Portal Anda Menggali Inspirasi, Motivasi dan Pengembangan Diri

 


Fakta Sebenarnya Tentang Mitos Minum Kopi

minum kopi

Mitos minum kopi berasal dari zaman kuno. Popularitas kopi telah membuat orang percaya berbagai hal yang berbeda tentang bagaimana kopi mempengaruhi kesehatan kita. Beberapa hal tentang kopi adalah benar, yang lain hanyalah sebuah mitos yang telah dipertahankan selama bertahun-tahun.

Kopi sering disalahkan karena kandungan utamanya, yaitu kafein. Kafein adalah zat alami yang ditemukan dalam daun, biji atau buah-buahan, di lebih dari 60 tanaman. Ini termasuk kopi, biji kakao, kacang cola dan daun teh, digunakan untuk membuat banyak minuman ringan favorit atau minuman seperti kopi, teh, minuman cola dan berbagai makanan, seperti cokelat.

Beberapa fakta tentang kopi dan kafein :

  • Kopi dikonsumsi setiap hari oleh 80% -90% populasi orang dewasa.
  • Bagi jutaan orang, kopi adalah gairah yang nyata.
  • Kopi adalah sebuah kenikmatan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Ada banyak kesalahan persepsi tentang sifat-sifat kopi dan efeknya pada kesehatan kita.
  • Orang-orang menyukai minuman yang mengandung kafein sejak zaman kuno.
  • Kopi mulai digunakan di Afrika sekitar tahun 575 AD, dimana biji kopi digunakan sebagai uang sekaligus dikonsumsi sebagai makanan.
  • Kafein, kandungan utama dari kopi, ditemukan di lebih dari 60 tanaman yang berbeda.
  • Kafein juga dapat diproduksi secara sintetis dan digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan, minuman dan minuman ringan.
  • Kafein juga digunakan dalam obat (biasanya dapat dibeli dengan menggunakan resep).

Produk-produk yang Mengandung Kafein

Hanya kopi yang mengandung kafein? Tidak. Kafein juga ditemukan dalam produk nabati lainnya seperti teh. Selain itu, ada kecenderungan untuk menambahkan kafein dalam minuman ringan sejenis cola.

Berikut adalah kandungan kafein dalam berbagai jenis minuman :
– Kopi yang disaring : 90 mg
– Kopi Instan : 63 mg
– Kopi yang mangalami pemurnian kafein : (masih mengandung) 3 mg
– Teh: 42 mg
– Es teh: 70 mg
– Cokelat susu: 5 mg
– Minuman ringan cola : 16 mg
– Susu cokelat: 6 mg
– Cokelat hitam setengah manis : 20 mg
– Sirup rasa cokelat : 4 mg

Apakah Sifat dari Kafein?

● Kafein adalah stimulan ringan. Orang-orang memiliki kepekaan yang berbeda-beda terhadap kafein. Meskipun banyak orang dapat minum beberapa cangkir kopi dalam satu jam dengan tidak mendapat efek samping, orang lain mungkin merasakan beberapa efek setelah meminum satu cangkir.

● Kafein setelah diserap oleh sistem pencernaan, akan didistribusikan dalam tubuh dengan cepat. Kafein tidak menumpuk dalam darah atau tubuh dan diekskresikan normal beberapa jam setelah konsumsi.

● Kafein meningkatkan kadar dopamin di otak. Dopamin membuat kita merasa lebih baik dan meningkatkan suasana hati kita.

● Kafein memiliki sifat penting yang mempengaruhi sistem dan fungsi tubuh yang berbeda.

● Kafein mempengaruhi otak dan pada kenyataannya merupakan stimulan sistem saraf pusat. Survei terbaru menunjukkan bahwa dosis sedang akan memperbaiki daya ingat.

● Kafein mempengaruhi juga sistem kemih. Ia memiliki sifat diuretic. Hal ini dianggap bahwa dalam dosis tinggi dan diuresis meningkat dapat menyebabkan dehidrasi. Itulah mengapa mereka yang minum minuman dengan konsentrasi tinggi kafein juga harus minum banyak air putih.

● Kafein juga dapat menyebabkan nafsu makan menurun.

Sensitivitas dari setiap individu terhadap kafein berbeda-beda. Hal ini berarti bahwa setiap orang memiliki respon yang berbeda terhadap kafein dan kuantitas yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek positif atau negatif pada kesehatan masing-masing.

12 Mitos tentang Kopi:

Selama bertahun-tahun orang telah mengembangkan beberapa persepsi tentang kopi. Banyak hal yang diyakini benar, tetapi ada juga beberapa kesalahpahaman tentang efek kopi terhadap kesehatan kita. Di bawah ini kami akan menjelaskan mitos kopi yang paling utama.

1. Kopi dapat menyebabkan insomnia?

Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang tidak terlalu sering meminum kopi. Mereka mungkin mengalami insomnia dan tidur mereka terganggu jika kopi dikonsumsi 30-60 menit sebelum tidur. Beberapa orang malahan tidak bisa tidur sama sekali, meskipun mereka minum kopi tiga atau empat jam sebelum tidur. Semua kembali pada kepekaan setiap orang pada kopi.

Bagi mereka yang minum kopi secara teratur, kafein tidak mempengaruhi tidur mereka. Untuk mencegah insomnia dari kopi, solusi terbaik adalah dengan tidak minum kopi atau tidak mengkonsumsi produk yang mengandung kafein setelah jam lima sore.

2. Kopi membantu melepaskan stres?

Tidak! Justru sebaliknyalah yang benar. Kafein membantu meningkatkan stres pada orang-orang dengan adanya rasa cemas dan akan menambah penderitaan pada orang-orang yang mengalami kepanikan.

3. Bisakah kita mengkonsumsi kopi sambil meminum obat?

Tidak logis memang melarang konsumsi satu atau dua cangkir kopi untuk seseorang yang sedang menjalani perawatan dengan obat-obatan. Perlu dicatat bahwa kafein dapat meningkatkan atau melemahkan pengaruh obat-obatan tertentu. Obat stres, anti-depresi, dan obat tidur/bius tidak boleh dikonsumsi berbarengan dengan kopi dalam jumlah besar. Obat-obatan jenis lain dengan kuantitas kopi yang wajar (1 atau 2 cangkir) masih diperbolehkan.

4. Kopi dan rokok adalah kombinasi yang buruk?

Kopi dan rokok biasanya dikonsumsi bersama-sama. Semua penelitian telah menunjukkan bahwa perokok memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan non-perokok. Nikotin memiliki efek mempercepat penghapusan kafein dari tubuh dan perokok merasa perlu untuk mempertahankan tingkat kafein dalam tubuh sehingga meningkatkan asupan kafein.

Menurut hasil penelitian, mereka yang berhenti merokok tidak mengurangi konsumsi kopi sampai setidaknya enam bulan. Perlu diingat bahwa kopi tanpa kafein akan meningkatkan keinginan untuk merokok.

5. Kopi dapat memperlancar pencernaan?

Banyak orang memiliki persepsi bahwa minum kopi setelah makan diperlukan untuk melancarkan pencernaan. Namun berbagai penelitian tidak mengkonfirmasi pandangan ini, terutama karena kopi membuat proses pencernaan makanan lain menjadi lebih sulit. Sensitivitas setiap orang untuk kopi juga relevan dalam kasus ini.

6. Kafein meningkatkan risiko penyakit jantung?

Pada orang sehat, konsumsi kopi dengan tingkat sedang (2-4 cangkir sehari) tidak memiliki efek buruk pada jantung. Tidak ada penelitian yang bisa mengkonfirmasi bahwa ada hubungan antara serangan jantung dan konsumsi kopi.

