Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


21 Alasan Mengapa Soda Akan Membunuh Anda

bahaya soda

Di sebuah pesta dengan teman-teman, mungkin tidak masalah jika anda mengambil secangkir soda sebagai minuman campuran yang bagus.

Tapi bagaimana jika anda membeli soda dan mengkonsumsinya tiga atau empat kali sehari?

“Segelas soda sesekali tidak akan membunuh anda, tetapi asupan harian yang signifikan akan menyebabkan masalah kesehatan,” kata Erik Frank dari Your Nutrition Delivery .

Tapi sebetulnya apa yang begitu buruk tentang soda? Iklan-iklan minuman ringan (soda) membuatnya tampak seolah-olah ceria dan menyenangkan.

Sayangnya, hal itu tidak benar. Soda memiliki dampak yang mengerikan untuk anda, dan kita mungkin minum lebih banyak dari sebelumnya. “Dibandingkan dengan 30 tahun yang lalu, konsumsi kita telah menjadi tiga kali lipat,” kata ahli diet terdaftar dan penulis Liz Pearson.
Itu karena soda sudah tersedia di mana saja … dan orang-orang tidak menyadari betapa mengerikan itu untuk mereka. Berikut adalah 21 alasan mengapa anda perlu menjauhi soda untuk selamanya.

Mengapa Anda Perlu Berhenti Minum Soda Secepat Mungkin


1. Soda mengerikan untuk gigi anda

Ketika berpikir tentang konsekuensi kesehatan soda, “kebanyakan orang tidak pernah mempertimbangkan aspek kesehatan gigi,” kata ahli kebugaran Rob Miller. “Kandungan gula dan keasaman soda bisa merusak gigi anda.”

Bagaimana cara kerjanya? “Soda mengandung asam fosfat dan terkenal dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium,” kata Rene Ficek, ahli gizi terdaftar dan ahli gizi terkemuka di Seattle Sutton’s Healthy Eating. Hal ini dapat mengarah pada gigi berlubang dan kerusakan enamel.

Jika anda benar-benar harus minum soda, ada cara untuk minum yang sedikit lebih baik untuk gigi anda. “Minum minuman anda dengan cepat adalah lebih baik dibanding minum perlahan-lahan,” kata periodontist Harvard Dr. David Genet. “Menghirup perlahan setara dengan mandi gula pada gigi yang penuh dengan bakteri.”

2. Soda akan membuat anda gemuk

Anda mungkin telah menduga bahwa soda dapat menyebabkan setengah atau satu kg ekstra, tapi anda mungkin tidak mengetahui betapa rentannya anda untuk mendapatkan berat badan jika anda seorang peminum rutin soda “Konsumsi berlebih dari soda harus disalahkan menjadi salah satu penyebab wabah obesitas di banyak negara, dan pasti telah berkontribusi 50% dari seluruh populasi menjadi setidaknya 10 kg kelebihan berat badan,” kata Frank.

Bahkan, menurut Ficek, “Hubungan antara konsumsi minuman ringan dan berat badan begitu kuat sehingga peneliti menghitung bahwa untuk setiap soda tambahan yang dikonsumsi, risiko obesitas meningkat 1,5 kali.”

Perlu bukti? Menurut Pearson, “tidak ada makanan atau minuman lain yang memiliki hubungan kuat dengan obesitas.” Yeess.

(Baca juga 10 Cara Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Harga Diri Anda)

3. … karena soda dikemas dengan kalori …

Anda seharusnya mengkonsumsi kalori dari makanan untuk bahan bakar, tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa kalori datang dalam bentuk cair juga – yang bisa menghancurkan diet apapun. “Banyak orang tidak menyadari atau lupa berapa banyak tambahan kalori yang masuk ke dalam tubuh mereka dari apa yang mereka minum,” kata Ficek. “Minum satu gelas minuman manis setiap hari dapat diterjemahkan ke penambahan setengah kg berat badan setiap bulan.”

Ikon kebugaran Denise Austin menyarankan menghindari minuman manis sama sekali untuk benar-benar mengurangi konsumsi kalori berlebih. “Minuman alami – air – tidak mengandung kalori dan akan membantu anda tetap terhidrasi dan merasa baik,” kata Austin. “Dalam rangka membuat tubuh anda menjadi yang terbaik, beralih dari soda untuk segelas air yang menyegarkan.”

(Baca juga Pentingnya Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh)

4. … dan membuat anda mendambakan makanan berlemak

Tidak hanya soda dikemas dengan kalori, tetapi mereka benar-benar dapat membuat anda menginginkan lebih banyak kalori, menurut kepala ahli gizi di Cassena Care, Felice Kosakavich. “[Minum soda] dapat menyebabkan rasa lapar palsu yang menimbulkan keinginan lebih banyak konsumsi makanan manis.”

Alasan untuk ini adalah karena tubuh anda berpikir membutuhkan lebih banyak energi setelah lonjakan gula darah. Ini membuat anda “merasa lelah, lesu dan biasanya lapar,” menurut ahli diet terdaftar dan ahli gizi Kimberly Tessmer. “Bahkan penelitian telah menemukan bahwa orang cenderung makan lebih banyak pada hari-hari dimana mereka minum lebih banyak soda.”

Jika anda menemukan diri anda makan makanan manis lebih banyak, bisa jadi bahwa soda yang harus disalahkan!

5. Secara khusus, soda dapat menyebabkan lemak perut – salah satu jenis yang paling berbahaya

Apakah anda menemukan lebih sulit mengancingkan celana jeans anda?

“Kandungan gula yang tinggi pada soda telah dengan yakin dikaitkan dengan peningkatan lemak perut yang berbahaya, karena ini adalah di mana banyak organ vital berada,” kata ahli gizi dan pelatih kebugaran bersertifikat Franci Cohen.

Letakkan soda dan lindungi organ anda!

6. Soda mengandung terlalu banyak gula

Jelas, soda mengandung gula. Tapi bukan itu masalahnya.

“Masalah dengan soda adalah bukan karena mereka memiliki gula,” kata ahli kesehatan dan gizi terkenal Jacob Teitelbaum. “Melainkan berapa banyak gula yang dikandungnya – secara mengejutkan tiga perempat sendok teh per ons soda.”

Ini berarti soda dengan berat 64 ons mengandung sekitar 48 sendok gula … ugh!

7. Soda dapat menyebabkan kelelahan…

Tentu saja, 48 sendok gula sangatlah banyak, tapi mengapa hal ini begitu buruk? Carolyn Dean, Penasihat Medis Anggota Dewan dari Nutritional Magnesium Association memberi kita perspektif baru.

“Pada satu waktu, biasanya hanya ada dua sendok teh gula di seluruh tubuh,” kata Dean. “Jika sepuluh sendok teh gula masuk ke dalam tubuh akan membuat kejutan pada sistem dan tubuh harus mendorong gula keluar dari darah secepat mungkin.”

Di situlah lonjakan energi dan hiperaktif muncul, kata Dean. “Namun setelah itu gula darah dapat menjadi terlalu rendah, sehingga berakibat gejala hipoglikemia – kelelahan, sakit kepala, mengantuk, atau bahkan lebih buruk.”

8. … tanda diabetes

Kelelahan adalah buruk … tapi itu bukan yang terburuk. “Seiring waktu, hal ini akan mendorong pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin dan sel-sel dalam menerima lebih banyak gula, sebagai akibatnya insulin habis dan terjadi resistensi insulin dari sel – itulah diabetes,” kata Dean.

(Baca juga 5 Mitos Berbahaya Tentang Penyakit Diabetes)

9. Pemanis buatan dalam diet soda sama buruknya

Anda mungkin berpikir bahwa beralih ke diet soda untuk menghindari kelebihan gula akan membantu, namun jangan menyimpulkan terlalu cepat. “Pemanis buatan masih menginduksi pelepasan insulin, menyebabkan sindrom metabolik yang sama, resisten insulin dan akhirnya diabetes, seperti halnya soda biasa,” kata ahli jantung Hollywood Dr Adam Splaver.

Pada kenyataannya, bahkan hanya sedikit diet soda terbukti membahayakan. “Bahkan hanya satu diet soda sehari terkait dengan risiko yang lebih tinggi terkena sindrom metabolik dengan gejala diantaranya lemak perut dan kolesterol tinggi,” kata Barbara Wade, personal trainer dan fitness model. “Pemanis buatan dalam diet soda dapat mengganggu kemampuan alami tubuh dalam mengatur asupan gula dari makanan,”

Mengapa? Gula bukan satu-satunya faktor berbahaya dalam kasus ini. “Bahkan jika itu diberi label ‘bebas gula’, namun mereka tidak bebas kimia, dan itu sama bahayanya,” kata Angela Leigh, instruktur kebugaran/yoga bersertifikat. “Air adalah sumber terbaik yang dapat digunakan untuk hidrasi.”

(Baca juga Pentingnya Minum Air bagi Kesehatan Tubuh)

10. Semakin banyak anda minum soda, semakin sedikit hidrasi tubuh anda

Penting untuk dicamkan: setiap kali anda minum soda, anda tidak minum air. “Soda melakukan apa pun kecuali mengisi tubuh anda dengan kalori kosong dan gula,” kata pelatih dan selebriti Youtube Mike Chang. “Jika anda minum soda, anda merampas tubuh anda dari air bersih yang baik dan meningkatkan permintaan pada pankreas untuk menghasilkan sel-sel yang memproduksi insulin dengan tantangan yang lebih besar.”


11. Anda benar-benar dapat menjadi kecanduan soda

Keinginan akan cola mungkin tidak hanya ada di kepala anda saja, tubuh anda benar-benar bisa kecanduan.

Bagaimana cara kerja kecanduan ini? Sekali lagi, ini ada hubungannya dengan gula. Menurut Jenny Evans, ahli nutrisi dan fisiologi olahraga, “Ketika kadar glukosa darah meningkat dengan tajam, mereka biasanya diikuti oleh penurunan gula darah secara drastis. Ketika kadar gula darah rendah, kita memerlukan energi dengan cepat yang dapat ditemukan di kaleng soda yang lain.”

Hal ini mungkin tampaknya tidak berbahaya, tapi itu benar-benar perilaku tidak sehat yang tidak berkesudahan. “Lonjakan dan penurunan drastis tidak hanya mempengaruhi kadar glukosa darah, tetapi tingkat energi juga,” kata Evans. “Kita terjebak di roller coaster energi dan tidak memiliki tingkat yang konsisten dari energi yang kita butuhkan untuk memenuhi tuntutan sehari-hari hidup kita, selain membuat kita sakit dan kelebihan berat badan.”

12. Secara harfiah tidak ada manfaat gizi apapun.

Jadi anda suka minum soda karena rasanya yang enak, maka hanya itulah kebaikan yang ada pada soda.

“Tidak ada manfaat dari minum soda dan harus dihindari sama sekali,” kata Ficek. “Sebagai ahli diet, saya biasanya tidak suka melabel makanan sebagai ‘buruk’ atau ‘baik’, tapi soda adalah salah satu contoh saya membuat pengecualian itu. Ada banyak makanan yang memberikan semacam nutrisi untuk tubuh, tetapi soda tidak termasuk dalam kategori tersebut dan harus dihindari sepenuhnya.”

Ketika ditanya mengapa orang tidak harus minum soda, Ficek menjelaskan sangat singkat: “Saya pikir pertanyaan yang lebih baik adalah, mengapa orang harus minum soda? Tidak ada yang lebih tidak alami atau merugikan kesehatan dibanding soda. Kalori cair dari gula – dan bahkan bukan gula asli, seringkali itu adalah sirup jagung fruktosa tinggi – tidak menawarkan nilai gizi apapun.”


13. Bahkan, soda sebenarnya dapat menyebabkan kekurangan gizi

Soda bukan saja tidak memiliki manfaat gizi, namun justru dapat menyebabkan kekurangan gizi, dengan cara makan makanan yang kurang bergizi, menurut Kosakavich.

“Anak-anak minum soda dibanding susu, dimana hal ini membatasi jumlah kalsium untuk pertumbuhan tulang yang memadai,” Kosakavich memperingatkan.

Soda juga dikemas dengan asam fosfat, “yang dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan nutrisi penting lainnya,” menurut Tessmer. Ugh … apakah soda masih enak untuk anda sekarang?

14. Soda juga dapat menyebabkan osteoporosis …

Soda bisa mencuri nutrisi penting dari tulang anda, yang mengarah ke osteoporosis. “Di luar gula, soda juga mengandung asam fosfat, yang dikenal menyebabkan osteoporosis atau keropos tulang dengan cara pengikisan kalsium dari tulang, sebagaimana juga benzoat atau asam benzoat,” kata Splaver.

15. … dan penelitian telah menunjukkan bahwa soda dapat menyebabkan kanker.

Menurut Splaver, ketika dibiarkan dalam suhu panas, asam benzoat dapat berubah menjadi kimia menakutkan: benzena.

“Pernah merasakan soda anda berasa kimia ketika sudah disimpan dengan tidak benar? Itu adalah benzena yang anda cicipi, karsinogen atau agen penyebab kanker,” kata Splaver.

Bahkan, pewarna yang digunakan untuk membuat “kehitaman” pada Cola telah ditemukan menyebabkan kanker pada hewan, menurut Cohen. “Para ilmuwan mengingatkan tentang risiko kanker bagi manusia,” Cohen memperingatkan.

(Baca juga 9 Faktor yang Terbukti Menjadi Penyebab Kanker)

16. Soda dapat membentuk batu ginjal

Siapa pun yang pernah mendapatkan batu ginjal tahu bahwa itu adalah salah satu pengalaman yang paling menyakitkan. Jadi ini mungkin akan menjadi motivasi yang baik untuk berhenti: soda dapat menyebabkan batu ginjal, kata Pearson.

Menurut Chang, “ginjal diletakkan di bawah tekanan besar, menyebabkan ketidakseimbangan mineral, yang dapat menghasilkan batu ginjal.” Aduh!

17. Hal ini dapat merusak hati anda.

Bahkan, “efek soda pada hati juga telah diketahui menyebabkan masalah yang sama seperti ginjal yang mengganggu pecandu alkohol,” menurut Chang.

Pearson menambahkan, soda dapat membuat menumpuk lemak di hati, “menyebabkan peradangan dan jaringan parut,” kata Pearson. Ini dapat berkembang menjadi gagal hati.

18. Soda dapat membuat anda tua lebih cepat!

Soda tidak hanya membuat anda gemuk, tetapi dapat mempengaruhi kecantikan anda dengan cara yang sama sekali berbeda: penuaan dini, “karena tingginya tingkat asam fosfat di soda,” menurut Cohen.

19. Soda dapat membuat anda tidak subur

Orang tua masa depan, dengarkanlah hal ini: sekaleng soda sebenarnya dapat mempengaruhi kemampuan anda untuk memiliki anak. “Aluminium kaleng soda dilapisi dengan resin epoxy yang disebut BPA, yang dapat mengganggu hormon anda, mempengaruhi kesuburan,” kata David Zulberg, penulis The 5 Skinny Habits: How Ancient Wisdom Can Help You Lose Weight And Change Your Life Forever.

20. Soda dapat membuat anda bahagia … secara harfiah

Semua hal buruk ini dapat memiliki efek pada jiwa anda. Soda justru dapat mendorong kecemasan dan depresi.

21. Semua ini karena soda dikemas dengan zat berbahaya dengan nama yang rumit

Salah satu contoh adalah bahan yang disebut brominated vegetable oil (atau BVO). “[BVO] ditemukan dalam soda berwarna terang dan minuman ringan berbasis jeruk serta minuman olahraga,” kata Cohen. “Ini bahan kimia industri yang digunakan sebagai flame retardant dalam plastik. Zat ini telah diketahui menyebabkan hilangnya memori dan gangguan saraf ketika dikonsumsi dalam jumlah besar. Zat ini terakumulasi dalam lemak tubuh, dan dari waktu ke waktu, menyebabkan masalah perilaku, infertilitas, dan lesi pada otot jantung. ”

Ya!. Tidak ada yang alami tentang soda, apapun itu! “Setiap zat yang secara fisik membuat tubuh kecanduan, menyebabkan gigi membusuk, dan dapat membersihkan baterai mobil yang berkarat tidak mungkin menjadi pilihan cerdas untuk kesegaran di tengah hari,” kata Frank.

Kesimpulan

Soda mungkin tersedia di mana pun anda berada, namun sayangi tubuh anda dan jauhi soda. Memasukkan hal-hal buruk dalam sistem anda sama saja dengan meracuni tubuh anda. Tidak ada manfaat gizi apapun dari soda, dan para ahli setuju bahwa soda adalah hal terburuk yang dapat anda lakukan untuk diri sendiri. Sayangi hidup anda.

 

loading...

 

0 comments

There are no comments yet...

Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment