Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


6 Cara Ampuh Untuk Menjadi Berani

berani

“Mulailah, beranilah dan bertumbuhlah menjadi bijaksana.”
– Horace –

Jika anda pemalu, ragu-ragu, atau pasif, anda berisiko memiliki kehidupan yang dipenuhi dengan rutinitas dan sasaran-sasaran yang tidak tercapai. Kemajuan-kemajuan yang kita lihat saat ini dilakukan oleh orang-orang yang berani – ilmuwan, politikus, artis, dan orang-orang lain yang tidak menunggu datangnya peluang; mereka menciptakan peluang. Jadi jika anda ingin menjadi seseorang yang pemberani dan tidak dapat dihentikan, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memulai momentum anda.

1. Berpura-Puralah Anda Adalah Seorang Pemberani.

Jika anda bertukar tempat dengan seseorang yang sangat berani, apa yang akan mereka lakukan jika mereka ada di posisi anda? Jika anda mengenal seseorang yang berani, bayangkan bagaimana mereka akan bertindak. Jika anda tidak mengenal orang seperti itu, pikirkan seorang karakter yang berani dari film atau buku. Habiskan waktu satu jam setiap hari selama seminggu untuk berpura-pura menjadi mereka.

Saat anda melakukannya, pergilah ke suatu tempat dimana orang-orang tidak mengenal anda dan tidak akan terkejut melihat tindakan anda yang mungkin lain dari biasanya. Cobalah lakukan dan lihat apa yang terjadi – anda mungkin menemukan hal-hal luar biasa ketika anda berani, dan anda mungkin akan merasa yakin untuk menerapkan sikap ini pada kehidupan anda sehari-hari.

2. Ambil Inisiatif.

Ketika anda merasa ragu – khususnya dalam berinteraksi dengan orang lain – simpan ego anda dan ambil langkah pertama. Tanyakan pada rekan kerja anda apakah mereka mau pergi ke cafe untuk minum-minum sehabis bekerja. Katakan kepada orang yang anda sukai bahwa anda memiliki 2 tiket konser dan anda ingin orang tersebut ikut dengan anda. Berikan sahabat karib anda pelukan dan minta maaf atas kesalahan yang pernah anda buat sebelumnya. Tersenyumlah dan berkediplah pada kasir yang berpenampilan menarik.

3. Lakukan Sesuatu Diluar Dugaan.

Apa yang bisa anda lakukan yang kira-kira akan mengejutkan orang-orang yang mengenal anda? Memakai sepatu hak tinggi? Bungie jumping? Mengikuti kelas dansa? Orang-orang pemberani tidak takut mencoba melakukan sesuatu yang baru, dan salah satu alasan mereka sangat menarik untuk berada di sekeliling anda adalah karena mereka terus membuat anda menerka-nerka.

Anda bisa memulai dari sesuatu yang kecil, mungkin mengenakan pakaian dengan warna atau gaya yang tidak biasanya anda pakai, atau mengunjungi tempat yang biasanya tidak anda kunjungi. Pada akhirnya, anda akan mencapai suatu titik dimana anda memiliki ide yang membuat orang lain ternganga saat anda mengutarakannya (“Apakah anda serius? Arung Jeram?” atau “Anda pasti bercanda. Anda ingin membeli ruko di jalan tersebut?”).

4. Mintalah Apa Yang Anda Inginkan.

Daripada menunggu untuk dikenali orang karena usaha anda, atau mengharapkan seseorang untuk mempertimbangkan kebutuhan anda, majulah dan mintalah.

Beberapa orang merasa bahwa meminta sesuatu adalah perbuatan yang serakah, egois, dan kasar – dan itu betul, jika anda meminta sesuatu yang bukan menjadi hak anda. Namun jika seseorang menahan sesuatu yang menjadi hak anda, merekalah yang serakah, egois, dan kasar.

Lagipula, hal terburuk apa yang mungkin terjadi? Mereka berkata tidak.

• Mintalah promosi atau kenaikan gaji yang telah anda nanti dan sudah anda kerjakan.
• Mintalah potongan harga. Menawarlah. Frase “Berapa harga terbaik yang anda bisa berikan untuk saya?” merupakan cara mudah dan ampuh untuk menghemat uang.
• Mintalah agar iuran tahunan kartu kredit anda dihapuskan.
• Mintalah bantuan atau nasihat kepada saudara, sahabat, atau orang yang benar-benar asing.
• Mintalah klarifikasi jika anda tidak yakin apa yang orang harapkan dari anda.

