Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


7 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dari Kepala Anda

pikiran negatif

Berpikir negatif dapat menjadi sebuah kebiasaan. Pikiran tenggelam dan terjebak dalam suatu area negatif sampai anda mengambil tindakan untuk mengeluarkannya.

Ketika anda pertama kali mulai berpikir negatif, anda mungkin akan mencoba dan memaksa pikiran keluar dari kepala anda. Anda mencoba sekeras mungkin untuk berhenti berpikir tentangnya dan mendorong mereka keluar.

Tetapi pendekatan ini seringkali menjadi bumerang. Melawan pikiran-pikiran negatif sebenarnya justru dapat memperkuat pola berpikir dan hanya membuat hal-hal semakin buruk. Semakin anda mencoba untuk tidak berpikir tentang sesuatu, semakin anda benar-benar berpikir tentang hal itu.

Agar anda benar-benar terbebas dari pikiran negatif, anda perlu mencoba pendekatan yang berbeda. Berikut ini adalah tujuh cara untuk membersihkan pikiran negatif anda.

1. Mengubah bahasa tubuh anda

Luangkan waktu sejenak untuk mengamati bahasa tubuh anda. Apakah anda membungkuk dengan sikap tertutup? Apakah anda mengerutkan kening?

Jika memang demikian, anda akan lebih mudah untuk berpikir negatif.

Bahasa tubuh yang buruk dapat menurunkan citra diri anda dan menyebabkan kurangnya kepercayaan diri. Sehingga dalam keadaan emosional, menjadi sesuatu yang normal untuk mulai memiliki pikiran negatif.

Duduklah tegak dengan penuh percaya diri. Buka sikap anda dan lebih banyak tersenyum.

Perbaiki bahasa tubuh anda dan anda akan merasa jauh lebih baik. Ini mungkin bisa menjadi apa yang anda butuhkan untuk membersihkan pikiran-pikiran negatif.

2. Bicarakan keluar

Kadang-kadang berpikir negatif terjadi karena anda memiliki masalah atau emosi yang perlu anda lampiaskan keluar.

Tidak baik menyimpannya untuk diri sendiri. Jika anda memiliki sesuatu yang perlu segera ditangani, anda harus berbicara dengan seseorang.

Menempatkan apa yang ada di pikiran dalam bentuk kata-kata dapat membantu anda meletakkan segala sesuatu ke dalam perspektif sehingga anda dapat menemukan akar masalahnya.

3. Luangkan satu menit menenangkan pikiran anda dari semua pikiran

Dengan segala sesuatu seperti berlomba di kepala anda, akan menjadi sulit untuk mengendalikan pikiran yang muncul – terutama pikiran negatif.

Cobalah memperlambatnya. Satu menit ketenangan seringkali itulah yang diperlukan.

Ini seperti halnya meditasi – anda mengosongkan pikiran anda. Anggap saja sebagai reboot. Setelah kosong, anda dapat mengisinya dengan sesuatu yang sedikit lebih positif.

4. Mengubah kalimat berpikir anda

Kadang-kadang pikiran negatif adalah hasil dari perspektif yang buruk . Lihatlah sudut pandang anda pada hal-hal yang terjadi di sekitar anda.

Misalnya, dibanding berpikir , “Aku akan melalui waktu yang sulit dan akan mengalami kesulitan,” lebih baik berpikir “Aku menghadapi beberapa tantangan, tapi aku berusaha untuk menemukan solusi.”

Anda pada dasarnya sedang mengatakan hal yang sama, namun cara kedua memiliki sudut pandang yang lebih positif. Tapi kadang-kadang perubahan kalimat kecil dapat membuat perbedaan besar untuk pola pikir anda.

5. Jadilah kreatif

Ketika pikiran negatif muncul, anda dapat menetralisir dengan menghabiskan beberapa waktu kreatif.

Cari penyaluran untuk mengeluarkan hal-hal kreatif di pikiran anda. Menggambar atau melukis sesuatu – bahkan jika anda harus menggunakan krayon. Selama anda menggunakan kreativitas anda untuk mengeluarkan pikiran negatif, maka hal tersebut dapat bekerja.

Jelajahi emosi anda melalui tindakan-tindakan kreatif yang dapat meningkatkan suasana hati anda kembali.

Kreativitas dapat terasa seperti pembebasan. Ketika anda menempatkan emosi anda melalui sebuah bentuk seni, anda menempatkan mereka keluar dari sistem anda dan membersihkannya.

6. Berjalan-jalan

Kadang-kadang pikiran kita adalah produk dari lingkungan dimana kita berada. Misalnya, jika anda dikelilingi dengan orang-orang negatif, anda mungkin akan mulai berpikir negatif pada gilirannya.

Menghindari lingkungan negatif dapat sangat membantu. Ambil waktu untuk berjalan-jalan sendirian menjauhi suasana sehari-hari. Pergi ke suatu tempat yang dapat mengangkat suasana hati seperti taman atau museum.

Waktu yang dihabiskan untuk menjauhkan diri dari pengaruh-pengaruh negatif dapat membawa anda pada ketenangan pikiran .

7. Mulai membuat daftar apa yang anda syukuri

Apakah anda lupa semua hal baik yang telah terjadi pada anda? Kadang-kadang dalam hidup sehari-hari, kita kehilangan fokus pada semua hal yang berjalan baik dalam kehidupan kita.

Jika itu mencerminkan anda, maka anda perlu kembali melatih pikiran anda untuk fokus pada semua hal baik yang terjadi di sekitar anda, bukan yang buruk.

Buat daftar semua hal yang anda syukuri, tidak peduli seberapa kecil hal tersebut kelihatannya. Kadang-kadang hal-hal baik dalam hidup kita terjadi tepat di depan wajah kita dan kita masih gagal untuk melihatnya.

Berhenti menjadi buta terhadap hal-hal positif yang sudah anda miliki selama ini.

 

loading...

 

67 comments

1 hendry { 05.23.14 at 7:24 pm }

asslamualaikum, terimaksh artikel nya. artikel ini sngat brmepaat dlm khdupan ku. dmi khdupan yg lbh baik.
wsslam.

2 Akhbhar Romadhon { 10.16.14 at 8:34 pm }

Terimah kasih atas artikelnya, ini sangat berarti bagi saya….

3 sudirwan { 10.28.14 at 10:35 am }

ok dan mantap artikelnya

4 Zidan Aliefier { 11.04.14 at 7:08 pm }

Makasih atas bantuaannya untuk saya..wsslam

5 Rizal Subiantoro { 11.20.14 at 6:56 pm }

saya sudah banyak membaca dari situs ini,terimakasih…..

6 Pemburu07 { 11.24.14 at 11:10 am }

Baru buka webmu langsung kesengsem.. Tks banyak atas supportnya. Gan..

7 dwi { 11.24.14 at 5:50 pm }

terimaksih artikelnya itu sangat menambahkan pencerahan buatku.

8 Azis caca handika { 11.27.14 at 11:32 am }

ass.
terima kasih ke pada artikel yg sudah membangkitkan rasa percaya diri.dan pikiran saya,minta doa nya aja buat ngejalanin nya. :)
wass.

9 rasti aulia { 12.03.14 at 5:58 pm }

terimakasih saya sudah belajar banyak :)

10 barry { 12.13.14 at 8:43 pm }

thanks artikelnya :)
Ini sangat membantu bagi saya

11 notur { 12.26.14 at 7:17 pm }

apakah cara ini bisa digunakan untuk orang yang mengalami guncangan pada jiwa nya…

12 Yahya Amin { 01.05.15 at 1:50 pm }

Indahnya artikel ini..!

13 dorayaki sansuke { 01.21.15 at 10:47 am }

artikel yang menurut saya begitu luar biasa..
sangat membantu saya dalam memecahkan suatu permasalahan dengan cara-cara yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya..
thanks a lot…

14 N. RAHMA SARI { 01.22.15 at 9:10 am }

Semoga Artikel ini bisa membantu saya untuk lebih berpikiran positif… karna pikiran negatif sangat menggangu kehidupan saya… dan saat berpikiran negatif saya sulit untuk mengeluarkannya

15 yuni { 01.23.15 at 10:23 pm }

Assalamu’alaikum wr.wb .. Terima kasih atas artikel nya

16 asep { 02.09.15 at 11:01 am }

makasih..atas semuanya.saya akan sedikit lebih belajar seperti yg d tulis supaya saya menjadi orang yg lebih baik lagii,,,,,,amin

17 Dwi Andika Pratama { 02.12.15 at 7:03 pm }

Makasih yah udah ngingetin lagi :D

18 tataq randi { 02.16.15 at 9:24 am }

Klw seandainya lingkungan sekitar yg bikin kita menjadi berfikiran negatif..
Misal seseorng ngomong mungkin merka bukn ngomingin kita tp kita merasa klw mereka ngomongin kita itu gimana yaaa mohon pencrahannya dong

19 lia { 02.24.15 at 4:15 pm }

Trmksh atas artikelnya, sgt bermanfaat…

20 ebit febi { 03.01.15 at 6:52 am }

Trimksh artikel ini mmbntu pola pikir otakku..

21 angelo { 03.01.15 at 9:55 pm }

sy kira sy saja yg mmpunyai pikiran yv negatif. padhal msih bnyak orng yg mmiliki pmkiran yg sama sperty sy ,smoga dng mmbaca articel ini dpat mmbantu dan mrubah hidp kami untk lbih baik lg. amin

thankz for you……

22 Yoga { 04.03.15 at 2:49 pm }

semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk yg membacanya :) :)

#Aminn

23 yusril { 04.04.15 at 8:32 pm }

Mensyukuri memang yang mntap

24 wahyu galih { 04.28.15 at 5:11 pm }

Terimakasih atas pencerahan nya. Saya bersyukur sekali bisa membaca blog/artikel ini. Keep support and big thanks

25 hanif { 05.14.15 at 2:21 pm }

super sekali….artikel yg sangat bermanfaat …ditunggu artikel lainnya

26 zulfikar berutu { 05.20.15 at 1:32 am }

smoga dengan motivasi ini
semua pikiran negatif saya akan hilang
dan selalu berfikir positif
terimakasih atas motifasiya

27 Rudy { 06.25.15 at 6:48 pm }

thank you buat artikelnya karena dapat memotivasi pikiran aku yang selama ini di hantui oleh hal-hal buruk

28 Faradilla Hanunaida { 07.03.15 at 2:47 pm }

artikel yang mengagumkan, artikel yang mudah dipahamidan bermanfaat bagi semua orang. Terima kasih atas artikelnya semoga dengan ini saya dapat menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. :)

29 krisna agung { 07.13.15 at 10:04 pm }

kayaknya patut kita tiru nich

30 Surya Pamungkas { 07.20.15 at 6:00 am }

Kalau cara ini bisa gak buat menghilangkan rasa sepi dihati

31 zahra { 08.02.15 at 2:20 pm }

terima kash atas artikelnya.
Good.

32 user( فواذ ) { 09.01.15 at 6:54 pm }

Mksh artikel sangat mempengaruhi hati dan pola pikir ku.. سكر

33 aickthea { 09.16.15 at 7:33 am }

Semoga artikel ini jadi amalan yang (+)

34 Adhitya Mukti { 10.16.15 at 8:31 pm }

Terima kasih …. :)
Artikel ini sangat membantu,dalam memecahkan masalah saya dan cara mencari jalan keluar dari permasalah tersebut.. :D

Sekali lg terima kasih ..

35 uni { 11.19.15 at 8:12 pm }

Pas bgt lg berfikiran negatif eh baca artikel ini,spt dapet hidayah,,trimakasih

36 ulkif { 12.12.15 at 5:20 pm }

Trmks sblm and ssdhnya,artkel ini sngt mmbntu dlm hdup sy…

37 M. Christoper { 12.15.15 at 1:51 pm }

Terima kasih, memmbuat hidup menjadi lebih baik

38 Nissa Kohler { 12.28.15 at 5:16 pm }

Trimakasih , artikelnya menarik Dan sangat bermanfaat :)

39 Almalia { 01.03.16 at 2:04 pm }

wahh ini sangat membantu saya untuk selalu menghilangkan pikiran negatif yang ada dalam diri saya.. terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat :))

40 Yusuf Hamidi { 01.22.16 at 4:05 pm }

Saya menunggu artikel-artikel berikutnya, trims ….. saya sangat terbantu

41 Agus { 02.04.16 at 9:16 am }

apakah dengan bernyanyi dapat menghilangkan fikiran? negatif

42 diki { 02.16.16 at 8:39 pm }

Mudah mudahan dengan menerapkan.apa yang d jelaskan d atas bisa membantu saya keluar dari situasi negatif….amiiinnn

43 diki { 02.16.16 at 8:39 pm }

Mudah mudahan dengan menerapkan.apa yang d jelaskan d atas bisa membantu saya keluar dari situasi negatif….amiiinnn

44 Gendol Movies { 02.21.16 at 5:45 pm }

sangat bermanfaat. buat menjernihkan fikiran.

