Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Bagaimana Mengatasi Depresi dan Mengubah Hidup Anda

depresi

Depresi dapat memiliki dampak negatif pada hidup anda. Depresi merupakan perasaan yang dialami oleh setiap orang pada satu masa dalam kehidupan mereka. Artikel ini menjelaskan bagaimana mengatasi depresi dan mengubah hidup anda dengan menyingkirkan efek-efek negatif yang muncul dari depresi.

Perasaan-perasaan negatif seperti kesedihan, kekhawatiran, dan frustrasi merupakan perasaan-perasaan yang umum dirasakan oleh banyak orang. Merupakan suatu hal yang wajar jika anda merasa kecewa setelah mengalami kegagalan, sedih, perpisahan atau kehilangan.

Sekali lagi, perasaan-perasaan tersebut adalah hal yang wajar dan dalam beberapa kejadian, perasaan-perasaan tersebut justru dapat digunakan untuk keuntungan kita karena perasaan-perasaan tersebut menunjukkan kelemahan kita. Pengalaman yang muncul dari kondisi negatif dalam hidup kita tersebut memberikan kita keberanian dan kemauan untuk mengubah hidup kita serta kekuatan untuk menangani depresi dan situasi negatif lainnya di masa yang akan datang.

Ketika perasaan negatif semacam ini terus menerus muncul, bertahan lebih dari dua minggu, dan mulai mengganggu kegiatan sehari-hari kita, pekerjaan, diet, tidur dan hubungan kita; maka kemungkinan besar kita mengalami depresi dan kita harus menemukan cara untuk mengatasinya. Karakteristik utama depresi adalah perasaan negatif dan kesedihan yang sangat mendalam dan terjadi dalam waktu yang lama.

Apa Gejala-Gejala Utama Depresi Yang Muncul Dalam Kehidupan Kita?

- Duka berkepanjangan
- Stamina rendah dan sering merasa letih
- Bertambah atau berkurangnya nafsu makan
- Bertambah atau berkurangnya keinginan untuk tidur
- Stress, cepat marah dan frustrasi
- Tidak ada hasrat seksual
- Tidak memiliki harapan terhadap masa depan

Apa Penyebab Utama Depresi?

Kurang Berpikir Positif

Ketika seseorang mengalami depresi, mereka merasa bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, dan hal ini akan terjadi berulang kali. Dalam kejadian semacam ini, orang tersebut melihat lebih banyak hal buruk terhadap sesuatu; secara sadar maupun tidak sadar. Mereka selalu memfokuskan perhatian mereka pada masalah dan mengabaikan keberhasilan serta kesuksesan yang mereka raih.
Bagi seseorang yang berpikiran negatif dan memiliki kecenderungan depresi, segala hal yang terjadi merupakan cermin dari permasalahan dan kemunduran. Perubahan dalam diri seseorang atau perubahan lingkungan, yang merupakan perubahan wajar, dalam pikiran seseorang yang depresi merupakan bukti bahwa sesuatu yang buruk terjadi karena mereka.

Kurangnya Rasa Percaya Diri

Orang-orang yang depresi tidak memiliki rasa percaya diri dan mereka selalu menganggap semua yang terjadi sebagai kegagalan mereka. Bahkan kesalahan sekecil apapun mereka anggap sebagai masalah besar dan mereka hal-hal tersebut menguras perhatian mereka jauh lebih besar dari orang pada umumnya.

Lebih memperhatikan kesalahan

Dalam kehidupan, kita pasti melakukan kesalahan; beberapa orang membuat lebih banyak kesalahan. Orang yang menderita depresi lebih memfokuskan diri pada jumlah kesalahan yang mereka buat. Sebagai hasilnya, mereka menciptakan kesan negatif mengenai kesalahan.

Merasa Tertekan karena Berbagai Kewajiban Dalam Hidup

Dalam situasi ini, orang-orang selalu berpikir apa yang seharusnya mereka lakukan dan tidak seharusnya mereka lakukan. Hasilnya, di penghujung hari mereka terbebani oleh sejumlah komitmen. Orang-orang dengan pola pikir semacam ini mengkonsentrasikan pikiran mereka pada kepahitan dan frustrasi dan juga mempengaruhi perilaku orang-orang di sekitar mereka.

Merasa Lemah

Permasalahan bagi orang yang mengalami depresi adalah mereka merasa tidak ada satu hal pun yang bisa memuaskan mereka. Bahkan ketika mereka menyadari mereka bisa memperbaiki mood mereka, mereka tidak melakukannya. Nasihat yang mereka peroleh dari teman-teman dan keluarga dianggap tidak perlu dan tak berguna. Satu hal yang paling mereka rasakan adalah ketidakmampuan mereka untuk berharap, atau terinspirasi oleh sesuatu dan memperhatikannya.

Mereka menyadari seperti apa diri mereka dalam keadaan normal namun mereka tidak menyukainya. Mereka menyadari apa yang seharusnya mereka lakukan namun mereka tidak mampu melakukannya. Mereka menyadari apa yang orang lain inginkan dari mereka, namun mereka tak mampu memberikannya. Mereka tidak berharap pada suatu waktu keadaan akan membaik. Mereka kehilangan harapan dan harapan perlahan hilang dari diri mereka. Pada titik ini, depresi tidak membiarkan mereka merasakan kebahagiaan dan optimisme.

Bagaimana Kita Mengatasi Depresi?

Kita bisa mengatasi depresi dengan bantuan seorang spesialis. Nasihat yang diberikan seorang spesialis dapat sangat bermanfaat. Pengobatan yang diberikan bertujuan untuk memperbaiki mekanisme biologis dalam pola pikir yang memungkinkan seseorang merasa depresi. Untuk mengatasi depresi dengan efektif, anda harus merubah pandangan dan pola pikir anda. Dengan mengubah pola pikir bagi mereka yang menderita depresi, anda bisa menciptakan perlindungan jangka panjang terhadap depresi.

Bagaimana Mengatasi Depresi dengan Mengandalkan Diri Sendiri?

Selain bantuan dari seorang spesialis, anda bisa mengatasi depresi dengan mengandalkan diri anda sendiri; antara lain dengan:

Menerima Diri Anda Sendiri dan Kelemahan Anda

Jika anda tidak mampu mengatasi depresi seorang diri dan jika usaha anda tidak berhasil, hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan menerima kekurangan tersebut. Daripada mencoba mengubah hidup anda dengan paksa, anda harus menerima diri anda, dengan apa yang anda rasakan dan berkonsentrasi pada hal-hal yang anda mampu lakukan.

Depresi akan lenyap namun kita tidak bisa memprediksi kapan depresi akan terjadi. Kemajuan terapis tergantung pada banyak faktor. Anda tidak perlu mencoba mengubah hal-hal yang memang tidak bisa anda ubah. Setiap kali anda harus melakukan yang terbaik untuk membantu diri anda sendiri namun di saat yang bersamaan anda juga harus menerima kelemahan anda.

Terimalah fakta bahwa anda sedang mengalami depresi dan hiduplah berdampingan secara harmonis hingga anda berhasil mengatasinya. Tidak ada seorang pun yang suka merasa depresi, namun anda harus memahami bahwa tidak ada gunanya untuk terus menerus mengatasi depresi pada titik ini karena anda belum memiliki kekuatan, determinasi, dan keinginan untuk maju. Cobalah untuk menerima apa yang sedang terjadi dalam diri anda dan sekitar anda dan tunggulah hingga kekuatan anda kembali dan anda merasa mampu untuk mengatasi depresi.

Kenali Pikiran-Pikiran Serta Perasaan Negatif Anda

Supaya anda mampu mengubah dan mengendalikan pikiran negatif yang membuat anda terperangkap dalam siklus depresi, sangatlah penting bagi anda untuk mengenali alasan-alasan tersebut, yang merupakan penyebab utama anda merasa depresi.
Teknik yang dapat digunakan adalah dengan mencatat pikiran negatif anda setiap hari selama beberapa waktu. Lalu anda bisa menghabiskan waktu kira-kira 20 menit setiap hari untuk mengenali, mengelompokkan, dan memeriksa pikiran-pikiran negatif tersebut. Catatan pikiran-pikiran anda dan pemeriksaan atas penyebab rasa depresi tersebut akan membuat anda mampu mengenali alasan mengapa anda terdorong ke keadaan mental yang buruk dan berakhir dengan depresi. Dengan mengenali pola pikir negatif tersebut, anda mampu mencegah, dan memperbaiki bahkan menghentikan siklus depresi.

Bagaimana Mengatasi Depresi Dengan Pengobatan

Meskipun anda memiliki alasan yang tepat untuk menghindari penggunaan obat yang berlebihan, anda bisa mengatasi depresi dengan menggunakan obat-obatan; khususnya obat anti depresi.

Obat anti depresi mempengaruhi otak dan sel-sel syaraf. Secara lebih spesifik, obat-obatan bekerja dengan mengubah reaksi kimia (neurotransmitter), yang digunakan sel syaraf untuk berkomunikasi satu sama lain.

Obat anti depresi merupakan obat yang aman untuk digunakan. Obat semacam ini tidak menimbulkan ketergantungan; tidak mempunyai efek samping yang berbahaya dan dapat membantu anda mengatasi depresi. Tujuan menggunakan obat anti depresi bukanlah untuk mengatasi masalah anda dengan cepat, namun untuk memberikan diri anda kesempatan untuk merasa lebih baik.
PERHATIAN: penggunaan obat anti depresi apapun harus dilakukan setelah konsultasi dan pemberian resep dokter.

Bagaimana Mengatasi Depresi Menggunakan Psikoterapi – Cara Terbaik untuk Mengatasi Depresi

Depresi merupakan indikasi bahwa anda memiliki masalah dalam diri anda yang harus anda temukan solusinya. Depresi bukan hanya sekedar penyakit, melainkan sinyal dari otak yang harus anda pecahkan.
Mengatasi depresi harus anda lakukan sebagai cara untuk mengembangkan diri anda dan imbalan untuk mengubah hidup, otak, dan pola pikir anda.

Ahli Psikoterapi dapat membantu anda memahami alasan-alasan psikologis yang menyebabkan depresi dan menawarkan anda dukungan untuk melalui proses yang sulit tersebut.

Psikoterapi Dapat Membantu Anda Mengatasi Depresi Melalui:

- Menyelidiki pemicu depresi dalam pikiran dan sikap anda secara lebih mendalam
- Membantu anda mengenali masalah yang menyebabkan depresi mana yang bisa anda selesaikan dan masalah mana yang harus anda jalani bersamaan dengan hidup anda
- Memperbaiki hubungan anda
- Membantu anda menemukan kebahagiaan hidup yang hilang karena depresi
- Membantu anda mengekspresikan perasaan anda dengan lebih baik
- Membantu anda meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anda
- Membantu anda mengubah hidup anda menjadi lebih baik
- Membantu anda dalam menetapkan tujuan hidup anda yang akan meningkatkan kualitas hidup anda

Semakin sehat dan kuat diri anda, semakin mudah pula anda mengatasi depresi dengan bantuan psikoterapi. Namun sangatlah penting bagi anda untuk mengembangkan teknik pribadi anda untuk memonitor dan mengendalikan diri anda sendiri untuk mengubah pandangan serta pola pikir mengatasi depresi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

255 comments

1 sukma { 10.01.10 at 10:52 am }

sya sukma,usia sya bru 14 tahun… sya suka kyk stres jga terlalu memikirkan msalah yg menurut orang itu msalah sepele.. dan klo lgi mikirin kepala saya suka sakit dan jdi kyk org ga tau arah,apakah itu stabil ??? sya jdi kyk ngelantur ngmong sendiri kadang-kadang…. kenapa itu ya ? sya jdi imsonia dan kdang muka jsi melaz . tolong ksh tau sya apa itu

2 andian { 10.05.10 at 6:58 pm }

sebuah tips yg sangt bagus buat kita semua,karna kita ngg akn terlepas dari satu masalh,,mksh bngt tipsny ya…sukses untk anda y…???

3 gobay buzelek { 10.05.10 at 7:32 pm }

thanks insfiranya luar biasa salut

4 ufairah { 10.07.10 at 9:34 pm }

Nice artikel..
like this..
makasih atas informasinya…

5 Yosep { 10.28.10 at 9:12 pm }

akan jadi bahan bimbingan thanks ya

6 NOVIE ARCENTA { 11.07.10 at 8:46 pm }

Ilike this! Please share always to my E-Mail. Thank,s

7 rizki arubone { 11.12.10 at 6:43 am }

bagus buat suatu perubahan besar dalam hidup

8 Augustinus Widjaya { 11.14.10 at 11:40 pm }

Thanks infonya, bagus sekali dan informatif. Yang terutama adalah lebih mendekatkan diri pada Tuhan YME…

9 Dito { 11.26.10 at 2:17 pm }

Tq infonya, saya juga sedang berusaha sembuh dr depresi. Sementara masih minum obat antidepresan yg diberikan psikiater. Sudah 4 bulan dlm pengobatan dan memang mulai membaik. Sudah mulai bisa bekerja, sedikit mulai menikmati kesenangan dan nafsu makan mulai muncul.

10 mathea { 12.19.10 at 9:12 pm }

info nya sangat membantu saya telah di vonis oleh dokter bahwa saya menderita stress menengah ke ataas.. tapi tidak ada seorang pun yg dapat membantu saya..bisa bantu saya? 081282363296

11 monica { 01.14.11 at 11:56 am }

Nice article…like it….:)
kebanyakan artikel lain cuman memunculkan tanda2 depresi tp di artikel ini juga disebutkan penyebab depresi (secara pribadi) dan cara menyingkirkan depresi itu….sip..sip…

12 Jo Ya { 01.26.11 at 2:27 pm }

Intinya, bgmana kita mnanggapi situasi apapun dg brpola brpikir cerdas. Juga kehati-hatian suatu keputusan akhir dr hasil pemikiran anda sendiri.

13 Fajar Nugroho { 02.08.11 at 4:38 pm }

Mantap Pak…artikel anda betul-betul memberikan pencerahan kepada saya..kebetulan belakangan ini saya sedang depresi dan membutuhkan pencerahan semacam ini, anda betul-betul menjadi penolong saya saat ini, Terima Kasih ya Pak..

14 moonlight { 04.29.11 at 8:28 am }

saya sekarang sedang mencoba untuk sembuh dari stress,,,stess menyebabkan stamina saya turun,,jantung berdebar2,perasaan cemas rasa mau pingsan,dan sempat saya berpikir apakah saya terkena penyakit jantung,,setelah saya tanyakan ke dokter ternyata dokter menyarankan ke psikiater,,tp saya gx mw ke psikiater,,,ada ga cara lain selain ke psikiater,,,

15 toni { 05.04.11 at 3:46 am }

makasih atas jalan keluar dari masalah saya..mulai sekarang saya akan mencoba semua cara2 yg di sarankan..makasih sekali lagi mudah2an saya dapat bisa lebih baik dari sekarang..amin.

16 Rudi { 05.14.11 at 1:41 pm }

Tipsnya bagus gan, dulu saya juga pernah mengalami setiap hari gelisah, cemas berlebihan, jantung berdebar-debar, perasaan takut terutama takut mati, sampai tiap malam tidak bisa tidur (insomnia) tentu itu sangat menyiksa, tapi alhamdulilah sekarang saya sudah sembuh, saya hidup normal kembali, perasaan-perasaan itu tidak pernah muncul lagi dan saya merasa lebih tenang setelah membaca dan mencoba therapy di http://stopdepresi.blogspot.com/

17 Devi { 05.16.11 at 8:50 am }

saat ini memang saya sedang depresi..saya akan ikhlas dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik. tidak ada yang tidak mungkin kalo kita usaha..Allah akan memberikan jalan dari setiap kesulitan kita..:)..semoga kita dapat mengambil pelajaran dari semua ini..smangat untuk berikir sehat..karena sangat mahal harganya!!!:))

18 tokek { 05.25.11 at 10:42 am }

whwhwhwh benar benar buktikan yuppp,,,,,,,,,klo gitu dalam kehidupan manusia dunia ini tidak ada orang gila lagiiiii,,,,,,,,,,,,terima kasih ya teman teman,,,,,,,,,,

19 iianii kristin pakpahan { 06.07.11 at 11:23 am }

saya iianii … mengapa hidup saya truss di landa masalah knapa tak ada kebahagiaan sedikit pun yang datang kepada ku?????????? apa sih p[enyebabnya??????? kasih solusi ya?

20 Ana { 06.18.11 at 3:48 am }

Bgus bgt artikelnya membuat sy jadi lebih semangat!karena menurut isi artikel diatas semua itu sedang saya alami bahkan sudah muncul sejak lama mgkn yg menyebabkany saya sering direndahkan orang,dkucilkan,dianggap tidak mampu bhkn didalam kluargapun saya kurang dihargai segala keinginan saya selalu salah sehingga menimbulkan rasa kurang percya diri tp dengan semua isi artikel diatas saya termotivasi dan yakin pasti bisa mejalani kehidupan dgn lbh baik,berani dan mengatasi smua masalah yang saya alami dan yakin Allah bersama saya thanks ya!

21 Ari { 07.03.11 at 11:01 pm }

Saya ari,saya sering mglami k gagalan dlm brcinta. . .
Ntah mgkin kTuk’kan atau takdir. . .
Trkadang sya merasa bhwa sya bisa, tp trkadang sya trlalu lemah dgan air mata…
Sya in9in skali mta 5f sm smw org skitar sya kr sya semjak di puTus m pcAr sya g bs kntrol eMosi. . .
Sya sdar sya cewe,tp g tau hawa’a pgen mrah truz kalo ky gni. .
Ucpn2 ktor slalu sya toreh d akun fb’ sya…
Pkok’a sya dEpResi bgt,
pengen bz bruBah jd cwe yg sopan,n soleha
T_T

22 efendi { 07.06.11 at 3:14 pm }

saya berterima kcihh kpda pnulisss artkell inii.. smoga stlah sya membaca artkel ini rasa depresi saya bsa sdkit lega aminnnnn

23 agung { 07.09.11 at 12:17 pm }

stelah kakeh ku mninggal aku,,takut umurku baru 15..aku slalu kepikiran gmna klau aku mati..apa umurku pndek,,dan kdang2 .sya sperti g ingat untuk bernafas,,perut mual trus..knpa ya,,mhon bntuan

24 Wira { 07.11.11 at 2:06 pm }

saya merasa sgt depresi karna di tinggal Orang tua saya, dan saya tinggal dgn kakak saya. saya juga depresi karna seluruh keluarga saya tidak memperdulikan saya. Apa ya yang harus saya lakukan?

25 Aan D { 07.22.11 at 7:32 am }

Depresi terjadi karena kita terlalu larut memikirkan masalah/kekurangan kita. Solusi cepatnya, lakukan kegiatan yang menyenangkan. Hindari mendengarkan lagu sendu, melamun, dll yang mengingatkan kita dengan masalah itu. Dan jangan lupa ber doa memohon petunjuk kepada Allah.

26 ogie { 08.02.11 at 9:15 am }

klau mnurut sya depresi disebabkan,krena manusia ingin mengathui mengendalikan hak allah dan bukan kapsitiaas jiwa raga kta sbgai manusia aku juga perna alami anxietas disorder.jadi obatnya pasra iklas sabar yakin allah maha penyayang.slamat menjalankan ibada puasa bagi menjalankan.slam smrinda

27 Dhexa { 08.10.11 at 3:58 pm }

Aq cwe umur 17 tahun ..
Setiap hri rasa gelisah itu muncul seakan akan membawaku pada kematian .
Aku sangat takut sekali ..
Aku selalu berfikir kalau azal ku sudah dekat .
Sampai aq sessak nafas dn trkadang magh ku sampai akut ..
Tp brkat artikel ini aku mulai mencoba untuk belajar .
Untuk jadi yg lebih baik .
Dn menepis semua fkiran negatif ini .
Gak ada masalah yg gak ada jalan kluarnya ..
Aku yakin alloh selalu di sisi ku ..
Dan aq yakin semua akan baik2 saja aq pasti sembuh dn menjadi org normal seperti bysanya ..
tementemen yg sepengalaman jgn lupa berdo’a ..
Semua akan baik2 aja ..
Masih ada jalan terang disana yg insyaalloh akan membawa kita menjadi yg lebih baik ..
Amin .

28 growol { 08.11.11 at 12:31 am }

depresi itu adalah suatu dampak negatif dari suatu desakan keinginan yang menggelora, untuk mengatasinya memang berbeda 2 so tinggal pilih jalan mana yang terbaik …. keep on the way mhannn

29 nita { 08.17.11 at 3:52 pm }

saya punya 3 anak,yg no 2 dan no 3 meninggal,perekonomian keluarga juga sedang memburuk, sy merasa depresi,dan depresi sy lebih ke ingin melukai seseorang (seperti membunuh,mencekik dll) perasaan itu muncul setiap saat tolong saya,saya mau sembuh

30 ary { 09.03.11 at 1:09 pm }

Dulu aku termasuk orang yang mudah cemas dan akhirnya cendrung menjadi depresi. Sungguh membuat hidup ini tidak punya makna. tapi aku coba bangkit dan menyadari bahwa tuhan tidak pernah iseng menciptakan kita. Selalu ada makna di balik peristiwa. Selalu bersyukur dan berpasrah pada Tuhan membuatku menemukan kembali hidupku yang penuh makna.
Artikel……kayak gini membantu banget……….
makasih……..

31 amry { 09.04.11 at 2:00 pm }

thanks for u all. Tips2 tersebut sangat bermamfaat bagi saya, sekali lg trmksi atas perhatian nya.muda2han saya tidak jadi gila.amiin

32 daffa { 09.05.11 at 10:55 am }

kita harus kuat

33 Vonita aria { 09.05.11 at 8:20 pm }

Tp saya br 2 bln hbs melahrkan . . Apa kah bs saya melewatiny lg ???
Krna sy sudh 2x kyk gn . . . 1.Waktu pa2 sy meninggal
2.Waktu sy hamil anak ke 2
dan skrng sy jg menglami ny.
Tp rasa ny skrng agak susah sy mengatasi ny.

34 Vonita aria { 09.05.11 at 8:22 pm }

Pak mohon ksih saya solusi yg lbh baik . . Trma kasih bnyk pak
mhn di comfrms y pak

35 Chepy prasetyo { 09.14.11 at 9:56 am }

Terkadang sy merasa semangat,,tp di lain waktu perasaan lelah,,seperti kehilangan semangat,,mungkin ad yg tw solusinya?

36 vina { 09.18.11 at 8:46 am }

Trmksh ats masukannya, slma ini sy merasa bhw hny sy yg mengalami depresi tersebt, sy ingin sgra sembuh dr penyakit ini krn sy msh punya ank2 msh kcl2 yg butuh ksh syg dan perhatian sya

37 parlin aritonang { 09.22.11 at 7:37 am }

trimakasih informasi yg baik ini. Semoga ada lagi nasihat yg baik lagi.

38 parkyongha { 09.22.11 at 4:25 pm }

pengen SUICIDE,,,,,I’m so depresion,,,,,,:(

39 Nia { 09.26.11 at 10:07 am }

Saya gk tau apa yg terjadi pada diri saya, tapi ciri2 depresi itu sepertinya yg saya alami. Saya belum berkonsultasi pada dokter, krn sy tdk mengerti dg keadaan sy. Saya bosan menjalani hidup ini, sy tdk bisa membayangkan apa yg dpt sy raih di masa yg akan dtg. Sy merasa semuanya akan sia2.

40 dina { 10.08.11 at 7:15 pm }

depresi terkadang datang & pergi. kalau depresi itu datang dan kita berhasil mengatasinya, tetap saja dapat kembali lg sewaktu2.

41 Budi { 10.29.11 at 9:33 am }

Saat ini sy tgh brjuang dg dpresi. Drita sy brakar dari masalah hdp ( hutang ) yg sprtinya gak mampu sy pikul sndiri. Smntara org trdkat atav keluarga jg hdpnya trgolong minus. Bgmn cr sy mengatasi perang dg dprsi ini y? Mhn bantuanya..

42 arbil { 11.07.11 at 7:19 pm }

thanks kpd penulis.. Artikel anda sangat membantu semoga kita semua dapat keluar dari problem depresi apapun itu, kita harus bangkit dan selalu berfikir positif, optimis, menjauhkan fikiran negatif!! Serta beribadah dan b’doa, semoga kita semua bisa keluar dari masalah ini dan bisa beraktifitas seperti semula.. Aamiin ya robb..

43 Nana { 11.20.11 at 5:11 pm }

Maaf, ada juga kok orang yang lagi Depresi nafsu makannya bertambah, bukan cuma nafsu makan saja yang berkurang di lain kasus ada juga orang yang sedang Depresi nafsu makannya bertambah bahkan tidak terkontrol.

44 dani { 11.20.11 at 9:08 pm }

mudah mudahan kita semua dalam lindungan Tuhan YME,tetap semangat, bekarya, berusaha dan berdoa. semua ini hanya cobaan darinya..percayalah pasti ada hikmahnya. karena tuhan tidak akan menganiaya hambanya… sakit, musibah ataupun masalah hidup berawal dari perbuatan kita jd kembalilah kepada Nya. Selalu semangat buat kesembuhan untuk org2 yg kita cintai

45 Indah Febriani { 11.30.11 at 10:33 am }

Saya sedang dePResi sekarang,kadang saking depresinya, saya berpikir buat bunuh diri….tapi saya ingat Tuhan dan ingat keluarga…saya gak mau ortu saya sedih klo tahu anaknya bunuh diri gara2 depresi..
semoga Allah memberikan pencerahan kepada saya

46 wulan { 12.08.11 at 11:05 am }

Ass.. Saya wulan.. Umur saya 24 tahun. Saya sudah menikah dan punya seorang putri cantik yang masih bayi umur’y 10 bulan. Sudah dua bulan ini saya di hantui rasa ketakutan akan mati. Perasaan itu terjadi kira2 dah 2 bulan yang lalu ada tetangga saya meninggal dunia setelah melahirkan, dari situ perasaan saya di hantui dengan rasa takut mati, dipikiran saya bagaimana kalau saya mati siapa yang mau ngejaga, ngurus, ngebesarin putri saya? Apa mungkin kalau saya ga ada suami saya menikah lagi dan putri saya dapet ibu tiri yang jahat? Pikiran itu selalu muncul dan membuat saya ketakutan apakah hari ini atau esok ajal ku? saya swlalu berdzikir tapi tetap tidak merasa tenang, hati saya masih dihantui rasa ketakutan yang sangat dalam sampai asma saya kambuh setiap hari. Apa saya harus dateng ke psikiater atau bagamaimana? Mohon bantuannya. Terima kasih

47 Gustian Pulunggono { 12.13.11 at 12:24 pm }

terimakasih yg bsa sya ucapkan kpda pmilik artikel ini. Smoga sya dpat mewujudkan ksembuhan yg sempurna, dan juga bisa melanjutkan dn meraih cita2 yg saya punya..semoga TUHAN melindungi, mendampingi, membimbing, dan menyempurnakan kita semua, menurut keyakinan masing2..amien

48 safitri fara adifa { 12.14.11 at 8:20 pm }

who memang rasanya tuh ngeri sering ketakutan juga lagi

49 sandy { 12.18.11 at 5:05 am }

super mantap ,…luar biasa

50 Mathea { 12.27.11 at 11:06 pm }

hai saya bekas org depressi..yg mau chat sama sya hubungi di tumblr sya.. adreamersstory.tumblr.com

51 alfahrozi arrahman { 12.30.11 at 6:09 pm }

trms ksh atas sran yg tlah dbrikan…
akan ku cba untuk melkukanya sprti prktaan d atas klau ngk dari kta yg mngbh diri kta siapa lgi..
orng2 cman bsa mmbrkan sran dan kta yangmengrjkn..
semoga aku bsa mnghdpi smua ini

52 haryono { 01.05.12 at 3:07 pm }

terima kasih tas saranya…ini sangat berarti…..

53 safitri { 01.15.12 at 7:46 am }

saya safitri ,saya kalo mau tidur gabisa tidur slalu mikirin yang aneh

54 inank { 01.26.12 at 9:42 pm }

thx artikelny..
Jd lebih mnghargai hidup yg pnuh warna.

55 rahasia meraih sukses { 01.27.12 at 8:26 pm }

ya, saya setuju, menurut saya kesadaran pribadi untuk menghilangkan depresi, meskipun tanpa psikotrapi sekalipun..

56 livi novita mutiara { 01.30.12 at 10:24 am }

aku kesel dengan penyakit ku,dan aku juga tdk tau tentang penyakit ku ini, apakah aku ini penyakit defresi, aku selalu merasa ketakutan,,dan aku slu merasa lemah seakan-akan tak berdaya…dosa apa yang prnah aku perbuat sehingga aku menjadi seperti ini,tetapi aku slu berusaha untuk melawan penyakit ku ini, kadang hatiku bangkit lgi untuk melawan penyakit ku ini…kadang hatiku lemah seakan- akan tidak ada semangat untuk hidup.apkah kah penyakit ku ini bisa sembuh seperti dulu lagi.

57 dheeka hani { 01.30.12 at 6:15 pm }

depresi sebenarnya adalah sinyal yang diberikan tubuh ketika sdg merasa tertekan dan membutuhkan relaksasi. saya sedang mengalami depresi juga. hal ini awaknya karena saya terlalu memaksakan pengerjaan skripsi.jarang istirahat dan cenderung autis selalu berhadapan dengan laptop.sekarang depresi saya masih terasa tetapi saya mencoba lebih mendekatkan diri kepada tuhan yme.lebih terbuka dengan orang lain.penggunaan obat antidepresi memang sangat membantu.tetapi harus ada motivasi dari diri sendiri dan dukungan orang2 terdekat. bisa jadi depresi tandanya kita memendam kekesalan atau kemarahan atas segala kegagalan. berusaha menerima takdir bisa mengurangi depresi. lakukan hal-hal yang membuat kita senang.misalnya menjalani hobi. atau apapun yang bisa membuat hati bahagia dan gembira. jangan mengurung diri di kamar.hindari tidur berlebihan.atau berlama-lama di depan laptop.sebenarnya saya sedang mencari komunitas baru. mungkin ada yang tau komunitas yang bagus untuk sharing mengenai depresi ini? atau ada yang ingin sharing dengan saya bisa email ke dheekahani@gmail.com. saya membutuhkan bantuan tmn2… trims

58 kyan { 01.31.12 at 11:11 am }

thnks buat pengarang tipnya membantu skali..

59 AMF { 02.09.12 at 11:34 pm }

Saya saat ini butuh motivasi, saya ditinggal pergi untuk selamanya dari seseorang yang sangat saya sayangi. Dua hari setelah meninggal dunia baru saya ketahui. Dan terakhir sebelum meninggal dunia, yaitu sekitar sebulan yang lalu, saya menyakiti hatinya padahal dia dalam kondisi sakit parah dan diopname di rumah sakit. Saya tidak menyangka sakitnya akan menyebabkan kepergiannya untuk selama-lamanya. Yang jelas kini saya diliputi suasana lahir batin yang sulit untuk bisa saya jelaskan. Saya tidak memiliki kalimatnya.
Terima kasih.

60 yosi kitagawa kawaii { 02.15.12 at 8:29 pm }

saya yosi,ga tau knp fiqiran saya suka stress,kepala saya suka sakitt,dan saya jadi suka melamun jika mengingatnya..mengingat kehidupan saya dari masa lampau sampai saat ini,saya merasa diri saya sangat tidak berguna buat orang lain,dan saya hanya bisa membuat mereka kecewa.saya juga gak ngerti knapa saya susah tuk beradaptasi dengan lingkungan,saya tidak bisa merasa kan kenyamanan di manapun saya berada.

61 bogex { 03.09.12 at 11:25 am }

makasi artikelna..
jg curhatna…..
yg bermasalah teryata bukan gw aja….

62 anto { 03.26.12 at 11:16 pm }

saya depresi kyknya, prtma kekasih yg plg sy syngi mtsin sy, hbs itu pkerjaan sy hlg,krna sy mmutskan untk keluar, skrg sy bngung, mau apa lg, lelah, sking lelahnya sy smpe blg tak mau pnya agama lg,tak mau tuhan mengatur hdp sy.

63 Shafa { 03.28.12 at 2:24 am }

OK thnks atas ilmu & motivasinya lewat tulisan ini. Sekarang kita harus lebih banyak berbuat ke baikan buat diri kita & org lain, tetap semangat & antusias.

64 agus susanto { 04.17.12 at 12:07 pm }

thanks buat artikel ini….smoga dapat bermanfaat tuk kita smua….SLAMAT MENCOBA….

65 candra { 04.17.12 at 12:25 pm }

trimz udh buat aku semngat lagi

66 chymo { 04.18.12 at 7:05 pm }

aslm.
rasanya tidak ada masalah yang cukup berat sat ini tp setiap hari z selalu depresi dan tidak bahagia hingga mempengaruhi pekerjaan dan lingkungan, ingin rasanya aq sembuh dari penyakit ini, apkah ada solusi yg lebih spesifik untuk penderita depresi???? dan spesialis psikoterapi yang dimaksud siapa?? karena saya sangat susah menemukan orang yang tepat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, mohon konfimasinya!! trmaksih. wslm
email: echymtk@ymail.com

67 Buret { 04.22.12 at 4:08 pm }

mungkin sy depresi dan punya rasa kawatir yg berlebihan. ..dan tiba2 sy Insomia sdh 2minggu.mhn saran sy hrs bagaimana….?

68 diki kurnia jaya { 04.22.12 at 8:44 pm }

semoga depresi tidak akan pernah mengalahkan kita..
Sayangi jantung dan otak kita..
Bertahan,terus berharap.. Allah selalu disisi kita..

69 eliz { 04.26.12 at 12:29 am }

pengalaman wulan persis yang di alami saya sekarang,plis bntuan nya,saya pngen sembuh n hidup normal. Mksh

70 Dani { 04.26.12 at 11:45 am }

@Rudi: bagaimana cara anda mengatasi depresi anda karena masalah anda mirip dengan yang saya alami
mohon dibalas

widi

71 ariani sadja { 05.02.12 at 11:09 pm }

saya ariani, umur saya 19 th .2 bulan yang lau saya resign dari jabatan saya menjadi admin di sebuah Perusahaan tambang batu bara di Kalimantan Timur.
saya sedang mengalami depresi dan putus asa yang sangat parah, karena kadang aku befikir untuk mengakhiri hidup ku saja.. Depresi itu berawal dari tempat kerja, , karena saya terlalu memikirkan pekerjaan, merasa terbebani dan akhirnya sikap malas menjangkiti ku, sehingga pekerjaanpun banyak yang terlalaikan. saya hanya sanggup bekerja selama 3 bulan, . karena selama kerja kepala ku selalu sakit, aku selalu merasa berbeda dengan rekan-rekan kerja ku, mungkin itu karena ini pengalaman ku pertama bekerja dan mental ku yang belum labil, sehinnga aku merasa asing di lingkungan kerja, setiap hari aku mengeluh. Saking terlalu berfikir dan badan juga menjadi lesu, aku jatuh sakit, badan kurus dan muka sudah tidak karu2an, dan beberapa hari tidak masuk kerja, . jadi orang tua saya menganjurkan untuk berhenti bekerja saja. namun dari pihak HRD tidak mengizinkan saya berhenti, karena mereka menilai saya baik dalam bekerja, sehingga saya tetap mempertahankan untuk bekerja, karena saya tidak mau jadi pengangguran. namun hari demi hari perasaan ku tidak membaik, aku selalu merasa tidak PD, aku merasa aku bekerja sangat tidak beres. aku tidak seperti mereka yang bisa bekerja dengan baik. Itu lah perasaan ku, Orang sekitar ku bilang itu Hanya perasaan ku saja, namun pikiran ku tetap kacau. Puncaknya saya Kabur dari pekerjaan saya. Hari pertama menjadi pengangguran saya biasa-biasa saja, tapi setelah 3 hari saya mulai merasa jenuh. dan timbullah Rasa menyesal KENAPA SAYA KEMARIN MEMUTUSKAN BERHENTI BEKERJA ??? , padahal kalau saya tidak pusing dan selalu berusaha mengendalikan diri dari sikap Stress saat menjalankan pekerjaan, saya pasti bisa melaluinya dan tidak mungkin saya menganggur seperti ini. saya merasa berdosa karena tanggung jawab yang seharusnya saya kerjakan harus diselesaikan, bukan saya lari dari tanggung jawab. 2 Bulan saya mengalami Depresi, saya hanya ingin mengurung diri di kamar dan tidk mau bersosialisasi lg dengan orang lain, tidur tidak tahu waktu, hanya berbaring di kamar, takut melihat dunia luar lg, karena saya malu tidak bekerja, saya malu jika saya ditanyakenapa saya berhenti bekerja, lau apa pekerjaan mu sekarang ?? ,
yang sya lakukan hanyalah Membayangkan bahwa saya Masih BEKERJA dengan baik, walaupun faktanya Saya tidak lagi bekerja. Saya jadi lupa sholat, lupa agama, lupa membersihkan diri sendiri, malas makan, insomnia, dan banyak penyakit yang menjangkiti ku. Orang tua membawa ku ke Orang Pintar, mungkin puluhan orang pintar sudah mengobati ku. Karena hari- hari ku hanya ku jlani dengan Pikiran bahwa aku sudah gagal menjalani hidup ku, aku bukan manusia yang berguna, aku hanya patung hidup yang hanya bisa diam, aku menyesal berhenti, tapi kembali ke kantor itu tidak mungkn lagi karena aku sudah salah mengambil keputusan untuk berhenti. Aku sering pusing dan tidak ingin tidur, kadang2 aku tertawa sendiri jika aku ingat hal yang telah ku jlani selama bekerja, lalu jika aku sadar maka aku menangis karena semua telah berlalu dari hidup ku. aku hanya terlihat seperti Orang Gila, tp di saat kacau begini pikiran ku tidak sadar. aku hanya terfokus dengan Penyesalan ku. Keluarga ku dan kakak ku selalu menyemangati ku untuk sembuh dari pikiran semacam itu, dan ibu ku sering menagis melihat aku yang seperti itu, dia selalu menasihati ku ,sebelum aku benar2 jadi orang gila. namun sikap emosional pemarah semakin meningkat saat depresi, dan menurut ku ibu ku hnaya membuat aku makin pusing. Untungnya kadang-kadang aku sadar, di saat aku sadar keluarga ku berusaha mencarikan aku pekerjaan di Perusahaan Lain, karena darai saran2 orang banyak yang dpat menyembuhkan aku dari sikap penyesalan ku itu adalah aku harus Dapat “Pekerjaan Pengganti” pekerjaan yang dapat melupakan aku dari urusan yang terdahulu. dan sekarang kemugkinan besar aku akan di panggil kerjai. Tapi masalah baru timbul lagi. aku merasa takut bekerja . Takut jika aku bertemu dengan orang2 tempat kerja ku dahulu, nanti bagaimana aku menjelaskan sebab kabur ku itu ??? karena lokasi Kantor ku yang dulu tidak jauh dari Kantor yang akan menerima ku nanti.
hah..rasanya kebahagiaan hidup telah berlari dari diri ku. namun detik ini aku merasa ada sedikit pencerahan setelah aku membaca artikel yang Bapak tulis ini. Namun pikiran ku masih terganggu dengan pertanyaan yang ada di otak ku :
1. Apakah aku masih sanggup menjalani hidup ini, dan melewati cobaan hidup ini dan dapat mengubah hidup ku normal kembali bahkan jauh lebih baik ??
2. Apakah aku dapat Bekerja lagi, Walaupun banyak ketakutan yang menghantui ku ??
3. Apakah aku bisa Sukses jika aku berusaha dan keluar dari depresi ini ??
4. Apakah aku bisa merubah keadaan yang sudah kacau-balau ini
5. Dan apakah aku masih berguna untuk hidup di dunia ini ??

Mohon Respon nya………. Semoga Allah mencurahkan Rahmatnya kepada anda . Terima Kasih : )

72 eliz { 05.04.12 at 10:38 am }

@dhexa,@Rudi,@wulan@agung..bagaimana cara anda mengatasi masalah yang anda alami,karena saya sdang mengalah hal sprti itu,sangat menyiksa skali.. Tolong bantuan nya..plis,saya harus bgaimana?

73 titi { 05.06.12 at 7:01 pm }

trimaksih…. sepertinya saya juga mengalaminya. tertekan karna selalu disalahkan dirumah maupun di kampz, padahal saya tidak tau apakah memang saya yang salah. akhirnya saya tidak bisa komitmen lagi sampai saya selalu mengurung diri, karena ketakutan akan disalahkan lagi. saya pengen seperti dulu, tetapi benar-benar perjuangan yang berat untuk kembali. bismillah, bantu aku ya Allah.

74 Rina { 05.10.12 at 11:44 pm }

Mngkn sudah hampir 1 Bln ne, saya merasakan keanehan yg sgt dlm dri saya,..entah apa yg namanya stres ato depresi brt!!!!!, saya merasa lelah, capek mengapa, ada apa, apa ya sdg terjadi pada saya,…saya merasakan mati perasaan, ibarat saya sedang berjalan tp tak merasa berjalan, sedang makan sayur tp ga tau asin ayo manisnya,..Knp dgn saya ne,..tp aku sadar hanya mati perasaan,..ada ya tau apa ya sedang terjadi pada diri saya ne….

75 harmi { 05.19.12 at 7:16 pm }

thanks bngt,,,dh mbuat aq mnjdi tng, n lbih bsa enjoy ge.

76 rezky. { 05.21.12 at 5:38 pm }

ass.. saya rezky. sayah sdah 7bln merasa takut yg amat takut. sedih,marah.. ptus asa. kmana-mana perasaan mau pingsan.. pusing. saya gerah sperti ini. mhn solusi.

77 kamto ajah { 05.27.12 at 6:47 am }

Saya juga alami depresi 1 thn yang nsudah berobat kemana mana n belum ada perubahan n tlng bantuan dan sarannya ya n ariani tinggal di mana ya

78 kamto ajah { 05.27.12 at 7:05 am }

Ariani kaltimnya di mana siapa tahu kita bisa sharing soalnya aku di kaltim juga Samarinda

79 syam { 05.30.12 at 10:22 pm }

saya punya anak smp yg mengalami depresi. dia tampak takut klo di lingkungan luar. berjalanpun langsung berubah spt robot klo sdh di luar rumah, menjawab pertanyaan org lain sangat pelan & tegang. terapi apa yg cocok? berhubung dia masih sekolah. Apakah dg penggunaan obat barbahaya utk perkembangannya? please masukannya..

80 imus { 06.06.12 at 2:13 pm }

ya..aku juga merasakan hal demikian..namun belum bisa hilang secara bebas…..thanks atas infonya.

81 priska { 06.11.12 at 4:47 am }

@eliz
babe…yang kamu alami sama kaia aku,kalo boleh tw kamu bisa kaia gto brapa lama ya?
trus bisa kaia gto gara2 apa?aku udah berobat kemana2,tpi hasil nya skrng udah agak baik sieh,kalo bisa sieh cari yang herbal aja,jangan ke psikiater,cos ngtar susah lepas nya….
oh ya ini email aku lilalalu11@yahoo.com
kalo g add pin aku aja 26816f3e
bwt semua yg kena depresi bisa add aku ya…jadi kita bisa sharing…
Hub aku ya guys….
Cuma pengen berbagi

82 Itha { 06.12.12 at 8:15 pm }

Asslm,,
Sy jg mengalami hal sama seperti mba Wulan,,
Mohon solusix, sy sangat harapkan !!

83 priska { 06.15.12 at 8:22 pm }

dear all friend….
aku jg depresi,selalu berpikir akan kematian..
tapi skrng aku udah lumayan baik…
n aku bener2 pengen ngebantu kwn2 aku seperti kalian yg sama kaia aku alami,,,
oh ya contack ke email aku yach…
sapa tw kita bisa sharing,aku skrng alhamdulillah
udah jauh lebih baik,walau terkadang masih sering kumat…
oh ya contack ke email aku yach lilalalu11@yahoo.com
jangan takut kalian g sendiri kok guys

84 priska { 06.16.12 at 1:25 am }

@itha
kamu udah brapa lama kaia si wulan?
aku juga kaia gto…
cuma skrng jauh lebih baik…
ini email aku
jadi kita bs sharing….
lilalalu11@yahoo.com

85 Perdianah tambunan { 06.21.12 at 4:40 pm }

Aku mengalami depresi berat seperti hidup tak berarti tak tentu arah rasanya ingin pergi jauh.dada terasa sesak kepala sakit seprti mau pecah hanya kepada allah tempat ku mengadu mengubah kan isi hati yg mengganjal rasa nya lebih baik

86 Bulan Ungu { 06.30.12 at 11:22 am }

Saya pribadi yang optimis, periang, penuh semangat hidup, dan pekerja keras. Hingga tiba2 saya mengalami loss emotions. Hidup saya terasa datar dan hampa. Tak ada rasa marah, tak ada rasa bahagia, tak ada rasa gairah, yang ada hanya rasa sedih dan hampa yang tidak bisa dijelaskan dengan logika. Tiap malam saya hanya bisa tidur 2-3 jam, tak ada nafsu makan, badan selalu terasa dingin dan gemetar kesemutan, rasanya sungguh tidak enak dan yang terpikir hanya mati, mati, dan mati. Saya ingin sembuh… :,(

87 Bulan Ungu { 06.30.12 at 11:34 am }

Alhamdulillah, setelah beberapa bulan berobat ke psikiater dan rutin minum obat anti depresan, saya sekarang sudah 90% sembuh dan pulih dari depresi dan anxiety disorder yang menerpa saya. Jujur, berat sekali saat menjalani hari2 penuh kehampaan seperti itu. Tapi saya harus sembuh demi orang2 yang saya sayangi dan menyayangi saya. Saya senang bila ada yang ingin share tentang ini. Kita sama2 berjuang ya untuk sembuh! Yakin, Allah beserta orang2 yang sabar. Semua pasti ada hikmahnya. Semangat!!!

88 sumendi nugroho { 07.01.12 at 3:57 pm }

Terimakasih banyak infonya. Dari yang telah saya baca dari artikel ini saya menjadi tau caranya mengatasi hal tersebut, saya sudah melakukan apa yang disarankan namun masih ada depesi tersebut, memang sih tidak bertambah buruk

89 agus { 07.09.12 at 10:34 pm }

saya mengalami perasaan yg tdk pernah suka, selalu down dan kecewa mengaanggap diri ini spt lemah dan lesu. mungkin ada psikolog yg bisa memberi info ato masukan. thanks

90 Wien { 07.12.12 at 9:10 pm }

Dokter,terapi itukan hanya untu orang berduit,bagaimana dengan orang miskin seperti saya?tapi ulasannya bagus juga.. Teruslah menulis sesuatu yang memberi motivasi, itu sangat bagus,trimakasih

91 Genta Nur Alam { 07.27.12 at 10:06 am }

SAYA BERMASALAH DENGA MENTAL PERCYA DIRI SYA…..TOLONG DIBANYU YAH..MAS…TERKADANG SYA INI SUKA MENYALAHKAN DIRI SNDIRI..krna ketidak pede an sya…….

92 My honney { 07.30.12 at 2:18 pm }

Saya wanita usia 21 tahun, saya sudah menikah, saya juga sedang mengobati rasa depresi saya, terkadang rasa ketakutan sering menmghantui saya, dan rasa takut mati, kalau angin kencang saya srg ketakutan sendiri, rasa sesak di dada, seperti jantung saya berdebar2, kepala saya sering pusing, seperti sesak bernapas, dan udah cek ke dokter, tetapi kata dokter tidak ada penyakit di tubuh saya, perasaan ini sangat menggangu kuliah saya, sampai IP saya turun semua, semuanya berawal ketika saya pernah ditipui habis-habisan sama pacar saya, uang saya diplorotin habis-habisan, apakah itu termsuk depresi, dan gimana cara mengatasinya untuk sembuh, mohon bantuannnya, terima kasih.

93 szamsir { 08.15.12 at 2:39 pm }

szaya szamsir,, umur sya 17 thun,,
Cara yng anda sarnkn hasilnya sama aja,,,,

94 yusri { 08.21.12 at 1:00 pm }

saya yusri umur28 tahun, pada awalx saya depresi saat tiba-tiba keracunan makan ikan. keracunan ikan itu lumayan berat sampai sy harus di bawah kerumah sakit. memang saat itu saya sangat ketakutan krn belum pernah mengalami hal tersebut namun setelah itu saya sering dihantui akan ketakutan akan mati, saat bekerja pun saya merasa lemas, jantung sering berdebar, sulit tidur, perut kadang tdk enak, pusing, kepala terasa melayang dan kadang sesak napas, badan keringat dingin sampai2 sy menutup diri dgn lingkungan disekitar, cuman tidur, malas beraktifitas, bahkan akhirnya saya memutuskan berhenti dari pekerjaan saya, hal yg paling sering terjadi adalah jantung berdebair dan perasaan serasa tdk enak, namun untung ada kekasih saya yg selalu memberikan dorongan,sugesti dan motivasi, sehingga sy merasakan perubahan demi perubahan, dan mulai membaik, dan saya berharap dapat sembuh total, teman-teman saya ada tips sedikit dan kirax bermanfaat:
1. usahkan teman-teman jangan mengurung diri, aktif lah berkomunikasi dgn org terdekat anda.
2. rajin berdoa nd beribdah dan pasrahkan semua persoalan hidup pada yg tuhan. karena manusia diciptakan pasti ada manfaatx dan berusahalah sering berbuat kebaikan
3. jika anda memiliki hobi,salurkan hobi anda. atau seringlah membaca buku yg bersifat pengetahuan dan mengasah daya nalar.
4. buatlah sugesti atau dorongan motivasi terhadap diri anda sendiri, dgn melakukan meditasi atau yoga. jernihkan pikiran dan carilah tempat yg nyaman dan tenang. dan pernapasan yg teratur.
5. usahkan ke dokter spesialis ata teman anda yg dapat anda ceritakan keluh masalah anda namun bukan bercerita mengenai keluhan-keluhan sakit depresi anda.
6. jangan malu bila bertemu org lain, jangan menghindar dan yg paling penting. jaga pola hidup dgn berpikir positiv tidur yg cukup dan makan teratur.
mudah-mudahan dapat membantu dan sembuh.
hidup itu karunia dan manusia akan kuat bila mampu bertahan dan pasti akan meraih masa depan yg lebih baik.
semangat. hentikan ketakutanmu hanya Tuhan yg pantas ditakuti
emailku. yusri.imanuel@yahoo.com
21 agustus 2012.

95 vitara amanda putri { 08.26.12 at 12:41 pm }

saya mengalami tetekan dalam rumah saya selalu disalah kan padahal saya tidak salah orang tua saya tak pernah mendukung semua kegiatan saya hobby saya dan lebih parahnya orang tua saya sudah ak memperdulikan saya bah kan mempunyai keinginan untuk membuang membunuh saya ! saya tertekan di dalam rumah selalu di bentak selalu disalahkan bahkan saya mempunyai keinginn utuk bBUNUH DIRI :’(

96 helmy { 08.30.12 at 12:20 pm }

semua komentarkalian hampir sama dengan yang saya rasakan !!!

97 indra { 09.03.12 at 9:31 pm }

selamat malam..
Untuk semua yg pernah atau sedang mengalami depresi atau panic attack silahkan gabung di group facebook yg saya buat namanya PANIC ATTACK INDONESIA.. Kt bs curhat dan brbagi pengalaman dsitu dan group ini trtutup dan hanya diperuntukkan bagi mreka yg mngalami depresi,trtekan, panic attack saja..
Group ini msh baru,jumlah anggotanya jg msh sdkt..
-slmt brgabung-

98 Khansa { 09.04.12 at 12:02 pm }

Saya baru berumur 13 tahun …. Tapi saya sudah kykorang gila …
3 bulan saya sudah seperti ini .. Saya tertekan di rumah , skolah dan tempat lainnya .. Saya merasa hal sepele itu hal yg sangat besar buat saya … Saya tdk mengalami smangat hidup lagi .. Tolong bantu saya .. Gmn caranya biar mudah .. Jngn sulit untuk menghadapi masalah ini .. Kepercayaan diri saya menurun drastis … Makan saya dantidur saya berkurang. … Jd tollng bantu saya .. Saya berharapsekali … Smoga allah memberkati saya

99 mama { 09.12.12 at 2:05 pm }

Assalammualikum wr wb, alhamdulillah berkat Allah SWT saat ini saya sudah lepas dari obat penenang, obat tidur dan obat anti depressan selama hampir 3 bulan, walaupun belum sepenuhnya sembuh dari gangguan depresi. Mengetik komen ini pun saya dalam keadaan menangis, haru bercampur sedih, terharu karena saya merasakan kesembuhan yang mulai berjalan dan sedih karena teringat perjuangan sebelumnya untuk mengatasi depresi dan juga sedih ternyata banyak yang harus mengalaminya.
Awal tahun ini depresi saya makin parah saya tidak bisa mengontrol diri baik dalam keramaian apalagi ketika sendiri, mencekam…rasanya seperti menciut takut sampai titik terendah, saking cepatnya jantung berdenyut sampai terlihat hentakannya di dada, gemetaran, tangan dan kaki terasa sedingin es, dan lemas tidak berdaya karena susah nafas….., mengerikan…., saat itu saya sadar tidak ada yang bisa menolong saya kecuali ALLAH yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, hanya Allah Azza Wajalla yang mampu menolong…… saya menjerit minta pertolonganNYA, biasanya sekitar 2 jam kemudian saya bisa normal kembali, setiap hari mengalami itu, belum termasuk serangan yang “ringan” seperti bunyi AC , suara musik atau lagu, orang teriak dll yang membuat takut. Berat badan pelan-pelan turun dengan sukses, tidak bisa merasakan kelezatan makanan, hambar…, shalat garing rasanya, sediiih terus…, merasa tidak bergunaaa……………………betul seperti orang gila…., naudzubillah, bahkan merasa seperti sudah mau “pergi”. Inilah titik nol kehidupan saya…
Pada masa itu, di relung hati yang paling dalam saya merasakan ada kerinduan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, yang akhirnya mempertemukan saya dengan pengajian Tawakkal di daerah Depok II depan SMU 2, kemudian saya bergabung untuk mengikuti dzikir metode tawakkal dengan bimbingan salah satu ustad. Di sana saya dikenalkan untuk mulai hidup dengan belajar ikhlas mengharap RidhoNYA. Dengan terseok-seok dan penuh tangis airmata saya belajar, belajar untuk menerima TAKDIR ALLAH dengan ikhlas tanpa tapi…, setiap habis melakukan dzikir dada rasanya plong tenaang…. sampai rumah bisa lebih kuat menghadapi masalah makanya saya selalu berusaha pergi untuk berdzikir di sana , sampai akhirnya saya mampu untuk melakukannya sendiri di rumah yang berarti frekuensi dzikir bertambah. Pelaaan sekali saya mulai merasakan perubahan, mulai TEGAR….. tapi melalui perjuangan yang amat berat, sungguh beraaatt….karena harus melawan serangan kumat tsb, tapi yakinlah selalu akan keberadaan Allah Azza Wajalla dan mintalah pertolonganNYA.” Sesungguhnya Allah itu amat dekat…….” sungguh itu adalah benar, saya merasakannya karena tanpa pertolonganNYA saya pasti masih dalam keadaan depresi berat yang kata psikiater saya di kalibata bisa bikin saya ting tong kalo tidak secepatnya diatasi.
Surah Az-Zumar ayat 44: Katakanlah, “pertolongan itu hanya milik Allah semuanya. Dia memiliki kerajaan langit dan bumi. Kemudian kepada-Nya kamu akan dikembalikan.” ( Maha benar Allah dengan segala firmannya)
Bergantunglah kepada Allah Azza Wajalla untuk kesembuhan saudara, terus merapat mencari pertolongan dan ridhoNya. Anda bisa bergabung dengan pelatihan shalat khusu, pengajian taddabur al quran, pengajian dzikir, mengaji al quran pokoknya yang sifatnya penghayatan hati, sibukkan diri terus dengan ibadah, insya Allah pertolongan Allah sampai ke anda.
Tidak banyak orang mampu untuk berempati terhadap penderita depresi, apalagi kalo sudah dengar pake minum obat penenang segala, respon mereka cenderung skeptis…
Sekarang saya mulai belajar bersyukur atas nikmat Allah SWT kepada saya, tadinya gelap, tidak bisa melihat nikmatNya……kacau semua rasanya……, alhamdulillah sekarang berusaha terus menata hati dan iman, saya mulai belajar bisa sedikit2 memahami hakekat hidup sebenarnya untuk apa……, yang jawabannya kita semua sudah tau dari sejak kecil, tapi sebatas mendengar saja tanpa memaknai dan menjalaninya.
Akhir kata, betul kita harus saling menguatkan, kuatkanlah hati untuk kesembuhan dan mulailah mencari jalanNya, semoga Allah yang Maha Pengasih, yang Maha Penyayang, yang Maha Penolong, yang Maha Menyembuhkan mengabulkan doa-doa permohonan kesembuhan kita…amiiiiin……yaa Rabbal alamiiin…

100 hendra septianto { 09.17.12 at 8:24 am }

saya berumur 21 tahun tapi sudah ky omelin terus saya tertekan di pasar,dirumah saya merasa hal anggap tdk masalah jd tolong ya

101 dizhie { 09.17.12 at 3:45 pm }

saya dizhie, sy tidak tahu apakah saya menderita depresi atau tidak, bahkan saya sampai bingung apa yang menimpa saya ini?
Saya cuman tahu kalo terkadang saya suka melamun sendiri, merasa ketakutan yang ga jelas, terlalu khawatir akan sesuatu hal yang belum tentu terjadi atau hanya dalam khayalan saya. Saya juga terlalu menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang menimpa keluarga saya, saya bahkan merasa saya ini tidak pantas dekat dan bergaul dengan keluarga saya sendiri…..
Hampir tiap malam saya juga sering menangis sendiri tanpa tau sebabnya. Terkadang saya pun takut untuk bergaul dengan orang lain, saya lebih suka menghabiskan waktu di dalam kamar.

