Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


6 Cara Meroketkan Tekad Anda

tekad

Tekad atau kemauan adalah salah satu bentuk disiplin diri yang diperlukan untuk memperbaiki kepribadian seseorang. Ini adalah kekuatan pendorong di belakang kemauan anda untuk membuat sesuatu terjadi. Ada cara-cara untuk meningkatkan tekad anda dan ini adalah apa yang akan kita bicarakan di bawah ini.

1. Langkah kecil

Mulailah dengan tujuan kecil dan mudah dicapai daripada target yang terlalu optimis. Misalnya jangan hanya mengatakan: “Saya tidak akan pernah merokok lagi” karena jika anda gagal untuk melakukannya anda akan menjadi kecewa, dimana hal ini tentu saja tidak anda harapkan terutama pada tahap ini.

Langkah pertama yang baik, dalam hal ini, adalah untuk mengurangi jumlah rokok yang anda hisap setiap hari. Kemudian membuat beberapa hari tanpa rokok, kebiasaan yang pasti anda lakukan ketika anda berada di rumah. Pada akhir periode ini anda akan melihat bahwa anda akan puas dan senang karena anda membuat langkah maju. Jadi suatu ketika kita sedang bersama dengan teman-teman dan merokok satu atau dua batang rokok, anda tidak akan menyesal karena anda tahu bahwa anda bisa memiliki hari tanpa rokok, dimana anda pernah melakukan hal ini sebelumnya.


2. Menerima kenyataan bahwa semua orang membuat kesalahan

Jika karena alasan tertentu anda mengalami kesulitan, jangan panik dan jangan menyerah. Mungkin anda awalnya mengatakan bahwa anda hanya akan makan makanan dalam jumlah kecil, namun anda berakhir dengan makan semuanya. Ini bukanlah akhir dunia. Hal yang benar adalah dengan bertanya pada diri sendiri mengapa. “Apa yang saya peroleh dari tindakan ini? Apakah saya merasa lebih tenang, lebih percaya diri atau bahagia?” Kesalahan kecil bukanlah akhir dari dunia atau alasan untuk menyerah.

(Baca juga artikel Bagaimana Belajar dari Kesalahan)

3. Anda membuat pilihan bukan keputusan

Tidak ada yang memaksa anda untuk melakukan sesuatu. Anda membuat pilihan, bukan keputusan. Keputusan itu berarti bahwa tidak ada alternatif, sementara pilihan adalah sesuatu yang selalu dapat anda ubah. Perubahan ini penting bagi anda atau anda melakukannya hanya untuk menyenangkan orang lain: tanyalah pada diri sendiri? Setelah anda memahami bahwa anda bertanggung jawab untuk pilihan anda, anda akan mendapatkan kekuatan untuk tetap berpegang teguh pada tujuan anda dan mencapainya.

4. Jadikan kebiasaan

Tekad bukan sebuah rahasia yang harus anda cari, namun sebuah keterampilan yang dapat anda pelajari, seperti yang lainnya. Anda hanya perlu berlatih. Agar otak anda terbiasa dengan aktivitas baru dan mengubahnya menjadi kebiasaan, anda harus mengulanginya setiap hari selama sekitar 6 minggu. Jadi setelah beberapa saat anda mulai merasa bangga dengan apa yang telah anda capai dan ini akan membantu anda melanjutkan usaha.

5. Menghadapi rasa takut

Tekad dapat membawa perubahan besar yang cukup menakutkan. Rasa takut dapat menyebabkan penundaan, dimana kemudian anda menyalahkan tekad anda tidak cukup kuat untuk mencapai tujuan yang anda tetapkan. Namun inilah saatnya untuk menghadapi rasa takut anda, berkonsentrasi dan membuat keputusan. Sebuah tekad yang kuat saja tidak dapat membantu anda, kecuali anda memutuskan untuk membantu diri anda sendiri.

(Baca juga artikel 6 Kunci Mengatasi Ketakutan dan Keraguan)


6. Cintai apa yang anda lakukan

Keras kepala bukan satu-satunya kunci untuk memperkuat tekad anda. Anda harus memiliki motivasi dan visi seperti apa yang ingin anda capai. Jika anda tidak memiliki semangat dan mencintai apa yang anda lakukan maka akan sangat sulit untuk anda melanjutkan sampai akhir. Cinta anda untuk sesuatu adalah apa yang membuat anda memulainya dan semangat adalah apa yang akan membuat anda tetap menjalaninya.

 

loading...

 

1 comment

1 Bams { 07.25.17 at 8:09 pm }

Wow, mantap kali nih tipsnya, sangat bermanfaat tentunya.
Saya sangat setuju dengan poin yang pertama, kalau kata orang kita bilang “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”, bener nggak?

Leave a Comment