Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Bagaimana Menurunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki

berjalan kaki

Berjalan kaki adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan hingga 10 kg untuk berbagai alasan, dan mengetahui bagaimana melakukannya secara efektif akan membantu anda mencapai berat badan yang anda harapkan dalam waktu singkat. Berjalan kaki merupakan olahraga yang menyenangkan bagi kebanyakan orang, tidak membebankan tulang sendi, dan salah satu bentuk olahraga yang paling aman. Banyak orang menemukan bahwa mereka dapat melakukan program berjalan kaki dengan baik dalam jangka panjang, yang sangat berguna untuk pemeliharaan berat badan. Kunci untuk menurunkan berat badan dengan berjalan kaki adalah menetapkan tujuan yang tepat dan memahami dasar-dasar penurunan berat badan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh saya untuk menurunkan berat badan hingga 10 kg?

Pada tingkat rata-rata penurunan berat badan ¼ – ½ kg per minggu, kemungkinan anda akan memerlukan setidaknya 20 minggu untuk menurunkan 10 kilogram. Menurunkan berat badan pada kecepatan ini adalah aman dan akan membantu anda menjaga berat badan dalam jangka panjang. Untuk mencapai penurunan berat badan ¼ – ½ kg per minggu, cobalah bakar 250-500 kalori tambahan per hari dengan berjalan kaki. Jika anda menemukan bahwa anda tidak membakar banyak kalori dengan hanya berjalan kaki, maka kurangi juga asupan kalori melalui diet.

Seberapa sering saya harus berjalan kaki?

Jika anda adalah seorang pemula, mulailah dengan berjalan kaki sebanyak 3 kali seminggu selama setidaknya 15-20 menit masing-masing. Secara bertahap tingkatkan frekuensi dan durasi berjalan kaki anda sampai 30-60 menit per hari, selama hampir setiap hari dalam seminggu. Bagi kebanyakan orang, bukan berjalannya yang mereka tidak sukai namun menjadi bosan selama berjalan kaki. Oleh karenanya, untuk membantu menjaga agar berjalan kaki  tetap menyenangkan, cobalah bergantian berjalan di luar rumah dan di dalam rumah, berjalan sambil menonton televisi  (menggunakan treadmill) atau mendengarkan musik dengan menggunakan earphone. Jadikanlah berjalan kaki dalam rutinitas harian anda dan buatlah prioritas.

Berapa banyak kalori dapat saya bakar dengan berjalan kaki?

Jumlah kalori per menit yang anda dapat bakar dengan berjalan kaki ditentukan oleh berat badan dan kecepatan berjalan anda. Jika anda berjalan pada kecepatan 6 km per jam (kecepatan berjalan kaki pada umumnya) anda dapat membakar jumlah kalori per menit sebagai berikut: berat badan 60 kg = 4,7 kalori; berat badan 70 kg = 5,5 kalori; berat badan 80 kg = 6,3 kalori; berat badan 90 kg = 7,1 kalori; berat badan 100 kg = 7,8 kalori, dan berat badan 110 kg = 8,6 kalori. Jika anda berencana untuk menurunkan berat badan sebanyak 10 kg hanya dengan berjalan kaki, cobalah untuk membakar setidaknya 250 kalori ekstra per hari selama anda berjalan kaki. Misalnya, jika berat badan anda 80 kg, anda harus berjalan kaki setidaknya 40 menit per hari dengan kecepatan 6 km per jam untuk menurunkan ¼ kg per minggu. Jika anda tidak yakin dengan kecepatan anda, cobalah berjalan di atas treadmill untuk memberikan ide yang lebih baik.

Bagaimana saya Bisa Menurunkan Berat Badan dan Tetap kencang?

Hanya dengan berjalan kaki akan membantu menurunkan berat badan anda, namun dengan menambahkan latihan resistensi terhadap rutinitas jalan kaki anda akan membantu tubuh anda tetap kencang selama penurunan berat badan. Cobalah berjalan kaki dengan menambah beban pada lengan atau pergelangan selama beberapa hari  dalam seminggu, atau sebagai alternatif, berjalan kaki dengan bertenaga pada kecepatan sedang. Saat anda tidak melakukan rutinitas berjalan kaki, cobalah angkat beban, pilates atau latihan kekuatan lainnya untuk menjaga tubuh tetap kencang sementara anda menurunkan berat badan anda.

 

loading...

 

2 comments

1 harry { 12.01.14 at 9:33 pm }

Bila berjalan 1 kg dalam 1 jam apakah bisa membakar kalori .. ??
Terus bagaimana cara mengatur pola makan .??

2 MJ store { 05.11.17 at 6:05 am }

Saya sdh berjalan kaki rutin setiap hari slama 2bulan.
Saat ini berat saya sdh turun 5kg.

Untuk makan saya tidak banyak pantang. Hanya makan nasi secukupnya dan perbanyak makan buah2.

Leave a Comment