauhkn pikirn “sulit/susah”,katakn bhwa itu mudh dan kita psti bisa melakukannya..
Yakinlh bhwa Allah psti akn mmberikn kemudahn pd kita yg mau brusaha dgn sungguh2 utk brbuat hal yg baik bagi diri kita sndiri apalagi utk org bnyk…
Bayangkn brpa bnyk uang kita yg sudh kita “bakar mnjadi asap” slma ini?
Betapa ruginya kita!
Mudah2an kita semua berhasil utk brhenti merokok..amiiin

131 M hamdani f { 10.27.14 at 11:07 pm }

Gan ane pingin banget berhenti ngerokok tapi susah banget.. Nyesel juga sih waktu itu cuma iseng doang tapi malah jadi aktif :'(
ahh ROKOK BASTRAD

132 blok T klangenan { 11.03.14 at 8:04 pm }

meninggalkan rokok seperti meninggalkan teman..berat rasa nya. udah nyoba tapi selalu gagal.saya merokok dr remaja 16th smpai skrg .umur 20th saya kena radang paru2 dan bronkitis.saat sembuh bisa brhnti 1-2bln.tp stlh itu smpai skrg aktif merokok lagi..!! gmn nih mid admin?? sblm ny mksh artikel nya udh saya baca .

133 Ahmad N Damopolii { 11.04.14 at 1:44 pm }

trima kasih gan, telah sharing tips berhenti merokok. sangat bermanfaat.

134 Maulana AL Ghazalli { 11.15.14 at 10:22 am }

Aku akan coba…
mksh buat yg nge post yach ^_^

135 agung { 11.18.14 at 1:11 pm }

mudah2an ga ketipu lagi dengan satu batang rokok yang akhirnya membuyarkan usaha berhenti rokok…alhamdulilah sudah 2 hari..rasanya segar..tp agak sedikit aneh..

136 Reza { 11.21.14 at 11:37 pm }

Makasih atas tipsnya min admin,sangat membantuku untuk berhenti merokok,bener” menyiksa kesehatan n menguras dompet,n semoga berhasil,doa n semangatlh tambahan dri tips [d̲̅i̲̅] atas,thanks all

137 John Flores { 11.28.14 at 9:57 am }

Agan2 skalian… Stelah perjanjian yg sy lakukan, akhirnya hhingga hari ini aku sudah merasakan nikmatnya bernafas seperti dlu lagi, nikmatnya beraktifitas tanpa sesak lagi, nikmatnya bangun pagi tanpa bau mulut lagi, nikmatnya badan tanpa bau rokok lagi. Ayo, kita pasti bisa… Terlalu nikmat hidup ini tanpa merokok….

138 Anank radja { 11.28.14 at 6:35 pm }

Bingung gan…
Kita Merokok bisa mati,kita gak merokok pun bisa mati.lebih baik kita merokok sampai mati.ok

139 Kurnia { 12.04.14 at 1:11 pm }

Saya sedang mencoba, mudah mudahan berhasil ! Aamiin. Menderita banget

140 wahlul kafid { 12.04.14 at 4:16 pm }

Bismillah semoga tips nya dapat membantu kedepan nya.

141 Fasri TarunaNKN { 12.09.14 at 5:53 am }

maksi atas infoxxx ni sangat berguna n bermanfaat

142 Mas Dory { 12.12.14 at 2:52 pm }

Alhamdulillah sudah sebulan ini tidak merokok, padahal dulunya seperti asap kereta api kalau jalan. Teima kasih atas tips nya ya gan. Mudah-mudahan berkah.

143 topa { 12.19.14 at 8:38 am }

Klo gw memang ngrkok, tpi ngrokok klo pngn aja, kdang sbulan cma skali aja klo dksih tmn, gk smpek jdi “kereta api”
Hahaha

144 rasid { 12.22.14 at 4:05 pm }

Hari ini tanggal 22 bulan desember tahun 2014 saya yang bernama muhamad rasid berjanji kepada diri sendiri dan teman teman seperjuangan untuk tidak merokok mulai saat ini dan seterusnya/selamanya . Mudah mudah Allah SWT memudahkan dan membimbing untuk menjauhi asap putih dari saya dan yg lainya amin ya rabb.