5. Mengambil Risiko.

Ada perbedaan antara ceroboh dan mengambil risiko. Orang-orang ceroboh tidak mengambil risiko.. mereka tidak memikirkan risiko yang ada. Di sisi lain, seorang pemberani sangat memahami risiko yang ada, dan telah memutuskan untuk tetap pada keputusan yang mereka ambil, siap dan bersedia menerima konsekuensi jika kenyataan berbeda dengan yang mereka harapkan.

Pikirkan seorang atlet yang mengambil risiko setiap harinya. Apakah mereka ceroboh? Tidak. Mereka mengambil risiko yang terukur. Anda mungkin melakukan kesalahan; kita semua melakukan kesalahan. Namun tidak melakukan apa-apa juga merupakan kesalahan, sesuatu yang bisa membawa anda pada kekosongan dan penyesalan. Bagi sebagian orang, mengambil risiko dan mengalami kegagalan merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga daripada tidak melakukan apapun.

Sebaliknya, jangan mencampuradukkan berani dengan agresif. Agresif seringkali memaksakan pendapat atau tindakan anda pada orang lain. Keberanian tidak ada hubungannya dengan orang-orang di sekitar anda; keberanian adalah mengatasi rasa takut anda dan mengambil tindakan.

Ingatlah, meskipun anda akan merasa sangat bersemangat dalam melakukan sesuatu yang baru, risiko kegagalan tetap ada karena kurangnya pengalaman anda. Sikapi kegagalan anda; kegagalan bukanlah kebalikan dari kesuksesan, kegagalan merupakan komponen penting dari kesuksesan. Kebalikan dari sukses adalah berdiam diri.

6. Temukan Kembali Diri Anda.

Intinya, keberanian berasal dari dalam diri anda, dari apa yang anda percayai. Keberanian bukan tentang apa yang anda lakukan, melainkan siapa diri anda. Jika anda tidak mengenal diri anda, anda tidak pernah menjadi pemberani.

Mulailah menghargai keunikan anda. Temukan hal-hal yang membuat anda berbeda dan tunjukkan pada orang-orang di sekeliling anda. Curahkan perhatian dan sayangi diri anda sendiri karena tidak penting apa yang orang lain katakan. Itulah inti dari keberanian.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

61 comments

1 oen { 05.18.11 at 8:46 am }

thanx informasinya, membuat sesuatu yang inspiratif di pagi ini ^^

2 kliwoon { 05.20.11 at 10:10 pm }

Luar biasa pak, saya tidak rugi telah berlangganan artikel dari blog anda.
Terima kasih untuk artikel-artikelnya yang luar biasa.

3 sopian { 05.28.11 at 11:33 am }

aku ingin jadi anak yang sangat pemberani dalam mengarungi kehidupan yang sangat menakutkan ini

4 Lina Annisa Wulandari { 05.29.11 at 6:03 am }

keberanian adalah syarat utama menuju kehidupan yang sukses. btw, nice post. ^_^

5 Edward Rhidwan { 06.03.11 at 5:36 pm }

mantap dan ampuh tipsnya..
mari kita mulai sekarang..

6 RVL { 06.09.11 at 12:57 pm }

Amazing….
Hdup hrs brani dlm hal apapun….

7 suwanto { 06.14.11 at 4:20 pm }

saya pribadi paling suka dengan point yang no.4 yaitu mintalah apa yang anda inginkan, karena dengan kita meminta kita akan mendapatkan apa yang kita ingin…. maksudnya ini minta yang positif, seperti nasehat saran dan strategi dari orang-orang terbaik dan guru terbaik dari bidang yang kita inginkan.
terimakasih artikelnya sangat menari.

8 prasto { 06.16.11 at 12:55 am }

susah buat prakteknya….ajarin paaaaak…..

9 eko santoso { 06.29.11 at 10:16 pm }

bagus banget nich….
walaupun susah dalam penerapannya agak susah

10 Gins Nainggolan { 07.03.11 at 7:46 pm }

Bravo buat artikel nya..Salam Sukses…

11 damanhuri arif { 07.23.11 at 1:08 pm }

bagus bgt tapi bagaimana caranaya ia
tapi insallaah di coba….

