Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


9 Alasan Anda Adalah Kaya

Saya terpikir untuk menulis artikel ini setelah membaca sebuah kutipan bijak dari H. David Thoreau yang mengatakan bahwa “Kekayaan adalah kemampuan untuk merasakan dengan sungguh-sungguh kehidupan yang kita jalani.”
Meskipun saat ini kondisi perekonomian sedang mengalami resesi dan menimpa seluruh bangsa di dunia, penting sekali diingat bahwa kita sebetulnya memiliki kekayaan yang seringkali tidak kita sadari. Kekayaan banyak ditafsirkan orang sebagai hal-hal yang berhubungan dengan materialisme atau kemewahan. Padahal definisi tersebut masih terlalu dangkal.

Coba anda renungkan daftar dibawah ini, 9 alasan yang menunjukkan bahwa anda sebetulnya adalah kaya :

1. Anda tidak dalam perut kosong ketika tidur tadi malam.

Tahukah anda 50%* orang di muka bumi ini masih menderita kekurangan gizi.

2. Anda masih tidur di dalam rumah, bukan di alam terbuka.

Tahukah anda 80%* orang di muka bumi ini masih tinggal di rumah yang tidak memenuhi standar.

tuna wisma

3. Anda masih mempunyai pilihan untuk menggunakan pakaian apa yang akan anda pakai hari ini.

Masih banyak orang-orang di muka bumi ini, kita seringkali menyebutnya sebagai tuna wisma, hidup di alam terbuka dan hanya memiliki sepasang atau paling banyak 2 pasang baju dan celana yang sudah lusuh untuk dipakai.

4. Anda masih memiliki cukup uang di dompet anda.

Dahulu saya cukup sering mengalami kejadian seperti ini. Ketika saya menginginkan sesuatu, namun uang di dompet saya tidak mencukupi bahkan pernah beberapa kali kosong. Saya kesal sekali waktu itu. Namun akhirnya saya menyadari bahwa saya ternyata masih beruntung.
Kalau kita lihat kembali lingkungan di sekitar kita, masih banyak orang-orang yang isi di dompetnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hari ini saja, sementara untuk keesokan hari mereka belum tahu akan mendapatkannya dari mana.

5. Anda tidak hidup dalam ketakutan.

Anda dapat membayangkan orang-orang yang hidupnya di tengah peperangan. Setiap hari mereka berpikir apakah mereka masih bisa menikmati hari esok atau tidak.

6. Anda masih bisa mandi dan minum dari air yang bersih.

Anda mungkin pernah melihat orang-orang yang mandi dan mencuci pakaian di pinggiran sungai yang sudah tidak jernih lagi, penuh dengan limbah. Mungkin anda juga pernah membaca sebuah berita di daerah pedalaman, orang-orang untuk mendapatkan air bersih harus berjalan sampai berkilo-kilo jauhnya.

7. Anda masih bisa pergi ke dokter ketika anda sakit.

Tahukah anda 1%* orang di muka bumi ini sedang dalam keadaan sekarat / hampir meninggal.

8. Anda masih bisa berakses ke internet.

Tahukah anda kurang dari 1%* orang di muka bumi ini yang memiliki komputer.

9. Anda bisa membaca.

Tahukah anda 70%* orang di muka bumi ini belum dapat membaca.

Anda dapat menambahkan masing-masing urutan ke 10, 11, dst.

Yang pasti, inti dari semuanya ini adalah anda bisa bersyukur dengan semua hal yang anda miliki dan dapatkan. Anda memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan orang lain.

* Survei diatas dilakukan oleh Philip M. Hartner dari fakultas kedokteran Stanford University Amerika.

 

loading...

 

16 comments

1 faris! { 03.19.09 at 1:07 pm }

harus banyak banyak bersyukur .
yeah !

2 Baginda Namora { 03.19.09 at 1:09 pm }

Saya rasa, judul yang tepat adalah “9 ALasan anda Harus Bersyukur”

Karena tidak perlu menjadi orang kaya untuk melakukan hal yang anda sebutkan di atas.

itu menurut saya sih, karena kita kan punya pandangan yang berbeda-beda mengenai arti “kaya”itu sendiri.

3 kellyamareta { 03.19.09 at 1:10 pm }

hebat!
dapat data statistik dari mana ?

4 mitsikuri { 03.20.09 at 9:06 am }

qt hrs byk bersyukur…
mkny jangan liat ke atas terus tapi sekali2 liatlah kebawah
tull ndak?

5 rhanu { 03.20.09 at 12:06 pm }

Siiiiip …. Hebaaaaaaaaaat, itu memang yang sering kita lupakan dan kita tidak pernah menyadarinya. Terlalu SOMBONG kita untuk berkata jujur, TIDAK TAU MALU KITA kalau kita mestinya mengakui bahwa kita adalah orang KAYA, KIKIR BENER KITA sering kita bisanya cuman berlalu melihat saudara-saudara kita yang butuh kita. ITULAH MANUSIA, bisanya cuman mengeluh tanpa bisa mendengar keluhan orang. ENAKNYA SENDIRI …..
MAKASIH BANYAK. SALAM KENAL

SAYA
ORANG PINGGIRAN YANG TERBUANG

6 muntoha { 03.21.09 at 3:59 pm }

orang baru akan sadar setelah yang dimilikinya hilang. orang merasa tidak kaya karena dirinya biasa2 saja. tapi seorang yang divonis komplikasi dibetes akan mengatakan betapa kemaren2 saya orang yang kaya karena kesehatan saya lebih berharga dari milyaran rupiah.

maukah mata anda ditukar dengan satu uang satu milyar.
maukah kaki anda ditukar dengan mobil yang palih mewah saat ini?

7 anton huang { 03.24.09 at 9:29 am }

Ada banyak alasan yang bisa menunjukkan bahwa setiap orang pada dasarnya kaya.
Punya tangan dan kaki yang cukup, itu sudah menunjukkan. Ada orang yang gak punya kaki dan tangan, seperti nick vujivic, yang sejak kecil, sudah dilahirkan tanpa kaki, sebatas lutut ke atas saja, dan tanpa tangan. Nick Vujivic ini seorang motivator international, pebisnis juga.
Setiap orang pada dasarnya punya aset untuk kaya, namun ada yang mengolahnya, ada yang membiarkannya malah menodainya (hehe.. hati-hati, jangan sampai ternoda…)..Apa itu? Aset Intelektual : Mindset kita.

8 maya { 04.08.09 at 8:22 am }

nice artikel, salam kenal,trimakasih sudah membuat saya tersenyum pagi ini……

9 toha { 07.20.09 at 9:13 pm }

Sungguh memang tidak salah apa yang dititahkan Tuhan “Jika kalian bersyukur maka akan Aku tambahkan nikmatmu, tapi jika kalian ingkar, maka sungguh siksaKu teramat pedih”. Memang benar dengan menerapkan konsep syukur, kita akan menjadi merasa sangat bernilai. Nice Article, Terimakasih.

10 Agus Salim { 03.05.11 at 6:31 am }

saya pikir tidak ada satupun mahluk didunia ini yang tidak menderita termasuk manusia kecuali mereka yang tidak terlalu banyak menginginkan…..semua saran dan nasehat memang benardan dan cukup jadi pengobat penderitaan ,tapi faktanya sangat sulit diterapkan

11 raharja { 07.30.11 at 5:07 am }

mungkin tambahannya masih kita masih punya keluarga dan orang dekat yang mencitai kita. Berapa banyak orang kehilangan keluarga dimuka bumi ini?

12 Dedy { 08.19.11 at 5:24 am }

Mungkin lebih dari itu persentasinya,bisa jadi lebih,soalnya hanya kalangan tertentu yang kaya sedang yang lainnya hanya pas-pasan,ini kalau dilihat dari segi materi,tapi dari segi hati banyak orang miskin yang kaya hatinya daripada yang kaya hartanya

13 araha { 05.24.12 at 5:36 pm }

intinya jngn selalu melihat keatas, tp kita harus menengok kebawah,,,,& perbanyak bersyukur pastinya…

14 Oni { 07.26.12 at 9:16 pm }

Wahai kawan”sy perpikirlah positip lihat di sanah masih banyak orang” yg membutuhkan bantuan”kita hidup kita ini cuma sementara alias numpang di alam nyata ini,hidup yg seterusnya di alam akhirat perbanyak lah amal untuk bekal mu di akhirat nanti

15 Oni { 07.26.12 at 9:25 pm }

Anda orang kaya+mampuh mau apapun juga anda bisa beli yg anda beli coba lah anda mencoba bagi orang yg ga mampu pasti anda bisa merasakan apah yg anda rasakan di saat anda lgi menycoba,

16 Saor Marpaung { 05.27.14 at 7:01 pm }

Luar biasa artikelnya, membuat kita lebih instrospeksi diri lebih dalam sekaligus mengingatkan kita agar selalu bersyukur didalam segala hal Thanks The Lord.

Leave a Comment