45 mei { 02.24.16 at 8:53 pm }

Alhamdulillah terimakasih untuk artikel nya sangat bermanfaat semoga saya bisa menetralisir pikiran negatif yang ada di fikiran saya

46 Jumadie Akhier { 02.25.16 at 12:16 pm }

Terima kash artikel sangt bermanfaat buat saya :)

47 desy { 03.12.16 at 9:41 am }

Sangat Membantu semoga,pikiran negativ yang ada ddlm pikiran ini segera berakhir. trims.

48 Muhlis Dg.Situju { 03.15.16 at 8:24 am }

Alhamdulillah,,,,
Cara Bersyukur adalah Jalan terbaik untuk menghilangkan pikiran negatif,,,
Selama kita tidak pandai bersyukur kepada
Allah Swt, atas nikmat yg Iya berikan maka Allah pun menambahkan nikmat-Nya,,,
Tetapi Klau kita Tidk bersyukur atas Nikmat makA aZab Allah amat pedih. Sukronkasiron

49 Muhlis Dg.Situju { 03.15.16 at 8:30 am }

Maka Dari itu Klau Kita sebagai manusia harus pandai untuk mensyukuri Nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita,,,

50 Kecenih ( kecepianih ) { 03.19.16 at 2:02 pm }

tq artikel nya. membantu 2 kali

51 Yuslifan { 03.28.16 at 11:26 am }

Tunaikan Sholat dan mulai bersykur gan

52 Dian { 04.06.16 at 12:42 pm }

keren. sangat membantu trmkasih..

53 gayatri { 05.11.16 at 9:57 pm }

bagusss.. makasih semoga manfaat bwt smw

54 Achmad { 05.17.16 at 5:50 pm }

Terima kasih, artikel nya positif dan bermanfaat

55 Rupiani { 05.18.16 at 6:44 pm }

Terimakasi atas pencerahannya, insya Allah sangat mambantu.

56 rus { 05.20.16 at 3:22 am }

Untuk poin 6, Lingkungan.
Kadang seseorang berada pada situasi yang sulit, misal keluarga yg broken, keluarga yg suka membully, guru yg otoriter dan ego tinggi, rekan kerja yg dengki, sekitar yg suka membandingkan.

Situasi yg tak bisa kita tinggalkan begitu saja. Bahkan kita dalam posisi lemah dan jadi korban. Hal ini banyak dialami siswa yg broken home, sementara guru tak mau mengerti. Cap ‘nakal’ melayang, ancaman tidak naik kelas pun sudah pasti. Bahkan guru yang sudah tersinggung pun seperti harus memenangkan egonya untuk menghukum. Kesulitan ekonomi pun menambah beban.

Situasi yang kadang untuk memahaminya saja kita sulit.

Situasi seperti ini membutuhkan kesabaran yang luar biasa, karena kita tak bisa sekedar ‘jalan2’ untuk keluar dari masalah. Bisa jadi tekanan negatif dari luar pun mulai merobohkan keyakinan diri kita untuk menyerang atau lari. Sangat sulit bagi kita untuk berfikir positif, kesalahan kecilpun bisa jadi ancaman.
Tak jarang, kita pun terbawa pada sikap negatif pada diri sendiri, putus asa, atau berlaku negatif dengan berlaku agresif.

Kalau kita mengalami situasi seperti ini, ada beberapa cara yg perlu dilakukan.
1. Tetap positif, walau gimanapun keadaannya. Klise? ya! Enak diucap ga enak dilakukan. Positif ! terutama pada diri sendiri. Jangan sampai kehilangan percaya diri walau mungkin kita juga bersalah. Perlu diingat, bahwa orang negatif akan membuat anda terlihat negatif.
Disini anda perlu sebuah ketrampilan penting, yaitu MENOLAK, yaitu menolak SEMUA NEGATIFITAS dari manapun datangnya, dr luar maupun dalam diri sendiri, sadar atau bawah sadar. Anda perlu percaya diri, dan berani, sebagai hasil fikiran positif. Ketika rasa percaya diri anda berkurang, pasti ada negatifitas disana.

2. Sabar, sabar, sabar. Untuk bisa bersabar, apalagi bertahun-tahun, Anda perlu ‘percaya’, bahwa Tuhan bukannya tidak adil. Tapi Tuhan ‘memilih’ anda. Ada kebaikan disana, kekuatan, kebijaksanaan, keberanian, keyakinan, atau apalah bentuknya, yg saat ini hanya perlu diyakini. Anda bisa, dan hadiah itu nanti untuk anda.

Sabar, bisa berbagai macam bentuknya, sesuai situasi yg dihadapi. Tuhan Maha Tahu, apa yg sedang kita butuhkan. Mungkin disana kita sedang ditempa untuk menjadi lebih kuat, lebih berani, lebih percaya diri, atau mengoreksi persepsi2 yg salah, atau kita ditempa agar lebih bijaksana.

Yakin pada Tuhan akan membantu kita berfikir positif. Seolah keadaan tidak adil, but, perlu diingat, semua negatifitas itu tak ada gunanya, ia hanya menahan laju kemajuan kita, nothing else.

So, tetap yakin, positif dan sabar (berserah). God know the best.

Untuk semua yg ada dalam situasi sulit, Keep your positive spirit !

57 rudi { 06.14.16 at 4:36 pm }

sangat bermanfaat buat saya terima kasih bayak ijin mencopy nya.

58 reza alfahral { 07.08.16 at 11:33 am }

terima kasih atas artikelnya,artikel ini sangat membantu sekali…

59 Virgia Fadillah { 07.25.16 at 12:04 am }

Artikel yang menarik. Karena saat ini saya memang lagi butuh motivasi :)
Tapi saya ingin bertanya bagaimana jika seseorang selalu berpikir negatif berlebih pada beberapa hal.Seperti memiliki kepekaan berlebihan terhadap kegagalan dan penolakan?
Mohon di balas, terima kasih.

60 Bambang { 08.04.16 at 9:37 am }

Terima kasih admin untuk tulisan yang tentunya sangat bermanfaat, semoga kita semua bisa menghilangkan pikiran negatif yang seringkali menyelimuti kepala kita.

61 Mulatsih { 08.11.16 at 8:34 pm }

Pikiran negatif telah menyiksa jiwaku seluruhnya,semoga ini adalah ujian dari Allah Swt untuk membuatku menjadi yang lebih baik dari yang lain dan aku berharap penyakit ini cepat sembuh……Aamiin,Ya Allah

62 Fadli { 08.15.16 at 6:21 pm }

Trima kasih atas berbagi informasi dan sangat membantu..

63 hary { 08.30.16 at 2:42 pm }

artikelnya bagus, semoga yang baca bisa merubah keadaan menjadi lebih baik

64 kartini jati { 08.31.16 at 6:33 am }

yang paling penting untuk merubahnya , kerjakan mulai sekarang sekuat mungkin,,, terimakasih mas masukanya. artikelnya mantappp

65 Rennata Heri { 09.16.16 at 2:45 pm }

satu lagi, om. Cara agar kita menghilangkan fikiran negatif, jangan pernah memikirkan kejelekan orang lain. Semakin kita memikirkan kejelekan orang lain, makin negatif juga yang ada dipikiran kita tentang orang itu. Kalau memang ada orang yang berbuat salah, maafin aja dan masalah selesai. Ga ada pikiran negatif kan kalau gitu?

Terima kasih artikelnya, sangat membantu dan memberikan wawasan yang lebih luas. Terima kasih…

66 Lutfi adamalvi { 09.17.16 at 12:22 pm }

Trima kasih atas sarannya semoga bisa bermanfaat dan semoga sembuh dari stress

67 romidon { 05.19.17 at 9:14 am }

bagus sekali untuk k ehidupan sehari hari

Leave a Comment