12 hyminan { 07.26.11 at 12:08 am }

q slma ne 16 thun msih malu banget,….
entah apha pnyebabnya,..
mungkin kurng PD,…..
susah jd org pmberani,..loem bisa

13 Noerdien { 08.08.11 at 12:31 am }

Ok bgt bos… Aku saat ini sedang sulit sekali untuk berani menghadapi dosen pembimbing dgn berbgai alasan. Mohon diberi pencerahan agar keberanianku muncul…

14 erick { 08.15.11 at 3:30 am }

Makasih untuk tips y…
Tapi klu orang tua tidak menyetujui ap yg kita lakukan bagi mana… Tapi kita melakukan y demi kepentingan ortua kita juga pak…
Tlng penjelasan y pak… Makasih

15 irma rahmayanti { 08.17.11 at 7:31 pm }

aq memank bkan laki2…
tpi aq yakin aq pasti aq berani melakukan hal yg belum pernah aq lakukan..
krna aq ingin menjadi pmberani…

16 okto fianiy { 08.18.11 at 9:03 am }

menjadi seorang pemberni tidak mudah,, aku gak pernah berani, dri itu aku gak pernah tau kegaalan dan ke suksesan

17 JEPLIN { 08.23.11 at 10:08 am }

jadilah terbaik di antara orang terbaik

terima kasih

18 Vhan_buuren { 09.14.11 at 10:16 am }

Artilkelnya mendetail,sy menyukai ini..smg bs dikembangkan lg

19 diki { 10.05.11 at 6:11 pm }

bagus banget jjur akan ku terapkan dalm hidup q thanks

20 nur { 11.11.11 at 7:03 pm }

sulit bgetz tuex melakukannya……..gmna niech???????????thnkz atas tipz2nya

21 Munawir { 01.21.12 at 2:50 pm }

Terima kasih artikelnya,Bagus bangeet.

22 nita windi { 01.26.12 at 5:38 am }

Keberanian perlu dlatih.
Krn berani disetiap kesempatan itu harus.
Nice post ^^

23 Mamimonster { 03.02.12 at 9:40 pm }

tips berguna untuk saya.terima kasih banyak2.=)

24 zai { 04.19.12 at 3:18 pm }

bagus,mantap,mulai lah di awali dgn kprcayaan bhwa kita mampu pasti kita akn menemukan bgaimana cara ny,pasti,tks

25 Robot Forex Gratis profitable, Belajar Forex, rahasia trading { 04.23.12 at 3:11 pm }

bagus artikelnya.. akan saya terapkan

26 dunia antivirus gratis { 05.31.12 at 12:03 pm }

saya coba om…moga2 gue jadi orang yang lebih baik dari yg sebelumnya ..makacih atas motivasinya

27 saya mantan penakut.. { 07.24.12 at 2:21 pm }

ini lku utk anak SMA juga gak ya..???
hehehehe…..

28 M. Birhasanie { 11.15.12 at 11:46 am }

Keberanian sangat dibutuhkan dalam menjalani hari-hari yang penuh ketidakpastian di dunia yang fana ini…

29 Suwondo { 01.10.13 at 11:39 pm }

Wah nie tips ya bagus bnget pak, q coba ya…!

30 daniawanst@gmail.com { 03.01.13 at 12:48 pm }

akan aku terapkan

31 nur imam { 03.23.13 at 2:04 pm }

thanks atas semuanya.
ada satu pertanyaan yang membuat saya masih belom jelas!mohon bantuannya.
” dengan cara apakah saya menghilangkan rasa takut & ragu saya bila berhadapan kepada clien?.thanks

32 Kiki { 03.25.13 at 7:45 am }

Menarik d coba,hrus d coba, smgat

33 johan { 04.09.13 at 11:34 pm }

amazing..
incredible..
wonderful..
extraordinary..

34 Alex { 04.22.13 at 2:14 pm }

Gw itu masih umur 16, tp gw hidup dilingkungan orang2 besar yg berumur, setiap gw tanya tentang pekerjaan biar gw bs sampe apa yg mereka pikirkan knp mereka malah menutupi ye, jd gak ada jalan gw untuk maju kalo semua orang kek gitu, jd bingung gw, gw gak nanya ntar jadinya diem, eh gw nanya malah gak dikasih tau, benernya gw yg bego atau mereka yg bego tp sok pintar? Bukanya orang pintar itu bisa menghargai ye, sumpah gw makin bingung ama kehidupan ini, binguuung bnget!

35 Zoko { 05.02.13 at 10:24 pm }

Tips yang sangat berguna, gimana menumbuhkan agar percaya diri dalam berbicara

36 Rani { 07.16.13 at 2:43 pm }

sangat inspiratif..
saya harus benar-benar berubah dan menunjukan kelebihan saya. Semangat

37 jimmy { 07.17.13 at 7:46 pm }

terima kasih tipsnya tpi gampang gampang susah juga!!!

