Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


6 Kunci Mengatasi Ketakutan dan Keraguan

ketakutan dan keraguan

Jika anda seperti kebanyakan orang, maka anda pasti memiliki tujuan atau mimpi yang bernilai yang ingin anda capai. Tujuan tersebut mungkin berhubungan dengan perkembangan pribadi seperti menurunkan berat badan, memperoleh kepercayaan diri, menemukan kedamaian batin, meningkatkan level energi anda, atau mengatasi depresi.

Atau, tujuan anda mungkin kembali ke sekolah, mendapatkan karir baru, atau membawa bakat kreatif anda ke hadapan publik. Memiliki tujuan adalah bagian yang cukup mudah. Mencoba untuk bergerak melalui rintangan yang ada dalam diri anda sendiri benar-benar dapat membuat anda takut dan anda mungkin akan lumpuh oleh ketakutan anda sendiri.

Jika anda mencoba untuk mencapai tujuan anda dan kemudian berhenti karena anda menghadapi hambatan yang tampaknya tidak dapat diatasi, jangan menyerah karena itulah sifat alami dari tujuan. Tujuan membawa anda ke sebuah wilayah baru dan membawa anda berhadapan dengan ketakutan dan keraguan anda sendiri. Poin utamanya adalah bukan tentang bagaimana menghindari rasa takut, tapi bagaimana membuat keputusan positif yang akan meningkatkan kepercayaan diri anda saat ketakutan datang.

Setiap hari, banyak orang menyerah pada impian mereka karena keraguan dan ketakutan. Namun tidak harus seperti itu! Berikut adalah enam langkah untuk mengatasi keraguan dan ketakutan untuk mewujudkan tujuan dan mimpi-mimpi anda.

1. Membuat Keputusan.

Setelah anda menentukan impian atau tujuan anda, putuskan bahwa anda ingin hidup bahagia karenanya. Hal ini mungkin tampak klise, tetapi banyak orang tidak pernah memutuskan dan berkomitmen penuh untuk impian mereka. Mereka hanya terus “berpikir” tentang hal itu. Atau, ketika rintangan pertama muncul, mereka menyerah.

Buatlah komitmen untuk diri sendiri. Sekarang bukan saatnya untuk khawatir tentang bagaimana untuk mewujudkannya, atau bagaimana anda akan bergerak melalui tantangan anda. Sebaliknya, tanam benih impian anda dalam diri dan buatlah komitmen untuk mencintai benih ini sampai suatu hari anda memanen buah dari usaha anda.

Hormati komitmen anda untuk diri sendiri. Tidak ada yang bisa menjatuhkan anda selain anda sendiri. Buatlah komitmen tentang apa yang anda inginkan dan berdirilah kuat dalam komitmen anda. Tidak peduli seberapa menantang, seberapa takut, atau mungkin tampak tidak mungkin untuk dicapai, putuskan bahwa anda tetap akan meraihnya! Kenapa? Karena tidak ada alasan lain selain karena anda menginginkannya dan anda telah membuat keputusan untuk itu. Orang lain tidak akan melakukannya untuk anda.

2. Anda Bukan Budak Ketakutan Anda.

Ketika anda bergerak maju pada impian anda, keraguan dan ketakutan akan muncul lebih cepat dari apa yang anda perkirakan. Untuk terus bergerak melampaui rasa takut anda, akan sangat membantu jika anda belajar untuk memisahkan diri dari rasa takut, sebagai contoh, daripada anda berpikir “saya takut”, belajarlah untuk mengatakan, “ada bagian dalam diriku yang takut dan tidak ingin maju, namun di suatu tempat lain dalam diri saya ada juga keinginan untuk terus bergerak maju.”

Ketakutan adalah bukan tentang siapa anda, melainkan emosi yang anda alami. Kuncinya adalah mengenali rasa takut anda dan tetap bernapas. Bernapas akan menjaga energi terus bergerak dan mencegah anda terikat dalam pelukan ketakutan anda.

