Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


28 Manfaat Buah Mangga yang Menakjubkan

manfaat buah mangga

Mangga adalah salah satu buah menakjubkan yang lezat dan penuh dengan manfaat kesehatan. Dikemas dengan vitamin, mineral, dan fitonutrien, buah yang manis ini menjadi semakin populer.

Dibawah ini adalah daftar dari banyak manfaat kesehatannya.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

1. Mengendalikan Gula Darah

Kenaikan gula darah umum terjadi pada orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, dan mekanisme ini terlibat dalam resistensi insulin dan sindrom metabolik, yang mempengaruhi perkembangan diabetes.

Memilih buah mangga dibanding makanan manis lainnya dapat membantu mengendalikan gula darah, yang pada gilirannya mengatur kadar insulin dan mengurangi risiko penyakit lain berkembang.

2. Tinggi Serat

Selain rendah gula, buah mangga juga tinggi serat, sehingga lebih lambat mempengaruhi kadar glukosa darah, yang berarti anda tidak mendapatkan lonjakan gula darah dan justru dapat menikmati energi tambahan setelah makan satu buah.

3. Melancarkan Pencernaan

Peningkatan jumlah serat sangat bermanfaat untuk menjaga usus tetap bergerak dengan kecepatan normal, dan anda akan dapat menghindari konstipasi (sembelit) yang tidak nyaman.

4. Membantu Metabolisme

Serat dalam buah mangga juga sangat baik untuk memicu bakteri probiotik yang hidup di usus anda.

Bakteri ini tidak hanya membantu menjaga makanan dalam usus agar tetap bergerak, namun juga membantu penyerapan vitamin tertentu, seperti B12, yang kita butuhkan untuk metabolisme energi yang baik.

5. Mengandung Enzim

Banyak orang memiliki masalah dengan pencernaan, dan kulit buah mangga segar merupakan pilihan tepat untuk memperbaiki fungsi penting ini.

Buah mangga dan kulitnya mengandung enzim yang membantu dalam pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak serta dapat mempermudah tubuh menyerap nutrisi dari makanan.

6. Menyediakan Magnesium

Buah mangga tinggi magnesium, yang merupakan mineral elektrolit yang penting bagi kesehatan anda.

Magnesium sangat membantu kesehatan jantung, karena membantu otot untuk lebih rileks sehingga membantu memulihkan otot jantung lebih baik di antara denyut.

Magnesium penting untuk mengatur tekanan darah dan juga membantu menurunkan tekanan darah bagi mereka yang didiagnosis dengan hipertensi.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat buah mangga berikutnya yang tak kalah menakjubkan adalah buah ini dapat meningkatkan fungsi otak.

Buah mangga telah ditunjukkan untuk menjaga integritas neuron dan menjaga fungsi kognitif. Hal ini bisa berarti penurunan risiko penurunan kognitif terkait usia dan Alzheimer.

Mungkin juga membantu menjaga kesehatan otak setelah trauma, seperti gegar otak dan stroke.

8. Melindungi dari Radikal Bebas

Buah mangga dapat mengurangi beban tubuh dari ROS (reactive oxygen species), yaitu radikal bebas yang dihasilkan di dalam sel selama produksi energi normal.

Ini berarti bahwa sel-sel di jaringan anda dapat tetap sehat lebih lama, dan bahkan dapat mengurangi risiko pertumbuhan sel abnormal seperti yang terlihat pada penyakit seperti kanker.

Dengan cara yang sama, buah mangga dapat melindungi integritas sel darah merah dan putih, meningkatkan pengiriman oksigen, kekebalan tubuh, dan kesehatan secara keseluruhan.

9. Mengurangi Kerusakan Akibat Radiasi

Buah mangga bahkan bisa melindungi dari kerusakan akibat radiasi.

Anda mengalami radiasi pada tingkat rendah setiap hari, dari sumber seperti sinar matahari dan berbagai peralatan elektronik.

Bepergian dengan pesawat meningkatkan paparan radiasi anda karena anda kehilangan sebagian besar perlindungan dari lingkungan.

Banyak jenis peralatan medis yang menggunakan radiasi untuk diagnosis dan perawatan.

Jika anda berencana untuk terkena sinar-X atau perjalanan udara, makan buah mangga setiap hari dapat membantu mengurangi kerusakan dari gelombang berbahaya ini.