145 wendy lesmana { 12.27.14 at 6:03 pm }

Akan saya coba semoga saya berhasil , thanks gan

146 hendROBINtoro { 12.28.14 at 1:00 pm }

sebelum baca tips ini.. 1,5 bln sdh aku taklukkan tanpa asap jahanam( 120 K0K ), tp tambah kuat lg pas baca shared dr rekan2 yg jg ingin berhenti dan salut jg atas keberhasilannya walau msh ada yg br mencoba jdnya tambah termotivasi.
Memang sdh sejak dr SMP aku dikenalkan rokok sm teman2ku menginjak kelas 3, gengsi dan malu jk jemari ini tanpa selinting gulungan kertas putih berisi tembakau ( lemper isi abon aja kalah nikmat…hehe ) di tambah lingkungan rumah jk ada acara hajatan di mana kita sebagai karangtaruna sebgai garda terdepan dlm mnjalankan tugas misalnya jadi pelayan buat para tamu dan asiknya kita enjoy aja ngejalanin tugas tsb apalagi banyak makanan, teman pd ngumpul dan sialnya perjamuannya sll saja di wajibkan segelas bahkan sepiring batangan rokok buat di sajikan para smokers termasuk kita para pemuda di persilahkan ambil sepuasnya tanpa bayar ( sdh menjadi tradisi di lingk. warga kami ).
Hal ini selalu saja rutin hingga aku yg mulanya hanya iseng2 jd terbiasa di tambah setelah lulus SMA dan punya penghaslan sendiri makin leluasa berteman sm sebut saja “si putih padat berisi pemberi rasa nikmat sanubari”. Aneh memang sepintas bentuknya yg mungil tak di nyana di balik mungilnya terselip godaan bagi yg masih labil, coba2 hggga akhirnya masuk perangkapnya. Istilahnya satu hari diriku tak kau lumat, bagaikan beribu2 hari bibir ini rasanya pahit sampai mengering, harumnya aroma dirimu..tak kuasa membendung nafsu dlm pikiranku… membius..melayang.. lupa segala hal yg membuat berat di kepala…plong rasanya…
hmm… resah jiwaku saat kucoba tinggalkan dirimu…kucoba lagi dan lagi..sll gagal bahkan makinw menjadi godaan tuk melumatmu.
Hingga akhirnya tepat di usiaku kepala 3 tepatnya pas aku punya baby keduaku ( soalnya kehadiran baby pertama blm cukup melepaskan belenggu dari si putih asap nikmat ini ), tepat pula di hari ultahku..ku mencoba gimana jk lepas dari godaan mau si asap candu ini menjadi kado terindah sekaligus istimewa buat aku.
Singkatnya aku cukup berhasil meninggalkan dia sang pemburu candu, walau berjalan 1.5 bulan aku cukup berhasil menahan godaannya, teman dekat, rekan kerja, bahkan si Bosku sendiri yg tiap selesai makan siang sll sempatkan nongkrong tuk sekedar nyandu bersama, skrng ajakan si penggoda lumayan aku mentahkan skor 2-0 tuk diriku.. dan akan ttp kutambahkan point skor ini sampe level TKO, selanjutnya merekrut orang2 yg msh pesimis bahkan ga bisa lepas dari jerat rokok agar selamanya bs lepas dari si candu jahanam ini.. lingkungan sehat, pikiran sehat dan akhirnya aktivitas tambah enteng di lalui tanpa gengsi dan harus tetap optimis utk jd pemenang melawannya. Red. Indro. sekian.

147 Zigy { 01.11.15 at 5:14 pm }

Alhamdulillah saya tidak doyan rokok..heheee

148 Scofield { 01.11.15 at 5:17 pm }

ngikutin tips ini udah 1 minggu.. hasil nya lumayan.. tadi nya 1 bungkus sehari.. sekarang cuma 4 batang

149 Darmawan { 01.14.15 at 8:33 am }

Saya berhenti merokok sudah 3 tahun bulan november 2013 kemaren. Hal pertama yang membantu saya untuk berhenti adalah kesadaran saya akan kesehatan tubuh saya. Saya masih ingat awal mula memutuskan untuk berhenti merokok. Saya tidak menggunakan tahap untuk mengurangi sediit demi sedikit, melainkan langsung berhenti secara total. Dan niat itu saya sampaikan kepada orang-orang sekitar saya, merekapun juga mendukung kleputusan saya. http://www.yogyadise.com

150 A'ang Cucut { 01.26.15 at 6:29 pm }

Ingin sekali berhenti merokok.. Tapi sulit sekali rasanya :(
do’ain teman semoga dengan tips ini saya bisa berhnti merokok..
Aamiin…..

151 yohane edishon { 02.03.15 at 7:25 pm }

kalo mau brenti merokok sangatlah gampang .kunci nya diri kita sendiri yang punya kemauan kuat untuk berhenti merokok.tanpa ada pengaruh minus pada diri kita. kita harus punya komitmen bahwa dengan brenti merokok badan saya akan sehat dan gemuk.penghasilan saya pasti bertambah karna biaya beli rokok setiap bulanya sudah dihapuskan.dan diganti dengan belanja yang bukan di monopoli oleh kita laki sendiri.maaf.teman saya baru coba satu bulan dan langsungsung berhasil..tksi

152 deni { 02.05.15 at 2:36 pm }

Marlboro merah mantapppp gan…iseppp ah..

153 John Flores { 02.07.15 at 9:32 am }

10 bulan sudah terbebas dari asap rokok yg terus membelenggu… Rasanya makin nikmat, makin sehat, makin segar, makin luar biasa rasanya hidup ini… Bagi teman2 yg masih berusaha, teruslah berusaha, sukses selalu berawal dari usaha2 kecil…

154 YUDA { 02.08.15 at 4:22 pm }

la ini saya bacanya juga sambil ngrokok gan :3

155 Ardinata { 02.15.15 at 9:04 pm }

Tanpa disadari mungkin kita telah menjadi sebuah keluarga, dkarenakan derita yg menimpa kita semua sama. Sy ucpkn selamat bg sdr yg sudah berhasil, dan terus semangat bg yg masih berusaha sprti saya. Sy sendiri msh 3 hr brhenti dan hrs gagal lagi. Ini pun bukan pertama x sy mncoba brhnti, sudah sering sy mncoba. Tp sy trs berusaha, hari2.. Sy mnghbiskn tdk lbih dr 4 btg. Tp utk brhenti sama sekali rekor sy masih 10 hr. And I want to try again.. Mohon dukunganya.. Yg bilang lbh baik meroko’ smpe mati, berarti kalian payah. Sy yakin dr dalam hati kalian pasti punya keinginan utk berhenti, tp kalian terus hiraukan hati kalian. Sadarlah saudaraku.. semoga tuhan mmberkati dan mmberi petunjuk pada kalian semua.. #GoodLuck all.. ✊

156 tjakwire { 02.20.15 at 4:45 pm }

Merokok membunuhmu!
tdk merokok membunuhku! :(

157 indra { 03.19.15 at 7:53 am }

Ya berheti lah ap kalian gx rasa panas di dada kalian jagan bohogi diri sediri kawan

158 iwan garlas.."" { 03.22.15 at 4:10 am }

Menarik sekali,,,patut di coba,, makasih ya.. gan… “”” mungkin terasa berat tapi itu sebuah tantangan bagiku,,,,

159 Lony Ferawati { 04.09.15 at 4:44 pm }

Testimoni nya Abe boleh juga tuh,minimal untuk support aku biar ga ke goda lagi untuk rokoan…secara udah 2 minggu aku bener2 lepas dari roko yang sehari bisa ampe 1 setengah bungkus rokok Putih.. Sumpahh,nafas jadi ga terlalu berat loh..Ngirit duit juga.. heuheuu

160 yudi { 04.11.15 at 10:07 pm }

Sangat membantu.. mksh gan… Aq ingin brent ngerokok…
Mohon dukungan Doax ya guys… gd luck..

161 libr { 04.22.15 at 11:45 am }

Arrikel yg menarik…..n prlu d terapkan…demi kshatan!!!

162 aqilla { 04.25.15 at 7:06 pm }

Saya cewek, bukan perokok, dan benci bgt rokok. Bahkan pernah berasa ampek mw pingsan pas lagi ngumpul sama temen2 yg lagi ngrokok.
Yg ngebawa saya ke.blog ini, krn cowok sy, pecandu rokok. Alhamdulillah dy udh ada niat mw brenti ngrokok. Tp yg bikin saya pesimis it krn lingkunganya dy kerja hampir smuanya perokok. Kalo dy ngumpul sama temenya pasti ngrokok.
Saya cmn pngen batu dy bwt brenti. Ini makanya lagi ngumpulin info orang2 yang dulunya perokok dan bs brenti.
Komentar2 d blog ini dari awal smp trkhr ak baca smua.. Jadi paling nggk ak jg bs kasih masukan yg realistis ke dy. Krn pasti bakal lebih ampuhan motivasi dan saran dari orang yg pernah ngrokok trus brenti. Dari pada saran dari nonperokok dan rokok haters kayak saya.
Oiya. 1 hal lagi.
Ibu saya perokok. Sampek skrg. Pdhl ayah saya nggk.
Rumah emang kacau sih keadaanya. Jadi ga heran kalo nyokab sampek ngrokok. Yahh pelarian dari demi gak divorce kali.
Makanya saya kepengen bantu cowok saya bwt brenti. Biar bs bilang k nyokab ”si A aja yg cmn cowok ak bs brenti ngrokok, masa mama yg katanya orang yg paling sayang ak sedunia msih kalah sayangnya sama cwok ak”
Saya syg bgt mreka smua. Tiap hari jg ak do’ain biar bs brenti. Smoga mreka beneran bs brenti. Aminn..

163 wahdi landax { 05.15.15 at 9:01 pm }

Zipp bro yo do leren bareng2…….

164 nisa { 07.02.15 at 11:20 am }

tips yg sangat membantu =)
komen2 pengalaman juga sangat menarik.

165 chau { 07.05.15 at 1:35 am }

saya lagi berusaha berhenti…tpi bkm bisa total masih kebobolan terus…keinginan yg kuat dari otak membuat semunya tdk terkendalikan….tapi saya terus akan berusaha sampai benar2 bebas dari asap kenikmatan yg mengandung beraneka ragam jeniszat kimia….jika lewat didepan warung terkadang mampir merokok sebatang…..semangattttt ayo quit smoking

166 k4 { 07.13.15 at 4:40 am }

no 19, baguss!!!

167 MOSA { 07.17.15 at 12:28 am }

Sudah 7 tahun saya merokok paru2 sudah berasa ada yg aneh nyoba berenti , Di hari ke 3 kebobolan efek candu nya gawat bgt tiba2 udah depan warung beli 2 batang mild tapi abis itu nyesel kenapa beli lagi yah masih berjuang minta doanya semua kita pasti bisa !!!!!!!!!!

168 hernal { 07.19.15 at 1:58 pm }

saya berhenti meroko gara gara rokox di gosok dengan akar penawar pahitnya luar biasax. sehari total tidak merokok sampai skrg

169 mp3tu { 07.21.15 at 3:27 am }

Sepertinya sangat sulit untuk berhenti merokok, kaya kecanduan gitu deh.. hehe

170 kusay { 07.26.15 at 7:18 am }

saya kok nggak bisa berhenti ya???

171 Nico { 08.09.15 at 3:46 pm }

Wah saya sudah berhenti…
Ikuti cara tersebut..
Akhirnya jadi enak kalau tidak merokok..

172 Reggen { 08.13.15 at 3:46 pm }

.100% orang yg udh kecanduan, gx bakal bisa berhenti merokok, kecuali pambrik rokok tutup…

173 Ted { 08.15.15 at 8:48 am }

Sulit bro, berhenti merokok . .
soalnya pengaruh nikotin kuat banget, bikin ketagihan . .