Apa yang saya alami itu apa merupakan gejala depresi?
Saya tidak tahu sejak kapan saya mengalami keadaan seperti ini, tapi keadaan ini sudah berlangsung lebih dari 5 tahun.
Saya bahkan tidak berani untuk cerita atau konsultasi kepada orang lain atau pun dokter.

102 AWANK { 09.22.12 at 1:31 am }

Saya gmpang pelupa n terkadang saya dijuliki oneng namun yg paling mmbuat bban dalam hidup adalah saya bisa
mengakrabi orang tp stlah itu saya dianggap enakan tapi setelah itu saya mrasa tidak senang terutama muka saya kdang menjadi memelas bahkan seperti orang ketakutan dan muka saya lebih dari masam dan hanya bisa terdiam karena merasakan bt atau tidak senang dan itu terjadi hampir setiap hari tlong solusinya agar saya tak seperti itu lagi thanks le ingin jadi apa adanya tp sulit untuk jaman ini

103 marxoem zum'r { 09.26.12 at 12:15 pm }

kehidupanku yang dulu masih selalu menyelimuti sisa hidupku ini,dia tak mau hilang sebelum waktu & bumi berhenti berputar.semua saudara serta kedua ortuku sampai saat ini tak pedulikn aku lagi seakan mereka telah membenciku sungguh luka yang tak mungkin dirasakan orang lain dan harus kemana aku berlari dan pada siapa kini aku bersandar?
“Depresiku adalah teman Hidupku” ini semua hnyalah tulisan dari tetesan air mataku.

104 fitri Alaina { 09.27.12 at 5:07 pm }

saya ingin menjadi pintar,dan cepat memahami pelajaran,tapii susah x,,rasa nya sedihh bngett,krna susah menangkap pljran,aku juga pngen trkenal dan dapat juara dalam smua perlomaan,aku bza.tapii kurang biza,,dan aku ingin dekat sama semua orang,,

105 dee { 10.01.12 at 11:03 pm }

terima kasih banyak…. setelah membaca artikel ini saya merasa sangat membaik…
saya 33 tahun, ibu rumah tangga…
4 tahun yang lalu saya pernah mengalami depresi yang luar biasa… saya selalu merasa cemas setiap hari, dada saya terasa panas dan kalo sedang kumat saya bisa menggigil sampai gigi saya berbunyi, telapak kaki dan tangan penuh keringat dingin, perasaan saya takut yang teramat luar biasa.
saya ketakutan akan terjadi hal buruk seperti gempa dsb.
saya ketakuatan setiap mendengar atau melihat tentang kematian. sangat tersiksa menjalani hari hariku yang selalu dalam ketakutan terus menerus… tahun berlalu… saya pernah dirukiyah juga.
saya ingin sekali ke psikiater tapi kondisi keuangan saya tidak memungkinkan waktu itu. sampai akhirnya saya bertobat dan lebih mendekatkan diri kpd Allah. saya pernah shalat maghrib di masjid kecil dekat rumah, lepas maghrib semua orang pulang hanya tinggal saya sendirian dimasjid… saya berdoa dan bertobat dan menyesali akan dosa2 saya, sungguh2 menyesal sampai saya menangis seperi anak kecil, sapu tangan handuk yang saya bawa benar2 bisa diperas, maklumlah masa lalu saya sangat buruk dan berantakan. saya sering konsultasi pada pak imam dimasjid itu yang juga sebagai guru agama pada sebuah SMU. saya didoakan dan diajarkan doa doa….
perlahan lahan semakin saya mendekatkan diri pada Allah, kondisi saya berangsur angsur membaik….
belakangan ini ada masalah baru yg terjadi pada saya, aneh dan saya sangat tidak nyaman dengan keadaan ini.
saya sering mengulang ulang ucapan saya dlm membaca, terlebih kalau mau mulai membaca niat shalat, saya sampai mengulang 3 atau 4 kali karena saya merasa kurang pas pengucapannya, kadang saya bisa menghentikan shalat dirakat kedua dan mengulang lagi dari awal, dan ini sangat sering terjadi, saya terkadang merasa sangat lega setelah mengucapkan salam, seakan akan lega saya berhasil shalat yang sangat berat bisa menyelesaikannya…. hari ini tiba tiba saya merasa ketakutan dengan keaadaan yg saya alami sampai dada saya mulai terasa panas seperti pernah saya rasakan dulu, saya semakin takut… takut perasaan yg dulu saya rasakan kembali lagi….
akhirnya saya buka google untuk mencari tau dan akhirnya ketemu aritkel ini, jujur saya merasa sangat baikan setelah membaca artikel ini, terima kasih banyak buat penulis semoga bermanfaat juga buat teman teman senasib
teruslah berusaha dan berdoa untuk sembuh dan selalu mendekatkan diri kpd Allah, insyaallah Allah akan memberikan kesembuhan kpd kita semua… Amin ya Rabb….

*saya mengharapkan ada masukan dari teman2 yang pernah mengalami hal yang saya alami tentang selalu mengulang2 bacaan dalam shalat, semoga Allah selalu bersama kita… Amin ya Rabb…

106 mama { 10.05.12 at 12:20 pm }

@ dee:
Pengalaman kamu tentang selalu mengulang bacaan sholat atau membaca niat sholat persis sama apa yang dialami ibu saya, selain mengulang bacaan di dalam sholat ibu juga melakukan gerakan mengulang kadang2 ketika berjalan, menyendok makanan atau meletakkan sesuatu.
Ibu saya menderita depresi sudah puluhan tahun dan mengonsumsi obat penenang sampai kini.

Kalau boleh saya mengatakan tentang pengalaman anda mengulang2 sesuatu, saya mengira depresi anda masih ada, sebetulnya langkah anda sebelumnya sudah benar yaitu mendekatkan diri kpd Allah, tetapi memang dalam perjalanan hidup kita ada saja kendala yg hrs dihadapi.
Untuk menjalani hidup di dunia kita haruslah mempunyai jiwa yang kuat terlebih bagi penderita depresi.
Jiwa yang kuat terdapat pada hati yang berserah diri dengan ikhlas kepada ketentuan Allah SWT ; tidak menolak atau menentang cobaan yg harus dijalani.
Dengan berserah diri seikhlas2nya maka justru pertolongan Allah akan turun untuk kita.
Mohon maaf …..bukan saya sok tau atau mengajari, saya justru baru mulai belajar dan terus mencari untuk ikhlas itu bagaimana sih?

Seperti komen saya sblumnya, saya bergabung dengan pengajian tawakal di depok, penderita depresi ternyata bukanlah hal yg asing dipengajian tawakkal. Alhamdulillah saya sudah bergabung disana sejak awal tahun ini, disana saya bertemu dengan guru saya yang sangat baik yaitu ustad Rulli, beliau memberi tahu saya mengapa saya menderita depresi dan membimbing saya untuk berserah diri kpd Allah SWT secara total dengan melakukan dzikir metode tawakkal, melalui proses akhirnya saat ini saya sudah mulai membaik. Tetapi saya masih ikut pengajian tawakkal ini dan saya niatkan seterusnya, insyaallah…..mengapa? karena saya sudah melihat bgmn kepasrahan kpd Allah itu bisa menjadi obat jiwa dan insyaallah menjadi manusia yg ihsan.

Untuk penderita depresi atau sekedar galau, coba2 deh setiap hari buka Al-quran kemudian baca surat2nya dan baca pula artinya, harus paksakan diri kalau mau melihat cahaya yg terang benderang utk mengobati hati.

Bagi yg beragama Islam mau tua atau muda sudah saatnya kita kembali kpd Al-quran penunjuk jalan bagi orang yg beriman.
Al-quran bukan hanya penyembuh bagi jiwa yg resah tapi juga sdh diuji oleh beberapa pakar kesehatan utk kesembuhan penyakit fisik. Coba aja googling kalau ngga percaya……..tapi yg pasti kita sendiri yg coba buktikan.

Dr. Al Qadhi, melalui penelitiannya yang panjang dan serius di Klinik Besar Florida Amerika Serikat, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Alquran, seorang Muslim, baik mereka yang berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan fisiologis yang sangat besar.

Penurunan depresi, kesedihan, memperoleh ketenangan jiwa, menangkal berbagai macam penyakit merupakan pengaruh umum yang dirasakan orang-orang yang menjadi objek penelitiannya. Penemuan sang dokter ahli jiwa ini tidak serampangan. Penelitiannya ditunjang dengan bantuan peralatan elektronik terbaru untuk mendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot, dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik. Dari hasil uji cobanya ia berkesimpulan, bacaan Alquran berpengaruh besar hingga 97% dalam melahirkan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit.

Penelitian Dr. Al Qadhi ini diperkuat pula oleh penelitian lainnya yang dilakukan oleh dokter yang berbeda. Dalam laporan sebuah penelitian yang disampaikan dalam Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1984, disebutkan, Alquran terbukti mampu mendatangkan ketenangan sampai 97% bagi mereka yang men dengarkannya.

Kesimpulan hasil uji coba tersebut diperkuat lagi oleh penelitian Muhammad Salim yang dipublikasikan Universitas Boston. Objek penelitiannya terhadap 5 orang sukarelawan yang terdiri dari 3 pria dan 2 wanita. Kelima orang tersebut sama sekali tidak mengerti bahasa Arab dan mereka pun tidak diberi tahu bahwa yang akan diperdengarkannya adalah Alqur’an.

Penelitian yang dilakukan sebanyak 210 kali ini terbagi dua sesi, yakni membacakan Alquran dengan tartil dan membacakan bahasa Arab yang bukan dari Alqur’an. Kesimpulannya, responden mendapatkan ketenangan sampai 65% ketika mendengarkan bacaan Alquran dan mendapatkan ketenangan hanya 35% ketika mendengarkan bahasa Arab yang bukan dari Alqur’an.

Alquran memberikan pengaruh besar jika diperdengarkan kepada bayi. Hal tersebut diungkapkan Dr. Nurhayati dari Malaysia dalam Seminar Konseling dan Psikoterapi Islam di Malaysia pada tahun 1997. Menurut penelitiannya, bayi yang berusia 48 jam yang kepadanya diperdengarkan ayat-ayat Alquran dari tape recorder menunjukkan respons tersenyum dan menjadi lebih tenang.

Sungguh suatu kebahagiaan dan merupakan kenikmatan yang besar, kita memiliki Alquran. Selain menjadi ibadah dalam membacanya, bacaannya memberikan pengaruh besar bagi kehidupan jasmani dan rohani kita. Jika mendengarkan musik klasik dapat memengaruhi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) seseorang, bacaan Alquran lebih dari itu. Selain memengaruhi IQ dan EQ, bacaan Alquran memengaruhi kecerdasan spiritual (SQ).

Mahabenar Allah yang telah berfirman, “Dan apabila dibacakan Alquran, simaklah dengan baik dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” (Q.S. 7: 204). (sumber: wikaprima.wordpress.com/info-kesehatan/”manfaat-membaca-al-qur’an-dan-kesehatan”/

Coba buka situs:
1. http://www.fadhilza.com (tadabbur Al-quran) (wajib dilihat)

2. http://www.tirtaamijaya.com/2008/02/21/tips-mencegah- dan-menanggulangi-stressdpresipsikosomatis/ ( banyak pelajaran disini)

3. http://www.ruangpustaka.blogspot.com/2011/11/ikhlas-dalam- hadits.html (banyak bahan renungan)

4. http://www.jalaludinweb.wordpress.com/2009/01/28/berserah-diri-dan-bertawakal-kepada-allah-swt/

Semoga kita bisa menjadi orang yg selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT dan semoga rahmat-NYA turun kepada kita semua.

107 Movie Nuri { 10.09.12 at 10:09 am }

berserah diri saja kepada tuhan lalu kita jangan lupa berusaha

108 rio santoso { 10.12.12 at 5:30 am }

defresi …..itu musu terbesar bagi rio
law di pikir2 setiap kita pasti ada masala dalam hidup . menurut,,,,,,ku cuman satu cara untuk hilangkan depresi sholat beribada kepada allah ……………..itu. aja kalian akan mendapat ketenangan thask

109 sepapa { 10.16.12 at 3:27 am }

kebiasaan susah tidur saya dari usia 40 han karena pernah mengalami kebangkrutan dan ketidak berhasilan dalam segi ekonomi .sampai sekarang susah tidur itu selalu menghantui kalau sudah tibanya malm .begitupun saat ini susah tidur padahal kalau segi ekonomi sudah mulai membaik .apa karena depresi pengalaman yg dulu sekarang mempunyai penykit suash tidur .di tambah penyakit yg berat terserang jantung coronr . maag . kolestrol.tubuh saya terus menurun .saya minta solusinya untuk bisa tidur yg teratur .takut penyakit saya tmbah parah….trims…

110 sepapa { 10.16.12 at 3:29 am }

tolong minta solusinya obat supaya bisa tidur

111 sepapa { 10.16.12 at 3:33 am }

apa harus mendekat kan diri pada yang maha kaya dan pencipta.agar di beri jln keluarnya

112 lia { 10.26.12 at 3:29 pm }

setelah membaca artikel di atas aku baru sadar kalau aku sedang mengalami depresi.kira” 2 blan yang lalu aku mengalami perasaan yang tidak nyaman karna aku bekerja di luar kota. Bukan masalah pekerjaannya tp aku tinggal di rumahnya bos aku kerja. aku merasa di rumah itu ada seseorang yg sangat membenci ku, aku dan dy jga jarang berkomunikasi dg baik, dan skarang adalah puncak dari ketertekananku,hingga aku sering menangis,susah tidur,tidak nyaman,dan ingin sekali berhenti bekerja.dan aku merasa kehilangan diriku sendiri

113 Erfyta { 10.26.12 at 6:44 pm }

sangat membantu dan memberi solusi terima kasih…

114 Adhe metri { 10.28.12 at 12:00 pm }

..thanks y atas solusi”nya..

.saat ini sy sdang mengalami depresi berat.
..tp skrang sy lg dlam thap pengobatan..

..sy sdang mencari-cari n membaca tentang depresi..

.trmakash y.
Artikel ini sngat membantu sy

115 lita { 10.29.12 at 9:05 am }

Tmn2 kok sy coba gabung d facebook grub panic attack indonesia kok g bs ya..

116 Fajar { 10.30.12 at 8:09 pm }

Makasih atas infonya, umur saya masih 14 thn tapa saya ada masalah, mungkin masalah saya hanya sepele, tapa perasaan saya sangat kacau saat ini, terutama karna rasa malu dan nama baik yang tercoreng!!

117 pinkids { 11.09.12 at 6:23 am }

Dg baca tips td t,,q sprti ditampar aj…q jd klo q lg depresi berat,suka marah tanpa kontrol,frustasi,bingung.linglung,g ad punya harapan buat ms depan.yg mngganggu hubungan saya n org skitar saya..wah ni bnr2 mmbantu skali,,,q bkal terapin untuk berpola pikir bener.maafin saya y cin…km udah sabar hadapi saya.

118 Maya { 11.09.12 at 5:03 pm }

saat ini aku lagi Depresi Berat karena ulah suamiku yang pecandu narkoba dan gak pernah hargai aku sebagai istri

119 Squidword in Funway { 11.09.12 at 8:33 pm }

terimakasih infonya..membantu sekali. kalau sedang merasa gagal, saya biasa lari dari lingkungan, diam, antisosial, dan menyibukkan diri dengan apapun yg bisa saya kerjakan.. tapi cara-cara ini bener2 gak seru…. jadi, saya memutuskan untuk pergi keluar ikut kelas fitness dan menenangkan otak saya pergi melihat kedunia luar,,,begitu ternyata saya lebih beruntung daripada mereka, dan saya mulai belajar tersenyum dan berinteraksi,,,,, saya baru tau ya,,,,kalau ternyata menyapa itu bukan hal yang mudah,,, tersenyum itu juga bukan hal yang mudah…. lucu ya,,,wkwkwk 1 yang saya coba membantu saya, menegakkan badan. tulang punggung yang tegak seperti melepas zat-zat yang membuat saya jadi lebih percaya diri,, jadi saya mulai ikut yoga….dan mengatur jadwal, hahaha… saya harap saya dapat menjadi manusia berguna,bagi yang memiliki masalah seperti saya, cape,lesu,letih,lelah haha,, dgn keadaan yang bener-bener gak favorable buanget, bisa @skype namanya delfera.. tks^^

120 anonimaus { 11.14.12 at 5:07 am }

ini pengalaman pribadisy, saya sudah mengalaminnya sejak lama, dan baru akutnya sekitar 7 tahun yang lalu, Alhamdulillah sudah berkurang jauh walaupun masih ada sisa2nya, awal2 sy minum antidepresant, lama2 sy tdk ingin bergantung pada obat, dan mencari solusi lain spt mengalihkan ke aktifitas hobby, cukup terbantu, anda harus beralih dari rutinitas sehari hari ke pekerjaan yg membuat anda bahagia (maksud sy yg positif tentunya), sy pegawai swasta , anda bisa mencoba coba mencari alternatif aktifitas dan melihat hasilnya ke diri anda sendiri, perbanyak pergaulan ,hindari menyendiri, dan banyak meminta kepada Allah SWT/Tuhan Yang Maha Kuasa agar kita selalu diberi kesembuhan dan jalan keluar dari segala kesempitan serta berusaha didalam diri kita memaafkan kesalahan2 diri kita sendiri dan org lain (saya sendiri masih dalam proses), terimakasih

121 oky { 11.21.12 at 12:36 pm }

sy pnya mslah dgn tmen2,,,kmi psen baju kls tpi mrka sdkit yg byar trs uang,a udh d,krim n ak yg tmbhin tpi mrka tdk ksbran.. trs baju,a bsok bs d,krim sdngkn tmen2 mnta hri ini,,mrka mndsak sya . sya skli dlm hal ini.. d,caci maki,d,hina,d,ejek dll kata2 yg ksar yg tak lyak d,ucpin mrka sm sya… tlong solusi,a…

122 parking { 11.23.12 at 1:45 pm }

jangan pikirin yang negatif .

123 jantung koroner { 11.23.12 at 1:50 pm }

jangan depresi.

124 Jurez doank { 11.26.12 at 8:26 pm }

knapa ak ini selalu merasa bosen?

