Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Bagaimana Menemukan Kebahagiaan Hanya Dalam 5 Menit?

kebahagiaan

Foto oleh netsrot

Saran umum yang sering kita dengar tentang cara mendapatkan kebahagiaan adalah dengan merubah sikap atau kebiasaan kita. Ini sangat tepat, namun kadang-kadang di situasi tertentu kita memerlukan cara yang mudah dan cepat untuk segera mengangkat mental kita dari keterpurukan.

Kabar baiknya adalah ada metode-metode sederhana yang dapat dengan instan mengangkat mental anda segera.
Dibawah ini adalah daftar metode bagaimana anda dapat menemukan kebahagiaan hanya dalam waktu 5 menit, berikut penjelasan bagaimana masing-masing metode tersebut bekerja.

Sedikit tips sebelum anda membaca lebih jauh : Jika anda hanya sekedar membaca dan kemudian mengangguk-ngangguk tanda setuju, anda tidak akan mendapatkan pengalaman apa-apa. Saya sangat menyarankan anda untuk mempraktekannya. Tidak sulit dan percayalah anda akan mendapatkan sesuatu dari metode tersebut.

1. Tulislah daftar terima kasih

”Rasa terima kasih adalah kunci menuju hidup bahagia, karena jika kita tidak berterima kasih, maka seberapa pun yang kita miliki, kita tidak akan bahagia – sebab kita selalu ingin sesuatu yang lain atau sesuatu yang lebih terus.”
- David Steindl Rast –

Kita sering tidak menyadari bahwa betapa banyak hal-hal yang kita sebetulnya dapat berterima kasih. Saya beri contoh sedikit saja untuk memancing otak anda : anda dapat makan 3 kali sehari, anda dapat menyelesaikan pekerjaan anda, anda dapat pulang ke rumah dengan selamat, anda dapat bermain-main dengan anak anda, anda bisa berjalan-jalan bersama teman-teman, anda dapat medengarkan lagu kesayangan anda, anda dalam keadaan sehat, dan masih banyak lagi yang lain. (Lihat juga 9 Alasan Anda Adalah Kaya)

Suatu penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang hidupnya dipenuhi dengan rasa terima kasih dilaporkan tidak mengalami gangguan kesehatan yang berarti dan merasakan kehidupannya jauh lebih baik secara keseluruhan. Mereka bahkan membuat perkembangan yang positif atas pencapaian tujuan-tujuan penting dalam hidup mereka.

Latihan sederhana 5 menit ini saya yakin dapat merubah hidup anda :

Bagaimana menemukan kebahagiaan dalam 5 menit :
- Ambil sebuah pena.
- Ambil secarik kertas.
- Rewind otak anda semenjak anda bangun tadi pagi sampai dengan anda menulis saat ini.
- Tulislah 5 hal yang anda berterima kasih dalam hidup anda.
- Lakukan 5 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang permanen.

2. Rayakan lepasnya rasa terbelenggu anda

“Kebahagiaan selalu terlihat kecil jika anda hanya memegangnya di tangan anda, tetapi jika anda melepaskannya, anda akan belajar betapa besar dan berharganya kebahagiaan tersebut.”
- Maxim Gorky –

Saya akan memberikan sedikit ilustrasi : salah satu hal yang membuat kita merasa senang adalah ketika kita baru saja sembuh dari sakit. Setelah sekian lama kita terbaring di atas ranjang ditambah selera makan yang tidak enak, akhirnya kita dapat merasakan kebahagiaan karena kita dapat beraktivitas kembali dengan normal.

Oke, latihan berikut ini akan menciptakan suasana hati yang mirip dengan kejadian diatas.

Bagaimana menemukan kebahagiaan dalam 5 menit :
- Pasang alarm untuk berbunyi dalam 5 menit.
- Tutup mata anda secara melingkar dengan seutas kain.
- Lakukan aktivitas rutin anda sejauh yang anda mampu.
- Ketika alarm berbunyi, bukalah tutup mata anda.