10. Melindungi Dari Kanker

Beberapa penelitian terbaru menggunakan ekstrak mangga, yang disebut mangiferin, sebagai pengobatan untuk mengatasi kanker payudara, kanker usus besar, dan HIV.

Mangiferin bersifat imunomodulator, yang berarti membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi lebih baik.

Dengan mengkonsumsi buah mangga secara teratur, sistem kekebalan tubuh anda lebih mampu mengenali ancaman kanker bagi kesehatan anda, dan sel kanker akan lebih mudah dihancurkan berkat senyawa unik ini.

11. Kaya akan Vitamin C

Inilah salah satu manfaat buah mangga yang paling populer. Buah mangga dikemas dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Vitamin ini telah terbukti menurunkan angka kematian bagi mereka yang didiagnosis dengan kanker, selain itu memperpanjang tingkat kelangsungan hidup rata-rata bagi mereka yang menambahkan banyak vitamin ini dalam diet mereka.

12. Melindungi terhadap HIV

Senyawa yang sama yang membantu melindungi terhadap kanker juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi HIV, bahkan jenis yang resistan terhadap obat.

Karena itu adalah senyawa yang membuat sistem di tubuh anda bekerja lebih efisien, maka akan mengganggu virus dalam menyerang sistem kekebalan tubuh anda.

13. Melindungi terhadap Aterosklerosis

Senyawa mangiferin juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Mangiferin dapat “mengurangi secara signifikan” jumlah total kolesterol dalam darah, termasuk trigliserida dan kolesterol LDL yang lebih berbahaya.

14. Mempertahankan Struktur DNA

Konsumsi buah mangga adalah cara yang baik untuk menjaga agar DNA Anda tetap stabil.

DNA berada di inti masing-masing sel anda, dan saat DNA ini menjadi rusak akibat tekanan oksidatif, usia, penyakit, dan gizi buruk, mereka mulai berfungsi dengan kurang baik dan dapat menyebabkan mutasi yang berbahaya.

Menjaga DNA anda utuh sangat penting untuk kehidupan yang panjang dan sehat serta dapat membantu menangkal berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit autoimun, dan berbagai jenis degenerasi.

Hal ini karena kandungan fenol dan antioksidan tertentu dari buah mangga dimana mikronutrien ini dapat melakukan perjalanan di dalam sel yang paling membutuhkannya.

15. Mendukung Kesehatan Mata

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, dan kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kesulitan melihat pada semua jenis cahaya, bahkan termasuk kebutaan.

Karena buah mangga mengandung sejumlah besar vitamin A, mengkonsumsi buah ini bisa memastikan anda menjaga penglihatan lebih baik dan bahkan bisa melihat lebih baik dalam kegelapan.

16. Membantu Memperbaiki Jaringan Otak

Berikut adalah cara lain bagaimana buah mangga bisa membantu otak anda.

Buah ini mengandung glutamin (berbeda dengan glutamat), yang merupakan prekursor asam glutamat, yaitu asam amino yang dibutuhkan dalam jumlah besar dalam tubuh untuk memperbaiki jaringan dan manajemen stress.

Di otak, asam glutamat membantu mengatur fungsi neurotransmiter, sehingga efek kecemasan, depresi, insomnia, dan kerusakan kognitif dapat dikurangi.

17. Memperbaiki Kulit

Buah mangga mengandung karotenoid, yang merupakan senyawa antioksidan yang memberi warna cerah pada buah.

Karotenoid ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, membantu kulit tetap terhidrasi dan kencang, sekaligus memberi warna cerah pada kulit


18. Kaya akan Nutrisi

Satu buah mangga utuh hanya memiliki sekitar 135 kalori, 35 gram karbohidrat, dan hampir tidak ada lemak.

Namun buah mangga kaya akan nutrisi. Mereka dapat memenuhi 32% dari asupan vitamin A harian Anda, 96% vitamin C, 12% vitamin E, 11% vitamin K, dan 14% vitamin B6.

Buah mangga juga mengandung banyak vitamin lainnya dalam jumlah yang lebih kecil, termasuk folat, asam pantotenat, dan thiamin.

Selain itu juga mengandung potasium, tembaga, magnesium, mangan, dan selenium, yang kesemuanya dibutuhkan untuk kesehatan tulang, arteri, kulit, dan jaringan lainnya.

19. Mencegah Penyakit Kronis

Banyak orang saat ini menderita penyakit degeneratif kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan masalah neurodegeneratif.

Buah mangga tinggi vitamin C, yang telah terbukti menjadi kofaktor penting dalam membantu mencegah kondisi ini.

Perlu dicatat bahwa jumlah vitamin C yang diperlukan untuk mencegah penyakit kronis lebih tinggi daripada yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit gusi berdarah, sehingga direkomendasikan untuk mengkonsumsi asupan vitamin C lebih banyak dibanding kebutuhan minimal.

20. Memperbaiki Sendi

Karena vitamin C adalah bagian penting dari penciptaan kolagen di tubuh kita, makan lebih banyak dari buah ini dapat membantu kita memproduksi lebih banyak kolagen, yang penting dalam menjaga agar sendi tetap fleksibel dan kuat dan bebas dari rasa nyeri saat anda berusia 29 tahun.

21. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kulit buah mangga bisa membantu melawan lemak. Para peneliti mengamati daging buah dan kulit berbagai varietas mangga.

Sementara daging buah tidak menunjukkan efek spesifik pada akumulasi lemak dalam tubuh, tidak demikian dengan kulit mangga.

Ekstrak dari kulit mangga menunjukkan penghambatan adipogenesis yang signifikan, yang berarti lemak tidak dapat disimpan.

22. Mengurangi Tekanan Darah

Buah mangga tinggi kandungan magnesium.

Mineral ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan namun secara khusus penting bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi.

Magnesium membantu otot dan arteri untuk lebih rileks, sehingga secara alami menurunkan faktor risiko potensial ini.

23. Memperkuat Tulang

Buah kuning ini mengandung vitamin K, yang penting untuk tulang yang kuat dan sehat.

Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin K karena biasanya vitamin ini banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau yang mungkin jarang dimasukkan dalam diet orang-orang, sebagaimana buah manis ini.

Ini bisa menjadi cara yang lebih mudah bagi lebih banyak orang untuk memperbaiki kekuatan tulang mereka.

24. Membantu Mencegah Anemia

Anemia adalah suatu kondisi dimana tidak ada sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen ke jaringan, mengakibatkan kelelahan pada kasus yang lebih ringan dan kerusakan organ parah jika tidak diobati.

Hal ini sering disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam makanan, dan mengkonsumsi lebih banyak mangga dapat membantu mencegah kondisi ini.

Buah mangga mengandung zat besi tinggi, menjadikannya makanan yang ideal untuk membantu menghindari kekurangan zat ini.

25. Dapat Mencegah Asma

Salah satu kandungan nutrisi buah mangga, beta karoten, diketahui bisa membantu mencegah gejala asma, terutama asma akibat olahraga.

Sementara banyak orang dapat mengobati gejala ini dengan inhaler steroid, metode alami ini terbukti efektif bagi mereka yang ingin menghindari steroid.

26. Membantu Kesuburan

Manfaat buah mangga berikut ini mungkin belum banyak orang yang mengetahui.

Banyak orang mencari sedikit dorongan dalam bercinta, dan pria khususnya mendapat bantuan dari mengonsumsi buah mangga.

Beberapa orang bahkan menulis tentang kualitas afrodisiaknya, yang mendorong suasana hati menjadi lebih baik.
Buah mangga mengandung vitamin E, yang penting dalam kesehatan organ reproduksi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin ini meningkatkan kualitas dan gerak sperma, bahkan pada pria tidak subur.

27. Membantu Mencegah Stroke

Karena buah mangga mampu membantu mengurangi tekanan darah dan tinggi vitamin C, yang memperkuat arteri, buah ini bisa membantu mengurangi risiko penyakit yang mengancam jiwa ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin C dalam jangka waktu lama adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaat ini, jadi satu buah mangga per hari tampaknya merupakan strategi yang cukup baik.

28. Membantu Pemulihan Sehabis Berolahraga

Mikronutrien dan elektrolit buat mangga sangat ideal untuk membantu menyembuhkan otot setelah berolahraga keras dan mengisi kembali elemen tubuh anda dari unsur-unsur penting ini.

Tidak hanya itu, gula alami yang ditemukan pada buah mangga juga sempurna untuk membantu mengurangi kelelahan pasca berolahraga.

Buah ini akan mengisi glikogen anda yang terbakar selama olahraga intens dan bahkan dapat membantu anda berlatih lebih keras untuk waktu yang lebih lama, sehingga meningkatkan ketahanan dan kekuatan anda secara keseluruhan.

 

Loading...