Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


5 Kebiasaan Menghemat Uang yang Harus Diadopsi Setiap Keluarga

menghemat uang

Memiliki keluarga adalah salah satu prestasi yang paling memuaskan bagi sebagian orang; Ini adalah babak baru kehidupan. Apakah anda memiliki satu anak atau lebih, mungkin anda mengetahui bahwa mendapat penghargaan sebagai orang tua, terkadang bisa menjadi sulit.

Simpanan uang untuk liburan, rumah baru, atau bahkan mobil bisa menjadi tantangan saat anda tidak lagi hanya memikirkan diri sendiri. Di situlah beberapa saran menghemat uang dapat membantu anda mencapai tujuan keuangan anda, sehingga anda dapat menikmati liburan keluarga atau membelikan anak-anak anda tempat tidur baru.

Berikut ini adalah lima kebiasaan menghemat uang yang harus diadopsi oleh setiap keluarga.

1. Mengurangi Membeli Junk Food dan Makanan Olahan

Orang biasanya memiliki asumsi bahwa untuk mengurangi biaya makan anda, anda perlu membeli lebih sedikit makanan. Namun ini tidak menyelesaikan masalah. Daripada mengurangi segala hal, cukup belajar mengatakan tidak.

Dibanding membeli sepotong kue dan sebotol soda, tetap berpegang teguh pada buah dan sayuran. Dengan berhenti membeli makanan olahan yang tidak memiliki nutrisi, anda akan melihat bagaimana tagihan anda menurun.

Kurangi, atau hilangkan sama sekali makanan siap saji dan pilihlah masakan di rumah. Bayangkan saja setiap pengeluaran makanan mingguan yang harganya sekitar 200-300 ribu jika membeli diluar, bisa menambahkan hingga sekitar 1 juta pada akhir bulan.

2. Kurangi Pengeluaran pada Pakaian dan Sepatu

Jika anda memiliki anak yang sedang tumbuh, maka anda tahu betapa sulitnya saat anda mencoba membelikan mereka pakaian yang sesuai sementara mereka bertumbuh terlalu cepat.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan semua yang mereka butuhkan adalah membuat daftar pakaian anak-anak anda. Catat semua pakaian yang mereka butuhkan untuk sekolah, bermain dan tidur.

Dengan membuat daftar tersebut, anda akan menghindari belanja terus-menerus dari minggu ke minggu dan menghabiskan jumlah berlebihan pada pakaian yang mungkin tidak pernah dikenakan anak anda.

3. Kurangi Membeli Mainan dan Sebaliknya Buatlah Kenangan

Lain kali jika anda sedang berjalan-jalan dengan anak-anak anda dan mereka merengek minta dibelikan mainan, katakan tidak. Daripada mengumpulkan barang-barang yang tidak berguna dimana mereka bosan setelah beberapa hari, rencanakan pengalaman atau permainan keluarga, yang gratis, atau minimal harganya jauh lebih rendah daripada permainan video terbaru.

Bawa anak-anak anda ke taman untuk piknik atau bermain sepak bola, dibanding memanjakan mereka dengan mainan atau gadget terbaru yang mereka lihat di iklan TV.

4. Menggunakan Kembali (Re-use) Barang-Barang

Salah satu cara agar anak-anak anda belajar akan nilai uang adalah dengan memahami bahwa budaya membuang sampah tidak baik untuk dompet atau lingkungan anda. Jadi, dibanding membeli baju baru, simpan beberapa baju yang masih baik untuk dipakaikan pada anak anda berikutnya.

Ini akan menghemat uang anda dalam jangka panjang dan peraturan yang sama berlaku untuk permainan. Gunakan kembali mainan-mainan tersebut dengan cara menurunkan pada anak anda berikutnya, daripada menimbun mainan dan terus membeli yang baru.

Ketika sampai pada barang-barang rumah tangga, anda akan terkejut melihat betapa anda bisa menabung dengan menggunakan lap yang dapat digunakan kembali, daripada membeli kertas dapur setiap minggu.

Jika anda memikirkan untuk mendekorasi ulang atau ingin menambahkan beberapa barang ke rumah anda, maka sebagai alternatif untuk membeli lebih banyak perabotan, carilah toko barang antik. Anda bisa menemukan harta karun dengan harga murah.

5. Ajarkan Anak Anda untuk Berhemat Listrik

Tunjukkan kepada anak-anak anda pentingnya mematikan sakelar dan alat-alat ringan lainnya yang tidak mereka gunakan, dan mereka seharusnya tidak meninggalkan barang-barang elektronik dalam keadaan tersambung pada listrik.

Setelah seluruh keluarga anda menjadi energi yang cerdas, anda tidak hanya akan mengajarkan pelajaran hidup yang berharga kepada anak-anak anda, tetapi anda juga akan melihat tagihan listrik, air dan gas anda menurun.

***

Dengan beberapa perubahan rumah tangga sederhana, anda akan melihat perbedaan dalam rekening tabungan anda serta anak-anak anda pada akhirnya akan menghargai kenangan-kenangan bersama anda yang menyenangkan, makanan rumah yang lezat dan parabotan unik mereka.

Dengan membuat beberapa perubahan kecil, anda bisa berada di jalan menuju masa depan yang lebih stabil secara finansial sebagai keluarga.

Baca juga artikel kami lainnya 50 Cara Menghemat Uang yang Wajib Anda Ketahui

 

Loading...