Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


6 Manfaat Yoghurt yang Fantastis Untuk Kesehatan

manfaat yoghurt

Manfaat Yoghurt – Yoghurt adalah bentuk susu yang mengental, seringkali dari susu sapi (tapi kadang-kadang dari kambing atau bahkan kerbau), yang difermentasi oleh bakteri alami di dalamnya. Karena menggumpal atau mengental, mereka menjadi lembut dan memiliki rasa yang sedikit tajam. Cara pembuatannya mirip dengan krim asam (sour cream), tetapi dengan lemak yang jauh lebih sedikit.

Yoghurt yang diproduksi secara komersial sering memiliki bakteri yang ditambahkan untuk membantu dalam proses fermentasi, serta perasa dan pewarna, atau penambahan berbagai buah.

Ada berbagai jenis yoghurt di hampir setiap supermarket. Yoghurt biasa hadir dengan tanpa lemak atau rendah lemak, dan dalam berbagai macam rasa dan tekstur.

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat yoghurt untuk kesehatan:

1. Yoghurt Penuh Vitamin dan Nutrisi

Yoghurt memang lama dikenal sebagai snack sehat. Satu porsi yogurt (delapan ons) yang baik dikemas dengan vitamin dan nutrisi yang sehat.

Setiap sendoknya mengandung vitamin A, vitamin D, banyak vitamin B kompleks termasuk thiamin, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat, B12, folat, dan kolin.

Dalam yoghurt, tubuh anda juga akan menemukan kandungan yang kuat dari kalsium, fosfor, seng, magnesium, kalium, dan selenium.

Yoghurt juga dikemas dengan protein. Satu porsi yoghurt rendah lemak mengandung sekitar 9 gram protein.

2. Baik untuk Perut

Manfaat yoghurt yang paling populer adalah yoghurt baik untuk pencernaan.

Konsep bakteri “baik” telah mendapatkan tempat dalam komunitas ilmiah. Dan sebagian besar bakteri tersebut ditemukan di saluran pencernaan.

Bakteri ini sekarang dikenal untuk membantu pencernaan, memproduksi dan memproses vitamin, dan bahkan melindungi kita dari patogen berbahaya.

Yoghurt dikenal sebagai makanan “hidup” karena semua bakteri mikroskopis aktif terdapat dalam setiap penyajian. Bakteri yang dikenal baik untuk kesehatan ini disebut probiotik. Mereka diantaranya adalah bakteri asam laktat, atau yang lebih dikenal sebagai lactobacillus dan Bifidobacterium.

Ada lebih dari seribu spesies bakteri dalam usus, semua berjuang untuk menentukan apakah anda dalam kesehatan yang baik atau buruk. Dan mereka tidak hanya mengatur sistem pencernaan anda; bakteri perut juga dapat membantu tubuh anda merespon lebih baik terhadap semua penyebab alergi, melawan penyakit, dan mengatur berat badan.

3. Mendukung Kekebalan Tubuh

Manfaat yoghurt berikutnya yang cukup penting adalah mereka membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Roberta Lee, direktur medis di Continuum Center for Health dan Healing, mengatakan bahwa probiotik bermanfaat bagi kekebalan tubuh.

“Tujuh puluh persen dari respon kekebalan tubuh diarahkan untuk menangkap serangan makhluk asing melalui perut kita”, katanya. Karena probiotik dalam yoghurt telah begitu terdokumentasi dengan baik dan benar-benar dibahas, ia melanjutkan: “Saya akan senang untuk merekomendasikan yoghurt kepada pasien”.

Sebuah penelitian dari University of Vienna di Austria meneliti keefektifan yoghurt dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 181 karyawan pabrik diamati dan diberikan baik suplemen harian dari lactobacillus probiotik maupun plasebo.

Mereka yang mengambil probiotik mengambil hari sakit 33 persen lebih sedikit dibading yang diberikan plasebo. Jadi jika anda ingin menjadi lebih efektif di tempat kerja, dan jarang menderita sakit, mulailah mengkonsumsi yoghurt sebagai bagian dari diet sehat anda.

Jika anda menua dan khawatir tentang kekebalan tubuh anda, yoghurt mungkin jawabannya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan efektivitas probiotik Bifidobacterium sebagai suplemen makanan untuk pasien usia lanjut.

Mereka menyimpulkan bahwa suplemen, yang ditemukan dalam yoghurt, “bisa menjadi suplemen makanan probiotik efektif untuk meningkatkan beberapa aspek imunitas seluler pada orang tua”.

Anak-anak juga akan mendapatkan manfaat dari probiotik yang ditemukan dalam yoghurt. Sebuah penelitian plasebo terkontrol selama tujuh bulan mengamati 18 day care centers di Finlandia, berusaha untuk mengukur jumlah hari anak-anak tidak hadir karena gejala pernapasan atau gastrointestinal.

Para peneliti dalam studi ini menemukan bahwa anak-anak yang mengambil Lactobacillus mengalami gejala dan kejadian infeksi pernapasan yang berkurang, bersamaan dengan lebih sedikit hari absen karena sakit.

Kedengarannya probiotik memiliki manfaat kesehatan di seluruh aspek, dan yoghurt merupakan sumber probiotik yang sempurna, dan anda tahu persis di mana untuk menemukan mereka.

4. Perasaan Kenyang dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat yoghurt lainnya yang populer, terutama bagi mereka yang sedang berdiet, adalah yoghurt membantu menurunkan berat badan.

Yoghurt tidak hanya lezat dan penuh gizi – mereka mungkin akan membuat perut anda lebih kenyang dibanding makanan ringan lainnya, membuat anda sedikit lapar sepanjang hari.

University of Washington di Seattle melakukan penelitian mengukur rasa lapar, rasa kenyang dan kalori yang dikonsumsi pada 32 orang, setengah pria dan setengah wanita. Setiap subjek mengkonsumsi camilan 200 kalori.

Camilan tersebut meliputi yogurt dengan buah, yoghurt murni, minuman susu rasa peach, atau jus peach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan dua jenis yogurt merasa sedikit lapar dan lebih kenyang dibanding rekan-rekan mereka.

Probiotik dalam yogurt juga membantu menciptakan lingkungan dalam usus anda yang kondusif untuk penurunan berat badan.

“Probiotik adalah ‘bakteri menguntungkan’ yang mendukung lingkungan usus yang sehat dan menghambat pertumbuhan ‘bakteri jahat'”, kata Rania Batayneh, M.P.H., penulis The One One One Diet, dalam Journal of American College of Nutrition.

“Berbagai studi menunjukkan mereka membantu mengurangi peradangan kronis “, Batayneh melanjutkan, “meningkatkan sensitivitas insulin baik untuk penderita diabetes maupun mereka yang sehat, dan tingkat kortisol lebih rendah, yang merupakan pemain kunci dalam lemak perut”.

Jadi jika anda ingin makanan ringan yang dapat memberikan dorongan energi yang cukup baik sambil membuat anda merasa seolah-olah anda sudah makan lebih, cobalah yoghurt.

5. Kesehatan Tulang

Manfaat yoghurt juga termasuk dalam memelihara kesehatan tulang.

Menurut National Osteoporosis Foundation, nutrisi yang paling penting untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis, penyakit pengeroposan tulang, adalah dengan mengkonsumsi kalsium dan vitamin D.

Setiap porsi yoghurt mengandung 415 miligram kalsium, 42 persen dari kebutuhan harian tubuh. Satu porsi susu hanya memiliki 293 miligram kalsium. Sepertinya yogurt merupakan sumber yang lebih baik dari susu. Dan, karena sebagian pihak merekomendasikan 2 sampai 3 porsi produk susu setiap hari untuk mencapai kebutuhan kalsium anda, yoghurt dapat menjadi pilihan terbaik.

Vitamin D sangat penting untuk tubuh dalam proses menangani dan menggunakan kalsium. Yogurt dapat diperkaya dengan vitamin D, jadi lihatlah pada label untuk memastikan yogurt favorit anda mengandung banyak vitamin untuk membangun tulang yang kuat.

Untuk kesehatan tulang, baca juga artikel tentang manfaat susu kedelai.

6. Kesehatan jantung

Salah satu manfaat yoghurt yang luar biasa adalah mereka membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Setiap hari, rata-rata orang mengkonsumsi garam lebih banyak dibanding yang direkomendasikan untuk diet mereka.

Time melaporkan pada studi di Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mengungkapkan bahwa rata-rata konsumsi harian natrium adalah 3.592 miligram. Itu jauh lebih tinggi dari yang direkomendasikan yaitu 2.300 miligram.

Kalium dalam yogurt dapat membantu mengeluarkan beberapa kelebihan natrium ini dari tubuh. Porsi rata-rata yoghurt, delapan ons, berisi hampir 600 miligram. Sebuah studi oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi susu paling rendah lemak mendapatkan risiko 54 persen lebih rendah mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang minum sedikit.

Probiotik dalam yogurt juga mungkin memainkan peran dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

(Baca juga 20 Cara Untuk Membuat Jantung Anda Tetap Sehat)

Para peneliti telah menemukan bahwa mikro-organisme (dalam yoghurt) membantu menurunkan kolesterol, yang memberikan kontribusi untuk mengurangi penimbunan lemak di pembuluh darah (salah satu penyebab utama hipertensi).

Mereka juga mengontrol gula darah serta menjaga enzim dan protein yang bertanggung jawab untuk kelancaran aliran darah dan volume cairan yang tepat.

Dengan kata lain, asupan rutin yoghurt, dengan kandungan probiotik dan nutrisinya, sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung anda.

Yogurt Sangat Baik Untuk Anda

Jika anda sudah mengonsumsi yoghurt, ada bukti bahwa anda mungkin telah mulai memiliki diet seimbang dan sehat, karena anda peduli tentang asupan gizi anda.

Sebuah studi yang diterbitkan di Nutrition Research menemukan bahwa orang yang makan yoghurt setiap minggu memiliki kesehatan lebih baik secara keseluruhan. Penambahan yoghurt membuat mereka mendapatkan manfaat lebih.

Paul Jacques, D. Sc, direktur Gizi Epidemiologi Laboratory di Tufts University mengatakan, “kami menemukan bahwa makan yoghurt mengarah pada pola makan sehat mengingat mereka menyediakan tiga nutrisi penting dimana banyak orang Amerika tidak mendapatkannya dalam jumlah cukup: kalium, kalsium, dan vitamin B12.”

Inilah mengapa anda harus memasukkan yoghurt dalam diet anda. Dan terlepas dari apakah anda lebih menyukai yoghurt Yunani atau jenis biasa, anda masih akan menerima manfaat nutrisi yang sebanding, serta semua probiotik yang sama.

Perlu diingat bahwa beberapa dari yoghurt rendah lemak memiliki banyak gula yang ditambahkan untuk memberikan rasa. Karena jumlah gula yang tinggi telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, yoghurt justru dapat berbahaya dalam jangka panjang. Oleh karenanya sangat disarankan untuk memeriksa label dan memastikan kandungan gula yang rendah pada yoghurt yang anda beli.

Terlepas dari hal ini, sekali lagi yoghurt dibuat melalui fermentasi susu, memiliki rasa yang lezat dan menyehatkan.

Demikian artikel tentang manfaat yoghurt untuk kesehatan, semoga semakin menambah wawasan kesehatan anda.

 

loading...

 

0 comments

There are no comments yet...

Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment