Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


7 Tips Mengatasi Sulit Tidur

sulit tidur

Meski tampak ringan, sulit tidur bukan perkara gampang. Jika merasakan gejala ini, secepatnya cari cara untuk mengatasinya karena jika dibiarkan bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Tak perlu cari obat tidur karena bisa saja masalahnya sepele.

Tidur mungkin perkara mudah. Untuk sebagian orang tidur hanya butuh tempat. Kapan pun menghendakinya, ia bisa segera tidur dengan nyenyak dan bangun kembali dengan kondisi tubuh lebih segar.

Tetapi ada sebagian orang justru mengalami hal sebaliknya. Mereka sulit tidur hingga terjaga semalaman. Meski memiliki kamar yang nyaman dengan pendingin yang memadai, waktu yang juga luang, tidur tak juga bisa didapat.

Penyakit sulit tidur yang dikenal dengan insomnia ini memang bukan gangguan sembarangan. Ada yang bilang insomnia sebenarnya bukan penyakit, la hanyalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur (mudah atau sering terbangun) walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional tubuh saat bangun.

Penyebab insomnia umumnya berupa stres, faktor psikologis, perubahan jam kerja, salah minum obat atau pengaruh obat tertentu dan sebagainya. Meski mungkin banyak yang menganggap tidur masalah sepele, jika sudah menjadi gangguan, kesulitan tidur ini bisa berbahaya. Mereka yang kurang tidur sudah jelas memengaruhi kesehatannya. Selain itu, tidur sebenarnya juga obat.

Oleh karena itu, jika sulit tidur harus dicarikan solusinya. Apalagi, ada kecenderungan jumlah penderita gejala ini makin lama makin banyak. Di Amerika Serikat saja disebutkan bahwa sekitar 13% orang dewasa di sana mengalami gangguan tidur.

Sejumlah kiat ringan bisa membantu mereka yang mengalami kesulitan tidur. Berikut di antaranya yang diolah dari pendapat psikolog Linda Wasmer Andrews, penulis kesehatan dan mental, seperti ditulis di Yahoo Health.

1. Pilih warna yang tepat

Gejala sulit tidur cara mengatasinya bisa dilakukan dengan mengganti warna dekorasi kamar dengan warna yang tepat. Menurut sejumlah ahli, warna memengaruhi psikologi orang. Dan jika seseorang berada di dalam ruangan dengan warna yang tidak sesuai dengan seleranya, hal ini akan memengaruhi pola tidur seseorang. Jika bingung memilih warna, hasil riset menyebutkan bahwa warna biru muda atau hijau muda bisa memberikan efek relaksasi, tenang, menyenangkan, damai, dan penuh harapan. Warna kalem seperti krem, merah muda, bisa juga menenangkan saat menjelang tidur.

2. Kasur tak sesuai

Bisa jadi kesulitan tidur karena masalah kasur. Mungkin tak disadari bahwa gangguan itu terjadi setelah membeli kasur baru. Karena itu saat membeli kasur mesti dirasakan kira-kira keempukannya cocok atau tidak. Orang yang bobot tubuhnya berat tentu memerlukan kasur yang lebih tebal. Untuk mengetahuinya, cobalah telentang di kasur yang akan dibeli. Apakah posisi tubuh nyaman, tidak ada bagian tubuh yang mendapat tekanan berlebih. Jika tidak ada tekanan pada bagian tertentu -rasanya seperti kita berdiri- berarti kasur tersebut dapat menopang tulang punggung dan lekukan tubuh sehingga ruas-ruas tulang punggung ada pada posisi netral. Hal ini dapat membantu mencegah gangguan tulang punggung.

3. Kurangi cahaya

Gunakan cahaya redup agar tidur bisa nyenyak, bahkan jika diperlukan matikan lampunya agar kamar jadi gelap. Karena itu blokir semua sumber cahaya. Pastikan bahwa kita memiliki gorden atau tirai pada jendela karena bisa saja siraman cahaya lampu kendaraan jika kebetulan posisi kamar menghadap jalan, atau cahaya bulan bisa membangunkan kita.

