Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

daya ingat

Ada berbagai cara untuk meningkatkan daya ingat. Ingatan kita layaknya organ tubuh yang lain yang membutuhkan latihan teratur agar selalu dalam kondisi baik, sebagaimana juga atlet harus melatih tubuhnya untuk menghadapi masa-masa yang sulit. Daya ingat memerlukan pelatihan khusus agar tetap dalam kondisi prima dan kemampuannya meningkat. Ada beberapa cara sederhana, yang dapat anda ikuti untuk menjaga daya ingat anda tetap dalam kondisi prima, dan juga teknik yang benar-benar dapat membantu anda memperbaiki kondisi dan kinerja daya ingat anda.

Penyebab-penyebab Berkurangnya Daya Ingat

Kualitas daya ingat seseorang tidak hanya tergantung pada pendidikan, lingkungan belajar dan lingkungan fisik di mana ia hidup, tetapi juga pada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hidupnya (misalnya kehilangan orang yang dicintai). Ada juga faktor genetik keturunan yang memainkan peran yang sangat penting. Penyebab yang lain adalah:

Tidur

Ada hubungan langsung antara kurang tidur, insomnia dan berkurangnya daya ingat.

Tidur malam yang cukup sangat penting bagi berfungsinya ingatan kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa dibutuhkan setidaknya 6 jam tidur untuk daya ingat berfungsi pada potensi maksimumnya.

Sangat penting untuk tidak mengabaikan persyaratan tidur untuk tubuh kita. Jika kita mendapatkan cukup tidur, maka bukan hanya daya ingat saja menjadi lebih baik tetapi kita juga akan lebih mampu mengatasi stres sehari-hari.

Depresi

Depresi merupakan penyebab yang melemahkan daya ingat.

Depresi saat ini telah menjadi penyakit yang sangat umum. Hal ini dapat terjadi pada semua usia. Ada banyak penyebab yang dapat menyebabkan depresi. Peristiwa-peristiwa yang sangat serius yang melukai jiwa manusia, seperti kehilangan orang yang dicintai, biasanya disertai dengan depresi dan menyebabkan penurunan daya ingat.

Dalam kasus depresi, penting untuk mencari bantuan dan nasehat dari dokter berkualitas. Obat depresi yang tepat memungkinkan untuk pemulihan penuh daya ingat.

Penyakit tiroid

Penyakit kelenjar tiroid mempengaruhi sejumlah besar orang, dan memiliki efek negatif pada daya ingat.

Diagnosis awal penyakit tiroid akan mencegah kerusakan lebih lanjut dari daya ingat. Penyakit kelenjar tiroid dapat terjadi pada semua usia.

Diabetes

Diabetes telah menjadi bencana yang cukup menakutkan di dunia. Banyak pasien tidak mengobati diabetes dengan baik. Kegagalan sistem vaskular yang terus berlanjut pada diabetes dan tidak diobati secara efektif berkontribusi terhadap menurunnya daya ingat.

Pengobatan yang tepat dan pengendalian terhadap diabetes akan meningkatkan daya ingat. Penyakit kronis lainnya seperti pada hati, paru-paru dan ginjal juga mempengaruhi daya ingat. Dalam kasus diagnosa secara dini dan dilanjutkan dengan pengobatan akan memperbaiki daya ingat dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Alkohol dan obat-obatan

Kecanduan alkohol dan beberapa jenis obat-obatan tertentu, dapat menyebabkan penurunan daya ingat atau bahkan degenerasi kemampuan intelektual lainnya.

Para pecandu alkohol pada awalnya memiliki masalah dengan daya ingat jangka pendek, kemudian amnesia ini diperparah dengan masalah dengan daya ingat jangka panjang.

Konsumsi alkohol sekala sedang (1 sampai 2 gelas untuk laki-laki dan 1 gelas untuk wanita, setiap hari), tidak membahayakan otak. Sebaliknya konsumsi alkohol yang berlebihan adalah racun bagi otak dan daya ingat.

Obat-obatan dapat membahayakan otak dan mengurangi kemampuan mental. Misalnya obat ekstasi menyebabkan kerusakan serius pada daya ingat.

