Bagaimana Mengatasi Rasa Gugup

by admin on July 18, 2012

gugup

Anda punya janji kencan, atau memiliki rapat penting atau harus berpresentasi di depan kelas?
Anda tidak bisa duduk diam, tangan dan kaki anda gelisah ? Telapak tangan anda mulai berkeringat, anda tidak merasa tenang dan gugup?

Apa yang anda lakukan?

Apa yang anda lakukan di awal untuk menghindari rasa gugup? Dan apa yang bisa anda lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa gugup yang tiba-tiba datang sewaktu-waktu atau sesaat sebelum momen penting tersebut? Di bawah ini adalah beberapa tips, yang bisa anda gunakan hari ini juga, dan beberapa lagi bisa anda terapkan pada kehidupan anda di waktu yang akan datang.

Anda akan mencoba untuk mengkombinasikan beberapa dari tips di bawah ini. Sebagai contoh, jika anda sudah merasakan energi rasa gugup yang tinggi jangan langsung menvisualisasikan hal yang positif, karena itu tidak akan memberikan efek yang signifikan, dimana pikiran anda sudah banyak mengeluarkan visualisasi negatif. Melainkan, ambillah napas dari perut beberapa kali untuk menenangkan diri dan mengkonsentrasikan diri anda pada situasi saat ini, serta menghilangkan pemikiran negatif yang akan terjadi nanti. Setelah napasmu kembali normal dan tenang, visualisasikan sebaik apa pertemuan yang akan datang itu.

Anda Harus Siap

Tentu saja anda harus siap. Jika anda akan mengadakan presentasi maka pelajarilah catatan-catatan anda dan apa yang akan anda sampaikan secara cermat sebelum anda maju ke depan. Jika anda akan memiliki pertemuan penting, lakukan tugas-tugas anda, sehingga anda bisa mengetahui apa yang mungkin atau akan muncul pada pertemuan tersebut. Jika anda akan berkencan, mungkin pikirkanlah beberapa topik yang menarik atau pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan agar ketika pembicaraan anda berhenti dan menemui titik dimana terjadi keheningan yang aneh, anda sudah siap. Jika anda akan melakukan interview pekerjaan, pikirkan tentang apa yang mungkin akan ditanyakan oleh mereka dan pikirkanlah beberapa jawaban yang baik.

Mempersiapkan ini semua dengan hati-hati dan cermat akan mengurangi rasa gugup anda secara signifikan. Mungkin mempersiapkan semua ini tidak selalu menyenangkan, tapi persiapan yang matang tidak hanya akan sangat membantu untuk menghilangkan rasa gugup tapi juga memberikan hasil yang optimal pada presentasi anda atau akan membuat anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Tanyakan pada Dirimu, Hal Terburuk apa yang Akan Terjadi?

Apa hal terburuk yang mungkin akan terjadi? Bagaimana hal tersebut bisa mempengaruhi anda di waktu mendatang? Dalam banyak kasus anda akan menemui jawaban : tidak akan memberi efek banyak. Sangat mudah untuk memikirkan apa yang akan terjadi dan konsekuensi yang mungkin terjadi dalam pikiran anda seperti hal tersebut adalah masalah hidup dan mati, terkadang itu terjadi. Bertanya tentang hal-hal yang lebih simpel akan membuat sesuatu menjadi lebih sehat dan lebih menenangkan dirimu.

Tarik Napas 30 kali Dalam-dalam

Bernapas melalui perut adalah hal yang mengagumkan untuk menghilangkan rasa dan visualisasi negatif dan mengembalikan diri kita pada keadaan saat ini. Hanya dengan beberapa kali bernapas melalui perut bisa merubah rasa gugup dan napas pendek menjadi tenang dan tegar. Sungguh mengagumkan betapa cepatnya hal ini bisa merubah perasaanmu. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda lakukan :

  • Duduk dengan posisi yang santai dengan kakimu terlentang.
  • Simpan tangan anda di perut. Menggunakan perut, bernapaslah perlahan melalui hidung. Jika anda melakukannya dengan benar, maka perut anda akan membesar dan anda akan merasakannya melalui tanganmu.
  • Buang napas secara perlahan melalui hidung dan lakukan dengan sedikit tenaga sehingga perut bisa tertarik masuk ke dalam menuju punggung anda.
  • Tarik dan buang napas selama 30 kali, ambillah napas yang perlahan dan dalam.
  • Setelah anda mengambil 30 kali napas dalam dan fokus untuk menghitungnya, maka tidak hanya anda akan merasakan lebih santai dan terfokus, tubuh anda juga akan secara otomatis bernapas seperti itu tanpa perlu fokus padanya.
  • Mengambil napas dengan menggunakan perut akan berguna juga ketika anda mulai merasa gugup atau tidak fokus ketika anda dalam interview/presentasi pertemuan.

Visualisasi Dengan Cara yang Positif

Seringkali banyak waktu sering kita gunakan untuk menvisualisasi apa yang mungkin salah pada masa depan. Hal ini tentunya bisa membuat tingkat rasa gugup yang tinggi. Hal ini juga bisa memberikan hasil yang sama seperti apa yang anda imajinasikan atau takutkan. Jika anda berpikiran akan gagal, maka anda telah mempersulit diri anda sendiri untuk berhasil.

Menvisualisasikan secara positif adalah cara yang lebih berguna dan menyenangkan untuk dilakukan dengan imajinasi anda. Mungkin anda berpikir bahwa menvisualisasikan dengan cara ini hanyalah khayalan dan tidak nyata, tapi menvisualisasikan dengan cara yang negatif pun sebetulnya hanyalah khayalan. Dengan cara manapun, anda hanya memikirkan hal apa yang mungkin terjadi nantinya. Menvisualisasikan dengan cara yang negatif mungkin terlihat lebih realistik karena itulah yang banyak orang lakukan, atau bahkan itulah yang anda sering lakukan setiap hari pada tahun-tahun terakhir.

Bagaimana anda menvisualisasikan sesuatu yang akan terjadi akan banyak merubah bagaimana anda bersikap, apa yang anda katakan dan apa yang anda rasakan pada masa yang akan datang dan hal-hal itu bisa memberikan efek yang besar pada apa yang sedang terjadi.

Ini adalah beberapa instruksi praktis untuk anda, semisalnya anda akan menghadapi suatu pertemuan :

Visualisasikan betapa besarnya kejadian yang akan terjadi, dan betapa hebatnya perasaan yang akan anda miliki pada pertemuan tersebut. Bayangkan diri anda tersenyum, positif, terbuka dan sedang menjalani hari yang baik. Lihatlah hasil yang baik dari pikiran anda, dan luapkanlah dengan menvisualisasikan bahwa itu telah terjadi, bahwa pertemuan sudah selesai dengan hasil yang diinginkan. Hal ini sangat efektif dan akan memberikan mood yang baik dan tenang sebelum anda memasuki pertemuan pertama, kedua atau bahkan ke dua puluh.

Solusi di atas adalah cara yang lebih cepat. Tips di bawah ini lebih membutuhkan waktu untuk melakukannya. Ini bisa memakan waktu berminggu-minggu, bulan atau bahkan tahun. Dengan berjalannya waktu anda akan secara perlahan membuat ide-ide ini menjadi bagian yang penting dalam hidup anda. Dan hal-hal ini bisa membuat anda semakin tidak gugup dalam situasi apapun.

Berlatih, Berlatih dan Berlatih

Semakin anda berlatih, mengambil aksi dan menempatkan diri anda pada situasi yang bisa membuat anda gugup, akan membuat anda semakin percaya diri. Jika anda sudah pernah mengalami hal tersebut sebelumnya, maka anda akan tahu apa saja yang mungkin akan terjadi, sehingga anda akan semakin merasa nyaman dan tidak gugup.

Menyadari Bahwa Orang-orang Tidak Begitu Peduli Dengan Apa yang Anda Lakukan

Salah satu sumber dari rasa gugup adalah terlalu terfokus pada apa yang akan orang-orang pikirkan tentang anda dan selalu berpikiran bahwa kritikan mereka adalah selalu mengenai diri anda. Tapi sebetulnya orang-orang tidak begitu memikirkan apa yang anda lakukan. Anda memusatkan perhatian pada permasalahan, tantangan dan kemenangan dari hari ke hari dan itu adalah hal yang sama persis dilakukan oleh orang disebelah anda.

Secara umum, orang-orang memusatkan perhatian mereka pada masalah dan tantangan mereka sendiri. Dan kritik mereka seringkali mengenai sesuatu hal yang negatif dalam hidup mereka dibandingkan apa yang telah anda lakukan, jadi tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Menyadari apa yang anda lakukan tidak begitu penting untuk orang lain mungkin akan sedikit mengecewakan, tapi juga bisa melegakan.

Sangatlah mudah untuk kembali pada sikap manja dan memikirkan apa yang orang pikirkan tentang anda dan apa yang anda lakukan. Tapi dengan niat, anda bisa secara perlahan-lahan untuk tidak khawatir dan repot memikirkan apa yang orang pikirkan tentag anda. Hal ini membuat anda bisa memiliki kebebasan batin untuk berbuat sesuatu dan mencoba apa yang anda inginkan karena anda tidak merasa terperangkap dalam tanggapan orang-orang.

Tetap Berada Pada Kenyataan

Hal ini berhubungan erat dengan bernapas dengan perut. Ketika anda mengambil napas dalam-dalam dan fokus akan membuat pikiran menjadi sunyi. Proyeksi anda tentang apa yang akan terjadi pada pertemuan atau interview akan hilang. Rasa gugup timbul dari proyeksi negatif atas apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang atau atas apa yang pernah terjadi di masa lalu, mungkin dari waktu terakhir anda melakukan pertemuan atau interview. Ketika anda fokuskan perhatian anda pada apa yang terjadi sekarang maka rasa gugup itu akan hilang.

Cara lain untuk tetap berada atau untuk kembali ke keadaan sekarang adalah dengan memperhatikan apa yang terjadi saat ini. Fokuslah pada kejadian dan suara yang ada di depan anda, jangan pikirkan laporan yang harus diselesaikan sebelum jam 5 sore, atau tentang pertemuan besok, atau apa yang ingin anda santap untuk makan malam. Pusatkan perhatian anda pada kejadian yang sedang terjadi dan jangan memikirkan hal lainnya. Buatlah itu menjadi sebuah kebiasaan dan cobalah untuk mengembangkan waktu yang anda habiskan pada keadaan sekarang sebelum pikiran anda melayang kembali. Berada pada keadaan sekarang bisa menjadi sangat bermanfaat jika anda ingin mengurangi rasa dan pikiran negatif dalam hidup anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

{ 22 comments… read them below or add one }

ubalin personal blog July 25, 2012 at 12:48 am

Sungguh sebuah artikel yang memotivasi saya untuk bisa terus menggali dan meningkatkan pengembangkan diri saya untuk terus maju dan sukses dalam meningkatkan kualitas hidup. Thanks infonya original dan berkualitas.

Reply

Adang Iskandar August 30, 2012 at 3:41 pm

Sungguh artikel yang sangat mantap, Membuat saya mejadi lebih semangat dan menjadi lebih tegar, Untuk men capai sebuah ke suksesan. Makasih banget atas artikel nya.

Reply

alfred September 24, 2012 at 10:20 pm

tks..artikelnya sagat bagus,, akan saya coba langkah demi langkah walaupun sedikit….

Reply

esther October 18, 2012 at 8:42 pm

membuat rasa gugup saya hilang

Reply

OCTORA December 6, 2012 at 10:07 pm

tips ini jika benar benar diikuti aka mengubah kehidupan anda 360 derajat sama seperti apa yang saya rasakan saat ini .. terima kasih tips nya sangat berguna untuk saya..

Reply

husen karyono January 14, 2013 at 6:35 pm

HATUR NUHUN KIN KU ABDI DI COBA SARANNA

Reply

zeva February 12, 2013 at 1:56 pm

Bagus, buat ak sadar utk tdk terlalu fokus dgn apa yg org pikirkan!

Reply

Ubay March 27, 2013 at 10:00 pm

Terima kasih, saya jadi menemukan salah satu jawaban dari permasalahan saya.

Reply

Rika wulandari June 2, 2013 at 4:23 pm

Makasih atas infonya,
gugup saya skrang bisa hilang

Reply

sumadi June 7, 2013 at 10:15 am

Sungguh artikel yg sangat2 hebat,membuat hidup saya jd lbh baik. Tks ya.

Reply

Rifqi Naufal Tohari July 4, 2013 at 5:12 pm

gwe jadi gak gugup lagi nich! pokoknya enjoy it!

Reply

roni yanuar July 30, 2013 at 2:25 pm

artikel yang sangat bermanfaat…saya seorang hipnoterapis banyak menangani klien dengan permasalahan kurang percaya diri / gugup, Alhamdulillah masalahnya dapat terselesaikan dengan baik…bagi yang ingin share silakan hub 085316281711

Reply

Denny Juliansyah August 17, 2013 at 3:52 pm

Thank Atas Infonya Yg Sangat Bermanfaat Bagi Diri Ku Sendiri!

Reply

Ifiy Agustadia August 29, 2013 at 4:49 pm

Benar benar membuat gugup ku hilang. Tips yang bagus

Reply

herry October 23, 2013 at 8:35 pm

mantap ,, gw smkin yakin ne dgn sbuah tanggung jwab.

Reply

Irfandy December 16, 2013 at 7:20 am

Thank you so much,,,
i want to try it all,,,

Reply

veve June 15, 2014 at 4:57 pm

hehehe,lumayan juga tipsnya,,gue mau coba dulu yeeeeee
thank all ok??

Reply

darkin August 1, 2014 at 11:33 am

kalo gw slalu memikirkan hal jadi stress :-(

Reply

erwin amirulloh January 20, 2015 at 7:14 pm

ane kena hukum guru,jadi ane suruh nerangin semua hal yang di terangin guru tadi ke semua murid sialkan?.padahal ane kagak salah.

Reply

doddy azzura February 26, 2015 at 6:36 pm

saya udah mencoba tips diatas seperti yang tertulis. dan ternyata… saya malah mules.

Reply

annie July 16, 2015 at 7:42 am

tetep saja kalo blm biasa pasti akan gugup, Intinya sih kita membiasakan diri saja,

Reply

linda July 27, 2015 at 1:24 pm

I like your artikel, so beautyful

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: