Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Bagaimana Membuat Pernikahan Anda Lebih Bahagia

pernikahan bahagia

Apakah anda ingat kegembiraan saat anda dan pasangan yang segera menjadi suami atau istri anda berencana untuk menikah? Visi anda pasti adalah sebuah pernikahan yang indah dan bahagia. Meskipun anda mungkin memiliki saat-saat indah dan membahagiakan, kenyataan bisa berbeda dengan apa yang diharapkan.

Tugas-tugas yang sulit selama anda menjalani kehidupan pernikahan, terkadang membuat anda ingin menyerah. Semua hubungan akan mengalami pasang surut. Kiat berikut semoga akan membantu anda belajar bagaimana membuat pernikahan yang lebih baik dan mendapatkan kembali pernikahan indah dan bahagia yang anda impikan.

1. Komunikasikan dengan pasangan anda.

Tanpa komunikasi yang efektif, pernikahan yang sukses tidak mungkin dilakukan. Katakan pada pasangan anda apa yang ada di pikiran anda. Jangan hanya menyimpan di pikiran dan diam. Pasangan anda bukan pembaca pikiran dan jika anda tidak memberi tahu mereka apa yang salah, mereka tidak akan tahu. Meskipun hal itu tampak jelas, namun begitu banyak orang yang melakukan kesalahan karena mengharapkan pasangan mereka untuk mengetahui apa yang mereka pikirkan dan rasakan tanpa pernah berbagi pemikiran dan perasaan itu.

2. Tunjukkan hormat untuk pasangan anda.

Ucapan sombong dan sarkastik adalah hal yang tidak sopan. Jika anda memiliki masalah dengan pasangan anda, cara hormat untuk menghadapinya adalah dengan berbicara kepada mereka tentang masalah ini, bukan sebaliknya dengan membuat komentar buruk tentang hal tersebut. Memberitahu pasangan anda bahwa anda menghargai hal-hal yang mereka lakukan adalah cara lain untuk menunjukkan rasa hormat pada pasangan anda. Kapan terakhir kali anda mengucapkan terima kasih atas pasangan anda untuk sesuatu yang mereka lakukan. Ucapan terima kasih adalah sesuatu hal yang sederhana, mudah, cepat, dan memungkinkan pasangan anda tahu bahwa anda memperhatikan dan menghargai hal-hal yang mereka lakukan.

(Baca juga artikel Bersyukur dan Mengucapkan Terima Kasih)

3. Belajar memaafkan.

Tidak peduli seberapa baik pernikahan anda, seiring waktu anda akan memiliki argumen dan anda tidak akan setuju pada pasangan anda. Ketidaksepakatan terjadi. Kunci untuk menjaga pernikahan anda tetap sukses bahkan ketika anda tidak setuju adalah pengampunan. Bila anda tidak memaafkan pasangan anda, bahaya kebencian sangatlah nyata. Kemarahan segera menyebabkan kepahitan yang akan menghancurkan pernikahan anda jika dibiarkan tidak terkendali. Anda perlu belajar mengatakan bahwa saya menyesal dan sungguh-sungguh. Menyimpan dendam hanya akan menyakiti kalian berdua dalam jangka panjang.

Hal-hal ini mungkin tampak jelas, tapi anda akan terkejut seberapa sering hal-hal sederhana ini menyebabkan masalah besar saat diabaikan. Sebuah pernikahan yang sukses membutuhkan usaha. Jadi bagaimana anda membuat pernikahan lebih baik jika hubungan anda bukan seperti yang anda inginkan? Mempraktikkan komunikasi yang efektif, menghargai dan menunjukkan rasa hormat pada pasangan anda, serta belajar memaafkan adalah tiga tip yang bila dipraktikkan akan membuat perbedaan dalam pernikahan anda.

 

1 comment

1 Wahid { 05.15.17 at 12:01 am }

Makasih gan sangat menginspirasi. Membuat pernikahan bahagia sebenarnya cukup mudah. Namun ada dua dasar yang harus jadi pondasi bagi keduanya. Cinta dan seiman. Jika 2 hal itu dah ada, lainnya pasti saling melengkapi. Keduanya harus saling menghargai dan memahami satu sama lain.

Leave a Comment

Loading...