3. Regangkan otot-otot anda

”Bergerak adalah obat untuk membuat perubahan terhadap fisik, emosi dan mental seseorang.”
- Carol Welch –

Orang-orang yang berlatih yoga telah membuktikan bahwa mereka memiliki perasaan dan kondisi tubuh yang jauh lebih baik, sekalipun sesi yang mereka lakukan cukup singkat. Yoga memang bukan konsumsi kebanyakan orang dan dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk melakukannya. Anda dapat menggantinya dengan gerakan-gerakan peregangan yang sederhana. Saya biasa melakukannya, terutama setelah lama duduk di depan laptop. Setelah melakukan peregangan-peregangan, perasaan saya menjadi lebih baik.

Bagaimana menemukan kebahagiaan dalam 5 menit :
- Putarlah kepala anda dengan perlahan searah jarum jam, kemudian berlawanan arah jarum jam.
- Ayunkan tangan kiri dan kanan anda melingkar ke arah depan, setelah itu ke arah belakang.
- Putarlah pinggang anda. Lakukan searah jarum jam, setelah itu berlawanan arah jarum jam.
- Jongkoklah dengan posisi kaki kiri diluruskan ke samping. Lakukan hal yang sama dengan kaki kanan.

4. Ambillah nafas yang dalam

”Tariklah nafas dan Tuhan akan mendekati anda. Tahanlah nafas dan Tuhan tetap bersama anda. Hembuskan nafas maka anda akan mendekat pada Tuhan. Tetaplah berhembus dan pasrah kepada Tuhan.”
- Krishnamacharya –

Apakah anda mempunyai nafas yang dalam atau dangkal? Kebanyakan orang mempunyai nafas yang dangkal. Untuk mengetahuinya cobalah lakukan test berikut ini :
Taruhlah telapak tangan anda di perut bagian bawah dan ambillah nafas yang panjang/dalam. Jika perut anda masuk ke dalam saat anda menarik nafas, maka anda tergolong mempunyai nafas yang dangkal. Jika sebaliknya perut anda terdorong keluar, maka anda mempunyai nafas yang dalam.
Tidak masalah anda mempunyai nafas yang dalam atau dangkal, lakukan saja hal-hal dibawah ini.

Bagaimana menemukan kebahagiaan dalam 5 menit :
- Tarik nafas selama 4 hitungan (detik).
- Tahan nafas selama 16 hitungan.
- Buang nafas secara perlahan selama 8 hitungan.
- Lakukan ini sebanyak 10 kali.

5. Rasakan detak jantung anda.

“Kebahagiaan bergetar dengan setiap denyut jantungku.”
- Emily Logan Decens –

Anda mungkin sudah pernah mendengar nasihat : berbahagialah, sebab anda hidup! Kita semua tahu bahwa kita memang hidup, namun kita seringkali jarang ’merasakan’ bahwa kita hidup. Cara tercepat untuk menyadari bahwa anda hidup adalah dengan merasakan aliran darah melalui urat nadi anda.

Bagaimana menemukan kebahagiaan dalam 5 menit :
- Taruhlah 2-3 jari anda di bagian dalam pergelangan tangan anda.
- Rasakan aliran darah yang mengalir pada setiap detak jantung.
- Hitunglah berapa jumlah detak jantung per menit jika diperlukan.
- Renungkan apa tujuan anda hidup.

6. Ingatlah kembali perjalanan tangan anda

Penelitian menemukan bahwa ketika anda membuat suatu usaha untuk mengingat kembali kejadian-kejadian dalam hidup anda, maka ingatan anda akan bekerja untuk anda dan akan menemukan kebahagiaan dalam kejadian-kejadian tersebut.

Bagaimana menemukan kebahagiaan dalam 5 menit :
- Bukalah telapak tangan anda dan lihatlah.
- Ingatlah apa saja yang sudah tangan anda lakukan sepanjang hidup anda.
- Bangkitkan kembali saat tersebut sedetail mungkin ketika anda berhasil mengingatnya.