174 Vhot { 08.24.15 at 9:39 pm }

Ini x ke dua ane nyoba berhenti merokok,dulu cuma 1 minggu..yah namanya di tmpt krj pasti bnyk godaan,.
Skrg udh 4 hari ni bebas dr asap rokok,kefikiran pasti bahkan tiap detik mungkin…
Namun saya bertekad drpd uang di belikan rokok lebih baik saya tabung,yg biasanya saya nabung 10 rebu /hari skrg alhmdllh jadi 20/25 rebu setiap harinya…
Dan saya punya kekurangan berat badan,saya berhenti pengen tambah berat badan saya biar aga sedikit berisi…BB saya skrg 55 kg,,.
Ya ini pengalaman saya,semoga yg mau berusaha berhenti bisa berhenti,yg belum ya semoga ada kemauan juga untuk hidup menuju tambah sehat…amin

175 Riicky { 08.28.15 at 6:10 pm }

Aku mulaii bisa meroko aktif pada tahun 2008-2015. Dan dampaknya. Daya ingat Aku menurun

176 Arief Cahyono { 09.07.15 at 7:07 pm }

4 hari setelah declare to quit nicotine, nafas terasa plong, waktu gw lebih produktif & baju tidak bau apek lagi. mohon dukungannya agar terbebas dari penjajah no 1

177 Sang Elang { 09.21.15 at 12:04 am }

Saya perokok tapi ngga sampe 1 bungkus 1 hari, tapi kecanduannya seperti yang digambarkan rekan2 semua… bahkan kalo ngga ngerokok pas lg pgn jantung saya berdegup kencang gelisah rasanya seperti “nyolongpun harus… asal dapet rokok…” wah bahaya kan…

saya masih punya 2 batang rokok saat ini, saya ingin berhenti… sudah berkali2 mencoba dan pasti gagal…

sekarang saya mulai lagi dari awal untuk berhenti… untuk saya sendiri… anak saya dan istri saya…

Deklarasi pemberhentian saya merokok saya mulai saat ini dengan mematikan rokok terakhir saya dan membuang 1 batang satunya… dan itu adalah terakhir kali saya mwnghembuskan asap rokok… saat ini besok dan seterusnya…

doakan saya…

bissmillah… mudah2an bisa update terus perkembangan proses recovery diri saya dari rokok… biar momennya bermanfaat juga buat yang lain… amin…

178 amri hidayat { 11.04.15 at 7:15 pm }

Strees adlah temen rokok sejati jd appn it brushalah untk happy trus.biasa kan untk srng berpuasa.

179 Khaerul Aziz { 11.12.15 at 8:30 am }

Saran gua jangan makan 1 minggu. Kalo makan pasti ngerokok enak, kalo ngga makan ngerokok ngga enak

180 Aan Bob { 11.18.15 at 4:06 pm }

Saya akan mencoba, mudah-mudahan dalam waktu dekat minimal saya bisa mengurangi kebiasaan buruk ini…

Trims infonya sangat bermanfaat dan menginspirasi..:D

181 yuli { 11.21.15 at 1:52 am }

bismillah semoga bisa berhenti merokok secara total ,,,”HIDUP SEHAT TANPA ROKOK”

182 hery { 11.22.15 at 9:16 pm }

mantap gan tipsnya.. akan saya coba

183 aatha { 11.22.15 at 10:45 pm }

Akan saya coba,sangat membantu..doakan saya bisa yaa.

184 ade { 11.24.15 at 5:40 am }

Cara berhenti merokok adalah tunggu sampai kita sakit karena rokok.. Saya aja sekarang berenti sendiri.. Tanfa tips, tanfa motivasi, tanfa pamrih.

185 Rudiar { 12.11.15 at 2:03 pm }

bayangin ngerokok sendiri & tiba-tiba ………………….(banyak kejadian) udah ahh lg parno neh..berenti dulu ngerokoknya..jantung gw sangat mahal harganya..tidak terbayarkan..sayang dirusak ma gw sendiri.. bismillah..