4. Pindahkan jam

Ini mungkin hal sepele. Karena kita merasa harus selalu tepat waktu, kita sampai memasang jam dinding di dalam kamar kita. Namun dengan ukuran yang besar, keberadaan jam itu bisa mengganggu tidur. Misalnya, karena jam terbuat dari bahan yang berkilau bisa saja cahaya pantulan yang menimpa jam itu mengarah ke kita sehingga mengganggu tidur. Atau bunyi tik-tik-tik di kesunyian malam, bisa saja jadi gangguan. Belum lagi ukurannya yang besar sehingga gerakan jamnya begitu terlihat. Saat kita telentang menunggu waktu tidur, kita akan tahu berapa lama kita terjaga sehingga makin membuat kita stres.

Karena itu pindahkan jam dinding, ganti dengan jam meja yang lebih kecil dan bisa distel alarm-nya jika kita butuh diingatkan untuk bangun.

5. Alat elektronik

Begitu sibuknya sampai kita menjadikan kamar tidur sekaligus tempat kerja. Komputer dipasang juga di dalam kamar. Begitu pun dengan televisi. Mungkin kedua alat elektronik ini telah mengganggu tidur kita. Karena itu, jika hendak tidur matikan alat elektronik terlebih dulu.

Perlengkapan elektronik yang berada di kamar tak hanya dua benda itu. Kita memiliki telepon seluler di mana kita tak bisa mengontrol panggilan atau pesan yang masuk. Kadang meski bunyi nada panggil sudah dimatikan, cahaya berkilat-kilat dari layar handphone itu bisa mengganggu. Apalagi ada handphone yang memiliki lampu standby yang berkedip setiap saat. Karena itu, letakkan alat komunikasi itu pada posisi yang tak akan mengganggu kita tidur.

6. Berantakan

Atur lemari dan rak buku sehingga tidak ada tumpukan pakaian dan tumpukan buku tergeletak di sekitar kamar. Pindahkan proyek yang belum selesai keluar dari kamar tidur yang membuat kita stres saat bersiap-siap untuk tidur. Kamar yang rapi akan menyebabkan pikiran tidak berantakan, gangguan pikiran berkurang, dan memudahkan relaksasi.

7. Kesegaran udara

Udara yang bersih di dalam kamar memudahkan kita untuk bisa cepat tidur. Karena itu buka jendela secara berkala untuk mengganti udara kamar yang kotor dengan udara segar dari luar. Kalau memungkinkan gunakan alat pembersih udara. Dan jika perlu gunakan aromaterapi yang bisa membuat kita lebih tenang.

Jika dengan menggunakan kiat ringan itu gejala sulit tidur masih mengganggu, berarti kita perlu tindakan lebih lanjut. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran memadai agar kita secepatnya bisa terhindar dari gangguan ini.

 

loading...

 

63 comments

1 Norcimo { 04.09.14 at 11:16 pm }

mksih gan berhasil !!

2 sarung kursi { 01.19.15 at 3:23 am }

Terima kasih semoga dengan cara ini mujarab tanpa perlu ke dokter

3 Agus { 02.27.15 at 8:21 pm }

Tambah susah tidur

4 kukuh { 03.06.15 at 6:50 pm }

Saya susah tdr siang pas kerja malam.. mudah mudahan tips diatas bisa bikin sy tidur enak saat siang hari. Makasih infonya

5 Pook { 03.29.15 at 4:20 am }

Jadi gw hrus ngecat.beli kasur.mindah jam.angkat tv.nyapu.beli aromaterapi…??

6 gelar { 04.24.15 at 8:33 pm }

susah gimanadong aku gak bisa tidur 24jam, berapa sih harga obat tidur kalau tau beri tahu ya …….

7 kim { 05.19.15 at 3:49 am }

sama aja semua gak ngefek, atau mungkin butuh sedikit wangi2an buat ruangan kamar seperti bunga pasir.

8 rahmat { 05.28.15 at 5:01 am }

Yang gak bisa tdur klo malam bagi bujangan itu mah udah mau nikah ato kawin..klo udah punya istri pasti tidurnya nyenyak..yakin dehh

9 yudis { 06.26.15 at 1:16 am }

kalo tips yg kayak gitu udah gua lakuin gan, masih belum manjur gan.
ujung-ujung nya jam tidur gua yang pindah,, malem begadang siang jadi gampang banget ngantuk…

10 yandi { 06.28.15 at 11:34 pm }

Tetep aja nih g bisa tidur … Gmna caranya dong ??? Apa harus ke dokter ?

11 Nirvana { 07.01.15 at 2:26 pm }

Yp penting hindari stres atau bnyk pikiran

12 Aris { 07.02.15 at 1:29 am }

Ane udah 5 hari terjaga tanpa tidur sama sekali , awalnya sih karna dapet sakit panas, setelh sembuh jadi gak tidur” sampek skarang faaaaak

13 Ekwin { 07.03.15 at 2:24 am }

Ya nee, besok malam mau beres2 kamar..

14 suhailey { 07.05.15 at 8:01 am }

handphone tu memang tak patut ada atas tilam masa tidur

15 VirraFNL { 07.06.15 at 11:27 am }

Gue malah gak karuan tidurnya -_- malem melek ,pagi siang sore molor . Bangun2 badan pada sakit -_-

16 Akbar { 07.10.15 at 2:42 pm }

Tinggal tidak tidur dari malam terus malam lagi kemuadian tidur pasti bisa

17 febri alfian { 07.12.15 at 5:09 am }

Mbak atau mas yg ada disini? Kalo insom kek gini terus apakah bisa menyebabkan kematian.. saya 12 dr mlm smpe sekarang tdk bisa tidur

18 anitayugranita anit { 07.12.15 at 6:29 am }

saya sudah bri saran coba bwtkgiatan sambil istigfar ,bebenah tempat tidur dan akhirnya ngantuk pn tiba

19 budi sudarso { 07.13.15 at 8:52 am }

memang bener nih tipsnya mantap, biar cepet tidur kalo bisa tempat tidur dalam keadaan bersih dan juga lampu perlu di matikan, oke deh makasih ilmunya :)

20 ghee { 07.19.15 at 10:33 pm }

Q cba dech,mudah2an bsa.. SoAlnya dh 3 hri gk bsa tdur.. (Begadang)

21 Ridhwan { 07.22.15 at 4:20 am }

tetep ga bisa tidur saya sudah 1 bulan penuh ga tidur

22 janho { 07.29.15 at 12:30 pm }

saya,,, tidak bisa tdur selama 3 bukan bagiana caranya untuk bisa tidurrr….

23 elis rahma { 08.01.15 at 2:24 pm }

makasih banyak info dan tipsnya, kalo saya suka denger musik atau baca quran kalau lg susah untuk bisa tidur

24 Asep { 08.15.15 at 1:27 am }

Nih gan sodara sodari ane ksih tips yg sdh ane rasain sendiri… yg prtma adalah lari pagi dan yg kdua adlh siangx jgn tdr thn sekuat mungkin… insyaAlloh gan jm 8 tw 9 mlm nte2 bkl ngntuk luar biasa dan tdr nyenyak sekali… slmt brsh

25 Ariep Jaenul { 08.24.15 at 1:43 am }

Makasih gan, ane gabisa tidur terus nih :(

26 eka puspita sari { 08.28.15 at 1:31 am }

Makasih yha tips nya .
Tapi saya masih blm bisa bobo jga !!

27 frans { 09.24.15 at 9:04 am }

Gan kurang lebih 2 blan saya selalu insom nie paling lma tdur itu cman 1 jam, ngimna solusi nya, saya juga kurang nafsu makan nie, banyak pikiran sih, mohon saran nya dong

28 sehatisme { 10.21.15 at 8:51 pm }

saya tidurnya udah kebalik nih admin, susah banget buat ngubahnya :(

29 elva refariza { 11.02.15 at 12:03 am }

Sya menderota sush tdur mlm.hri udh berthun2 berbagai cra sudh sya lakukn, tpi tidk bisa, bhkn obat tdur pun gk bisa

30 Aida Fatih { 11.02.15 at 1:09 am }

Sy 2bulan ini kena insom dan ternyata begini yg namanya insomnia? Menyiksa bgt sampe putus asa rasanya dpt cobaan spt ini :'(
Tp sy larinya ke dokter dr dokter umum dan yg terakhir ke psikiater, bisa tidur sih tp sy takut kalo kecanduan obatnya.. Gmn sih ya biar bs bener2 kembali normal gak pake insomnia2

31 handy { 11.26.15 at 12:38 pm }

bagi yang masih tetap sulit tidur setelah melakukan berbagai cara, yang terbaik adalah tetaplah tidur pada jam tidur anda. jangan memaksa untuk bisa tidur, berbaringlah dan jangan berpikir untuk ingin tidur, karena keinginan tidur yang sangat, justru membuat anda tdk bisa tidur. bila tetap sulit tidur, biarkan saja, jangan tegang. saat pagi waktunya bangun, maka bangun lah, minum air putih yang banyak. dan hilangkan kekuatiran/takut pada keadaan sulit tidur. maka lama kelamaan anda akan tertidur dengan sendirinya.