125 kenken { 11.27.12 at 6:29 pm }

Saat ini saya sedang mengalami depresi, karna dijerat hutang yg sangat banyak, hutang dengan kartu kredit dan teman2 saya yg mencapai 70 jt, saat ini saya bingung bagaimana cara menyelesaikan semua hutang2 saya, yg mana setiap bulan saya harus mencicil sekitar 5 jt, sementara penghasilan saya perbulan hanya 3 jt lebih, mohon pencerahannya apa yg harus saya lakukan, sementara saya tidak ingin mengecewakan mereka semua, terima kasih

126 baruzi { 11.28.12 at 2:33 pm }

Saya sangat terkesan dan terkesima membaca beberapa torehan-torehan dari teman-teman e-mail. komentar yang sangat berkesan, dan ini menandakan bahwa begitu banyaknya orang yang mengalamai permasalahan defresi tersebut. Thaks untuk infonya dan ilmunya. Saya juga termasuk mengalami penyakit tersebut.

127 revalino { 12.03.12 at 11:33 pm }

memang jalan hidupku seperti ini,,it kata” yg setiap saat ada dlm benak pikiranku.tetapi aku harus bangkit & berguna untuk orang” yang ada di sekitarku terutama orang tuaku..
Awalny aku bekerja dan mrasa putus asa,hingga akhirny setiap malam rasa untuk tidur sangat sulit (insommia)..
Daya ingat mulai hilang,susah konsentrasi,cemas (anxiety disorder)..
Mungkin aku btuh teman untuk berbagi & harus bagaimana aku bisa sembuh..
Smoga kita smua dalam perlindungan Allah..amin..
087834647339..just share

128 isnank { 12.05.12 at 8:07 am }

skrg ini d pkiranku hanya ingin mati knp ???karena mslhku bercampur ad dlm keluarga n hubungan sebenarx hal sepele sihh cman gk enk kn klw kita slalu d bntk2 wlaupn tk punya salh….akibatx saya tdk bs apa2 lgi bgn pun ssh aplgi yang nmx kerja jd sekarang sy lgi d kampung tenangkn pikiran n pengen mati saja…..

129 heriani { 12.18.12 at 8:26 pm }

yani umur 33 tahun ibu rumah tangga sekarang ini saya mengalami depresi,saya merasa takut akan mati,dada rasanya sesak,slalu berpikir penyakit yang berbahaya menimpa saya,susah tidur,pusing.tlg share ya tmen2,saya pengen sekali cpat sembuh.tq

130 abo { 12.19.12 at 11:51 am }

saya juga terus merasa depresi.. tapi tak berani bilang pada orang sekitar.. adakah cara lain untuk menghilangkan depresi tanpa pergi ke psikiater atau makan obat2an?? thx

131 Dian { 12.27.12 at 5:58 pm }

kalo gak ada semangat hidup termasuk depresi jg gak?

132 adhit { 01.03.13 at 5:39 am }

tolong di singkat aja sob,saya nggaka ngerti klau pnjang gitu

133 Indri { 01.06.13 at 7:29 pm }

Buat yg sama2 lg depresi, ayo sharing n cr solusi bareng…
Bs slg menguatkan kl ad mslh..
Indri 087740281728

134 lala { 01.08.13 at 8:46 pm }

Sebelumnya saya sudah pernah mengalami depresi satu tahun lalu, saya takut sekali akan kematian, setelah saya k pskiater saya diberi obat anti depressan. lama2 kondisi saya pulih kmbli stelah menjalankan pengobatan slma 4bln dan akhirnya.saya sembu. kemudian 2bln ini knp rasa ini muncul lagi saya merasa sangat ketakutan, bdan terasa lemas, susah bergaira, jntung berdebar, srta gak napsu makan. smpe2 saya merasa kuliah saya sangat terganggu, pdahal aku uda smstr hmpir akhir.
setelah saya mebaca artikel ini saya terasa mendapat motivasi bgaimana bisa mengatasi prmslahan ini. Utamanya kita harus memperbaiki atas perbuatan kesalahan yg prnh qta lakukan. yg lebih pnting kita harus selalu berdoa pada Allah agar selalu dberikan perlindungan, kesehatan,dn panjang umur amiiinnn

135 Herman syahreza { 01.13.13 at 2:55 pm }

Pokokke sip bgt artikel kue

136 Tiya Anggraini { 01.19.13 at 1:14 pm }

Thanks untuk artikel ini, sehingga saya sedikit terbantu… moga ini jadi pegangan saya.

137 roland { 01.22.13 at 6:08 pm }

sy jg mengalami depresi yg berawal dari psikosomatis dan saya telah melalui pengobatan dengan psikiater selama 3bulan ini,alhamdulillah sekarang sudah mulai pulih walaupun belum 100%.sebenarnya yang paling berperan untuk kesembuhannya memang diri kita sendiri(mind of power),obat 0batan hanya bersifat membetulkan hormon yg tidak seimbang diotak kita akibat stress dan trauma masa lalu yg tanpa sadar tersimpan dialam bawah sadar kita.Jadi memang intinya adalah kembali memperbaiki hubungan pada sang pencipta ALLAH S.W.T dengan ikhlas dan berserah diri sepenuhnya padaNYA,bahwa DIA masih sayang sama kita dengan diberi kita peringatan dengan DEPRESI,kecemasan serta ketakutan.disaat kita sudah ikhlas semua akan berlalu dengan sendirinya

138 tau ogie { 01.29.13 at 11:47 am }

assalamualaikum.wwb. penyakit ini sudah dua setengah tahun saya alami. perasaan takut mati. mendengar kematian, perasaan tidak mampu berbuat apapun. bahkan saat ini untuk mengendarai sepeda motor sendiri sudah tidak mampu. apalagi bepergia kalian sendiri.ini masih saya alami. penyakit ini bermula ketika saya terkena penyakit gastritis yang tak sembuh-sembuh.dan sampai saat ini saya sudah di rawat inap samapai tiga kali. perasaan cemas takut gelisah tidak fokus dan perasaan tidak berguna selalu ada setiap hari. mohon bimbingan dan solusinya untuk melalui itu semua karena saya masih ingin hidup menafkahi dan menyangi anak anak saya. saat ini saya tidak punya kegiatan lagi. dan hanya tinggal di rumah. toloooooong saya.

139 neurotransmitter { 02.18.13 at 6:43 pm }

assalamualaikum wrwb.untuk bpk tau ogie,saya juga pernah mengalami seperti yang bpk rasakan dan saya mendapatkan pencerahannya diwww.health.kompas.com dengan dr andri spkj,silahkan bpk kunjungi websitenya.disitu akan banyak membahas tentang penyakit yang bapak alami dan cara pengobatannya.trims

140 Nasya { 02.20.13 at 6:51 pm }

Saya grogi,cemas, asal melihat dia. Namun saya menyukai seseorang tetapi tdk bisa mengungkakanya.

141 Hafiz { 02.26.13 at 6:20 pm }

mas tolong bagaimana cara mengatasinya..!! saya selalu tidak ingin tidur dan tubuh terasa ingin bergrak sendiri dan lemas ..!!! bagaimana solusinya..???

142 Fransisca { 03.12.13 at 3:22 pm }

Sy sudah satu tahun dlm pengobatan depresi..sy sdh makan obat antidepresi satu tahun,,Dan sy sudah bekerja dng normal delapan bulan,,yang mau Saya tanyakan kenapa sy belum bisa menikmati Hal2 yg sy sukai dahulu..apakah itu karena pengaruh obat anti depresan yang Saya konsumsi?tlg jawabannya yah,, makasi

143 Lidya { 03.14.13 at 6:09 pm }

Terimakasih sarannya cukup bermanfaat..
Tapi saya sdg ad msalah dg shbt yg tba2 mmbnci saya,dn semua jadi ikut2an juga,ap yg hrus sya lkukan…
Smga anda mndpt phala yg brlimpah dr tuhan

144 bayu { 03.18.13 at 12:42 am }

saya bayu 21 tahun… saya juga mengalami hal yang sama seperti bapak tau ogie.. bahkan saya terkadang lebih parah… saya mengalami patah tulang paha sudah 8 bulan tak kunjung sembuh… dan itu membuat saya menjadi merasa orang yang paling tidak berguna, ketakutan pada kematian. memikirkan hal yang tak ada ujung temunya. dan banyak lagi hal aneh yg saya pikirkan.. bahkan saya rasa saya ini masih tidur dan ini mimpi. tolong saya yang bisa membantu memberi solusi.. inbox fb saya http://www.facebook.com/bayu.putradima atau twitter saya @bayu_dima pin bb nanti via twitter. ayo yang bisa membantu saya jangan ragu-ragu.

145 wenwen { 03.18.13 at 8:40 am }

Sepertinya saya skr sedang terkena depresi .. Jantung suka berdebar tidak stabil , kepala sakit , sperti ada sesuatu yg mengganjal, dan perasaan tidak enak (gelisah) , susah tidur .. Pd awalnya saya org yg suka pergi jalan bersama2 tmn, skr ini saya hanya dirumah saja.. Mgkin krna faktor bosan + jenuh ..

Tolong share :
1. Obat anti depresan sperti apa yg dimaksud??
2. Bisa beli di apotik kah?
3. Harus pergi ke pskiater atau tidak?

Kalo mau sharing bisa di emailku wenwenkuw@yahoo.co.I’d
Trimakasih .. Smoga kt selalu diberi kesehatan dan dlindungi oleh tuhan YME .. GBU all ..

146 dina { 03.19.13 at 12:15 pm }

tak adakah forum atau web yang mewadahi orang2 yang terkena depresi agar bisa sharing2? akan lebih baik kalau ada psikolog yang mendampingi dan mngarahkan, sehingga pasien tidak merasa sendirian di dunia ini dan paling tidak dapat bersosialisasi dengan teman2 sepenanggungannya, sehingga dapat tersembuhkan.. adakah??

147 riris { 03.28.13 at 3:22 pm }

selamat siang,
saya riris 23 thn,
saya mempunyai kakak laki-laki, saya merasa kakak saya sedang depresi karna proses perceraian. kakak saya selalu termenung, jarang makan, merasa takut, gelisah dan selalu berfikir negatif,
sebagai adik saya bingung harus berbuat apa untuk membuat kakak saya kembali ceria seperti dahulu, mohon sarannya, . . .

148 Nfs { 03.28.13 at 7:07 pm }

Assalamu’alaikum.subhanallah artikel bpk amat sangat membntu.yg sy alami sm spt yg mbak wulan alami.awalx 2th ktk sy mlht sebuah sinetron religi yg dlm kshx da s’org wanita tkt mati lha kok dlm crtx wnta tu mati bnrn.jd sy trs mmkirkn hal tu smpai sy trkna darah tinggi yg tak knjg smbh.Prsaan sy smkn ykin klo sy mmg mau mati mgkn.hgg sy dkaruniai ank yg ke-2 smuax kmbli normal trmsk tensi darah sy.nmn akhr2 ni prsaan tsb mncul lg,mhn sharex ya tmn2

149 pinjaman tanpa agunan { 03.29.13 at 2:45 pm }

kurangnya edukasi tentang masalah kejiwaan membuat kesalahn yang fatal, terutama dalam hal memperlakukan seseorang yang mngalami depresi. saya senang membaca artikelnya lengkap pembahasannya dan respon yang baik.
@neurotransmitter : kalo ngga salah dr. Andri spkj praktek di omni alam sutera ya pak?

150 Ben Hardi { 03.29.13 at 11:33 pm }

terima kasih byk pak!! artikel bapak sangat membantu saya mengatasi depresi..ternyata penyebab depresi saya adalah karena saya suka mendengar lagu2 yg mellow/sedih gt..skrg saya akan kembali ke lagu masa lalu saya..yaitu NU Metal aka linkin park!!

151 Vita { 04.05.13 at 11:50 pm }

Artikel & sharing luar biasa, ternyata saya tdk sendiri, banyak teman2 yg juga perlu kekuatan, mari berbagi pengalaman & kekuatan saat kita mengalami ketakutan. Bs melalui email saya di vita.stefan@gmail.com.

152 angga herlambang { 04.17.13 at 5:13 am }

sabarrrrrrr ada batasnya,,, yang jadi masalah punya pasangan seperti itu…. seng sabar,,,

153 anrora { 04.22.13 at 1:31 am }

Apa mgkin sy trmsuk didlamnya? Sy seorang istri dan msh mahasiswa, kurang 1thun lg ksmpatan sy utk menyelesaikan skripsi. Kepala cenut2 hampir pecah. Itu semua bukan tnpa alasan bagi sya, saat semester 8 saat pengerjaan proposal skripsi terlebih sulitnya jdul yg sya ambil tntg pnelitian bahasa., sya khilangan ayah sy utk slamanya, org yg teramat dkat dgn sya. Drop, hancur rasanya jd 1. Sedih berkepanjangan. Skripsi terabaikan. Tdak ada semangat hidup, prlhan sy bgkit cari kesibukan dgn bkerja, dan akhirnya mnkah, sampai skrg mendengar nama dosen, bimbingan, dan skripsi sya trauma,,dada rasanya berdebar kncang, gelisah. 1thun lg bs terancam DO..adakah yg bs bntu mengatasi trauma itu?

154 Hany { 04.26.13 at 11:12 am }

Saya Hany, mahasiswi S2 psikolog di UI yg kebetulan sedang mengerjakan tugas akhir mengenai terapi untuk menangani gangguan depresi.

Apabila ada diantara Anda yang mengalami depresi, dengan jenis kelamin perempuan berusia 20-40 tahun, domisili Jakarta-Depok, dan membutuhkan bantuan psikologis, saya dapat membantu Anda.

Hubungi saya di nomor 08979071997 (sms only) atau email hanyhapsarikn@yahoo.com apabila Anda berminat turut serta dalam intervensi saya. Terima kasih

155 lely { 04.30.13 at 11:46 am }

.saya selalu pusing dan cenderung putus asa bila memikirkan pacar dan kuliah saya…
pacar saya berbeda pikiran dengan saya (saya masih kuliah dan ingin menggapai cita” sampai S2. dan ingin masuk pondok agar jadi istri soleha kelak bagi suami.namun pacar saya selalu ingin melamar saya saat ini,padahal saya masih semester 2 S1..sekarang pacar saya berbeda dan cuek karena saya tak ingin dilamar dulu)
.sedangkan disisi lain,saya salah masuk jurusan di bidang yang sangat tidak saya kenal,yaitu akuntansi,,padahal saya SMK Tekhnik Komputer Jaringan.saya selalu kesulitan dan mengeluh karena tidak bisa memahami betul ilmu akuntansi tersebut…
bagaimanakah solusinya?

156 Yudi { 05.02.13 at 7:51 pm }

ngomong sich enak,
yg ngejalaninnya ini yg gak enak…

157 Ariani { 05.05.13 at 6:32 pm }

kurang lebiH setahun yg lalu. Saya pernah panjang lebar mceritakan keadaan saya. Yang saat itu memang benar2 mengalami depresi. Namun, alhamdulilah saya sudah sembuh. Saya sudah bs bergaul spt biasa. Menghubungi teman saya. Dan Dunia serasa Luar biasa indah. Tahun ini saya akan masuk perguruan tinggi negeri di banjarmasin. Dan pengalaman depresi itu saya anggap sebuah pelajaran yg sangat berharga. Agar di waktu2 yg akan datang tak pernah terulang lg. Anda tahu obat-y apa
1. Saya tak tega melihat ibu saya menangisi keadaan sya saat itu
2. JANGan hiraukan perkataan buruk dr org lain
3. Tentu ini paling ampuh. Berserah diri kepada Tuhan. Yakinlah apa yg trjadi saat ini adalah sebuah ketentuan darinya. Dan pasti itu yg terbaik

tetap jalani hidup ini
karna Depresi seperti kemacetan dalam perjalanan hidup. Penyakit ini menunda keberhasilan anda. Bahkan nyawa pun hampir qt bunuh sendiri

SAYA PERNAH MENGALAMINYA
dan sekarang saya memohon kpd tuhan ALLAH SWT. Agar mengampuni dosa Saya . .

158 Fajarr mulyanna { 05.06.13 at 11:00 am }

Saya ini dpresi karna kehilangan seorang gadis yg saya sayangii

159 Janu { 05.07.13 at 8:33 pm }

Makasih, artikelnya sangat bermanfaat.

160 Rina { 05.14.13 at 3:39 pm }

@priska.gimana cara mngatasinya?

161 agus { 05.20.13 at 5:26 pm }

kak, ijin copas ya…nanti tak ksih sumbernya…hhe

162 choudri { 06.01.13 at 9:40 am }

setiap hari saya merasa hal hal negatif dalam pikiran yg membuat saya depresi mulai dari kesedihan kehawatiran dab lainnya, saya ingin depresi saya hilang dengan cepat namun depresi ini malah bertambah lama saja.. setelah saya membaca artikel ini mungkin bisa memberi jalan keluar dari depresi yg saya alami. Amin,,

163 chika chayank { 06.07.13 at 10:04 pm }

makasih yah,stlh sy mmbca artikel ini,mudah2an sy bsa mengtasi rasa yg sy mnglami depresi suka trsinggung,mengurung diri dkamar,tidak mau bergaul,cepat emosi,tidak percaya diri dll,

164 Muhammad farruq { 06.09.13 at 2:11 pm }

SAYA MERASAKAN SEMUA DAN SAYA HANYA MENG ISOLASI DIRI DI DALAM KAMAR APA SAYA SALAH?

165 Irwan berlianto saputra { 06.16.13 at 8:46 am }

Tanks ya semua karna kalian depresi saya jd sedikit berkurang
emang gak enak diomelin tanpa sebab

166 himpurona { 06.21.13 at 11:42 pm }

Bgaimana cara mengatasi depresi bila kita enggan ke Psikolog/psikiater.?

Apakah ada cara manjur dan alami mengatasi susah tidur tersebut?

