Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Bagaimana Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong?

bohong

Mampu mengetahui seseorang sedang berbohong kepada anda akan sangat membantu kehidupan anda menjadi lebih baik. Coba anda bayangkan sebentar saja …

- Apakah anda mempunyai perasaan yang tidak nyaman jika anda tidak dapat segera mengetahui bahwa seseorang sedang menceritakan sebuah kebohongan kepada anda?
- Apakah anda menjalani sebuah kehidupan dimana anda berkomunikasi dengan banyak orang dan seringkali anda mempunyai sebuah perasaan sepertinya seseorang sedang berbohong kepada anda tetapi anda tidak dapat mengidentifikasinya siapa?

Sebetulnya jawabannya adalah sederhana. Lihatlah gerak-gerik lawan bicara anda, lihatlah mata dan senyumannya. Kenapa? Karena ….. bahasa tubuh tidak dapat berbohong.

Saya yakin kita semua pernah mendapatkan suatu pengalaman dimana kita mendengarkan seseorang bercerita dan meskipun kata-katanya terdengar masuk akal dan nyata, tetapi ada ‘sesuatu’ yang memberitahukan kepada kita bahwa sepertinya orang ini tidak menceritakan sebuah kebenaran. ‘Sesuatu’ ini sebetulnya adalah sebuah pesan dari otak yang ingin melindungi kita. Otak kita mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk membaca dengan cepat semua yang kita lihat serta menguraikan tanda-tanda/sinyal-sinyal. Semakin sering kita melatih otak kita untuk menganalisa sesuatu, semakin cepat dan akurat kemampuan otak kita.

Ada 2 cara orang-orang saling berinteraksi: kata-kata dan bahasa tubuh. Kadang-kadang satu dari dua cara ini mendominasi yang lain, tetapi biasanya mereka bertindak bersama-bersama. Secara singkat cara kerjanya adalah sebagai berikut : setelah otak menganalisa kata-kata dan bahasa tubuh lawan bicara kita, otak akan mengirimkan suatu pesan kepada kita, yang akan membuat kita bereaksi positif atau negatif seperti kecurigaan, keyakinan atau keraguan.

Ketika 2 cara ini, kata-kata dan bahasa tubuh memperlihatkan suatu sinkronisasi, artinya kita dan lawan bicara kita berhasil mendapatkan suatu komunikasi yang efektif dan informasi yang disampaikan adalah sebuah kejujuran. Tetapi bagaimana jika ada kontradiksi antara kata-kata yang diucapkan dengan cara kita mengucapkannya? Saya pernah membaca bahwa ada lebih dari 1 juta bahasa tubuh. Jadi kita disini berbicara tentang tanda-tanda/sinyal-sinyal yang luar biasa banyaknya. Tetapi sekali lagi seperti yang telah saya katakan diatas, semakin sering kita menganalisa bahasa tubuh ini, semakin pandai juga kita mengartikan apakah lawan bicara kita sedang bicara kebohongan atau kejujuran. Kadang-kadang kita harus mengkombinasikan 2 sampai 3 bahasa tubuh untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang akurat.

Sebelum kita berbicara lebih lanjut bagaimana mengetahui seseorang berbohong atau tidak, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu 4 tipe pembohong :

1. Pembohong Sesekali

Kita semua pasti pernah melakukan kebohongan selama hidup. Pembohong sesekali tidak biasa berbohong, hanya karena beberapa alasan mereka melakukannya, mungkin karena ingin melindungi dirinya, temannya, orang yang ia cintai atau seseorang yang lain. Perlu diketahui bahwa di balik setiap kebohongan selalu ada ketakutan. Ketakutan untuk menghadapi suatu kenyataan. Pembohong sesekali memikirkan betul-betul apa yang akan diucapkannya sehingga tampak masuk akal. Tetapi karena mereka tidak biasa berbohong, bahasa tubuhnya tetap memperlihatkan banyak tanda/sinyal yang menunjukkan bahwa mereka sedang berbohong. Sehingga tidak terlalu sulit mengidentifikasi tipe pembohong seperti ini.