Kurangnya Vitamin B12

Kurangnya vitamin tertentu juga dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Vitamin B12 diperlukan bagi otak agar dapat berfungsi maksimal. Diet yang seimbang memberikan tubuh vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

Vitamin B12 ditemukan pada ikan, telur, daging, unggas, susu dan produk susu. Vitamin ini membantu sistem peredaran darah dan kesehatan otak.

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

Seperti telah disebutkan diatas bahwa ingatan kita layaknya seorang atlet. Semakin anda melatih otak dan daya ingat maka semakin baik juga kinerja mereka. Pepatah “practice makes perfect” berlaku bagi daya ingat kita juga. Selain faktor-faktor yang dapat menyebabkan penurunan daya ingat (seperti dijelaskan di atas), ada beberapa cara yang dapat diadopsi untuk meningkatkan daya ingat anda. Yang terpenting adalah yang disebutkan di bawah ini:

1. Jangan pernah berhenti belajar

Carilah topik yang menarik minat anda dan mulailah terlibat didalamnya dengan mempelajari informasi-informasi baru dan perkembangan tentang topik tersebut. Jika memungkinkan, anda dapat bergabung dengan kelompok yang memiliki minat yang sama dengan anda untuk berdiskusi dengan orang-orang dalam kelompok tersebut.

Membaca, mengikuti kuliah, program, informasi di televisi dan internet, merupakan sumber pendidikan berkelanjutan untuk otak anda yang tentu saja akan mendatangkan hasil yang bermanfaat untuk perkembangan daya ingat anda.

2. Menjalin hubungan sosial dan keluarga anda

Manusia pada dasarnya memiliki keramahan yang melekat. Semakin sosial anda, semakin baik untuk otak anda. Mengisolasi diri akan merusak banyak sistem tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak dan jantung memiliki banyak keuntungan hubungan keluarga dan sosial yang baik.

Sehubungan dengan konteks ini, anda bisa menjadi relawan untuk memberikan bantuan dimana masyarakat membutuhkan anda, atau bahkan berpartisipasi dalam kelompok terorganisir, yang sesuai dengan kepentingan anda sendiri. Jika anda memiliki hewan peliharaan misalnya, anda dapat bersosialisasi dengan orang lain yang juga memiliki hewan peliharaan dan mendiskusikan dengan mereka masalah yang relevan serta mengembangkan hubungan yang lebih erat.

3. Mengembangkan kebiasaan baru

Setiap kali anda mengharuskan pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang baru, anda berarti memicu kekuatan baru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pertimbangkan untuk merubah layout mebel anda, mengoleskan mentega pada roti dengan cara yang berbeda atau dengan mata tertutup, mengenakan celana dengan satu tangan, atau belajar menggunakan mouse dengan tangan yang lain. Anda dapat memikirkan beberapa ide lain untuk melatih otak dan membantu meningkatkan daya ingat anda.

4. Latih pikiran anda dengan permainan-permainan.

Semakin anda menggunakan keistimewaan otak, semakin anda membantu daya ingat anda tetap bugar. Ada banyak permainan yang membangkitkan kemampuan intelektual anda, sekaligus juga berkontribusi untuk hubungan sosial yang lebih baik. Backgammon, catur, teka-teki dan banyak permainan papan lainnya, menawarkan hiburan dan juga membantu anda meningkatkan daya ingat.

5. Olahraga dapat meningkatkan daya ingat anda

Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. Tidak perlu menjadi seorang pelari maraton dalam rangka memperoleh manfaat dari berolahraga. Manfaat olahraga berpengaruh positif pada banyak sistem tubuh, khususnya daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari dalam latihan yang sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang.

Terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu secara substansial akan meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun.

6. Makanan yang akan membantu meningkatkan daya ingat anda

Apa yang kita makan setiap hari, mempengaruhi kinerja dan kondisi daya ingat kita dalam jangka panjang. Survei dalam beberapa dekade terakhir, telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat.

Ciri-ciri umum dari makanan ini adalah mereka kaya akan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf.
Ingatlah bahwa untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup dalam tubuh anda, lebih baik untuk makan lebih banyak buah dan sayuran daripada menelan vitamin formulasi. Alasannya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin anda juga menyerap nutrisi yang berguna lainnya yang bertindak untuk melengkapi dan mendukung kerja vitamin.

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat anda adalah:

1. Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada
2. Brokoli dan kembang kol
3. Jus buah, buah
4. Berbagai macam berry, buah delima
5. Kacang-kacangan
6. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel
7. Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

54 comments

1 afrida moenir { 04.24.13 at 12:01 pm }

artikel ini sangat membantu dalam memotivasi diri…

2 lamhot { 07.04.13 at 7:46 pm }

terimakasih atas tipsnya, sangat membantu

3 tyo_pras { 07.15.13 at 4:08 pm }

thx buat adminnya. bagus bgt.

4 efendy { 08.03.13 at 9:59 am }

Makasih, ak yakin ini pasti sangatberguna,,

5 cara mengatasi masalah Seksual { 08.15.13 at 1:52 pm }

terima kasih banyak atas informasiny dan salam kenal!!!

6 emilia { 08.20.13 at 8:38 am }

Thank’s bgd,, artikel’a sangat membantu

7 download Game { 08.22.13 at 2:22 pm }

makasih gan.. belakangan ini sering lupa.. gara2 stress

8 Daud { 08.24.13 at 8:26 pm }

Thnx sangat membantu ,.
moga beemanfaat ,.

9 carag { 09.02.13 at 12:17 pm }

banyak sekali manfaat dari artikel ini thanks

10 yanasuryana { 09.05.13 at 10:26 am }

Saya nau tanya tentang artikel nih saya sendri dlu,x pecandu narkoba skrang udh g sich tp ada kekurangan dlm artikel

11 salsabila ramadhanti { 09.16.13 at 5:55 pm }

Makasih banget. sangat membantu buat pelajar seperti saya

12 m.harun { 09.16.13 at 9:46 pm }

terima kasih bannyak,akan saya catat

13 Nutrisi untuk Daya ingat { 09.17.13 at 12:26 pm }

artikelnya sangat bermanfaat, untuk meningkatkan daya ingat lebih kuat nutrisi memang perlu dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. ini agar otak kita selalu sehat.

salam sukses buat admin sudah posting 6 cara meningkatkan daya ingat. salam kenal juga ya.

14 anjar { 09.30.13 at 8:09 am }

Sangat membantu sekali.terima kasih.

15 Brain booster { 10.02.13 at 1:00 pm }

Menamba daya ingat., pikun tidak jadi.

16 fitriani { 10.05.13 at 1:01 pm }

makasih,,, semoga bermanfaat bg saya

17 sabneno { 10.06.13 at 5:12 pm }

makasih ats artkelxa n slm knl smoga imfoxa berprestasi bagi penhuni/ pembaca… dan bsh merubah dn menambah, sesuai dgn contest artikel ini,,,

18 wahyudi { 10.09.13 at 4:38 pm }

trimaksih admin, sangat baik utk menambah wawasan.

19 herriwan { 11.04.13 at 12:10 pm }

terima kasih, tulisannya menambah wawasan

20 fajri { 11.17.13 at 8:42 pm }

terima kasih, semoga bisa membantu saya dan yang lainnya

21 ma_men { 11.19.13 at 2:30 am }

ya,,, semoga bermanfaat buat saya n yang lain. Amin

22 roku { 11.19.13 at 10:46 am }

terimah kasih atas informasinya

23 narsih { 12.08.13 at 6:21 am }

artikel yg menarik, trmaksih..

24 zaini { 12.08.13 at 4:01 pm }

terima kasih atas petunjuknya, semangat terus dan jangan berhenti untuk berinspirasi.

25 cinthia { 12.12.13 at 5:07 pm }

Tulisan anda cukup membantu…dicoba dech !!! Tks

26 fajar jac { 12.15.13 at 8:53 am }

terima kasih ,akan saya coba seperti tips diatas.

27 kim { 12.21.13 at 10:00 am }

thanx…..saya akan mencobanya

28 hadat { 01.01.14 at 3:39 pm }

infonya keren bnget gan… ini malah mnjdi mnrik kl d uji cba.

29 Satria Utama { 01.10.14 at 7:42 pm }

Thank U verry much to information. This is very important…

30 romoden lubis { 01.16.14 at 8:41 pm }

Thank infonya, semoga bermanfaat bagi saya

31 indri any { 01.19.14 at 10:35 pm }

terimakasih info nya, : )
sangat membantu saya

32 rinibungadiana@yahoo.com { 02.21.14 at 11:42 am }

thank’x atas admin ea,…

Ini sangat membantu bangget……

Thank’ yOu

33 lusi { 03.16.14 at 4:24 pm }

ok makasih infonya, smoga bermanfaat utk sy dan yg lain.

34 ikhsan gamer { 03.31.14 at 8:25 pm }

This is great
Taste the greatness every day

35 sri rahayu { 05.12.14 at 10:36 am }

thank..untuk informasinya ya.semoga berguna untuk aku.!

36 azmi { 05.27.14 at 3:26 pm }

mksh mbak. kena sama saya smua ni .

37 Cara Meningkatkan Daya ingat { 06.08.14 at 5:37 pm }

sepertinya sudah banyak momenter yang bagus bagus,… admin seperti anda sangat baik sekali pasti banyak pahalanya. informasinya sangat bermanfaat

38 aji { 06.14.14 at 7:54 pm }

kebetulan sekali mbak sy memang butuh saran dan iformasi mengenai meningkatkan daya ingat terimakasih atas informasi yg bermanfaat ini.

39 palupi { 06.14.14 at 8:23 pm }

aku pelupa,makin hari makin sering, bahkan hal-hal sepele seperti mencari kacamata yang sudah dipakai,benda2 yg baru diletakkan, kata2 yang baru diucapkan,,,ini bukan penyakit kan?

40 setia lusi { 07.05.14 at 7:53 pm }

terimakasih byk.. Smga dpt membantu saya supaya tdk lupa lagi lah :*

41 wike { 07.07.14 at 2:31 pm }

Makasii yea atas tips nya …y akhir2 ne saya. Jadi pelupa.

42 Rifky qhuraiz { 07.22.14 at 11:35 am }

Terimaksih yahh saranx…muda2 dengan cara ini ingatan ku bisa lebih baik lg dan nantinya aku bisa sukses….aminnn…

43 Tan { 08.21.14 at 8:42 pm }

infonya sangat bermanfaat. ilmu yang dapat mengubah pola fikir dan keinginan seseorang agar lebih pintar. nice info.

44 diki bara { 09.16.14 at 7:26 am }

matur nuwun bgt,infonya sangat bermanfaat. ilmu nya ilmu,, semoga manfaat utk saya d semua, , aaamin, ,:)

45 sucy { 09.23.14 at 7:40 pm }

terimaksih yaa, sangat memotivasi saya dan memberikan saya jawaban atas penyakit lupa saya ini.. saya akan mencobanya.. semoga bermanfaat,sekali lg makasih sobat.. ^^

46 fadilah { 09.29.14 at 2:13 am }

terimakasih gan informasi ini sngat membntu sya untuk lbih mningkatkan daya ingat,

47 zappa { 10.15.14 at 4:55 am }

wah rasanya kok bermanfaat banget ya blog ini, banyak mengaitkan dengan penelitian.

48 rudiansyah { 10.15.14 at 10:17 pm }

gan kalau melatih otak kiri dan kanan tu gimana ya?

tolong ya gan sarannya!!!
di tunggu

49 syafrijal { 10.28.14 at 6:48 pm }

trimah ksh ataa saranya

smoga brmanfaat bgi sya
dan untuk yg lain

50 Salman { 11.02.14 at 12:21 pm }

Terimakasih infonya. Saya mau nanya apakah bubur kacang bisa meningkatkan daya ingat?

51 yuswandi junusi { 11.04.14 at 8:19 pm }

sangat baik sekali untuk pedoman mensiasati diri agar lebih baik.

52 rini { 11.11.14 at 9:42 am }

maksh infonya…… sangat bermanfaat bagi kluargaku

53 Kuneri { 11.24.14 at 5:45 am }

Membantu sekali artikelnya, terus berkarya om..

54 raffi { 12.02.14 at 3:35 pm }

saya baru tahu kalau kurang olah raga mengurangi daya ingat. terima kasih tips nya sangat bermanfaat

Leave a Comment