Tidak peduli seberapa menakutkan kelihatannya, putuskan untuk duduk bersama dengan rasa takut anda dengan menerima kehadirannya, namun bukan untuk menyetujuinya. Penerimaan membantu karena dengan menghindar tidak membuatnya pergi, mencari jalan lain juga tidak lantas membuatnya hilang, dan mengabaikan pun tidak membuat rasa sakit yang muncul berkurang. Jadi, tetaplah bernapas, kemudian katakan kepada diri sendiri bahwa meskipun anda merasakan ketakutan yang intensif, anda masih bisa mengambil tindakan. Tataplah ketakutan di depan mata dan biarkan mata anda tahu, lalu katakan “anda bukan bos saya!”. Ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan peralatan dan strategi baru untuk terus maju dengan impian anda sekali lagi.

3. Ubah Sikap Anda Tentang Kegagalan.

Suatu ketika, saya pernah menerima email berisi sebuah kutipan motivasi, kira-kira bunyinya seperti ini, “Anda mencoba sesuatu, beberapa berhasil, beberapa tidak, dan anda telah melakukan lebih dari sekedar berhasil.” Kata-kata sederhana ini menunjukkan bahwa formula untuk sukses adalah jika anda ingin berkembang dan berhasil, anda juga harus bersedia untuk gagal. Tentu saja, tidak ada orang yang benar-benar ingin mengalami kegagalan.

Namun, jika anda ingin sukses di sesuatu hal yang baru, anda mungkin akan mengalami kemunduran, hambatan, dan kegagalan sepanjang jalan. Untuk menjadi sukses, definisikan kembali kegagalan dengan cara membiarkan diri anda untuk melihat kegagalan sebagai sebuah “informasi”. Kegagalan hanyalah sebuah umpan balik yang memberitahu anda agar mengevaluasi kinerja anda, melakukan penyesuaian terhadap rencana anda, dan kemudian mencoba melakukan pendekatan yang berbeda. Jadi ketika anda mengalami kegagalan – bangkitlah, bersihkan debu yang mengotori, akses informasi yang didapat, revisi rencana anda, dan mulai kembali.

4. Membangun Otot Kepercayaan Diri Anda.

Meskipun proses mencapai impian anda akan memunculkan stres, ketakutan, keraguan, namun pengalaman-pengalaman tersebut adalah tepat apa yang anda perlukan untuk terciptanya sebuah kepercayaan diri. Anda tidak akan cukup menjadi mandiri jika perjalanan yang anda tempuh sangatlah mudah, sebaliknya anda harus melalui jalan yang sulit. Hal itu karena untuk menerobos apa yang menahan anda, anda harus tetap berjalan melalui keraguan anda. Anda tidak bisa hanya berjalan di sekitar, mengharapkan untuk pergi dengan sendirinya atau menganalisa bagaimana menghindari pengalaman-pengalaman pahit tersebut.

Ini adalah tantangan-tantangan dari perjalanan anda yang menawarkan ratusan peluang untuk membangun otot kepercayaan diri anda dan mendapatkan keahlian dari pengalaman-pengalaman tersebut. Setiap hambatan, kemunduran, atau kegagalan menawarkan anda kesempatan baru untuk percaya pada diri sendiri, bukannya jatuh pada keraguan dan ketakutan.

5. Putuskan Anda Tidak Harus Melakukan Apapun.

Berikut ini adalah percobaannya. Selama 48 jam ke depan, hilangkan kata-kata “Saya harus” dari kosa kata anda dan ganti menjadi kata-kata “Saya memilih untuk”. Dibanding anda berkata, “Saya harus terus maju meraih tujuan saya”, lebih baik anda mengatakan “Saya memilih untuk mengambil tindakan spesifik hari ini”. Atau, anda bisa sama efektifnya dengan mengatakan,”Saya memilih untuk tidak mengambil langkah tindakan hari ini”. Kedua pilihan tersebut memungkinkan anda untuk memahami bahwa anda adalah orang yang mengendalikan pilihan anda. Anda menetapkan prioritas. Anda bertanggung jawab. Anda memiliki kontrol. Rasakan bagaimana perubahan sederhana dari kata-kata ini mempengaruhi anda.

6. Tanyakan Pada Diri Sendiri Pertanyaan-Pertanyaan yang Menginspirasi.

Beberapa jenis pertanyaan dapat membawa anda mendapatkan wawasan dan motivasi baru. Tanyakan kepada diri anda pertanyaan-pertanyaan berikut, biarkan diri anda menjawabnya dari hati anda, dan perhatikan di mana kebenaran akan membawa anda :

  • Apakah impian anda cukup penting untuk mengubah gaya hidup anda sehari-hari?
  • Apakah anda ingin bertanggung jawab atas keputusan-keputusan dalam hidup anda?
  • Apakah anda memiliki keberanian untuk pergi menuju apa yang anda inginkan dengan keuletan dan melihatnya sampai akhir?
  • Dapatkah anda menerima bahwa rasa takut adalah bagian dari perjalanan dan anda tetap bergerak maju?
  • Dapatkah anda mengakui bahwa rasa takut hanya dapat menjadi penguasa anda jika memang anda membiarkan hal itu terjadi?

Mampu mengatasi keraguan dan ketakutan sehingga anda dapat mewujudkan kehidupan yang anda impikan adalah salah satu pengalaman terbaik di dunia! Kendalikan hidup anda dengan berlatih 6 langkah sederhana diatas dan pelajari cara untuk menjinakkan rasa takut dan buatlah hidup anda menjadi lebih bahagia dan sukses.

 

loading...

 

52 comments

1 Joe { 05.17.13 at 9:20 am }

Untuk mencapai sukses kita harus siap untuk membayar harganya…,terimakasih untuk artikelnya..sangat memotivasi..

2 ruhyat { 07.28.13 at 2:10 am }

trims….saya sangat termotivasi atas artikel ini,i like it

3 ARTHA { 08.20.13 at 7:20 pm }

mulai sekarang saya akan mulai bersahabat dengan ketakutan itu dan mengendalikan diri sendiri

4 andi { 08.25.13 at 2:47 pm }

Aku ingin sukses..

5 endo { 09.15.13 at 7:58 pm }

makasih…
saya sangat beruntung
karna saya bisa membaca artikel anda

6 tiara azzah aulia { 09.25.13 at 11:49 am }

belajar yang giat

7 neneng mulyati { 10.08.13 at 3:36 am }

Trims artikelnya memberi semangat kembali untuk berani mengambil keputusan yg tertunda.

8 tama { 10.08.13 at 9:40 am }

trimaksh,artikelnya bermanfaat sekali.

9 sulastri { 10.21.13 at 1:55 pm }

Akk masih takut terhadap tnn ku

10 zahra { 11.11.13 at 11:14 am }

Terimakasih artikelnya sangat membantu saya :)

11 Heri { 11.26.13 at 5:06 pm }

Artikel yang sangat cocok untuk saya, semoga bisa memotivasi saya untuk kuat menghadapi rasa takut dan keraguan.

12 isuy { 01.08.14 at 1:21 pm }

Luar biasa artikel nya sangat inspiratif membuat merinding membacanya dan menambah semangat

13 Lia faizah { 02.18.14 at 11:03 am }

Terimaksih..
Dgn artikel ini dpt memotivasi sya untuk mengendalikan rasa takut..dan memberikan semangat baru bagi saya..

14 Andi batam { 05.03.14 at 11:49 am }

artikel ini udh mencerminkan kehidupan saya dan telah saya jalankan dan masih dalam proses pengubahan, saya selalu mengatakan pada diri bahwa semua maslah bukanlah maslah tapi masalah yang tepat adalah gik mana saya mengatasi masalah, thanks artikelnya untuk membangun kehidupan saya.

15 Kirei Aoi { 05.27.14 at 5:04 pm }

trims banget.. artikelnya sangat membantu saya.. sukses selalu

16 widhi adhisthania { 06.13.14 at 7:24 pm }

Terimakasih sekali, saya sangat termotivasi dengan tulisan ini. Saya akan terus mencoba hingga bisa :-)
sekali lagi terimakasih :-D

17 Eka Juan { 07.14.14 at 1:11 am }

Setiap manusia pasti memiliki rasa takut. Rupanya rasa takut yang seringkali muncul kapan saja ia mau itu ada penyebabnya. Rahasianya ada di dalam otak kita, tepatnya di bagian amygdala. Bagian ini merupakan pusatnya emosi manusia, termasuk rasa takut. Untuk melengkapi artikel ini saya juga menulis tentang rasa takut dan membahs seccara lebih lengkap tentang amygdala ini disini: http://wp.me/p3DYZz-1ns

18 ali hasan asy'ari { 08.04.14 at 5:30 am }

syukron,semoga motivasinya bisa saya aplikasikan dalam kehidupan saya,.

19 Nelly { 08.21.14 at 11:12 pm }

Aku pasti bisa, im gonna kill all of my fears!!! KRUSTY you’re gonna be built soon and America be patient i promise i will come and stay with you :) thanks for this motivation :) i shouldnt say i wanna die again. I hope i wont say those words again

20 Yuza { 08.25.14 at 1:34 pm }

Sangat menguatkan artikelnya, than’ks

21 Suryanto Radot Manullang { 09.10.14 at 10:36 pm }

Trimk, sangat memotivasi saya untuk sukses :)

22 wawan { 10.02.14 at 5:58 pm }

Terima ksih ,ini sangat berguna bagi saya, rasa takut hnyalah teman yg hrus d ajak bicara

23 Ina { 11.17.14 at 11:07 am }

terimakasih, Artikel ini motivasi saya

24 Davin Rezaldi { 12.07.14 at 10:40 pm }

Mengapa aku harus Mendapatkan penderitaan dan kenyataan pahit ini Aku Benci dunia ini

25 widi { 01.21.15 at 4:06 pm }

tetep takut….

26 islam afandi { 02.23.15 at 6:54 am }

Makasih banyak….artikelnya membantu saya dalam menata tujuan usaha….

27 taufik { 03.05.15 at 2:11 am }

Salam sukses…bener banget emang takut tu harus dilawan…

28 musthofa zainul { 03.10.15 at 1:12 pm }

wajar semua orang mempuunyai rasa takut, itu menandakan klau diri manusia penuh kekkuranngan la hemat q balajar positif tu hal yg sangat penting untuk melatih jiwa…..cayooo

29 Fauzy Husni Mubarok { 04.01.15 at 7:28 pm }

Rasa takut emang selalu menjadi penghalang saya, apalagi kalau banyak mikir malah makin takut. Bener, bernapaslah, tatap rasa takut dan lawan itu..

30 Heri Setiawan { 04.10.15 at 6:46 pm }

Thank you for this artikel, saya pikir kata2 ini akan sangat membantu untul meraih hidup yg lebih baik kedepannya…

31 X-Boy { 04.26.15 at 6:46 am }

terima kasih, artikel di atas memotivasi saya untuk menjadi lebih baik, semoga bermanfaat

32 Gery { 06.14.15 at 8:10 am }

Terima kasih, aku ingin sukses. :-)

33 Jidat { 06.14.15 at 5:07 pm }

Terima kasih atas artikelnya :) saya selalu takut setiap membuat keputusan.. selalu takut akan reaksi org2 d skitar saya.. saya akan cb saran2nya :)

34 teguh wilujeng { 06.26.15 at 10:06 pm }

artikel yang bagus
mksh bgt atas infonya

35 rian { 08.12.15 at 12:51 pm }

Trimakasi motivasi nya .cukup membantu sayaa untuk mengembalikan rasa percaya diri saya kembali :)
Suskses

36 i man { 09.13.15 at 3:25 pm }

Terima kasih motivasinya..beruntungnya nemu artikel seperti ini..:)

Sukses juga buat yg nulis artikel ini.

37 Erwin { 10.03.15 at 5:25 am }

Terima kasih artikelnya pas banget buat saya yg lg bermasalah dengan ketakutan dan keraguan ,saya sedang melawan ketakutan saya yg tidak pernah terbayangkan sebelumnya…takutnya aneh aneh saja…artikel ini memotivasi saya untuk melawan ketakutan yang aneh aneh itu.

38 ivo { 12.24.15 at 3:28 am }

Saya sudah coba berkali kali tapi tetap gagal. Itu yang membuat saya ragu. Apalagi kegagalan selama ini selalu pada tahap akhir dimana cita-cita itu berada. Bagaimana sarannya ?

39 Raihan { 01.08.16 at 7:15 pm }

Semuanya berpulang pada pribadi masing2, by the way nice post. Thank you

40 subandi raharjo { 01.19.16 at 9:52 am }

Uraiannya cukup memuaskan…siii

41 Darianto { 02.08.16 at 5:33 pm }

Bismillah, semoga hari depan membuat kita lebih bahagia dengan apa yg kita miliki . Wasallam

42 cheanasha { 02.07.16 at 8:35 pm }

kalo mau sukses..mestilah tau apa yang difikirkan..chea cuma berfikiran positif dan mempunyai daya pemikiran yang baik kalo chea rasa takut untukmenghalang takut chea nii…kalo mau berani dalam kuasai takut itu..ingat kenangan yang manis dankalo chea lah..chea cuma ingat crush chea je..

43 cheanacsha { 02.09.16 at 8:43 pm }

sya msh ingat ape ayah angkat kmi ckp..org yg takut adalah org yg tiada keberanian kerna dia seorg yg pengecut..takut biarlh brtmpt jngn tkt tk brtmpt..sbb dngn adanya keyakinan..kita dapat menguasai ktakutn yg kita alami..dlu sya seorg yg pnkut tpi,skrg ktakutn yg sya alami telah lenyap nak tahu knpa?sbab sya ikut jln yg paling mudah utk mengatasi ktukatn iaitu kita harus ingat ajaran agama..takut pd tuhan jngn tkt pd syaitan..ok..

44 Rya Fakhriyah { 02.22.16 at 11:09 am }

Terima kasih…artikelnya sangat menginspirasi…

45 Ningsih { 02.23.16 at 2:20 pm }

Terimakkasih artikelnya…….
Bismillah..

46 Ita { 03.04.16 at 8:39 am }

Untuk mencapai kejayaan..musuh utama adalah diri sendiri..jika selalu jatuh..sendiri tidak bangkit, maka selama2nya akan gagal..

47 Sinta { 03.27.16 at 12:22 pm }

Thnks bgt stlh baca artikel ini saya jd bisa melawan rasa takut yg selalu menghantui saya

#strongselawasecocok

48 taufiq { 05.16.16 at 10:44 am }

Terima kasih. Artikelnya memotivasi.

49 gusti { 05.18.16 at 1:01 am }

terima kasih atas kata kata yang sangat memberi inspirasi dan membangkitkan semangat saya untuk kembali bangkit dari keterpurukan dan rasa takut akan gagal dalam mengambil keputusan besar. terima kasih saya ucapkan atas pelajaran yang saya dapat hari ini.

50 yansila { 06.01.16 at 7:36 am }

Terinspirasi bgt…tks

51 anan { 08.12.16 at 8:18 pm }

mksh bngt buat artikel nya sngt membantu banget..

52 MUHAMMAD FERNANDA { 08.31.16 at 6:44 pm }

Terimakasih atas artikel anda
Saya sangat termotivasi akan artikel ini
Mudah mudahan saya dapat meraih kesuksesan saya degan melawan rasa takut di diri saya . Amin..
Dan untuk yang membuat artikel ini semoga diberi kesehatan dan umur panjang . Amin..

Leave a Comment