Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


7 Kebiasaan Manusia yang Sangat TIDAK Efektif

kebiasaan tidak efektif

Foto oleh My Brother Godzilla

Anda mungkin sudah pernah membaca buku karangan Stephen R. Covey yang berjudul 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif, yang juga merupakan salah satu buku best seller international. Jika anda belum pernah membacanya, saya sangat merekomendasikan buku tersebut kepada anda. Buku wajib yang perlu anda miliki jika anda ingin mengembangkan kepribadian anda. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko buku favorit anda.

Pada kesempatan kali ini saya akan mensharingkan kepada anda kebiasaan-kebiasaan manusia dari sudut pandang yang berlawanan, yaitu 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat TIDAK Efektif.

Tujuh kebiasaan ini harus anda hindari. Mungkin anda sendiri tidak menyadarinya karena sudah menjadi kebiasaan anda sehari-hari.

Apa saja 7 kebiasaan tersebut, mari kita lihat bersama-sama :

1. Tidak ’menampakkan diri’

Salah satu hal paling sederhana namun memiliki efek yang sangat besar untuk anda dalam meraih kesuksesan – entah itu dalam kehidupan sosial, karir, keuangan ataupun kesehatan – adalah tampakkan diri anda lebih sering.

Apa maksud ’menampakkan diri’ disini? Saya akan memberikan sebuah ilustrasi : Jika anda ingin memperbaiki kesehatan anda, maka salah satu hal terpenting dan terefektif adalah anda menampakkan diri di tempat kebugaran sesuai dengan jadwal latihan anda.
Mungkin saat itu cuaca sedang tidak mendukung sehingga anda merasa enggan sekali keluar dari rumah. Namun jika anda tetap memaksakan diri untuk pergi meskipun anda malas, maka anda sudah memperbaiki mental anda jauh lebih cepat dibanding anda hanya duduk di sofa sambil menonton tv.

Saya rasa ini berlaku di semua area dalam hidup anda. Jika anda menulis lebih sering, maka suatu saat anda akan menjadi penulis top dimana hasil tulisan anda akan selalu ditunggu orang untuk dibaca. Jika anda sering bertemu atau berkumpul dengan teman-teman, maka kemungkinan anda bertemu dengan seseorang yang spesial bertambah besar.

Hanya dengan anda ’menampakkan diri’ lebih sering akan membuat sebuah perbedaan yang sangat besar untuk kesuksesan anda. Jika tidak, anda tidak akan pergi kemana-mana.

2. Menunda pekerjaan

Ada 2 kondisi yang menyebabkan seseorang menunda pekerjaannya :

- Pertama, dia memiliki pekerjaan yang sangat menumpuk. Dia bingung apa yang harus dia kerjakan terlebih dahulu. Akhirnya dia tidak mengerjakan apa-apa.

- Kedua, dia hanya memiliki sedikit pekerjaan, sehingga dia berpikir untuk menundanya terlebih dahulu.

Terlepas dari apapun kondisi anda, dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar anda dapat keluar dari kebiasaan menunda ini :

- Lakukanlah tugas terberat dan terpenting terlebih dahulu di pagi hari. Awal yang baik di pagi hari akan membuat momentum yang positif sehingga anda akan menjalani sisa hari anda dengan lebih bersemangat.

- Anda mungkin sering mendengar sebuah joke : bagaimana caranya makan seekor gajah? ….. Jangan memakannya dalam sekali gigit! Jika anda hanya berpikir tugas yang menumpuk sedang menanti anda, kepala anda dapat menjadi penat, akhirnya akan membawa anda pada penundaan. Pecahlah tugas anda menjadi langkah-langkah kecil, dan fokuslah pada langkah pertama. Setelah selesai, anda bisa melanjutkan ke langkah kecil berikutnya. (saya pernah mengulas juga di artikel Bagaimana Tetap Termotivasi Untuk Menyelesaikan Apa yang Telah Anda Mulai)

- Jika anda berpikir untuk menunda pekerjaan karena anda hanya memiliki sedikit pekerjaan, sebaiknya anda mulai berpikir bagaimana jika tiba-tiba anda mendapatkan tugas baru sementara tugas yang lama belum anda kerjakan. Gunakan selalu prinsip : ’lakukan sekarang juga hal-hal yang bisa anda lakukan sekarang’.

3. Anda melakukan sesuatu yang sebetulnya tidak penting

Kebiasaan lainnya yang tidak produktif, selain menunda, adalah anda menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak penting.
Untuk menghindari hal ini, tuliskan 3 hal penting yang harus anda lakukan setiap hari, entah itu diatas kertas atau di notebook anda, dan mulailah mengerjakannya dari urutan teratas. Meskipun anda hanya sanggup menyelesaikan 1 pekerjaan saja, namun setidaknya anda telah melakukan hal terpenting yang perlu anda lakukan di hari tersebut.

Apapun cara yang anda gunakan dalam mengatur pekerjaan anda, prioritas utama tetaplah menemukan hal-hal terpenting yang perlu anda lakukan setiap harinya. Teknik ini juga merupakan bagian dari manajemen waktu yang efektif, sehingga anda tidak menghabiskan hari-hari anda dengan melakukan hal-hal yang tidak penting. Menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat tetap tidak akan berarti jika anda melakukan hal yang tidak penting.

Saya akan coba memberikan contoh sederhana. Misalkan anda adalah seorang manajer sebuah departemen produksi. Suatu ketika anak buah anda melakukan kesalahan sehingga produk yang dihasilkan mengalami cacat. Mana yang akan anda pilih :

1. Anda bersama anak buah anda memperbaiki produk yang cacat tersebut; atau

2. Anda mencari solusi agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Saya rasa anda sudah menangkap maksud saya mengenai hal yang penting dan tidak penting.

4. Berpikir terlalu lama

Orang yang berpikir terlalu lama, otomatis akan membuatnya kurang mengambil tindakan. Terjebak dalam analisa yang berlebihan dapat membuang waktu-waktu berharga dalam hidup anda. Tidak ada yang salah dengan berpikir sebelum melakukan tindakan, bahkan sangat diperlukan hal semacam itu. Melakukan penelitian, membuat rencana, menggali potensi-potensi keuntungan serta masalah yang mungkin terjadi.

Namun berpikir, berpikir dan terus berpikir adalah cara lain mensia-siakan hidup anda. Anda tidak perlu menganalisa semua hal dari setiap sudut. Anda tidak bisa menunggu waktu yang betul-betul tepat untuk menjalankan aksi anda. Percayalah waktu tersebut tidak akan datang. Anda juga tidak perlu merisaukan bagaimana jika kegagalan menghampiri anda. Jika anda tetap berpikir dan terus berpikir semakin dalam, maka anda akan semakin sulit untuk mengambil tindakan.

Berhentilah berpikir, lakukan sekarang juga apapun yang perlu anda lakukan, pergilah kemanapun anda perlu pergi.

5. Melihat sisi negatif dari setiap hal

Ketika anda melihat segala hal dari sudut yang negatif, maka sebetulnya anda telah menjatuhkan motivasi anda sendiri. Anda menemukan kekurangan dimana-mana dan masalah-masalah yang mungkin tidak betul-betul ada, contohnya ketika anda mencari alasan untuk tidak melakukan sesuatu. Saya yakin dari sudut yang negatif anda setidaknya akan menemukan 10 alasan.

Contoh yang lain, anda mencari seseorang yang mau mendengarkan keluh kesah anda – padahal sebetulnya tidak ada yang mau mendengarkan keluhan anda – tentang pekerjaan dan kehidupan anda yang menjenuhkan atau atasan anda yang menyebalkan. Ketahuilah bahwa anda akan menciptakan hidup anda sesuai dengan apa yang anda pikirkan dan bagaimana anda memandang lingkungan anda. Jika anda memandang kehidupan anda begitu menjemukan, anda akan memiliki kehidupan yang benar-benar menjemukkan.

Yang perlu anda lakukan tidak lain adalah anda menantang pada diri anda sendiri untuk selalu berpikir positif selama 7 hari kedepan. Lihatlah nanti hasil luar biasa yang akan anda dapat.