38 naizal { 08.04.13 at 10:57 am }

Terima kasih,bagus sekali artikelnya

39 iis { 08.10.13 at 12:24 pm }

poin ke 1 sangat menggoda untuk dicoba

40 mahfud { 08.21.13 at 10:30 am }

Tims..mas,
Aku ………… selalu takut tuk bicara yang sejujurnya bila ada masalah ditempat usaha, takut berakibatkan orang lain tersinggung dan terkena imbasnya, tolong mas…apakah ini termasuk yang harus dilakukan untuk bangkitkan keberanian,…………? trims.

41 gita { 08.21.13 at 7:58 pm }

coba deh. tapi temen-temenku udah ngecap aku sbg anak pendiem. dicoba sajalah :)

42 BaeQoenny { 11.01.13 at 8:49 pm }

thnks semoga saya bisa melaksanakan’a dngan baik..

43 Mia { 11.27.13 at 5:23 pm }

Saya orang yg pemalu & pendiam

44 Arzeka Shop { 12.18.13 at 11:54 pm }

Pastikan Diri Kita Berani… dan Berani…

45 salam panker { 12.21.13 at 9:50 pm }

saya takut kalau ada wanita di samping saya,,,
dan saya sering di ejek oleh teman teman saya

46 fauzi { 12.24.13 at 6:27 pm }

y tapi kalau masalah gebetan kan susah bgt pengen ke rumah nya tapi malu apa lagi ngelewat mati ane lihat muanya nya ajh takutt lihat nyanan misalanya dia ada dikiri dan aku selalu melihat kekanan kalau di pindah kekanan ane juga oindah ke kiri ngelihat ane takut ngelihat gebetan mahhh

47 Rivo { 01.03.14 at 12:12 am }

saya paling suka dengan kata-kata “Tersenyumlah dan berkediplah pada kasir yang berpenampilan menarik”.

48 rama { 02.16.14 at 8:25 am }

saya ingin sikap berani ada pada dri saya
karena saya tdk mw harga dirikoe diinjak injak

49 farel rbny { 03.28.14 at 9:17 pm }

Like (。◕‿◕。 )
coba dlam format audio, kyax bgus ntu, soalx bisa diulang”

50 fahmi alamil huda { 04.25.14 at 11:16 am }

aq sih udah nerapin,tapi gimana kalau faktor keturunan?

51 dandy { 05.18.14 at 2:17 pm }

aku pasti bisa berubah

52 Hafizah Rayani { 06.17.14 at 5:43 pm }

Ya Allah, mudah mudahan hamba bisa berubah.
Amiin…..

53 steven { 06.21.14 at 5:08 pm }

cocok untuk gnrasi muda yg ingin mengalami terobosan dlm hidup

54 Andi Arsal { 06.22.14 at 11:01 pm }

Jujur…., gw orangnya gugup dan sering gerogi dan Alhamdulillah setelah membaca postingan ini, gw baru nyadar kalo diriku ini masih diserang oleh rasa ketakutan…,, maka daripada itu..,, gw berintrospeksi diri dan menemukan apa masalah yg ada pada diriku dan ternyata ada satu titik yang menuntut kemungkinan akan membuat medan tersebut menjadi sekumpulan titik2 tersebut, dan postingan ini mengajarkan aku tuk senantiasa menghilangkan titik2 itu pada medannya tanpa harus merusak medan tersebut. artinya ubahlah nasib atau takdir anda tanpa harus merusak kodrat dan fitrah yg Tuhan berikan……,, Thanks

55 wa ode marsene { 06.28.14 at 9:58 am }

Tq atas pemaparan artikelny, senoga dngan artikelnya sy BISA merubah dri sy jadi pmberani sebab sy orang lugu

56 Gufron { 07.27.14 at 5:00 am }

Tanks akan saya coba dan cari ap yg seharusnya yang ada pada ku, dan akan terus mencoba.

57 yeyep saepudin { 08.11.14 at 9:39 am }

akan ku gali sikap pemberani dalam hidupku , makasih atas motivasinya :)

58 irene estu { 08.15.14 at 1:21 pm }

jujur aku orgnya mdh gugup, takut bersosialisasi dg lingk baru,
maju ke dpn kls aja kdg2 suka gugup,
tapi dengan membaca artikel ini, aku mulau mendpat pencerahan,
makasih atas nasehat dan sarannya :)

59 Rama { 08.31.14 at 10:26 am }

terima kasih pak saya akan mencoba dan ngin menjadi pintar :)

60 adi { 10.01.14 at 3:48 pm }

jos pokok.e tipsnya

61 muhammad { 11.27.14 at 1:46 pm }

bgmn caranya menghadapi orang yang tes kita supaya tidak gugup

Leave a Comment