Sehubungan dengan tekanan darah, kopi, teh dan minuman lain yang mengandung kafein, tidak menyebabkan peningkatan tekanan darah. Beberapa orang yang sensitif terhadap kafein mungkin memiliki kemungkinan kecil peningkatan tekanan darah, yang biasanya berlangsung tidak lebih dari beberapa jam.

7. Kopi adalah candu?

Berhenti mengkonsumsi kopi secara tiba-tiba bagi mereka yang minum kopi secara teratur dapat membawa gejala sebagai berikut : kelelahan, mengantuk, sakit kepala, dan iritasi. Gejala-gejala tersebut biasanya muncul setelah 12-14 jam dari gelas kopi terakhir. Dengan secangkir kopi gejala-gejala tersebut akan menghilang segera. Namun sebetulnya gejala-gejala tersebut secara bertahap akan hilang sepenuhnya setelah satu minggu.

Tidak ada jumlah tertentu dari kopi, untuk menciptakan ketergantungan pada kafein. Bahkan secangkir kopi atau tiga minuman cola, sudah cukup untuk menimbulkan kecanduan pada individu yang rentan.

8. Kafein meningkatkan risiko kanker?

Kecurigaan bahwa kafein bisa menjadi pemicu beberapa jenis kanker belum dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Dua studi terbaru menemukan tidak ada hubungan antara minum kopi dan kanker.

9. Kafein memiliki kontribusi terhadap perkembangan penyakit payudara?

Semua studi klinis sampai saat ini menunjukkan bahwa konsumsi kafein tidak meningkatkan risiko kanker payudara dan tidak terkait dengan perkembangan penyakit payudara.

10. Kopi memperkuat seksualitas?

Kopi tidak berhubungan dengan kelamin, tetapi dapat membantu menciptakan suasana tubuh yang lebih baik. Meskipun ada kasus-kasus yang berhubungan dengan kesuburan terkait konsumsi kopi yang berlebihan. Dalam kasus seperti itu maka dianjurkan untuk pasangan membatasi konsumsi kopi.

11. Kafein lebih mempengaruhi anak-anak dibanding orang dewasa?

Anak-anak tidak lebih sensitif terhadap efek kafein dibanding orang dewasa. Secara umum kafein dikeluarkan dari tubuh dua kali lebih cepat pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa.

Terlepas dari kenyataan bahwa konsumsi kopi dengan tingkat sedang pada anak-anak tidak menimbulkan risiko, kita harus tetap menghindari memberikan anak minuman berkafein karena bisa mempengaruhi pola makan mereka.

Sebagai tambahan, anak-anak yang hiperaktif, kafein tidak boleh diberikan karena dapat menyebabkan agitasi (pergolakan emosi).

12. Kopi dapat membantu memulihkan anda dari mabuk?

Kita perlu menegaskan sekali lagi bahwa kopi dapat membantu seseorang pulih dari mabuk dan membuatnya merasa lebih tenang adalah benar-benar mitos. Kopi tidak memiliki penawar untuk mabuk. Apa yang dilakukan kopi adalah membantu orang yang mabuk tetap terjaga. Gangguan yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan tidak bisa diubah oleh kafein.

 

 

loading...

18 comments

1 Bayu Saputra { 04.08.13 at 11:24 am }

Maaf GAn sumbernya dari mana tuh……?

2 fin { 05.27.13 at 10:26 pm }

info yg bermanfaat, karna gw trmasuk penikmat kopi

3 kopi radix herbal { 09.01.13 at 10:14 pm }

artikelnya sangat inspiratif dan berguna khususnya bagi pecandu kopi

4 www.infokopi.com { 10.11.13 at 11:52 am }

Buat penggemar kopi, mau beli kopi kualitas premium bisa mampir juga ke sini http://www.infokopi.com
Tersedia berbagai jenis kopi dari seluruh nusantara.
Thanks.