167 winar dn { 06.25.13 at 10:55 am }

mkch atas saran nya. Smg aku bisa belajar dari artikel ini. Aku dulu perna melihat ayah ku di pukulin masa dan pada saat itu cma ada aku sama ibu dirumah .ayah ku gk salah apa2 tapi knp semua bpk2 mukulin ayah aku di keluarga gk ada anak cowk cma 4 sodara cewk semua lg pada pergi. Dan waktu ayah di pukulin aku nolongin ayah sampai aku kena tonjok .aku langsung depresi setres .dan kita pindah rumah .keluarga mulai tenang dan aku punya kenalan di daerah rumah baru aku .aku berpacaran dgn jf.aku syg bgt sampai 1 thn pcrna sampai aku berhubungan di luarnika aku pikir dia cowk baik .dari keluarga kami menentang hbngin kami tapi kita tetep jalani sapai kbr dari rumah 5 bln .pas di kosan duku gk perna kasar tapi semenjak ngekos aku suka di pukulin di jedotin ke tembok .tapi aku tetep sabar.tapi lama2 aku berfikir aku gk mau sprti ini akhir nya aku plng keruma ibu aku.dan di rumah ibu aku di ajak berobat ke org pinter sampai org pinter itu ngelamar aku sama ibu aku .tapi aku gk cinta .tapi aku berusaha mencintai.sampai menika 5 thn .aku fikir bisa sembuh.tpi skrng aku malah tambah parah.dan smg artikel di atas agak sedikit bisa membantu ke dpn aku lebih baik lg.thx

168 Anggun { 06.30.13 at 10:35 pm }

Setelah membaca artikel ini aq br tau penyebab knp aq kurus dan ga bs gemuk lg wlpn aq udh bnyk mengkonsumsi obt gemuk badan yg bermacam2 jenis & bentuknya. Semua berawal dari sakit hati krn dihianati laki2 yg skrg jd suamiku.Blm lg hubungan yg di tentang org tua,ditambah adiku meninggal.Semua serasa benang kusut dikepalaku.Hatiku ga prh tenang,nafsu makan hilang,dan aq berubah mjd tempramental.Kshn putriku slalu jd pelampiasan kemarahanku.Rasa sakit itu blm bs hilang dr dlm hatiku. Bahkan bertambah parah krn luka2 yg baru. Ya ALLOH…..Berikan aq jln terang MU…..:(

169 kiki { 07.10.13 at 10:27 pm }

Saya depresi karena setelah saya lulus kuliah blm mendapat perkerjaan. Akhirnya saya memutuskan untuk berwirausaha. Ketika lg asik2nya berwirausaha, ortu menawarkan pekerjaan d tempat yang jauh. Poseng

170 kiki { 07.10.13 at 10:31 pm }

Mohon bimbingannya.

171 Ervin { 07.20.13 at 7:26 pm }

Sya cowok, umur sya 13 thn, memang gejala2 diatas pernah sya alami, sehingga sya ingin mengakhiri hidup sya, tp berkat artikel ini sya jdi mengerti utk mengatasi depresi ini

semoga kita dilindungi oleh allah
amin

172 donie { 07.23.13 at 11:49 am }

bersyukur adanya artikel ini, saya sedang depresi dan berusaha untuk keluar dari siklus depresi ini…meskipun tidak semudah membalikan tangan..terima kasih untuk pencerahannya, yang terpenting adalah mulai dari diri sendiri, langkah” apa yang harus kita lakukan, ketenangan hati, dan pasrah pada Sang Pencipta……seringlah membantu orang lain, banyak bersedekah, ,,

173 ervin { 07.23.13 at 6:47 pm }

Bagi yg ingin sharing dan berbagi cerita bisa smz ke ni 08998741849…..smga saya bisa membantu….n_n

174 roni yanuar { 07.30.13 at 2:13 pm }

artikel yang sangat luar biasa…saya seorang hipnoterapis yang sering berhadapan dengan klien yang mengalami stress, depresi, atau masalah kurang percaya diri, alhamdulillah kasus mereka dapat terselesaikan dengan baik…bagi yang ingin share silakan hub saya ( 085316281711 )…semoga bisa membantu

175 smileyme { 08.22.13 at 12:29 pm }

Terima kasih atas artikelnya membantu sekali buat sy yang kebetulan mempunyai seorang ibu yang mengalami depresi berat berkepanjangan dan bahkan sampai dirawat di rumah sakit, sy ingin sdikit menambahkan betapapun si penderita mengetahui/menyadari penyakit ini tetapi support keluarga itu sangat penting. Dan yg sy ingat dan pernah menemui dokter ibu sy bgmn peran keluarga dan teman2 (lingkungan) itu sangat penting untuk menyikapi atau memahami si pasien dan dokter tsb jg memberikan nasihat bgmn kita memperlakukan dan bersikap terhadap pasien depresi.

176 akbar rangkuti { 09.05.13 at 1:42 pm }

Setelah saya baca artikel ini serta semua komentar kalian,
Saya juga menderita apa yg kalian rasakan ada di diri saya,

Ingat lah teman2, pasrahkan saja semua ini kepada allah,
Dan 1 lagi,,,ini semua adalah awal dari kesuksesan kita.!!

cam kan pada diri kalian ” ini adalah satu perjalanan menuju hidup yg lebih baik dan masa depan yg suksess. !!

@akbarrangkuu 18 tahun, penderita depresi yg ga tau apa penyebab nya !

177 ferdo { 09.16.13 at 9:31 am }

dari dulu hingga sekarang ini (kira2 5thn) saya menderita sulit tidur, dari dulu sulit tidur ini tdk membawa masalah yg begitu berat bagi saya, akan tetapi akhir2 ini mulai menjadi masalah bagi saya karena mulai timbul pikiran2 aneh di kepala saya. Setiap kali berusaha utk tidur selalu muncul byk pikiran di kepala saya, pikiran2 ini membuat saya merasa cemas, takut, jantung berdebar2, sesak nafas, ingin berteriak sekencang2nya, dan terkadang ingin melakukan hal2 yang nekat.
Yang ingin saya tanyakan apakah ini termasuk depresi? jika iya, apakah ada obat yang manjur untuk mengatasinya?

note : “Selama ini saya udh mencoba bermacam2 obat tidur, akan tetapi tidak ada efeknya sama sekali”

mohon bantuannya..

178 Luhut M { 09.20.13 at 8:51 am }

Terimakasih atas artikelnya.

179 lamhot sihombing { 09.26.13 at 1:38 pm }

Syalom
Saya trkadang menangis sendiri tanpa sebab
Apa itu penderita depresi?
Di jawab

180 Zia Ulhaq { 09.27.13 at 9:33 pm }

Setelah Membaca Artikel Ini Saya Jadi Berfikir Bahwa Sebenrnya Depseri Itu Hasil Dari Apa Yang Kita Buat
Selama Hampir 1 Tahun Ini Saya Terbebani Akibat Harapan Dari Keluarga Yang Tak Dapat Saya Penuhi Hingga Akhirnya Saya Mencari Pelarian Yang Menimbulkan Depseri Ini
Kadang Saya Berfikir
” Buat Apa Saya Hidup ? ”
” Bagaimana Dengan Masa Depan Saya ? ”
” Di Masa Depan Saya Mau Jadi Apa ? ”
Pemikiran Tersebut Sering Membuat Saya Ingin Melakukan Hal Hal Yang Nekad
Untuk pembuat Artikel Ini Terima Kasih Atas Solusi nya Karena Sangat Membantu Saya Yang Selama ini Mengalami Strees
( Zia Ulhaq 19 Tahun )

181 ioo { 10.01.13 at 9:35 am }

kalau cerpen ini ngasih pengaruh… ga bakal ada orang di bumi ini yg setres wahai admin.

182 dee... { 10.02.13 at 11:20 pm }

saya mgkn terkena stress jg…dan sy bermaksud berkonsultasi dg psikolog….saya pilih psikolog…bkn psikiater…kl psikolog sperti konseling,jd gak pake minum obat…
bagi aku gak ada salahnya mencoba menemui psikolog(ahli kesehatan jiwa), mgkn hdp jg lebih baik….demi diri sendiri tentunya
mgkn ada rasa malu jika menemui psikolog atau psikiater…tkt dibilang gila ato ga waras…aku jg punya pikiran seperti itu..
knp tetap kulakukan untuk mendatangi ke psikolog…demi diriku spy lebih baik, lbh bahagia,,masa tidak berusaha lebih baik selagi masih hidup…
dg ke psikolog,,setidaknya bersama si ahli,kita bisa belajar bersama-sama,mengetahui apa yg terjadi pd diri sendiri…lebih mengenal dan memahami,lebih menyayangi diri sendiri,
mengambil tindakan yg tepat untuk mengatasi stress kita…
jika memang orang tua atau orang laen sudah tidak mempedulikan kita, tidak menghargai kita…setidaknya kita tau cara mempedulikan diri kita, menghargai diri kita,dan membuat diri kita sendiri bahagia…jika jalannya melalui dtng ke seorang ahli…
krn orang terdekat yang paling peduli dan harus sayang pada diri kita sendiri adlah DIRI SENDIRI…

Have a nice life ….:)

183 none { 10.05.13 at 9:03 am }

WAW iam not alone………….
Saya lbh baik skrng. krn
1. Doa.
2. Share dgn orang yg dipercaya.
3. Aku hidup krn Tuhan mau aku hidup.
4. Aku ga sendirian didunia. Ada kalian.
5. Jalan2 kepeternakan sapi atau kambing.
6. Melihat persalinan.
7. Jalan2 ketempat kumuh, melihat aktifitas warga kolong jembatan dan pemulung sampah.
8. Ketempat orang cacat. Melihat aktifitas mereka.
9. Tidur dirumah pohon atau hutan.
10. Kerjakan hal positif apa yg sama sekali belum pernah dikerjakan.
11. Kita semua punya masalah!!!! ttp jalani hidup. Move on……..
12. PILIH tinggal atau MOVE…………

184 kalfiro { 10.15.13 at 3:00 am }

banyak jga yg depresi ya

185 sitmun { 10.24.13 at 5:40 pm }

thanks infonya saya jadi sadar sekarang

186 Fitri { 10.24.13 at 6:01 pm }

Ak juga sdg dlm ms penyembuhan.
i have anxiety and depression mental illness.

Berat memang dirasa,dan bdnya penyakit mental dgn fisik itu. Kalau mental mgkn org lain menganggap qt bhagia dan biasa saja (diluar),tapi pdhl qt sakit didalam jiwa kita. dan yg bs rasakan juga tau atau tdknya qt sdh sembuh ato nyaman.cm diri kita sendiri.
#intinya satu, ada kemauan dari dlm diri sendiri untk sembuh. Untk bisa mengubh sudut pandang penderita. obat,hanya sbg penenang untk membantu.
Tp kata dokterku, byk org sbetulnya yg menderita anxietas/kcemasan atau depresi. Hanya saja mereka tdk mau atau berani mengakuinya,atau mengatakannya.

So, you are not alone. Qt bukan yg paling menderita sendiri,di dunia ini.

#Keluarlah dari kamarmu,temui byk orang,jangan brdiam diri saja!!!

u can email me fitri.bachri@gmail.com

187 roni yanuar { 10.27.13 at 10:08 am }

Sy sudah banyak menangani pasien / klien depresi..Bagi rekan – rekan yang membutuhkan konsultasi atau sharing mengenai depresi dapat menghubungi saya via sms / phone ke nmr 085316281711

188 irma { 10.29.13 at 9:09 am }

saat ini aku sedang mengalami depresi berat…aku tidak kedokter dan tak melakukan apa2 dada terasa panas..shalat terasa hambar..yang ada di hati hanya selalu berdoa untuk setia kepada allah SWT jangan sampai menduakannya..tolonglah aku sahabat seiman 087809054020 ..aku tak tau harus bagaimana..ya allahhh

189 ria rahmawati { 10.31.13 at 11:29 am }

saya merasa tidak bisa melakukannya, karna saya tidaak bisa melakukan itu

190 heri anjani { 11.13.13 at 6:36 pm }

sya sekrg lgi berusha mngatasi depresi yang sya alami lumyan lma klo gk slah kurng lbh 3 bln,sdh sminggu sya menjalaninya alhmdlh ada perubahaan sdikit tpi stelah mmbca tips ini sya smkin semngat…mohon doa nya supaya sya bsa mngatasi depresi yang sya alami amiinn

191 lizam { 11.15.13 at 6:57 am }

terimakasih sedikit membuat hati ini lega… smoga saya dapat cepat keluar dari masalah hidup ini

192 James Rico Sullivan { 11.17.13 at 9:25 am }

Hay, saya jimmy..
Knapa ya jika saya di ajak berfikir yg serius kpala saya kok pusing n akhirnya jd ngantuk ?
Yg palibg gk saya sukai malah menjadi malas tuk berfikir…
Bagaimana solusinya ?

193 fajri { 11.17.13 at 8:54 pm }

terimakasih atas tulisannya
semoga bermanfaat ya buat pembacanya

194 yoyo { 11.21.13 at 10:15 pm }

ada hikmah disetiap kejadian,begitu jg dgn penyakit depres,
depresi sejatinya adalah “HADIAH” dr sang Maha Pencipta iaitu Allah ‘Azza wajalla agar kita berfikir:)
wassalam

195 kiki { 11.22.13 at 9:18 am }

Saya kiki 1bulan yg lalu suami saya ketauan selingkuh sm rekan kantornya,saya tdk prnah melihat dgn mata saya sendri mereka bersamaaan,tapi banyak kabar yg masuk ke telinga saya,cuma yang saya tau mereka sering balas2n pm ввм™,saya sbgai istri hanya curiga dan punya pirasat ga enak tapi ternyata setelah saya selidiki mereka bnr2 ad hub,sy tanyakn kpd suami saya ternyata bener,dari situ saya merasa down,saya mersa dihianati mersa dibohongi,merasa kasih syg dn prhatian saya tak dhargai,jika sy byk kekuranagan sy ingin dia bilang bkn seperti ini caranya,dia meminta maav,karna saya sayang karna dia suami saya saya lgsung memaavknny karna sy mghrgai pengakuannya,tapi stlh sy memaafknnya tetep rasa sakit ini belum hilang sampai detik ini rasanya saya mempunyai dendam besar sama cewe nya,dia yg berpura2 baik terhadap saya ternyta ada pers sm suami saya,saya seperti tersambar petir,,saya merasa depresi yg berkepnjangan,kalo ĽªǤî adem2 hati sy,tapi kalo sy ĽªǤî ingat sm kejadian itu rasanya saya pengen marah2 sm mereka dan sm diri saya sendiri,pikiran2 negatif bermunculan hati ga karua,tengah malam bangun pkiran langsung kesitu,,nah bagaimana agar saya cepet meluopakn hal itu soaklnya saya terlalu lelah untk memikirkan itu,dan terlalu mahal saya harus membayar rasa itu

196 Rini { 11.29.13 at 2:47 pm }

Saya juga penderita depresi. Yuk bikin club. Siapa tau bisa saling sharing….

197 mawar { 12.01.13 at 4:10 pm }

sy sering marah-marah ketika teman sya bertanya apakah itu termaksud depresi juga? mohon solusinya

198 diah { 12.04.13 at 10:00 am }

Cukup mewakili apa yang saya sedang rasakan pada titik dimana orang lain gak akan peduli untuk tau masalah yang terjadi.

199 rudy simamora lucky { 12.08.13 at 8:44 pm }

Terimakasih lumayan membantu pikiranku

200 muhamad rifai { 12.12.13 at 6:20 pm }

sya rifai 20tahun , saya pengangguran lama baget pkiran sya cma terombang ambing masalah cewe yg hianatin saya dan ngecewain sya , saya down dn gimana cara supaya get up dr ni semua tolongin saya

201 uthie { 12.16.13 at 9:08 pm }

saya wanita 27th dngan 3 orng anak..anak bungsu saya bru berumur 6blan..belakangan ini..saya mrasa bahwa saya sbntar lgi akan mati…atau kadangpun sperti ingin suicide..ngga bsa tidur…nafsu makan brkurang…gelisah..deg2an…malah trkadang sayapun tanpa sadar suka memukul anak saya yng no.2..yng akhirny saya sesalkan..hati ini sperti kosong..hampa..dan ga karuaann…malah..trkadang saya sperti orang kesurupan..! sungguh saya ingin keluar dri masalah ini..

202 AU { 12.19.13 at 2:59 pm }

ternyata masalah saya lebih simple dari masalah kalian semua, tapi tetap saja saya merasa sedih. Saya sering bertengkar dg ibu saya, saya tau kalo ibu selalu benar dan anak selalu di pihak yang salah. kalau saya memberikan pendapat saya dan isi pikran saya, kami selalu berdebat dan diam diaman pada akhirnya.. padahal saya tidak bermaksud menyakitinya, tapi ibu saya selalu tdak tau jalan pikiran dan maksud saya.. yang membuat saya lebih sedih lagi, ibu saya sering curhat sama kakak saya tentangsaya, dan kakak saya dan ibu saya curhat lagi sama tante saya. saya tidak menyukainya, karena mereka pasti mempunyai pandangan negatif tentang saya… sya orangnya tertutup dan tidak suka curhat pada orang, tidak mudah percaya pada orang, dan kalo saya curhat pasti saya juga akan menceritakan kejelekan orang lain, dan saya tidak mau itu, mending saya simpan dalam hat, maka dari itu, saya tidak bisa menceritakan masalah ini pada orang.. saya selalu berpikir kalo saya anak yg selalu salah dan mungkin saya tidak ada juga tidak apa-apa.. saya sering menangis sendiri padahal saya sangat sayang pada ibu saya…
maaf kalo saya jadi curhat disini

203 Sholahudin { 01.16.14 at 8:37 am }

Sholat berjamaah di masjid akan membantu kita keluar dari siklus depresi.. Usahakan di mesjid yang di pakai untuk mengaji anak2.. Sambung tali silaturahmi yang lama tidak tersambung.. Semangat!!!!! Saya yakin Allah SWT ada rencana buat kita.

204 samy { 01.26.14 at 8:23 am }

Gejala sama persis yg ada pada pengakuan kawan2. Membuat saya jadi orang aneh. Selalu ada masalah yg menimpa saya. Kemana2 selalu disalahkan. Membuat saya bertambah depresi..

205 puspita { 02.02.14 at 9:19 pm }

salam kenal. saya ita. setelah membaca artikel ini, saya jadi merasa tidak sendirian. feel better. saya 23tahun, anak tunggal. saya sudah bbrapa lama merasakan perubahan psikologi saya. tapi saya tidak tau apa sebabnya. sy sering terengah-engah, sesak napas, kebanyakan tidur, sakit kepala dan sekarang tidak mau ketemu orang lain, merasa diri ini kecil sekali. orang tua saya bercerai dan mereka sibuk dengan pasangan mereka masing2. sejak dulu, saya terbiasa menyelesaikan dan mendapatkan segalanya dengan usaha saya sendiri. tapi terakhir ini rasanya saya sperti menyerah.. ketika merasa smua orang tidak ada yg tulus ataupun paham akan kondisi saya. saya supel sebnarnya, banyak teman. tapi sebagian besar teman saya hidupnya berkecukupan dan mereka tidak mengalami maslah yg rumit di usianya. saya sering sakit hati melihat orang tua saya hura-hura.. (walaupun tidak saya perlihatkan) mereka bersenang-senang tanpa pernah berpikir bahwa saya ini anak mereka.. mereka selalu berpikir saya yg harusnya memenuhi segala keinganan orang tua. sejak saya di bangku sekolah. selalu sperti itu. yah ditambah lagi, saya dan pasangan saya juga tidak di restui di kluarga kami. banyak sekali rasanya hal rumit yg harus di hadapi. sekarang saya jarang terbuka dengan orang lain, saya lebih memilih untuk dikamar sendirian daripada bersosialisasi. karna saya melihat mreka “tidak paham”. banyak sekali orang yg suka menyakiti hati orang lain, tinggi hati dan sombong. membuat saya makin tidak suka bersosialisasi. saya skrg berpikir bagaimana untuk membuka hati saya, mencari gairah hidup dan mendapatkan “cahaya”. karna sholatpun spertinya saya kurang ikhlas…. bagi teman-teman, kiranya berkenan saya siap menerima masukan. trimakasih.

206 Suhanda { 02.06.14 at 12:30 pm }

Itulah yang di namakan kehidupan.

207 eka lestari { 02.07.14 at 6:47 am }

hari ini aku sangat lah terpuruk ketika aku kena masalah besar teman teman yang biasanya menemani aku mereka ga perduli seolah olah tak sedikit pun melihat kesedihan aku. terasa hidup ini ga ada artinya lagi oh tuhan aku mulai lelah dengan semua ini? tapi aku dah mulai timbul rasa semnagt aku, aku tau bukan aku saja yang mengalaminya jadi buat ap aku terus” bersedih berkepanjangan, ….. karna hidup itu ibarat kita membuat kue tar harus butuh proses dan butuh di hias supaya terlihat indah nantinya? motivasi dari diri aku sendiri adalah jangan pernah merasa masalah itu adalh hal yang buruk sesengguhnya masalah adalah sesuatu yang mengarah kan kita ke dewasaan dan ketegaran? tersenyum lah agar semuanya terlihat indah?

208 susancom { 02.10.14 at 10:20 am }

Umur saya 30 tahun,nga punya teman,nga pernah pacaran, punya pekerjaan tapi kehilangan pegangan hidup, ortu mengkhawatirkan masa depan aku,tapi sampai saat ini aku sama sekali nga pengen nikah, karena nga percaya ada orang yg mau mencintai orang.seperti aku, batin aku sangat menderita.

209 tonny { 02.13.14 at 8:13 pm }

Gabung yuk di komunitas kami di bbm pin 2AE6DCB1 mudah mudahan bisa saling menguatkan.

210 Prima { 02.15.14 at 9:21 am }

Meskipun saya orang teknik/IT sudah lama saya tertarik dengan psikologi, pikiran2, hati dan pertentangan2 dalam jiwa manusia. Konflik yg terjadi, kesedihan dan luka luka yg tersembunyi. Cerita cerita yg saya baca, teori2. Memberi saya pemahaman dan ketika mengalaminya sendiri (saya dalam proses perceraian) merasakan sendiri perasaan sunyi, sepi dan hal2 lain yg disebut saya tahu…cinta dan keperdulianlah yg menyembuhkan#Altruiz

211 nanda { 02.17.14 at 12:05 am }

Saya nanda usia saya 21 tahun sudah 2 bulan ini saya takut akan mati , kalo saya mendengar berita kematian saya langsung cemas saya susah nafas , jantung berdebar, dan perut terasa begah, tolong dong share gmn cara nyembuhinya

212 ray2013 { 02.25.14 at 11:01 pm }

aku pernah baca artikel kalau shalat tahajut di lakukan terus menerus dan ikhlas dapat terhindar dari penyakit stress dan depresi.. terus sering membaca atau mendengar bacaan alquran menurut dokter ahli jiwa di eropa sana mengatakan dapat mendatangkan ketenangan jiwa.. silah kan di coba untuk hidup penuh arti dan menatap masa depan demi anak keluarga yg kita sayangi.. amien ya allah… amien

213 Muhammad Afdal { 02.27.14 at 9:05 pm }

saya juga mengalami depresi. Malah depresi saya berat dan telah berlangsung lebih dari 6 tahun gara-gara putus cinta dan minum-minum, trus pola hidup ga sehat serta banyak kesalahan dan dosa-dosa yang lain..
terapi saya adalah bertobat kepada Allah, banyak istigfar dan minta ampun..dan tidak kalah penting yaitu banyak menyukuri nikmat-nikmat selama hidup saya ini dengan banyak bersedekah dan berbuat baik dengan menolong orang. Hasilnya Alhamdulilah banget. Hidup saya berubah banyak, saya jadi lebih baik dan lebih baik lagi. sekarang saya makin bahagia dengan selalu istigfar, sholat, selalu berdoa dan selalu bersyukur. terimakasih buat artikel dan teman-teman semua, semoga bermanfaat amin.

214 Adee Utami P { 03.06.14 at 2:54 pm }

Saya sering memikirkan hal hal yang aneh sehingga pikiran saya sering stres apa ada ya? Rasanya ingin curhat tetapi tak ada teman curhat beban hidup yang berat

215 andry { 03.07.14 at 4:27 am }

trimakasih buat postingan nya..
sekarang saya tw saya kna depresi.
saya depresi karna kegagalan.
1 aku pngn jadi dokter tetapi dalam hal blajar otak sya itu yg paling aktif adalah otak logis.
saya sngat suka dngan angka sdangkan kedokteran itu harus penuh penghapalan..
skarang sya menganggur demi cita2 itu..
skarang sya sadar
sya tidak bisa brkhendak sndiri dan harus merelakan untuk tidak dapat kedokteran…
skarang sya akan trfokus pda Teknik dan akan kuliah…
Trimakasih buat postingannya lagi.
ini sangat brmanfaat..
:’( —> :)

216 rere { 03.08.14 at 7:11 pm }

Dari kecil sy sudah mengalami trauma krn perpisahan org tua sy.Dan sampai saat ini pun perasaan sering putus asa dan sering berkhayal dan berbicara sendirian sering sy lakukan,sy seperti mempunyai 2 karakter yg berbeda ap lagi klw sy sudah marah kadang masalah kecilpun menjadi besar,sering sy marah tidak terkontrol dan suka memaki-maki org yg membuat sy marah tapi setelah sy puas sy lgsg sadar dan kembali baik lagi,klw sy sering skt hati dan mengalami kegagalan pasti yg sy lakukan adalah mencoba bunuh diri dan sudah sering sy melakukanny tp slalu slamat terus,kdg di pikiran sy ingin secepatnya mati agar sy tidak merasakan penderitaan hidup yg terus menerus bahkan sy slalu menyalahkan takdir yg tidak bisa buat sy bahagia,sekarang sy sudah punya anak tapi tindakan2 jelek itu msh sering sy lakukan,sy sering di katakan gila oleh mamah sy sendiri krn tingkah laku sy yg di luar batas org normal pd umumnya,sy sering bgt punya pikiran utk membunuh org2 yg sudah menyakiti sy dah itu sering sy khayalkan bahkan teman sy pernah mengatakan klw sy mempunyai kepribadian ganda,setiap sy semosi kadang sy berubah menjadi pemarah,makan yg berlebihan,menyakiti diri sendiri dan sering menangis tanpa sebab,sy lebih suka menyendiri dan sering tidak tenang klw sedang ada masalah,tidak pernah percaya diri dalam hal ap pun bahkan sering menuduh yg berlebihan terhadap pria yg sy cintai,sp iy sy ini sudah gila atau sy hanya depresi???sy mohon kasih solusi atas masalah yg sy hadapi slama hidup ini sy slalu menjalaniny sendiri dan tdk pernah mau jujur sm org lain bahkan sm org tua sendiri,sy ingin hidup normal seperti org2 lain,tlg bantu sy klw sy berobat,sy takut krn sy bukan org kaya dan sy takut nanti malah membebankan keluarga,sebelum dan sesudahnya sy ucapkan byk terima kasih.

217 Oma { 03.12.14 at 12:48 pm }

Sudah 3 bulan aku mengalami rasa takut kehilangan, elisah, gkhawatir, ingin diperhatikan tapi semua itu belum terjadi pada diri saya, memang usia sudah setengah abad tapi apakah wanita tua tidak boleh, cemburu, gelisah dan rasa takut kehilangan orang yang dicintai? dan orang yang aku banggakan, perjuangkan menjadi pilihan teman hidup berubah total ketika berkecimpung didunia politik. perhatian sudah beralih, tidak pernah memperhatikan aku, cuek. Dan filling aku sangat kuat bahwa dia tergoda dengan wanita lain, aku tidak menuduh tapi aku punya dasar, inilah awal aku mengalami depresi sehingga aku mendatangi psikiater. Alhamdulillah sekarang dalam proses penyembuhan melalui, do’a dan memperbaiki kuwalitas ibadah.

218 acunk { 03.21.14 at 9:42 pm }

Depresi adalah sebuah jalan terjal
Dari hidup kita,
Seperti jalan raya, depresi pasti bisa di lewati dan di lupakan tp butuh sedikit usaha untuk mlewati itu semua, bagi yg berminat sharing silahkan invite pin bb 209c1a5b,atau sms ke nomer 087752839210, insya Allah saya akan bisa sedikit mmbantu tanpa imbalan apapun, krn dulu saya jg pengidap depresi berat. Trima kasih,

219 dicky { 03.24.14 at 12:17 pm }

Makasih saran.nya dan sangat membantu
bngt
Saya klo datang cemas.gelisah saya suka membaca aja kalimat “lailahaila anta subhanaka inni kunntuminadholimin” baca aja sebanyak2.nya insya allah pikiran dan hati terasa tenang lagi

220 arib { 03.28.14 at 4:56 am }

lagi depresi berat krna urusan kamp,smpai pengen bunuh slah seorg dosen yg gw anggap sbg pnghalang buat gw sarjana dan masa dpn gw…

221 Masduki { 03.29.14 at 12:45 am }

Selamat malam.
Saya mempunyai seorang Ibu berusia kurang lebih 75 Thn, dan saat ini kemungkinan besar sedang mengalami depresi yang kemungkinan akibat kesalahan yg telah dia perbuat saat masih muda. setiap ketemu orang dianggapnya polisi yg akan nangkap dan memenjarakannya. saat ini dia susah tidur. mhn solusinya. trims masduki di jambi 085357720040

222 susi rikawati { 04.02.14 at 10:01 am }

terima kasih artikelnya semoga dapat membimbing pembaca untuk mengatasi masalah.

223 ega saputra { 04.02.14 at 12:50 pm }

knpa sih Depresi itu membuat kita slalu kgk tenang/gelisah
kgk karuan…

224 Ridho { 04.04.14 at 7:57 pm }

Kalau anda merasa tiba-tiba asing dengan lingkungan sekitar saat ramai menjadi takut, pandangan kabur, pusing, lambung rasanya mual-mual sama sempoyongan sekaligus pengen pingsan itu namanya panic disorder, rasa cemas berlebihan, pertama sih mungin rasanya kedinginan, tiba tiba pusing tangan dan kaki kesemutan, rasanya pengen dari tempat itu juga dan takut bergaul karena takut gejala itu kambuh lagi, memang berat mengatasi seperti ini secara dilihat dari fisik mungkin sehar dan kuat , tapi ini masalah psikis , yang tahu ya diri sendiri, yang ngrasain diri sendiri, orang lain mana mau tahu. hal seperti ini saya juga alami, apalagi sekarang saya juga lagi sedikit depresi, ke masjid saja yang harusnya tenang kadang merasa asing sering tiba-tiba jantung berdebar kencang dan pengen lari dari tempat itu, tapi kalau saya ngatasin rasa kayak gitu biasanya bicara sama hati sendiri ” ayo sini kalau mau keluar keluar aja, biar sekalian tak hajar kamu ” tapi dengan perasaan yang yakin sama percaya diri, memang kedengarannya lucu tapi itu yang saya lakukan, kalau sudah begitu rasa pd kembali stabil pasti liat sekitar biasa saja dan merasa lebih berani dan tidak ada rasa ketakutan, takut cuma sama yang bikin hidup.

Kadang juga takut samayang namanya dosen pengujui, maklum kemarin sidang juga masih ngulang, sampai sekarang belum tak selesin karena jadi ga fokus dan ga konsen, tapi kadang muncul dalma hati fikiran berani terus hati bilang gini” yang namanya dosen, presiden , pejabat, atasan, boss direktur semua juga manusia, semua bisa mati kapan saja, jadi apa yang ditakutkan?” kadang kata itu sering memotivasi hati saya untuk menjadi lebih berani dan percaya diri.

225 aryakenmada { 04.15.14 at 9:36 pm }

Situs ini membuat A•k•u sedikit lega ternyata -A•Q- kurang percaya diri

226 Annisa { 04.18.14 at 10:52 am }

defresi memang membuat kita selalu ketakutan saya pun mengalami hal itu berawal dari mimpi akan mati hingga akhirnnya saya merasakn defresi takut mati seolah olah saya akan mati cepat dan takut berhadapan dengan orang lain di sekitar saya akhirnya saya mencoba pengobatan dengan fsikoterafi dan berusaha lebih mendekatkan diri lagi pada sang maha pencipta (Alloh SWT). memang membutuhkan proses untuk menuju pada kesembuhan itu terkadang masih suka kumat tpi itu hanya selintas dan berusaha meningkatkan keyakinan kita burusaha ikhlas dan ridho. sekarang saya merasa lebih baik dan dengan adanya artikel ini saya pun jdi lebih merasa tenang bahwa bukan saya sendiri yang merasakan seperti ini dan saya pun menganggap ini adalah hidayah dari alloh swt untuk menuju kepada ibadah yang lebih baik lagi. amiin

227 Anxiety Makes ur life disappear { 04.21.14 at 7:27 am }

Saya udh hmpir 4taun.Kena gangguan kecemasan n dEpresi.Gara2 masalah kuliah,tak sesuai ma jurusan.tapi tetep 4taun sy kuliah dibetah2in.Pengen keluar,at pindah jurusan ak galau.Cz ayah aku keras bgt orangnya beliau kebetUlan TNI AD.bisa kalian bAyangin.Kalau aku gag nurut kata beliau,aku suruh ouT dri rumah.dan mgkn krn wkt itu aku dah kna ini gangguan. aku jadi plinplan,nentuin keputusan.pengen pindah jurusan nanti begini2,dsb. aku cApek,padahal dulu smenjak sekolah aku juara kelas terus.Skg malah kaya gini.Walau kuliah masih tetep jadi anak pinter.tapi itu aku betah2in,dgn belajar dlm keadaan trtekan.
Skg dah smtr 8,skripSi.Alhasl 4bln blm ak krjakan.Ga ngampus pula.Males keluar rumah pula.
Blm lg,ayah aku yg ketahuan maen perempuan diluar mungkin.Gara2 aku Bc sms diHape nya aku pergokin.Ibu aku sdiH bgt.
pdhl yg selama ini,nemenin berobt kemana2.dari k doktr jiwa,pSikolog,ustadz,org pinter.dari siang ampe tengah mlm.bw kendaraAn,ibu aku.ayah aku cuma nyalahn aku mulu.ayah aku selalu bilang aku dah ga waras.ada gtu anak kaya gini.anak2 lain tidak. dan trnyata disaAt aku sakit,n brusaha berobt ayahku lg leha2 mgkn sama cewek nakal.Masyaallah. oh shit. aku dah beberapa kali ingn bunuh diri.
Blm lg orang lain yang tanya.Ga kekampus mbk? kuliahnya dah selesai? smkn trtekan.

Invite saya pin bB 759507E8

228 Merry { 05.09.14 at 5:04 pm }

Depresi itu bisa disembuhkan… Depresi itu memang membuat kita seperti akan mengalami kematian.. selalu mimpi buruk dan tidak punya semangat hidup. Tapi depresi itu bisa disembuhkan oleh bantuan seorang terapis/ psikiater.. Memang penyembuhan itu tidak instan. Kita dilatih untuk melakukan kegiatan yang kita sukai dan kita dilatih untuk mengalihkan pikiran negatif ke pikiran positif atau yang menyenangkan. Memang dengan bantuan obat yang diberikan psikiater kita bisa lebih mudah mengontrol pikiran kita dan alhasil kita akan merasa lebih baik dengan pengobatan tersebut.

229 hasbullah { 05.14.14 at 9:25 am }

Betul sagat bagus ,
Dan hebat hebat lh.
Terima kasi :)

230 wawan firawan { 05.18.14 at 1:54 pm }

selamat sore,,,sy wawan sy punya masalah yg berawal dari omongan saya sendiri bahwa saya telah memfitnah orang.yang saya ceritakan kepada orng laen yg sy percaya,,namun orang yang sy percaya ini,menceritakan lagi ke orng laen, sampai hampir di sekitar lingkungan sy tinggal mengetahui masalah ini,. saya sudah mengakui perbuatan sy,tp kayaknya mereka tidak percaya dngan sy. omongan sindiran tentang perbuatan yang telah sy lakukan dari orng-orng di skitar saya,selalu sy dengar setiap hari.sehingga sy merasa benar-benar hancur.teman-teman sy semakin menjauh,dn tidak ada lg tempat untuk berteduh. sy butuh masukan,karena sy benar-benar bingung menghadapi smua ini.

231 heru ersandi { 05.27.14 at 9:35 am }

Gino q punya masalah dengan sekolahan q …
Q dapat kasus disekolahan .. dan aq dibicarakan oleh guru” disekolahn untuk dikeluarkan …
Tp q tak mw keluar karna q tak mw liat orng tua q sedih ..
Q juga tak mw dia tau masalah kasus q buat beban pikiran mereka .
Jalan tebaik yamg harus dilakukan sebaik nya gimana .. tolong saran nya ..

232 siti { 06.19.14 at 6:45 pm }

umur sya bru 14 tahun. tpi sdh mengalami yang nmanya depresi akut. moga artikel ini bisa mmbntu sya ea. trims jga ats tips2ny.

233 bela { 06.24.14 at 1:47 am }

aq pyk mslh ma diri aq,aq ngrasa sedih bgt,ntah apa yg aq pikirin tp aq sedih,bhkan smpe nangis,saat sdng apapun tiba2 mikir apa atw siapa ajj aq bs ngeluarin air mata,tp di saat berada di kumpulan tmn2 yg ktawa aq bs ktawa lepas,tp hnya dlm hitungan dekit stlh aq kluar dr mereka,aq ngrasa sedih,hati ini ngblank ga jlas,pengen marah rasanya,tp ga tw siapa yg hrs aq marahin,pengen teriiak sekenceng2nya klo bisa,saat bwa kendaraan ajj otak aq kemana2 ga jlas,di otak rasa mo marah,pengen mukul apa gtu..
wlau itu ga pernah terjadi,aq msh bs kontrol,yg aq permasalahin knp aq bs seperti itu,seperti hidup ini flat,kosong diantara ramai org,dan mengeluarkan air mata diantara obrolan yg lucu.. terima kasih atas bantuannya,plz HeLp Me……..

234 Rhafa Park { 07.02.14 at 10:27 pm }

Ass~
saya Rhafa, umur saya 18 tahun. Sebenarnya saya baru lulus SMA tahun ini, ketika saya beres UN saya memikirkan hal-hal apakah yang akan saya jalani kedepan? Saya sudah daftar di salah satu universitas negeri, namun tidak lolos dan itu membuat saya down. Sesaat sebelumnya saya juga telah merasa cemas, gelisah, ketakutan yang berlebihan, suka berpikir negatif, merasa kematian dekat, mudah lemas, sering diam di kamar, kira” itu sudah terjadi 2 atau 3 bulan sampai sekarang. Dan sekarang ini saya malah tambah parah tak ada nafsu apa-apa, gak ada semangat hidup, terkadang ingin bunuh diri, ingin berteriak dan melakukan hal yg tidak wajar. Saya mungkin sudah seperti org gila. Dan saya tidak tau harus bagaimana jika tiba-tiba saya meminta orangtua saya untuk menemani ke psikiater atau psikolog untuk mengatasi depresi saya ini. Apakah ada cara lain dan yg lebih mudah?

235 rd1 { 07.04.14 at 8:50 am }

Hai. Gue ngerasa hidup gue mulai berantakan sejak 6 bln lalu. Gue ribut sm cwe gue, dia jg bsn sm gue. Beberapa hari kemudian dia berubah bgt. Semua sikp san perhatian dia bwt gue udh berubah semua. Yg gue takuton terjadi, dia selingkuh dibelakang gue. Walaupun dia ga ngakuin itu, ya namanya selingkuh ga harus pcrn sm selingkuhannya pas dia msh sm gue kan? Semua selingkuhan awalnya dari tmn. Dia berubah 180drjt cuma dlm 1 minggu. Kemarin dia msh manggil gue syg, kmrn dia msh janji bkln sama gue selamanya, kmrn dia msh janji klo kita gaakan saling ninggalin. Gue gatau apa yg terjadi dia berubah, ngajak putus. Dia blg udh gapercaya, dia blg kita udh ga cocok, dia bilang gue gabisa nerima sikap dia. Gue liat dia pegangan tangan sm cwo barunya didepan mata gue. Banyak lg yg mau gue ceritain tp sebaikna ini aja. Well gue mau nanya :

1. Skrh gue jd gbs prrcaya sm org lain. Gue mikir semua org itu jht krn emg mereka jg gaada yg peduli sm gue. Gue narik diri gue dr pergaulan dan menyendiri. Padahal dlm hati gue pgn bgt pny sahabat yg bisa nemenin gue. What shall i do?
2. Karena itu gue jd mls am namanya perempuan. Gaguna. Semua cewe juga bkln sama aja, gaada cwe yg ga ngedahuluin kepentingan pribadinya. Gue benci sm semua cwe didunia. Cewe manasih yg gapernah ngeboong? Kalo ada kasi tau gue
3. Gue nyesel punya pcr dia dan gue nyesel knp gue harus seriua bgt am dia! Kenyataannya dia ninggalin gue, kenyataannya janji janji itu cuma kosong! Busuk bgt busuk. Menurut lo gmn ya caranya hidup tampa seorang perempuan seumur hidup, tanpa nikah nnti? Gue lebih suka jalan itu.
4. Gue sadar kalo kata “forever” itu artinya “as long until i meet new person” stuju? Well yg pernah ngelakuin dan msh berani ngejanjiin “forever” bwt yg baru itu muna,MUNAFUCK.
5. Intinya gue gapercaya sama satupun makhluk didumia skrg:) gue lost control. Gue emosian bahkan sampe ngelawan guru ngelawan ortu sempet. Tmn2 gue juga gaada yg peduli sm gue. Tolong yang bisa yakinin gue kalo harapan itu masih ada, kalo masa depan itu ga seburuk apa yg gue bayangin. Gue minta tolong banget. Gue nitip pesen ini buat semua org yg ngalamin hal ky gue, to hate is better than to forgive:) benci dia, benci lo sm org itu bk jadi kekuatan lo buat ngalahin dia. Jangan kepancing sm memori masa lalu karena itu skrg bukan dia. Gaakan ada lagi dia yg dulu buat lo:)

236 izzal ntb { 07.16.14 at 7:26 pm }

nice tips,,saya izzal sy jg pnh mengalami depresi yg membuat khidupan saya jd berubah muram,tertekan,dan menjadikan sy pesimis thd kehidupan,trutama stlah kedua orang tua sy meninggal, sy jd trhambat dlm mengembangkan diri dan karir, dan dokter memvonis sy hrs slalu mnm obat stp hari, saya bth motivasi,tmpat berbagi,dan orang yg mw diajak berbagi pengalaman dan solusi menghadapi ini semua,kalau ada rekan2 yg mw berbagi cerita dan kiat menghdpi depresi hubgi aku ya 081907459074

237 surya { 07.20.14 at 5:59 am }

setelah sya bca artikel di atas sama persis spt kejadian2 aneh yg sdang sya alami. akan tetapi sya sndiri tdak tau apa penyebab nya?
sya kdang2 salah tingkah bila berjalan di kalangan orang banyak karna orang2 spt menganggap sya orang gila dan saya skarang jga takut untuk knalan sama orang baru yg saya knal krn saya takut dia merasa ga enak dan nyaman di dekat saya..
:(
padahal saya ingin sangat punya bnyak teman dan bercanda tawa spt masa masa sya masih sekolah dlu..
saya bnar2 bingung dg fikiran dan perasaan saya skarang?
apakah mgkin bnar saya sudah gila ?
sngguh sya berharap sekali supaya hidup saya tenang seperti dulu..
:(
mohon solusi atau komentar nya ya.

238 lail { 07.22.14 at 7:47 am }

Gmn ya lihat balasan dr komentar kalian trutama dee, dexa, ariani ama komen y mama, kejadian mereka apa yg saya alami skrg

239 woodelf92@ymail.com { 07.25.14 at 12:31 pm }

ternyata bukan saya aja yg menderita didunia ini,
saya kadang heran knapa yg depresi rata” orng yg sudah bnyk mendapat masalah dlm khidupny?
tak cukupkah masalah ini sampai ditambah sakit juga?
ini yg saya pikirkan sampai skrng ampir gila. . .

tp setiap saya merasa tidak mampu
saya inget orng yg ikut menangis, dan membantu saya mencari obat dari sakit saya ini, jd kuat lg deh hee

hidup ini emng sulit friend
kita yg hrus membuat keajaiban
dgn ttp bertahan, jgn nyerah,
kasian yg ad disampingmu. .

240 roy { 08.07.14 at 11:41 pm }

Saya secara pribadi bersyukur bisa membaca artikel di atas dan melihat komentar2 teman2 sepertinya ada kemiripan dengan yang saya alami. Kejadiannya beberapa waktu yang lalu saya gagal dalam tugas akhir saya, lalu saya silap meletakkan dompet saya, banyak kesalahan yang saya lakukan sehingga membuat saya depresi lambat laun saya sering mengurung diri dan berpikiran buruk tentang diri saya. Lalu muncullah tanda2 fisik yang menghawatirkan dimana pikiran saya ruwet, wajah saya cemberut , mata saya ingin menangis, ketika di keramaian orang-orang sering melihat aneh saya karena penampilan saya yang lesu , saya mau kembali sperti sedia kala lagi ceria dan bisa menikmati hidup dan bersosial , bila ada teman2 yang mempunyai tips untuk mengembalikan semangat atau mau curhat sms 085373877742 ya mudah2an kita saling menguatkan . Ayo kita berjuang bersama2. Terima Kasih

241 ydewi3005@gmail.com { 08.15.14 at 9:01 am }

Untukmu yang sedang tenggelam ke dasar kesedihanmu, sesungguhnya engkau tak sendiri.

Di malam yang damai ini, bisikkanlah kepada Tuhanmu seperti ini semua adalah kalimat-kalimatmu …

Yang Maha Lembut,

Telah lama aku berjalan di jalan-jalan derita, yang hanya dijalani oleh mereka yang terluka dan terkhianati.

Di sinilah Engkau dapat menemuiku, yang selalu berjalan lamban menyeret beban hatiku yang berat dan lembab dengan air mata.

Suram matahariMu dalam pandangan mataku yang sayu karena tak mampu menghentikan leleh air mata yang bertanya mengapa aku yang disedihkan.

Dan jika orang menemuiku di sini, dia tak akan menemui jiwaku yang telah kutinggalkan di surau kecil di kaki bukit di dusun sana.
Yang Maha Penyayang,

Selamatkanlah aku, keluarkanlah aku dari jalan kesedihan ini, kembalikanlah jiwaku yang terluka itu kepadaku, ajarilah lagi aku tersenyum, beritahulah air mataku untuk menahan diri, dan ramahkanlah dunia ini kepadaku.

Janganlah Kau kejamkan hati dan bibir orang kepadaku, lembutkanlah sapa mereka kepadaku, sentuhlah hati mereka agar terbersit sedikit kasihan kepadaku.

Yang Maha Damai,

Aku juga ingin merasakan kedamaian, aku juga kangen disapa dengan kasih sayang, dipanggil namaku dengan ramah, dan didengarkan saat aku menyampaikan kerinduan hatiku untuk berguna bagi mereka.

Tuhan, ijinkanlah aku berbaring mengkerutkan tubuhku dekat-dekat kepadaMu. Aku telah lama ketakutan. Aku telah lama bersedih. Aku ingin berhenti menangis. Aku letih merasa kotor. Aku ingin Kau bersih

242 inge anastasya R { 08.22.14 at 9:06 am }

Sya sering inge umur 16 thn. Sya suka mrasa stress sma kehidupan sya ini , dr sya kcil smpe skrang saya ditinggal orang tua kerja dn gx pernah diperhatikan sma skali , sya pernah protes dngn ortu sya , tp mreka mlah menyalhkn sya , kta.a tugas sya itu skolh dn ngurus 2adek“ sya. Bahkn sya dr kcil dititipn sma nenek sya . . sya bosan sya setrez sya mau kya kluarga laen , ,bs kumpul dn bercanda sma kluarga . gara“ ini sya itu mles ktemu orang“ untuk bersosialisasi sya lebih suka diam dn mnyendiri , ,tp. Ktika sya disekolhn sya biasa ajj sya sering lupa msalah sya tp ktika sya plang kerumah nenek sya setres itu datang kembalii .
Tolong bntu sarannya ?

243 Pradita Egarestya { 08.22.14 at 7:52 pm }

saya juga suka mengalami depresi saya juga suka mengulang ulang kerjaan yg barusan saya lakukan apakah saya gila? tpi dilain sisi saya juga adlh suka menjadi orang yg dewasa dan juga kadang kalo beranda suka seperti anak autis saya mau nanya apa yg terjadi pada saya? dan juga saya suka linglung saya juga susah kalo berpikir terlalu keras maka kepala saya jdi pusin, dan juga saya merasa saymerasa ada orang lain yg suka berbicara yg nggk bener didalam hati saya? ada apakah ini sebenarnya? tolong jawabannya terimakasih

244 FITRI { 08.28.14 at 8:57 pm }

AYOO SEMUA TETEP SEMANGAT YACH!!
ENAK GA ENAK ,HDUP TETEP HARUS DIJALANI. JANGAN PERNAH MENYERAH YACH,KITA GA AKAN PERNAH TAU APA YG AKAN TERJADI BSK.WALAUPUN AKU JUGA MSH TAHAP BERJUANG,BLH KITA SHARE,MGKN PENGALAMANKU DAPAT MEMBANTU KALIAN.
1TAHUN YG LALU AKU DIDIAGNOSA KENA ANXIETAS DAN DEPRESI. TAPI SKG MALAH JADI AFEKTIF BIPOLAR. ENTAHLAH APA ITU,AKU GAG MAU TAU,AKU KENAPA.YG PTG AKU FOKUS BGMANA CARANYA DAPAT SEMBUH :)

INI PIN SAYA 759507E8

245 Manda { 08.30.14 at 5:21 pm }

Sy ibu RT usia 30thn,,sdang hamil 7bln.
Sy merasa mngalami pnyakit aneh.Setiap sy mlakukan aktfitas rumah/apapun itu sy spt org bingung,linglung,malas,gk ada gairah,slalu mrsa ngntuk(wlw br bngun tidur),mendengar lagu”/trngiang” kata2 org,gk nyambung,gk bs byangin/mnghayal crita org,gelisah,kosong,sedih,kl mw mlakukan s’suatu kyk org bingung(smua brntakan),lamban,suntuk seharian mw kluar/gabung ama teman malas krn sy gk ngerti crita mrka(kdng mrka tertawa/sy kyk org bingung dan pura” trtawa agar spt ngerti). Kl mw ktmu org/ke warung/angkat tlp sy sudah karang apa yg bakal sy critain/omongin,,kl naik kndaraan wktu brhenti sy menebak bakal di tabrak,kl sy brdoa makan sy mrsa ada kucing yg makan nasi sy,atw mlakukan apapun fikiran sy kacau/fikiran sy menakut2i sy. Apa lg klau di dpan org sy spt org bingung. Kl fisik lidah trkdang spt kebas,leher kaku,pundak sakit. Penyakit apa ini?? Tlg bantu sy,sudah 1thn sy alami ini.

246 Manda { 08.30.14 at 5:45 pm }

@PRISKA..
Pin nya di add kok gk di konfirmasi??? A/n Dinda??

247 dc { 09.07.14 at 5:18 pm }

Artikelnya bagus… itu semua yg sedang saya alami skrg… gejala-gejala itu yg sedang saya rasain sakarang… saya merasa berat menjalankan hidup saya apalagi setelah saya gagal dalam hubungan asmara saya yg sdh berjalan 7 th dan sudah amat sangat dalam.. apalagi sekarang dalam pekerjaan saya memang jabatan itu bergengsi ya menurut saya tanggung jwb adalah segalanya krna saya mengurus karyawan yg lain.. itu yg menjadi tambahan beban hidup saya.. dalam lingkungan kantor ada seseorang yg care dan syg sama saya sempat jd pacar saya tp krna ketakutan itu hubungan saya jd berakhir.. wlaupun begitu pria itu ttp jd patner kerja saya krna bagaimanapun dia satu ruangan dgn saya bahkan mejapun berhadap2… saya merasa depresi bgt dgn semuanya… terkadang apapun yg terjadi di kantor itu membuat saya tdk merasa nyaman lagi… sampai ada pikiran utk resign tp saya msh membutuhkan pekerjaan ini… bagaimana saya harus menghadapi semuanya sndiri.. saya merasa takuut.. gelisaah dan gak mampu… tlg ksh info psikiater yg bs membantu saya.. saya ga mau di sebut org stres/gila…

248 ravell { 09.10.14 at 8:40 pm }

Trnyata yg mngalami ini smua bukan cma saya..
Doain ya all spy saya cpt smbuh..
Kita saling doain aja yahh..
Kalian jgn sedih krna saya jg mrasakan apa yg kalian smua rasakan.. (Depresi)
:)

249 raja { 09.20.14 at 10:00 pm }

Sahabat-sahabat yang terkasih… saya mendengar keluhan saudara semua,, KITA ini semua tersesat…saya mendengar keluhan2 teman2 semua yang merasa janggal harus ke psikiater,,, ada solusi teman2 jika merasa belum siap mental dan batin ke psikiater,,Yaitu ke hypnoterapis ini tdk bertentangan dengan agama , berasal dari hipnosis menjadi hypnoterapi. mekanismenya kita terkadang kalau depresi,,kalau konsultasi dengan orang2 memang baik ketimbang berdiam diri,namun terkadang terlalu depresinya kata kata dari teman itu nolak ke pikiran kita daj jiwa kita yang sakit,Hypnoterapi mekanisme nya mengsuggest ke alam bawah sadar manusia,, di kick andy dlu pernah di tampilkan,untuk lebih jelas nya sahabat2 q semua cari aja di google tentang hypnoterapi. saya juga lagi proses untuk mulai berobat ke sini.
sahabat2 semua dengan adanya artikel ini ,kita sudah banyak dsini sehingga kita tdk sendiri lagi,jadi kita masing2 jangan takut ya,,,

alamat fb: rajaksonmalau@yahoo.co.id

250 Rahmat { 09.25.14 at 1:44 pm }

Sudah menjadi Sunnatullah untuk setiap manusia pasti akan menghadapi cobaan sebagai pertanda bahwa ke-imanan dan kesabaran seseorang sedang di uji, dan Allah hanya menguji seseorang sesuai kadar kemampuannya. Mendekatkan diri dan berdoa ke pada Allah satu2nya obat yang paling mujarab. Semua masalah ada jalan keluarnya, yang dibutuhkan adalah kesabaran & keikhlasan bahwa semua persoalan cepat atau lambat akan berakhir pada waktu nya. Aamiin

251 achank { 09.30.14 at 12:51 pm }

sudah satu bulan juga saya nglamin hal yg kyk kalian alamin yaitu takut, cemas, geliasah, pikiran negatif, takut naik kendaraan kalau mau berpergian jauh, suka parno, gk semangat, kalau mendengar ada org mati atau kecelakaan suka merinding terus badan rasanya lemas panas dingin bergetar, saya juga gk tau apa penyebab tiba2 saya jdi bgni, tapi saya skrg mulai senang lagi karena saya tidak sendiran dan mulai termotivasi lagi buat sembuh, dan saya skrg sering berdoa dan sholat serta skrg saya juga mulai mencoba sholat sunah tahajjud, karena dengan berdoa kepada Allah meminta ampun kpdanya semua akan bisa kita lewati dan insyaallah akan ada jalan keluarnya, yg penting yakin bisa sembuh kembali bisa kuat kembali dan bisa semanga lagi, hanya kepadaNYA lah kita meminta dan memohon semoga Allah memberikan yg terbaik buat kita, amin mudah2an kita cepat sembuh seperti sedia kala amin ya robbal alamin pin : 2775065a

252 widya { 10.02.14 at 8:18 am }

terkadang aku selalu tak di pedulikan dengan orang lain dan hal itu membuatku lemah sehingga muncul depresi
kematian membuatku takut dan aq mencoba bertahan akhirnya sama aja
semoga tuhan memberiku jalan keluar .amin

253 homeless { 10.07.14 at 9:22 pm }

jika beberapa orang tlah bicara menjadi lebih baik bisa anda membantu aku sekarang aku dan keluargaku hancur setlah kbangkrutan ayahku kami tidak mempunyai apapun bahkan rumah tinggal seperti di jatuhkan bom kami hancur disini ada yang mau berbagi membantu aku mendapatkan jalan keluar aku tinggalkan thismyworld94@gmail.com disini .

254 maya { 10.10.14 at 3:47 pm }

Depresi tidak dapat ditebak datangnya tapi yakinlah kita pasti bisa sembuh.. YAKINKANLAH!!! Saya seorang wanita karier usia 31thn, dgn seorang anak wanita 7thn. Saat ini saya juga masih berperang dengan depresi saya yang terjadi sejak 5bulan lalu. Awalnya saya tidak bisa berhubungan dengan siapapun,takut melihat muka orang yang bisa berubah menjadi seram. Tidak bisa menyetir, hidup bagai mayat yang berjalan. Tidak bisa tidur sama sekali. Badan remuk redam. Tapi setelah saya mengenal Tuhan Allah.. keadaan membaik, saya bisa lebih tabah walau masalah selalu datang menimpa (justru masalah2 yang menyebabkan saya depres). Dan saya masih berjuang…. kenali penyebab depresi dr dalam diri. Saya menulis ini ingin berbagi semangat kepada orang2 seperti saya… bahwa kalian sungguh tidak sendiri yang mengalaminya. That”s Life !! Masih ada harapan dalam Yesus !! Sungguh ada hari itu.. serahkanlah iklas .. Mujizat akan terjadi…. !! PIN: 7CFF4B41 (minum vitamin B1,B12,asam amino, Vitamin C) Jangan lupa minum air putih yang banyak.. sayangin ginjal dan otak serta jantung. Saya menyayangin semua pembaca di bloq ini…. kalian sama dengan diri saya… semoga kalian dan saya diberikan ketabahan.

255 rizal { 10.21.14 at 8:18 pm }

Sy merasa tidak ada smangat hidup lgi krn narkoba,,,
Smua pikiran dii otak jadi negatif..
Sy tdak bisa kluar dii smua ini sendiri
Tolong bantu sy…
Sy capek dgn smua ini,sy tersiksa skali rasanya.
Sa tidak tw k’mana arah hidup ini
Pikiran sy slalu pendek
Merasa tidak perna percaya dengan diri sy sendiri

Leave a Comment