Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Bagaimana Belajar Dari Kesalahan

belajar dari kesalahan

Tidak ada orang yang suka berbuat kesalahan. Namun jika anda ingin melewati hidup dengan baik, maka tidak ada jaminan bagi anda untuk tidak melakukan kesalahan. Jika anda dapat belajar dari kesalahan dengan tepat, maka anda akan mendapatkan bahan bakar baru untuk maju kedepan.

Anda harus menyadari bahwa kesalahan adalah bagian yang penting dalam pengembangan diri. Jangan termenung terus dengan rasa bersalah dan penyesalan, pelajari bagaimana anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut.

1. Minta Maaf dengan Tulus dan Sungguh-sungguh

Jika anda telah melakukan kesalahan yang menyakiti/membahayakan orang lain, sangat penting bagi anda untuk segera meminta maaf dengan sungguh-sungguh. Pastikan bahwa itu adalah betul-betul suatu kecelakaan yang tidak akan terulang. Permintaan maaf yang baik akan mengembalikan tingkat kepercayaan orang tersebut pada anda.
Sebaliknya, jika anda tidak meminta maaf, maka kemungkinan besar orang tersebut akan menyerang anda.

Akan sangat efektif jika anda meminta maaf secara pribadi dibandingkan lewat surat atau email. Namun, begitu anda telah mendapatkan maaf, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama lagi, karena itu adalah suatu kekonyolan dan sangat menjengkelkan. Segera perbaiki tindakan-tindakan anda.

2. Jangan Menjadi Seorang Yang ’Perfectionist’

Jika anda menjalani hidup dengan ketakutan untuk melakukan kesalahan, maka anda akan menghabiskan hidup anda dengan tidak melakukan apa-apa. Bukan masalah jika anda melakukan kesalahan, karena sekali lagi itu adalah bagian penting dari hidup agar anda terus maju. Semakin banyak tanggung jawab yang anda pikul, kemungkinan anda melakukan kesalahan pun semakin sering.

Jika anda selalu ingin merasa semuanya sempurna, selalu ingin menghindari kesalahan-kesalahan sekecil apapun, hal itu lama kelamaan akan membentengi diri anda secara psikologi dan anda menjadi tidak berani dalam mengambil resiko.

3. Jangan Membuang Waktu Dengan Mencari Pembenaran

Kita manusia mempunyai sifat alami untuk mencari pembenaran atas kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Ketika kita melakukan kesalahan, rata-rata reaksi pertama kita adalah menyalahkan orang lain.

”Ya, saya telah menabrak mobil di depan saya, tapi itu adalah karena teman saya yang selalu mengajak saya bergosip sehingga konsentrasi saya terpecah…”

”Saya tidak dapat menyelesaikan tugas sesuai jadwal karena komputer saya mengalami gangguan …”

Perlu anda ketahui, ketika kesalahan telah dibuat, atasan anda sama sekali tidak tertarik dengan pembenaran-pembenaran yang anda buat. Kita mencari pembenaran karena ego kita yang tinggi. Kadang-kadang, hal terbaik yang perlu diucapkan, sangat sederhana : ”Ya, saya telah melakukan kesalahan.”

4. Pahami Mengapa Kesalahan Tersebut Dapat Terjadi

Kesalahan-kesalahan dapat terjadi karena berbagai macam kesalahan. Untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama dua kali, anda harus memahami akar permasalahannya.

Sebagai contoh, anda seringkali berbicara dengan nada cepat dan marah; sering anda mengeluarkan kata-kata yang kurang baik. Anda harus mencari tahu apa yang menyebabkan anda marah pada saat itu. Mungkin anda merasa sangat lelah atau kepala anda sedang sakit. Jika anda melakukan kesalahan karena anda begitu lelahnya, cobalah untuk tidak tidur sampai larut malam. Jika anda merasa stress, carilah jalan untuk membuat anda relax.

5. Hindari Mengulang Kesalahan Yang Sama

Anda harus menghindari perasaan bersalah yang terus menerus karena telah berbuat kesalahan, namun pada saat yang sama, anda harus mencari jalan pemecahan dan melakukan tindakan perbaikan. Jika anda mengulang kesalahan yang sama, hal tersebut menunjukkan bahwa anda tidak mengalami suatu kemajuan dan menyebabkan kerugian/penderitaan yang berulang.

Seringkali kesalahan disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Untuk mencegah kesalahan yang sama berulang, anda harus menghapuskan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini memang tidak mudah dan membutuhkan usaha ekstra untuk merubah kebiasaan. Bagaimanapun, semakin cepat anda bisa merubah kebiasaan buruk tersebut, semakin cepat anda menghindari melakukan kesalahan yang sama.

6. Kesalahan Adalah Kesempatan Untuk Belajar

Dari kesalahan-kesalahan yang telah anda buat, tentu saja anda akan semakin berkembang dan bijak. Kesalahan-kesalahan, dalam hubungannya dengan keberanian mengambil resiko, merupakan sesuatu yang krusial untuk kesuksesan anda. Hal yang terpenting adalah melihat kesalahan sebagai batu loncatan untuk mencapai sesuatu yang lebih tinggi dan kehidupan yang lebih baik.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

12 comments

1 egy.putra { 12.12.11 at 6:40 am }

Setuju aja gan.. Ane yakin, klo kita bisa selalu mengambil hikmah dan tetap tenang, pasti akan menemukan jalan.. Bila mengalami kesulitan, berfikirlah kalau ini hanya masalah waktu.. Tetap bersabar!

2 Chandra { 11.01.12 at 8:29 pm }

Hebat, anda memberikan inspirasi pada saya, bagus postnya O_O

3 ekonov { 12.26.12 at 1:29 pm }

sangat inspiratif.. makasih share ilmunya…
belajar bijak dari kesalahan

4 wati purwanto { 04.25.13 at 9:40 am }

isinya semua memberikan aku arahan disaat kesalahan ku lakukan.
share dong, disaat kesalahan dilakukan . kita diminta pertanggung jawaban atas semuanya. bagaimana & apa yg hrs dilakukan ….

5 sry rachma inayah { 10.07.13 at 2:43 pm }

saya senang dengan motivasi yang anda buat

6 rosa { 10.14.13 at 9:17 pm }

.terimakasih ,ini sangat berguna banget .tp ini gmna,aq belum smpet minta maaf,tp orangnya udah bilang duluan g mau maafin.. .g tenang banget hidup.q keinget itu terus,clo dia g bakalan maafin aq

7 junor erica { 10.30.13 at 8:19 pm }

Really a nice post! Sangat bermanfaat! Semangat admin, sukses terus site ini!

8 lia { 11.08.13 at 8:07 am }

Assalamuallaikum. Terimakasih. Ini semua bisa bikin q semangat n tahu gmn kita punya kesalahan…saran tu sgt berguna bgiku…makasih byk

9 winda { 12.01.13 at 5:12 pm }

saya suka dengan blog ini terimakasih atas motivasinya

10 tofik { 12.23.13 at 10:44 am }

Artikelnya asik di baca, ngena, dan sekejap dapet point pentingnya..

Minta ijin buat jadi referensi

11 helsivia ningsih { 01.15.14 at 8:49 pm }

bagus bangen gan…
semoga banyak yang berkunjung di blog anda gan…

12 MEDINA { 02.14.14 at 12:42 pm }

1.BAGAIMANA MENGHADAPI SESEORANG YANG MENYUDUTKAN KITA PADAHAL KITA GA BERSALAH?
2.SERING ORANG TERTENTU MEMANCING KEMARAHAN KITA ,ORANG YG BERSANGKUTAN HAMPIR TIAP HARI DENGAN SENGAJA MEMBUAT KESALAHAN,BAGAIMANA KITA MENCARI BUKTI KESALAHAN ORANG TERSEBUT?

Leave a Comment