5 Abdy { 10.30.13 at 3:08 pm }

Artikel yang bagus, jadi bertambah ilmu, Tapi sayangnya kurang diberikan bukti ilmiah seperti rujukan dan sumber bacaan. Tapi bagaimanapun I’m the coffee lovers…. Ayo minum kopi, karena kopi sangat bermanfaat untuk tubuh!!
sekedar info yang ingin kopi Sumatra, Lampung, medan, aceh gayo kunjungi http://www.ahlikopilampung.com

6 jaket chelsea { 12.04.13 at 9:02 pm }

konsumsi kopi di malam hari tidak mempengaruhi saya susah tidur. Normal saja, memang tidak sama antara efeknya setiap orang lain

7 husen { 12.06.13 at 5:21 pm }

maaf gan tp menurut saya kopi dianggap sebagai pelepas stress bukan karna kandungaannya tapi karna fungsinya yaitu sebagai social drink jd bkn kopinya yg melepaskn stress tp obrolan dgn tmn saat minum kopi itulh yg meredakan stress

8 info kesehatan { 12.30.13 at 6:05 am }

Jadi sebaiknya aturan minum kopi yang baik itu bagaimana , apakah ada saat yang tepat dan ukuran yang tepat ?

9 Beritau { 02.03.14 at 8:15 pm }

Saya ngopi tiap pagi, kopi singkawang kiriman kakak, kalo ga ada ya kopi saset di toko2, emang bikin badan seger. Tipsnya: minum kopi setelah makan 20-30 menit. Kalo belum makan minum kopi, harus langsng isi kopi 10-15 menit kemudian.

10 gens way { 03.13.14 at 2:52 pm }

Mat siang sy ingn bertanya ,

Saya sering minum kopi , saat pagi hari 2-3 gelas bahkan siang pun bgitu , saat malam hari juga sama bahkan bisa lebih dari itu,
Sy juga seorg perokok,
Apakah ini ada kaitannya dgn penurunan napsu makan ?
Soalnya saya jarang sekali merasakan lapar,
Saat rasa lapar muncul, dan ktika terhambat makan 5-10 menit , rasa lapar tiba2 menghilang dan sy rasa lapar kmbali setelah beberapa jam kemudian ,

Sy juga lbih cenderung meminum air mineral saat lapar atupun tidak sy konsumsi aqua botol besar 1-2 botol dlm 2-3 jam apakah ini juga penyebabnya sehingga saya jarang rasa lapar ?

Mohon bantuannya ,
Trimakasi

11 Michael Leo { 05.22.14 at 11:20 am }

Kalau makan Kopiko ?

12 Kursus Seo { 06.08.14 at 1:43 am }

yuk minum kopi bareng for admin akuinginsukses

hehe

salam kenal gan

13 Hendra Ciptadi { 07.22.14 at 1:28 pm }

http://www.youtube.com/watch?v=jDMjOT3ZASw

Cara membedakan kopi yang alami tanpa efek negatif

14 Paling Ngetop { 12.24.14 at 9:46 pm }

Ternyata banyak juga mitosnya yah. Sungguh menarik.

15 imas latipah { 01.07.15 at 1:32 pm }

Apah benar kopi menghilangkan ngantuk..

16 shery { 04.10.15 at 3:58 am }

owh jadi karna jarang ,sekali minum kopi ga bisa tidur sama sekali sampe pagi

17 Emma { 06.26.15 at 2:05 am }

Aq minum kopi jam 9.30 malm tadi. Nekat banget. Jadiny beneran ga bs tidur. Skr udh jam 2 malm

18 Henry { 09.22.15 at 9:24 am }

Gua doyan kopi sejak jaman sekolah…….kalo mau ujian belajar ampe malem begadang butuh kopi eh…….keterusan ampe skrg….emang sih udah kaya narkoba……..sehari kaga ngopi……LEMESSS

Leave a Comment