Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


5 Tips Membina Hubungan Jarak Jauh

hubungan jarak jauh

Cinta dan hubungan jarak jauh bisa menjadi salah satu pengalaman tersulit dan rumit jika gagal menemukan formula yang tepat untuk mengatasinya. Ratusan bahkan ribuan kilometer menjadi musuh terburuk dari banyak pasangan di seluruh belahan dunia. Tapi, yang tidak banyak diketahui adalah hubungan jarak jauh itu mungkin dan bisa membantu kita untuk menyadari apakah orang yang anda cintai tersebut ada di pihak anda atau tidak.

Terkadang bertemu seseorang yang terpisah jauh membuat kita menikmati aspek hubungan yang mungkin tidak akan kita hargai jika kita bertemunya lebih sering. Terlepas dari beberapa kekurangan, hubungan jarak jauh membantu membangun keyakinan. Untuk menikmati percakapan panjang melalui telepon, ataupun keinginan untuk mengejutkan pasangan kita saat anda bertemunya lagi.

Karena kita tidak bisa menghapus jarak antara kita dan pasangan kita, mengapa kita tidak berusaha mencari solusi yang membuat hubungan lebih langgeng?

1. Kepercayaan

Tidak diragukan lagi, ini adalah aspek utama dari sebuah hubungan jarak jauh. Anda harus mempercayai pasangan anda sepenuhnya dan jangan ragu untuk berbicara karena dua alasan. Alasan pertama adalah bahwa anda akan menjadi frustasi jika anda terus berpikir bahwa pasangan anda menipu anda. Atau belum memberitahu anda semua kebenaran. Karena anda tidak bisa berada di sana untuk memverifikasi dengan mata anda sendiri apa yang telah dikatakannya. Dan yang kedua adalah bahwa sebagai akibat dari ketidakpercayaan tersebut, masalah kecemburuan mungkin timbul, yang jika diperparah, niscaya akan mengakhiri hubungan.

Artikel terkait: 11 Kunci Untuk Membangun Kepercayaan

2. Ruang

Kedengarannya konyol, tapi meski banyak kilometer memisahkan anda, sangat penting bagi anda masing-masing memiliki ruang pribadi. Ini berarti anda harus membiarkan pasangan anda menikmati saat-saat senggangnya tanpa mengganggunya. Artinya, jika anda menghabiskan tiga hari tanpa berbicara dengannya karena dia sedang melakukan perjalanan dengan teman-temannya, maka tidak ada yang perlu dirisaukan. Jangan mengganggu pasangan anda dengan panggilan telepon atau pesan dan, yang terpenting, jangan mencela dia bahwa dia ‘melupakan anda’. Setiap orang membutuhkan saat-saat putus hubungan sementara waktu dengan pasangan.

3. Komunikasi

Komunikasi adalah aspek fundamental dari hubungan apapun. Mereka mengatakan bahwa jika pasangan tidak berbicara di tempat tidur, hubungan mereka tidak akan bertahan lama. Namun, persamaan ini tidak bisa diterapkan pada hubungan jarak jauh, dimana pertemuan menjadi sangat langka.

Untuk alasan ini, komunikasi sehari-hari merupakan kebutuhan mendasar. Saat ini, teknologi baru sudah membuatnya menjadi sangat mudah. Masa-masa menunggu pak pos datang mengantarkan surat dari pasangan anda sudah lewat. Sekarang anda bisa berbicara dengannya setiap saat. Dan anda bahkan bisa saling melihat melalui layar komputer atau gadget anda.

Artikel terkait: 14 Teknik Komunikasi Yang Paling Efektif

4. Pengorbanan

Hubungan jarak jauh melibatkan lebih banyak pengorbanan daripada jenis hubungan lainnya. Beberapa kebiasaan anda akan berubah seiring dengan hubungan jarak jauh ini, misalnya ketika anda bertemu dengan pasangan anda, anda harus mengorbankan aktivitas-aktivitas lain demi menghabiskan beberapa hari bersama. Anda juga harus meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan percakapan jarak jauh. Semuanya demi menjaga hubungan jarak jauh ini bertahan. Anda harus sangat jelas bahwa jika anda ingin pertunangan anda berlanjut hingga perkawinan, anda harus rela mengorbankan diri.

5. Melihat ke Masa Depan

Poin mendasar sekaligus sangat berbahaya adalah membicarakan masa depan. Bila anda mengkonsolidasikan hubungan jarak jauh, tentu saja, harus ada titik di mana anda bisa bertemu di kota yang sama dan bahkan tinggal di bawah atap yang sama. Anda memerlukan percakapan yang panjang dan penting terkait hal ini.. Misalnya, siapa dari antara anda dan pasangan yang akan pergi meninggalkan kota anda saat ini, keluarga serta teman-teman untuk memulai hidup baru sebagai pasangan.

Ini adalah keputusan yang sangat sulit dan sangat berisiko. Tapi, jika cinta anda benar, anda akan mencapai kesepakatan. Pekerjaan anda atau pasangan termasuk aspek yang harus dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Setelah kesepakatan dibuat, anda akan terus maju. Dari situ sampai membentuk keluarga, hanya ada satu arah. Tentu saja, tanpa stress. Karena jika itu harus terjadi, makan jalan cerita akan berubah.

 

Loading...