2. Pembohong Berkali-kali

Pembohong berkali-kali adalah orang-orang yang berbohong ‘dengan teratur’. Tidak seperti pembohong sesekali, pembohong berkali-kali tidak mempunyai waktu untuk berpikir tentang kebohongan karena mereka berbohong sepanjang hidupnya. Tetapi mereka sebetulnya menyadari bahwa mereka berbohong. Orang-orang ini sering terjebak dengan tindakan yang mereka lakukan yang tidak sesuai dengan apa yang mereka ucapkan.

3. Pembohong Alami

Pembohong alami adalah orang-orang yang berbohong secara terus menerus dan seringkali mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang berbohong. Bahasa tubuh mereka pun terlihat sangat alami, karena terbiasa berbohong. Namun ketika mereka ditekan dengan pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan, bahasa tubuhnya memperlihatkan adanya kontradiksi yang mengidentifikasikan bahwa mereka sedang menyembunyikan sesuatu. Tipe pembohong alami agak mirip dengan pembohong berkali-kali. Mungkin anda pernah mendengar istilah ’sok tahu’, ya ini adalah salah satu contoh tipe pembohong alami.

4. Pembohong Profesional

Jenis pembohong ini berbohong untuk suatu tujuan tertentu atau sengaja ingin mengelabui kita. Mereka mempelajari segala kemungkinan dan mengetahui persis apa yang ingin mereka ucapkan. Mereka membuat skenario, memperhitungkan resiko kegagalan dan membuat rencana-rencana cadangan. Meskipun mereka terlatih untuk menggunakan bahasa tubuhnya, tetapi selalu ada ada hal kecil yang terlewatkan oleh mereka. Kita dapat mengetahui hal-hal kecil tersebut dengan sering mengamati tentu saja. Salah satu contoh tipe pembohong seperti ini adalah salesman, mohon maaf sebelumnya yang saya maksudkan disini adalah salesman yang terlalu berlebihan mempromosikan suatu produk padahal produknya sendiri mempunyai kualitas yang sangat rendah. Contoh yang lain adalah para politikus yang korup, mereka sengaja mengelabui publik untuk kepentingan pribadi.

Bagaimana anda dapat mengetahui bahwa seseorang sedang berbohong?

Tidak harus menjadi seorang psikolog untuk dapat mempelajari dan mengetahui bahwa seseorang sedang berbicara kebohongan atau kejujuran. Seorang psikolog yang sudah mahir dapat mengetahui persis pasiennya sedang berbohong atau tidak, seperti psikolog yang mewawancara Putri Diana saat itu. Dia menyatakan bahwa Putri Diana berkata jujur ketika diwawancarai perihal perselingkuhan suaminya, Pangeran Charles.

Anda pun bisa menganalisa seperti itu dengan latihan yang terus menerus tentu saja. Psikolog pun bisa karena mereka terbiasa membaca dan menganalisa orang setiap harinya.

Seperti yang telah disebutkan diatas ada 1 juta bahasa tubuh yang berbeda, saya akan merangkum beberapa yang umum saja yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong atau tidak :

1. Posisi tubuh dapat menjadi bukti yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong, karena disadari ataupun tidak disadari ada hubungan yang kuat antara pikiran dan ekspresi.

2. Nafas yang tiba-tiba. Dalam setiap kebohongan, detak jantung akan meningkat dan nafas akan menjadi dangkal/cepat. Biasanya pembohong akan mengambil nafas dalam-dalam untuk menenangkan perasaannya. Cara ini juga yang diterapkan oleh mesin pendeteksi kebohongan, yaitu dengan mengukur detak jantung orang yang sedang diinterogasi/diwawancara.

3. Kegelisahan di bagian-bagian tubuh. Hal ini dapat terlihat dengan berbagai cara, tergantung dari orangnya. Gerakan yang gugup akan menarik perhatian kita terutama dapat kita rasakan ketika kita berbicara dengan seseorang yang kita kenal dan orang tersebut melakukan gerakan yang tidak seperti biasanya. Berikut adalah contoh kegelisahan di bagian-bagian tubuh :

- Gerakan tubuh yang maju-mundur, apakah dalam posisi duduk maupun berdiri.

- Posisi yang tiba-tiba berubah. Sebagai contoh, lawan bicara kita sedang menyilangkan salah satu kakinya diatas kaki yang lain, dan ketika mulai menjawab pertanyaan kita, dia merubah posisi kakinya. Orang yang berbohong, sekalipun dia seorang profesional, akan merasakan ketidaknyamanan ketika dia berbohong. Tubuh akan selalu menyesuaikan perasaan kita tanpa kita sadari, jadi posisi yang tiba-tiba berubah ini adalah sinyal yang baik yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong.

- Gerakan-gerakan yang tidak disadari dari tangan dan kaki. Sebagai contoh: menggoyangkan kaki, menggoyangkan tangan diatas meja, kedua tangan direkatkan kuat-kuat, kedua paha saling menekan bersama-sama. Jika lawan bicara kita sedang dalam posisi duduk dan kemudian ia merubah arah telapak kaki ke arah yang lain, itu juga merupakan tanda bahwa orang tersebut sedang berbohong.

- Senyuman yang palsu. Senyuman identik dengan keakraban dan kepercayaan, dan para pembohong seringkali menyalahgunakannya. Jadi bagaimana membedakan senyuman pembohong? Para pembohong biasanya akan tersenyum cukup sering dan tiba-tiba, yang sebetulnya tidak pada tempatnya dia harus tersenyum.

- Terlalu banyak aksi-aksi ’sok akrab’, seperti : menepuk punggung anda, menyentuh anda ataupun mendekatkan posisinya pada anda. Lawan bicara anda akan merasa kikuk ketika berbohong sehingga mereka akan menyembunyikan kekikukannya dengan melakukan tindakan-tindakan tersebut. Akan sangat sulit memutuskan bahwa seseorang sedang berbohong jika dia melakukan tindakan-tindakan yang bersahabat seperti itu. Ini adalah respon manusia yang alamiah. Tetapi tetap perlu diingat, bahwa jika anda merasa bahwa keakraban dari lawan bicara anda sudah berlebihan, berhati-hatilah.

Satu lagi, sebuah kata bijak yang sangat populer mengatakan bahwa “ketika seseorang berbohong akan terlihat jelas di matanya.”, mungkin anda juga pernah mendengarnya. Tapi bagi saya cara ini cukup sulit dilakukan dibandingkan cara-cara diatas.

Para pembaca yang budiman, mudah-mudahan nanti ketika anda sedang berbicara dengan seseorang, anda sudah dapat menganalisa apakah orang tersebut sedang berbohong kepada anda atau tidak. :)

***

Bagi anda yang baru pertama kali berkunjung dan ingin berlangganan artikel blog ini lewat email, anda bisa luangkan waktu 15 detik saja dengan meng-klik disini (100% SPAM Free dan anda bisa berhenti berlangganan kapanpun).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 


Terima kasih telah berkunjung di akuinginsukses.com. Jika anda merasa artikel ini sangat bermanfaat, mohon bantu mensharingkan artikel ini di google + dengan mengklik tombolnya dibawah ini. Kami sangat menghargainya. Terima kasih. :)

 

97 comments

1 sri subekti { 04.17.09 at 4:19 pm }

saya suka tulisan ini,biskah diperkaya lagi tulisanya tentang bahasa tubuh untuk mengetahui kebohongan seseorang.makasi

2 Sokhi { 08.30.09 at 11:15 pm }

Hmmm… saya rasa tulisan ini bisa sangat membantu untuk kehidupan saya selanjutnya.. but… ternyata ada beberapa point yang tanpa saya sadar telah menjadi kebiasaan buruk saya.. Padahal saya tidak lagi berbohong ataupun gugup.. Sehingga mungkin kedepannya saya harus lebih berhati hati lagi atas bahasa tubuh yang saya kenakan..
terima kasih telah membuat artikel ini..
Tetap semangat dan salam sukses luar biasa..

3 pink { 11.14.09 at 8:37 am }

makasih ya artikelnya,bagus banget dan bisa aku terapkan dalam kehidupan sehari2,karena disekeliling kita itu byk orang-orang yg hendak bernit membhongi kita disaat2 tertentu,jk kt punya kemempuan menyelidiki dan mengamati seseorang itu sdg berbohong apa tdk kt dpt menilai bgmn sikap dan pribadi lwn bicara kt,apakah dia termasuk kategori orang yg bermutu atau tdk,jd buat apa kt berteman dg pr pembohong lama2..ok

4 Haris { 12.14.09 at 1:09 am }

Salam Kenal Sob….

5 opal { 02.03.10 at 10:29 am }

ThX,,, Artikelnya,,,

Z akan megaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,,,,,!!!!!

6 justme { 04.27.10 at 2:50 pm }

bagaimana dengan orang pemalu yang ngk percaya diri, dia ngk bohong tapi dia melakukan hal2x diatas?

7 Raha { 06.19.10 at 3:22 am }

Wah om, informasinya berguna banget.
Jangan berhenti menulis y!
izin copas ke blog y?

don’t worry.
i will put full credit ^^

8 anisa { 09.30.10 at 8:22 pm }

gimana mendeteksi kebohongan kalo’ hanya mendengar dari suara saja???atau pesan singkat dari HP???masalahnya, saya dan pasangan sedang dalam kondisi long distance.

9 sherli ira { 01.10.11 at 2:26 pm }

bermanfaaat sekali

10 bambang herdiana { 02.16.11 at 12:01 pm }

Bahasa tubuh seseorang yang sedang berbohong akan terlihat manakala dia merasa salah atau berdosa dengan bohong nya itu. Tapi bagaimana apabila seseorang yang sudah biasa berbohong sampai2 dia tidak merasa bersalah dan berdosa disaat dia sedang berbohong. Bisa kah terlihat kelainan bahasa tubuhnya yg disebabkan dia berbohong ? Mohon pencerahan nya

Terima kasih

11 Hendra { 03.12.11 at 6:13 pm }

pelajaran buat mengintrogasi orang nh..
O.Ob

12 jimi { 04.18.11 at 8:22 am }

mantafff….

13 muhammad riadi { 05.14.11 at 2:57 pm }

bulih juga nih tulisan.

pasti yg nulis orangx baek.

14 nnatea { 06.02.11 at 10:44 pm }

wah kern artikelnya…makasih ya
http://www.seeemeagain.com

15 fitrie { 06.13.11 at 3:13 pm }

Bagoooss

16 Iye { 07.11.11 at 2:47 am }

keren,,menambah wawasan dlm bergaul…

17 martaniasillia { 08.04.11 at 1:35 pm }

cool the best seller book

18 putri intan dias anggiarti { 08.19.11 at 4:57 am }

waw……luarrrrr biasa!!!!!!!!

19 Amrullah { 08.29.11 at 9:46 am }

artikelnya sangat bagus, krn jaman sekarang cukup susah mencari orng yg jujur..

20 Deden { 09.13.11 at 10:17 pm }

Ah enggak juga,yg ketakutan/dalam pengaruh tertekan juga walau jujur reaksinya sama seperti itu.

21 leo { 09.30.11 at 8:15 pm }

waaww thanks banget ya buat infonya,, udah bosen nih di bohongi,, siapa tau bisa bermanfaat banget buat tau org bohong atau gk kedepannya…

22 inu { 10.07.11 at 11:42 am }

hahahahaha,,,,,,awas yang bohong2 tuch,,biar g ktahuan jngan lakuin hal diatas…..thnk…

23 inay { 10.20.11 at 8:09 am }

oc

24 oldialling { 11.04.11 at 10:13 am }

SYA SANGAT SUKA SAMA ARTIKEL INI MOGA2 ORANG YG BACA INI BISA SADAR UNTUK TDK SELALU BERBOHONG … AMIN

25 Trie { 11.20.11 at 8:45 am }

Harus dicoba bro, tips’y tadi,.

26 ERWIN.J.CHAN { 12.12.11 at 11:45 pm }

Saya Sgt suka artikel ini mdh2n dgn bnyk yg BC sehingga mereka menjadi BAIK dan BENAR HATI nya

27 eko marwanto { 12.18.11 at 11:37 pm }

waw penjelasannya mirip seperti yang di buku alan pease yang tentang membaca bahasa tubuh seseorang

28 dwi { 12.24.11 at 11:24 pm }

belum tentu juga orang yang deg2an saat berbicara dengan orang lain itu sedang berbohong, coz aku sendiri kalo ngobrolin something seriously juga sering deg2an.

29 anak ganteng { 02.10.12 at 9:33 pm }

wah keren nih artikel..mintanya om buat di baca lagi tanks…

30 nurlitta lia { 02.15.12 at 8:14 pm }

Great artikel yg sngt bgus se x…
Makasih ya…

31 Bintang { 02.16.12 at 5:42 am }

Saya sangat bersyukur krn sdh membaca artikel ini smoga bisa jd pedoman dalam hidup ini.

32 Roofid_OGZ { 02.25.12 at 5:09 pm }

Gan… Ijin nambah dikit ya…

- Orang yang berbohong, jarang mau melihat mata lawan bicaranya..

33 Muhammad Nur Ichsan { 03.15.12 at 11:51 am }

sangat membantu dan ,,,,bisa lebihwaspada

34 listy yusuf AL-anbiyaa { 04.04.12 at 5:44 pm }

makasih gan gw komen setelah 1 minggu membaca artikel ini,kebukti bener sekali lagi makasih gan

35 andhicka { 04.06.12 at 1:56 pm }

saya suka dengan artikelx,,,,dan tips ini cocok untuk kpk

36 Toni { 04.09.12 at 2:44 pm }

Asslmkm…..Jangan suka bohong karna kebohongan awal dari kehancuran…..jujur aja dari pada ajur
ok…..

37 Pangeran Hijau { 05.01.12 at 11:36 am }

Gw suka banget Tulisan ini.. sangat Inspiratif..!!

38 mowosukmo { 05.15.12 at 2:09 pm }

tidak ada kebohongan yang bisa bertahan. setiap hari alasan dari alasan dari hebohongan tsb selalu berubah. mata adalah pintu hati. setiap tarikan syaraf mata akan menarik bolamata ke kanan bila ada recontruction sebuah pernyataan atau jawaban….coba amati. bola mata akan tertarik ke kiri bila berkata benar , selamat mencoba.

39 siJagoNgibul { 05.21.12 at 10:29 am }

Salam kenal semua …, Salut dg. topik yg Sob munculkan.
Saya tukang ngibul dan pernah jadi manusia jujur [duluuu banget]. Saya rasa kita akan tahu manakala seseorang sdg berbohong apabila diri kita sendiri mengejar, memeluk, membiasakan diri, serta menghormati kejujuran. Kita harus melek mata untuk melihat orang lain melek atau buta. Apa jadinya kalau kita sendiri buta …… ?

40 Ikhenyaua { 05.21.12 at 9:22 pm }

Makasih..kren artikelx.

41 putri aulya { 05.22.12 at 9:20 pm }

saya bantu yah walau saya bukan psikolog tp kl melalui mata,,,ketika orang berbohong tatap matanya,,,akan tampak pupil mata akan membesar,itu dikarenakan syaraf2 yang bekerja ekstra menyeimbangkan antara otak dan perasaan sehingga menimbulkan tegangan syaraf dimata ketika kita bertatapan,,,,

42 siJago Ngibul { 05.22.12 at 9:51 pm }

Ha ha .., yang suka ngebohong siapa niih

43 Inta { 06.10.12 at 8:38 am }

Bleeeh jgaa,artikelnx ok,lumayan bwt introgasi si tkang boong,

44 prasetyo { 06.15.12 at 7:40 pm }

TERIMA KASIH

45 obat herbal { 06.30.12 at 3:19 pm }

masuk akal juga gan artikel nya..bisa dipelajari…hee

46 Ayu { 07.14.12 at 11:41 am }

thank’s ya buat infonya,..
infonya pas banget buat cari sahabat yang jujur..

47 mulkiyah al banna { 07.15.12 at 10:06 am }

hey untuk seluruh umat islam jangan suka ngebohong ,dalam ajaran islam bohng itu dosa loh kalo nga percaya tanyain aja kepada ustadz?………….!!!!!!!!!!!!!

48 Arifin { 07.19.12 at 11:40 am }

Tpi jangan salah jga,!! Membaca kebohongan itu jga perlu waktu, tdk sekedar melihat dri tanda2 itu,. Hati2, jangan sampai Orang berkata jujur anda anggap sedang berbohong,! Orang bsa marah besar…

49 iip { 07.21.12 at 2:41 am }

mantafff

50 karina rizky maharani { 08.31.12 at 3:29 pm }

artikel nya kerren..
makassih..ini bisaa jadi pembekalan hidup saya

51 yuliani { 09.13.12 at 10:31 am }

siiip, sangat membantu sekali berhubung saya sering berinteraksi dengan banyak orang…

52 aponk { 09.17.12 at 4:51 pm }

Bohong itu dosa…. jangan bohong yach !!!

53 pram { 10.08.12 at 4:50 pm }

ijin copas link gan…mantabz nech artikel…

54 diahfittiani { 11.08.12 at 11:36 pm }

dowble gooooooooooooooooooooooodddddddddddddd

55 Jayo { 11.13.12 at 8:50 pm }

Mantap,
aku ingin coba ,buat pacar yang suka bohong

56 yoker fbi { 11.25.12 at 9:14 am }

mantap. .
tulisannya bermanfaat. .
kbtlan saya juga suka jd detektif. .
aplagi detektif cinta. .

57 armstrong indonesia { 11.28.12 at 10:29 am }

bukannya ciri2 orang bohong itu hidungnya panjang.

58 parking { 11.28.12 at 10:31 am }

ada2 saja.

59 jantung koroner { 11.28.12 at 10:37 am }

coba ah.

60 asvon 71 { 12.01.12 at 9:52 pm }

bagus jg.. makasih ya kk atas informasi nya… klo ada informasi yg terbaru hubungin no ini ya… 087782464846…. di tunggu ya kk

61 tandho { 12.06.12 at 12:31 pm }

ternyata itu indikasi orang boong

62 arifin { 02.03.13 at 5:51 pm }

wah harus lebih profesial
bohong nich biar gak ktauan
makasih artikelnya sob

63 prelucman { 03.10.13 at 12:38 pm }

Siiip..

64 Shafna { 03.31.13 at 10:49 pm }

sangat bermanfaat.

65 irfan { 04.08.13 at 6:00 pm }

ijin copas ke blog saya yah, ntar aku tandai, sip
okeh

66 Malik { 05.14.13 at 5:49 am }

Keren gan artikelnya..
nice info

67 MatHio { 06.04.13 at 1:30 am }

Wah mungkin anda suka dengan bintang di malam hari yang cerah… Semangat broo…

68 helmy { 06.13.13 at 8:54 am }

izin copas ke blog untuk sebar ilmu brother…

69 zamah { 07.21.13 at 3:33 pm }

tanks sob… artikelnya berarti banget buat aku…

70 Arif Jepara { 08.04.13 at 8:09 am }

Artikelnya puanjang mantab.Mengulas tentang perilaku manusia

71 nawawi { 08.09.13 at 3:41 pm }

artikelnya sangat berguna untuk saya, tks

72 die { 09.15.13 at 6:38 am }

thx…amazing sgt membantu

73 ria { 09.29.13 at 2:29 pm }

ihh waw artiket ini membuat saya jadi ketawa- tiwi. Karena saya pernah mengalami seperti ini beberapa kali. Tapi dengan adanya artikel ini saya sudah mengetahui ciri2 orang yang berbohong. insya Allah saya gak bakalan kena bohongan lagi.

74 saibani { 10.05.13 at 9:53 am }

Thnkz yc…bagus banget artikelnya

75 mimiey nasuha { 10.14.13 at 2:53 pm }

thnks untk artikel ni..sangat berguna dlm kehidupan kita seharian

76 nazzilla sari { 11.10.13 at 8:15 pm }

HAha keren eaa artikel Y ..
para pembohong akan terungkap ketika seseorang mempelajari artikel ini terlebih dahulu :P
Hahaha

77 ainun354 { 11.14.13 at 9:16 am }

Hmmmm… maksih yach artikelx jdi nmbh wawasan yg lbh luas

78 nandito silaen { 11.21.13 at 5:34 pm }

Bermanfaat buat saya. hal ini yang sering saya temukan dari cust saya. sok mengetahui segalanya. dan terkdang tidak masuk akal akan apa yang di sampaikan. thank

79 firman aditia { 11.28.13 at 8:01 pm }

INI YANG SAYA BUTUHKAN!

80 dhayat { 12.11.13 at 12:55 pm }

yahhh.., sangat berguna bagi saya., terimakasih gan

81 sidik { 12.20.13 at 9:42 pm }

Good artikel!!!
And just you know!!!
Butuh 1000 kebohongan untuk menutupi 1 kebohongan!!!

82 ovia ntalia { 12.21.13 at 7:08 am }

ini sanagat berguna untuk saya terima kasih

83 fakhri { 01.02.14 at 5:14 pm }

Kalo dari tefon gimana ?…

84 ibay { 01.04.14 at 9:29 am }

Bagi saya ini sangat la tidak masuk akal,, org jujur sekalipun yg mentalnya lemah dan kegelisahan tinggi bisa menimbulkan ciri itu juga walau ia berkata tentang kejujuran..

85 Isnaldi { 01.11.14 at 11:21 pm }

Terima kasih Mas/Mba, atas informasi yang berguna, teruskan membuat artikel yang bermanfaat, semoga menjadi amal ibadah untuk di akhir kelak…

86 Isnaldi { 01.11.14 at 11:27 pm }

mas ibay, kalau dari fisik masih ragu melihat seseorang berbohong atau tidak, belajar melihat dari pandangan matanya…. jika cara tersebut juga belum membuahkan hasil, mungkin menggunakan mata batin kali ya… hehehe… saya rasa melihat orang berbohong atau tidak bukan lah hal yang sulit, tetapi yang hal yang sulit untuk kita ketahui yaitu “mengapa seseorang berbohong kepada kita????”

87 Irsalyna { 01.12.14 at 1:50 pm }

Artikelnya bagus banget
mudah-mudahan bermanfaat Amin

88 Bima { 01.14.14 at 2:21 pm }

Memahami seseorang yang bohong, juga harus tepat pada waktunya jangan asal asalan

89 nanda sanjaya { 02.13.14 at 11:35 pm }

Saya sukasekali dengan Bahasa insyarat / Bahasa tubuh ..
Saya suka sekali membaca.

90 opik { 04.03.14 at 12:42 pm }

Senang sekali saya bisa membaca artikel ini…!!! Semoga pemiliknya mendapat imbalan berkah….!!!

91 OYABA { 04.12.14 at 10:09 am }

wow mantap saya suka itu, hati-hati teman-teman ku yang baca artikel ini, sa tangkap komorang smua. kam tra bisa tipu-tipu sa lagi….. Yes….!

92 firmanwy { 05.20.14 at 8:21 pm }

Sepandai-pandainya orang berbohong pasti akan ketauan jg, bener ga sob…

93 klowor { 06.10.14 at 1:34 pm }

Lengkap dan akurat. itu bahan artikel memang di pelajari sendiri ya bro? atau si bro seorang psikolog ?

94 Bungshu { 06.28.14 at 8:02 pm }

Pelajaran hdup yg cukup berarti

95 youminata { 07.10.14 at 3:07 pm }

bagaimana jika kita sebagai lawan bicara yang tidak bisa diam dalam artian menggerakkan kaki/tangan karena memang mencari posisi yang baik untuk bicara.

96 Adi { 07.17.14 at 8:20 pm }

Terima kasih,dengan artikel ini saya mendapat wawasan tentang bagaimana orang yang sedan berbohong

97 nurrani afifah { 07.20.14 at 1:07 am }

aku punya temen laki laki dia katakan bahwa dia sayang denganku, tetapi kata kata ia terucap disaat aku sudah ada yang memiliki…
di hari anniv aku yg ke 4 bln dan hari bahagiaku ternyata esoknya kan meneteskan banyakair mata bahwa aku dan cowoku putus,aku membuat status di bbmku “single-simple *y* ”
aku bl pernah bertanya bahwa apakah dia masih sayang atau tidak? justru ia sendiri yg menjawabnya..dengan haii aku gaknembak kamu lgii,aku lgi nembakk seseorang
itu yg namanya sayang?itu yg namanya cinta?itu yg namanya suka?
dia bilang dia akan slalu unggu aku…tpii apa kata kata kamu itu bajingan bohong!!!!cep bilang cepu !bukannya maling teriak maling!?!!! bangsat!!ngapain gw mau punya sahabat kaya loo? klo lo udh ketauan berbohong sama gw…sorryy bukan gaya ! tpi gw juga punya perasaan….yg namanya di bohongin…itu sakit aku merasa kesal pada diriku sendiri karena telah dapat mempercayaimu yg selama ini berbohng

Leave a Comment