Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Bagaimana Menjaga Kesehatan Jantung Anda

kesehatan jantung

Berita yang kita baca setiap hari di media massa, resesi, tekanan ekonomi, stres sehari-hari dan kesedihan memberi perasaan tidak enak di dalam perut kita, namun sebenarnya jantung kita berada pada risiko yang lebih besar. Itu karena krisis berarti stres tambahan, dan pada gilirannya akan diterjemahkan menjadi tekanan ekstra pada salah satu organ tubuh yang paling vital.

Kita semua harus diingatkan untuk tidak mengabaikan kesehatan jantung kita, terutama di masa-masa sulit. Diet dan gaya hidup kita memainkan peranan penting untuk kesehatan jantung, dan inilah materi yang menjadi pembahasan kita kali ini.

Apa yang harus dimakan untuk jantung yang sehat

Selama bertahun-tahun, para ahli menyarankan bahwa rencana diet terbaik untuk jantung yang sehat adalah diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat. Selama kurang lebih satu dekade terakhir telah terjadi sedikit berubah. Dalam konferensi kardiologi baru-baru ini, ada banyak ahli jantung yang berpendapat bahwa diet rendah karbohidrat dapat menguntungkan jantung wanita, sementara konsumsi lemak tidak selalu negatif – tergantung pada jenis lemak.

Diet Mediterania misalnya, dapat menggabungkan kadar lemak yang tinggi, namun tidak membahayakan jantung. Sebenarnya telah dibuktikan oleh banyak penelitian bahwa pola diet Mediterania adalah program diet yang terbaik untuk kesehatan jantung. Singkatnya, menurut para ahli makanan yang dapat menjaga jantung kita tetap sehat adalah:

Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian

Semua makanan ini adalah sumber vitamin dan mineral yang baik, dan mereka juga memiliki beberapa antioksidan tertentu yang menguntungkan jantung. Mereka juga rendah lemak dan tinggi akan natrium dan serat. Lima porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari, dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung sebesar 18%.

Asam Lemak Omega-3

Ikan (seperti salmon dan sarden) mengandung asam lemak omega-3 yang menjaga tekanan darah tetap rendah.

Zaitun

Ini adalah salah satu “senjata” yang paling penting dari diet Mediterania, yang merupakan preferensi utama bagi ahli gizi di seluruh dunia. Studi menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun mengurangi kolesterol jahat (LDL) tanpa membuang kolesterol baik (HDL).

Pada saat yang sama, bagaimanapun, tetap disarankan untuk mengurangi asupan lemak jenuh seperti yang ditemukan dalam daging merah dan produk susu serta sepenuhnya menghindari lemak trans, yaitu yang ditemukan dalam junk food.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah komponen penting dari diet Mediterania karena mereka penuh dengan lemak “baik”. Kenari, misalnya, telah terbukti menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik.

Anggur

Konsumsi jumlah sedang dari alkohol dapat meningkatkan kolesterol baik, karena kulit anggur yang digunakan untuk menghasilkan anggur merah mengandung antioksidan yang mencegah trombosis pembuluh darah.

Tips gaya hidup untuk kesehatan jantung

Jauhi berita buruk

Batasi konsumsi terhadap berita buruk dan jantung anda akan berterima kasih kepada anda. Tidak perlu terus-menerus memantau naik turunnya pasar saham, atau langkah-langkah ekonomi baru yang akan diambil pemerintah. Berhentilah merasa khawatir. Tubuh kita bereaksi terhadap stres dengan menghasilkan hormon, seperti kortisol dan adrenalin. Kemunculan yang konstan dari hormon tersebut dapat menimbulkan risiko penyakit jantung di jangka panjang. (Baca juga artikel Bagaimana Untuk Berhenti Merasa Khawatir)

Kesehatan jantung anda tergantung pada olahraga

Rasanya kita semua sudah paham betul mengenai manfaat olahraga, tidak perlu untuk mengingatkan anda lagi bahwa gaya hidup yang kurang gerak akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Namun kami tetap mengingatkan anda, bagaimanapun, bahwa dalam masa krisis dan stres berkelanjutan, kesehatan anda mungkin tergantung pada olahraga.

Daripada terburu-buru untuk pulang ke rumah dan melampiaskan stres anda pada pizza dan televisi, cobalah berjalan-jalan menghirup udara segar atau melakukan latihan singkat di rumah sehingga menjaga tubuh anda tetap bergerak.

Hypnotherapy

Tidur bukan saja sekedar bersantai, tapi kita sebenarnya merekonstruksi tubuh kita, “memperbaiki” kerugian yang diderita di siang hari. Untuk mendapatkan tidur yang lebih baik, hindari kegiatan stres sesaat sebelum tidur. (Baca juga artikel 9 Tips Untuk Membuat Tidur Anda Nyenyak)

Hati-hati … depresi berada di sekitar anda

Anda mungkin tidak pernah memiliki masalah seperti itu, tetapi dalam masa-masa sulit penyakit yang paling “berbahaya” di dekade ini bersembunyi di sekitar kita, dan tidak hanya mempengaruhi perilaku kita, tetapi juga kesehatan jantung kita.

Depresi merupakan indikasi bahwa otak dan tubuh telah berada dalam situasi yang membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, penting untuk terus mencari tanda-tanda depresi, apakah mereka ditemukan di cermin, teman-teman atau keluarga (Baca juga artikel Bagaimana Mengatasi Depresi dan Mengubah Hidup Anda).

Mendapatkan kembali kontrol dari rutinitas anda

Pastikan anda memiliki kontrol yang nyata dari rutinitas Anda. Atur waktu dan program-program anda agar semuanya dapat berjalan baik seperti yang direncanakan tanpa membuat stres tambahan, kecemasan dan ketidakamanan. (Baca juga artikel 13 Tips Manajemen Waktu yang Akan Merubah Hidup Anda)

Lakukan check-up medis secara teratur

Penting untuk melakukan medical check-up secara teratur. Jika anda sudah memiliki sejarah kesehatan yang kurang baik, ini merupakan alasan tambahan.

Berhenti merokok

Merokok meningkatkan tekanan darah dan trombosis dalam darah akan membuat anda sulit untuk berolahraga, sehingga menciptakan lingkaran setan bagi kesehatan kita. Ketika anda berhenti merokok hasilnya akan terlihat segera karena dalam beberapa hari, serta kemungkinan terkena serangan jantung menjadi berkurang. (Baca juga artikel 20 Tips Powerful Untuk Berhenti Merokok)

Bersantai

Belajarlah untuk membuat rileks pikiran anda, dan kemudian tubuh anda. Cobalah metode seperti bernapas dalam-dalam, meditasi atau sekedar melakukan hal-hal yang menenangkan anda – misalnya berbicara dengan teman dan berbagi masalah serta pikiran anda. Semua tindakan sederhana ini dapat menjaga tekanan darah tetap rendah dan mengurangi hormon stres dalam darah anda.

 

loading...

 

1 comment

1 RSCM Indonesia { 03.05.15 at 2:58 pm }

untuk info cara penyembuhan penyakit jantung dan konsultasi bisa cek http://www.rscmindonesia.com/

Leave a Comment