6. Keras kepala pada pendirian anda sendiri dan menolak pendapat orang lain

Memang sulit untuk mengakui atau berjiwa besar bahwa pendapat anda bukanlah pilihan yang terbaik. Sehingga anda ngotot pada pendapat anda dan menutup pikiran anda dari pengaruh orang lain. Kondisi ini dapat menyebabkan anda sulit untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih efektif.

Saran untuk mengatasi permasalah ini adalah anda menyadari bahwa manusia mempunyai batas atas hal-hal yang ia ketahui. Anda harus terbuka untuk menerima pelajaran atas kesalahan anda sendiri, kesalahan orang lain atau sumber-sumber lainnya seperti buku.

Ketika otak anda selalu dikosongkan untuk menerima hal-hal baru, secara tidak sadar level anda telah naik ke level yang lebih tinggi, begitu seterusnya. Namun perlu diingat, jangan pula anda terjebak seperti dijelaskan di no.4. Pengetahuan baru yang anda terima, perlu anda terapkan dan coba dalam kehidupan anda, jangan hanya menjadi pengetahuan semata saja.

7. Membiarkan informasi membanjiri otak anda

Kebalikan dari poin 6 diatas, di poin 7 ini anda justru membiarkan seluruh informasi mengalir ke otak anda tanpa penyaringan. Jika anda melakukan ini, maka akan sulit bagi anda untuk berpikir dengan jernih. Beberapa kondisi yang menyebabkan anda seperti ini adalah :

- Banyak informasi yang anda terima adalah negatif. Media-media dan lingkungan di sekeliling anda sering memberikan informasi-informasi negatif, seperti : penipuan, perampokan, pembunuhan, gosip dsb. Jika anda tidak selektif dalam memilih berita, anda dapat terpengaruh secara negatif juga, entah itu secara pikiran, perasaan maupun tindakan.

- Ada suatu dorongan dalam diri anda untuk selalu mengetahui informasi terkini, namun seberapa cepat anda mengikuti perkembangan dengan berbagai alat yang anda miliki, akan selalu ada puluhan bahkan ratusan hal baru yang terjadi yang tidak bisa anda ikuti. Hali ini justru dapat membuat anda menjadi stress.

Sulit untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan jika otak anda terus dibanjiri dengan informasi-informasi. Bahkan anda dapat terjebak melakukan kebiasaan seperti disebutkan di poin 3. Anda sibuk dan sibuk terus melakukan pekerjaan namun sebetulnya pekerjaan yang tidak penting.

Untuk dapat fokus, berpikir jernih dan mengambil tindakan, perlu sekali untuk anda menseleksi bahkan jika perlu membatasi akses informasi yang masuk ke otak anda, misalkan ketika anda sedang menyelesaikan suatu pekerjaan, anda melakukan hal-hal seperti : mematikan telepon anda, internet dan pintu ruangan anda. Anda akan melihat hasil yang menakjubkan ketika anda tidak diinterupsi setiap 10 menit oleh email atau website-website favorit anda.

*****

Para pembaca yang budiman, silahkan berpartisipasi dalam polling di bawah ini :


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

28 comments

1 elizabeth { 06.22.09 at 2:38 pm }

emang ANEEEHHH……

2 nur aini { 03.25.10 at 11:42 am }

bagus bgd,
Jd stiap org yg baca bs buat intrspeksi diri, jg buat kbaikan diri qta sendiri.
Lakukan hal positif yg bmanfaat buat qta. Semangat…

3 YUL IKHWANDI { 05.27.10 at 8:16 pm }

Wah saya poin yang no 7, sering saya lakukan, harus berubah nih…

4 oen { 07.01.10 at 3:00 pm }

saatnya berubah be better

5 topeq { 03.05.11 at 3:07 pm }

sebush pencerhan….
untuk yang nomer 7 itu kata lain dari “focus” kan…! (banyak yang sering bilang “kita harus focus” namun tetap diabaikan atau cepat lupa dengan nasihat itu)
kebanyakan manusia mengabaikan hal yang biasa di temui / didengar..
karena itu, senang rasanya menemukan artikel nomer 7 yang termasuk sering saya lakukan…
sebuah kata atau kalimat yang tidak biasa, untuk menjadi luar biasa dan sekaligus lebih nancap ke otak…

6 wid { 04.03.11 at 12:10 pm }

Ditambahkan lagi:
Terlalu banyak mengeluh

7 debbie { 10.26.11 at 9:03 am }

Saya secara pribadi bukan menunda atau memilih pekerjaan tapi lihat pekerjaan sesuai kreteria jurusan saya kuliah.. Tapi motivasi saya harus bekerja utk otak manusia bekerja tdk tumpul…

8 elos { 04.17.12 at 7:09 pm }

waw,, sepertinya semua pernah dilakuin deh,, sering malah…

9 setiadi { 07.23.12 at 11:46 am }

kayaknya diri ini melakukan hampir semua poin.
kecuali poin 6 yang jarang.

izin copas…

10 mifzer { 08.17.12 at 11:28 pm }

saya setuju dengan artikel anda. Karena saya juga sering menunda-nunda pekerjaan, jadinya pekerjaan itu menumpuk dan terasa berat untuk mengerjakanyya.

11 indahnya berbagi hal unik { 08.31.12 at 12:12 pm }

Jangan-jangan saya masuk kategori tidak efektif nih.

12 dessy { 11.09.12 at 12:03 pm }

waktu tak akan menunggu untuk kita berusaha sukses
tapi kitalah yang harus mengejar waktu sampai pada kesuksesan

13 Wita { 02.16.13 at 10:42 am }

Motivasi yg baek,saya jd bisa perbaiki diri

14 nan { 04.09.13 at 5:26 pm }

Hai dah waktunya jd baja hitam…. Berubaah,,,,,,!,,,

15 dian musthofa { 04.14.13 at 6:36 pm }

wah….. Saya masih termasuk gx efektif dlm menjalani kehidupan,,,
Mayoritas emang ad dlm diri sy,
Harus berubah deri sekarang.

16 farah N.L { 05.09.13 at 7:01 am }

yups…. tulisan ini sering saya temui dmna saya mencari kata2 motivasi cara yang sama, alasan yang sama selalu trtulis di setiap cacatan…. tpi
saya suka catatan anda..

17 iin { 05.11.13 at 11:48 am }

mantap artikelnya. inspiratif. insyaallah bisa di implementasikan di kehidupan sehari-hari

18 wawan { 05.15.13 at 6:27 am }

senang bisa membaca tulisan ini, pembahasannya sederhana tapi mengena….

SIpp…

19 Reza { 06.13.13 at 4:09 pm }

ini masukkan sekaligus kritik buat saya, karna yg disampaikan diatas sering saya lakukan, infoini sangat berguna untuk saya agar lebih baik lagi kedepannya..

thanks..

20 Ardsia { 06.17.13 at 7:06 pm }

Artikel nya sangat membantu sekali untuk mencari bagian mana yang tidak produktif pada diri saya.

21 Tiwi { 11.11.13 at 9:34 am }

wahh bermanfaat bgt artikelnya.. serasa dinasihati hehe thanks a lot!

22 dedy { 11.24.13 at 9:35 am }

Sangat bermanfaat buat hariku. Thanks ya !

23 zaim { 01.17.14 at 9:37 am }

Perasaan hampir semua kebiasaan buruk itu ada didiriku
………. ;D

24 Kaboel bro { 01.31.14 at 12:40 pm }

Smua ada dlm dri saya,,sadar si 100%,tp merubahnya ampun susahnya

25 agung { 02.06.14 at 2:07 am }

informasi menarik,
dan semua pointnya benar2 terjadi dalam hidup saya kemarin2.

terima kasih telah memberi informasi yg berguna

26 Alyat { 05.08.14 at 8:22 pm }

Wah sangat bermanfaat..
Bisa memotivasi pemikiran saya yang sempit…

27 kun { 07.07.14 at 3:52 am }

canggih banget ini artikel, hampir keseluruhan point kayaknya sering saya alami, thanks pencerahannya mas bro.
semoga kita semua menjadi pribadi yang baik lebih baik, dan lebih baik lagi.. amin..

28 lilin.b { 07.30.14 at 7:27 pm }

Wash….susah juga ya jadi orang bener
..salahnya dari kecil ya..oh my God…

Leave a Comment