7. Tetaplah dalam kesunyian

”Kebahagiaan laksana kupu-kupu, dimana ketika anda berusaha meraihnya, ia akan semakin menjauh dari jangkauan anda. Namun, ketika anda duduk dengan tenang, ia akan menghampiri anda.”
- Nathaniel Hawthorne –

Kesunyian menawarkan harta karun tersembunyi yang hanya sedikit orang dapat mengaksesnya. Banyak orang tidak memiliki akses tersebut bukan karena mereka tidak mengetahui caranya, tetapi lebih ke arah mereka tidak betul-betul menyediakan waktu untuk tetap dalam keheningan. Kesunyian mungkin sangat tidak nyaman pada saat pertama kali, karena anda sudah terbiasa dengan suara-suara disekeliling anda sepanjang waktu.
Saya jadi teringat kembali salah satu lagu favorit saya : The Sound of Silence, oleh Simon and Garfunkel. Bagi anda yang ingin mendengarkannya bisa klik disini.

Bagaimana menemukan kebahagiaan dalam 5 menit :
- Matikan TV dan alat-alat lainnya yang mengeluarkan suara.
- Pasang alarm untuk 5 menit.
- Duduk dan dengarkan suara keheningan.
- Rasakan kuping anda ketika mendengarkan suara kesunyian.

Para pembaca yang budiman, semoga 7 cara diatas bermanfaat dan dapat memotivasi anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

26 comments

1 Peripher { 07.15.09 at 2:09 pm }

indahnya haha.
Gua orang yang bahagia kok untungnya lol.

Anyway thanks for sharing.
Gua setuju banget ama artikel ini.

-Chriss-

2 rudy azhar { 07.18.09 at 1:03 pm }

Nice info Mas, salam kenal dari seberang….

3 acik { 11.01.09 at 12:53 pm }

wah emang perlu dicoba neh kayaknya….

4 andri akbar { 03.18.10 at 5:48 am }

sya senang sekali dapat membaca smua tip pengembangan diri yg anda buat,saya yakin smua itu akan mrubah hidup saya akan lbih baik lgi….trims good luck

5 pola risma { 04.20.10 at 5:04 pm }

salam kenal, bagus banget artikelnya, boleh saya copy untuk di share di bolg saya ?? ternyata untuk bahagia tidak perlu mencarinya di luar diri kita, kita hanya perlu mencari di dalam diri kita, semoga dapat diterapkan dalam kehidupan ku

6 bewhh { 07.14.10 at 3:25 pm }

kesunyian emang bilin kita merasa bahagia selalu ..

mantabb dacc artiikel’y …

7 Aniss { 06.15.11 at 12:33 am }

Terimakasih,telah memberikan ilmu n m0tivasina good j0b.

8 rama { 06.28.11 at 9:10 am }

terimakasih buat pelajaran yang baru saya ketahui.
semoga tambah banyak lagi manusai yang menyadari dan membaca ini . amin

9 raharja { 07.30.11 at 5:01 am }

Intinya jika kita mau bahagia kita harus banyak bersyukur atas karunia dari Tuhan ya mas.

10 kie { 08.03.11 at 9:24 am }

makasih motivasinya!!!

11 sholeh { 12.10.11 at 8:05 am }

terimah kasih atas partisipasi anya semoga saya bisa amiiinn…?

12 Gerizal { 02.24.12 at 9:26 pm }

Banyak orang terbiasa bekerja, pergi berlibur dan memiliki uang – tapi mereka tidak bahagia. Sementara itu orang lain kelihatannya benar-benar bahagia, meskipun miskin, tidak punya pekerjaan atau dikelilingi berbagai masalah. Mengapa?

Profesor Mihaly Csikszentmihalyi, dari Universitas Chicago, telah mewawacarai ribuan orang yang memiliki kehidupan yang bahagia, untuk mencari tahu apa rahasianya. “Banyak orang merasa bahwa waktu yang mereka habiskan di tempat kerja adalah sia-sia. Tapi sering waktu luang mereka juga disia-siakan dengan melakukan hal yang pasif – nonton acara TV yang tidak bermutu, misalnya. Akibatnya, kehidupan dilewatkan dengan serangkaian pengalaman-pengalaman yang membosankan.

Ia menemukan bahwa orang merasa bahagia ketika masuk pada kondisi yang ia sebut “aliran”. Ketika seseorang seperti terserap masuk dalam sebuah pekerjaan, yang terdefinisikan dengan baik dan menantang, mereka mengalami “aliran” – suatu keadaan di mana mereka tidak merasakan waktu berjalan. Tidaklah begitu penting apa pekerjaan itu, yang lebih penting adalah melakukan sesuatu, merasa positif dengannya dan mencoba melakukannya dengan lebih baik. Orang yang tidak bahagia bisa belajar bagaimana menjadi bahagia, jika mereka secara terus-menerus masuk dalam kondisi “aliran”, kata si profesor.

Dalam kondisi apa pun. maka “senangkanlah hatimu!” Jangan pernah bersedih.

“Kalau engkau kaya. senangkanlah hatimu! Karena di hadapanmu terbentang kesempatan untuk mengerjakan yang sulit-sulit melalui hartamu.

“Dan jika engkau fakir miskin, senangkan pulalah hatimu! Karena engkau telah terlepas dari suatu penyakit jiwa, penyakit kesombongan yang sering menimpa orang-orang kaya. Senangkanlah hatimu karena tak ada orang yang akan hasad dan dengki kepadamu lagi, lantaran kemiskinanmu…”

“Kalau engkau dilupakan orang, kurang masyhur, senangkan pulalah hatimu! Karena lidah tidak banyak yang mencelamu, mulut tak banyak mencacimu…”

13 jnr { 10.18.12 at 4:02 pm }

terimakasi

14 maya { 11.07.12 at 5:15 pm }

thanks tips nya

15 valdy { 12.01.12 at 1:21 pm }

Thanks banget info nya. Bermamfaat banget buat aku yang lg sakit. Tapi di bawa ke dokter mana mana gk nemu penyakit nya. Akhir nya di suruh ke psikiater. Tapi ku buat mendekat kan diri pada yang kuasa. Lebih berserah diri aja,,,,,,,

16 muhammadtoyi { 12.28.12 at 5:35 pm }

THANK YOU SEMOGA KEBAIAN ADMIN DIBALAS OLEH ALLAH
TETAP OPTIMIS

17 Adi { 03.28.13 at 9:29 pm }

Tan’ks banget bermamfaat…dan mohon izin copyannya….

18 Emilia { 03.31.13 at 9:38 pm }

Makasih bagus banget tipsnya,dengan berterimakasih setiap saat itu menandakan bahwa kita adalah orang yang selalu bersyukur,dan dalam keheningan kita akan merasa damai

19 Wendi punk rock { 04.05.13 at 6:30 pm }

Terima kasih semua nya tlah memberi saya solusi,,,:D

20 victor { 09.27.13 at 7:42 am }

Setuju! Ini artikel yang sangat bagus dan sangat bermanfaat terutama bagi yang sedang dilanda “Badai Galau”
Terima kasih Sobat!
Upahmu besar di Surga!

21 ririn { 10.21.13 at 5:37 am }

Terima kasih artikel nya, membantu sekali

22 Andi { 01.12.14 at 1:13 pm }

Gemana mw bahagia kalau kerja ja ngak ada… Binggung cari kerja kagak dipangil2.

23 Tbetox { 01.16.14 at 3:21 am }

Alhamdulillah saya bisa menemukan artikel anda,saya sangat ingin mencobanya mudah2an dapat merubah kehidupan saya.
Saya ucapkan terimakasih !!!

24 Bambang Rahardjo { 02.05.14 at 9:33 am }

klo saya sih mensyukuri setiap nikmat yang telah diberikan Tuhan YME, terima kasih Min atas artikelnya yang inspiratif

25 maswin { 03.14.14 at 12:16 pm }

pd hakekatnya..kebahagiaan itu terletak pd diri kita sendiri…ingatlah pepatah bijak bahwa..tuhan hanya akan memberikan apa yg benar2 kita butuhkan,bukan memberikan apa yg kita inginin…

26 Lili Dighfil { 09.05.14 at 8:59 pm }

Terimakasih atas Suguhan aetikelnya sahabt .
Semoga curahan ilmu senantiasa selalu untukmu agar bsa berbagi untuk kami semua.

Leave a Comment