Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


9 Tips Untuk Membuat Tidur Anda Berkualitas (Nyenyak)

tidur berkualitas

Foto oleh megditi

Memperoleh tidur yang cukup sangatlah penting karena jika anda selalu mendapatkan jam tidur yang kurang, akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada berat badan anda, kemurungan (tidak bersemangat), masalah pada jantung dan bahkan membuat tubuh anda rentan terkena penyakit. Kebanyakan orang mengetahui bahwa tidur sangatlah penting, namun demikian mereka justru semakin hari semakin mendapatkan jam tidurnya berkurang karena alasan kerjaan yang menumpuk, kebiasaan tidur larut, main game, dsb.

Semasa mahasiswa saya memiliki pola tidur yang sangat buruk : mengobrol hingga larut dengan teman-teman organisasi, main game dan keluyuran. Jam 2 pagi adalah jam paling cepat saya tidur waktu itu. Bangun di siang hari dengan kondisi badan yang lemas dan tidak bersemangat. Betul-betul seperti vampire, malas keluar rumah di siang hari.

Kebiasaan buruk saya tersebut akhirnya membawa dampak yang terasa sampai dengan saat ini : saya mengalami gangguan dengan maag. Biasanya orang yang memiliki pola tidur yang buruk, ia memiliki pola makan yang buruk juga, dan itulah yang saya alami.

Yah itu intermezzo sedikit tentang kebiasaan jelek saya dahulu. Bagi para pembaca yang memiliki pola hidup seperti saya dahulu, saya sarankan untuk segera merubahnya. Mungkin saat ini anda belum terasa karena anda masih muda, namun seiring bertambahnya umur anda, biasanya anda akan mulai merasakan gejala-gejala akibat pola tidur dan pola makan yang buruk.
Oke kembali ke topik utama kita kali ini, yaitu 10 tips yang akan membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas :

1. Berolahraga

Para ahli kesehatan, siapapun dan dimanapun, pasti menganjurkan kita untuk berolahraga rutin. Mungkin anda pun sudah bosan mendengarkan nasihat ini berkali-kali. Tak ada salahnya saya mengingatkan sekali lagi kali ini. :)
Banyak sekali manfaat berolahraga, salah satunya membantu anda agar cepat tidur di malam hari dan anda memperoleh tidur yang berkualitas (nyenyak).

2. Jadwalkan waktu tidur anda

Menjadwalkan tidur anda secara teratur juga merupakan hal yang penting dalam mendapatkan tidur berkualitas. Hindari hari ini anda tidur pukul 9 malam, keesokan hari pukul 12 malam dan keesokan harinya lagi pukul 10 malam. Keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh anda berjalan baik.

3. Kenali kebiasaan anda

Menyambung poin 2 diatas, begitu anda mengetahui jam tidur anda setiap malam, pastikan anda mempersiapkan segala sesuatu yang biasa anda lakukan sebelum tidur dengan baik agar jam tidur anda tidak terlewat. Sebagai contoh : anda berencana untuk tidur setiap malam pukul 11 dan anda mempunyai kebiasaan membaca kurang lebih setengah jam sebelum tidur. Artinya pukul 10.30 maksimal anda harus sudah mulai membaca sehingga pukul 11 malam anda sudah tertidur.

4. Jangan mengkonsumsi makanan yang berat sebelum tidur

Pastikan anda tidak makan berat atau terlalu banyak sebelum tidur. Makan malam yang ringan sangatlah disarankan. Saat ini sering saya mendengar orang-orang melakukan diet di malam hari. Banyak rekan-rekan saya mulai melakukan hal ini : mereka makan sedikit nasi atau bahkan tidak makan nasi sama sekali, hanya lauk pauk dan sayur-sayuran saja. Hal ini baik sekali. Perut yang sangat penuh dapat membuat anda kesulitan untuk tidur. Jika anda masih merasa lapar, disarankan mengemil buah-buahan saja dibanding ’junk food’.

Saya pernah mendengar nasihat dari orang yang sangat sukses dan bijak, diusianya yang sudah berkepala 6 namun tetap energik seperti usia 40 tahun : ”cukup tidur, banyak minum dan makan jangan terlalu kenyang.”
Ya, nasihat yang sangat sederhana namun dapat membuat orang berumur panjang.

5. Matikan komputer anda

Jika anda adalah penggila komputer entah itu untuk browsing ataupun bermain game, disarankan anda membuat jeda antara anda berhenti bermain komputer dengan saat sebelum anda naik ke atas ranjang anda, minimal ½ jam. Biasanya kita akan mengalami kesulitan untuk tidur jika kita langsung berbaring sehabis menggunakan komputer. Relax-kan otak anda sejenak, karena otak anda masih ‘panas’ saat itu.

Memang kadang-kadang sulit untuk melakukan hal ini, seperti yang saya alami, karena kita sedang asik-asiknya dan pasti merasa sayang sekali jika kita menyia-nyiakan waktu setengah jam tersebut tidak berada di depan komputer.
Namun saya juga merasakan jika otak saya telah dingin, saya menjadi lebih cepat untuk tertidur.

6. Jangan mengobrol di telepon sebelum tidur

Ini mirip dengan poin no 5. Ketika anda mengobrol dengan teman anda di telepon, otak anda saat itu berada pada ‘mode siaga’. Perlu waktu untuk merubahnya menjadi ‘mode tenang’. Luangkan waktu kira-kira setengah jam untuk mendinginkan otak anda sebelum anda pergi tidur. Otak yang tenang tentu saja membuat kita lebih cepat untuk tertidur.

7. Pastikan lampu kamar anda padam

Sangat disarankan jika kita tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh kita.
Biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak dan jarang sekali terjaga.

8. Kasur

Apakah kasur anda sudah terlalu tua untuk anda gunakan? Apakah pada bagian tengahnya sudah lebih kempis dibandingkan sisi-sisinya? Jika demikian, saya sarankan anda untuk menggantinya dengan yang baru, yang akan menopang tubuh anda lebih baik sehingga anda merasa jauh lebih nyaman selama tidur.
Hal ini biasanya terjadi pada kasur yang berisikan kapuk. Model ‘spring bed’ jarang sekali terjadi.

9. Lingkungan tidur anda

Jika anda seringkali terbangun hanya untuk mematikan AC atau kipas angin karena kedinginan, hal tersebut jelas sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. Aturlah timer pada AC / kipas angin tersebut atau jika tidak terdapat timer, pastikan anda menyelimuti diri anda sebelum tidur sehingga anda tidak terbangun di tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin.

Jadi para pembaca yang budiman, mulai hari ini anda bisa melakukan tips-tips diatas agar tidur anda lebih berkualitas, sehingga pada keesokan hari anda dapat memulai hari anda dengan lebih segar dan ceria.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

25 comments

1 toni agustinus { 11.12.09 at 3:59 am }

bagaimana jika waktu tidur kita yg tdk teratur karena kerja shift?

2 yunita { 06.10.10 at 10:23 am }

Saya merasa sulit untuk tidur jika lampu dalam kamar di matikan,saya malah lebih nyaman bila tidur dalam keadaan terang.

3 oen { 05.18.11 at 9:22 am }

dari artikel yang pernah saya baca tidur siang walpun sebentar juga ikut mempengaruhi kulaitas tidur di malam hari ya?

4 dedew { 06.08.11 at 3:55 pm }

kalo susah tidurnya karena was-was ato khawatir bgmn?

5 deny { 09.12.12 at 10:25 pm }

hahaha bagus bro tipsnya, saya browsing ini karena kebiasaan yang persis dengan paparan pengalaman anda diatas, dah waktunya berubah, patut dicoba….

6 Joe { 11.19.12 at 1:26 pm }

Apa yng bisa saya lakukan untuk tetap bisa tidur lebih awal di mlm hari’???

7 aris { 12.03.12 at 9:43 pm }

hmm, bisa dicoba tuh sarannya…

8 Sudirman { 12.29.12 at 9:55 pm }

Menambah pengetahuan ni..
minta izin share ya…

9 NISAkalon_ { 01.01.13 at 1:46 pm }

Apakah mendengarkan musik saat ingin tidur ikut mempengaruhi kualitas tidur kita ?

10 Agha { 10.29.13 at 3:54 am }

Ajipp bro, sgt bermanfaat

11 Yohezra { 10.31.13 at 5:33 am }

Smua sdh sy lakukan tapi teetap sy susah tidur

12 Ria Aryanti { 11.10.13 at 4:43 pm }

apakah baik jika sering bangun tengah malam lalu tertidur lagi

13 Marco Heroin { 11.27.13 at 9:19 am }

Mkasih Bro… !
Pas Boanget Itu dgan Kbiasa’an sya.
Mkasih.
Akn Ku coba…!

14 Andi Putri Hummaerah { 12.23.13 at 6:05 am }

Makasih atas smua tipshya…

15 Nur Azizah { 01.06.14 at 5:34 pm }

Kalau misalnya waktu tidurnya jam 9 malam – 2 pagi terus belajar terus jam 3 nya tidur lagi. Bagus nggak?

16 Raka Djati Permana { 01.06.14 at 5:55 pm }

Makasih gan atas tipsnya, tak coba dulu ntar malem ampuh gak cara ini

17 anita { 01.10.14 at 4:47 am }

Susah bangeeet tidur,,jam 5 subuh bru tidurrr,,hmmmmmm

18 sindy { 03.02.14 at 5:33 am }

trima kasih untuk tipsnya…saya paling susah tidur kebiasaan suka kongkow…begitu tidur cepat malah suka terbangun tengah malam haiiiisssssssssssss

19 ayu s lestari { 03.10.14 at 11:57 am }

Dulu tidur gue teratur.tp semenjak kena sif siank.jadi pulang mlm.tidur jadi mlm bgd.gmn gan solusinya

20 Ega { 04.13.14 at 1:53 pm }

“Poin No.3 Kenali Kebiasaan Anda”, ini perlu dicoba ky’nya,, membaca buku (Real book) dgn membaca artikel-artikel yg ada di internet ky’ny lebih berpengaruh mebaca buku saat akan tidur agar mata cepat capek/terkantuk .. perlu dicoba .. tengkyu tipsny mas bro ..

21 Vivi { 05.04.14 at 10:15 pm }

Oke sip. Wajib dicoba. Terimakasih. ^^

22 fia { 06.01.14 at 11:08 pm }

saya ingin sekali tidur jam 9 tpi sya mengantuk di atas jam itu, bagaimana saya bisa mengantuk sebelum jam 9?

23 oki { 06.24.14 at 1:50 am }

musti d coba sih,tp…klo sering tidur siang jg apa ga pengaruh tuh ama tidur malemnya sobb..

24 Muhammad Rasyiduddin { 09.10.14 at 8:18 am }

Wah bermanfaat sekali tipsnya, alhamdulillah sekarang saya bisa menerapkan cara diatas… utk bs tidur dg nyenyak dan tenang.

25 snoppy { 09.20.14 at 7:09 am }

Saya puas membaca tipsnya. Thanks tipsnya bagus sekali. Tapi saya punya masalah tidur yang lain. Saya cepat tidur jam 9 atau jam 10 mlm. Tetapi saya sering terbangun tengah mlm jam 12 atau jam 2 bahkan terbanngun jam 4 dan tidak bisa tidur lagi. Saya sering gelisah dan hati tidak tenang. Seperti ketakutan… apakah ada cara untuk mengatasi tidur yg pulas ?

Leave a Comment