32 La { 03.23.16 at 2:38 pm }

Pengalaman pribadi kah mas? Akhirnya bs todur?

33 Lucy { 03.25.16 at 8:19 pm }

Infonya keren 👍

34 Latisyah Kalahi { 12.01.15 at 5:31 am }

Alhamdulillah selama ini tidurku gampang-gampang aja. Kalau susah tidur itu biasanya sehabis olahraga malam seperti badminton, mungkin adrenalin tubuh sedang naik jadi tidak bisa diajak beristirahat. Hehe, by the way terima kasih atas artikelnya. Sangat membantu teman-teman lain yang membutuhkan.

Latisyah Kalahi

35 Surya { 12.14.15 at 12:41 pm }

Mudah2an tips nya manjur ya, soalnya slalu di marahi majikan kalau jam 9 blom bangun2 min. Apalagi kita tinggal dirumah orang, tersiksa bgt. Smoga artikelnya bisa membantu teman2 yg punya keluhan susah tidur juga ya :)

36 don { 12.28.15 at 5:54 am }

Tolong ane min, ane susah banget tidurnya, mau siang mau mlam ttp gak bs, mohon solusinya gmna cara nya spya tidur ane kembali normal.. Help me, insomnia fakkkkkkk :'(

37 Al-Farisj { 01.01.16 at 5:08 am }

Kalian baru 2 sampai 3 bulan.apakabar saya yg sudah hampir 3th.dunia saya terbalik.siang jadi malam dan malam jadi siang.menyiksa banget.dan setiap bangun tdur badan sakit semua

38 fenfen { 01.02.16 at 11:36 am }

Gan kalo aku siangnya ngantuk malam kira kira hmpir jam 12 baru bisa tidur

39 syamsul bahri { 01.11.16 at 12:56 am }

susah tidur kepikiran gi mana besok kerja. kalau gadang gini.. gara” jam kerja saya tidak teratur .. jdi badan panas dingin kyk gini kalau susah tidur.. di tambah kepala nyutnyutan.. gak mau obat mungkin sya rus kawin obat nya.. ya..

40 Indah Ayu Purdiyanto { 01.12.16 at 10:32 pm }

tetep gabisa skrg aja masih susah tidur

41 heri { 01.13.16 at 12:56 am }

thanks min atas tipsnya semoga bisa membantu

42 wina febrianty { 01.17.16 at 2:47 am }

Wah, klau sy ga bisa tidur krn ngikut jam kerja.. Kerja di retail inisial A itu loh,, kerja ny pke shift, jadilah jam tidur ga bisa kontrol smpai begadang luar biasa siang nya dipaksa kerja ampai ketiduran, nyiksa banget min…

43 ARTHUR'S { 01.24.16 at 9:12 pm }

baca buku atau main game pasti lama lama ngantuk

44 kocu silaban { 01.26.16 at 3:53 am }

Makasih imfo ny gan,ane udh dari SD gx bisa tidur juga

45 Wahyu Prayudha { 02.01.16 at 4:18 pm }

sekarang saya tahu bagaimana cara mengatasi kurang tidur

46 harto { 02.04.16 at 1:55 pm }

cara ampuh selesaikan masalah semua penyakit adalah banyak istigfar dan lebih dekat serta pasrah kepada-NYA tentu dibarengi dengan usaha yang maksimal.

47 rumi { 02.09.16 at 12:49 am }

Saya sulit tidur gara2 beban pikiran, slalu berdatangan saat tidur. Cara menghilangkannya gimana??

48 mzaziz { 02.22.16 at 4:42 pm }

waah boleh di coba nih tipsnya, mungkin saya sering sulit tidur karena stres tugas kuliah yg selalu numpuk

49 Bunayya { 02.29.16 at 12:22 pm }

Sudah sebulan lebih kenak insomnia (Tersiksa!!)
selama 7 hari 24 jam enggak bisa tidur. selebihnya tidur cuman 3 jam sehari.

50 adrian { 02.29.16 at 9:53 pm }

waaah terimakasih gan ternyata cara mengtasi sulit tidurnya cukup mudah ya di praktekin dan tipsnya juga sangat bermanfaat gan

51 nova cahaya { 03.11.16 at 5:02 pm }

Lelahkan badanmu seperti aktifitas fisik , contoh kalau habis piknik gampang tdr kan , soalnya kita dalam kondisi capek gampang bgt mau tdr , ini cara ampuh gan coba aja, intinya kita kalau mau tdr harus capek dlu aktifitas yg bnyak, klo msh krg jelas tnya aja

52 Surya { 03.17.16 at 12:11 am }

Gabisa tidur gua moga aja tips ini bisa mengatasi permasalahan yg aku alamin

53 muchsin { 03.29.16 at 2:37 pm }

yang muslim laksanakan ibadah …contoh ibadah umroh sb selain perlu persiapan fisik juga byk berdoa untuk ketenangan hati

54 valentinus { 04.07.16 at 12:32 pm }

aku susah banget tidurnya mungkin udah 2 bulan,tapi semoga dari cobaan yang aku hadapi ini ada hikma-NYA

55 Dega { 04.10.16 at 9:01 pm }

Wahh, trnyata banyak juga yg ngga bisa tidur ya sama kayak saya, bagi yg tahu, mohon bantuannya ya..
Apa mungkin karena trauma ya? Karena sering tidak tidur malam(insom) jadi tiap malem berikutnya selalu kepikiran waktu enggak tidur kemarin, dan itu selalu jadi beban pikiran tiap malem jadinya ngga bisa tidur, jadi bagaimana ya caranya agar itu semua ngga jadi beban pikiran tiap malam, dan pikiran jadi tenang? Soalnya saya merasakan, kalau pikiran kita tenang(nggak mikirin macem2), pasti saya bisa tidur, nah jadi bagaimana agar tiap malam pikiran kita tenang dan tidak selalu teringat bahwa kemarin nya kita tidak tidur?
Mohon bantuannya semua..

56 saaa { 04.27.16 at 5:32 pm }

emang saya pernah rasakan berhari2 g bsa tdur,tdur siang pun g bisa,,,, ngantuknya luar biasa,,tdak bsa mengerjakan aktifitas secara normal,lemes trus,, gmna ya cara mengatasinya gan?? pusing nihh

57 Amier hamza { 05.05.16 at 7:16 am }

Hallo google , aku ga bisa tidur eh nongol tips inian dan sekarang pukul 07.12 pagi sampe sekarang blm tdr -.-
Nanti siang baru berangkat kerja jam 2 siang tiap masuk siang pasti hawanya bgni trs apa sehat ga ya -.-“?
Coba gua terapin tips ini klo ga bisa tdr jga kebangetan udh kaya mata ikan .
Emg bnr itu perubahan jam kerja dan kepikiran pacar sulit buat tdr .

58 al { 05.05.16 at 1:32 pm }

puasa kafein apapun bentuknya, olahraga sore hari. minum susu dan madu sekitar jam 8 setelah makan malam terakhir jam 6.30 pm

teh, kopi, coklat , coke .dilarang! jangan putus asa untuk disiplin. bagi yg muslim jalani pola hidup sesuai waktu sholat 5 waktu.
ikutin aja, semoga membantu. amin

59 tika cantika { 05.29.16 at 7:34 pm }

Makasih mas tipsnya.akan saya coba..minta doanya juga mdh mdhan berhasil soalnya saya punya insomnia akut.

60 aris kekbo { 06.25.16 at 3:13 am }

jangan kebanyakan mainan hp ,dan pastinya yg sulit tidur itu pasti masih sendiri kalo udah nikah gk mungkin sulit tidur .

61 jr { 06.27.16 at 12:20 pm }

min gimana nih min, malam selalu terganggu suara kendaraan yang gak henti hentinya, beban pikiran udah dicoba dihilangkan tetep gak bisa,

62 Aap { 07.12.16 at 2:24 am }

saya udh 3 tahun insom, tp ga tiap hari jadi kalo lg stress aja susah bgt tidur. tp malah bikin tambah stress dan makin susah tidur 😂 udh coba cara sana sini ttp aja. mau beli obat tp efek sampingnya banyak. pffft jd curcol. haha btw mksh tip nya yaaa

63 umaii { 05.02.17 at 2:16 pm }

Mungkin faktor stress kali ya gan yang membuat saya jadi susah tidur ditambah keasikan main gadget. Pagi kelopak mata udah hitam aja kayak orang abis nangis

Leave a Comment