186 Rinto Vernal.T { 12.13.15 at 12:08 am }

Mulai berhenti merokok, #undercontrol

187 andika royas { 12.17.15 at 2:59 pm }

Umur sy 48th. Mulai merokok dr umur 15thn. Saya sukses berhenti merokok sdh 6 thn dg cara memotivasi diri pgn sehat dan sadar klo sakit mahal. Tp sy tau berhenti merokok itu sangat sulit makanya sy amat salut klo teman2 bs berhenti total. Smg panjang umur dan disayang keluarga. Amiinn

188 Rais Y { 12.24.15 at 12:29 am }

berhenti merokok bukan karna kesehatan, tp lebih ke materi dan keluarga. memang cowok / laki2 identik dengan rokok, seperti halnya bedak buat cewek. akan tetapi, bukan berarti cewek harus pake bedak, dan cowok harus merokok. semoga banyak yang sukses atas usaha kalian, bro :D

189 Eks_smoker { 12.27.15 at 1:31 am }

Saya sudah total berhenti dan tidak pernah tergoda untuk merokok lagi. Hanya dengan 1 Tip yaitu kebalikannya dari isi Tip no 17 yaitu PENGORBANAN…. Motivasi saya berhenti adalah Pengorbanan untuk orang-orang yang saya sayangi agar tidak menjadi perokok pasif oleh saya. SAYANGILAH KELUARGA MU MELEBIHI KAMU MENYAYANGI DIRIMU SENDIRI.

190 Jatmiko { 12.28.15 at 3:58 pm }

Tipsnya lengkap banget…
Paman saya yang berumur 40 tahun, sudah hampir 5 tahun yang lalu berhenti merokok. Entah apa rahasianya, tetapi saya lihat tiap hari dia menghisap permen. Sepertinya menghisap permen adalah salah satu solusi buat berhenti merokok.

191 Fandy { 01.03.16 at 8:12 pm }

makasih sob, mudah2an bisa dilaksanakan..

192 Agus { 01.16.16 at 12:13 am }

Hari pertama udah lewat. Susah tidur sih, jadi googling aja cari pengalaman dari yg udah berhenti merokok.
Bawaannya pengen ngerokok aja, gila berat bgt, mudah2an niat saya tidak tumbang. Mohon doanya dari teman2.

193 rifi { 01.17.16 at 12:30 am }

Saya sudah pernah brhnti mrokok tpi skrng jdi prkok lgi. Dan skrng msi cba untuk brnti mrkok ya slain untuk kshtan dri sndri jga dmi istri dan anak jga. Trma ksi tips nya gan

194 amed ryadi { 01.18.16 at 1:30 am }

Baru 1 hr mutusin brhenti.. Rasanya ga enak guys.. Perih! Tp optimis bisa x ini..

195 Yudhaio { 01.26.16 at 5:57 pm }

Setelah membaca artikel ini, sy menyadari. Ternyata rokok tidak menguntungkan akan tapi hanya merugikan, merugikan sy, juga keluarga. Mulai hari ini di artikel ini sy berjanji untuk tidak merokok lagi. Langkah ini sy ambil krn sy cinta keluarga. Tks gan atas artikelnya. Doa’in yah.

196 Fredy { 02.07.16 at 12:55 am }

Awal sy hnya ikut2xan,tp ternyata jd perokok berat..sy niat utk berhenti merokok karena selain utk ksehatan,ternyata uang beli 1 pax rokok klo d akumulasikan sebulan bs utk nabung di hari tua.thanx..semangat utk melawan keinginan batin dan pikiran..

197 evan { 02.28.16 at 1:09 pm }

Saya udah 1 minggu berenti merokok.saya berenti karena saya mencintai anak anak saya diri saya dan semua yang orang yang peduli dengan saya.saya merokok 7 tahun dari 2009 sampai 2016.saya berhenti dengan mengurangi rokok yah hari ini 7 bilah trus menyusut hari demi hari biar tubuh gak kaget.pas hari trakhir merokok 1 bilah langsung kunyah bawang putih itu membuat kIta gak. Ada selera merokok lg heheheh aku lebih sehat gak ngos ngos san lagi,sesak napas berkurang,muka segar banyak manfaat mari berhenti.efeknya emang menyiksa bersabar saja

198 Arie chan { 03.07.16 at 8:29 am }

Sebenernya selain niat dihati,.
Lingkungan juga berpengaruh besar,.
Disini 80% orng selain wanita adalah perokok,.
Jdi yaaa susah bnget buat hal-hal yg tanpa merokok..
Tp yaaa smoga sukses ajaa,kalau bolom dicobakan kita blom tau hasilnya,.
Hmmmz yg pasti ada niat,pasti ada harapan,bener ngaaa tuu brooo,.??

199 Ivon { 03.17.16 at 6:20 pm }

Kok susah ya bhenti mrokok. Gak tau udah yg ke brp x nih gw janji ama dr sdri g mau mrokok lg… skrg 17 maret 2016 Gw bjanji gak mau ngerokok lagi… bismillah. Mdh2an gw berhasil… amin… mohon doanya ya teman2.

200 mr x { 03.17.16 at 10:12 pm }

saya mulai merokok aktif sejak kelas 1 smp.. awalnya coba coba kelas 6 sd makenya puntungan.. dan kelas 1 smp mulai gila gilanya.. bungkusan udah kayak warung.. semua merk ada.. udutne di warnet sambil maen game dengan secangkir kopi rasanya seperti di surga..dan kereta api sampe awal stm.. pas kelas 1 stm tengahan dimarahin ortu karna ditas ada bungkusan mild ditas karna waktu itu ortu lagi nyari charger an di tas ane.. 1 bulan berhenti dan godaan sekitar terus bermunculan.. dan mulut ane dah kaya kereta api lagi.. dan sekarang kelas 1 stm akhir ane mao niat berenti udut karna dah sadar lari ngos ngosan.. naek tangga juga ngos ngosan.. iri ngeliat dia lari kenceng bener.. bissmillah

201 byte jannate { 04.06.16 at 9:39 pm }

tips yang berguna untuk berhenti merokok…walaupun sukar…tapi perlukan perubahan sediki demi sedikit…semoga terus sukses

202 riki { 04.08.16 at 11:35 am }

Mungkin satu lagi yang perlu agan ingat dan agan tanamkan didalam kepala agan, bahwa dengan berhenti merokok akan membuat wajah lebih tampan dan dan tampak lebih muda dari sebelumnya.
Dengan begitu akan lebih termotivasi untuk berhenti merokok.
Berdasarkn pengalaman ane pribadi gan, dan memang terbukti.

203 farhan keren { 05.03.16 at 4:51 pm }

Kemarin saya diperkosa perokok saat saya lagi tidur.. sejak itu saya tidak lagi merokok..

204 perangi rokok { 05.07.16 at 4:20 pm }

perokok tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain.
jalani hidup sehat mulai sekarang…..
kuburlah rokok sebelum rokok mengubur anda!!!

205 Akmal h { 05.19.16 at 8:59 pm }

Merokok bikin uang jajan tipis

206 JAMKHO { 05.23.16 at 7:48 pm }

Saya pernah berhenti cuman bertahan sebulan memang terasa enak tapi godaan biasanya dari lingkungan kaya teman

207 Airin Zafira { 05.29.16 at 12:18 am }

Sangata jelas… usaha berhenti merokok ini sangat sulit, dada ini sering sakit setiap malam karena merokok,,, namun coba dan terus coba.. thanks admin

208 Awi { 06.01.16 at 3:25 pm }

saya 30 tahun merokok, sekarang lagi berusaha stop merokok. dah jalan 1 bulanan tapi efek dari berhenti merokok masih ada… doain ya temen-2 sesama pejuang semoga berhasil hidup tanpa asap..

209 Uncle gejed { 06.01.16 at 4:06 pm }

Article yang sangat menarik,
akan saya coba pada puasa kali ini dan saya akan mulai pada hari pertama puasa…
semoga diberi hidayah
sampai sekarang saya masi membaca artikel ini sambil ngerokok
dan seperti kata saya diatas saya akan mulai pada saat puasa hari pertama.
wish me luck
Aamiin.

210 Awi { 06.02.16 at 7:08 pm }

Lagi berusaha berheti merokok, smoga yang laen sukses ya…

211 Coday { 06.03.16 at 3:45 am }

pengen nyoba tips dari blog ini lah. moga2 berhasil !

212 mick { 06.18.16 at 11:30 pm }

drpd buat beli rokok mending duitnya buat beli susu…

213 Reky { 06.28.16 at 3:06 am }

Bismillah…ku pengen nyoba lg berhenti ngerorok mulai hr ini.mdh mdh an berhasil.amin

214 Awi { 06.30.16 at 7:47 am }

sekedar share aja, sampai sekarang hanya berhasil mengurangi mejadi 10 batang sehari dari 30 batang sehari… Totalmemang sangat sulit. tapi trus berusaha….

215 Awi { 07.09.16 at 11:19 am }

update, cuma berhasil mengurangi jumlah rokok :) total blon berhasil… tapi trus berusaha… moga aja yang laen sukses.

216 azis mutaqin { 08.21.16 at 10:40 pm }

yuk belajar tanpa rokok…. kan sayang duit nya buat beli beras hihihihi… yang ampuh mah berpuasa katanya sihhh

217 Muhammad Qadri Ramadhana { 08.22.16 at 11:23 am }

bang, kirim via email dong yang lebih mendetail lagi, lagi mau fokus untuk berhenti merokok ni

218 One { 08.30.16 at 9:25 pm }

Kl sy gilanya merokok saat stres atw klo lg mencari insfirasi. Rokok buat sy membantu skaligus merugikan disisi ksehatan.. Jd agak sulit lepas dr rokok?so.. Ada yg bisa bantu?

219 azka { 09.10.16 at 9:38 am }

tulisan yang bagus, semoga bisa menjadi inspirasi
” Bisa jadi ini yang Anda tunggu-tunggu selama ini, Cara BERHENTI MEROKOK dengan Metode SEDERHANA! Tapi Efeknya BERTAHAN LAMA dan SEUMUR HIDUP Anda akan Menjauhi Barang Beracun tersebut.”
semoga kedepan lebih baik dan lebis sehat

220 Harga Hp { 09.15.16 at 1:24 pm }

susah sih mas,.,, harus ada yang suport, yang selalu mendampingi untuk berhenti.. itu insyaallah bisa…makasih infonya mas..

221 Hendra { 09.18.16 at 9:40 pm }

Gilla rokok benar2 ngaruh k badan..bikin kurus..berat badan jauh berkurang..emang perasaan strez galaw bsa ilang hanya dngan sbtang roko dan kopi..tapi cuman sesaat.nafsu makan jg bisa ilang…
Bda bnget biasa ngeroko sama ngopi makan sehari aja biasa…
Tp kalo ga ngeroko pngn ngemil mulu haha…gila yak nicotine

222 hery { 09.23.16 at 3:39 pm }

Thanks min sudah berbagi tips-tips berhenti merokok dengan cepat.

223 yosep { 10.05.16 at 8:37 am }

Gue baru mulai nyoba brenti ngroko sejak 5 hari yg lalu,krna cape ama kondisi fisik yg makin kurus dan batuk yg ga sembuh.walaupun emg berat rasanya,tp yakin bisa.gua ingetin aja efek bagusnya buat kesehatan gua..baru 5 hari juga udh kerasa laen kok di badan.semangat buat elu2 yg lg coba buat brenti ngroko..that’s the best choice,good luck.

224 Unrang { 10.24.16 at 1:00 am }

Kawan kawan satu tujuan, malam ini saya berjanji kepada semuanya untuk berhenti menghisap si “bangsat berasap” tubuh ini sudah sangat kurus dan tercemar dari si bangsat berasap… mohon doa dan dukungannya…. nanti saya kabarkan lagi….

225 heri { 11.16.16 at 3:11 pm }

Terimakasih buat tips untuk berhenti merokoknya min, sangat membantu.

226 yudhi paser { 12.02.16 at 10:06 am }

sdh tiga bulan berhenti

Leave a Comment